Ini Tanggapan Jusuf Kalla soal Rencana Penutupan Taman Nasional Komodo

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menanggapi rencana Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun untuk wisatawan. JK mengaku paham akan wacana tersebut. Terlebih penutupan ini dengan pertimbangan untuk membudidayakan rusa.

“Kalau saya lihat alasan Gubernur Viktor itu untuk memperbanyak, mengembangbiakkan rusa,” ujar Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Meski tak secara langsung menyampaikan penolakan, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengingatkan, penutupan Taman Nasional Komodo bukan satu-satunya solusi budi daya rusa.

“Jangan lupa, dikunjungi dan tidak dikunjungi (rusa) perlu makan. Jadi memang bisa saja, ini benar perlu makan rusa, kambing itu. Pertanyaannya, apa perlu dikembangbiakkan di situ atau dibawa ke tempat lain dulu baru ke situ?” ujar JK.

Sebelumnya, Viktor mengungkapkan rencananya menutup sementara Taman Nasional Komodo guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo. Selain itu, pemerintah provinsi akan menata Taman Nasional tersebut supaya habitat komodo menjadi lebih berkembang.

2 dari 3 halaman

Kekhawatiran Viktor

Viktor mengkhawatirkan, rendahnya perhatian terhadap budi daya rusa mengakibatkan komodo saling memangsa. Apalagi, saat ini perburuan liar terhadap rusa di area taman tersebut semakin marak.

“Namanya taman itu harus indah dan biar habitat komodo di sana, bisa nyaman dan kita bisa lakukan rekayasa genetik untuk komodo kembalikan habitatnya, jangan makin lama makin kecil tapi dia makin membesar,” kata Viktor, Senin 21 Januari 2019.

Menurut mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR itu, wisatawan masih diperbolehkan mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitar Labuan Bajo. Namun, tidak diizinkan untuk masuk ke Pulau Komodo.

“Boleh masuk tapi tidak boleh turun khusus untuk Pulau Komodo. Putar aja silakan putar dengan kapal kan bisa di Padar, masih bisa turun di Padar, di Rinca tapi kalau khusus untuk Pulau Komodonya kita tutup,” ujar Viktor.


Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pro Kontra Pencalonan Najwa Shihab Jadi Moderator Debat

JakartaNajwa Shihab menjadi salah satu nama calon moderator yang muncul untuk memandu debat kedua Pilpres 2019. Meski belum resmi diputuskan KPU, munculnya nama Najwa Shihab menuai pro dan kontra.

Soal Najwa Shihab menjadi salah satu alternatif moderator di debat pada 17 Februari nanti dibenarkan oleh Arief Budiman. Selain Najwa, nama Tommy Tjokro juga menjadi salah satu kandidat moderator debat kedua pilpres.

“Ya diusulkan oleh TV (Tommy Tjokro dan Najwa Shihab),” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief.

Munculnya nama Najwa menuai penolakan dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Timses pasangan nomor urut 02 itu menilai Najwa tidak netral dan meminta KPU mencari figur presenter lainnya.

“Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014,” sebut juru bicara BPN, Andre Rosiade.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pun memberikan pembelaan untuk Najwa. Menurut juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, Najwa merupakan presenter yang teruji kapasitasnya dalam memandu debat-debat politik di media televisi.

“Kami percaya dengan Mbak Nana bahwa beliau akan profesional dalam memandu debat. Lihat saja dalam acara-acara talkshow di televisi, Mata Najwa, sangat proporsional dalam memberikan kesempatan kepada kedua kubu,” kata Ace.

Mendapat penolakan dari BPN Prabowo-Sandiaga, Najwa Shihab akhirnya buka suara. Ia menegaskan dirinya menjunjung independensi sebagai jurnalis. Ia kemudian mengingatkan soal penampilannya dalam program debat cagub Pilgub DKI 2017, yang diadakan talkshow-nya dulu, Mata Najwa.

“Sebagai host memang kritis pada semua tokoh, tetapi selalu menjaga independensi. Kalau teman-teman semua masih ingat, saat Pilgub DKI, yang dikatakan juga bahwa saya tidak netral, kedua paslon di putaran ke-2 selalu datang kalau kami undang,” tegas Najwa.

Menurutnya, cagub DKI di putaran kedua, Anies Baswedan dan Basuki T Purnama (Ahok), juga bersedia melakukan debat yang berbeda dengan yang diadakan KPU. Format debat yang dimaksud Najwa adalah dialog interaktif dan dinamis.

“Mereka berdua merasakan bahwa sepanjang debat kita menjunjung tinggi objektivitas. Silakan cek ulang saja soal ini,” ucapnya.

Pro Kontra Pencalonan Najwa Shihab Jadi Moderator DebatFoto: Ira Koesno jadi salah satu moderator dalam debat perdana. (Rengga Sancaya/detikcom).

Najwa juga mengingatkan soal tokoh-tokoh di kubu Prabowo-Sandiaga yang juga bersedia datang ke acaranya. Seperti ketika Anies dan Sandiaga saat terpilih sebagai Gubernur-Wagub DKI.

“Saat Mas Anies dan Mas Sandi sudah terpilih, keduanya tampil pertama di acara saya. Setelah itu pun, beberapa kali keduanya kerap hadir di Mata Najwa. Begitu pula dengan Pak Djarot (eks Gubernur DKI) ketika baru berhenti jadi gubernur, bersedia diundang datang ke Catatan Najwa,” sebut Najwa.

“Kepada semua pihak, saya akan terus menjunjung tinggi independensi,” lanjutnya.

Anies ikut angkat bicara soal profesionalitas Najwa. Menurut dia, Najwa tetap menunjukkan netralitasnya saat memandu acara.

“Kalau dari sisi format, yang dikerjakan di Mata Najwa itu format yang paling baik. Secara interaktif, paling interaktif, ya. Setiap kali ada jawaban, ada kesempatan untuk mengelaborasi bisa ditanya lagi, bisa dipertanyakan lebih jauh,” kata Anies.

“Kalau independensi, kalau pengalaman kemarin di pilkada sih netral-netral aja. Ya memang Mata Najwa itu memang selalu tajam kalau tanya. Artinya siapapun yang jadi tamu di situ merasakan (netral). Tapi itu kalau ketika talkshow,” sambungnya.

Belakangan, BPN Prabowo-Sandiaga meluruskan isu mengenai penolakan kepada Najwa. Menurut Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso pihaknya belum memutuskan apakah akan menerima atau menolak Najwa sebagai moderator debat pilpres.

“Harus sedikit perlu diluruskan bahwa BPN Prabowo-Sandi belum dalam posisi menolak siapa pun moderator, termasuk Najwa Shihab karena Najwa memang termasuk salah satu host TV yang sangat moncer dan sampai hari ini, KPU belum secara resmi mengajukan nama-nama,” ungkap Priyo.

Sementara itu Ma’ruf Amin menyatakan persetujuannya apabila debat kedua dipandu oleh Najwa.

“Kalau kita sih setuju saja (Najwa Shihab). Kan yang penting itu, ya artinya lurus, tidak berpihak, netral, jadi siapa saja bukan masalah buat kami,” sebut Ma’ruf.

KPU lalu menegaskan, nama Najwa belum resmi diputuskan menjadi moderator debat. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, nama Najwa muncul baru sebagai usulan dari tv penyelenggara debat kedua nanti.

“Yang menominasikan Mbak Nana (Najwa Shihab) bukan KPU, tapi TV penyelenggara,” jelas Wahyu.

Selain Najwa, ada nama Tommy Tjokro, yang juga ditolak Prabowo-Sandiaga. Stasiun TV penyelenggara debat kedua memang sudah ditentukan KPU, yaitu RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Setelah mendapat usulan itu, Wahyu mengaku menawarkannya kepada kedua kubu.

Wahyu pun menyebut KPU masih memiliki daftar calon moderator lain. Nama-nama itu disebut Wahyu berasal dari berbagai media.

“Tapi kita udah punya daftar soal calon-calon moderator, yang semuanya kelima debat dari insan media,” tuturnya.
(elz/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Bakal Berperan Jadi Jokowi Saat Prabowo Latihan Debat Kedua

Bekasi – Cawapres Sandiaga Uno menyatakan bakal mendampingi capres Prabowo Subianto berlatih debat pilpres kedua. Sandiaga mengatakan bakal berperan sebagai capres Joko Widodo (Jokowi) saat latihan itu.

“Mungkin saya bisa untuk memerankan jadi Pak Jokowi-nya nanti, karena kita mungkin perlu simulasi yang lebih dalam dan kalau lihat siapa yang paling cocok perankan Pak Jokowi mungkin saya yang paling cocok. Pertanyaan tajam ala Pak Jokowi tapi dengan kata-kata tenang mungkin akan saya latih Pak Prabowo,” kata Sandiaga di Desa Pidangsambo, Kecamatan Tirtajaya, Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Dia menyatakan latihan debat bakal dilakukan 2 atau 3 hari sebelum debat kedua yang hanya mempertemukan para capres. Tema debat kedua nantinya ialah ‘Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Infrastruktur’.
“Rencananya kita akan simulasi 2-3 hari sebelum acara dan walaupun saya nggak turun karena ini untuk capres saja,” ujarnya.

Sandiaga juga bicara soal rencana KPU menambah durasi pemaparan saat debat. Dia menyatakan menyerahkan keputusan itu kepada KPU.

“Saya serahkan keputusannya kepada KPU. Tapi kemarin saya rasa sudah cukup panjang, tapi yang perlu dihadirkan memang pendalaman dari masing-masing topik itu. Kalau ditambah waktu juga akan sangat membantu,” tuturnya.

Menurut Sandi, durasi debat juga harus dipertimbangkan dari sisi stamina para kandidat. Namun, dia kembali menyerahkan keputusan pada KPU.

“Tapi kemarin aja sudah 2,5 jam lebih. Ini yang perlu dilihat setelah 2,5 jam yang perlu diperhatikan staminanya jadi saya serahkan ke tim KPU. Yang penting debat berikut lebih baik dari debat pertama insyaallah bisa memperdalam topik utama yang dibutuhkan masyarakat,” pungkas Sandiaga.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tim Prabowo Cek Pengakuan Ketua PA 212 Baru Tahu Masuk Struktur BPN

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo SubiantoSandiaga Uno akan mengecek pengakuan Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif. Slamet mengaku baru tahu namanya masuk dalam jajaran BPN.

“Nanti akan kita komunikasikan, akan kita cek di mana missed link-nya,” ucap Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, saat dihubungi wartawan, Selasa (22/1/2019).

Riza mengatakan tim BPN Prabowo-Sandiaga mungkin akan menggelar pertemuan informal dengan Slamet terkait persoalan itu. Baginya, hal itu bukanlah persoalan besar.

“Kan ada ratusan orang di sana (BPN). Misal saya merekomendasikan A, B, C. Lalu setelah masuk, saya belum memberi tahu. Itu bisa aja. Mungkin ada yang merekomendasikan nama Pak Slamet, lalu mungkin belum diberitahu. Ya itu soal teknis, akan diselesaikan baik-baik,” ujar Riza.

Slamet mengaku baru tahu masuk jajaran tim BPN itu setelah menjalani pemeriksaan di Bawaslu Surakarta karena diduga melakukan pelanggaran pemilu dalam Tablig Akbar PA 212 Solo Raya pada Minggu, 13 Januari kemarin. Perihal pelaporan Slamet ke Bawaslu itu, juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andra Rosiade meyakini Slamet tidak bersalah.

“Kami meyakini ustaz Slamet Maarif akan lepas dari tuduhan tersebut, karena beliau datang dalam kapasitas sebagai Ketua PA 212. Acara tersebut tablig akbar 212. Tidak ada ustaz Slamet Maarif berkampanye seperti citra diri, penyampaian visi misi,” kata Andre sebelumnya.
(tsa/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Tanpa Aplikasi, Gampang dan Nggak Perlu Pakai Uang

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering kehabisan duit di akhir bulan karena kiriman nggak kunjung datang? Pengen pasang paket internet unlimited buat download game tapi nggak punya uang untuk membeli pulsa?

Ya namanya juga ekonomi, pasti ada pasang surutnya. Negara aja kadang harus utang dulu untuk membeli sesuatu, jadi sebagai anak bangsa yang baik, wajarlah mencari sesuatu yang gratisan.

Kamu tentu tahu, saat ini pulsa menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk pengguna HP dan juga smartphone. Sebab, tanpa menggunakan pulsa, para pengguna ponsel tak akan bisa menggunakan aktivitas untuk menelepon atau SMS.

Banyak juga operator di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Axis yang menawarkan promo menarik untuk para pengguna terkait dengan tarif pulsa.

Namun, banyak juga yang memilih membeli pulsa untuk bisa telepon, SMS, atau juga membeli paket internet. Tapi untuk membeli pulsa memang membutuhkan biaya yang tak sedikit karena harganya yang tak murah.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa memberikan kamu pulsa gratis secara cuma-cuma. Tapi aplikasi ini cuma dapat dipakai untuk smartphone tipe tertentu juga caranya yang terbilang rumit.

Seperti aplikasi penghasil pulsa Cashtree, Money Locker, Capsa Royale dan banyak lainnya. Untuk kamu yang nggak mau rumit mencari cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi.

Berikut telah liputan6 rangkum cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang aman Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

1. Poin Web

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang pertama adalah Poin Web. Poin Web merupakan situs yang akan menawarkanmu kesempatan untuk bisa memperoleh banyak hadiah termasuk pulsa gratis.

Poin Web bisa diakses dengan android atau juga PC. Namun kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi dengan saat mengunjungi situs web tersebut.

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan Poin Web sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Poin Web dengan ponsel atau komputer. Kamu bisa langsung klik pada link yang sudah diisediakan.

2. Kemudian, kamu harus melakukan registrasi, bisa juga dengan menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.

3. Isilah form identitas dengan benar seperti nama, TTL, alamat, kontak, dan sebagainya.

4. Lalu, kamu akan diminta untuk verifikasi dengan klik tautan yang sudah dikirimkan Poin Web padamu.

5. Kemudian, lakukanlah apa yang diminta oleh Poin Web agar kamu bisa memperoleh pulsa secara gratis.

6. Bila seluruh tugas yang diminta Poin Web sudah dilaksanakan, maka pulsa kan masuk secara otomatis pada nomor Hp yang telah kamu daftarkan.

Jadi dengan cara yang simpel ini, kamu tak perlu lagi mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphonemu. Kamu akan menerima pulsa sesuai tugas yang telah kamu selesaikan.

3 dari 4 halaman

2. ssl.excite.co.id

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang kedua adalah ssl.excite.co.id. Hampir sama dengan Poin Web, ssl.excite.co.id merupakan situs cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan mengisi kolom yang pada web.

Berikut tutorial mengisi cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan ssl.excite.co.id

1. Kunjungi situ ssl.excite.co.id

2. ID Pelanggan: Masukan data sesuai dengan nama atau angka yang mudah anda ingat.

3. Kata Sandi: masukan kata sandi dengan password yang mudah diingat.

4. Pengulangan Kata Sandi: Masukan kembali kata sandi.

5. Nomor Telepon: Masukan nomor hp, misal 08125412xxxx

6. Jika sudah periksalah data yang ada masukan apakah sudah sesuai. Jika sudah yakin, silahkan klik DAFTAR

7. Kamu bisa melihat daftar yang telah kamu masukan, pastikan untuk mengingat kode tersebut, jika tidak yakin kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu, jika tetapi yakin anda bisa klik OK.

8. Kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor hp kamu oleh pihak Excite Point. Setelah itu kamu akan menerima sms dari pihak web dan tinggal memasukan kode ke dalam kolom konfirmasi, dan klik OK.

9. Selesai. Saat kamu melakukan registrasi kamu telah mendapatkan point sebesar 3000 point.

10. Selanjutnya kita tinggal menukarkan point dengan pulsa gratis.

4 dari 4 halaman

3. Tukarkan dengan point yang telah kamu miliki

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang terakhir adalah point yang kamu miliki selama ini. Selama ini ketika kamu mengisi pulsa kamu akan memperoleh sejumlah poin.

Nantinya akumulasi poin yang sudah kamu dapat bisa ditukarkan dengan beraneka macam hadiah salah satunya adalah pulsa gratis atau hadiah berharga lainnya.

Biasanya kamu bisa menukar melalui operator masing masing kartu yang kamu miliki. Namun ada juga yang harus melalui format pengisian penukaran point.

1. Masuk pada halaman My Page akun kartu kamu masing dan klik Penukaran Point.

2. Cek berapa point yang kamu miliki. Kemudian klik pada tulisan Klik di sini untuk informasi selengkapnya

3. Kemudian pilihlah nominal pulsa yang kamu inginkan dengan klik tombol tukar.

4. Kemudian sekali lagi untuk konfirmasi dengan klik tukar.

5. Sekarang kamu bisa mengecek hp android anda masing–masing, pastikan bahwa pulsa gratis langsung dapat kamu nikmati.


Reporter: Heri Setiawan

Vanessa Angel Merasa Orang-Orang Melihatnya Seperti Tak Pakai Baju

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya Vanessa Angel tampil dalam sebuah acara talk show setelah diduga terlibat kasus prostitusi. Sebelumnya ia sempat dua kali mengadakan konferensi pers dengan didampingi kuasa hukumnya.  

Kepada pembawa acara, Feni Rose, Vanessa Angel mengungkap bahwa saat ini dirinya sangat terpuruk. Ia bercerita mengenai beratnya masalah yang sedang dihadapi. 

“Aku lebih ke depresi, bingung, trauma, takut, sedih, semuanya aku rasain gitu. Jadi benar-benar berat banget,” kata Vanessa Angel dalam acara Rumpi, Selasa (22/1/2019).

Sejak disebut-sebut terlibat kasus prostitusi online, Vanessa Angel merasa bahwa semua orang memiliki pandangan miring atau negatif saat melihat dirinya.

“Aku ngerasa kalau aku jalan, atau keluar, aku ngerasa orang-orang ngelihatin aku kayak seolah-olah aku lagi telanjang gitu,” imbuh mantan tunangan Didi Mahardika tersebut. 

2 dari 3 halaman

Bunuh Diri

Saking beratnya menghadapi ujian hidup, artis 27 tahun ini sempat berniat untuk mati. Beruntung ia tak sampai melakukan aksi percobaan bunuh diri.  

“Aku sempat berpikir aduh benar-benar aku mati aja,” papar artis yang saat ini sudah berstatus sebagai tersangka tersebut.

3 dari 3 halaman

Nama Baik

Kasus yang menimpa artis VA tentu membuat nama baik keluarga tercoreng. Bahkan adik artis VA juga ikut mendapat sangsi sosial atas perbuatan kakaknya. 

“Sampai Mayang, adiknya itu di-bully di sekolah. Nah ini kan dampaknya luar biasa gitu ke keluarga,” ujar Jane Shalimar beberapa waktu yang lalu.

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Pasti Pakai Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Presiden Pasti Punya Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rekrut PPPK, Kementerian PANRB Koordinasi dengan Pemda

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah bakal membuka perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2019. Sistem seleksi ini bertujuan memberi kesempatan kepada tenaga honorer atau profesional yang telah melampaui batas usia pelamar PNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menyampaikan, Kementerian PANRB saat ini telah memulai proses persiapan penarikan tenaga PPPK, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Prosesnya yang sudah dimulai, termasuk nanti koordinasi dengan (pemerintah) daerah. Tapi rekrutmen belum dibuka,” jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Pernyataan tersebut membenarkan ucapan Menteri PANRB Syafruddin, yang mengatakan Kementerian PANRB telah mulai menyambangi pemerintah daerah untuk mendiskusikan seputar skema anggaran pelaksanaan seleksi PPPK.

“Sudah dilaksanakan, sudah mulai. Besok kita akan rapat dengan kepala daerah di Batam untuk memutuskan skema anggarannya,” ungkap dia pasca kunjungan rapat bersama Komisi II DPR RI.

2 dari 3 halaman

Target Awal

Adapun secara target awal, penarikan tenaga PPPK dijadwalkan bakal dimulai pada pekan keempat atau akhir Januari 2019.

Syafruddin juga menyebutkan, beban gaji untuk tenaga PPPK yang lolos seleksi akan diberikan kepada masing-masing pemerintah daerah (Pemda), sama seperti tanggungan gaji PNS yang bekerja dibawah instansi tersebut.

“Bukan tenaga honorer aja, PNS juga Pemda. Kementerian/Lembaga itu dari Kementerian Keuangan, kemudian gaji-gaji dari PNS yang di daerah, di tingkat 2 tingkat 1, ya pemerintah daerah. Memang itu skemanya,” terang dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

WNA yang Nekat Nyelonong ke Krakatau Diduga Berangkat dari Carita

Jakarta – Sejumlah WNA yang belum diketahui identitasnya nekat naik ke Gunung Anak Krakatau (GAK). Foto-foto mereka kemudian viral di media sosial. Mereka diperkirakan berangkat dari sebuah dermaga di Carita, Pandeglang.

Menurut salah seorang warga Pulau Sebesi, Umar yang biasa mengantar wisatawan ke Krakatau mengatakan, ada dua alternatif untuk berangkat ke Anak Krakatau, yakni dari Carita dan Lampung.

Pada 17-18 Januari kemarin, ia melihat ada boat di belakang Pulau Sebesi. Boat itu kemungkinan yang membawa WNA tersebut.

“Ada dua alternatif (pemberangkatan) ada yang dari Lampung, biasanya kayak begitu dari Anyer-Carita, kalau dari Lampung terdeteksi dengan kita boatnya,” kata Umar saat dikonfirmasi via sambungan telepon, Selasa (22/1/2019).

Tak diketahui persis berapa WNA yang mengunjakkan kaki di Anak Krakatau. Namun, dari sepengetahuannya sekitar 5-7 orang. Umar memperkirakan, selain WNA, sudah ada beberapa wisatawan yang mendekati Anak Krakatau meski otoritas terkait melarang mendekat sejauh 5 km.

“Tapi memang kemarin saya lihat tu ada boat keluar dari Pulau Sebesi waktu sebelum kemarin ya sekitar tanggal 17-18 itu, saya lihat kok ada boat apakah dari Krakatau, kayaknya bukan dari bule itu aja sih yang sudah menginjakkan kaki di situ kayaknya, sebab ininya itu (pemberangkatan) dari Carita, mungkin baru ketauan bule itu aja yang menginjakkan kaki di sana,” tuturnya.

Meski demikian, ia tidak mau berkomentar banyak soal WNA yang memang diantar oleh guide lokal untuk menuju Krakatau. Dia menduga guide yang mengantar WNA tersebut sedang ketakutan.

“Saya nggak berani komen kalau itu mah (guide pembawa WNA), lagi gawat ini,” ujarnya.
(imk/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>