Ada Reuni 212 di Jakarta, Jokowi ‘Nyetrum’ Warga di Bogor

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) sedang tidak berada di Ibu Kota saat Reuni 212 digelar di Monas. Jokowi meresmikan program penyambungan listrik gratis dari 35 BUMN di Bantarjati Atas, Kota Bogor, Jawa Barat.

Reuni 212 digelar di Monas pada Minggu (2/12/2018) sejak pukul 03.00 WIB. Sejumlah tokoh politik dan tokoh agama hadir dalam kegiatan yang dituding bernuansa politik.

Meskipun rakyat sedang menghadiri Reuni 212, Jokowi tetap melakoni kegiatan sebagai presiden yakni meresmikan program penyambungan listrik kepada warga miskin di Bogor.

Jokowi mengatakan, program penyambungan listrik ini merupakan sinergi BUMN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. Menurutnya, jika masyarakat sudah tersambung listrik secara mandiri, maka biaya yang dikeluarkan untuk setrum ini pun jauh lebih murah dibandingkan masih numpang di rumah tetangga.

“Yang pertama, ada yang dulu memang belum ada listriknya, ada yang sudah ada listrik tetapi nyambung dengan tetangga atau dengan orang tua. Nah sekarang kita sambung secara mandiri,” kata Jokowi di Bantarjati, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018).

“Itu lebih murah, dari data yang kita terima biasanya per bulan bayar bisa Rp 50.000 bisa Rp 60.000. Setelah sendiri seperti ini bayar kurang leih Rp 25.000 sampai Rp 30.000,” jelasnya.

Jokowi menjabarkan, ada sekitar 1,2 juta KK se-Indonesia yang belum memiliki listrik secara mandiri. Capres petahana itu menyebut, masih banyaknya kepala keluarga di Indonesia yang belum memiliki listrik secara mandiri karena menganggap biayanya mahal.

“Hitungan kita 1,2 juta di seluruh provinsi. Ini akan terus kita sisir satu per satu,” terang Jokowi.

“Kendalanya untuk membayar sambungan itu yang mahal bagi masyarakat yang prasejahtera,” imbuhnya.

Jokowi memang sempat ingin diundang oleh panitia Reuni 212. Namun, panitia Reuni 212 mengurungkan niatan itu karena sejumlah alasan.

“Salah satu yang jadi pertimbangan, pertama, Pak Jokowi kami nilai kurang respect terhadap gerakan 212, kurang mensyukuri nikmat anugerah Allah besar kumpulnya umat Islam,” tutur Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif di d’Consulate Resto, Wahid Hasyim, Jakarta, Sabtu (1/12).

Reuni 212 digelar sejak pukul 03.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Capres Prabowo Subianto hadir dalam reuni tersebut. Bahkan, rekaman suara Habib Rizieq Syihab juga diperdengarkan.

Lagu ‘Astaghfirullah Punya Presiden Si Raja Bohong’ diputar di Reuni 212 saat ceramah imam besar FPI Habib Rizieq Syihab selesai diperdengarkan. Lagu ini berisi ajakan mengganti presiden yang disebut suka bohong.

Habib Bahar bin Smith turut berorasi di atas panggung Reuni Akbar Mujahid 212. Habib Bahar meminta waktu sebelum menutup orasi untuk menyampaikan pelaporan dirinya ke polisi.
(zak/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *