Syarat agar Bahan Makanan Tak Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah bahan makanan ternyata tak mengenal kedaluwarsa. Meski ada anggapan bahwa bahan makanan bisa kedaluwarsa.

Bahan makanan pokok orang Indonesia ini bisa bertahan lama. Beras tak punya tanggal kedaluwarsa dan bisa dikonsumsi bahkan setelah bertahun-tahun dibeli.

Namun, ada syaratnya. Beras harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta dalam wadah kedap udara. Apa jenis bahan makanan tersebut?

Gula

Semua jenis gula jika disimpan dengan benar akan bisa dipakai dikonsumsi dalam waktu lama. Namun, gula harus disimpan jauh dari lembap dan tungau.

Garam

Selain gula, garam akan tetap awet bila disimpan di tempat yang jauh dari lembap.

Madu

Bahan alami serba guna ini bisa disimpan dalam bentuk murninya. Madu mungkin bisa mengkristal, tapi masih tetap bisa digunakan.

Cuka putih

Bahan yang satu ini juga tak memiliki masa kedaluwarsa. Cuka putih tak mengalami perubahan dan bisa dipakai kapanpun untuk mengawetkan acar dan dressing salad.

Tepung jagung

Tepung yang satu ini juga sangat awet. Anda bisa membelinya dalam jumlah besar dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Pasta mentah

Pasta juga bisa tahan lama asalkan disimpan dalam wadah kedap udara sehingga tidak lembap.

Kopi

Bahan yang satu ini saat dalam bentuk butiran tetap segar selama disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara. Anda ingin mencoba agar bahan-bahan makanan bisa bertahan lama? (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berada tepat di lereng Gunung Merapi, kesejukan langsung terasa bagi siapa pun yang menjejakkan kaki di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tingkat kesuburan tanah di sini tinggi. Tanaman pertanian tumbuh subur di wilayah dengan ketinggian 1.000 hingga …

Penganut Bumi Datar: Es Antarktika Menahan Air Laut Agar Tak Tumpah ke Angkasa

Warna merah darah pada Bulan selama Gerhana Bulan Total mungkin sulit untuk dijelaskan tanpa pemahaman dasar tentang mekanika orbital. Tetapi, kelompok teori konspirasi Bumi Datar (FE) punya penjelasan sendiri, terlepas dari fakta-fakta ilmiah.

Selama terjadinya Super Blood Wolf Moon pada 20-21 Januari tahun ini, para pengamat langit (skywatchers) di sebagian besar belahan barat Bumi, melihat Bulan melewati bayangan Bumi. Satelit alami planet ini tampak memerah selama proses gerhana berlangsung.

Menurut teori konspirasi Bumi Datar, fenomena astronomi ini –yang dikenal sebagai Gerhana Bulan Total– sebenarnya merupakan kesempatan langka untuk melihat sekilas “bayangan” dari objek misterius yang mengorbit matahari, dan kadang-kadang lewat di depan Bulan dari sudut pandang mereka –yang menganggap Bumi berbentuk bak piza.

Meskipun ‘penganut’ Bumi Datar yakin bahwa Bumi berbentuk datar seperti panekuk, namun tampaknya mereka sepakat bahwa matahari dan Bulan adalah benda langit berbentuk seperti bola. Para ahli teori ini berpendapat bahwa matahari dan Bulan mengorbit kutub utara Bumi, melayang-layang langsung di atas “panekuk” dan tidak pernah melintas ke sisi lain.

Jika anggapan ini benar, gerhana Bulan seperti yang kita tahu tidak akan pernah terjadi, sebab Bulan harus berada di sisi Bumi yang berlawanan dari matahari agar Gerhana Bulan Total dapat berlangsung.

Kelompok Bumi Datar juga membuat penjelasan baru untuk bayangan yang terlihat di Bulan selama gerhana.

Melalui unggahan yang dimuat di The Flat Earth Wiki, sebuah situs web yang dikelola oleh The Flat Earth Society, mereka tidak percaya adanya “objek bayangan”. Karena itulah, mereka tidak merinci tentang ukuran, bentuk, komposisi atau asal bayangan tersebut.

Tetapi para penulis mengklaim bahwa sosok misterius dan bayangan ini adalah penyebab utama Gerhana Bulan Total. Dan yang lebih mengejutkan, bayangan itu sama sekali tidak terlihat ketika tidak ada di depan Bulan.

“Objek bayangan tidak pernah terlihat di langit, karena mengorbit dekat dengan matahari,” kata The Flat Earth Wiki, seperti dikutip dari Live Science, Jumat 25 Januari 2019.

Meskipun terlihat mungil dari langit Bumi, namun sebagaimana diketahui bahwa Merkurius adalah planet yang  paling dekat dengan matahari. Dengan entengnya, The Flat Earth Wiki menyatakan, “Kami tidak pernah diberi pandangan sekilas tentang benda-benda angkasa yang muncul di dekat matahari pada siang hari.”

Strategi Gubernur Ridwan Kamil agar Warga Jabar Menjauh dari Rentenir

Saat ini realisasi transaksi keuangan syariah di Jawa Barat, baru mencapai sekitar 8 persen, padahal akses masjid di Jabar cukup besar hingga 100 ribu unit.

Bahkan angka itu bisa bertambah besar, jika ditambah kalangan pesantrn yang berjumlah hibgga 11 ribu unit di Jabar. “Saya juga ada program Kredit mesra, nanti kita tahun ini di-ngabret-keun,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Menurutnya, kehadiran Bank Wakaf Mikro diharapkan menjadi solusi masyarakat meninggalkan rentenir.

“Bank Wakaf Nikro kita bisa dirikan di masjid, bunganya hanya tiga persen setahun, tanpa jaminan dan syaratnya macam-macam,” ujarnya.

Dengan kemudahan itu, program kredit ini bisa meng-cover hingha 3.000 peminjam dalam skala pinjaman kecil, yang dilanjutkan pembinaan bagi para peminjam wirausaha. “Jadi kita punya program ngga usah ke renternir,” ujarnya.

Selain menjelaskan soal kredit lunak, kehadiran sosialiasi literasi keuangan ini, diharapkan mampu mengoptimalkan jasa keuangan syariah, termasuk investasi aman jangkan panjang.

“Jangan sampai ada yang kena tipu investasi bodong, apalagi jangan sampai kena renternir,” papar Wimboh.

Seperti diketahui, paska berevoluasi dari Bappepam-LK. OJK mendapatkan mandat dari pemerintah mengatur, mengawasi sektor jasa keuangan, termasuk melindungi masyarakat penerima manfaat jasa keuangan di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ridwan Kamil temui Ma’ruf Amin untuk silaturahmi dan klarifikasi pelanggaran kampanye di acara Nahdlatul Ulama di Garut.

4 Cara agar Tak Boros di Akhir Pekan

Jika saat ini masih menabung dengan dalih untuk masa depan, maka ini akan mempermudah Anda untuk menggunakan uang tersebut.

Jadi, ubahlah mindset tersebut, dan buatlah tujuan yang akan dicapai lebih mendesak lagi sehingga ini akan lebih-lebih mengendalikan Anda untuk mengeluarkan banyak uang.

Wawancara Khusus Menteri BUMN: Pembangunan Tol Trans Sumatera Agar Investasi Tak Terkonsentrasi di Jawa

Liputan6.com, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah, terus melakukan pembangunan infrasturktur di seluruh negeri. Langkah ini tentu saja untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan juga pemerataan kesejahteraan.

Namun ternyata, untuk bisa melakukan pembangunan tersebut tidak mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh BUMN agar infrasturktur terus terbangun.

Tak hanya masalah teknis seperti pembebasan lahan, tetapi permasalahan non teknis seperti pandangan beberapa pihak mengenai utang untuk melakukan pembangunan juga cukup menjadi beban.

Sejauh apa pembangunan yang telah dilakukan oleh BUMN dan bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut menghadapi tantangan yang menghadang pembangunan infrasturktur?

Berikut ini petikan wawancara Liputan6.com dengan Menteri BUMN Rini Soemarno di sela-sela kunjungan kerjanya menilik pembangunan infrastruktur:

Dalam 4 tahun, BUMN konstruksi gencar membangun infrastruktur. Bagaimana realisasi pencapaian pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan oleh BUMN?

Alhamdulillah mayoritas memang berjalan lancar. Terutama kalau saya cerita sedikit soal Bakauheni-Terbanggi Besar panjangnya 140 km. Itu kami mulai kerja kuartal I 2015. Waktu itu penetapan lokasi (penlok) saja belum. Penlok itu penentuan lokasi dalam arti trase sudah bisa dibebaskan, baru kita proses pada saat itu. Jadi ini benar-benar pembangunan tercepat, dari sejak 0 awal itu 4 tahun.

Tapi secara total, kami memang sudah membangun banyak seperti di Jawa, seperti Trans Jawa yang diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), dari Merak sampai Surabaya sudah tersambung. Kami juga sudah selesaikan tambahan lagi sampai ke Probolinggo. Ini Insya Allah makin bertambah terus.

Jadi sampai 2018 kemarin, yang sudah diresmikan Pak Presiden (panjangnya) kira-kira 780 km. Dengan tambahan ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) yang 140 km, nanti Insya Allah bisa sampai Palembang, bisa diresmikan Insya Allah bulan Juli (2019).

Jadi bisa dikatakan di tahun ini BUMN konstruksi berjalan luar biasa?

Iya. Itu tidak terlepas dari sinergitas antara BUMN Karya. Karena seperti jalan tol yang 140 km ini, itu dikerjakan oleh empat BUMN Karya. Jadi dari 0 km sampai 40 km itu PT PP. Terus 40 km-75 km itu Waskita Karya. 75 km sampai 95 km itu Adhi Karya. 95km-140 km itu Wijaya Karya.

Jadi betul-betul kita bagi. Ini bisa terselesaikan karena yang ujung sana mulai, yang ujung sini mulai, terus di tengah juga mulai (dikerjakan serentak). Oleh karenanya bisa kita selesaikan 4 tahun.

Lalu selama 4 tahun ini, bagaimana evaluasi terhadap pembangunan infrastruktur yang sudah dikerjakan?

Jadi yang paling berat dan tidak terlepas adalah untuk meyakini warga soal pembebasan lahan. Bagaimanapun juga kami melakukan penilaian, masyarakat bisa mengerti ini untuk kepentingan masyarakat. Juga kemudian masyarakat bisa melihat, dengan mendapat dana uang mereka bisa tergantikan (lahannya). Nah ini juga sangat menolong.

Saya rasa kenapa kami sekarang bisa melakukannya begitu cepat, karena pembebasan lahannya cukup baik, hampir di semua tempat. Adalah di beberapa tempat yang sedikit terkendala. Tapi ini tidak terlepas karena masyarakatnya juga bersemangat.

Paling berat seputar pembebasan lahan ke warga. Agar masyarakat bisa mengerti ini untuk kepentingan masyarakat. Dengan dapat dana atau uang, ini juga sangat menolong. Pembebasan lahannya cukup baik. Adalah di beberapa tempat yang cukup memakan waktu.

Fungsi Mikroskop, Bagian, dan Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

1. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa.Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel, yang bersifat higroskopis, sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab. Selain itu dapat pula diletakkan dalam lemari yang diberi lampu untuk mencegah tumbuhnya jamur.

2. Bagian mikroskop non optik, terbuat dari logam atau plastik, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera.

3. Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain.

4. Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.

5. Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengering. Minyak dan partikel halus pada lensa dapat mengaburkannya dan menyebabkan goresan. Hal ini menurunkan kemampuan lensa. Preparat yang tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatukelalaian atau kecerobohan.

6. Sebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).

Lakukan 4 Hal Ini agar Tak Jadi Korban Skimming ATM

Liputan6.com, Jakarta Kasus duplikasi kartu (skimming) pada sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) miliki perbankan nasional kembali mencuat. Tentunya ini sangat meresahkan dan menimbulkan traumatik bagi orang-orang yang hendak bertransaksi melalui mesin ATM.

Bagaimana tidak? sudah ada ribuan nasabah yang menjadi korban dari kejahatan skimming ATM ini. Oleh karena itu, nasabah dianjurkan untuk dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi di mesin ATM.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara untuk dapat mencegah tindak kejahatan ini agar tidak menimpa kita? Tenang, karena ternyata ada cara yang bisa Anda lakukan. Mau tahu apa saja?

Berikut tipsnya yang dikutip dari laman [Laruno.com](http://laruno.com/ “”):

1. Berhati-hatilah menentukan lokasi untuk menggunakan mesin ATM

Hindarilah bertransaksi menggunakan ATM di pusat perbelanjaan, toko-toko, restoran terutama bandara. Tempat-tempat ini begitu rentan terhadap kasus pencurian. Intinya, hindarilah untuk menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di luar bank yang tidak ada penjagaannya.

Jenis-Jenis Peta dan Contohnya, Perlu Diketahui Agar Tidak Keliru

1. Peta skala kecil

Peta skala kecil biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan wilayah yang luas, seperti peta Indonesia, peta Thailand, peta Inggris dan sebagainya. Peta skala kecil yaitu peta yang memiliki ukuran skala antara 1:500.000 sampai 1:1.000.000.

2. Peta skala sedang

Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan peta dengan wilayah yang agak besar. Contohnya peta provinsi Jawa Timur, peta provinsi Bangka Belitung dan sebagainya.

3. Peta skala besar

Jenis-jenis peta selanjutnya adalah peta skala besar. Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:5.000 sampai 1:250.000. Biasanya peta ini digunakan untuk wilayah yang sempit. Misalnya peta Kelurahan Kampung Rawa, peta Kelurahan Tanjung Benoa, peta Kelurahan Muara Rapak dan sebagainya.

4. Peta kadaster

Peta kadaster pada umumnya adalah peta yang menunjukkan wilayah peta tanah ataupun peta yang ada di dalam sertifikat tanah. Peta kadaster memiliki ukuran skala antara 1:100 sampai 1:5.000.

5. Peta geografis

Skala peta ini memiliki skala antara 1:1.000.000. Peta geografis adalah salah satu jenis-jenis peta yang biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang sekumpulan negara di bumi. Misalnya peta negara-negara di Asia, peta negara-negara bagian benua Amerika, peta negara-negara di Afrika, peta negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan lain sebagainya.

Cara Membuat Aquarium Unik, Agar Sudut Ruangan Menjadi Lebih Hidup

Cara membuat aquarium yang unik dan sederhana bisa kamu coba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan. Membuat sendiri aquarium dapat menghasilkan aquarium yang sesuai dengan kreasi dan kreatifitasmu. Kamu bisa menambahkan sendiri hiasan, ukuran aquarium dan ikan yang akan kamu masukkan dalam aquarium buatanmu sendiri.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (19/3/2019) ada cara membuat aquarium yang unik yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat aquarium antara lain:

– Kaca

– Lem silikon sebagai lem perekat kaca

– Alat lem tembak

– Cutter

– Lakban penggaris

– Spidol

– Alat pemotong kaca

– Obeng

Demikian bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah kamu mengumpulkan semua bahannya, berikut cara membuat aquarium yang bisa kamu simak langkah-langkahnya:

1. Tentukan terlebih dahulu bentuk aquarium yang akan kamu buat. Untuk kamu yang masih pemula dalam membuat aquarium sendiri, sebaiknya membuat bentuk aquarium berbentuk kotak atau persegi.

2. Tentukan ukuran aquarium yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting dipertimbangkan sesuai dengan kaca yang kamu miliki dan ukuran sudut ruangan yang akan kamu letakkan aquariummu.

3. Cara membuat aquarium selanjutnya adalah memotong kaca untuk aquarium. Setelah memutuskan bantuk dan ukurannya, kini kamu bisa memotong kacanya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yakni:

– Potong kaca dengan alas yang datar.

– Kaca yang akan kamu potong telah kamu tandai dengan spidol dan penggaris agar ukuran kaca tidak salah.

– Berikan carian pemotong kaca pada alat yang kamu gunakan untuk memotong kaca.

– Kamu bisa memotong kaca dengan hanya mengikuti garis yang telah kamu buat. Cukup ikuti garis hingga meningkalkan guratan pada kaca lalu getok dengan palu sehingga kaca akan terbelah.

– Kempulkan potongan-potongan kaca ditempat yang aman di atas alas datar.

5 Sarapan Sehat untuk Mengecilkan Perut Agar Cepat Sixpacks

Jakarta – Bingung! ‘Kalau sarapan nanti perut tambah buncit, kalau nggak sarapan nanti lapar.’ Ada yang kayak gini karena perutnya buncit?

Jangan galau dan malah memilih untuk tidak sarapan. Ingat, sarapan itu penting untuk mendapatkan energi yang digunakan seharian penuh. Ada beberapa makanan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk sarapan juga membantu mengecilkan perut.

Dikutip dari Health, ini lima makanan untuk sarapan biar perut rata.

1. Mentimun

Berkat kandungan quercetin antioksidan flavonoid di dalam mentimun, bisa membantu mengurangi kebuncitan perut, plus kadar air yang cukup tinggi hinga 96 persen bisa membantu hidrasi tubuh.

2. Pisang

Nah cocok banget nih pisang dijadikan sarapan. Kandungan karbohidrat sehatya dapat dicerna tubuh secara perlahan yang membuatmu kenyang lebih lama. Pati resisten juga mendorong hati untuk beralih ke mode pembakaran lemak sehingga meningkatkan metabolisme.

Pisang pun dapat membantu mencegah retensi air di dalam tubuh dengan mengatur kadar natrium dan mengurangi risiko kembung.

3. Pepaya

Buah dengan kandungan vitamin A, C, E yang cukup tinggi ini membantu sistem pencernaan untuk memecah makanan yang sulit dicerna. Pepaya juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan perut kembung.

4. Gandum

Nggak usah takut gendut untuk mengonsumsi gandum. Karbohidrat pada gandum dapat membantumu tetap langsing. Gandum membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah penelitian menemukan wanita yang secara teratur mengonsumsi biji-bijian memiliki risiko lebih rendahh 49 persen mengalami kenaikan berat badan.

5. Asparagus

Asparagus mengandung antioksidan tinggi dan juga membantu perut tetap langsing. Asparagus merupakan sumber serat yang dapat membantu sistem penceranaan. Bukan hanya itu, asparagus dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan kembung.

(wdw/up)