4 Politikus Dunia Korban Edit Foto Gagal, Hasilnya Bikin Tepok Jidat

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya orang biasa atau selebriti yang kerap melakukan proses edit foto untuk diunggah di dunia maya, sejumlah politikus dunia ternyata juga tak luput dalam aktivitas satu ini. Hasilnya, bikin geleng-geleng kepala dan bahkan ada yang terlihat kocak karena terlihat janggal atau aneh.

Siapa saja politikus dunia yang pernah jadi korban edit foto gagal dan justru di bully warganet? Berikut di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari cracked.com, Minggu (17/2/2019):

4. Foto Pejabat China dan Seorang Wanita Tua

Di tengah banyaknya kasus korupsi dan skandal memalukan yang terkuak ke publik, sejumlah politukus China berupaya membangun citra diri sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Mungkin dengan tujuan itu juga pihak Pemerintah Ningguo di China Timur merilis foto 4 politikus ‘turun ke bawah’, termasuk Wakil Wali kota Wang Jun, menyambangi rumah seorang nenek sepuh berusia 103 tahun, dilengkapi keterangan gambar: “Cinta dan pengertian pada orang tua adalah tradisi China yang dihargai. Mereka juga harus merasakan kehangatan partai dan pemerintah.”

Namun, aksi publisitas media demi mendongkrak cita itu justru jadi bumerang. Gara-gara foto yang ditampilkan. Saking amatirnya hasil editan photoshop, bisa bikin orang tepok jidat. Heran!

Foto empat politikus China yang terlihat diedit, namun hasilnya mengherankan. (Ningguo Civil Affairs Department)

Foto tersebut kemudian dihina ramai-ramai oleh para komentator dunia maya.

Bagaimana tidak, dalam gambar, empat pria menyeringai di atas perempuan 103 tahun, Cheng Yanchun — yang tampil dalam proporsi yang sama sekali tak seimbang. Sang nenek jadi mirip boneka mengerikan. Sementara, badan seorang politikus melayang mirip hantu. Bagian torso ke bawah hilang.

Gambar tersebut sama sekali tak membuat para pengguna situs mikroblog mirip Twitter, Weibo, terkesan.

“Staf propaganda yang tak punya otak itu mungkin dipecat bersama dengan para pejabat dalam foto,” kata salah satu pengguna, seperti dimuat Daily Mail, Kamis 31 Oktober 2013.

“Foto ini nyatanya menunjukkan jarak menganga antara para pemimpin dan rakyatnya di mata rata-rata pegawai pemerintahan. Menyedihkan,” kata pengguna lainnya.

Bahkan kantor berita milik pemerintah ikut memberitakannya. “Pejabat itu terlihat seperti melayang di udara. Ditambah lagi proporsi wanita tidak cocok dengan para pejabat. Bukti bahwa foto itu direkayasa,” demikian diberitakan Xinhua.

Sementara, para pejabat setempat kepada The Hong Kong Standard mengaku, mereka memang mengunjungi orang-orang tua selama festival China. Namun, pegawai mereka secara sembrono menggabungkan 2 foto dalam 1 frame. Dengan alasan, karena tata letak ruangan, fotografer tak bisa mengabadikan semua pejabat dan nenek Cheng dalam 1 jepretan.

“Nenek Cheng duduk di sebuah kursi di balkon, di bawah sinar matahari. Balkon tersebut sangat sempit sehingga lensa kamera tidak bisa mengabadikan semua orang di sana… Saat pegawai pemerintahan setempat menggunggah foto ke situs resmi, itu adalah gabungan 2 foto berbeda,” demikian penjelasan Pemerintah Ningguo.

“Kami menyatakan penyesalan mendalam bagi pengguna internet untuk pengaruh negatif yang diakibatkan foto tersebut… Kami akan belajar dari pengalaman, untuk meningkatkan kualitas kerja,” jelas pihak pemerintah.

Bukan kali pertamanya foto rekayasa bikin geger. Sebelumnya juga pernah dipublikasikan gambar 3 pejabat yang berdiri di atas ruas jalan baru yang mulus. Tapi, mereka tampak melayang, tidak menjejak tanah.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 4 halaman

3. Senator Kenya Bersama Nelson Mandela

Foto buram Nelson Mandela bersama senator dari Kenya, Mike Sonko. (Facebook/Mike Sonko)

Pada 5 Desember 2013 lalu, tokoh anti-apartheid Nelson Mandela meninggal dunia. Seluruh dunia berduka atas kepergiannya. Hampir semua politikus dunia berkabung untuknya dan mengenang jasa-jasanya.

Termasuk salah satunya seorang senator dari Kenya, Mike Sonko. Dalam momen duka tersebut, ia pun mencoba memberitahu khalayak bahwa betapa dekatnya dia dengan Nelson Mandela.

Namun cara yang dipilihnya bikin orang geleng-geleng kepala, dengan merilis foto bersama Mandela yang terlihat sekali hasil editannya.

 “Sungguh tragis, mungkin Anda akan mengatakan hal itu. Mandela menjadi orang yang begitu buram menjelang akhir hayatnya. Untungnya, jejak JPEG (format untuk mengompresi file gambar) bukan gejala penyakit Mandela, begitupun dengan “kepala besar” yang merupakan gejala kegilaan Mike Sonko,” komentar salah satu netizen.

Belakangan diketahui foto Mike Sonko adalah hasil edit dari potret asli Nelson Mandela bersama Muhammad Ali.

Setelah ulahnya diketahui warganet, bagaimana kira-kira langkah selanjutnya Mike Sonko untuk mengesankan para pemilihnya?

3 dari 4 halaman

2. Foto Rival Bersalaman dengan Obama

Foto yang diedit dan menuai hujatan netizen. (The Wire Screngrab)

Foto asli Barack Obama yang jadi korban edit. (Daily Dot).

Foto lain hasil edit yang bikin geleng-geleng kepala mengungkap anggota Kongres Texas Steve Stockman, yang saat ini tengah kampanye politik melawan sesama senator Republik John Cornyn. Ia merilis foto Cornyn dengan gembira berdiri di samping Presiden Barack Obama.

Jika diperhatikan lebih seksama, barulah disadari ada yang aneh dengen bagian kepala. Gambar aslinya bukan Obama dengan Cornyn, tetapi gubernur Florida Charlie Crist.

Gambar itu dengan cepat dihapus setelah Stockman dipanggil (meskipun tidak ada permintaan maaf setelahnya). Padahal banyak bukti yang mengarah pada aksi edit foto tersebut.

4 dari 4 halaman

1. Foto Skandal Seks Pejabat Tiongkok 

 Foto skandal seks pejabat China. (The Shanghaiist)

Tuduhan skandal seks sempat diajukan pejabat China bernama Du Weijun, yang mengklaim bahwa direktur Biro Budaya Kota Zhaoging menggelapkan dana negara untuk membantu membiayai kebiasaan judi dan membiayai sang kekasih.

Tuduhan itu disertai bukti foto yang kemudian bocor ke pers. Mungkin karena pencahayaannya, mungkin memang begitulah penampilan pria itu, tak butuh waktu lama bagi publikasi Tiongkok untuk memperhatikan bahwa kepala pria dalam foto terlihat terpotong. Sementara yang lain terlihat gradasi warna yang berbeda.

Ibu Angkat Presiden Jokowi Meninggal Dunia di Aceh

Liputan6.com, Aceh – Ibu angkat Presiden Joko Widodo, Selimah Inem Thursina meninggal dunia. Selimah menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Datu Beru, Takengon, Aceh Tengah, sekitar pukul 22.00 WIB, Jumat malam, 15 Februari 2019.

Selimah meninggal di usia 68 tahun. Sebelumnya, almarhumah disebut-sebut dirawat di rumah sakit akibat mengidap penyakit kanker hati yang dideritanya sejak 3 bulan terakhir.

Jenazah almarhumah dibawa ke duka di Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat, Sabtu, 16 Februari 2019. Dia meninggalkan seorang suami, dua anak perempun, dan tiga orang anak lelaki.

“Almarhumah dimakamkan di pemakaman desa Bate Alu, sebelum salat zuhur,” kata seorang tetangga almarhumah, Fauzi Muhda (54) kepada Liputan6.com, Sabtu malam (16/2/2019).

Menurut Fauzi, ramai pihak yang melayat ke rumah duka. Di antaranya, dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Komando Distrik Militer setempat.

Kedatangan orang-orang tersebut dinilainya wajar. Keluarga almarhumah termasuk terpandang di wilayah itu. 

Sementara itu, Direktur Komunikasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Aceh, Ali Raban, mengaku akan melayat dalam waktu dekat. Dia juga sudah menyampaikan berita duka tersebut kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf sekaligus Presiden Jokowi di Jakarta.

“Pak Jokowi mengucapkan belasungkawa. Namun, tidak belum diketahui apakah Sang Presiden akan melayat atau tidak. Perwakilan Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Bener Meriah, sudah melayat ke rumah duka,” sebutnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Nasdem: Impor Pangan untuk Kepentingan Negara

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Fraksi NasDem DPR RI Ahmad M Ali menyayangkan pernyataan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Firman Soebagyo yang terkesan menuding Partai Nasdem bertanggung jawab urusan impor. NasDem menegaskan bahwa impor pangan untuk kepentingan negara.

Ahmad M Ali menilai pernyataan tidak mendasar Firman tak patut diucapkan oleh negarawan yang saat ini menjadi wakil rakyat di DPR RI.

“Apa yang disampaikan oleh Firman Soebagyo itu menunjukan bahwa ia bukan seorang negarawan, dan sama sekali tidak mengerti urusan tata negara. Pernyataannya itu, terkesan tendensius tidak etis, dan tidak pantas karena secara vulgar menyebut Partai NasDem bertanggung jawab masalah impor pangan,” ujar Ali dalam keterangan, Sabtu (16/2/2019).

Ali menekankan, negara melalui Presiden dan Menteri memiliki pertimbangan yang bersifat komperehensif dalam menentukan kebijakan impor berdasarkan data dan pertimbangan banyak hal, misalnya, soal inflasi, kebutuhan nasonal, ketercukupan pangan, dan pemenuhan nasional.

“Keputusan soal impor pangan itu tidak ada kaitannya dengan kebijakan atau kepentingan partai politik, atau NasDem. Walaupun Pak Enggar sebagai Menteri Perdagangan adalah kader NasDem, tetapi ia sudah diwakafkan sebagai abdi negara setelah jadi menteri. Kebijakan dia, itu murni soal urusan negara,” terang Ali.

Bendahara Umum Partai DPP Partai NasDem ini menyebut bahwa kebijakan impor tidak bisa dilihat dalam satu sudut pandang saja. Tetapi harus melihat hal itu, dalam urusan kepentingan nasional.

“Bila landasan argumen adalah berbasis curiga tanpa data, maka kita akan disesatkan oleh pernyataan Firman. Tidak ada kaitan NasDem dengan impor pangan, tidak ada orang NasDem yang bergerak dalam urusan bisnis seperti itu,” Ali meyakinkan.

2 dari 2 halaman

Jangan Generalisasi

Lebih jauh Ali menyesalkan pernyataan Firman menggeneralisasi kepentingan negara dengan kebijakan partai. Pernyataan itu dipandangnya tidak logis dan terkesan sebagai manuver. Tidak ada alasan mengaitkan kebijakan Istana dengan impor pangan urusan kepentingan Partai NasDem.

“Saya kasih contoh begini, apakah ketika Setya Novanto korupsi dana E-KTP itu lantas bisa disebut sebagai tanggung jawab Partai Golkar?,” ujar Ali.

“Idrus Marham selaku Menteri Sosial ketika ditersangkakan menerima suap, apakah juga bisa kaitkan tanggung jawab Partai Golkar? Kan tidak begitu cara pandanganya,” sambungnya.

Ali meminta Firman untuk segera mengklarifikasi pernyataan itu karena dianggap tidak pantas, dan merugikan nama Partai NasDem.

“Firman harus mengklarifikasi pernyataan itu karena tidak etis dan ceroboh. Itu merugikan Partai NasDem yang sama sekali tidak bisa dikaitkan dengan urusan impor pangan,” tegasnya.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Siasat KPU Jabar Dongkak Angka Partisipasi Pilpres dan Pileg yang Stagnan

Liputan6.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan angka partisipasi pemilih pemilu presiden dan legislatif di Jawa Barat tidak mengalami peningkatan dikisaran 70 persen. Meski dibandingkan dengan pemilu kepala daerah, jumlah angka partisipasi pemilih mengalami peningkatan 73 persen.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, angka partisipasi pemilih yang dibebankan KPU RI ke otoritasnya yaitu 77.5 persen. Untuk itu KPU Jawa Barat akan memaksimalkan medium sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih.

“Karena jika ada orang yang sudah tahu tentang pemilu, waktu pemilu tapi ketika mereka sudah tahu tidak ada jaminan datang ke TPS. Kemudian tidak hanya sosialisasi yang bersifat informatif, juga perlu ada pendidikan pemilih untuk menyadarkan bahwa mereka harus menggunakan hak pilih,” kata RIfqi, Bandung, Jumat (15/2/2019).

Rifqi melanjutkan, pendidikan pemilih ini akan melibatkan seluruh peserta pemilu. Alasannya adalah partisipasi pemilih pemilu bukan hanya tanggung jawab dari KPU.

Salah satu cara mendongkrak jumlah partisipasi pemilih yaitu dengan menghadirkan kandidat dari partai politik yang berkualitas. Hal itu untuk menarik perhatian pemilih agar menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 mendatang.

“Pemerintah juga punya tanggung jawab karena ukuran indeks demokrasi itu, salah satunya adalah partisipasi pemilih yang meningkat. Dan pembangunan demokrasi itu kan dipengaruhi oleh partisispasi pemilih. Pemerintah juga punya peran yang sangat penting,” ujar Rifqi.

Rifqi berharap, pemerintah bisa terlibat dalam usaha peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Caranya dengan mengoptimalkan infrastrukur dan sumber daya yang dimiliki.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pemilih

Melalui pemerintah, diharapkan penyampaian instruksi dan himbauan kepada seluruh kelompok masyarakat soal pentingnya menggunakan hak pilih. Seperti kepada kelompok pengusaha, swasta, ormas maupun masyarakat sipil lainnya.

“Karena kalau tidak melalui pemerintah, mereka ini tidak tersentuh oleh KPU. Mereka lebih sering berinteraksi dengan pemerintah. KPU memiliki keterbatasan mengakses ke arah sana,” jelas Rifqi.

Soal permintaan bantuan sosialiasi dan pendidikan pemilih pemilu ini, telah disampaikan langsung ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya campur tangan pemerintah, tidak ada lagi masyarakat yang kehilangan hak pilihnya seperti karena bekerja.

“KPU meminta seluruh sektor, terutama sektor industri agar meliburkan pegawainya saat hari pemilihan mendatang,” ujar dia.

Hati-hati, Ini Daftar 231 Pinjaman Online Ilegal dari OJK

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan daftar 231 Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Peer-To-Peer Lending) yang tidak memiliki izin.

Aktivitas 231 Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal ini telah resmi diberhentikan oleh tim Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing sebelumnya meminta masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman terhadap Fintech Peer-To-Peer Lending yang tidak terdaftar atau izin OJK. Ini agar terhindar dari ulah Fintech Peer-To-Peer Lending ilegal tersebut.

Dia mengatakan saat ini banyak entitas Fintech Peer-To-Peer Lending yang melakukan kegiatan melalui aplikasi yang terdapat di appstore atau playstore. 

Bahkan juga di sosial media yang tidak terdaftar dan tidak berizin dari OJK, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 sehingga berpotensi merugikan masyarakat.

Mau tahu mana saja penyelenggara pinjaman online ilegal tersebut? Berikut daftarnya dari keterangan tertulis OJK, Jumat (15/2/2019):

1. Platform: AkuRupiah Developer: owen lau

2. Platform: Ali Rupiah – pinjaman uang dana Developer: ALI RUPIAH

3. Platform: Bali Pinjaman – Dana Developer: Bali Technology

4. Platform: BambuLoan-Cari pinjaman uang dana seluruh internet Developer: ayo pinjaman

5. Platform: BambuPinjam-Cari tunai uang seluruh internet Developer: BambuTech

6. Platform: BlingBling Developer: Indo_tech

7. Platform: Bos Tunai Developer: onlinepinjam

8. Platform: Bos Tunai – Cair Secepat Kilat Developer: PT.Indo Digitech Studio

9. Platform: Bri KUR Pinjaman Modal Developer: francise

10. Platform: CairToday Developer: Juliet Squillace

11. Platform: Cara Pinjam Uang Tanpa Agunan Developer: weton pondok

12. Platform: Cash Affairs- Pinjam Dana Jadi Lebih Terpercaya Developer: Dana Tunai Team

13. Platform: Cash Kita – pinjaman uang dana kita Developer: Luciana Sheila

14 Platform: Cash Now Developer: CashNow

15 Platform: Cashalo — Fast, Easy and Secure Loans On-Demand Developer: Oriente Express

16 Platform: Cashcash : Pinjam uang jadi lebih mudah Developer: Firestorm-sea

17 Platform: Cashe – Pinjaman Cepat & Dana Kilat Developer: Rocket Studio Ltd.

18 Platform: CashMarket Developer: Dompet Technology

19 Platform: Cashpedia Developer: dividetest1004

20 Platform: CCcash pinjaman-online uang Tunai pinjaman Developer: cs@CCcash

21 Platform: Cepat Lunas-Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan Developer: Denice Presna

22 Platform: CreditSmart Developer: PT.FINTECH BERSAMA INDONESIA

23 Platform: Credy Developer: Credy

24 Platform: Credy | Préstamos personales Developer: App for Be Happy

25 Platform: Dana Arda – pinjam uang cepat cair Developer: pinjaman Apps

26 Platform: Dana Berkah – Pengajuan Kredit Online Developer: OTRET.COM

27 Platform: Dana Bijak Developer: Mi Developers

28 Platform: Dana Cepat – Pinjaman Online Super Kilat Developer: Rocket Studio Ltd.

29 Platform: Dana Cepat-platform pinjaman profesional dan cepat Developer: helen McFadden

30 Platform: Dana Flash – pinjaman cash kredit Developer: Dana Flash

31 Platform: Dana Happy Developer: Dana Happy

32 Platform: Dana Indonesia – Pinjaman Uang Cepat Developer: PT. DANA INDONESIA

33 Platform: Dana kilat-Pinjaman online mudah & cepat Developer: Gatling DeGrave

34 Platform: Dana Ok Developer: leslie lee

35 Platform: Dana Pinjam – Pinjam Tanpa Ribet Developer: Anugerah Digital Niaga

36 Platform: Dana Pinjam + Versi Baru Developer: Dana Pinjam VIP

37 Platform: Dana Pinjaman Modal Cepat Terkini Developer: TB Dev

38 Platform: Dana Sukses Developer: PT. Pratama Asia Abadi

39 Platform: Dana Tunai – Cara Pintar Mendapatkan Pinjaman Developer: vandezz inc.

40 Platform: Dana Tunai Kredit Lengkap Developer: FatRam Dev

41 Platform: Dana Tunai-Kredit Dana Pinjaman Aman Cepat Developer: Alat pinjaman

42 Platform: Dana Uang – Pinjaman Uang Tunai Rupiah Developer: Zhu Xia

43 Platform: Danain Cepat – Cara Mendapatkan Pinjaman Aman Developer: Pratadit DevAnd

44 Platform: DanaKita Developer: PT. DanaKta Prima

45 Platform: DanaPlusDeveloper: Claire Mcclasky

46 Platform: Danapro Developer: Jason Christoper

47 Platform: DanaQ-Pinjaman Uang Rupiah Tunai via danaq cepat Developer: PT. DanaQ

48 Platform: Danaxtra Developer: Danaxtra

49 Platform: Data Seluler-Pinjam Uang Cepat Developer: Meminjam Uang Team

50 Platform: Dokter Uang – Pasar Rupiah Docter Developer: Dana Limited

51 Platform: Dompet Cash-Platform Pinjaman Online Cepat Developer: Jamel Baca

52 Platform: Dompet Kartu – Pinjaman Uang Developer: DompetKartu

53 Platform: Dompet Kartu Plus – Pinjaman Uang Dana Developer: Mari Brisby

54 Platform: dompet-wisdom Rupiah Cash Pinjaman Developer: DompetWisdom Group

55 Platform: Druang Uang Developer: Cheetah Teknologi

56 Platform: Duit – Plus Pinjam Uang online Cepat Mudah Developer: Rupiah fintech

57 Platform: Duit-Flash – Pinjaman Uang Tunai Developer: Duit Flash

58 Platform: Dukungan Hidup Developer: Dukungan Hidup

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

59 Platform: Easy Direct Loans Developer: kalya apps

60 Platform: Easy Pinjaman : Pinjam uang lebih gampang Developer: uangmarket

61 Platform: Easy Uang– Platform Pinjaman Online Cepat Developer: EasyUang

62 Platform: EasyPinjaman-Platform Pinjaman Online Cepat Developer: Mao cleveland

63 Platform: ExpressCash-Kredit Dana Rupiah Pinjam Cepat Online Developer: Marvina Christensen

64 Platform: Faida-pal loans Developer: ru-soft

65 Platform: Fast Loans – Instant Pay Day Loan Developer: Online Loans | Fast Loans | Personal Loans

66 Platform: flash Rupiah Developer: PT. Lombok Jaya Teknologi

67 Platform: flash rupiah pro Developer: Salim Putri

68 Platform: Fulusku Oke Developer: Fulus Rosso

69 Platform: Go Dana Developer: Best Customer Service

70 Platform: Go Duit – Pinjaman dana darurat Developer: Customer Service 1

71 Platform: Go Kredit— Pinjaman Kredit Cepat Developer: martinsutrisno

72 Platform: Gogo Dana Developer: Hyun Bron

73 Platform: GoPinjaman – Tunai Uang kredit Loan Developer: rxiao

74 Platform: GoTunai Lite – Pinjaman Uang Cepat Kredit Mudah Developer: Meixin Global Fintech

75 Platform: GudangCash – Pinjam Rupiah Online Cepat Duit Developer: Uang NOVIANTY

76 Platform: Hanya Kamu Developer: Mustofa Software

77 Platform: iDana Developer: iDana_id

78 Platform: iPinjaman Developer: Mobile Loan

79 Platform: Kami Bantu Developer: Kami Bantu Software

80 Platform: Kami Dana Rupiah Developer: Pt. Saku cepiat technology

81 Platform: KamiRupiah-kredit pinjaman dana tunai tanpa agunan Developer: Harvey Prestia

82 Platform: Kantong Darurat Developer: Fan Technology

83 Platform: Kasku Cepat – Dana Uang Duit Pinjaman Cepat Mudah Developer: KASKU CEPAT

84 Platform: KasSaya Developer: PT Kayanan Seuangan Perbag

85 Platform: Kekurangan Uang Developer: PINJAMAN PETIR

86 Platform: Kilat Kredit – Kredit Cepat Kredit Developer: Keiana CROSBY

87 Platform: KooRupiah – Pinjaman Uang Developer: KooRupiah

88 Platform: Kredee-Kredit Pinjaman Uang Online Developer: Kredee

89 Platform: Kredit Cepat – Pinjaman Uang Tunai Developer: Mi Developers

90 Platform: Kredit cepat-pinjman dana online Developer: Kredit Cepat Plus

91 Platform: Kredit Pinjaman Uang Developer: David Beet

92 Platform: Kredit Pinjaman Uang Online Dana Kilat Developer: Kredit Pinjaman Uang Dana

93 Platform: Kredit Pintar Developer: Panda Information Technology Co., Ltd.

94 Platform: Kredit Pintar Developer: Panda Information Technology Co., Ltd.

95 Platform: Kredit Tanpa Agunan dan Kartu Kredit Developer: asiagolgroup

96 Platform: Kredit Uang – Pinjam Online Cepat Developer: Pinjaman Dana

97 Platform: Kredit Yuk – pinjaman dana online Developer: Bagus Akbar

98 Platform: KreditPas Developer: PT. Explorindo Total Solusi

99 Platform: Kreditviewer.com Developer: PT. Viewer Digital Indonesia

100 Platform: KreTA – pinjam uang cepat mudah Developer: KreTA APP TEAM

101 Platform: KTA – Dana Tunai Developer: Creative Media Dev

102 Platform: Ktedit Online Developer: HappyCell co. LTD

103 Platform: Lapak Tunai Developer: Infinity Digital

104 Platform: LetsGoRupiah – Ayo pinjam dana online sekarang Developer: pt Letter

105 Platform: Loan 1 Minute Developer: Loan Minute

106 Platform: Loan Fast In 2 Minute Developer: Loan Minute

107 Platform: Loan Kilat Developer: CentralPark

108 Platform: Loan Kilat Developer: CentralPark

109 Platform: Loan Money USA Developer: PlayTimeAppsNow

110 Platform: Loans UK Developer: Rainbow Group

111 Platform: MangoMoney Developer: ООО МФК “МангоФинанс”

112 Platform: Marahaba quick loans- emergency mobile loans Developer: starzxapps

113 Platform: Market Pinjaman Developer: R-Works

114 Platform: Mr.Money – pinjaman rupiah cepat cair Developer: Fendy Christoper

115 Platform: OnDebt – hutang dan pinjaman Developer: GoBestApps

116 Platform: Online Loans – Personal Unsecured Loans Developer: Online Loans | Fast Loans | Personal Loans

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

117 Platform: Open Loans Malaysia Developer: Viva PS

118 Platform: Open Loans Developer: Namibia Viva PS

119 Platform: PandaBill – UTuai Bill Developer: PT. Panda

120 Platform: Patnas Loans Developer: Eazy Mobiloans

121 Platform: Payday Advance Loan Online: Borrow Money Developer: Loan Mobile

122 Platform: Payday Loan Calculator, KreditCepat, Uang Cepat Developer: Finance apps by MoneyBoy – Crypto + Forex

123 Platform: Payday Loans – Personal Loans – Online Loans Developer: Payday Loans – Personal Loans – Credit

124 Platform: Payday Loans Online – Bad Credit Loans Developer: Payday Loans – Personal Loans – Credit

125 Platform: PenuhDompet Developer: Hirsh Otis

126 Platform: Personal loans online Developer: Happy Now

127 Platform: PinDavest Developer: PT Pinjamaja Digital Komersial

128 Platform: Pinjam Beres Developer: SIAMAH johnson

129 Platform: Pinjam Cepat-Pinjaman Uang Online Developer: Kellye Durch

130 Platform: Pinjam duit-platform pinjaman yang aman dan cepat Developer: Ricarda ARCENEAUX

131 Platform: Pinjam Kilat-Pinjam Uang Tunai Online Tanpa Agunan Developer: Mariella Pulley

132 Platform: Pinjam petir Developer: Jimmy_oy

133 Platform: Pinjam Plus – Pinjaman Uang Dana Cepat Developer: KoinTree

134 Platform: pinjam tunai – informasi pinjaman online Developer: JDone Dev

135 Platform: Pinjam Uang Cepat – Mudah dan Cair Kilat Developer: 3R Inc.

136 Platform: Pinjam Uang Kilat – Mudah, Cepat, Langsung Cair Developer: Bradley Hough

137 Platform: Pinjam Uang-Pinjaman Duit Aman & Mudah Developer: Brasil Moe

138 Platform: Pinjam Yuk – Mudah, Cepat Developer: Rifdan Digital Developer

139 Platform: PinjamAku Developer: Jacquelynn Artur

140 Platform: Pinjaman Cepat Developer: Creative Media Dev

141 Platform: Pinjaman Cepat – Pinjaman Kredit Online Cepat Developer: henry Sitton

142 Platform: Pinjaman Dana – Uang Rupiah Kredit Kita Developer: UTunai Tunai Indonesia

143 Platform: Pinjaman Dana – Uang Rupiah Kredit Developer: Kita UTunai Pro Tunai Indonesia

144 Platform: Pinjaman Dana di Pegadaian (Tutorial ) Developer: Natalie Zell

145 Platform: PINJAMAN DANA USAHA CEPAT Developer: Empat Sekawan

146 Platform: Pinjaman di Australia Developer: Viva PS

147 Platform: Pinjaman di Indonesia Developer: Viva PS

148 Platform: Pinjaman di Jerman Developer: Viva PS

149 Platform: Pinjaman gurita Developer: Pinjem Duwit

150 Platform: Pinjaman Hero Developer: hulingling

151 Platform: Pinjaman Mudah-Pinjaman uang tunai tanpa jaminan Developer: Tamica Brodt

152 Platform: Pinjaman Nusantara Developer: huangzhi

153 Platform: Pinjaman Oke – Nyaman dan cepat Developer: Nvvuopd Ostudio

154 Platform: Pinjaman online Developer: moneymon908@gmail.com

155 Platform: Pinjaman petir Developer: Pakar pinjaman

156 Platform: Pinjaman Tunai-Pinjaman Uang Cepat Developer: Pinjaman Tunai

157 Platform: Pinjaman Uang Tunai-Kredit Tunai Tanpa Hipotek Developer: Alia Swenson

158 Platform: Pinjaman Uang-Tempat pinjaman kredit cepat&mudah Developer: Janette Outman

159 Platform: Pinjaman24.id Developer: info@pinjaman24.id

160 Platform: Pinjamanku.com Developer: Amarta Development

161 Platform: PinjamBro- Kredit Pinjaman Dana Tunai Online Cepat Developer: Zandra Armetta

162 Platform: pinjam-dong Developer: pinjam tunai

163 Platform: Pinjamin Uang – Cepat dan Mudah Developer: easytechno.id

164 Platform: Pinjamlah Online Developer: Dawn Yang

165 Platform: Pinjam-Mon Developer: tang wen

166 Platform: PinjamMudah Developer: Audrey Spittler

167 Platform: Pinjam-pinjam Developer: Nbccv Ostudio

168 Platform: PinjamSaja Developer: Budi Pin

169 Platform: Pitih Kilat-Pinjaman Uang Developer: pitih kilat

170 Platform: Plus Pinjam Dana Uang – Rupiah Cepat Tunai Developer: PinjamanPlus

171 Platform: Pohon Dana – Pinjaman Uang Developer: Mi Developers

172 Platform: PondoCash Developer: BonusPondo

173 Platform: Pop Cash – Pinjam Uang Cepat Mudah Developer: Flash POP Android TEAM

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

174 Platform: Prestamos Personales Rápidos -Créditos 💰💰Developer: Team Fd Apps

175 Platform: Préstamos Rapidos Developer: Financial Co LMTD

176 Platform: Quick Emergency Loans To Mpesa,fast Loans,Instant Developer: Loans Branch

177 Platform: Ragam Tunai: Cicilan Kredit Cepat Pinjam Uang Cash Developer: Lorrine Starch

178 Platform: Raja Pinjaman Developer: doubletan

179 Platform: Raja-Uang Id Developer: raja developer team

180 Platform: Robocash – Online Loan Robot Developer: Robocash.id

181 Platform: Rocket Cash – kredit uang cepat Developer: Hermosa Anne

182 Platform: Rupiah Cepat- kredit pinjaman online easy rupiah Developer: Rupiah Cepat

183 Platform: Rupiah Get Developer: RupiahGet

184 Platform: Rupiah Kita Developer: doubletan

185 Platform: Rupiah Teman-Pinjam Uang Rupiah Cash Tunai Developer: PT MATAHARI MAKMUR ABADI

186 Platform: Rupiah Toko – Kredit Pinjaman Uang Online Cepat Developer: Kredit Xendit

187 Platform: Rupiah Zone Developer: Kurnia Jaya Intan Teknologi

188 Platform: Sahabat Kredit – pinjaman uang Developer: Doni Awan

189 Platform: Saku Kita Developer: Sakukita Cermat

190 Platform: Salam Siap Developer: Dhani Software

191 Platform: Sasa loans – quick and fast mobile loans Developer: starzxapps

192 Platform: Solusi Cepat Developer: Chiam Soon Chian

193 Platform: Surya Dana Developer: ELMI NET.

194 Platform: Syarat Kredit Tanpa Agunan Di Setujui Developer: nawaitu

195 Platform: TangBull – Pinjaman Uang Dana Online Aman & Cepat Developer: PT. TangBull Tech Indonesia

196 Platform: TasCash – Dompet online Anda Developer: TasCash

197 Platform: Teman Uang Developer: Viva PS

198 Platform: TokoDana-Pinjaman Kredit Uang Rupiah Kilat & Mudah Developer: Clauson Wade

199 Platform: TokoRupiah -pinjaman mudah online cash loans Developer: Pinjaman Dana Tunai Cepat Online

200 Platform: Tunai Kita – Pinjam Kilat dan Mudah Developer: Royal Digital Inc.

201 Platform: Tunai Plus – Pinjaman Uang Cepat Kredit Mudah Developer: Meixin Global Fintech

202 Platform: TunaiBoxPlus Developer: bumgHunge

203 Platform: TunaiKan Developer: Tunai Jaya Teknologi

204 Platform: TunaiMart – Pinjaman uang tunai cepat Developer: TunaiMart

205 Platform: TunaiPlus Developer: Dompet Technology

206 Platform: TunaiTunai – Pinjaman uang tunai Developer: Meixin Global Fintech

207 Platform: Tuntasin Developer: FITRI SOFTWARE APP

208 Platform: uang cash Developer: shengqiang

209 Platform: Uang Cash-Kredit Tunai Pinjaman Uang Online Cepat Developer: Kredit

210 Platform: uang koo:Re – Fastest Secure Loan Developer: Sheenag.Saundra

211 Platform: Uang Pinjaman Developer: Semangat 45, PT

212 Platform: Uang Rupiah Developer: Uang Rupiah

213 Platform: UangKas – Pinjaman Cepat Terkini Developer: Uangkas

214 Platform: Uang-Kita—Pinjaman Uang Tunai Developer: Uang—Kita

215 Platform: Uang-Mesin -[adalah aplikasi pinjaman online KTA] Developer: Uangmesin

216 Platform: Uangonline-Pinjaman Dana Uang Online Developer: worldpeace

217 Platform: UangSkr Developer: yuli sulasttri

218 Platform: U-Box pinjaman mudah cepat easy duit dana Developer: U-BOX Android

219 Platform: U-need Developer: PT nufoundtech

220 Platform: Upesi Loans Developer: Masstarg

221 Platform: Wall In Developer: Wiwik Arsianti

222 Platform: Your payday loans online personal Developer: Vasiliy Burenkov

223 Platform: Займы на карту Developer: NKN Mobi

224 Platform: 开放贷款中国 Developer: Viva PS

225 Platform: @_ksp_nasari KOPERASI PINJAMAN DANA OJK

226 Platform: @ojk_dana_online KSP SEJAHTERA BERSAMA

227 Platform: @kufi_rupiah / @ojk_dana PINJAMAN DANA ONLINE

228 Platform: @ksp_nasari_syariah_KOPERASI PINJAMAN DANA OJk

229 Platform: @ksp.nasari_KOPERASI PINJAMAN DANA OJK🇲

230 Platform: @koperasi_ojk_pinjaman_online PINJAMAN DANA TUNAI(OJK)

231 Platform: @dana_part2

Satgas Tinombala Tangkap Kurir Logistik Kelompok Teroris Ali Kalora

Liputan6.com, Jakarta – Satgas Tinombala terus mengejar kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Pegunungan Biru, Sulawesi Tengah. Dalam operasi tersebut, polisi menangkap seseorang yang dicurigai sebagai kurir logistik kelompok teroris Poso itu.

“Dilakukan penangkapan kurirnya dan dalam pemeriksaan. Ditangkap di Parigi Moutong (perbatasan Poso),” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Namun, Dedi tidak mengungkap identitas kurir tersebut. Dia diketahui sebagai simpatisan Ali Kalora yang bertugas mengirim logistik makanan.

“Logistik untuk kebutuhan, beras, mi, telor. (Dibawa pakai) karung, dipikul. Soalnya jalurnya terbatas, karena hutan,” ucapnya.

Selain itu, Satgas gabungan Polri-TNI juga memutus jalur logistik di empat titik menuju tempat persembunyian Ali Kalora cs. Aparat secara teknis juga telah mempersiapkan pendeteksi jalur komunikasi yang dilakukan Ali Kalora cs.

Satgas juga meminta kerjasama masyarakat setempat, khususnya petani yang memasuki wilayah hutan Pegunungan Biru agar membawa perbekalan secukupnya. Satgas juga meminta kerjasama pihak keluarga untuk membujuk 14 kelompok teroris MIT yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atau buronan polisi untuk menyerahkan diri.

“Ini akan terus dilakukan oleh Satgas dalam rangka untuk mempersempit ruang gerak Ali Kalora cs,” kata Dedi.

Sebelumnya, Polri telah mendeteksi adanya empat anggota baru yang bergabung dengan kelompok teroris pimpinan Ali Kalora. Dengan begitu, jumlah kelompok Ali Kalora cs yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kepolisian menjadi 14 orang.

Tak mau kalah, Satgas Tinombala juga mempertebal kekuatan untuk memburu kelompok teroris tersebut. Selain berkoordinasi dengan masyarakat setempat, aparat juga menyebarkan pamflet melalui udara agar kelompok Ali Kalora ini segera menyerahkan diri.

2 dari 2 halaman

Jadi Sorotan

Ali Kalora cs menjadi sorotan publik setelah aksinya membunuh dan memutilasi warga di Desa Salubanga, Sausu, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Senin 31 Desember 2019. Diduga aksi tersebut untuk mengundang aparat kepolisian mendatangi lokasi.

Esoknya, mereka menembaki petugas kepolisian yang tengah olah TKP dan mengevakuasi jasad korban mutilasi. Dua anggota mengalami luka tembak akibat peristiwa tersebut.

Kontak tembak antara petugas dan kelompok teroris sempat berlangsung sekitar 30 menit. Mereka kemudian melarikan diri ke wilayah pegunungan di perbatasan Kabupaten Parigi Moutong dan Poso. Hingga saat ini, pengejaran terhadap mantan anak buah Santoso alias Abu Wardah itu terus berlanjut.

Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Rakornas Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa dua bulan lagi masyarakat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi alias Pemilu, tepatnya pada 17 April 2019. Berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan sejak sekarang agar Pemilu serentak 2019 dapat berjalan aman dan lancar. 

Salah satu pihak yang telah melakukan persiapan dalam menyukseskan Pemilu adalah Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri). Mereka memahami bahwa salah satu hal penting untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu adalah kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

Guna membicarakan hal tersebut, Ditjen Polpum Kemendagri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk menyiapkan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Claro,Makassar, Selasa (12/2). Hadir dalam kegiatan tersebut 1500 peserta yang terdiri dari unsur TNI-Polri, penyelenggara dan pengawas pemilu, Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Forkompimda se-wilayah Indonesia Timur.

Soedarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, dalam sambutan pembukaan acara mengatakan bahwa sebagaimana diamanatkan pasal 434 Undang undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, di mana pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran penyelenggaraan pemilu sebagai upaya pencapaian pemilu yang demokratis.

“Potensi kerawanan Pemilu merupakan suatu tantangan demokrasi. Oleh karena itu pemerintah dan pemerintah daerah bersama dengan aparat keamanan perlu terus bersinergi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan pemantapan guna menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Nasional Kemendagri, Akbar Ali, menambahkan tujuan lain dari penyelenggaraan rapat ini adalah menjalin sinergitas pemerintah pusat, pemerintah, dan daerah stakeholder terkait, agar tercipta iklim demokrasi yang kondusif, aman, dan damai. 



(*)

Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Jalan di Koja, Ali Patta

Liputan6.com, Jakarta – Tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Kejari Jakarta Utara dan Kejari Kuningan menangkap Ali Patta. Dia merupakan buronan terpidana kasus korupsi pengawasan peningkatan jalan pada Sudin Perumahan dan Gedung Jakarta Utara yang merugikan negara sebesar Rp 513 juta.

“Terpidana Ali Patta berhasil diamankan di Perumahan Alam Asri, Kelurahan Kasturi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sekira pukul 16.15 WIB tadi,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Nirwan Nawawi melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Nirwan menuturkan, eksekusi tersebut dilakukan atas dasar putusan Mahkamah Agung Nomor: 413 K/Pid.Sus/2017 tanggal 4 November 2017. Ali Patta dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama pada kegiatan pengawasan dan peningkatan jalan dan saluran Kecamatan Koja tahun anggaran 2013.

“Atas perbuatannya, Ali Patta dijatuhi pidana penjara selama 5 tahun kurungan dan denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan jika denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama bulan, serta diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp. 513.548.887,” ucap Nirwan.

Nirwan menambahkan, penangkapan Ali Patta merupakan wujud dari pelaksanaan program TABUR 31.1 JAM Intel yang menargetkan masing masing Kejati minimal dapat menangkap 1 buronan untuk setiap bulannya.

2 dari 3 halaman

Penampilan Ali Patta

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPK Panggil 12 Anggota DPRD Jambi Terkait Kasus Uang Ketuk Palu

Jakarta – KPK memanggil 12 anggota DPRD Provinsi Jambi terkait kasus dugaan suap. Di antaranya, ada 3 anggota DPRD yang telah jadi tersangka, yakni Cekman, Parlagutan Nasution dan Tadjudin Hasan.

“Setelah kemarin dilakukan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Jambi, hari ini diagendakan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (13/2/2019).

Pemeriksaan itu dilakukan di Polda Jambi. KPK berharap para saksi hadir dan memberi keterangan yang sejujurnya.


“Kami ingatkan agar para saksi yang dipanggil dapat memenuhi panggilan penyidik dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya pada penyidik,” ucapnya.

Berikut para anggota DPRD Provinsi Jambi yang dipanggil sebagai saksi hari ini:

1. Cekman, Anggota DPRD Provinsi Jambi
2. Parlagutan Nasution, Anggota DPRD Provinsi Jambi
3. Tadjudin Hasan, Anggota DPRD Provinsi Jambi
4. Hasani Hamid, Anggota DPRD Provinsi Jambi
5. Suliyanti, Anggota DPRD Provinsi Jambi
6. Karyani, Anggota DPRD Provinsi Jambi
7. Nasri Umar, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jambi
8. Nurhayati, Anggota DPRD Provinsi Jambi
9. Emi Nopisah, Staf Sekretaris Dewan Provinsi Jambi
10. Mauli, Anggota DPRD Provinsi Jambi
11. Yanti Maria Susanti, Anggota DPRD Provinsi Jambi
12. Sofian Ali, Anggota DPRD Provinsi Jambi
13. Rahima, Anggota DPRD Provinsi Jambi (meminta penjadwalan ulang karena sedang tidak berada di Jambi).

Kasus ini merupakan lanjutan dari rangkaian kasus suap yang melibatkan mantan Gubernur Jambi Zumi Zola. KPK pun menetapkan 12 anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai tersangka suap ketuk palu.

Kedua belas tersangka itu diduga KPK mengumpulkan anggota fraksi untuk menentukan sikap terkait pengesahan RAPBD Jambi, membahas dna menagih uang ketuk palu. KPK menduga ada jatah Rp 400 juta hingga Rp 700 juta untuk tiap fraksi.

Total suap itu diduga berjumlah Rp 16,34 miliar untuk RAPBD TA 2017 dan 2018. Selain 12 anggota DPRD Jambi, KPK juga menetapkan 1 pihak swasta, Joe Fandy Yoesman alias Asiang sebagai tersangka karena diduga memberi duit Rp 5 miliar ke Plt Kadis PUPR Jambi Arfan.

(haf/dnu)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur Jatim

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur Jatim Foto: Agung Pambudhy

Surabaya – Gubernur Terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa nanti sore akan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara. Pelantikan ini merupakan buah kerja keras Khofifah usai dua kali gagal di Pilgub Jatim.

Sebelumnya, Khofifah telah dipercaya Jokowi mengemban tugas sebagai Menteri Sosial RI. Namun, Khofifah mengaku memiliki keinginan tinggi untuk mengabdi di kampung halamannya, Jawa Timur.

Khofifah pun akhirnya pamit pada Presiden. Usai mengantongi restu, Khofifah kembali ke Jatim dan menggandeng Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak yang dikenal mewakili suara generasi milenial. Lalu, bagaimana sepak terjang Khofifah?

Di beberapa kesempatan, Khofifah mengisahkan cerita masa kecilnya. Besar di perkampungan Jemursari, Surabaya, Khofifah ternyata sempat menjual es lilin. Hal ini dilakukan untuk membantu perekonomian keluarga.
Menginjak SMP, Khofifah bersekolah di SMP Khadijah. Khofifah mengakui sekolah yang kini dipimpinnya sebagai Ketua Yayasan ternyata menyimpan banyak kenangan.

Wanita kelahiran Surabaya, 19 Mei 1965 ini ternyata memiliki beberapa hobi unik saat sekolah. Khofifah mengaku suka mendaki gunung hingga menjadi anak motor. Bahkan, hobi mendaki gunung ini sudah dia tekuni sejak duduk di kelas 2 SMP.

“Saya sekolah di sini dari SMP dan SMA. Mulai naik gunung itu kelas 2 SMP. Semua gunung, mulai dari Gunung Batok, Gunung Klotok, kan mendaki itu tidak bisa langsung ke Mahameru, itu kan bertahap. Jadi dulu 6 bulan lagi naik gunung itu, 6 bulan lagi naik gunung ini dan terakhir kita ke Arjuno sebelum ke Mahameru,” kisahnya saat ditemui di SMA Khadijah Surabaya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah mengaku dirinya juga sangat menyukai kegiatan motorcross. Meskipun dulu sekolahnya berisi pelajar putri saja, namun dia tetap menyukai bermotor. Khofifah pun berkali-kali mendapat teguran karena hobi bermotornya di malam hari.

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur JatimFoto: Khofifah Indar Parawansa (Suparno Nodhor-detikcom)/File

“Aku juga dulu suka motorcross waktu SMP, padahal sekolahnya dulu khusus perempuan. Tapi udah sering diingatkan orang, saya itu suka naik motor waktu malam pakai motor sendirian, sengaja waktu malam tapi kan orang pasti mengidentifikasi itu saya,” lanjut ibu dari empat orang anak ini.

Selain hobi bermotor, Khofifah juga mahir untuk urusan perbengkelan. Dia sempat mengisahkan jika di tengah perjalanan, ban mobilnya bocor, dia bisa menggantinya seorang diri.

Usai lulus SMA, wanita yang mengaku juga menyukai sepak bola ini melanjutkan studi di dua jurusan yang berbeda, dengan kampus yang berbeda. Khofifah belajar politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Unair). Tetapi, dia juga belajar ilmu komunikasi dan agama di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Surabaya.

Khofifah juga dikenal aktif berorganisasi. Sempat menjadi Ketua Osis semasa SMA, Khofifah pernah mengemban amanah sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Di masa kuliah, Khofifah pun menjadi Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Surabaya di tahun 1986. Sejak kuliah, Khofifah juga dikenal sebagai organisatoris yang kritis.

Sejak muda, Khofifah telah mengawali karier politiknya. Tepat di usia 27 tahun, Khofifah menjadi anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Di pemilu berikutnya, Khofifah pun berhasil mendapat kepercayaan lagi dari masyarakat.

Sementara di era reformasi, Khofifah menyeberang ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Karier politik Khofifah pun semakin mentereng. Usai menjadi anggota dewan dari PKB, pada 1999, Khofifah diangkat Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan.

Khofifah pun mengemban tugasnya selama dua tahun. Sayangnya, usai lengsernya Gus Dur, Khofifah tak masuk lagi dalam susunan menteri buatan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur JatimFoto: Instagram khofifah.ip

Namun, dia semakin aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Khofifah pun aktif di Muslimat, sebuah organisasi sayap perempuan Nahdlatul Ulama (NU). Hingga kini, Khofifah masih dipercaya sebagai Ketua Umum Muslimat.

Dengan pengalamannya sebagai anggota DPR hingga Menteri, Khofifah pun bertekad untuk membuat kampung halamannya semakin sejahtera. Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2008, Khofifah akhirnya maju menggandeng Mudjiono.

Saat itu ada 5 pasang calon yaitu: Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi), Sutjipto-Ridwan Hisjam (SR), Soenarjo-Ali Maschan Moesa (Salam), Achmady-Suhartono (Achsan), dan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa).

Sayangnya, duet bertajuk Kaji atau Khofifah-Mudjiono ini pun dikalahkan rivalnya Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa). Khofifah sempat merasa dicurangi dan memperjuangkan haknya ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun permohonannya tak dikabulkan.

5 Tahun berikutnya, tekad Khofifah meraih kursi Jatim 1 pun kian menebal. Di tahun 2013, Khofifah maju lagi menggandeng Herman S Sumawiredja.

Pemilu gubernur Jatim 2013 akhirnya diikuti 4 pasangan calon, yakni: Soekarwo-Saifullah Yusuf, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja. Namun, Khofifah kembali kalah tipis dengan rivalnya yang juga menjadi petahana.

Masih bertekad memajukan kampung halamannya, untuk ketiga kali, Khofifah Indar Parawansa maju berlaga dalam kompetisi meraih kursi Jatim 1. Ketiga kalinya pula, Mantan Menteri Sosial ini harus berhadapan dengan Saifullah Yusuf.

Meski sempat kalah dalam dua laga sebelumnya, Khofifah pun optimis untuk kembali mencoba peruntungan. Sementara Gus Ipul sapaan akrabnya, yang kala itu ‘hanya’ menjadi wakil Soekarwo dalam dua Pilgub, kini percaya diri untuk maju meraup suara menjadi pemimpin Jatim.

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur JatimFoto: Instagram@khofifa.ip

Khofifah pun mulai memperkenalkan wakilnya. Dikenal cerdas dan milenial, wakil Khofifah diisi oleh Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak. Suami Arumi Bachsin ini juga aktif mendapat sejumlah penghargaan.

Emil juga dikenal berhasil membawa banyak perubahan di Trenggalek. Selain itu, Emil yang masih muda dinilai bisa menjadi magnet untuk meraup suara dari milenial. Terlebih, Emil juga aktif dalam berbagai organisasi Internasional.

Akhirnya, setelah ‘menanti’ selama 10 tahun, Khofifah Indar Parawansa akhirnya berhasil memenangkan Pilgub Jawa Timur. Khofifah menatap kursi Jatim 1 setelah gagal dalam dua pilkada sebelumnya.

Pilgub Jatim 2018 merupakan kali ketiga Khofifah maju sebagai cagub. Pada pilgub kali ini, Khofifah bersama Emil Dardak diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan PAN.

Khofifah-Emil mengalahkan pasangan lawannya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno yang diusung oleh PDIP, PKB, PKS, dan Partai Gerindra.

Menariknya, di Pilgub 2018, Khofifah didukung Soekarwo, yang selama dua kali pilgub merupakan lawannya. Ini lantaran pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo itu merupakan Ketua DPD Demokrat. Di Pilgub Jatim sekarang, Pakde Karwo memberikan dukungan kepada Khofifah.

Di hadapan para pendukungnya, Khofifah telah mengungkapkan rasa senangnya atas kemenangan versi hitung cepat ini. Dia menyatakan peran relawan sangat berpengaruh meskipun mereka tidak dibayar.

“Jadi saya sangat berterima kasih sekali kepada para relawan. Saya ingat kalau ke pasar jam 03.00 dini hari, mereka sudah menyiapkan dari jam 12 malam. Kalau saya ke pasar jam 7, mereka stand by dari jam 5 meskipun tak dibayar,” ujar Khofifah.

Sepak Terjang Khofifah, Anak Gunung dan Anak Motor Jadi Gubernur JatimFoto: Instagram@khofifa.ip

Dalam pidato kemenangannya, Khofifah pun menyampaikan salam kepada rivalnya di Pilgub Jatim tersebut. Dia juga memberi apresiasi bagi partai-partai pendukung Gus Ipul-Puti.

“Saya dan mas Emil juga bersama-sama menyampaikan salam hormat kepada saudara kami paslon no 2 Gus Ipul dan Mbak Puti dan seluruh partai pendukung,” pungkas Khofifah yang saat itu didampingi Emil Dardak.

Kini, kursi Jatim 1 pun berhasil diduduki Khofifah. Sejumlah program dan visi misi telah dipaparkan di berbagai kampanye. Akankah Khofifah berhasil memajukan kampung halamannya?
(hil/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>