Polisi: Tak Ada Korban Tewas Dalam Insiden Kebakaran Kapal di Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta – Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold EP Hutagalung memastikan tidak ada korban jiwa pada kebakaran yang menghanguskan belasan kapal di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Februari 2019. 

“Korban jiwa tidak ada, karena kami bersama stake holder terkait menjaga agar tetap aman baik untuk pekerja maupun pabrik,” ucap Reynold di lokasi kebakaran. 

Namun, Reynold menyampaikan terdapat dua orang menderita sesak napas karena menghirup asap yang terbawa angin dari lokasi kebakaran. Keduanya, hingga kini telah menjalani perawatan di Rumah Sakit.

“Itu kami imbau. Tadi ada yang mendekat, karena asap yang begitu pekat ada yang menderita sesak napas. Tapi bukan dari kebakaran atau berada di atas kapal,” Reynold menegaskan.

Dia juga meminta kepada warga untuk menjauh dari lokasi kebakaran.

“Kami juga mengimbau warga di sekitar lokasi untuk bergeser agar dapat dilakukan pemadaman segera. Insyaallah api dapat segera dipadamkan,” ucap Reynold seperti dilansir dari Antara. 

 

2 dari 2 halaman

Karena Korsleting Listrik

Reynold menyebutkan dugaan sementara penyebab kebakaran akibat korsleting yang dipicu oleh aktivitas pengelasan di Kapal Motor (KM) Arta Minajaya. Saat ini, polisi juga telah memeriksa enam orang saksi terkait peristiwa kebakaran tersebut.

Mengenai taksiran kerugian materil akibat kebakaran tersebut, Reynold mengatakan belum bisa memberikan angka pasti karena belum bertemu dengan pemilik kapal.

“Belum ditaksir. Karena pemiliknya belum ada,” ujarnya.

Hingga jelang dini hari,upaya pemadaman masih berlangsung. Sementara itu, jumlah kapal yang terbakar dilaporkan mencapai 18 unit. Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam kebakaran telah dikerahkan di lokasi kebakaran. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Kisah Anak Difabel yang Diam-diam Punya Kehidupan Online Menakjubkan

Oslo

Robert dan Trude meratapi kehidupan sepi dan terkungkung yang mereka pikir dijalani Mats, anak mereka yang difabel. Namun ketika Mats wafat, pasangan itu baru sadar bahwa banyak orang di Eropa menyalakan lilin tanda berkabung untuk putra mereka.

Artikel ini pertama kali terbit di situs radio Norwegia, NRK.

“Pola pikir kami sangat tradisional. Kami tak ingin dia mengubah atau mengacaukan ritme kesehariannya.”

Duduk di sebuah kafe dekat kantornya di alun-alun kota Oslo, Norwegia, Robert Steen (56) memaparkan betapa ia kerap khawatir jika anaknya tak kunjung terlelap hingga tengah malam.

“Jika melihat ke belakang, saya rasa kami seharusnya lebih tertarik pada gim, dunia di mana putra kami menghabiskan hampir seluruh waktunya,” kata Robert.

“Karena kami tak punya ketertarikan itu, kami kehilangan kesempatan untuk mengetahui yang tidak kami pahami,” tuturnya.

Robert menyampaikan kata-kata terakhir tentang Mats akhir tahun 2014 di sebuah kapel di satu pemakaman di ibu kota Norwegia.

Di antara mereka yang duduk mendengarkan pidato itu, termasuk sanak famili dan sejumlah tenaga medis yang mengenal dekat Mats, ada sekelompok orang asing.

Hanya Robert yang pernah bertemu mereka. Itu pun baru sekali: malam sebelum pemakaman.

Beberapa tahun di akhir hidupnya, Mats hampir tidak pernah meninggalkan ruang bawah tanah di flat milik keluarganya.

Jadi cukup aneh bahwa ada orang-orang tak dikenal datang ke pemakamannya. Mats sendiri bahkan tidak pernah berjumpa dengan mereka.

Sebelum kematiannya, tamu-tamu yang berduka itu tidak mengenal Mats sebagai Mats, tapi Ibelin, seorang keturunan ningrat, perayu ulung, dan detektif.

Beberapa orang asing yang menghadiri pemakaman itu tinggal di dekat rumah Mats, tapi sebagian lainnya datang dari jauh. Kedatangan mereka dilandasi satu tujuan: meratapi kawan baik.

Di upacara pemakaman, salah satu dari orang asing itu tampil ke depan dan memberi sepatah kata. Ia berkata bahwa banyak orang di Eropa berkumpul dan menyalakan lilin untuk Mats.

Nasib telah tersurat di bintang-bintang, dan kenyataan tercantum dalam DNA-nya.

Mats, yang berlarian keliiling rumah sambil mengenakan mahkota saat ulang tahun keempat pada Juli 1993, akan menghadapi kenyataan bahwa ia bakal segera lumpuh.

Robert dan Trude mendengar vonis medis itu pada Mei 1993 di Rumah Sakit Ulleval.

Mereka belakangan paham mengapa putra mereka selalu jatuh dari ayunan dan menyakiti diri sendiri.

Sama halnya dengan kenapa Mats tidak memanjat tangga papan luncur di taman anak-anak, meski ia gemar merosot.

Juga penyebab Mats kerap menekuk lutut seperti orang tua saat beranjak dari posisi duduk dan alasannya tak berusaha berlomba dengan anak-anak seusianya.

Tim dokter berkata kepada Robert dan Trude bahwa Mats mengidap duchenne muscular dystrophy (DMD), sebuah gangguan yang menyebabkan pengenduran otot dan kerap menyerang anak laki-laki.

Gen dalam tubuh Mats mengandung kekeliruan yang mencegah ototnya berkembang secara normal. Itu pula yang akhirnya menghancurkan otot-ototnya.

“Setelah kami menidurkan Mats, malam itu kami memanggil dokter. Kami mendapat hak istimewa itu. Kami dapat menelepon dokter kapan pun kami membutuhkan informasi,” kata Robert.

Bersama Trude, Robert berbicara kepada dokter via telepon selama lebih dari setengah jam. “Setidaknya (penyakit) ini tidak akan membunuh anak saya!” kata Robert.

“Dokter terdiam beberapa saat, lalu berkata, ‘Tidak, tapi pengalaman kami menunjukkan, pasien kami yang menderita penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari umur 20 tahun,'” tuturnya.

Robert terdiam. “Mats mampu mencapai 25 tahun.”

Di kediaman keluarga di Ostensjo, sebelah tenggara Oslo, Robert dan Trude mengupayakan segala cara untuk putra mereka.

Mats diyakini tidak akan menjalani kehidupan normal seperti yang ada dalam bayangan orang tuanya. Dia akan mati muda dan dipisahkan dari mereka tanpa memberi arti apapun kepada dunia.

Namun seluruh anggapan itu keliru.

Jika DNA telah merancang kehidupan kita sebelum kita dilahirkan, mampukah kita memilih masa depan kita sendiri?

Faktanya, Mats menemukan jalan keluar dan menciptakan sosok baru atas dirinya sendiri.

Di awal dekade 2000-an, Robert dan keluarganya pindah ke sebuah rumah di Langhus, sebelah selatan Oslo. Rumah itu dirancang agar ramah kursi roda.

Walaupun Mats diizinkan bermain konsol permainan grafis Game Boy selama libur sekolah, sosok Mario Bros tetap tak dapat memahami rasanya menjadi sosok yang berbeda.

Mats terus duduk di kursi roda bersama asisten yang mendampinginya ke mana pun.

Robert dan Trude terus memikirkan aktivitas yang mungkin disenangi Mats pada waktu senggang, terutama ketika kawan-kawan sekelasnya bermain sepakbola atau berlarian di luar ruangan.

Barangkali gim online? Robert memberi Mats kata sandi komputer keluarga. Dan sejak saat itu, sebuah dunia yang baru terbuka bagi anak berusia 11 tahun tersebut.

“Selama 10 tahun terakhir hidupnya, Mats bermain antara 15 ribu hingga 20 ribu jam. Itu setara dengan bekerja penuh waktu selama 10 tahun,” kata Robert.

Namun gim itu ternyata menimbulkan percekcokan dalam keluarga.

“Ketika perawat datang pukul 10 malam, Mats sudah tidur. Pekerjaan mereka mengawasi Mats di tempat tidur, bukan memaksanya untuk tidur.”

“Mats protes, ogah-ogahan mengikuti perintah itu,” ujar Robert.

Mats ternyata telah berevolusi menjadi pemain gim. Dan pemain gim tidak tidur sebelum larut.

Lantas siapakah Mats selama jam permainan itu? Dia menjadi Lord Ibelin Redmoore dan kadang-kadang Jerome Walker.

“Ibelin dan Jerome adalah perpanjangan diri saya. Mereka mewakili sisi lain kepribadian saya,” tulis Mats.

Mats membenamkan diri ke planet Azeroth dalam gim populer World of Warcraft.

Azeroth adalah dunia fantasi yang mistis. Terdapat sejumlah benua, lautan, hutan, tebing dan tanah datar, perkampungan serta kota.

Mats menghabiskan hampir seluruh waktunya di sebuah wilayah yang bernama Eastern Kingdoms.

Sebagai pemain gim online, Anda akan memahami dunia itu satu per satu, seperti halnya Anda mengenal dunia nyata secara fisik.

Di dunia khayalan itu terdapat tempat untuk berwisata, wilayah dan kota yang akan Anda kuasaisebagian lebih baik dibandingkan lainnya.

Di area tertentu, Anda wajib berhati-hati, sementara di wilayah lainnya Anda akan dengan senang hati menjelajah. Anda akan menemukan penginapan di suatu kawasan, lalu bertemu orang-orang baru yang menarik.

Begitulah semestinya dunia berjalan. Dan seperti itu pula Azeroth bergulir.

Mats menempuh perjalanan hidupnya di sana dan menemukan lingkaran pertemanan dengan orang-orang menyenangkan.

“Saat saya melewati ruang bawah tanah Mats pada siang hari, gordennya tertutup. Itu adalah kepedihan yang saya ingat betul,” ucap Robert yang bekerja di bagian keuangan kantor wakil wali kota Oslo.

“Oh tidak, saya pikir dia belum memulai harinya. Saya sedih karena dunianya sangat terbatas.”

Tapi mereka yang tak bermain gim tidak dapat melihat gambaran utuhnya. Mereka tidak tahu bahwa gim lebih dari sekadar menembak dan mendapatkan poin.

“Kami pikir ini semua hanyalah permainan. Kami kira itu sebuah kompetisi yang seharusnya dimenangkan,” kata Robert.

Lalu muncul pula persoalan ritme sirkadian di tubuh Mats, di setiap waktu selama 24 jam kesehariannya.

“Kami tidak mengerti mengapa sangat penting bagi Mats untuk terus online saat petang dan malam.”

“Tentu saja orang tidak bermain pagi atau siang hari karena itu adalah waktu di mana mereka berada di sekolah atau tengah bekerja.”

“Kami awalnya memahami semua ini setelah ia wafat. Di akhir hayatnya, kami masih berkeras ia harus tidur jam 11 malam, seperti orang-orang normal lainnya,” ujar Robert.

Lisette Roovers adalah salah satu kawan Mats di dunia gim online yang berasal dari Breda, Belanda. Ia hadir dalam pemakaman Mats tahun 2014.

Lisette juga datang ke Norwegia untuk mengunjungi temannya, Kai Simon Fredriksen, yang juga bermain gim online bersama Mats.

“Saya mengenal Mats bertahun-tahun. Sangat mengejutkan mendengar kabar ia meninggal dan itu berdampak pada saya,” kata Lisette.

Lisette kini berusia 28 tahun. Ia berumur 15 tahun ketika bertemu Mats yang kala itu berusia 16 tahun. Atau tepatnya, ketika karakter gim Lisette, Rumour, bertemu Ibelin.

“Kami bertemu di Goldshire,” kata Lisette.

“Itu bukan tempat yang nyaman lagi, tapi saat itu Goldshire adalah kampung kecil yang menyenangkan, di mana Anda bisa bertemu karakter baru yang menarik.”

“Saya mencari seseorang untuk bermain. Di antara mereka yang di duduk di api unggun adalah sosok yang belakangan saya kenal sebagai Ibelin,” kata Lisette.

“Sayaatau Rumourbertingkah laku impulsif. Saya keluar dari semak-semak dan merebut topi Ibelin. Kami berdiri dan saling menatap beberapa saat, lalu saya kabur membawa lari topinya.”

Lisette tersenyum kecil.

Mats juga menulis perjumpaan pertamanya dengan Lisette di sebuah unggahan blog berjudul Love.

“Di dunia yang lain ini, seorang anak perempuan tidak akan melihat kursi roda atau hal-hal lain sebagai pembeda. Mereka akan menemukan jiwa, hati, dan pikiran saya yang hidup dalam tubuh yang kuat dan cakap,” tutur Mats.

“Untungnya, hampir sebagian besar karakter di dunia virtual ini terlihat menawan,” tambahnya.

Di sisi lain, Lisette berkata, “Mats adalah kawan baik, kadang-kadang ia teman yang sangat dekat.”

“Kami saling bertukar pesan tentang apapun, tapi dia tidak menceritakan kondisinya. Saya kira kehidupannya sama sepertinya saya, contohnya kami sama-sama membenci sekolah.”

Tapi ada hal-hal yang sempat tidak mereka sepakati.

“Dia menulis bahwa ia membenci salju, sedangkan saya menyukainya. Saya tidak mengerti bahwa ketidaksukaannya itu berkaitan dengan kursi roda. Saya tidak tahu sama sekali,” kata Lisette.

Kecintaan Lisette pada gim membuat orang tuanya khawatir. Mereka takut studinya terganggu dan Lisette tak akan memiliki kehidupan sosial.

Keputusan yang diambil orang tuanya adalah memutus akses Lisette kepada gim online. “Dijauhkan dari kawan-kawan di permainan itu sangat berat bagi saya,” tuturnya.

Namun Mats bersiasat untuk melanggengkan perkawanan itu. Meski ia tak menemukan Lisette di gim itu, Mats berkomunikasi dengannya melalui saluran lain.

“Dia menulis surat yang sangat serius untuk orang tua saya dan mendorong mereka memahami betapa penting gim itu bagi saya. Saya menyimpan surat itu,” kata Lisette.

Robert dan Trude tahu putra mereka saling berbalas pesan dengan seseorang bernama Lisette.

“Mats sempat berbicara tentang karakter gim itu sejumlah avatartapi kami tidak memperhatikan secara khusus. Dia cerita pada kami tentang Rumour, dan tentang hal-hal lainnya,” kata Robert.

“Dia atau Lisette mengirimnya kado, termasuk pada hari ulang tahunnya. Itu sangat menyentuh dan kami menggodanya. Dia tersipu dan sangat malu.”

“Kami pikir Lisette adalah teman baik karena hadiah-hadiah itu. Anda bisa menyebut kado itu sebagai bukti nyata pertemanan.”

“Kami tidak menyebut orang-orang yang bersentuhan dengannya sebagai kawan. Kami menyebut mereka avatar. Persepsi kami tentang pertemanan sangatlah tradisional,” ujar Robert.

Dalam gim World of Warcraft, Anda dapat bermain sendiri atau bergabung dengan orang lain dan membentuk kelompok atau serikat.

Mats adalah bagian dari kelompok seperti itu yang bernama Starlight. Kawanan itu berisi 30 anggota.

“Tidak ada yang hanya sekadar menjadi anggota Starlight,” kata Robert yang kini memahami gim itu.

“Untuk menjadi anggota, Anda harus direkomendasikan seseorang yang telah lebih dulu masuk. Anda harus lulus masa percobaan selama satu hingga dua bulan,” ujarnya.

Starlight bertahan selama lebih dari 12 tahun dan kelompok ini masih aktif hingga kini.

“Starlight adalah grup yang spesial karena terus bersama dalam waktu yang sangat panjang. Itu barangkali didasarkan pada pertemanan yang sangat mendalam,” kata Robert.

Kai Simondikenal sebagai Nomine dalam permainan ituberusia 40 tahun. Ia adalah pemimpin Starlight.

Setiap tahun sejak Mats meninggal tahun 2014, Starlight menggelar peringatan khusus untuk mengenang kawan mereka itu.

Tahun 2018, saat tengah mengenang Lord Ibelin Redmoore, Kai Simon berkata kepada rekan-rekannya agar lebih fokus berlari dan berenang.

“Ibelin adalah seorang pelari,” kata Kai. “Sangat penting baginya untuk berlari dan berbagi pengalaman berlari itu dengan orang lain.”

Apakah Kai tengah berbicara tentang Mats atau karakter yang dimainkan Mats? Mungkin itu tidak penting. Barangkali memang seperti itu jika seseorang telah menyatu dengan karakter permainan.

Pada musim panas tahun 2013, Mats berusia 24 tahun. Keluarganya berlibur di Mallorca, Spanyol, sementara ia tak bisa ikut plesir dan tinggal di ruang bawah tanah bersama pendampingnya.

Mats sama sekali tidak boleh sendirian. Selama bertahun-tahun ia memiliki pendamping yang berbeda-beda, termasuk pamannya.

Mats beruntung, beberapa pendampingnya juga punya kesenangan yang sama terhadap gim online.

Ketika orang tuanya berada di Spanyol, Mats memulai blognya yang berjudul Musings of Life (Renungan Hidup). Dalam unggahan berjudul My Escape (Pelarian Saya), dia menulis tentang kehidupan di Azeroth.

“Keterbatasan saya tidak dipersoalkan, belenggu saya hancur dan saya bisa menjadi siapapun yang saya inginkan. Di sana saya merasa normal,” tulisnya.

Mats membagikan tulisannya itu kepada para anggota Starlight. Satu per satu. Itulah proses bagimana mereka akhirnya mengetahui kondisi yang dihadapi Mats dalam dunia offline.

Lisette mengingat kembali saat-saat ia membaca blog milik Mats pertama kali.

“Saya tumbang. Hati nurani saya terluka karena saya beberapa kali menggodanya di permainan gim dan tak pernah betul-betul sengaja melakukannya.”

“Lalu saya berpikir, ‘Apakah saya harus mengubah perilaku terhadapnya?’ Namun saya memutuskan tetap bersikap seperti biasanya. Dia juga menuliskan itu sebagai keinginannya.”

Tanggal 18 November 2014, Mats meninggal.

Dalam kondisi kritis, Mats dilarikan ke rumah sakit. Dokter sempat berhasil membuat kondisinya stabil dan mempertimbangkan untuk memulangkannya.

Namun belakangan seluruh keluarga Mats diminta segera datang ke rumah sakit.

“Dia berada di lantai empat, di ruangan di ujung koridor. Setiap detik sangat berharga. Koridor itu sangat panjang,” kata Robert.

Robert dan istrinya, Trude, datang terlambat.

Foto yang diabadikan Robert memperlihatkan seorang anak muda yang pucat dengan rambut berombak. Foto itu menggambarkan mata, hidung mancung dan mulut yang selama ini selalu ditutup masker pernafasan.

Mats terlihat seperti tengah tertidur pulas.

Beberapa tahun sebelum itu, Lisette membuatkan Mats sebuah gambar. Ibelin menopang Rumour. Syal menutup hidung dan mulut Ibelin.

“Mats menerima gambar itu melalui email,” kata Robert. “Sekarang gambar itu tergantung di tembok rumah kami.”

Sehari setelah Mats wafat, seluruh keluarganya berada di rumah. “Bel terus berbunyi, karangan bunga dan tetangga berdatangan. Kami menangis,” kata Robert.

Robert memikirkan orang yang harus ia beri kabar tentang kematian Mats. Dia mengingat para pemain gim dan mencari cara berkomunikasi dengan mereka secara langsung.

“Sebelum Mats meninggal, saya tidak pernah berpikir dapat memiliki kata sandinya.” Tapi kini Robert sangat membutuhkannya.

“Ketika itu, pikiran saya lalu tertuju pada blognya.”

Faktanya, Mats pernah memberi ayahnya kata sandi untuk masuk ke blognya. Saat itu, tujuannya agar Robert dapat terus-menerus memeriksa seberapa sering unggahan Mats dibaca publik.

“Anda tidak tahu siapa yang berperan dalam kehidupan anak Anda jika Anda tak mengenal dunia digital mereka,” kata Anne Hamill alias Chit, pakar psikologi berusia 65 tahun asal Inggris, yang juga berstatus anggota Starlight.

“Buat kesepakatan dengan anak Anda tentang bagaimana berkomunikasi dengan kawan-kawan dunia digital mereka, kalau-kalau sesuatu terjadi.”

“Kalau tidak, mereka memiliki sekelompok teman yang akan terus bertanya-tanya tentang apa yang terjadi,” kata Anne.

Di akhir unggahan blog tentang kematian Mats, Robert menuliskan alamat email bagi siapapun yang ingin berkomunikasi dengannya.

“Saya menulis itu lalu menangis. Saya mengetuk tanda ‘terbitkan’. Saya tidak tahu apakah akan ada balasan yang masuk sampai email pertama datang, sebuah pesan belasungkawa dari salah satu anggota Starlight.”

“Saya membaca email itu keras-keras, ‘Sangat pedih menulis pesan untuk seseorang yang tidak pernah saya temui, tapi sangat saya kenal.’ Pesan itu menghadirkan kesan mendalam,” ujar Robert.

Setelah itu datang lebih banyak pesan berisi ucapan duka cita dan tentu kehidupan Mats dalam permainan online itu.

“Mats melampaui batasan fisik dan memperkaya banyak orang di dunia,” begitu salah satu pesan itu.

“Kepergian Mats sangat memukul saya. Saya tak dapat menuliskan kata-kata betapa rindunya saya pada dia.”

“Saya tak percaya satupun orang di Starlight. Tapi jika saya harus memilih, saya hanya akan mempercayainya,” demikian pesan lain untuk Mats.

Ketika Starlight mengetahui kematian Mats, mereka mengumpulkan uang sehingga mereka yang berkantong tipis berkesempatan pergi ke Norwegia untuk menghadiri pemakaman.

Robert berkata, keluarganya sangat tersentuh.

“Kami mengangis dan terus menangsis akibat kebahagiaan emosional yang datang dari kenyataan tentang kehidupan Mats.”

“Dengan kawan-kawan yang nyata, orang-orang baik yang sangat peduli dan bersedia datang dari negara lain untuk melihat pemakaman orang yang tidak pernah mereka temui. Ikatan itu sangat kuat,” kata Robert.

Lisette datang dari Belanda. Begitu pula Anne yang terbang dari Inggris, Janina dari Finlandia, dan Rikke dari Denmark.

Atas nama anggota Starlight, Kai yang asli Oslo juga menggelar kebaktian.

“Saat kita berkumpul di sini, sebuah lilin dinyalakan bagi Mats di Belanda. Lilin lain dihidupkan di pusat Irlandia, dan di sebuah perpustakaan di Swedia.”

“Peringatan terhadapnya dilakukan di salon kecantikan di Finlandia, kantor pemerintahan di Denmark, dan banyak tempat di Inggris.”

“Di seluruh Eropa, Mats diingat oleh lebih banyak orang dibandingkan mereka yang punya kesempatan datang ke pemakaman ini.”

“Saya bertemu Mats di dunia di mana tidak ada persoalan tentang siapa dirimu, tubuh seperti apa yang kamu miliki atau bagaimana kamu terlihat di dunia nyata, di balik papan tuts,” ujar Kai.

“Di dunia itu, yang terpenting adalah sosok apa yang kamu pilih dan bagaimana kamu bersikap terhadap orang lain.”

“Yang menentukan siapa dirimu, adalah apa yang ada di sini (Kai meletakkan tangannya ke tempat peribadatannya) dan di sini (Kai menyentuh hatinya).”

Dalam blog miliknya, Mats menulis tentang monitor komputer yang ditatapnya hampir seumur hidupnya, “Ini bukan monitor, ini adalah gerbang ke manapun hatimu berkehendak.”

Vicky Schaubert bekerja untuk stasiun radio publik milik pemerintah Norwegia, Norsk rikskringkasting (NRK) di Oslo. Anda dapat membaca karyanya melalui tautan ini.

Kredit foto paling atas: Blizzard Entertainment/Patrick da Silva Saether/NRK


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sulit ‘Kumpulin Nyawa’ di Pagi Hari? 10 Aktivitas Ini Bisa Membantu

Jakarta – Siapa yang masih sulit bangun di pagi hari atau malah memakan banyak waktu untuk ‘kumpulin nyawa’? Berlama-lama di tempat tidur setelah bangun bisa membuatmu kelelahan dan ngantuk seharian, lho.

Sebenarnya tak sulit untuk merasa segar di pagi hari dan terhindar dari rasa ngantuk. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 10 cara untuk membuatmu nggak berlama-lama ‘kumpulin nyawa’ di kasur:

1. Jangan tekan tombol snooze!

Kita terbiasa untuk menekan tombol ‘snooze’ saat alarm kita berbunyi di pagi hari dan melanjutkan tidur sejenak. Para ahli meyakini hal ini bisa mengganggu kemampuanmu untuk beraktivitas seharian.

Dikutip dari Health Line, kamu bisa mencoba trik 90-menit tidur dengan menyetel dua alarm. Satu alarm untuk 90 menit sebelum kamu ingin bangun, dan alarm satu lagi untuk waktu di saat kamu benar-benar ingin ‘melek’.

Teorinya adalah pada tidur selama 90 menit yang kamu lakukan sebelum alarm yang kedua akan menjadi satu siklus tidur penuh, sehingga membuatmu dapat terbantun setelah keadaan REM dan bukannya saat keadaan itu.

2. Minum segelas air putih

Hal paling simpel untuk dilakukan namun sering diabaikan. Minum segelas atau dua gelas air putih di pagi hari dapat membantu untuk mendorong metabolisme, membuang racun dan menghidrasi tubuh.

Selain itu, minum air putih juga bisa mencegahmu mengalami kelelahan karena dehidrasi. Kelelahan bisa memicu rasa kantuk, perubahan pada kemampuan kognitif, dan mengganggu mood-mu seharian.

3. Regangkan badan

Meregangkan tubuh bisa membangunkan otot-otot tubuh kita, melancarkan peredaran darah dan mengirimkan sinyak untuk tubuh segera bangun dan bersiap untuk menghadapi hari.

Kamu bisa melakukan latihan peregangan atau yoga, atau bahkan sekedar ‘ngulet’. Akan lebih baik jika merutinkannya setiap pagi.

4. Berjemur

Di masa kini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan di bawah sinar lampu. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di luar saat pagi hari dan biarkan sinar matahari terserap ke dalam kulit, menghangatkan tubuh dan untuk memicu produksi vitamin D di tubuh.

5. Basuh atau cuci muka

Masih mengantuk di pagi hari? Segera mandi bisa menjadi jawaban yang tepat. Namun kadang suasana dingin di pagi hari membuat kita enggan untuk mandi, bisa kamu ganti dengan mencuci atau sekadar membasuh muka dengan air dingin, agar menghantarkan sinyal perubahan temperatur pada tubuh.

Jika kamu bahkan tak mampu bangun dari tempat tidur, kamu bisa menaruh botol semprotan di dekat kasur yang bisa kamu jangkau dan semprotkan ke wajah saat kamu bangun tidur.

6. Sarapan

Sarapan sangat penting dan seharusnya tidak boleh dilewatkan. Dengan memakan makanan yang sehat, rasa kantuk dan mager alias malas gerak di pagi hari bisa berganti menjadi rasa segar dan lebih enerjik seharian.

Namun perlu diperhatikan, apa yang kamu makan di pagi hari dapat berdampak pada apa yang kamu rasakan selama berjam-jam. Cobalah memakan protein tanpa lemak, gandum, kacang dan buah dengan kandungan sedikit gula.

7. Hindari gula hingga makan siang

Sarapan dengan makanan bergula seperti minuman kopi dengan pemanis, kue dan sereal bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang justru membuatmu merasa lelah nantinya.

Jika kamu ingin memakan sesuatu di pagi hari, perhatikan bagian label nutrisinya. Kamu bisa menggantinya dengan menyimpan apel, wortel dan buah jeruk sebagai alternatif sarapan.

8. Kurangi kopi

Kopi mungkin sudah menjadi ‘sarapan’ bagi sebagian besar orang. Walau memang kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, meminumnya terlalu banyak di pagi hari bisa saja membuatmu lelah di siang hari.

Tak masalah jika kamu ingin meminumnya di pagi hari, namun sangat disarankan untuk meminumnya dengan jumlah kecil, misal menggunakan cangkir yang lebih kecil.

9. Mulailah percakapan yang positif

Hindarilah gosip, pertengkaran dan percakapan yang negatif saat kamu memulai harimu. Dengan memulai percakapan yang positif bisa mengubah harimu, lho!

10. Praktikkan sleep hygiene

Sudah jelas, pagi hari yang berkualitas juga dipengaruhi oleh tidur malam yang berkualitas pula. Sleep hygiene atau kebiasaan ‘bersih’ saat tidur bisa kamu praktikkan, yakni sebagai berikut:

– jauh-jauh dari laptop, telepon genggam, dan televisi satu jam sebelum tidur
– tidur di jam yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi, untuk menjaga ritme sirkadian, yakni jam biologis tubuh
– buat tempat tidurmu senyaman mungkin

(frp/up)

Kylie Jenner Ungkap Menu Diet yang Bikin Tubuhnya Langsing

Liputan6.com, Jakarta – Apa yang dilakukan keluarga Kardashian dan Jenner selalu menarik perhatian banyak orang. Begitu juga dengan Kylie Jenner. Ia kerap mengunggah berbagai hal di media sosial.

Bukan hanya mengunggah foto-foto koleksi pakaian maupun produk kosmetik miliknya, tapi juga berbagi informasi tentang kehidupan pribadinya. Seperti bagaimana caranya merawat wajah dan tubuh dan yang terbaru adalah membagikan rahasia tubuh langsingya.

Baru-baru ini, Kylie berbagi rahasia tentang program dietnya. Dilansir dari Times of India, Kamis, 21 Februari 2019, ibu dari Stormi Webster itu engungkapkan kalau ia mulai mengonsumsi jus seledri setelah mendengarkan manfaatnya dari Kim Kardashian.

Jus seledri memang memiliki jumlah vitamin C dan K yang tinggi yang membantu memerangi kanker dan penyakit hati, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Bukan itu saja, jus ini juga dapat menenangkan saraf, mengurangi migrain, dan menurunkan berat badan.

Selain minum jus, Kylie masih menyempatkan dirinya untuk meminum kopi dengan creamer mineral. Hal itu dilakukannya setelah 30 menit meminum jus seledri.

Perempuan kelahiran 21 tahun lalu itu biasanya menyiapkan kopi sambil menyiapkan kudapan lainnya seperti kentang, daging, dan buah favoritnya. Sebelumnya, ia pernah mengungkapkan suka mengolah masakan dari jenis kentang, seperti kentang tumbuk dan manisan ubi jalar.

Kesimpulannya, menu diet Kylie Jenner tiap pagi terdiri dari 500ml jus seledri, kopi dengan creamer mineral, kentang tumbuk, daging, dan alpukat.

Dengan beragam aktivitas, seperti mengurus bisnis dan jadi ibu rumah tangga, memang tak mudah untuk menguruskan tubuh. Namun Kylie berhasil melakukannya dengan menjaga tubuhnya tetap bugar dan sehat. Tertarik mengikuti pola diet Kylie Jenner?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menyalakan Lentera Literasi Lewat Perpustakaan Keliling

Liputan6.com, Jakarta – Walau sudah banyak ditinggalkan sebagai sumber bacaan, nyatanya keberadaan perpustakaan tetap dibutuhkan. Gudang ilmu itu diperlukan agar literasi tetap menyala, terutama di pelosok.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang sulit mengakses perpustakaan yang menetap. Penggiatnya termasuk Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) yang berdiri sejak 2017.

Kota pertama yang ditargetkan adalah Tulungagung. Berawal dari tiga kecamatan, perpustakaan keliling berwujud Mobil Pustaka Pintar itu kini sudah melayani 22 sekolah dan 10 tempat publik. Keanggotaannya mencapai 3.170 anak.

Perpustakaan keliling tidak saja melayani peminjaman buku, tapi juga berbagai kegiatan atau aktivitas yang akan terus berkembang upaya untuk mencerdaskan masyarakat,” kata Direktur Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, Trini Hariyanti saat konferensi pers di Gedung Teater Perpustakaan Nasional Republik Indoneia, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Menurut Trini, angka buta huruf dan penggangguran masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan. Ia berharap program literasi melalui keberadaan perpustakaan keliling bisa menekan angka tersebut.

“Maka sejak dini, masyarakat sudah harus didekatkan akses membaca, akses buku, sehingga pengetahuannya meningkat,” ujarnya.


Tahun ini, program Mobil Pustaka Pintar meluaskan program yang mencakup penambahan 2000 koleksi buku. Perpustakaan itu tetap memfokuskan operasi di Tulungagung, Jawa Timur, karena memiliki angka pekerja migran yang tinggi dan kesejahteraan warga yang belum terpenuhi dengan baik. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :



Bank Permata Gandeng Air Asia Rilis Kartu Debit dan Kredit untuk Traveler

Liputan6.com, Jakarta – PermataBank bekerjasama dengan AirAsia meluncurkan kartu terbaru yang dipersembahkan untuk traveler Indonesia yaitu AirAsia Platinum Credit Card, dan AirAsia Debit Card.

Direktur Retail Banking PermataBank, Djumariah Tenteram menyebutkan, kartu ini dapat menjadi solusi bagi para traveler yang ingin bepergian tanpa harus khawatir masalah keuangan.

“PermataBank bersama dengan AirAsia berkomitmen untuk dapat memberikan solusi bagi traveler Indonesia yang ingin bepergian dengan hemat dan aman,” kata dia dalam acara peluncuran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).

ia menuturkan, dengan AirAsia debit card dan AirAsia platinum credit card, setiap pembelanjaan di AirAsia dan di mana saja akan mendapatkan big points yang bisa ditukarkan menjadi tiket penerbangan AirAsia.

Saat merencanakan perjalanan, para pemegang kartu bisa mendapatkan akses prioritas promo Air Asia. Dalam waktu yang sama, BIG Points dapat terakumulasi dengan lebih cepat.

“Cukup dengan mengajukan 1 aplikasi, nasabah akan langsung diproses untuk mendapatkan AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card,” ujar dia.

Proses aplikasi dilakukan secara digital di www.airasiacards.com tanpa mengharuskan nasabah pergi ke kantor cabang.

“Ini merupakan investasi kami dalam teknologi digital untuk kemudahan calon nasabah,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan serupa, Aireen Omar, AirAsia Group Deputy CEO of Digital and Technology mengatakan, peluncuran AirAsia Debit Card dan AirAsia Platinum Credit Card bersama PermataBank merupakan bagian dari rencana strategis untuk mentransformasi AirAsia big menjadi biglife pada Jumat 22 Februari 2019.

“Sebuah platform yang menjawab semua kebutuhan traveling dan gaya hidup traveler seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, pilihan aktivitas, belanja, kuliner, konten menarik, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kartu ini tidak hanya mempermudah anggota big untuk mengumpulkan big points lebih cepat, tapi juga membuat big points menjadi lebih bernilai.

Ini karena dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan traveling dan gaya hidup lainnya, yang secara tidak langsung mentransformasi big points dari sekadar poin program loyalitas pelanggan menjadi digital currency untuk kegunaan yang lebih beragam.


Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: merdeka.com

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kedua kartu ini secara khusus didesain untuk traveler Indonesia yang sering bepergian dan ingin menikmati keuntungan eksklusif untuk pembelian tiket dan saat bepergian.

Menurut Global Travel Intentions Study, 9 dari 10 masyarakat Indonesia bepergian untuk rekreasi, dan mengutip ikatan dengan keluarga atau teman sebagai motivasi atas perjalanan mereka.

“Kami berharap AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card akan memberikan pemegang rekening tidak hanya alat pembayaran yang aman, tapi juga menawarkan keistimewaan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman perjalanan,” tutur dia.

Untuk memberikan pengalaman terbang gratis lebih cepat, pemegang kartu AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card akan mendapatkan big points setiap kali menggunakan kartunya untuk berbelanja dan keuntungan keuntungan lainnya seperti welcome gift hingga 3.300 big points.

Selain itu, meningkatkan status keanggotaan secara otomatis menjadi anggota AirAsia big platinum untuk pemegang AirAsia Platinum credit card.

Kemudian Fasilitas Priority check in, boarding dan Xpress baggage untuk pemegang AirAsia Platinum credit card. 700 big points untuk AirAsia Platinum credit card dan 400 big points untuk AirAsia debit card setiap pembelanjaan Rp 1 juta di situs web dan aplikasi AirAsia, berlaku kelipatan.

Lalu, 100 big points untuk setiap transaksi sebesar Rp 1 juta dengan AirAsia Platinum credit card dan 100 big points (hingga maksimum 500 big points) untuk setiap transaksi online sebesar Rp 1 juta dengan AirAsia debit card.

Akses prioritas untuk pemesanan saat promosi AirAsia dan gratis tarik tunai, transfer online, dan bebas biaya administrasi dengan AirAsia debit card.


Saksikan video pilihan di bawah ini:



Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 700 Meter

Jakarta – Gunung Agung yang berada di Bali kembali mengalami erupsi sore ini. Tinggi kolom abu disebutkan mencapai 700 meter.

Kabid Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, erupsi terjadi pada Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 16.31 Wita.

“Telah terjadi erupsi G. Agung, Bali pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 16:31 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 3.842 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi ± 6 menit 20 detik,” kata Hary dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (22/2).


Hary menjelaskan, saat ini status Gunung Agung ada di level III atau siaga. Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 km dari puncak gunung.

“Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru,” tutur Hary.

“Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung,” jelasnya.

Laporan terakhir Gunung Agung mengalami erupsi pada 14 Februari 2019. Akibat erupsi tersebut lima desa di Kecamatan Karangasem, Bali terpapar hujan abu.
(rna/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dekat dengan Brisia Jodie, Anak Iis Dahlia Mengaku Malas Pacaran

Liputan6.com, Jakarta – Devano, putra Iis Dahlia, diketahui memang tengah dekat dengan penyanyi Brisia Jodie. Keduanya kerap bersama dalam beberapa kesempatan.

Banyak yang menduga bahwa Devano dan Brisia Jodie berpacaran. Ibunda Devano, Iis Dahlia, sejatinya memperolehkan sangat putra untuk dekat dengan lawan jenisnya, namun tidak berpacaran.

“Kalau soal senang-menyenangi lawan jenis, aku bolehkan. Dari Devano SMP aja dia seneng sama lawan jenisnya aku bolehin kok. Tapi kalau sekarang memang kayaknya temenan aja,” kata Iis Dahlia, di kawasan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Kendati memang tengah dekat dengan Brisia Jodie, Devano sendiri mengaku kepada sang ibundanya bahwa dirinya enggan menjalin hubungan berstatus.

2 dari 3 halaman

Capek

“Karena dia (Devano) bilang kalau punya pacar entar ribet. Ribet ditanya-tanya, ribet dia harus begini, harus begitu, capek. Dia bilang begitu,” kata Iis Dahlia.

Oleh karena situ, Iis Dahlia tidak mempermasalahkan kedekatan Devano dengan Brisia Jodie. Pasalnya, ia tahu betul bahwa aktivitas Devano saat ini memang selalu bersamaan dengan Brisia Jodie.

3 dari 3 halaman

Ketemu Setiap Hari

“Pokoknya Devano tuh sekarang hampir tiap hari ketemunya Jodie. Nyanyinya sering bareng, acara bareng kan. Semalam aja acara bareng, pulang sama Jodie. Jadi karena arah rumahnya lewatin rumah kita dulu, jadk lebih pasti ngedrop si adek (Devano),” tutup Iis Dahlia.

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasi, Smartphone Murah Kualitas Mumpuni

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat ditepis lagi saat ini bahwa smartphone merupakan sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, hanya dengan satu genggaman anda dapat melakukan berbagai hal, seperti mencari tugas sekolah, membayar tagihan, membeli barang, atau berinteraksi dengan orang-orang yang jauh dari anda.

Munculnya berbagai vendor smartphone dengan harga terjangkau membuat smartphone bukan lagi barang mahal. Salah satu vendor yang menawarakan smartphone murah namun tetap berkualitas adalah vendor asal Tiongkok yaitu Xiaomi.

Produsen smartphone yang dipimpin Lei Jun ini telah dicap masyarakat sebagai smartphone berharga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni.

2 dari 8 halaman

Strategi Smartphone Murah Xiaomi

Salah satu strategi Xiaomi untuk membuat harga smartphone besutannya terjangkau adalah tidak adanya store resmi dan keputusan untuk berjualan online dengan menggandeng e-commerce.Tak cuma itu, biaya beriklan di media konvensional seperti billboard, televisi, dan portal berita, juga tak banyak dikucurkan mengingat mereka lebih banyak memaksimalkan media sosial.

Terlebih lagi, laman antarmuka yang diusung Xiaomi, yakni MIUI, juga menerima dan memasang iklan. Fitur iklan ini berbasis subsidi silang bagi Xiaomi, sehingga mereka bisa mempertahankan harga murah di setiap smartphone yang diproduksi. Ada berbagai macam produk Xiaomi salah satunya seri Redmi yang menawarkan spesifikasi berkualitas namun tetap terjangkau di kantong anda.

3 dari 8 halaman

Xiaomi Redmi 4 Prime

Pada November 2016 Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan seri Redmi 4. Ada tiga versi Redmi 4 yang diperkenalkan perusahaan asal negeri tirai bambut tersebut, yaitu Redmi 4, Redmi 4 Prime, dan Redmi 4A. Harga ketiga smartphone tersebut terbilang cukup murah dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Xiaomi Redmi 4 Prime sendiri merupakan seri tertinggi dari ketiganya. Meski tak banyak perbedaan dari segi tampilan maupun spesifikasi dari Redmi 4X, perbedaannya antara keduanya cukup mendasar yakni prosesor Snapdragon 625 yang lebih bertenaga alih-alih Snapragon 430 seperti di Redmi 4X. Harga xiaomi redmi 4 prime pun cukup terjangkau.

Anda mungkin tertarik pada smartphone ini. Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya anda mengetahui harga xiaomi redmi 4 prime dan spesifikasi yang ada.Berikut harga xiaomi redmi 4 prime dan spesifikasi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

4 dari 8 halaman

Kualitas Layar

Xiaomi Redmi 4 Prime memiliki 3 varian warna yaitu gold,silver,dan dark gray. Smartphone ini memiliki ukuran layar 5 inci dengan dimensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat 156 g.Untuk kualitas layar Xiaomi Redmi 4 Prime dibekali resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan layar hingga 443 ppi pixel.

Xiaomi Redmi 4 Prime mempunyai panel layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen 16m colors. Dengan kualitas layar Xiaomi Redmi 4 Prime ini ini anda dapat dengan leluasa untuk menonton video, mengambil gambar atau bermain game.

Xiaomi Redmi 4 Prime dalam 3 varian warna yaitu gold,silver,dan dark gray.Performa Tangguh dengan RAM 3 GBXiaomi Redmi 4 Prime dibekali dengan RAM 3 GB dengan dukungan prosessor Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-Core 2.0 GHz Corte-A53 dan GPU Adreno 506.

Perpaduan ini membuat Xiaomi Redmi 4 Prime tak dapat diragukan lagi performanya. Anda dapat dengan nyaman melakukan kegiatan multitasking pada smartphone ini. Selain itu Xiaomi Redmi 4 Prime juga telah didukung denga sistem operasi Android Marshmallow (6.0) yang membuat tampilan smartphone ini semakin ciamik.

5 dari 8 halaman

Penyimpanan Besar

Xiaomi Redmi 4 Prime didukung oleh memori penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 32Gb. Selain itu slot penyimpanan eksternal Xiaomi Redmi 4 Prime dapat mendukung kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. Anda tak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan lagi.

6 dari 8 halaman

Kamera

Bicara smartphone tak lengkap jika tak membahas kamera. Kamera menjadi salah satu pertimbangan saat memilih smartphone. Xiaomi Redmi 4 Prime dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP.

Kamera ini juga didukung dengan fitur seperti Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom dan masih banyak lagi.

Dengan kualitas kamera tersebut anda sudah mendapatkan kualitas foto dan video HD yang akan mendukung segala kebutuhan dan aktivitas anda.

7 dari 8 halaman

Konektivitas dan Baterai

Untuk konektivitas Xiaomi Redmi 4 Prime telah dilengkapi dengan Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, dan USB. Selain itu Xiaomi Redmi 4 Prime telah didukung oleh jaringan 4G,3G, dan 2G yang memungkinkan anda terhubung internet dengan cepat dan mudah.

Smartphone ini menggunakan baterai jenis Non-removable Li-Ion dengan kapasitas 4100 mAh. Kapasitas baterai tersebut dapat mendukung semua performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4 Prime.

8 dari 8 halaman

Harga Xiaomi Redmi 4 Prime

Anda pasti penasaran dengan harga xiaomi redmi 4 prime melihat spesifikasi cukup mumpuni yang ditawarkan diatas. Saat ini Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dibanderol sekitar 1,8 Jutaan.

Cukup murah bukan? Smartphone dengan harga dibawah 2 juta namun memiliki kualitas yang tak diragukan lagi. Setelah mengetahui harga xiaomi redmi 4 prime apakah anda tertarik untuk memiliki smartphone ini?