Usai Jajal MRT Jakarta, Jokowi: Ini adalah Budaya Baru

Jokowi mengajak para Menteri Kabinet Kerja saar menjajal MRT. Mereka antara lain, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Kepala Daerah yang turut ikut yaitu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sebelumnya, MRT Jakarta membuka uji coba publik mulai 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun.

Ke-13 stasiun itu terdiri dari tujuh stasiun lang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI.

Sementara itu, saat ini PT MRT Jakarta dan PT LRT Jakarta tengah rapat bersama Komisi C DPRD DKI Jakarta guna membahas besaran tarif kedua moda transportasi tersebut.

Menag Lukman: Menjadi Menteri Adalah Ujian

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, jabatan menteri yang disandangnya adalah suatu ujian. Apakah kepercayaan dan amanah yang ada di pundaknya pada akhirnya khusnul khatimah atau tidak.

“Saya menjadi menteri hakikatnya adalah amanah. Sebenarnya saya sedang diuji,” kata Lukman di acara Darul Akhyar Open Registration Day 2019 and Inspiring Dialogue di Pondok Pesantren Pesantren Darul Akhyar di Parung Bingung Depok, Minggu (17/3/2019).

Dikutip dari kemenag.go.id, Lukman Hakim menyatakan, ketika diberi amanah sebagai Menteri Agama, itu berarti dirinya sedang dalam ujian.

“Sebenarnya, santri bisa menjadi apa saja. Jabatan bukan menjadi satu-satunya medan perjuangan. Santri bisa menjadi guru, ustaz, birokrat, itu semua sama mulianya, selama jabatan yang kita sandang mampu menebarkan kemaslahatan bagi sesama,” ujar dia.

Sebelumnya, Lukman menyampaikan rasa penyesalan mendalam dan permohonan maaf atas keterlibatan dua pejabat Kemenag dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Surabaya, Jumat 15 Maret 2019. 

“Kementerian Agama menyadari betul kekecewaan dan kemarahan masyarakat atas peristiwa OTT oleh KPK. Untuk itu, Kementerian Agama menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” ujar Lukman  di Kantor Kemenag, Jakarta, Sabtu 16 Maret 2019.

Dia mengaku prihatin, kecewa, sedih, dan marah dengan terjadinya peristiwa OTT KPK tersebut. Hal itu, kata dia, mengisyaratkan bahwa praktik korupsi masih terjadi.

“Upaya pemberantasan korupsi tidak boleh surut, bahkan harus terus diperkuat dan didukung oleh semua komponen bangsa,” lanjut Lukman.

Ma’ruf Amin Sebutkan Fakta, BPJS Kesehatan adalah Asuransi Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Di segmen awal Debat Cawapres 2019, Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa kepesertaan JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan adalah asuransi terbesar di dunia.

“Melalui JKN-KIS ini kita telah melakukan upaya asuransi sosial yang besar bahkan mencapai 215 juta peserta asuransi BPJS. Dan ini merupakan asuransi terbesar di dunia,” kata Ma’aruf dalam Debat Cawapres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menilik data terbaru milik BPJS Kesehatan dengan ucapan Ma’ruf memang angkanya tidak sama persis. Namun, pernyataan Ma’ruf Amin yang mengatakan bahwa BPJS Kesehatan sebagai asuransi terbesar di dunia adalah fakta seperti disampaikan pihak BPJS Kesehatan.

“Betul. Dengan kepesertaan 218 juta, BPJS Kesehatan sebagai asuransi sosial terbesar ke dunia,” kata Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Maruf lewat sambungan telepon pada Minggu (17/3/2019) malam.

Menilik laman BPJS Kesehatan, ada 218.132.478 peserta program JKN-KIS per 1 Maret 2019. Yang dibiayai oleh APBN ada sekitar 96 juta peserta. Sisanya adalah peserta yang kepesertaannya dibiayai APBD, mandiri, badan usaha.

Akan Hadiri Konser ‘Hadapi Dengan Senyuman’, Fahri: Dhani Adalah Martir

Surabaya – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku akan hadir ke konser solidaritas Ahmad Dhani ‘Hadapi Dengan Senyuman’ di Grand City Mal. Meski belum ada kepastian soal perizinan.

“Saya juga nanti malam akan hadir bentar di tempat konser dia,” kata Fahri usai menjenguk Dhani di Rutan Klas IA Surabaya di Medaeng, Sidoarjo pukul 17.00 WIB, Minggu (10/3/2019).

Menurut Fahri, konser tersebut memang harus digelar sebagai bentuk solidaritas Ahmakepada pentolan Dewa 19. Karena ia menilai Dhani merupakan martir.
“Saya kira Ahmad Dhani adalah martir dari satu praktik politik memakai hukum sebagai alat. Dan ini tidak boleh kita biarkan,” terang Fahri.
Untuk itu, ia menjamin jika kelak Prabowo-Sandi menang dalam pilpres. Praktik-praktik seperti itu tidak akan terjadi kepada siapapun.

“Kalau Pak Prabowo jadi presiden tolong praktik ini dihentikan. Hukum adalah hukum politik adalah politik. Jangan dicampur. Rusak negara kalau dicampur,” tegas Fahri.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wanda Nara adalah Pangkal Permasalahan Icardi

Milan – Mantan pemain Inter Milan, Antonio Cassano, kembali melontarkan komentar tajam untuk Wanda Nara. Ia menilai Wanda sumber persoalan yang membelit Mauro Icardi.

Icardi belakangan ini kencang jadi pemberitaan gara-gara kontroversinya di Inter. Mulai dari ban kapten yang dicopot sampai penolakan untuk gabung tim di babak 32 besar Liga Europa melawan Rapid Vienna.

Ada yang menyebut Icardi kehilangan ban kapten karena persoalan kontrak. Manajemen Inter kabarnya dibuat kesal oleh Wanda –istri sekaligus agen Icardi– yang dituding sebagai pangkal sulitnya kontrak baru disepakati.

Cassano menyebut Wanda merupakan penyebab rumitnya permasalahan yang tengah membelit Icardi saat ini. Ia juga menilai Wanda terlalu banyak bicara di media.
“Orang yang menciptakan bencana ini adalah dia (Wanda). Dia adalah penyebab masalah pada Icardi. Dia menciptakan kekacauan di sekitar Icardi. Langsung saja lah, Anda (Wanda) terlalu banyak berbicara, Anda adalah pelatihnya, Anda terlalu sering menggunakan media sosial,” ujarnya kepada Tiki Taka dilansir Football Italia.

“Jika Inter menarik ban kapten darinya, ada alasan untuk itu: Piero Ausilio, Beppe Marotta, Luciano Spalletti, dan Steven Zhang tidak gila. Kemudian ada hal lain. Pertama Mauro tidak punya masalah pada lututnya tapi mengalaminya setelah mereka mengambil ban kapten itu.”

“Saya sempat melakukan sandiwara pada usia 21 tahun. Jika tak lagi mendapat kesempatan bermain, dia akan pergi. Tak ada jalan kembali dalam situasi ini. Kenyataannya dalam empat bulan kita sudah membicarakan situasi ini karena apa yang dikatakan Wanda,” tuturnya.

“Spalletti menjadikan saya kapten saat berusia 20 tahun (di Roma). Saya menjadi wakil lapten setelah Francesco Totti dan dia mengatakan saya tak akan lagi (menjadi kapten) karena gagal menjadi contoh. Dia benar. Jika dia melakukan itu kepada Icardi, ada alasan di balik itu,” jelas Cassano.

Sejak ban kaptennya dicopot, Icardi belum main lagi untuk Inter. Dalam empat laga terakhir di semua kompetisi, striker asal Argentina itu absen karena cedera lutut.

(nds/raw)

Pengertian HIV Adalah, Serta Gejala yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah sebuah virus yang mampu menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang masuk ke dalam tubuhmu. Seseorang dapat terinfeksi penyakit ini dengan cara melakukan hubungan seksual tanpa alat pengaman dengan mereka yang sudah mengidap penyakit ini atau berbagi jarum suntik dengan penderita AIDS.

HIV secara drastis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan penyakit, bakteri, virus, dan infeksi lainnya menyerang tubuhmu. Tidak seperti virus lainnya, tubuhmu tidak bisa menyingkirkan HIV sepenuhnya. Jika sudah terinfeksi HIV, maka kamu akan memiliki virus ini sepanjang hidup.

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4 (sel T). Sel CD4 adalah bagian dari sistem imun yang spesifik bertugas melawan infeksi. Infeksi HIV menyebabkan jumlah sel CD4 turun secara dramatis sehingga sistem imun tubuhmu tidak cukup kuat untuk melawan infeksi.

Akibatnya, jumlah viral load HIV bisa meningkat. Ketika viral load kamu tinggi, itu artinya sistem kekebalan tubuh sudah gagal bekerja melawan HIV dengan baik. Berikut Liputan6.com rangkum tentang pengertian HIV adalah yang harus kamu ketahui, Minggu (3/3/2019).

2 dari 4 halaman

HIV Belum Ada Obatnya

HIV adalah salah satu penyakit mematikan yang menjadi mimpi buruk umat manusia. Para ilmuwan sudah mencari berbagai cara untuk menyembuhkan para penderita HIV, namun sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Sebuah studi terbaru pun mengungkapkan satu alasan kenapa tubuh manusia tidak bisa melawan virus HIV.

Protein pada virus HIV adalah pelakunya. Ketika HIV masuk ke dalam tubuh, virus tersebut menghasilkan protein bernama VPU yang langsung menyerang dan menghancurkan protein pertahanan pada sistem imun manusia. Secara normal, protein sistem imun harus bekerja mencegah virus melakukan replikasi dan menyebar dalam tubuh.

Tetapi VPU tersebut mematikan tugas protein sistem imun, sehingga HIV dengan bebas menyerang manusia. Para peneliti menggunakan virus tanpa VPU untuk ditemukan dengan sel sistem imun manusia. Ternyata, sel imun mampu melawan virus seperti keadaan normal pada umumnya.

Pengidap HIV stadium rendah memang mengalami respon yang buruk pada sistem imun mereka. Sehingga adanya penelitian mengenai protein pada virus ini diharapkan bisa bermanfaat untuk penemuan obat HIV yang baru.

3 dari 4 halaman

Gejala HIV yang Harus Diwaspadai

Gejala HIV terkadang tidak muncul selama beberapa tahun atau bahkan satu dekade setelah terinfeksi. Namun dalam satu atau dua bulan setelah HIV memasuki tubuh, 40 sampai 90 persen ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) akan mengalami gejala seperti flu, yang dikenal sebagai sindrom retroviral akut.

Walaupun penyakit ini mampu menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, namun sayangnya gejala awal dari penyakit ini kurang diketahui. Sehingga penyakit ini baru diketahui ketika sudah masuk stadium yang parah. Gejala yang harus kamu ketahui seperti:

1. Demam

Gejala awal dari penyakit HIV adalah berupa demam ringan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini menjadi tanda bahwa virus tersebut telah memasuki aliran darahmu dan merusak kekebalan tubuh.

2. Kelelahan

Ketika virus tersebut telah memasuki tubuhmu, maka mereka akan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan di dalam tubuhmu.

Respon inflamasi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan kamu merasa lemah dan lesu. Kelelahan dapat menjadi tanda awal dari HIV.

3. Nyeri otot

Nyeri otot ini terjadi sebab terjadi peradangan di kelenjar getah beningmu. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan dapat meradang ketika terjadi infeksi.

Kelenjar ini biasanya berada di pangkal paha, leher, dan ketiak. Nyeri ini pun dapat menyerang di sendi dan pangkal paha atau lutut.

4 dari 4 halaman

Gejala HIV yang Harus Diwaspadai

4. Ruam kulit

Sebuah ruam kulit seperti bisul dan jerawat yang tiba-tiba menyerang tubuh juga dapat menjadi tanda awal dari penyakit ini. Penyakit kulit ini terjadi beberapa saat setelah kamu terinfeksi HIV.

Ruam kulit bisa muncul pada awal atau akhir infeksi HIV/AIDS. Gejala awal tampak seperti bisul atau ruam di beberapa bagian tubuh.

5. Perubahan kuku

Tanda lain dari infeksi HIV adalah perubahan kuku, seperti perubahan warna atau penebalan. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun akan lebih rentan terhadap infeksi jamur.

6. Berat badan berkurang dan mual

Batuk kering dan turunnya berat badan secara drastis juga merupakan tanda awal penyakit AIDS. Hal ini terjadi karena lagi-lagi disebabkan virus HIV yang mengganggu kesehatan sel tubuh lain. 30% sampai 60% orang yang terinfeksi mengalami mual, muntah, atau diare pada gejala awal HIV.

7. Penurunan berat badan dan berkeringat di malam hari

Penurunan berat badan bisa menjadi tanda infeksi telah meningkat atau akibat diare. ODHA tetap akan kehilangan berat badannya secara drastis meskipun banyak makan. Sebagian orang sering kali berkeringat di malam hari selama tahap awal infeksi HIV.

Kantong Plastik Berbayar Tingkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyampaikan dukungannya terhadap penerapan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG).

Dibanding dibiarkan tercecer menjadi limbah, dia mengatakan, Kementerian PUPR sudah berinisiatif mengolah kantong plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Kami sangat mendukung. Kalau dulu saya di Balitbang (Kementerian PUPR) sudah proses kantong plastik dicacah bisa dicampur aspal dan perkuat campuran aspal. Istilahnya aspal plastik,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk diketahui, beberapa toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar mulai Jumat 1 Maret 2019 ini.

Danis melanjutkan, kantong plastik tetap tergolong sebagai benda yang tak aman bagi lingkungan. “Kalau secara klasifikasi barang tak aman bagi lingkungan seperti ember dan botol mineral, plastik kresek ini nomor 7,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar lebih memilih membawa tentengan sendiri seperti goodybag saat berbelanja daripada membeli kantong plastik.

“Masalahnya bukan berbayar atau tidak, utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bagaiman kurangi sampah plastik. Dengan bayar kan jadi mikir, lain kali saya bawa goodybag atau apa lah,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Mulai 1 Maret, Konsumen Bayar Kantong Plastik Minimal Rp 200 di Toko Ritel

Semua toko ritel modern akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) mulai Jumat 1 Maret 2019.

Beberapa toko ritel tersebut di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan retail lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025  yakni bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. 

“Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Aprindo menyatakan komitmen bersama untuk mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai (kresek) di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya adalah dengan kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019,” kata Roy dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). 


Dia menegaskan, membuat kantong plastik menjadi barang dagangan adalah langkah nyata dari peritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia.

Konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kresek akan dikenakan biaya tambahan sebesar minimal Rp 200 per lembarnya.

“Konsumen akan kita sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Habiburokhman Sakit Hati Puisi Neno Disebut Biadab

Jakarta – Juru Bicara Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman, mengatakan pernyataan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif yang menyebut puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Pernyataan itu dinilainya berlebihan.

“Pernyataan Buya Syafii Maarif yang menyatakan puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Sejauh ini kami menempatkan Buya Syafii sebagai ulama dan cendekiawan berhati mulia, namun pernyataan beliau kali ini menurut saya sangat berlebihan dan cenderung tidak adil,” kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (1/3/2019).

“Kalau puisi Mbak Neno dianggap biadab karena mengarah ke politisasi agama, bagaimana dengan mereka yang juga diduga mempolitisasi agama di kubu politik sebaliknya? Apakah biadab juga? Atau hanya yang bertentangan dengan 01 yang biadab?” imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, kata biadab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkonotasi ekstrem dan dicontohkan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Habiburokhman sakit hati jika puisi Neno disamakan dengan pemerkosaan anak.

“Kata biadab mungkin berasal dari bahasa Persia yang berarti sekadar tidak bertata krama. Tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut sangat ekstrem karena bisa berarti tidak beradab dan kejam dengan contoh pemerkosaan anak di bawah umur. Sakit sekali hati kami kalau puisi Mbak Neno disamakan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Terlebih jika yang menyampaikannya adalah sosok yang selama ini sangat kami hormati dan kagumi,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini meyatakan yang pantas dikatakan biadab adalah para koruptor dan pihak-pihak yang menggunakan kekuasaan untuk menindas lawan politik.

“Menurut saya, yang layak dikatakan biadab adalah para koruptor pencuri uang rakyat, atau jika ada pihak yang menggunakan pengaruh kekuasaan untuk menindas dan memenjarakan lawan politik,” ucap Habiburokhman.

Sebelumnya, Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itukan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.
(azr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>