Jiplak Mobil Eropa, Pabrikan Cina Ini Akhirnya Dituntut

Selain itu, Jonfis juga menyinggung harga jual kembali pabrikan Cina saat ini. Hal itu bukan tanpa sebab, karena masyarakat Indonesia sering kali mempertimbangkan hal tersebut.

“Paling penting kan ketika mobil bisa dibeli sekarang, kalau dijual kembalinya bagaimana. Disitulah suatu nilai mobil-mobil yang ‘bener’, yang sudah ada bisa terlihat. Kecuali dia punya line-up yang panjang, continue (terus). Baru itu beda,” kata Jonfis.

Jonfis juga menegaskan bila pemilik mobil Cina ingin melakukan tukar tambah dengan mobil Jepang akan cenderung lebih berat. Hal ini dipacu dengan nilai jual mobil Cina dan juga harga beli mobil Jepang.

“Mobil Cina itu, kalau ingin tukar tambah larinya kemana? Mungkin ke merek Cina lagi. Sebab kalau dia beli sekarang Rp 160 juta, ketika dijual berapa. Lalu saat pindah (tukar tambah-Red) ke mobil Jepang, bakal nombok banyak. Kan malah rugi,” pungas dia.

Stadion Baru Tottenham Akhirnya Digunakan, Pochettino: Rasanya Mau Nangis

London – Setelah mengalami penundaan sekitar enam bulan, stadion baru Tottenham Hotspur akhirnya mulai digunakan. Mauricio Pochettino sampai terharu dengan kandang barunya.

Minggu (24/3/2019) waktu setempat, Tottenham Hotspur Stadium untuk kali pertama mulai dipakai. Disaksikan oleh puluhan ribu suporter Tottenham, stadion tersebut melalukan test event saat menggelar pertandingan U-18 antara Tottenham dengan Southampton.

Tuan rumah menang 3-1. Namun yang lebih membahagiakan buat Tottenham tentu saja bagaimana mereka kini akhirnya bisa menikmati rumah barunya.

Memiliki kapasitas 62.062 tempat duduk, stadion ini secara resmi akan dibuka pada April mendatang. Saat proses pembangunan mulai dilakukan pada 2015, dijadwalkan Tottenham Hotspur Stadium akan rampung dan bisa digunakan pada awal musim 2018/2019. Namun beberapa kendala dialami sehingga terjadi berulang kali penundaan, sampai akhirnya dipakai untuk kali pertama pada akhir pekan kemarin.

Stadion yang dibangun dengan total biaya Rp 16,065 triliun ini menggantikan White Hart Lane yang sudah ditempati Tottenham sejak 1899. Dalam setidaknya setahun terakhir, Harry Kane dkk berkandang sementara di Stadion Wembley.

“Saya pikir ini luar biasa, sulit diungkapkan dengan kata-kata,” ucap Pochettino dikutip dari TalkSport.

“Kami semua merasakan hal yang sama, sangat antusias. Saya memiliki perasaan yang sama saat meninggalkan White Hart Lane di hari terakhir, kami menangis. Dan sekarang, pada hari pertama di stadion baru kami merasakan emosi yang sama. Kami bisa menangis karena mimpi kami menjadi kenyataan,” lanjut manajer asal Argentina itu.

Sebelum benar-benar digunakan oleh tim utama Tottenham, stadion ini akan menggelar pertandingan eksebisi antara pemain legendaris Tottenham dan Inter Milan. Sementara laga Premier League pertama yang akan dilangsungkan adalah perjamuan terhadap Crystal Palace pada 3 April. (din/yna)


30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri Nursultan Nazarbayev (Kazakh Presidential Press Service/Handout via REUTERS)

Astana – Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, mengundurkan diri setelah berkuasa selama tiga dekade terakhir. Pengunduran diri Nazarbayev ini tidak diharapkan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/3/2019), Nazarbayev yang banyak dipanggil sebagai ‘Papa’ oleh banyak warga Kazakhstan ini memimpin negara kaya minyak dan gas itu sejak tahun 1989 silam, saat Kazakhstan masih menjadi bagian Uni Soviet. Nazarbayev yang kini berusia 78 tahun sebelumnya pernah menjadi buruh pabrik baja.

Oleh parlemen Kazakhstan, Nazarbayev yang telah berkuasa selama 30 tahun itu diberi gelar ‘Pemimpin Bangsa’. Dia menjadi pemimpin era Soviet terakhir yang masih menjabat dan mengawasi reformasi pasar besar-besaran sembari menjaga kepopuleran di negara berpenduduk 18 juta jiwa ini.


Pengunduran diri Nazarbayev ini menjadi langkah pertama dalam transisi politik yang dirancang untuk negara tersebut. Dalam pernyataannya, Nazarbayev menyatakan dirinya ingin memberi kesempatan kepada pemimpin-pemimpin muda di negaranya.

“Saya telah mengambil keputusan, yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden,” ucap Nazarbayev dalam pernyataannya yang disiarkan televisi nasional Kazakhstan pada Selasa (19/3) waktu setempat.

“Sebagai pendiri negara merdeka Kazakhstan, saya melihat tugas saya sekarang dalam memfasilitasi bangkitnya para pemimpin generasi baru yang akan melanjutkan reformasi yang tengah berlangsung di negara ini,” ujar Nazarbayev.

Usai memberikan pernyataan, Nazarbayev lantas menandatangani dekrit yang isinya mengakhiri masa jabatannya terhitung sejak 20 Maret waktu setempat.

Di sisi lain, Nazarbayev yang merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, ini mempertahankan jabatannya sebagai pemimpin Dewan Keamanan yang penting dan berpengaruh serta jabatannya sebagai Ketua Partai Nur Otan yang didirikannya sejak tahun 2006 lalu.

Untuk sisa masa jabatan yang baru berakhir April 2020, Nazarbayev menyerahkannya pada sekutu loyalnya, Kassym-Jomart Tokayev. Ditegaskan Nazarbayev bahwa Tokayev yang kini menjadi Ketua Kamar Atas Parlemen Kazakhstan, akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Presiden Kazakhstan hingga April 2020 sesuai konstitusi.

Nazarbayev sendiri belum menunjuk pengganti jangka panjang. Kazakhstan dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan presiden maupun parlemen, tahun depan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hampir 30 Tahun Berkuasa, Pemimpin Kazakhstan Akhirnya Lengser

Liputan6.com, Astana – Kepala negara era Soviet terakhir yang tersisa telah mundur. Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa 19 Maret 2019, setelah hampir tiga dekade menjabat.

Mantan pejabat Partai Komunis itu adalah yang terakhir dari para pemimpin yang menjalankan 15 republik Soviet ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, seperti dikutip dari CNN, Selasa (19/3/2019), Nazarbayev menyinggung transisi Kazakhstan menuju kemerdekaan setelah pecahnya Uni Soviet, dengan penandatanganan Kesepakatan Belovezh dan kudeta yang gagal terhadap pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

“Saya telah memutuskan untuk mengakhiri kekuasaan sebagai presiden,” kata Nazarbayev, menurut transkrip pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Rusia, TASS.

“Tahun ini menandai tahun ke-30 saya di kantor sebagai pemimpin tertinggi negara. Saya mendapat kehormatan besar dari orang-orang hebat untuk menjadi presiden pertama Kazakhstan yang merdeka.”

Nazarbayev tidak dikenal secara internasional sebagai orang yang menjalankan negara seperti di utara Kazakhstan, Presiden Rusia Vladimir Putin. Tapi dia telah mendominasi kehidupan politik di negaranya dengan cara yang bahkan pemimpin Kremlin tak bisa tandingi.

Di Bawah ‘Bayang-Bayang’ Nazarbayev

Kekuasaan Nazarbayev sebagai presiden kabarnya akan digantikan ke Kassym-Jomart Tokayev, ketua Senat Kazakhstan, sampai berakhirnya masa pemilihan saat ini. Tapi jangan berharap Nazarbayev tidak ikut campur.

Pemerintahan akan masih berada dalam bayang-bayang pria 78 tahun itu, sebab ia akan tetap menjadi ketua Dewan Keamanan negara. Mempertahankan gelar Elbasy (Pemimpin Bangsa).

Cita-cita pemimpin Kazakhstan soal kemegahan sering terdengar seperti parodi. Sebagai contoh, relokasi ibu kotanya ke Astana, sebuah kota futuristik di padang rumput beku di utara Kazakhstan.

Komedian Sacha Baron Cohen bahkan sukses melakoni peran soal ‘impian’ Kazakhstan.

Kendati demikian Kazakhstan juga terletak di wilayah yang berubah dengan cepat, dan secara tak terduga.

Uzbekistan, negara terpadat di bekas Soviet, telah mengalami pencairan politik setelah kematian Islam Karimov. Pembicaraan damai telah meningkatkan harapan untuk mengakhiri konflik di Afghanistan, yang berbatasan dengan beberapa negara di wilayah tersebut.

Dan kemudian ada lokasi strategis Kazakhstan sebagai koridor perdagangan baru yang potensial antara pasar China dan Eropa. Nazarbayev bahkan menyambut investasi Tiongkok dalam infrastruktur baru sebagai bagian dari inisiatif One Belt, One Road Beijing.

Inisiatif itu, yang kadang-kadang digambarkan sebagai penciptaan Jalur Sutra Abad 21, juga berpotensi memacu kompetisi kekuatan besar di kawasan itu.

Saksikan juga video berikut ini:

Sebuah roket Soyuz yang mengangkut astronot Amerika Serikat dan kosmonot Rusia dilaporkan harus mendarat darurat setelah mengalami kegagalan mesin di Kazakhstan.

Aturan Ojek Online Akhirnya Terbit

Jakarta – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiadi mengatakan aturan ojek online alias ojol sudah keluar. Namun aturan tersebut masih akan disosialisasikan dulu ke para pengemudi ojol.

Aturan tersebut sudah diundangkan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan nomor Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Kalau untuk peraturan menteri masalah ojol sudah keluar,” katanya ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/3/2019).


Aturan tersebut sudah dikeluarkan oleh Kemenkumham pekan lalu. Menindaklanjuti, Kemenhub akan melakukan sosialisasi aturan itu dalam beberapa waktu ke depan.

“Kita sosialisasi dulu dong,” sebutnya.

Sebelumnya, Budi telah melakukan konsultasi ke Komisi V DPR RI. Dia menjelaskan, ada beberapa isu yang diakomodir lewat aturan ini, antara lain suspensi, tarif, hingga hubungan antara pengemudi sebagai mitra dan aplikator.

“Subtansinya ada beberapa isu yang kita buatkan normanya supaya bisa dijalankan dan kemudian tidak menjadi persoalan. Persoalan kenapa, kita mempertemukan kepentingan aplikator, pengemudi sebagai mitra dan masyarakat. Baik keberlangsungan proses kegiatan ini, pelindungan para pengemudi, juga masyarakat,” jelasnya Senin (11/3/2019). (ara/ara)

Resmi, Jokowi Akhirnya Naikkan Gaji PNS

Jakarta – Para pegawai negeri sipil (PNS) kembali mendapatkan angin segar. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi meneken aturan tentang kenaikan gaji PNS tahun 2019 rata-rata 5%.

Kenaikan gaji PNS ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Mengutip dari salinan PP tersebut, Sabtu (16/3/2019), aturan ini ditandatangani Jokowi pada 13 Maret 2019 lalu. Dengan pertimbangan meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil, maka pemerintah perlu menaikkan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil. Ketentuan tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2019.

“Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” sebut aturan tersebut seperti dikutip detikFinance, Sabtu (16/3/2019).

Selanjutnya, tidak lama lagi atau dalam hitungan hari Kementerian Keuangan akan mengeluarkan peraturan atau petunjuk teknis berupa PMK beserta surat edaran (SE) dari Ditjen Perbendaharaan sebagai dasar pembayaran rapel atau kenaikan gaji PNS Tahun 2019.

(fdl/ara)

Akhirnya Neraca Perdagangan RI Surplus US$ 330 Juta

Jakarta – Setelah mengalami defisit berturut-turut selama empat bulan. Akhirnya, neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar US$ 330 juta.

Surplus neraca perdagangan tercatat pada Februari 2019. Padahal, sejak Oktober 2018 hingga Januari 2018 mengalami defisit.

Faktor apa saja yang membuat neraca perdagangan nasional surplus, lalu bagaimana respon pemerintah tentang capaian tersebut? Simak selengkapnya dirangkum detikFinance, Sabtu (16/3/2019).

(hek/ara)

Trump Akhirnya Larang Boeing 737 MAX Mengudara

Jakarta – Boeing akhirnya memutuskan menghentikan penerbangan semua pesawat seri 737 MAX. Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya tidak melarang akhirnya pun berubah pikiran.

AS menjadi negara terakhir yang melarang pesawat ini mengudara. Sebelumnya banyak negara termasuk di Eropa yang sudah mengambil keputusan pelarangan terlebih dahulu.

Otoritas penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan keputusan larangan terbang sementara pesawat-pesawat itu dibuat berdasar bukti baru serta data satelit. (das/ang)

AS Akhirnya Ikut Kandangkan Boeing 737 MAX 8 dan 9

Washington – Amerika Serikat akhirnya memutuskan untuk mengandangkan pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9 setelah kecelakaan di Ethiopia yang menewaskan 157 orang. Keputusan itu disampaikan langsung Presiden AS Donald Trump.

“Kami akan mengeluarkan perintah darurat untuk mendaratkan semua penerbangan 737 MAX 8 dan 737 MAX 9 dan pesawat yang terkait dengan jalur itu,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dilansir Reuters, Kamis (14/3/2019).

Otoritas sipil penerbangan Amerika, The Federal Aviation Administration (FAA) belum menyampaikan surat terkait larangan terbang pesawat tersebut. Meski begitu Trump memastikan FAA akan segera membuat pengumuman.

“FAA siap untuk membuat pengumuman yang segera mengenai informasi baru dan bukti fisik yang telah kami terima dari situs, dan dari lokasi lain dan melalui beberapa keluhan lainnya,” ujarnya.

FAA sendiri sebelumnya menyatakan tak ada dasar untuk mengandangkan pesawat-pesawat Boeing 737 MAX 8. Meski kecelakaan yang melibatkan pesawat tipe tersebut telah terjadi kedua kalinya dalam waktu kurang dari enam bulan.

Untuk diketahui, sebelum AS, sejumlah berbagai negara sudah mengeluarkan larangan terbang untuk Boeing 737 MAX. Thailand mengandangkan pesawat itu mulai Kamis (14/3). Sedangkan Hongkong sudah mulai menerapkan larangan terbang sejak Rabu (13/3).

Selain Thailand dan Hongkong, otoritas Uni Eropa, Inggris, India, Uni Emirat Arab dan India hingga China telah memutuskan untuk mengandangkan atau melarang pesawat Boeing 737 MAX 8 terbang di wilayah udara mereka, sembari menunggu hasil penyelidikan atas kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines. Hal itu dilakukan meski Boeing sendiri telah memastikan bahwa pesawatnya aman dan layak terbang.
(abw/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ribuan Kombatan ISIS Akhirnya Menyerah di Suriah

Damaskus – ISIS semakin terdesak. Laporan terakhir, tak kurang dari 3.000 kombatan (petempur) menyerah di Suriah.

Sebanyak 3.000 kombatan dilaporkan menyerah setelah adanya gempuran yang terus dilancarkan oleh SDF.

Gempuran terhadap ISIS di Suriah oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung koalisi militer pimpinan AS memang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Satu per satu wilayah kekuasaan ISIS berhasil direbut kembali.


SDF memperkirakan masih ada 1.500 warga sipil dan 500 kombatan ISIS yang tersisa. Namun, setelah menggempur ISIS pada Februari 2019 lalu di Baghouz, SDF menyadari bahwa jumlahnya jauh lebih banyak.

Seperti dilansir CNN, Rabu (13/3), juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Mustafa Bali, mengklaim hingga Selasa (12/3) malam waktu setempat, jumlah militan ISIS di Suriah yang meletakkan senjatanya ‘naik hingga 3 ribu’ orang. Ditambahkan Bali bahwa tiga wanita Yazidi dan empat anak diselamatkan dari ISIS.

Diketahui bahwa pertempuran sengit masih berlangsung di kota Baghouz, yang menjadi wilayah terakhir yang dikuasai ISIS di Suriah.

Tim CNN yang ada di Suriah menyaksikan langsung pertempuran sengit yang berlangsung di kota Baghouz sepanjang Selasa (12/3) malam hingga Rabu (13/3) pagi waktu setempat. Sejauh ini SDF enggan memberi penjelasan detail soal apa yang akan dilakukan terhadap petempur ISIS yang belum mau menyerahkan diri.

“Momen menentukan jauh lebih dekat dari sebelumnya,” sebut Bali dalam pernyataannya, merujuk pada pertempuran sengit dengan ISIS di Suriah.

Diklaim oleh Bali bahwa para petempur ISIS di Baghouz ‘menyerahkan diri secara massal’.

Bali sebelumnya mengklaim bahwa dua depot senjata telah dihancurkan dalam gempuran di Baghouz. Gempuran itu disebut menewaskan 38 petempur ISIS.

Nasib Ribuan Anak Eks Anggota ISIS

BBC melaporkan, Sabtu (23/2), ribuan anak dari seluruh dunia yang tetap terjebak di Suriah menghadapi masa depan yang tidak pasti dan berbahaya, demikian diperingatkan sebuah organisasi kemanusiaan. Save the Children menemukan lebih 2.500 anak-anak dari 30 negara di tiga kamp saja.

Mereka dipisahkan dari penghuni kamp lainnya, di daerah terpisah dengan perempuan asing yang diduga mantan anggota kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS).

Peringatan dikeluarkan sementara perdebatan tentang langkah yang perlu diambil terhadap mereka terus berlanjut.

Masalah ini mengemuka setelah sejumlah perempuan mengatakan mereka menyesalkan tindakan mereka dan ingin kembali ke negara asalnya, termasuk ke Inggris, Amerika Serikat dan Prancis, agar mereka dapat membesarkan anak dengan damai.

Sebagai jawabannya, Inggris dan AS melarang dua ibu untuk kembali.

Menurut laporan tahun 2018 dari International Centre for the Study of Radicalisation (ICSR), paling tidak terdapat 3.704 anak kelahiran asing yang dibawa orang tua atau pengasuh mereka ke daerah ISIS, termasuk 640 dari Prancis, paling tidak 350 orang dari Rusia dan hampir 400 dari Maroko.
(rna/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>