Ahli Astronomi Hungaria Deteksi Ada Bulan Lain yang Mengorbit Bumi

Budapest – Para ahli astronomi Hungaria mendeteksi lagi adanya sepasang bulan baru selain Bulan yang ‘dimiliki’ Bumi selama ini. Beberapa orang menyebutnya ‘ghost moons’ atau ‘bulan-bulan hantu’.

Dikutip dari NBC News, Senin (5/11/2018), ‘bulan-bulan hantu’ itu merupakan awan yang terbentuk dari debu berkabut. Terlihat terlalu pucat untuk dilihat dengan mata telanjang.

‘Bulan-bulan hantu’ pertama kali ditemukan 60 tahun lalu oleh seorang ahli astronomi Polandia, Kazimierz Kordylewski. Hanya saja, kala itu, bercak cahaya yang ditemukannya tidak terlalu jelas. Penemuan itu kemudian dinamakan ‘awan Kordylewski’ dan menjadi kontroversi berkepanjangan.

Saat ini, dua ahli astronomi dari Eötvös Loránd University dari Budapest yakni Gabor Horvath dan Judit Sliz-Balogh mengantongi bukti lebih kuat mengenai keberadaan ‘bulan-bulan hantu’ itu.

Keduanya mengamati ‘bulan’ itu dengan teleskop khusus dari sebuah observatorium swasta di sisi barat Hungaria.

Dalam sebuah gambar yang dipublikasikan oleh jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society pada 2 Oktober, awan Kordylewski atau bulan-bulan hantu itu tampak sebagai berkas-berkas cahaya saja dan tidak jelas bentuknya dalam ruang angkasa yang gelap.

‘Awan-awan Kordylewski’ mengorbit bumi dengan jarak sama dengan Bulan ‘sebenarnya’ yakni sekitar 250.000 mil atau 402.336 km. Satu ‘bulan hantu’ mengorbit di belakang Bulan dan yang lain di belakangnya.
(rna/nvc)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *