9 Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pedoman Masyarakat Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pancasila merupakan jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan yang semakin baik, demi menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Salah satu fungsi Pancasila sebagai dasar negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 yang pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum.

Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang. Pancasila merupakan lima butir ideologi dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila merupakan lima dasar negara yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik bagi masyarakat Indoensia. Hal ini dipertegas oleh The Faunding Father Kita Bung Karno, bahwa, Pancasila merupakan isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat dan penjajah.

Nama Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas.

Pancasila menjadi rumusan dan pedoman kehidupan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara agar tidak menjadi penyebab tindakan penyalahgunaan kewenangan sehingga kita harus memahami fungsinya dengan baik.

Berikut telah liputan6.com rangkum Selasa (22/1/2018), fungsi Pancasila sebagai dasar negara yang harus kamu pahami dengan baik.

2 dari 2 halaman

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia

Fungsi Pancasila yang pertama adalah sebagai dasar Negara. Dasar negara di sini diartikan sebagai dasar falsafah atau filosofi negara. Sehingga Pancasila dalam hal ini digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara.

Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang sesuai dengan bunyi dan isi yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang kedua adalah sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Dalam hal ini Pancasila berperan sebagai petunjuk hidup sehari-hari, yang juga merupakan satu kesatuan yang tidak akan bisa dipisah-pisah antara satu dengan yang lain. Artinya bersatu dalam satu Negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Kepribadian Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang ketiga adalah sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Fungsi yang satu ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sikap mental maupun tingkah lalu atau perilaku beserta amal perbuatan dari sikap mental tersebut.

Kepribadian yang dimaksudkan adalah ciri khas masyarakat bangsa Indonesia. Artinya suatu sikap mental dan tingkah laku yang mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mampu dibedakan dengan bangsa lainnya di seluruh dunia. Itulah yang dinamakan kepribadian bangsa Indonesia.

4. Jiwa Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang keempat adalah sebagai jiwa bangsa Indonesia. Pancasila dijelaskan berdasarkan teori Von Savigny yang artinya adalah setiap bangsa mempunyai jiwanya masing-masing yang disebut dengan Volkgeist yang berarti jiwa bangsa atau jiwa rakyat.

Pancasila merupakan jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya atau terbentuknya bangsa Indonesia, yaitu pada zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Hal ini senada dengan apa yang dikemukakan oleh Prof. Mr. A. G. Pringgodigdo dalam tulisannya yang berjudul Pancasila. Dalam tulisan tersebut, juga menyebutkan Pancasila sendiri sudah ada sejak adanya bangsa Indonesia berdiri dan berkembang di zaman kerajaan. Meskipun istilah atau nama Pancasila baru dikenal pada 1 Juni 1945.

5. Sumber dari Segala Sumber Hukum

Fungsi Pancasila yang kelima adalah sebagai sumber dari segala hukum. Pancasila merupakan sumber hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumber hukum Indonesia ini bermakna sebagai pandangan hidup, kesadaran dan cita-cita hukum beserta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak bangsa Indonesia.

Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita mengenai kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa atau Negara, perikemanusiaan, keadilan sosial, dan perdamaian Nasional yang merupakan hak dan kewajiban warga negara.

Cita-cita hukum atau politik ialah tentang sifat, bentuk dan tujuan Negara Indonesia. Dan terakhir cita-cita moral adalah hukum tentang kehidupan rakyat yang terkait dengan keagamaan dan kemasyarakatan.

6. Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang kelima adalah sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Perjanjian luhur di sini adalah menyangkut ikrar yang telah dibuat saat memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia bersama sama oleh para pendiri bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memutuskan untuk merdeka menjadi sebuah Negara pada tanggal 17 Agustus 1945.

18 Agustus 1945 disahkan pembukaan dan batang tubuh Undang-Undang Dasar 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). PPKI pada saat itu merupakan wakil-wakil seluruh rakyat Indonesia yang mengesahkan perjanjian luhur yang tertulis tersebut (UUD 1945) untuk membela Pancasila sebagai dasar Negara selama-lamanya.

7. Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa

Fungsi Pancasila yang ketujuh adalah sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa. Indonesia negara yang kaya akan budaya dan etnis yang berbeda.

Pancasila di sini merupakan sarana atau alat yang sangat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia agar tidak terjadinya penyebab terciptanya masyarakat majemuk dan multikultural.

Pancasila merupakan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma luhur serta diyakini paling benar, adil, bijaksana, dan tepat bagi bangsa Indonesia untuk bisa mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

8. Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang kedelapan adalah sebagai cita cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita-cita luhur bangsa Indonesia termuat tegas dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Hal ini dikarenakan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan media penuangan jiwa proklamasi, yaitu jiwa Pancasila yang tertulis di dalamnya.

Sehingga Pancasila dapat dikatakan sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita-cita luhur inilah yang kelak akan dicapai oleh bangsa Indonesia selaku bangsa atau Negara.

9. Ideologi Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila yang kesembilan adalah sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai Ideologi Negara adalah nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif dalam proses penyelenggaraan Negara.

Secara lebih luas, pengertian Pancasila sebagai Ideologi negara dapat diartikan sebagai visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dengan terwujudnya suatu kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan, dan menjunjung tinggi nilai keadilan, termasuk keadilan sosial. Dalam artian semua nilai-nilai luhur Pancasila ada di dalamnya, di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Reporter: Heri Setiawan

5 Cara Menambah Followers Instagram yang Mudah, Aman dan Cepat Tanpa Beli

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, zaman sudah semakin modern dan teknologi semakin canggih. Semua hal bisa kamu lakukan dengan teknologi. Salah satunya adalah bisa berteman tanpa harus bertemu langsung atau bisa tetap keep in touch dengan teman-teman yang jaraknya jauh denganmu.

Ya, dengan media sosial atau jejaring sosial, kamu bisa tetap berhubungan atau saling sapa dengan orang yang jaraknya jauh. Facebook, Twitter dan Instagram merupakan media sosial yang kini tengah digemari banyak orang.

Salah satu media sosial terpopuler saat ini adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah platform untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial, termasuk pemilik Instagram sendiri.

2 dari 7 halaman

Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer

Kata ‘insta’ berasal dari kata ‘instan’, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan ‘foto instan’. Sedangkan untuk kata ‘gram’ berasal dari kata ‘telegram’ yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Saat ini, Instagram sudah makin berkembang penggunaannya. Mulai dari sekadar upload foto, sekarang sudah berubah menjadi lahan bisnis bagi penggunanya. Banyak orang yang bukan siapa-siapa, lalu menjadi orang yang dilimpahi banyak rezeki berkat Instagram.

Orang-orang yang terkenal lewat Instagram ini biasa disebut Selebgram. Rezeki ini datang dari banyak hal, mulai dari endorse, kontrak iklan yang nilainya fantastis, bahkan kontrak menyanyi maupun main film bisa datang karena basis follower media sosialnya yang tinggi. Hal ini bukan isapan jempol semata. Nama-nama seperti Awkarin dan Rachel Vennya serta banyak selebgram lainnya yang telah membuktikan hal tersebut.

Hal ini terjadi semata-mata karena banyaknya follower yang mengikuti mereka dalam media sosial Instagram. Oleh karena itu, jika kamu ingin terkenal dan mempunyai banyak job atau bisnis dalam dunia Instagram, mau tidak mau kamu harus mempunyai banyak follower terlebih dahulu. Berikut cara menambah followers Instagram yang aman dan cepat seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

3 dari 7 halaman

Kreatif Dalam Membuat Konten yang Menarik

Cara menambah followers Instagram paling tepat dan aman adalah memperbanyak dan konten kreatif sehingga menarik untuk ditonton. Konten Instagram ini tak boleh asal banyak saja, namun harus dibarengi oleh keunikan serta apa yang akan dilihat orang sebagai hal yang ‘beda’ dari akun lain.

Tentu ini adalah cara menambah follower dengan proses yang panjang dan melelahkan untuk dijalani. Jadilah diri sendiri dengan menjalani apa yang paling kamu sukai, lalu perbanyak konten Instagram dengan apa yang disukai tersebut. Percayalah hasil tidak pernah mengkhianati usaha yang telah kamu lakukan.

4 dari 7 halaman

Sertakan Hashtag atau Tagar Pada Tiap Postingan

Cara menambah followers Instagram yang kedua selain kreatif dalam pembuatan konten adalah usahakan kamu mengupload foto atau video pendek setiap hari. Sehingga orang-orang yang follow kamu bisa menikmati konten setiap saat. Tidak lupa pula kamu usahakan menghadirkan kualitas gambar terbaik yang bisa digunakan sehingga dapat memanjakan mata followermu.

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan hashtag atau tanda pagar pada tiap posting Instagram kamu. Tagar ini semacam membuat kategori yang sesuai dengan foto Instagram kamu. Hal ini akan membuat foto kamu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain sehingga kamu akan mendapat follower baru. Contoh : #jalanjalan #Indonesia #Yogyakarta #Malioboro #Gudeg serta lainnya.

5 dari 7 halaman

Integrasikan Instagram Dengan Media Sosial Lainnya

Saat ini mungkin kamu tidak hanya punya satu media sosial saja. Cara menambah followers Instagram selanjutnya yaitu bagikan juga konten Instagram kamu ke dalam media sosial lainnya. Tujuannya sebagai pengingat kepada teman-temanmu yang belum tahu tentang konten yang ada dalam Instagram milikmu, sehingga kemudian mereka pun akan segera follow kamu.

Pemaksimalan ini secara mudah bisa dilakukan dengan sinkronisasi, yakni menghubungkan Instagram kamu dengan Twitter, Line, WhatsApp, Blog, dan Facebook. Dengan ini, ketika kamu posting sesuatu di Instagram, Twitter, Line, Whatsup, Blog dan Facebook, maka media sosial milikmu juga akan memposting hal yang sama.

6 dari 7 halaman

Gunakan Aplikasi Penambah Follower

Jika cara di atas sudah kamu coba namun hasilnya belum cukup memuaskan. Cara menambah followers Instagram lainnya yaitu cobalah gunakan aplikasi yang bisa menambah follower Instagram kamu. Meski tak dianggap sebagai langkah yang lumrah dan seharusnya dilakukan sebagai cara menambah follower Instagram, aplikasi pihak ketiga tetap sering dimanfaatkan untuk meningkatkan angka follower Instagram. Aplikasi semacam ini salah satunya adalah Fast Follower Boost.

Fast Follower Boost merupakan aplikasi yang bisa menambah follower kamu dengan cara yang cukup adil. Pasalnya, dengan Fast Follower Boost mengharuskan kamu mengumpulkan poin terlebih dahulu untuk nantinya ditukar dengan follower aktif. Untuk meraih koin, caranya dengan menonton video iklan, memberi rating baik ke beberapa aplikasi di Google Play, hingga mengunduh beberapa aplikasi tertentu.

7 dari 7 halaman

Gunakan Teknik ‘Follow Unfollow’ di Akun Artis

Salah satu cara menambah followers Instagram paling mudah adalah dengan follow selebritis-selebritis yang terkenal di Instagram. Benar, hanya dengan follow orang-orang berpengaruh di jagat Instagram, follower kamu akan bertambah dengan sendirinya. Hal ini dilakukan dengan juga dengan catatan, jika kamu ingin follower orang Indonesia, followlah artis Indonesia.

Jadi, follow seleb tersebut, biarkan selama beberapa menit hingga kamu mendapatkan beberapa follower, lalu unfollow seleb tersebut. Follow lagi dalam beberapa menit, dapat follower, unfollow lagi. Lakukan terus berulang-ulang dan di banyak seleb hingga kamu dapat banyak follower. Jadi nggak harus beli kan?



Reporter: Heri Setiawan

Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan amanah UU No. 17 tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sosialisasi dilakukan agar rakyat Indonesia tak hanya memahami keempat nilai-nilai luhur bangsa namun juga wajib mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian sehingga bangsa ini tetap menjaga persatuan dan hidup saling menghormati.

Untuk itulah pria yang juga menjadi Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu mendorong masyarakat menjadi warga negara yang menjalankan Empat Pilar MPR sehingga mampu berperan dan ikut andil dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

“Dengan sosialisasi, kita harapkan bisa menghadirkan Indonesia sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa yang adil, makmur, berdaulat, gemah ripah lohjinawi, serta baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” tutur HNW ketika melakukan sosialisasi kepada warga Tebet, Jakarta Selatan, 20 Januari 2019.

Dalam acara yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Tebet, pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu lebih lanjut memaparkan, sebagai bangsa yang menganut paham demokrasi, Demokrasi Pancasila, diharap demokrasi yang ada digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dalam demokrasi ada Pemilu,” tuturnya.

Ia mengajak saat pesta demokrasi, Pemilu, semua menggunakan hak pilih yang telah dimiliki pada 17 April 2019, baik untuk memilih Presiden, anggota DPR, DPD, maupun DPRD. “Mari kita gunakan hak pilih kita, hak kedaulatan rakyat,” ucapnya.

Dikatakan, hak memilih perlu digunakan sebab suara yang kita miliki menentukan masa depan bangsa. Hak yang dijamin dalam UUD NRI Tahun 1945 itu jangan sampai ditukar dengan uang, sembako, atau jangan sampai salah pilih karena tergoda dengan janji atau iming-iming dari para calon.

”Jangan sampai hak pilih kita tidak digunakan alias Golput,” tegas Hidayat. Ditekankan olehnya, agar tidak Golput sebab cara seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah. “Golput bukan solusi,” ucapnya.

Tak hanya tak bisa memberi solusi namun cara seperti ini menurut alumni Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, bila Golput yang menang belum tentu sesuai dengan harapan bangsa Indonesia.

Dijelaskan dalam Pemilu yang diukur tidak hanya kualitas calon pemimpin namun juga banyaknya suara yang ikut berpartisipasi. “Sehingga siapapun mendapat suara yang banyak, ia akan menang,” ujarnya.

Agar Pemilu yang digelar berkualitas maka diharapkan masyarakat pemilih pemimpin yang cinta Indonesia serta bisa membawa negara ini lebih baik dan maju. “Serta melindungi semua golongan,” tegasnya.


(*)

Pengurus Gerindra Jadi Anggota KPU Tangsel Disanksi Berat

Tangerang – Anggota KPU Tangerang Selatan Ajat Sudradjat mendapatkan sanksi pelanggaran berat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Ia terbukti menjadi pengurus Gerindra tingkat ranting.

Komisioner KPU Banten Mashudi membenarkan pemberian sanksi pelanggaran berat anggota KPU Tangsel atas nama Ajat Sudradjat oleh DKPP. Saat mendaftar sebagai anggota, ia dilaporkan ke Bawaslu Banten karena berstatus pengurus partai. Ia kemudian terpilih menjadi anggota KPU.

“Oleh Bawaslu diteruskan ke DKPP, proses di sidang kode etik dengan pemeriksaan saksi, bukti keterangan teradu dan pengadu, maka oleh majelis diberi sanksi pelangaran berat,” kata Mashudi saat berbincang dengan detikcom, Serang, Banten, Senin (21/1/2019).

Pemberian sanksi pelanggaran berat, katanya tidak memberhentikan jabatan sebagai anggota KPU. Sanksi itu setingkat di bawah pemberhentian.
“Jadi sanksi itu keras sekali, suka tidak suka final dan mengikat” ujarnya.

Atas keputusan ini, ia melanjutkan KPU Banten memberi peringatan ke setiap komisioner KPU Tangsel. Surat peringatan tidak hanya diberikan pada satu orang tapi seluruh jajaran untuk tetap menjaga integritas, berpedoman pada pemilih, jujur, adil, mandiri, dan tertib hukum.

“Kita evaluasi keseluruhan, berupa peringatan ke jajaran penyelenggara sampai ke level terendah,” pungkasnya.

(bri/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sederet Masukan Agar Debat Pilpres 2019 Makin Ciamik

Jakarta – Pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) telah melewati debat perdana pada 17 Januari 2019. Sederet evaluasi muncul agar debat selanjutnya lebih apik.

Salah satu masukan disampaikan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Mulai dari urusan kisi-kisi yang ‘dibocorkan’ hingga saran agar debat lebih santai.

“Kami menganggap ketika pertanyaan itu sudah diserahkan kepada pasangan calon ketika debat belum berlangsung, itu menjauhkan publik untuk menilai sejauh mana ke dalam dan sensitivitas pasangan calon terkait tema yang diperdebatkan,” ucap peneliti Perludem Fadli Ramadhanil dalam diskusi, Minggu (20/1/2019).

Dia juga menyoroti tentang susunan panelis debat yang sempat memicu ketidaksetujuan dari masing-masing kubu. KPU pun diminta lebih mempersiapkan.

“Makanya ke depan penunjukan panelis, panel ahli, moderator, oleh KPU tidak perlu kemudian menunggu persetujuan calon. Kalau meminta pertimbangan itu tentu hal yang baik saja,” ujar Fadli.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan, yang juga hadir dalam diskusi, memberikan tanggapan atas kritik yang diterima. Ia memastikan kisi-kisi tidak akan diberikan dalam debat selanjutnya.

“Jadi kita pastikan kisi-kisi tidak kita berikan pada debat kedua,” kata Wahyu.

Wahyu pun berharap masyarakat dapat membedakan kritik ke KPU dan penampilan para pasangan calon. Baginya, dua hal tersebut berbeda dan tidak bisa disamakan karena tidak adil.

Selain itu, Wahyu menyinggung soal ‘sontekan’ yang dibawa pasangan calon kemudian banyak dibicarakan oleh masyarakat. Baginya, bisa saja itu bukan sontekan, melainkan catatan data.

“Janganlah dipersepsikan setiap catatan itu sontekan. Kalo menurut saya, cukup kisi-kisi itu tidak diberikan, tapi bisa saja paslon itu membawa catatan. Para pemimpin itu kan bicara harus berdasarkan data,” terangnya.

Mengenai debat yang lebih rileks disampaikan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Dia menyarankan agar setidaknya ada kursi.

“Karena debatnya panjang, harus dibuat lebih rileks. Kita berdiri terus, sangat melelahkan, perlu pijet, he-he-he…. Apalagi usia Pak Prabowo sudah mendekati 70 tahun, Pak Kiai juga. Akan lebih baik kalau jadi fleksibel cara menyampaikannya,” ujar Sandiaga sebelumnya.
(dhn/jor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tujuan NKRI dan Penjelasannya, Wajib Dipahami Seluruh Warga Negara Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Negara adalah tempat yang menaungi seluruh aktivitas masyarakat dan pemerintahan, termasuk di dalamnya tentang pengaturan dan aktivitas pembangunan, ekonomi, transportasi, perdagangan, politik, dan lain sebagainya. Setiap orang di dunia ini pasti tinggal di dalam sebuah negara. Dengan tinggal di sebuah negara, orang tersebut haruslah menjadi warga negara yang baik.

Hal ini juga berlaku di negara kita, Indonesia. NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bentuk negara yang terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat,budaya, suku dan keyakinan.

Istilah Negara Kesatuan Republik Indonesia merujuk pada UUD 1945 pasal 1 ayat 1 dengan bunyi,

“Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik. Ketentuan ini dijelaskan dalam pasal 18 UUD 1945 ayat (1) yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kota dan kabupaten, yang tiap-tiap kota, kabupaten dan provinsi itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang.”

Sebagai warga negara yang baik dan cinta tanah air seharusnya semua orang tahu mengenai tujuan NKRI. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tujuan NKRI yang wajib dipahami oleh seluruh warga negara Indonesia.

2 dari 4 halaman

Tujuan Negara

Secara umum tujuan negara ialah untuk mencapai kesejahteraan umum, melaksanakan ketertiban umum dan memperluas kekuasaan.

Beberapa ahli dibidangnya juga berpendapat mengenai tujuan negara, seperti berikut.

Menurut Plato, tujuan negara ialah mewujudkan kesusilaan manusia sebagai mahkluk social dan individu

Menurut Rousseau, tujuan negara adalah memungkinkan rakyatnya berkembang dan mengembangkan daya ciptanya sebebas mungkin.

Sementara menurut Shan Yang dan Machiavelli, tujuan negara untuk memperluas kekuasaan sehingga rakyat wajib mau berkorban untuk kejayaan negara.

Menurut ajaran Teokratis, tujuan negara merupakan mencapai hidup yang tentram dana man dengan taat kepada Tuhan YME.

Dari beberapa pengertian tujuan negara yang disampaikan diatas, tujuan negara dibagi menjadi dua, yakni:

1. Tujuan Essensial, yang mempertahankan negara sebagai organisasi politik yang berdaulat

2. Tujuan Fakultatif, menyelenggarakan dan memperbesar kesejahteraan umum.

3 dari 4 halaman

Tujuan NKRI

Tujuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indoensia) terbentuk berdasarkan perhitungan tempat, keadaan, waktu, serta sifat dari kekuasaan. Tujuan NKRI tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat.

Dalam UUD 1945 alenia ke-empat mengandung makna bahwa alenia keempat memuat tujuan nasional, penyusunan negara hukum, bentuk negara Republik Indonesia, Negara Kedaulatan Rakyat dan lima dasar negara.

Tujuan NKRI di dalam UUD 1945 alenia ke-empat berbunyi,

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonessia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebibaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alenia ke-empat tersebut dapat diketahui bahwa, tujuan NKRI ialah:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

2. Memajukan kesejahteraan umum

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

4 dari 4 halaman

Mewujudkan Tujuan NKRI

Tujuan NKRI diatas yang telah dirancang oleh para pendiri bangsa terdahulu, tentu diperlukan suatu usaha untuk mewujudkannya. Tak hanya dari pihak pemerintah tetapi juga peran dari seluruh rakyat Indonesia.

Dari keempat tujuan tersebut, masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan atau mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bentuk upaya mewujudkan tujuan NKRI salah satunya adalah dengan membela negara.

Cara sederhana lainnya yakni dengan menjaga perdamaian antar suku, umat beragama, saling menghormati. Mengejar ilmu hingga jenjang yang tinggi sehingga menjadi individu yang cerdas pasti mampu membawa negaranya mencapai kesejahteraan.

Tak hanya dari rakyat, pemerintah juga turut andil dalam mewuujudkan tujuan NKRI seperti selalu bersaing dalam perekonomian nasional maupun internasional dan mendukung program-program yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai aksi ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

Demikian penjelasan singkat tentang tujuan negara, dan beberapa upaya pemerintah dan rakyat untuk turut dalam mewujudkan tujuan NKRI yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat.

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu tentang tujuan NKRI dan kamu bisa turut dalam mewujudkan tujuan tersebut sebagai warga negara Indonesia.


Reporter: Loudia Mahartika

Bisa Dicontoh, Ini 4 Rutinitas Pagi Orang Paling Sukses dalam Sejarah

Liputan6.com, Jakarta – Sebagian besar orang memiliki “panutan” dalam hidupnya. Entah itu seniman ulung, pemikir handal, hingga pemimpin hebat, umumnya memiliki rutinitas khas yang mereka lakukan setiap harinya.

Mungkin, aktivitas itulah yang mengantarkan mereka menjadi sosok yang sukses dan tangguh. Namun, apakah jika kita mengikuti jejak mereka, kita bisa mencapai hasil yang serupa?

Dalam mencari jawaban tersebut, kita sering terpaku pada rutinitas pagi hari dari orang-orang sukses dalam sejarah. Kebiasaan di pagi hari ini dan latihan lain, mungkin hanya satu sisi kecil dari kejeniusan mereka.

Tetapi, cara mereka dalam memulai hari, adalah sesuatu yang sangat penting untuk membentuk proses kreatif pribadi. Berikut adalah 4 rutinitas pagi sederhana dari beberapa orang sukses di dunia, yang bisa kita coba mulai sekarang.



Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Membuat Resolusi Setiap Pagi

Benjamin Franklin, Bapak Pendiri Amerika Serikat, dengan ketat berpegang pada 13 kebajikan yang ia tuangkan untuk dirinya sendiri, termasuk teratur, hemat, dan adil.

Dia juga mengikuti rutinitas harian dengan ketelitian dan disiplin yang sama. Setiap pagi, dia bangun jam 05.00 dan bertanya pada dirinya sendiri, “Apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Dalam otobiografinya, dia menjabarkan jadwal paginya seperti: “Bangun tidur, cuci muka, berbuat hal baik, melakukan bisnis kecil dan sarapan.

“Begitu dia memiliki rencana dan perutnya sudah kenyang, dia mulai bekerja melakukan sesuatu yang khas ala Benjamin Franklin, seperti menciptakan kursi goyang atau membantu sesama dalam hal lain,” menurut cataan otobiografinya.

3 dari 5 halaman

2. Bekerja dari Kasur

Mungkin ini terdengar kontraproduktif. Tetapi, beberapa pemikir terhebat dalam sejarah berhasil menerapkan metode ini, maka mungkin rutinitas ini ada manfaatnya.

Salah satu orang sukses yang gemar bekerja dari tempat tidur adalah penulis Prancis, Voltaire. Dia menulis lebih dari 50 sandiwara dalam masa hidupnya, termasuk Candide (1759) –sebagian besar ide isi buku didapatkan ketika ia menulis dari tempat tidurnya.

Namun, kemalasan bukanlah sifatnya. Dia sering menghabiskan 18 jam dari hari kerja, dengan diselingi bercangkir-cangkir kopi yang dia minum. Kadang bisa 40 hingga 50 gelas dalam sehari.

Sama halnya dengan penyair wanita asal Inggris, Edith Sitwell. Ia pernah berkata, “Semua wanita harus memiliki satu hari dalam seminggu untuk menghabiskan waktu di tempat tidur.”

Begitu pula mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill. Setiap pagi, ia menghabiskan berjam-jam waktunya di tempat tidur, di mana ia sarapan, merokok, membaca koran, dan bekerja atau mendikte sekretaris pribadinya.

4 dari 5 halaman

3. Perlakukan Diri Sendiri dengan Baik

Jika Anda ingin memulai hari dengan tepat, lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia, sesuatu yang mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda, atau membantu Anda rileks. Jangan ditunda atau mencoba menundanya.

Sigmund Freud, ahli saraf Austria dan pendiri psikoanalisis terkenal, punya tukang cukur andalan yang datang ke rumahnya untuk memotong janggutnya setiap hari.

Lain halnya dengan Napoleon Bonaparte dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Napoleon sering menuangkan air lavender ke tubuhnya saat mandi dan keramas, sedangkan Mozart menghabiskan satu jam ketika berdandan.

Tentu saja, kebiasaan merawat diri bukan satu-satunya cara untuk memulai hari Anda dengan sikap positif, seperti yang ditulis oleh Adam Toren, salah satu pendiri YoungEntrepreneur.com.

Kita juga bisa mendengarkan podcast (file audio digital yang tersedia di internet untuk diunduh ke komputer atau pemutar media portabel) sembari jogging, atau menyeruput secangkir kopi sambil menikmati hujan di beranda rumah.

5 dari 5 halaman

4. Jalan Kaki

Charles Darwin biasanya memulai harinya dengan berjalan-jalan di jalan berkerikil di dekat rumahnya di Kent, Inggris. Selama berjalan kaki, ia selalu merenungkan pertanyaan-pertanyaan ilmiah.

Seringkali, ia mengajak serta anjing ras Fox Terrier peliharaannya.

Menurutnya, jalan kaki dapat merangsang motorik dan sensorik otak. Oleh karena itu, rutinitas ini cenderung memunculkan ide-ide baru di kepala Darwin.

“Namun, jalan kaki tidak memiliki peran atas teori evolusi Darwin. Tetapi, berjalan kaki merupakan bagian dari kerja kognitifnya dan masih berlaku bagi banyak orang saat ini,” tulis Damon Young dalam Psychology Today.

Georgia O’Keeffe, seniman Amerika Serikat, memiliki kebiasaan yang sama. Dia bangun pada subuh, ketika fajar belum terlihat, untuk menikmati secangkir teh hangat di ranjangnya.

Kemudian, dia akan keluar rumah untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, di New Mexico. Konon, dia selalu membawa tongkat saat berjalan-jalan yang berguna kapan saja atau untuk mengusir ular yang kerap dia temui sepanjang jalan tersebut.

Solskjaer Torehkan Rekor Bersama Manchester United

Manchester – Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, membawa timnya memetik enam kemenangan berturut-turut di Premier League. Torehan itu membuat Solskjaer menorehkan rekor di MU.

Pada pertandingan terakhir, The Red Devils meraih kemenangan 2-1 atas Brighton and Hove Albion dalam laga pekan ke-23 Premier League yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (19/1/2019).

Sepasang gol Manchester United disarangkan Paul Pogba pada menit ke-27 dan Marcus Rashford menit ke-42. Sementara itu, gol tunggal Brighton dicetak Pascal Gross pada menit ke-72.

Sebelum melawan Brighton, MU juga berhasil memetik kemenangan atas Cardiff City (5-1), Huddersfield Town (3-1), AFC Bournemouth (4-1), Newcastle United (2-0), dan Tottenham Hotspur (1-0).

Berkat hasil positif tersebut, Ole Gunnar Solskjaer mampu menorehkan pencapaian gemilang bersama Manchester United. Dia menjadi manajer pertama di MU yang meraih kemenangan beruntun dalam enam laga perdana di liga sejak duduk di kursi pelatih.

“Bulan lalu sangat fantastis. Itu adalah salah satunya. Semua terasa nyata sekarang. Agar adil, rasanya seperti pulang ke rumah. Saya merasa di rumah dan saya benar-benar menikmatinya,” ujar Solskjaer.

Berhasil mendulang 18 poin dari enam pertandingan tersebut membuat Manchester United berada di posisi enam klasemen sementara Premier League, dengan nilai 44. Sementara itu, Brighton di urutan ke-13 dengan 26 poin.

Sumber: Opta, BBC/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Bertemu Dubes Uni Eropa, Bahas Apa?

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, menerima kunjungan duta besar negara-negara anggota Uni Eropa di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1). Pertemuan juga dihadiri Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo dan Anggota Dewan Pengarah BPN Fadli Zon.

Sementara delegasi tamu dipimpin Duta Besar Uni Eropa, H.E. Vincent Guerend diikuti duta besar negara-negara Uni Eropa seperti Rumania, Inggris, Slovakia, Belanda, Italia, Denmark, Hungaria, Belgia, Spanyol, Swedia, Czechnya, Perancis, Portugal, Jerman, Finlandia, dan Irlandia.

Sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan ini, di antaranya terkait kebijakan ekonomi Prabowo-Sandi khususnya soal isu reformasi pajak hingga keterbukaan bagi dunia bisnis dan investasi.

“Dalam pertemuan ini kami menekankan bahwa Prabowo-Sandi akan mengedepankan kerja sama antarnegara yang berimbang dan adil, khususnya di sektor industri jasa,” kata Direktur Hubungan Luar Negeri BPN Prabowo-Sandi, Irawan Ronodipuro lewat keterangan, Jumat (18/1)

Selain isu ekonomi, BPN Prabowo-Sandi dan para duta besar Uni Eropa juga membahas isu kesejahteraan sosial seperti upaya meningkatkan daya beli masyarakat serta membuka lapangan kerja.

Kemudian, polemik daftar pemilih tetap (DPT) yang diterbitkan KPU juga dibahas dalam pertemuan ini. BPN Prabowo-Sandi menyampaikan adanya potensi kecurangan pemilu lantaran DPT Pilpres 2019 tidak akurat.

“Kami menyampaikan fakta bahwa ada ancaman terhadap integritas, kejujuran dan transparansi di daftar pemilih tetap. Kami menemukan nama-nama orang yang sudah meninggal dunia, atau nomor KTP yang tidak lengkap, tapi masih terdaftar dalam DPT,” kata Irawan.

“Kami juga mendorong Uni Eropa turut memantau jalannya pemilu 2019 agar berlangsung jujur dan adil demi kualitas demokrasi Indonesia yang lebih baik,” imbuhnya.


Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com.


Saksikan video pilihan berikut ini:


Sudah Dicatat Sandi, Mengapa Prabowo Larang Bicara Kasus Novel?

Jakarta – Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sama sekali tak menyinggung kasus penyiraman air keras kepada penyidik KPK Novel Baswedan saat debat capres-cawapres perdana. Padahal, Sandiaga pernah menyatakan bahwa kasus yang membuat penyidik senior KPK itu hampir kehilangan mata kirinya kemungkinan akan dibahas dalam debat.

Sandiaga angkat bicara dan menjelaskan alasan mengapa kasus Novel tak disinggung dalam debat. Cawapres nomor urut 02 itu mengaku telah mencatatnya dan catatan itu ia bawa ke atas panggung debat. Namun, Prabowo melarang Sandiaga untuk membahas.

Momen capres Prabowo Subianto berjoget saat debat Pilpres 2019 berlangsung.Momen capres Prabowo Subianto berjoget saat debat Pilpres 2019 berlangsung. (Foto: BPN Prabowo-Sandi)

“Saya terus terang ada di dalam note saya, tapi Pak Prabowo bilang ‘jangan’. Karena Pak Prabowo tidak ingin menimbulkan… Begitu ngomong Novel langsung…,” kata Sandiaga saat ditemui di Jalan Jenggala II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).

Sebetulnya, Sandiaga berencana untuk menyinggung kasus Novel saat segmen terakhir debat yakni closing statement. Namun sayang, Sandiaga tidak mendapat kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Bahkan, menurut Sandiaga, sejumlah anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) mengingatkannya untuk membahas kasus Novel. Tapi, seperti terlihat dalam debat, kasus yang sudah setahun lebih belum terungkap itu tak juga jadi pembahasan.

“Tapi ada di note saya dan saya diingatkan terus sama Pak Dirman (Sudirman Said), Pak BW (Bambang Widjojanto), Pak Dahnil. Tapi saya sampaikan Pak Prabowo yang akan menutup pembicaraan dengan closing statement,” ujar Sandiaga.

Menurut mantan Wagub DKI Jakarta itu, dia dan Prabowo akan menjadikan kasus penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK itu sebagai program prioritas. Pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat itu berjanji menuntaskan kasus Novel jika terpilih.

“Kalau saya dikasih kesempatan 30 detik, saya akan tanya mengenai…. Saya bukan tanya ya, tapi saya akan menegaskan bahwa Prabowo-Sandi akan membentuk tim independen dan penuntasan kasus Novel Baswedan akan menjadi program utama 100 hari kami,” jelasnya.

Namun, Sandiaga tidak menjelaskan secara detail alasan Prabowo melarangnya menyinggung kasus Novel. Yang jelas, Prabowo-Sandiaga berjanji akan menghadirkan penegakan hukum yang adil.

Novel baswedan saat peringatan 500 hari kasus penyiraman air keras yang belum juga tuntas.Novel baswedan saat peringatan 500 hari kasus penyiraman air keras yang belum juga tuntas. (Foto: Ari Saputra)

Meski tak disinggung baik oleh Prabowo-Sandiaga maupun pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, asa penuntasan kasus Novel tetap menyala. Adalah Wadah Pegawai (WP) KPK yang berharap kasus tersebut diusut tuntas.

“Kami berharap bahwa tidak adanya pembahasan kasus Bang Novel oleh kedua kandidat presiden bukan merupakan tanda-tanda bahwa pengungkapan kasus Bang Novel tidak menjadi prioritas mereka,” kata Yudi kepada wartawan, Jumat (18/1).

Novel sendiri juga heran tak ada pembahasan soal penuntasan teror ke pegawai dan pimpinan KPK di debat Pilpres. Padahal, para capres diketahuinya mendukung KPK memberantas korupsi.

“Saya hanya lihat sebentar debat tadi malam, dan saya diberitahu bahwa masing-masing paslon capres-cawapres menyampaikan mendukung KPK terkait dengan pemberantasan korupsi. Bagi saya aneh kalau mendukung tapi tidak peduli dengan banyaknya teror terhadap pegawai dan Pimpinan KPK yang dibiarkan, dan tidak diungkap,” kata Novel kepada detikcom, Jumat (18/1).

Novel pun enggan menerka-nerka apakah pengungkapan teror terhadap dirinya dianggap penting atau tidak oleh para kandidat. Dia khawatir dukungan pada KPK itu hanya dalam rangka kampanye belaka.

“Saya khawatir pernyataan-pernyataan mendukung KPK hanya janji yang kemudian tidak ditepati, sebagaimana yang sudah-sudah,” ucapnya.
(zak/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>