Ahli dari Jaksa Berhalangan Hadir, Sidang Bahar bin Smith Ditunda Kembali

Liputan6.com, Bandung Sidang dugaan kasus penganiayaan terhadap remaja yang menjerat terdakwa Bahar bin Smith kembali ditunda. Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan ahli ini kembali ditunda karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor tidak dapat menghadirkan ahlinya.

Jaksa kepada Hakim Ketua Edison Muhamad mengatakan, satu saksi fakta dan empat saksi ahli tidak bisa dihadirkan karena ada urusan urgent.

“Saksi fakta, saksi ahli dari bidang forensik, pidana dan IT, kami mohon belum bisa menghadirkan mereka,” kata jaksa di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, tim penasihat hukum Bahar, Ichwan Tuankotta keberatan dengan penundaan sidang saksi ahli ini. Ia berharap pada persidangan selanjutnya jika saksi dari JPU kembali berhalangan hadir, pihaknya bisa melanjutkan dengan saksi meringankan dan saksi ahli.

“Kami juga usul seandainya minggu depan pihak kejaksaan tidak bisa menghadirkan saksi, kami akan stand by menghadirkan saksi agar efetivitas persidangan,” katanya.

Hakim Edison pun menyatakan sidang lanjutan Bahar akan dilanjutkan pekan depan dengan menghadirkan saksi dari JPU.

“Jika begitu majelis akan memberikan satu kesempatan lagi. JPU pastikan saksi hadir ya,” ujar Edison.

Recananya, sidang Bahar akan kembali digelar pada Rabu (24/4/2019).

“Kami tunda satu minggu, jadi digelar lagi Rabu karena ada satu lain hal di hari Kamis,” ujar Edison.

Sebelumnya pada pekan lalu, sidang lanjutan kasus penganiayaan anak di bawah umur dengan terdakwa Bahar bin Smith urung digelar, Kamis (11/4/2019). Sidang ditunda karena majelis hakim sedang perjalanan dinas.

Prabowo Sebut Surabaya-Merauke akan Tenggelam, Ini Kata Ahli Geologi

Surabaya – Capres Prabowo Subianto menyebut saat ini Indonesia menghadapi tantangan perubahan iklim yang mengancam wilayah Jakarta, Pantura Jawa, Surabaya sampai Merauke akan tenggelam. Lalu bagaimana kata pakar?

Pakar Geologi ITS Amin Widodo mengatakan belum pernah mendengar laporan yang disebut oleh Prabowo. Namun ia tidak menampik dalam beberapa tahun terakhir ini ada perubahan iklim.

“Saya belum pernah dengar. Tapi memang begini. Sepengetahuan saya memang di beberapa tahun ini ada perubahan iklim. Jadi sudah ada tanda-tanda perubahan iklim dan suhu (bumi) naik. Karena suhu naik maka itu bisa menimbulkan cuaca menjadi ekstrem,” kata Amin saat dihubungi detikcom, Jumat (12/4/2019).

“Jadi misalnya hujan menjadi ekstrem, panas menjadi ekstrem, dingin menjadi ekstrem, angin menjadi ekstrem jadi lebih cepat. Terus ombak menjadi ekstrem. itu adalah tanda-tanda peningkatan suhu tadi,” tambahnya.

Sedangkan untuk peningkatan permukaan laut naik 5 meter yang disebut Prabowo. Amin kembali tidak menampiknya. Sebab memang saat ini sudah ada kenaikan sekitar 1,5 meter.

“Nah, itu salah satunya kalau nanti suhu sekarang itu sudah diperkirakan naik 1,5 meter. Nah kalau sudah naik 2 derajat itu es bisa meleleh. Bisa menyebabkan air laut naik. Tapi misalnya 5 meter ya itu baru (tenggelam) sekitar tahun 2100,” terang Amin.

Tapi, terang Amin, tenggelamnya suatu wilayah di tahun 2100 itu dengan catatan jika manusia tidak melakukan sesuatu. Artinya ada upaya untuk mengurangi karbondioksida dengan upaya seperti penanaman pohon dan mengganti bahan bakar migas.

“Jadi kalau kita tidak melakukan sesuatu dari para ahli kita melakukan segera melakukan penurunan karbon tadi ini akan terjadi kenaikan air laut sehingga bisa menimbulkan tadi banyak pulau yang tenggelam. Itu diperkirakan di 2100. (Itu) kalau naiknya tiap hari hanya nambah 0,33 centimeter pertahun,” jelasnya.

Menurutnya, kebijakan soal lingkungan tidak bisa dibebankan pada satu negara saja seperti Indonesia. Sebab lingkungan merupakan kebijakan global. Jadi tidak bisa hanya Indonesia.

“Ini kebijakan global jadi tidak bisa jadi tidak hanya pemerintah saja. Tapi memang Indonesia itu pokok memang nomor satu yang harus dilakukan itu penghutanan kembali atau menanam pohon sebanyak-banyaknya,” beber Amin.

“Tapi orang sudah mulai berubah kan semua sudah pakai elektrik semua. Itu mobil-mobil semua sudah elektrik sampai di Norwegia itu sudah nggak ada butuh migas lagi. Jadi harus demikian,

Sebelumnya capres Prabowo Subianto lagi-lagi bicara soal wilayah Indonesia yang akan tenggelam. Wilayah tersebut mulai dari Jakarta, Pantai Utara Jawa, hingga Merauke.

Prabowo mulanya bicara soal tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini. Salah satunya tantangan cuaca iklim yang sudah mendesak.

“Kita juga menghadapi tantangan cuaca iklim Ini tantangan yang sangat mendesak, tapi elite di Jakarta tidak berpikir ke situ kalau kita lihat di peta ini yang berasal dari Center for Remote Sensing of Ice Sheet,” kata Prabowo saat pidato kebangsaan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019).

(iwd/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rizal Ramli Ditunjuk Jadi Pakar, Prabowo: Ahli Matematika, Fisika

Jakarta – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto telah meminta para pakar untuk menurunkan harga-harga. Salah satunya, tarif listrik.

Salah satu pakar yang ditunjuk Prabowo ialah mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Bukan tanpa alasan Prabowo menunjuk Rizal Ramli.

Menurutnya, Rizal Ramli merupakan ahli matematika dan fisika. Berdasarkan perhitungan Rizal Ramli dan tim, tarif listrik bisa turun 100 hari pertama jika Prabowo terpilih.

Simak berita selengkapnya dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

Amien Rais soal Debat Keempat Pilpres: Prabowo Ahli, Satunya Agak Gagap

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan puas dengan penampilan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dalam debat keempat. Amien mengatakan Prabowo sangat lancar dalam debat.

“Tadi malam saya tidur nyenyak dan puas sekali. Pak Prabowo betul-betul tampak ahli. Pidatonya nggak dihafal, lancar. Yang satunya agak gagap,” kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

Dalam debat keempat, Prabowo Subianto menyoroti mengenai pertahanan Republik Indonesia saat debat dengan capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Prabowo beberapa kali menyebut pertahanan Indonesia lemah.


Saat menyampaikan visi-misi ihwal tema debat, Prabowo menyebut pertahanan Indonesia lemah. Anggaran pertahanan, sebut Prabowo, juga terlalu kecil.

“Di bidang pertahanan keamanan, kita terlalu lemah. Anggaran kita terlalu kecil. Ini akan kita perbaiki,” ujar Prabowo di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Sindiran tersebut ditanggapi Jokowi, awalnya dia membicarakan soal prioritas pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Jika itu tercapai, menurut Jokowi, anggaran yang diberikan kepada TNI akan lebih besar.

“Memang kita sekarang ini baru memberikan prioritas pada pembangunan infrastruktur. Pada suatu saat, apabila pertumbuhan ekonomi kita semakin baik, kita akan bisa memberikan anggaran yang lebih baik pada TNI kita,” kata Jokowi saat debat.

Jokowi menyinggung tentang informasi dari intelijen strategis. Berdasarkan informasi yang diterimanya, Jokowi mengatakan tidak akan ada invasi ke Indonesia dalam 20 tahun ke depan.

“Dari informasi intelijen strategis yang masuk pada saya mengatakan 20 tahun ke depan invasi dari negara lain ke negara kita dapat dikatakan tidak ada,” ujar Jokowi.
(fdu/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jelang Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Bertemu Menteri dan Ahli

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin bertemu sejumlah tokoh jelang debat ketiga. Pertemuan itu berlangsung di kediaman Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu Ma’ruf Amin.

Bambang, usai pertemuan mengakui membahas debat dengan Mustasyar PBNU itu. Kendati, Bambang mengelak lebih banyak bahas soal Ikatan Ahli Ekonomi Islam, yang Ma’ruf sebagai ketua dewan pertimbangan dan Bambang adalah ketua umum.

“Debat ya sedikit, tapi kita lebih banyak bahas organisasi,” ujar Bambang kepada wartawan usai pertemuan di kediaman Ma’ruf, Rabu (13/3).

Bambang membantah apabila tim ahli berkumpul untuk membahas debat. Dia menyebut hanya banyak pihak yang bertemu sang kiai. Bambang datang ke rumah Ma’ruf sekitar pukul 19.00 sampai 20.20.

“Di dalam pasti ada banyak orang,” imbuhnya.

Pantauan Merdeka.com, orang-orang yang keluar berbarengan dengan Bambang di antaranya adalah Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardhani. Jaleswari diketahui saat debat pertama mondar-mandir bertemu Ma’ruf Amin mempersiapkan debat.

Adapula sejumlah ahli yang berkaitan dengan tema debat ketiga. Yaitu, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), dan akademisi IPB Iman Sugema, dan akademisi UIN Jakarta Asrori S. Karni. Direktur Program dan Kampanye TKN Aria Bima juga menyambangi Ma’ruf, namun pulang lebih dahulu.

Sebelum Bambang dkk, turut hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman mengaku hadir atas undangan Ma’ruf, namun tak menyebut apa yang dibahas.

“Bicara macam-macam lah,” kata Lukman yang hadir di lokasi sejak pukul 16.40 sampai 18.50.

Debat Cawapres akan digelar pada 17 Maret 2017 mendatang. Tema debat kali ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Ahli Penerbangan dan Forensik dari AS dan Israel Investigasi Puing Pesawat Ethiopian Airlines

Liputan6.com, Ethiopia – Sejumlah petugas ahli penerbangan dan forensik dari Amerika Serikat dan Israel dikerahkan ke lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET-AVJ, Selasa siang waktu setempat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (13/3/2019), mereka menginvestigasi puing-puing pesawat yang jatuh pada Minggu 10 Maret kemarin untuk menemukan penyebab terjadinya tragedi memilukan itu.

Sementara itu, keluarga Harina Hafitz, WNI yang ikut menjadi korban jatuhnya Ethiopian Airlines kini tengah berduka. Meski telah ikhlas dengan kepergian sang kakak, adiknya Hari Lutfi Hafitz berharap jenazah Harina dapat ditemukan.

Jika nantinya ditemukan, jenazah Harina akan dimakamkan di Roma, Italia. Harina Hafitz adalah satu dari 157 penumpang pesawat Ethiopian Airlines yang terbang dari Addis Ababa, Ethiopia, menuju Nairobi, Kenya. Harina merupakan staf program pangan dunia PBB yang bertugas di Roma. (Muhammad Gustirha Yunas)

Saksi Ahli Sebut Kata ‘Idiot’ Ahmad Dhani Merendahkan Orang

Surabaya – Saksi Ahli Bahasa Andik Yulianto memberikan keterangan dalam sidang Ahmad Dhani. Ia menyebut kata ‘idiot’ yang diucapkan Dhani bisa diartikan merendahkan orang.

“Dalam KBBI kata-kata itu, secara lisan dan tulis memiliki arti merendahkan seseorang. Arti bahasa itu tidak banyak diketahui oleh orang lain. Yang membuat orang tersinggung,” kata Andik dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surbaya, Jalan Arjuna, Selasa (12/3/2019).

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim R Anton Widyopriyono, Andik kemudian menjelaskan lebih jauh mengenai arti kata ‘idiot’. Menurutnya kata tersebut merupakan serapan.


“Di KBBI adalah taraf berpikir paling rendah, kalau dikaitkan dengan IQ maknanya, bahwa yang di luar itu memiliki taraf berfikir rendah,” imbuh Andik.

Persidangan tersebut kembali memutar video ‘idiot’ yang beredar luas di media sosial beberapa bulan lalu. Menurut Andik, pada video tersebut Dhani mengatakan kata ‘ini idiot’ dengan gestur melihat keluar (luar Gedung Hotel Majapahit).

Usai mendengarkan keterangan saksi ahli, Kuasa Hukum Dhani, Aldwin Rahadian mempertanyakan keabsahan sertifikasi saksi ahli. Menurutnya saksi ahli bukanlah ahli forensik linguistik.

“Apakah saudara saksi seorang ahli Forensik Linguistik atau bukan?,” kata Aldwin.

Saksi menjawab pertanyaan tersebut dengan mengaku sebagai lulusan analisis wacana yang merupakan bagian dari forensik linguistik.

Sidang diawali dengan penjelasan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmat Hari Basuki. Awalnya JPU berencana menghadirkan tiga saksi ahli. Namun yang bisa hadir hanya satu saksi yakni Andik Yulianto sebagai ahli bahasa.

“Hari ini harusnya tiga saksi direncanakan hadir. Namun hanya satu saksi ahli yang bisa datang,” kata JPU Rahmat Hari Basuki.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Twitternya Retweet Video Porno, Ngabalin Lapor Jokowi dan Libatkan Ahli IT

Jakarta – Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menugaskan ahli IT untuk menelusuri sebab akun Twitter miliknya @NgabalinAli me-retweet konten pornografi. Ngabalin juga sempat melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait peristiwa itu.

“Antum (kamu) kasih kesempatan karena teman-teman yang ahli IT sekarang ada di sini, teman-teman ahli IT baik yang ada di Istana maupun yang kami hire dari luar, biar dia teliti. Tadi saya juga lapor sama bapak Presiden, karena itu tidak ada lain, cuma minta sedikit waktu,” ujar Ngabalin di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Ngabalin mengaku terakhir kali menggunakan akun Twitter-nya itu pada (20/2) lalu. Dia pun mengaku memiliki sedikit waktu untuk beraktifitas di Twitter karena agenda yang padat di tugasnya sebagai Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan.
“Saya hanya 30 menit di sini (Istana Negara), nanti saya kembali ke bapak Presiden. Jam 19.00 WIB nanti saya ada di (Istana) Bogor, insya Allah sampai jam 21.00 WIB. Saya pulang jam 22.00 WIB. 15 menit ada di Jakarta lagi dalam hal briefing,” katanya.
Ngabalin mengaku beraktivitas di dunia maya hanya dalam rangka menjaga ruang publik. Namun hal tersebut terbatas karena kegiatannya sebagai tenaga ahli Presiden.

“Antum bisa membayangkan, adakah waktu kita ruang, televisi dalam dua mggu itu paling banyak 3 jam, itu pun saya nonton 5 10 menit tutup pergi lagi. Ini saya mau terima tamu, nanti saya kembali lagi ke sini. jadi waktu ya setelah ada di sini merasakan itu, ‘oh trnyata begini waktu itu’,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada September 2018, akun Twitter Ngabalin juga pernah me-like akun porno. Tangkapan layar yang beredar memperlihatkan pada kolom ‘suka’ atau ‘likes’ akun @NgabalinAli terdapat sebuah unggahan video porno. Video itu diunggah oleh akun @susanarus***.
(nvl/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Pelatih yang Doyan Bongkar Pasang Skuat, Jose Mourinho Salah Satunya

Jakarta – Jose Mourinho dikenal sosok pelatih dan manajer yang gemar memborong pemain bintang dan membongkar pasang tim. Pria asal Portugal itu kerap meminta dibelikan pemain baru di tim yang dilatihnya termasuk saat di Manchester United.

Selama 2,5 musim di Old Trafford, Jose Mourinho telah menghabiskan 455 juta euro atau sekitar Rp 7,2 triliun untuk membeli pemain baru. Mereka antara lain Paul Pogba, Nemanja Matic, Alexis Sanchez, dan Romelu Lukaku.

Namun selama karier kepelatihannya, Jose Mourinho juga gemar menjual pemain. Sudah puluhan pemain yang dijual mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu.

Yang bikin fans MU jengkel, tingkah boros Mourinho itu ternyata tak mampu mendatangkan prestasi, sehingga akhirnya dia dipecat dan digantikan Ole Gunnar Solksjaer.

Berikut 3 pelatih yang ahli menjual pemain, termasuk Jose Mourinho:

2 dari 4 halaman

Jose Mourinho (510,59 Juta Pound)

Jose Mourinho kini berstatus bebas. Pria asal Portugal itu belum kembali melatih klub setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018.

Sepanjang karier kepelatihannya, mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu telah menjual total 64 pemain. Nilainya 510,59 juta pound atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Sejumlah pemain yang pernah dijual Mourinho antara lain Mohamed Salah, Romelu Lukaku, serta Kevin De Bruyne. Mereja jadi pemain hebat di klub lain.

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri (595,59 Juta Pound)

Massimiliano Allegri berpeluang memenangkan Scudetto Liga Italia kelima bersama Juventus. Selain itu, perekrutan Cristiano Ronaldo pada 2018 membuat Juventus diunggulkan meraih trofi Liga Champions musim ini.

Selama karier kepelatihannya, Allegri telah menjual 100 pemain. Jumlahnya mencapai 595,59 juta pound atau sekitar Rp 10,8 triliun.

4 dari 4 halaman

Leonardo Jardim (785,66 Juta Pound)

AS Monaco kembali menunjuk Leonardo Jardim, kurang dari empat bulan setelah digantikan legenda Arsenal Thierry Henry. Pelatih berusia 44 tahun itu sebelumnya sukses membawa Monaco juara Ligue 1 2016/17.

Namun, terpuruknya prestasi Monaco di musim ini diakibatkan kesalahan klub. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, klub telah menjual sejumlah pemain terbaik.

Mereka di antaranya Kylian Mbappe (PSG), Bakayoko (Chelsea), Benjamin Mendy (Manchester City), Bernando Silva (Manchester City), Fabinho (Liverpool), dan Thomas Lemar (Atletico Madrid).

Secara total, Jardim telah menjual 52 pemain di lima klub yang telah dilatihnya sejauh ini. Nilai seluruh pemain itu mencapai 785,66 juta pound.

Sumber: Bola.net