Bertemu Projo, Jokowi Minta Relawannya Kembali ke Aktivitas Normal

Liputan6.com, Jakarta – Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan tertutup dengan para relawan Pro Jokowi (Projo) di Resto Seribu Rasa Menteng Jakarta Pusat, Senin malam (22/4/2019). Jokowi mengucapkan terima kasih kepada relawannya di seluruh Indonesia karena telah bekerja keras mengawal Pemilu 2019.

“Tadi saya bertemu dan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah, beliau-beliau ini telah kehilangan waktu, kehilangan pikiran, kehilangan materiil, semuanya. Sehingga ucapan terima kasih ini harus saya berikan, baik di pusat atau di daerah, semuanya,” ujar Jokowi usai bertemu relawan.

Jokowi mengajak pendukungnya untuk ikut meredamkan ketegangan politik usai pencoblosan Pilpres 2019. Dia juga meminta agar pendukungnya kembali ke aktivitas normal.

“Yang kedua saya sampaikan kita mensyukuri pileg dan pilpres sudah berjalan dengan lancar sehingga semuanya saya sampaikan, kita kembali ke aktivitas kehidupan kita sehari hari. Adem kok, adem. Semuanya adem-adem semua,” kata Jokowi.

Erupsi Gunung Agung, Aktivitas Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Normal

Liputan6.com, Karangasem – Gunung Agung kembali erupsi. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu meletus pada pukul 18.56 Wita. Laporan yang disusun oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kolom abu teramati dengan ketinggian ± 3.000 meter di atas puncak (± 6.142 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 1 menit 22 detik. “Lontaran ± 2.500-3.000 meter ke segala arah,” tulis PVMBG dalam laporannya, Minggu, 21 April 2019. Sejumlah warga melaporkan merasakan hujan abu vulkanik di sejumlah daerah. 

Meski ketinggian kolom abu begitu tinggi, tetapi aktivitas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berlangsung normal, tidak terganggu erupsi Gunung Agung.

“Insya Allah aman,” kata Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim. 

Saat ini, Gunung Agung berada pada status siaga atau level III. PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. 

Simak video pilihan berikut ini:

Pasca-kebakaran yang terjadi di terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, ratusan calon penumpang sempat terlantar.

Rutin Lakukan Aktivitas Seksual Pertajam Ingatan Lansia

Para peneliti melakukan analisis data 6.800 pria dan wanita berusia 50 hingga 89 tahun di Inggris. Mereka diberikan pertanyaan tentang aktivitas seksual selama 12 bulan terakhir.

Definisi aktivitas seksual yang dikategorikan para peneliti tidak sekadar hubungan intim. Masturbasi, elusan, dan belaian, dimasukkan dalam kegiatan tersebut.

Para peserta juga melakukan dua tes kognitif. Yang pertama adalah tes mengingat menggunakan kata-kata. Kemudian, mereka juga melakukan tes kedua untuk mengukur fungsi eksekutif yang melibatkan identifikasi nomor hilang dalam urutan.

Ilmuwan mengatakan ada alasan mengapa pria lansia yang aktif secara seksual memiliki keterampilan berpikir lebih baik dibandingkan wanita.

“Mungkin karena perbedaan hormon yang dapat mempengaruhi fungsi otak pada pria dan wanita dengan berbagai cara,” kata Wright.

Bandara Gatot Subroto Tunjang Aktivitas Industri di Way Kanan

Liputan6.com, Jakarta – Peresmian landasan udara (lanud) milik TNI Angkatan Darat Gatot Subroto di Way Kanan Lampung menjadi bandara yang melayani penerbangan komersial tidak hanya mempengaruhi aksesibilitas masyarakat. Aktivitas industri digadang bakal optimal berkat dibukanya bandara ini untuk penerbangan sipil.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyatakan, saat ini ada 7 kabupaten di Lampung dengan potensi industri agrikultural terbesar se-Sumatera, termasuk Way Kanan. Namun, jalur transportasi udara hanya tersedia di Raden Inten.

“Dari Way Kanan ke Raden Inten itu sekitar 5 jam, sangat tidak efektif untuk pengembangan industri. Sudah lama ada bandara di Way Kanan, yaitu Gatot Subroto, tapi sebatas untuk kepentingan militer saja. Jadi lebih baik dibuka untuk umum,” tandas Ridho di Way Kanan, Sabtu (6/4/2019).

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menambahkan 7 kabupaten di Lampung yang memiliki potensi agrikultur besar ialah Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat dan Pesisir Barat, OKU Timur, OKU Selatan dan OKU Induk. Komiditas yang diperdagangkan antara lain sawit, karet, tebu dan singkong.

Gubernur Lampung dan Bupati Way Kanan mengaku siap mendukung pembangunan lanjutan Bandara Gatot Subroto baik dari segi infrastruktur, pengadaan lahan, segi finansial dan sebagainya.

BNPB Waspadai Aktivitas 4 Gunung Berapi

Gunung berapi kedua yang menjadi perhatian BNPB adalah Gunung Agung di Bali. Menurut Wisnu, aktivitas Gunung Agung kini berada di level siaga. Beberapa letusan juga kerap terjadi, namun letusan terbilang kecil.

“Ini masih tetep Levelnya III walaupun ada letusan-letusan,” terangnya.

Selain itu, ada juga Gunung Karangetang. Wisnu mengungkapkan Gunung yang terletak di Sulawesi Utara ini terpantau masih memperlihatkan aktivitasnya.

Radius bahaya yang bisa dilewati masyarakat untuk beraktivitas di area Gunung Karangetang tinggal 2,5 kilometer. Masyarakat kini sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

“Ini Karangetang, ternyata radiusnya tinggal 2,5 kilometer dari puncak kawah saja yang dinyatakan berbahaya,” ucap Wisnu.

Para penduduk yang saat ini masih mengungsi juga sudah diperbolehkan kembali ke rumah. Sebab masih ada beberapa warga yang terlalu takut untuk meninggalkan pengungsian.

“Nantinya ini para penduduk yang mengungsi saat ini sudah diperbolehkan kembali, kecuali untuk 5 rumah saja yang terancam dari situ. Sehingga informasi ini penting, kepada warga karena hanya takut. Itu beberapa desa tidak mau kembali, akhirnya repot semuanya,” ungkap Wisnu.

Gunung Agung Erupsi, Aktivitas Bandara Ngurah Rai Normal

Fokus, Bali – Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat pagi tadi berjalan normal. Erupsi Gunung Agung pada Kamis petang kemarin tidak berdampak pada aktivitas penerbangan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (29/3/2019), dari hasil paper test yang dilakukan otoritas bandara, tidak ditemukan paparan abu vulkanik di landasan pacu yang dapat mengganggu penerbangan.

“Terkait erupsi, kami langsung melakukan koordinasi. Kami melakukan monitor secara terus menerus,” kata GM Angkasa Pura 1 Ngurah Rai Bali Haruman Sulaksono

Gunung Agung kembali erupsi pada Kamis petang pada pukul 18.25 WITA. Pantauan seismograf menunjukkan adanya amplitudo gempa saat erupsi terjadi.

Namun, kolom abu tidak teramati karena terhalang kabut di puncak gunung. (Rio Audhitama Sihombing) 

Sahabat Ungkap Kehebohan Aktivitas Mesra Lucinta Luna dan Suami

Liputan6.com, Jakarta Diam-diam Lucinta Luna dikabarkan telah menikah. Ia telah dipersunting oleh pria berkebangsaan Filipina bernama Bee, beberapa waktu lalu. 

Usai menikah, di media sosial Lucinta Luna sempat bercerita tentang malam pertama yang dilaluinya bersama sang suami. Ia mengaku melewati malam pertama sebanyak 10 ronde.

Sahabat Lucinta Luna, Kumalasari juga mengetahui hal ini. Ia mengaku dikirim dokumentasi malam pertama oleh wanita yang diisukan transgender tersebut.

“Itu benar banget. Aku kan ada grup ada fotonya juga, tapi aku kan enggak bisa kasih. Karena aku sudah dekat, dia (Lucinta Luna) anggap aku kakaknya,” imbuh Kumalasari di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).

Menengok Aktivitas Pengguna TransJakarta di Halte Bundaran HI

Senin 25 Maret 2019, 10:37 WIB

Foto News

Agung Pambudhy – detikNews

Jakarta detikNews – Halte TransJakarta Bundaran HI kembali beroperasi. Sempat ditutup sementara untuk pembangunan proyek MRT. Kini, halte itu terintegrasi langsung dengan MRT.

Halte TransJakarta Bundaran HI kembali beroperasi mulai Minggu (24/3/2019) kemarin. Sejumlah warga nampak berlalu lalang di halte tersebut hari ini, Senin (25/3/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

6 Aktivitas Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Sehat

3. Lebih banyak bergerak

Jika Anda tidak punya waktu berolahraga atau ke gym, tetaplah untuk terus bergerak. Personal trainer Alex Silver-Fagan mengatakan, tubuh yang bergerak akan terus bergerak.

“Ketika Anda berusaha untuk tetap pada rutinitas yang lebih sehat, hal-hal kecil yang ditambahkan membuat Anda tetap pada jalurnya. Bahkan jika tidak bisa melakukan latihan penuh di siang hari, jalan-jalan, naik tangga, serta melakukan sedikit gerakan secara konsisten akan membuat Anda di jalur itu,” katanya.

4. Luangkan waktu 30 detik merasakan napas

Merasakan napas merupakan salah satu cara sederhana untuk hidup lebih sehat. Dengan ini, Anda bisa mengelola stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh, pencernaan, serta tidur lebih baik.

“Ambil napas dalam-dalam, hitung sampai lima dan tahan di puncak tarikan, hitung lagi sampai lima dan tahan di puncak hembusan napas,” kata pakar yoga Bethany Lyons.

“Untuk membuat perubahan yang lebih besar pada kondisi pikiran atau suasana hati, bayangkan pernapasan dengan apa pun yang Anda ingin ciptakan saat ini dan visualisasikan saat melepaskan semua perasaan dan pikiran yang tidak baik,” kata Lyons menambahkan.