6 Wisata Bantul dengan Alam yang Indah, Cocok untuk Liburan Keluarga

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata bantul yang pertama adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Seperti namanya, gumuk pasir ini terdapat di pantai parangkusumo, bantul. Di daerah panati parangkusumo ini terdapat banyak pantai pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja pantai parangtritis yang telah memiliki nama besar, pantai goa cemara, pantai depok, dan lain lain.

Di gumuk pasir ini kamu bisa bersantai dan menikmati alam serta pemandangan tepi pantai. Hamparan pasir yang luas menjadi daya tarik utama sesuai dengan namanya.

Wisata bantul satu ini menjadi salah satu wisata yang unik di Indonesia karena hanya ada beberapa wisata berupa kumpulan pasir yang sangat luas di Indonesia. Gumuk pasir parangkusumo ini menjadi wisata padang pasir yang paling terkenal dari semua wisata berjenis ini yang ada di Indonesia.

Wisata bantul satu ini seakan mengantarkan kamu ke gurun sahara di timur tengah. Gumuk pasir ini terletak di antara pantai parangtritis dan pantai depok, yang membuat kamu bisa singgah ke pantai pantai tersebut juga setelah dari gumuk pasir ini.

Selain menikmati alam dan berswafoto di gumuk pasir ini, kamu juga bisa melakukan sandboarding atau berselancar di pasir. Sandboarding ini juga menjadi salah satu penarik wisatawan dan menjadi keunikan tersendiri pada wisata Bantul ini.

2. Kebun buah mangunan

Kebun buah Mangunan tentunya tidak terbantahkan lagi kepopulerannya di Indonesia. Identik dengan pemandangan negeri di atas awan, salah satu wisata bantul ini tiap minggunya ramai dikunjungi wisatawan.

Selain kamu bisa menikmati pemandangan seakan berada di negeri atas awan, kamu juga bisa menikmati pemandangan sungai dibawahnya dan udara sejuk yang menyegarkan, khas dataran tinggi. Wisata bantul ini membuat wisatawan yang datang tertarik dengan pemandangan yang disajikan dari ketinggian 200 mdpl.

Rayakan Hari Bumi, Dua Atlet One Championship Indonesia Bicara Pelestarian Alam

Hal ini diamini oleh Sunoto, yang mengatakan bahwa kondisi bumi saat ini membutuhkan perhatian khusus, terutama terkait dengan iklim alami.

“Kondisi bumi [saat ini] sudah sangat menghawatirkan; musim sudah tidak menentu dan panas jadi luar biasa terasa,” kata petarung divisi bantamweight asal Blora, Jawa Tengah ini.

Sejak pindah ke Jakarta sekitar tujuh tahun lalu, pria yang memiliki julukan “The Terminator” ini merasakan perubahan iklim yang semakin memburuk. Iapun sering melihat aliran sungai tidak lancar karena terhambat sampah yang dibuang sembarangan.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, ibukota Indonesia ini tercatat memproduksi sampah sebanyak 7.000 ton per hari – dimana tidak seluruhnya tertanggulangi.

“Di Jakarta, kita sering melihat sampah di sungai karena kebiasaan kita buang sampah tidak pada tempatnya,” aku Sunoto, yang mengajak masyarakat semakin aktif untuk memelihara bumi bersama-sama melalui berbagai cara.

Beberapa cara yang ia sarankan adalah untuk membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, serta rutin membersihkan sampah di sungai atau lingkungan sekitar.

One Championship: A New Era Berlangsung Sukses

TPS di Jawa Barat yang Terkena Bencana Alam Akan Direlokasi

Liputan6.com, Jakarta – Jawa Barat, salah satu daerah berpotensi kerawanan Pemilu 2019. Tak hanya itu, wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbesar juga rawan bencana alam.

Untuk kelancaran Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019, tim SAR dari personel TNI-Polri dan Basarnas disiagakan untuk membantu merelokasi tempat pemungutan suara (TPS) apabila dilanda bencana alam seperti banjir, longsor, maupun angin puting beliung.

“Di Jawa Barat sekarang ini sering terjadi bencana banjir dan longsor. Mengantisipasi itu kita keluarkan tim SAR untuk membantu memindahkan TPS ke tempat aman,” ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto usai menggelar apel kesiapan pengamanan TPS di Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/4/2019).

Agung mencontohkan seperti banjir yang hingga kini masih menggenangi wilayah Bale Endah, Bandung. Lokasi yang akan dijadikan tempat pencoblosan pun masih terendam. Karenanya, TPS yang berada di daerah itu akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman jika banjir diperkirakan masih terjadi hingga pencoblosan.

“Polda dengan KPU, Bawaslu untuk saling koordinasi terkait hal ini. Kalau mau dipindah, dipindahkan kemana,” kata Agung.

Apartemen Paddington Heights di Alam Sutera, Investasi Menjanjikan

Jakarta

Mencari hunian yang asri, nyaman, dan ditunjang dengan fasilitas lengkap sudah menjadi barang langka di Ibu Kota Jakarta. Tak heran jika banyak orang yang melirik daerah luar Ibu Kota seperti di Tangerang untuk dijadikan tempat tinggal maupun berinvestasi. Apalagi kawasan Tangerang kini makin diramaikan dengan ragam pembangunan infrastruktur sehingga membuat properti di kawasan ini semakin premium.

Misalnya Alam Sutera di barat Jakarta yang selama beberapa tahun terus mengalami perkembangan pesat, baik sebagai hunian maupun pusat bisnis. Apalagi dengan adanya pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) menjadikan Alam Sutera sebagai kawasan yang terus berkembang dan terpadu.

Berbicara investasi properti yang menjanjikan, coba tengok apartemen siap huni Paddington Heights Apartment Towers yang dikembangkan oleh developer terpercaya Alam Sutera Group. Selain menghadirkan fasilitas lengkap, Alam Sutera melengkapi Paddington Heights Apartment Towers dengan konsep lingkungan yang bersih, hijau, dan tertata apik. Hal ini membuat penghuni apartemen yang berada di Downtown Alam Sutera ini merasakan pengalaman yang berbeda.

Apartemen di Alam Sutera Ini Jadi Investasi Properti MenjanjikanTampilan dalam Paddington Heights Apartment (Foto: dok. Alam Sutera)

Apartemen siap huni ini terletak di lokasi strategis, yakni di Downtown Alam Sutera. Berdiri di atas lahan seluas 9000 m2, Paddington Heights memiliki empat tower yaitu tower North, South, West, dan East dengan jumlah keseluruhan sebanyak 502 unit.


Paddington Heights Apartment Towers dikelilingi berbagai pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, serta pusat perkantoran dan bisnis. Mulai dari Universitas Binus, Swiss German University, Universitas Bunda Mulia, The Prominence Office Tower, Synergy Building, Menara Top Food, Alfa Tower, Mall @Alam Sutera, IKEA, hingga Living World.

Bahkan disediakan pula internal shuttle bus, Suteraloop, yang menghubungkan seluruh area di kawasan Alam Sutera mulai dari kawasan residensial hingga komersial. Tentunya akan membuat para penghuni termudahkan untuk mengakses beberapa fasilitas dalam menunjang aktivitas harian.

Untuk mencapai pusat kota pun, penghuni akan dimudahkan dengan ragam akses. Pasalnya, Paddington Heights berada di pusat bisnis Alam Sutera dan hanya dibutuhkan waktu 2 menit dari dan menuju pintu tol Jakarta-Tangerang dari Paddington Heights Apartment Towers. Selain itu, ada dua pilihan alternatif jalan yang memudahkan mencapai Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam waktu 30 menit, antara lain melalui Tol Karang Tengah dan Jalan Raya Serpong.

Apartemen di Alam Sutera Ini Jadi Investasi Properti MenjanjikanFasilitas swimming pool di Paddington Heights Apartment Towers (Foto: dok. Alam Sutera)

Untuk fasilitasnya, Paddington Heights Apartment Towers menawarkan ragam fasilitas yang bisa menunjang kebutuhan sehari-hari bagi para penghuninya. Adapun fasilitas tersebut antara lain infinity swimming pool dengan pool lounge and BBQ area, multifunction room, rooftop garden with downtown lake view, outdoor cafe, CCTV dan keamanan 24 jam yang terjamin dengan access card untuk masing-masing penghuni.

Menariknya, Anda yang sedang memikirkan investasi properti menjanjikan bisa mendapatkan promo menarik dari Paddington Heights Apartment Towers. Promo yang bisa Anda dapatkan antara lain cicilan DP mulai Rp 10 jutaan/bulan, gratis pendingin ruangan (free AC), gratis service charge selama 1 tahun, serta voucher potongan harga yang dapat dibeli di Tokopedia hingga Rp 50 juta dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Jadi tunggu apa lagi? Ini saat yang tepat untuk memiliki hunian di Downtown Alam Sutera! Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung mengunjungi marketing representative di kantor pemasaran Paddington Heights Jl. Lingkar Barat No.2, Alam Sutera dan di Mall @Alam Sutera – Ground Floor atau hubungi nomor telepon (021) 3110-3838 / 537-3838 atau klik www.alam-sutera.com.

(adv/adv)

7 Wisata Banjarmasin, Mulai dari Wisata Alam hingga Pasar Terapung

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam wisata Banjarmasin terutama wisata alamnya, memiliki pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata. Selain itu, di Banjarmasin juga banyak tempat wisata yang unik, menarik, dan pastinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di sana.

Banjarmasin adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota yang memiliki julukan seribu sungai ini memiliki luas sekitar 98,46 kilometer persegi dan wilayahnya memiliki beberapa pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai. Beberapa pulau itu di Banjarmasin antara lain adalah Pulau tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, dan masih banyak lagi.

Letak geografisnya yang sebagian besar digenangi air sungai, membuat wisata Banjarmasin banyak yang berada di sungai dan tepian sungai. Salah satu yang menarik di wisata Banjarmasin adalah pasar terapung, berbagai wisata pulau, dan masih banyak lagi. Sungai juga menjadi wadah aktivitas utama masyarakat di sana.

Selain wisata Banjarmasin banyak menyuguhkan pemandangan alam dan wisata sungai, di Banjarmasin juga terdapat beberapa wisata sejarah, dari bangunan tua hingga peninggalan-peninggalan begas jajahan pada jaman dulu.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi dan nikmati saat berada di sana, Kamis (4/4/2019).

Dongkrak Harga, RI Kurangi Ekspor Karet Alam 98 Ribu Ton

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia mulai mengurangi ekspor karet alam sebanyak 98 ribu ton untuk jangka waktu empat bulan ke depan. Hal ini bagian dari implementasi kebijakan Agreed Export Tonnage Scheme (AETS) ke-6 untuk mengurangi volume ekspor karet alam sebesar 240 ribu ton selama 6 bulan ke depan.

AETS ke-6 merupakan hasil pertemuan pejabat senior dari Internasional Tripartite Rubber Council (ITRC). Selain Indonesia, dua negara lain yang juga tergabung dalam ITRC yaitu Malaysia dan Thailand.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan Muhri mengatakan pengurangan ekspor ini dilakukan dalam rangka memperbaiki tren harga karet alam dunia yang tengah anjlok.

Dia menjelaskan, pada November 2018 harga karet tercatat turun ke level USD 1,21 per kg. Namun setelah digelarnya pertemuan khusus pejabat senior International Tripartite Rubber Counsil (ITRC) pada 4-5 Maret 2019 di Bangkok, Thailand harga karet alam mulai ‎terkoreksi menjadi USD 1,4 per kg pada Maret 2019 atau naik 5 persen.

“Sekarang harga karet alam sudah USD 1,4 per kg dan kami terus monitor. Hari ini Indonesia berkomitmen mengaplikasikan kebijakan hasil kesepakatan,” ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (1/4/2019).

‎Sebagai wujud keseriusan Indonesia dalam mendorong kenaikan harga karet alam, lanjut Kasan, Kemendag juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Perdagangan (Kepmendag) Nomor 779 Tahun 2019 tentang pelaksanaan AETS ke-6 untuk komoditi karet alam. Dalam payung hukum tersebut, pengurangan ekspor berlaku mulai 1 April 2019 atau hari ini.

“Khusus Indonesia, diputuskan untuk mengurangi ekspor karet 98.160 ton. Itu 1 April sampai 31 Juli 2019,” tandas dia.

7 Wisata Puncak Bogor, Wisata Alam yang Suguhkan Ketenangan Jiwa

Taman Wisata Matahari mengusung konsep rekreasi dan edukasi pada tiap wahananya. Taman ini menyediakan wahana permaianan seru dengan fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari wahana permaianan air seperti waterpark, arung jeram, paddle boat, sepeda air, perahu naga, dan permainan seru lainnya.

Tak hanya pemainan air yang seru, di sini juga tersedia wahana petualangan seperti ATV, Flying Fox, rumah hantu, kereta safari, green car, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sini juga tersedia wisata edukasi yang sangat bermanfaat seperti dino park, citra play land, taman lalu lintas, taman satwa, agro sayur, agro sawah, dan wahana lainnya.

Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Wisata Matahari ini cocok bagi Anda yang ingi berlibur bersama keluarga.

5 Wisata Boyolali Paling Hits, Cocok Buat Kamu Si Pecinta Alam

Liputan6.com, Jakarta Boyolali adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dengan pusat administrasi berada di Kemiri dan Mojongsongo. Kabupaten Boyolali terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta, dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya seperti Kabupaten Klaten bahkan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan luas sekitar 1.015 kilometer persegi, Kabupaten Boyolali memiliki populasi kurang lebih 930.531 jiwa. Kabupaten yang memiliki julukan New Zealand Van Java atau Selandia Baru dari jawa ini menjadi daerah yang terkenal dengan produksi susu yang cukup terkenal dan produsen daging sapinya.

Kabupaten Boyolali secara topografi wilayahnya merupakan wilayah dataran rendah dengan perbukitan dan pegunungan. Berada di ketinggian rata-rata 700 meter di atas permukaan laut, dan titik tertinggi di Kabupaten Boyolali adalah 1.500 meter di atas permukaan laut yang berada di Kecamatan Selo.

Terdapat dua gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berada di bagian Kabupaten Boyolali. Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan dan dataran yang cukup tinggi, Kabupaten Boyolali memiliki potensi dibidang perternakan, pertanian, hingga kawasan industri.

Tidak hanya itu, Boyolali juga memiliki banyak tempat pariwisata yang beragam dan cukup terkenal. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Boyolali yang patut kamu ketahui dan bisa menjadi salah satu tempat berekreasi yang unik dan menarik, Rabu (27/03/2019).

Penyebab Kebakaran Hutan yang Sering Terjadi, Rusak Habitat Alam

Salah satu kasus kebakaran hutan yang melanda di Indonesia baru-baru ini seperti kebakaran hutan yang melanda di Riau. Kebakaran hutan di Riau bahkan melebar hingga seluas 858 hektare. Hutan dan kawasan gambut di Riau yang terbakar membuat para petugas gabungan mengalami kesulitan untuk memadamkan api.

Kesulitan memadamkan api diakibatkan oleh luasnya lahan dan tiupan angin yang kencang pada kawasan hutan yang terbakar tersebut. Hutan yang terbakar itu berlokasi di kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau.

Selama empat hari berturut-turut petugas gabungan terus melakukan upaya pemadaman di sejumlah titik api yang masih bermunculan. Petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri ini mengaku sulitnya memadamkan karena hampir 858 hektare luasnya yang terbakar.

Penyebab kebakaran hutan di Riau yang sebagian besar membakar lahan gambut tersebut salah satu contoh penyebab kebakaran hutan yang diakibatkan oleh ulah manusia. Manusia dengan sengaja membakar kawasan hutan yang berada di Riau tersebut.

Sebelumnya, petugas mengalami kesulitan memadamkan api. Selain karena luasnya kawasan yang terbakar, sumber air menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi. Petugas BNBP bahkan membuat hujan buatan dan telah disebarsetidaknya 1,8 ton garam pada kawasan hutan yang terbakar.

Kebakaran hutan tak hanya merugikan hutan karena kehilangan fungsinya sebagai paru-paru dunia, namun juga memberikan dampak asap yang ditimbulkan oleh kebakaran itu sendiri. Asap menjadi polusi udara yang mengganggu sistem pernapasan. Tak heran jika kebakaran hutan terjadi, banyak masyarakat yang mengeluh sesak napas akibat turunnya kualitas udara bersih di kawasan tersebut. 

6 Wisata Tegal, Destinasi yang Cocok Buat Kamu Pecinta Alam

3. Wadas Kelir

Lagi-lagi destinasi wisata Tegal yang berbentuk susunan bebatuan. Perbedaannya dengan Goa Lawa, Wadas Kelir ini merupakan kumpulan bebatuan yang memiliki motif unik.

Wadas Kelir ini memiliki spot foto yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Dari jauh pun perbukitan yang ada memiliki lanskap yang luar biasa.

Tempat yang dulunya adalah tempat penggalian pasir ini, mejadi terkenal dengan banyaknya orang yang berfoto di sini. Motif-motif unik dari batunya tersebut yang menjadi daya tarik utama, oleh karena itu tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk berfoto untuk diunggah di Instagram kita.

4. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban ini dulunya diresmikan oleh Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno pada tahun 1952. Destinasi wisata Tegal ini Memiliki luas 40 ha dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl.

Waduk Cacaban juga terkenal sebagai obyek wisata yang ramai dikunjungi. Fasilitas yang tersedia sudah menunjang sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga seperti warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, mushola dan gardu pandang sehingga pengunjung dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Terdapat 4 pulau di tengah waduk yaitu Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Di waduk ini kita dapat menikmati suasana yang tenang dan asri, untuk menenangkan jiwa.