Ada Tol Trans Jawa, Tren Mudik Pakai Pesawat Diprediksi Turun

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaparkan sejumlah persiapan dan antisipasi untuk menghadapi mudik 2019. Dalam paparan Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019 dan Sosialisasi Mudik Gratis, penumpang pesawat diprediksi akan memiliki tren penurunan dibandingkan tahun lalu.

Menurut Sekretaris Badan Litbang Perhubungan Rosita Sinaga, penurunan terjadi kemungkinan karena adanya pembangunan Tol Trans Jawa. Masyarakat tampaknya antusias dan ingin menjajal tol sepanjang 944,4 km tersebut.

“Kami dari Badan Litbang melakukan kajian penurunan penumpang angkutan udara di bandara dari periode bulan November 2018 sampai periode 2019. Kita bisa lihat bahwa monitoring di 2018 itu bahwa ada penurunan 14,41%,” ungkap Roslitas di Kemenhub, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Ia melanjutkan hal itu karena ada peningkatan penumpang di Terminal Pulogebang 15,37% dan Pelabuhan Tanjung Priok 37,5%. Pengguna Tol Trans Jawa juga meningkat sebesar 80% dibanding sebelum dan sesudah dioperasikan.

“Yang paling terlihat adalah Tol Trans Jawa dari sebelum dan sesudah dioperasikan. Jadi orang tampaknya ingin mencoba betapa enaknya dari Jakarta dan Surabaya, sehingga penurunan itu terjadi,” ujar Roslita di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Sementara itu dikatakan oleh Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, pihaknya menyadari kalau di transportasi udara ada sedikit tren peningkatan namun turun dari tahun lalu.

“Dari tahun lalu itu ada 7% sementara tahun ini 3,17%. Dan kalau di breakdown lagi itu dalam negeri 2,38%, untuk internasional 7,28% karena liburan,” ujarnya.

Isnin memaparkan, untuk persiapan mudik 2019 pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan penumpang. Saat ini Ditjen Perhubungan Udara terus melakukan inspeksi sarana dan prasarana.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga berkoordinasi dengan para maskapai dalam menyediakan tambahan penerbangan. Selanjutnya ada pula posko pelayanan terpadu di 36 bandara. Untuk jumlah pesawat ada 547 unit yang siap dioperasikan oleh 12 maskapai.

“Tahun ini kita akan tetap operasikan sejumlah 547 pesawat dari berbagai macam jenis mulai dari yang besar sampai yang kecil yaitu ATR,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Angkutan BPTJ Aca Mulyana, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Zulmafendi, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan, Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Tri Puji Ananta, serta Sekretaris BPSDM Perhubungan Suharto. (prf/hns)

KNKT Benarkan Ada Pilot Lain di Penerbangan Lion Air PK-LQP Sebelum Jatuh

Jakarta – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membenarkan ada pilot lain yang berada di kokpit Lion Air PK-LQP saat terbang dengan nomor penerbangan JT 043 rute Denpasar-Jakarta, sehari sebelum pesawat itu jatuh di penerbangan berikutnya. Pilot itu sudah diwawancara KNKT.

“Pada penerbangan JT 043 dari Denpasar ke Jakarta yang mengalami gangguan setelah digantinya Angle of Attack sensor, KNKT menyampaikan bahwa benar ada pilot lain yang berada di cockpit pada penerbangan itu,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam jumpa pers di Kantor KNKT, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Pilot tersebut telah diwawancara oleh KNKT. Namun sesuai aturan, isi wawancara itu tidak dapat dipublikasikan. Informasi yang bisa disampaikan KNKT adalah bahwa pilot itu memiliki kualifikasi untuk menerbangkan pesawat tipe Boeing 737 MAX 8.

“Pilot ini adalah pilot yang telah selesai menjalankan tugas terbang dan akan kembali ke Jakarta. Pilot ini memiliki kualifikasi sebagai pilot 8737-8 (MAX),” jelasnya.

Seperti diketahui dari pemberitaan-pemberitaan sebelumnya, pesawat Lion Air PK-LQP jatuh di perairan Karawang pada 29 Oktober 2018 saat terbang dengan rute JT 610 Jakarta-Pangkalpinang. Seperti diketahui, sehari sebelumnya yaitu pada 28 Oktober 2018, pesawat itu terbang dengan rute Denpasar-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 043. Sempat ada masalah di penerbangan itu hingga pilot mendeklarasikan ‘pan-pan’ ke petugas pemandu lalu lintas penerbangan. Meski demikian, pilot tidak return to base (kembali ke Bandara Denpasar), melainkan melanjutkan penerbangan ke Jakarta.

Meski membenarkan soal keberadaan pilot lain di penerbangan JT 043, KNKT menepis informasi soal isi rekaman CVR tentang penerbangan tersebut. Soerjanto mengatakan rekaman percakapan di Lion Air PK-LQP Jt 043 sudah terhapus.

“Penerbangan JT 043 sudah terhapus (overwritten) sehingga sudah tidak ada di CVR,” tegasnya.

Berawal dari Laporan Eksklusif Reuters

Informasi soal isi rekaman CVR sebelumnya diungkap Reuters dalam laporan eksklusifnya pada Rabu (20/3). Informasi itu berdasarkan keterangan tiga orang sumber yang mengetahui isi CVR. Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Dua dari tiga sumber itu menyebut ada pilot lain di penerbangan Lion Air PK-LQP Denpasar-Jakarta. Pilot lain itu disebut berasal dari Batik Air, yang masih satu grup dengan Lion Air.

Dia disebut berada di dalam kokpit dan membantu menyelesaikan masalah flight control yang muncul ketika penerbangan. Keberadaan pilot lain ini pertama kali diungkap oleh Bloomberg.
(imk/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PKS Dukung MUI Kaji Fatwa Haram PUBG: Harus Ada Aturan Tak Boleh Buat Anak

Jakarta – PKS mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang tengah mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram mengenai game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). PKS menilai anak-anak perlu dijaga dari game kekerasan.

“Saya setuju mengkaji game-game kekerasan, itu memang harus ada aturan tidak boleh buat anak-anak karena itu juga dewasa yang melakukan. Jadi ada kepuasan tersendiri seakan-akan itu dia yang melakukan,” kata Ketua DPP PKS Pipin Sopian di kantor ICW, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).

Pipin mengatakan kajian itu harus dilakukan secara mendalam. Game kekerasan menurut Pipin tidak semestinya jadi domain oleh anak-anak.
“Mengkajinya nanti ditolak atau tidak, saya kira perlu ada kajian yang matang. Tapi untuk anak-anak, kita ingin dilindungi terkait dengan game yang tidak semestinya,” ujarnya.

Pipin menilai harus ada pengendalian agar anak tidak bermain game kekerasan. Sebab, hal itu membahayakan untuk anak.

“Saya kira yang paling penting ada pengendalian, jadi game-game ini memang ini eranya anak-anak, bahwa ini untuk kesenangan tapi satu sisi bahaya bagi mereka,” imbuhnya.

Sebelumnya, MUI Jabar mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram mengenai game PUBG. Terkait pertimbangan tersebut, MUI pusat pun menyatakan akan membuat kajian terhadap PUBG.

“Fatwa adalah jawaban hukum Islam dalam upaya memberikan solusi atas permasalahan yang muncul di masyarakat, pertimbangannya komprehensif,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh.

MUI Jabar pun menyerahkan sepenuhnya keputusan pertimbangan fatwa haram game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) kepada MUI pusat. MUI Jabar mengaku tidak punya kewenangan.
(abw/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Setelah Dana Desa, Nanti Ada Dana Kecamatan

Jakarta – Pemerintah kini sudah memiliki program anggaran untuk dana desa. Namun kini Kementerian Keuangan akan mengkaji anggaran untuk tingkat kecamatan.

Dana kecamatan ini nantinya tak akan jauh beda dengan dana desa dan kelurahan yang saat ini sudah dimiliki.

Dari mana alokasi anggaran tersebut nantinya? Berikut berita selengkapnya:

(kil/ang)

Jokowi ke Caleg PDIP: Kerja di Lapangan, Tak Ada Lagi Rapat

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan dalam acara pembekalan dan penguatan konsolidasi jelang pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini dihadiri seluruh caleg PDIP Dapil Jakarta. Total ada 106 orang caleg DPRD DKI, sementara caleg DPR berjumlah 21 orang.

“Dapil DKI. Artinya kan ada 106 untuk DPRD DKI 106, 21 untuk DPR,” kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2019).

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Politisi senior PDIP salah satunya Pramono Anung. Selain itu ada pula, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

HEADLINE: Dukung Capres-Cawapres Berbeda, Ada Apa dengan Golkar dan Erwin Aksa?

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade mengapresiasi langkah Erwin Aksa.

“Beda tuh sama sahabat Sandi yang lain, yang terindikasi lebih mementingkan kerajaan bisnisnya daripada persahabatan,” kata Andre kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Dia menegaskan, tidak ada komunikasi antara Erwin Aksa dengan tim BPN sebelum pernyataan dukungan. Sebab, dukungan tersebut murni posisi Erwin Aksa sebagai sahabat Sandiaga.

Andre mengatakan, kedatangan Erwin Aksa ke debat cawapres dan duduk di barisan pendukung Sandiaga pada Minggu 17 Maret 2019 juga bukan karena ajakan, melainkan inisiatifnya sendiri.

“Bang Erwin duduk di depan itu karena duduk sebagai sahabat Sandi, posisinya pendukung Sandi ada di sebelah kanan BPN, Bang Erwin ditaruh di depan karena dia sahabat Sandi,” kata dia.

Andre optimistis, dukungan Erwin Aksa tersebut mempengaruhi perubahan suara untuk Prabowo-Sandi. Selain karena posisinya sebagai pengusaha, dia juga tokoh muda di Sulawesi Selatan yang mempunyai pengaruh.

“Ada dong, dan kami optimis Sulsel, Prabowo Sandiaga unggul di situ,” kata dia.

Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferdinand Hutahaean mengatakan, selain karena persahabatan, Erwin Aksa dinilainya memperhitungkan matang-matang dukungan politiknya kepada Prabowo-Sandiaga.

“Bahwa beliau melihat bukan hanya soal harus memilih siapa tapi beliau melihat bahwa Prabowo yang akan memenangkan pertarungan ini,” kata Ferdinand kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Politikus Partai Demokrat ini juga mengatakan, dukungan Erwin Aksa memiliki pengaruh untuk kenaikan elektabilitas Prabowo-Sandi. Khususnya untuk wilayah Indonesia Timur, yaitu Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, dukungan Erwin Aksa kepada Prabowo-Sandi merupakan hak politik seseorang. Selain itu, dukungan tersebut wajar karena Erwin Aksa dan Sandiaga berteman.

“Wajar saja Pak Erwin mendukung Pak Sandiaga, kan itu temannya sejak muda di HIPMI. Dan saya kira tidak ada dampak yang besar lah,” kata Karding kepada Liputan6.com.

Dia pun menegaskan, dukungan kader Golkar ke kubu Prabowo tersebut tidak ada ada pengaruhnya untuk suara Jokowi-Maruf di Pilpres 2019.

“Tidak lah. Kalau teman teman HIPMI, Kadin, sebagian besar ikut ke Pak Jokowi. Ada Bahlil (Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia) ada Pak Rosan (Ketua Kadin Rosan Roeslani), ada Pak Hariyadi Sukamdani dari Apindo, ada Pak Erick Tohir dan di lapangan seluruh kelompok baik Kadin, HIPMI, alumni-alumninya itu semua dukung Jokowi,” kata Karding.

Dia mengatakan, untuk meraih suara di wilayah Indonesia Timur yang diklaim akan direbut kubu Prabowo karena ada dukungan Erwin Aksa, masih ada dukungan dari Jusuf Kalla, Nurdin Abdullah, dan Aksa Mahmud yang merupakan ayah Erwin Aksa. ” Jadi tidak ada pengaruhnya,” ucap Karding.

Juru Bicara TKN Joko Widodo-Maruf Amin, Ahmad Basarah juga menyatakan, tidak ada pengaruhnya dukungan ke tim kampanye Jokowi-Ma’ruf karena TKN dibentuk dan bekerja dengan sistem, bukan bertumpu pada orang perorangan. TKN Jokowi juga dipimpin oleh Ketua Tim Erick Thohir dan Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pengarah.

Basarah mengatakan, saat ini ada fenomena berpindahnya dukungan kader-kader partai politik nonkoalisi yang mendukung Jokowi-Maruf Amin. Misalnya dukungan dari Demokrat di Jawa Timur, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Gubernur Papua Lukas Enembe, DPD PAN Tanah Bumbu, dan DPW PAN Kalimantan Selatan.

Selain itu, ada pula fenomena berpindahnya dukungan dari Tuan Guru Badjang, Ali Mochtar Ngabalin, Kapitra Ampera, hingga Hary Tanoesoedibjo.

“Sehingga fenomena berpindahnya seorang Erwin Aksa tidaklah terlalu merisaukan kami. Karena faktanya memang lebih banyak tokoh-tokoh dari kubu parpol pendukung 02 yang sudah berpindah mendukung 01 daripada tokoh-tokoh parpol pendukung 01 yang pindah mendukung paslon 02,” kata Basarah kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa Erwin Aksa adalah seorang pengusaha. Di mana salah satu kecenderungannya adalah berupaya dekat dengan penguasa untuk mengamankan aset dan bisnisnya.

“Bagi saya sikap politik Erwin Aksa tersebut bukan sesuatu yang luar biasa dan tidak perlu ditanggapi secara berlebihan,” Basarah menandaskan.

Ini Daftar 30 Maskapai Terbersih di Dunia, Ada Garuda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menurut sebuah survei baru, All Nippon Airways (ANA) dinobatkan sebagai maskapai terbersih di dunia. Perusahaan penerbangan di Jepang ini berada di posisi teratas di “Skytrax World Airline Awards 2018”, yang didasarkan pada peringkat penumpang.

Wisatawan yang gemar bepergian lintas negara atau menggunakan pesawat diminta untuk menilai maskapai berdasarkan kebersihan area tempat duduk, meja, karpet, panel kabin, dan toilet. Demikian seperti diwartakan oleh The Independent, Rabu (20/3/2019).

Hasil riset yang dilakukan oleh Skytrax, maskapai-maskapai Asia mendominasi lima besar di platform mereka. Setelah ANA, EVA Air dari Taiwan menduduki urutan kedua, lalu Asiana Airlines dari Korea Selatan, Singapore Airlines, dan Japan Airlines.

Sementara itu, survey Skytrax menunjukkan tidak ada satu pun maskapai penerbangan asal Inggris yang masuk dalam daftar 30 besar penghargaan tersebut pada tahun ini. Demikian pula Amerika Serikat.

Swiss Airline adalah maskapai penerbangan Eropa berperingkat tertinggi dari segi kebersihan. Ini berada di posisi kedelapan. Sedangkan Lufthansa dan Austrian Airlines masing-masing menempati posisi 10 dan 13.

Maskapai Tanah Air, Garuda Indonesia, berada di peringkat ke-16.

Penghargaan ini juga membagi maskapai berdasarkan lokasi geografis, dengan mendaftarkan maskapai terbersih di Afrika, Australia/Pasifik, China, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

South African Airways meraih posisi teratas di Afrika, Air New Zealand menjadi nomor satu di Australia/Pasifik, Hainan Airlines dinilai paling bersih di China, Air Canada menang di Amerika Utara, Azul Airlines di Amerika Selatan, dan Qatar Airways di Timur Tengah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Profesi pilot kini tak hanya diduduki oleh kaum pria. Maskapai Cathay Pasific punya salah satu pilot wanita yang bikin gagal fokus.

Keren, April Nanti Ada Kejuaraan Freestyle Motor Tingkat Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menerima kunjungan Indonesia Stuntride Association (ISA) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/3) sore. Dalam pertemuan tersebut, pengurus ISA menyampaikan akan menggelar kejuaraan freestyle motor.

Menpora tampak antusias mendengar pemaparan dari Ketua ISA Royke Laluw yang hadir bersama Sekjen ISA, Andi, Ketua ISA DKI Jakarta Rully dan Bendahara ISA Okti. Kejuaraan freestyle motor tingkat nasional rencananya berlangsung pada 6 April 2019.

Menpora menyambut baik adanya rencana kejuaraan freestyle motor. Ia pun berpesan kepada penyelenggara agar menjaga kebersihan hingga keamanan selama kejuaraan berlangsung.

“Keren, semoga berjalan dengan baik. Kebersihan dan keamanan tetap terus dijaga selama acara berlangsung nantinya,” ujar Menpora.

Ketua ISA Royke Laluw menjelaskan kejuaraan freestyle motor rencananya akan diikuti sekitar 300-an peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga menyebutkan bahwa freestyle motor di lndonesia termasuk salah satu yang terbaik di level Asia.

“Kita ingin membuat kejuaraan freestyle dan minta dukungan dari Bapak Menpora. Indonesia salah satu yang terbaik di Asia. Acara rencananya diselenggarakan di Kemenpora pada 6 April mendatang. Para freestyle motor sudah kita infokan,” jelas Royke.

Ia berharap, freestyle motor bisa menjadi kebanggan Indonesia. Royke juga ingin, freestyle motor Indonesia bisa ikut pada ajang kejuaraan dunia. Dalam pertemuan ini, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Sesdep Pemberdayaan Pemuda Esa Sukmawijaya mendampingi Menpora.

Jika Ada Tawaran 100 Juta Euro, Barcelona Siap Jual Coutinho

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona disebut sudah memasang harga 100 juta euro untuk jasa Philippe Coutinho karena mereka membuka peluang menjual sang pemain pada bursa transfer musim depan. Keputusan ini dibuat karena performa Coutinho yang masih belum memuaskan.

Coutinho mendarat di Camp Nou pada Januari 2018 lalu. Dia didatangkan dengan status pemain termahal dalam sejarah Barcelona, artinya banyak harapan yang melekat pada Coutinho.

Meski demikian, performa Coutinho terbilang flop. Dia tampak seperti anak yang tersesat di Barcelona. Coutinho tidak mendapatkan tempat untuk bermain, dia lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Pemain termahal yang hanya duduk di bangku cadangan tentu mendorong manajemen Blaugrana untuk segera melepaskan beban tersebut.

Performa buruk Coutinho musim lalu masih bisa dipahami, sebab dia datang pada bulan Januari dan masih butuh waktu untuk beradaptasi. Meski demikian, dia tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan di musim ini.

Sejauh ini Coutinho hanya bisa membukukan sembilan gol dan lima assists pada 41 penampilan. Tentu catatan tersebut sangat kurang bagi tim sebesar Barcelona yang memerlukan pemain hebat.