9 Koin Ini Dijual dengan Harga Fantastis, Manakah yang Termahal?

Koin yang memiliki gambar elang di kedua sisinya ini diproduksi oleh Augustus Saint-Gauden, dan kabarnya koin ini memiliki desain yang cukup rumit. Maka tidak heran, koin ini di jual dengan harga sebesar USD 7,6 juta atau lebih dari Rp 107 miliar.

2. Double Eagle 1933 – USD 7,6 Juta atau Rp 107 Miliar

Koin Double Eagle ini kabarnya tidak diterbitkan untuk umum. Pasalnya pada 1933, Franklin D.Roosevelt melarang rakyatnya untuk memegang emas. Namun tidak tahu kenapa, 20 koin ini berhasil lolos dan berhasil terjual USD 7,6 juta atau lebih dari Rp 107 miliar.

1. 1794/5 Flowing Hair Silver/Copper Dollar – USD 10 Juta atau Rp 140,8 Miliar

Koin ini menjadi koin dolar pertama yang dikeluarkan oleh Pemerintah Federal AS. Koin ini dibuat dari 10 persen tembaga dan 90 persen perak dan dicetak pada tahun 1794 hingga 1795 oleh Federal Mint AS yang baru saja didirikan pada saat itu.

Pada Januari 2013, koin ini berhasil terjual mencapai lebih dari Rp 140 miliar, dan koin ini menjadi koin paling bersejarah dan termahal di dunia yang pernah terjual.

Bawaslu-KPU Koordinasi Soal Pencoblosan di 9 TPS Kabupaten Seram Bagian Timur

Liputan6.com, Ambon – Akibat keterbatasan logistik, sembilan tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Seram Bagian Timur belum melakukan pencoblosan surat suara, pada Rabu 17 April 2019.

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku, Abdullah Elly, pemungutan suara tersebut tergantung keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang perlu berkoordinasi dengan KPU RI untuk pengadaan logistik Pemilu.

“Kami telah mengarahkan Bawaslu SBT (Seram Bagian Timur) agar membantu KPU setempat berkoordinasi dengan Pemkab maupun Forkopimda SBT untuk kelancaran pemungutan suara di sembilan TPS tersebut,” ujarnya seperti dilansir Antara, Sabtu (20/4/2019).

Dia pun memaklumi, karakteristik wilayah Seram Bagian Timur yang harus memanfaatkan jasa perhubungan laut maupun darat dengan keterbatasan armada sehingga mempengaruhi distribusi logistik Pemilu.

“Soal jadwal pelaksanaan pemungutan suara baiknya dikonfirmasikan ke Bawaslu SBT yang berkoordinasi dengan KPU, Pemkab maupun Forkopimda setempat,” lanjut Abdullah.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Seram Bagian Timur, Ona Sehwaky mengemukakan, sembilan TPS yang belum melakukan pemungutan suara ada di Kecamatan Werinama dan Totuk Tolu.

“Kami sedang berkoordinasi dengan KPU SBT soal jadwal pemungutan suara di sembilan TPS tersebut yang pelaksanaannya juga tergantung logistik Pemilu dari Jakarta,” katanya.

Karena itu, KPU Seram Bagian Timur telah melaporkan kepada KPU RI melalui KPU Maluku untuk pengiriman logistik Pemilu, terutama surat suara dan formulir C-plano Pilpres maupun Pileg.

“Pastinya setelah logistik Pemilu tiba di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku selanjutnya diangkut ke Bula, Ibu Kota Kabupaten SBT untuk penyortiran dan pelipatan sebelum didistribusikan ke sembilan TPS tersebut sehingga diprakirakan pemungutan suara pada pekan depan,” ujar Ona.

Bawaslu Jatim Sarankan 11 TPS di 9 Kabupaten/Kota Gelar Pemilihan Ulang

Liputan6.com, Surabaya – Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jatim Muh Ikhwanudin Alfianto mengungkapkan, pihaknya telah merekomendasikan pemilihan suara ulang (PSU) di 11 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di sembilan kabupaten/ kota yang ada di Jatim.

“Sampai detik ini ada 9 TPS yang kami sarankan pemungutan suara ulang di sembilan daerah. Namun ini baru laporan sementara hingga saat ini. Artinya kemungkinan bisa bertambah,” kata Ikhwanudin saat ditemui di Kantor Bawaslu Jatim, Surabaya, Jumat (19/4/2019).

Dia menjabarkan, beberapa TPS yang direkomendasikan melaksanakan pemilihan ulang di antaranya TPS 7 Kelurahan Kranggan, Kota Mojokerto. Di sana, ada pemilih dari Papua yang melaksanakan pindah pilih, dan seharusnya hanya dapat surat suara pilpres saja. Tapi KPPS memberikan lima surat suara.

Kemudian di TPS 6 Desa Bancangan, Sambit, Kabupaten Ponorogo. Di sana ada pemilih dari luar provinsi yang melakukan pencoblosan, tanpa menggunakan form A5, dan hanya menggunakan KTP.

Kejadian serupa juga terjadi di TPS 15 Banyuninglau, Geger, Bangkalan, TPS 17 Kelurahan Penanggungan, Klojen, Kota Malang, TPS 28 Kelurahan Rungkut Kidul, Gununganyar, Surabaya, dan TPS 1 Awang-Awang, Mojosari, Mojokerto.

Bawaslu Jatim juga merekomendasikan pemilihan ulang di TPS 3 Desa Masalima, Masalembu, Sumenep. Di sana ada 70 surat suara pilpres yang sudah tercoblos sebelum pemungutan suara. Selain surat suara pilpres, ada juga 68 surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Jatim, dan DPRD kota yang juga sudah tercoblos.

Selanjutnya, kata Ikhwanudin, ada di TPS 6 Desa Madupat, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, yang juga direkomendasikan pemungutan suara ulang. Pemungutan suara ulang direkomendasikan karena ada video beredar pihak tertentu yang mencoblos salah satu pasangan capres-cawapres. Setelah diteliti, itu terjadi di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.

Kemudian di TPS 3 Desa Trapang, Kecamatan Banyuwates, Kabupaten Sampang karena 90 surat suara DPRD Kabupaten sudah tercoblos sebelum pemungutan suara. Selanjutnya di TPS 9 Desa Rabesen, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, karena ada oknum KPPS dan warga mencoblos puluhan surat suara DPRD Kabupaten saat pemungutan suara berlangsung.

Terakhir, Bawaslu Jatim juga merekomendasikan pemilihan ulang di TPS 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Pemungutan suara ulang direkomendasikan karena ada beberapa pemilih yang tidak memenuhi syarat, tapi melaksanakan pemilihan di TPS tersebut.

Selain rekomendasi pemungutan suara ulang, Bawaslu Jatim juga merekomendasikan penghitungan ulang di beberapa TPS di Jatim. Di antaranya di TPS 2 Desa Jukong, Kecamatan Labang dan TPS 8 Desa Katul Barat, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Itu tak lain karena ada surat suara setelah pemungutan tidak dihitung tapi langsung direkap dan dimasukkan ke form.

“Kemudian di TPS 30 Puger Wetan, Puger, Jember, ada 2 TPS di Ngasem Papak, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, dan TPS 12 Sobontoro, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, yang harus dilakukan penghitungan suara ulang,” ujar Ikhwanudin.

9 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan di Microwave, Ada yang Bisa Meledak

Telur rebus

Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, kelembaban di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem. Seperti miniatur pressure cooker, ke titik di mana telur bisa meledak!

Bahkan lebih menakutkan, telur tidak akan meledak di dalam microwave saat sedang dipanaskan. Tetapi setelah itu, yang berarti telur panas dapat meledak di tangan, piring, atau bahkan di mulut Anda.

Untuk menghindari mengubah telur menjadi bom uap, potong kecil-kecil telur rebus sebelum dipanaskan. Atau lebih baik lagi, hindari memasukkannya ke dalam microwave sama sekali.

Daging olahan

Daging olahan sering mengandung bahan kimia dan pengawet yang memperpanjang umur simpannya. Sayangnya, menggunakan microwave dapat memperburuk zat-zat itu untuk kesehatan. Dalam daging olahan dengan microwave, kita mungkin secara tidak sengaja terpapar dengan perubahan kimia seperti kolesterol yang teroksidasi.

menurut penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa memanaskan kembali daging olahan dengan gelombang radiasi mikro berkontribusi pada pembentukan produk oksidasi kolesterol (COP), yang telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit jantung koroner.

Dibandingkan dengan metode penyajian makanan lainnya untuk makanan yang dipanaskan kembali, daging olahan dengan microwave jauh lebih mungkin mengandung COP ke dalam makanan.

Ini 9 Partai DPR Versi Quick Count

Jakarta – Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) seusai pemungutan suara Pemilu 2019 untuk Pileg 2019. Hasilnya, ada 9 partai politik diperkirakan lolos DPR.

Lembaga survei yang mengelar quick count Pileg 2019 antara lain, Litbang Kompas, Indobarometer, Charta Politika hingga LSI Denny JA, Kamis (20/4/2019). PDIP berada di posisi teratas.

Kemudian Gerinda di posisi kedua, lalu Golkar di posisi ketiga. Untuk di posisi papan tengah, 6 partai bersaing ketat. Adalah PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP.

Selain itu, Partai-partai baru seperti Perindo, PSI, Berkarya, Garuda dinilai sulit menebus parliamentary threshold (PT) 4 persen. Tak hanya partai baru, partai lama seperti Hanura, PBB dan PKPI juga sulit lolos ke DPR.

Jumlah suara yang masuk hingga pukul 05.30 WIB yakni Litbang Kompas sebesar 87%, Indobarometer sebesar 91,58%, LSI Denny JA sebesar 98,35% sedangkan Charta Politika sebesar 85,2%. Berikut hasilnya:

QC Sementara Litbang Kompas: 9 Parpol Diprediksi Lolos ke DPR

Jakarta – Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) seusai pemungutan suara Pemilu 2019, salah satunya lembaga survei Litbang Kompas. Hasil sementara quick count Litbang Kompas untuk Pileg 2019 mencatat keunggulan PDIP.

Hingga pukul 18.38 WIB, data Pileg yang masuk ke quick count Litbang Kompas sebesar 39,3%. Berikut hasilnya:

– PDIP 21,74%
– Golkar 12,4%
– Gerindra 12,23%
– PKB 10,27%
– PKS 8,04%
– Demokrat 7,96%
– NasDem 7,77%
– PAN 5,61%
– PPP 4,76%
– Perindo 2,64%
– Berkarya 2,05%
– PSI 1,79%
– Hanura 1,42%
– PBB 0,67%
– Garuda 0,44%
– PKPI 0,2%
Suara Masuk 22,4%

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Hasil quick count ini merupakan hasil sementara. Hingga saat ini, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count.

Data quick count bukan hasil resmi Pemilu 2019. Hasil resmi Pemilu menunggu penghitungan suara secara manual dari KPU.
(imk/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris

Paris

Banyak orang bersedih atas terbakarnya Katedral Notre Dame di Paris. Berikut 9 fakta soal gereja yang paling populer di Prancis tersebut.

Kebakaran melanda Katedral Notre Dame, Paris, Prancis Senin (15/4) waktu setempat. Kobaran api itu melalap salah satu tempat wisata di Prancis yang paling banyak dikunjungi wisatawan ini.

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di ParisGereja Katedral Notre Dame terbakar Senin kemarin (Reuters)

Di kalangan traveler, terbakarnya gereja tersebut tentu menimbulkan duka mendalam. Soalnya, Gereja Katedral Notre Dame juga sarat akan sejarah sekaligus jadi landmark Prancis.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2019), tak sedikit fakta menarik dari Gereja Katedral Notre Dame yang membuatnya dikenal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berdiri di atas kota kuno

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Lokasi di mana Gereja Katedral Notre Dame berdiri diketahui ada di atas kota kuno kaum Pagan Prancis yang bernama Lutetia. Sejarah mengatakan, kalau gereja ini dibangun di atas reruntuhan kuil tersebut.

Fakta itu pun dipertegas dengan penemuan altar bagi Dewa Jupiter dan lainnya saat ekskavasi di tahun 1710 silam. Tepat di bawah tanah depan gereja, juga terdapat sebuah makam kuno.

2. Ada ‘hutan’ di atapnya

Menara dan atap gereja merupakan salah satu yang terbakar habis dalam musibah kemarin. Padahal, gereja tersebut menyimpan salah satu frame kayu tertua di Paris yang terbuat dari banyak kayu dari abad ke-12. Bahkan, frame itu diibaratkan sebagai hutan karena bahan bakunya.

3. Tampak seperti terbang

Memiliki desain gothic, Gereja Katedral Notre Dame disebut-sebut mempelopori gaya arsitektur yang terbilang unik. Kalau di lihat di bagian eksteriornya, gereja ini ditopang oleh penyangga di sisi kiri dan kanan yang membuatnya seperti terbang.

4. Saksi bisu dari pemenggalan 28 patung raja

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Jelang Revolusi Prancis di tahun 1793, sekitar 28 patung raja di dalam Gereja Katedral Notre Dame diturunkan dengan tali dan dipenggal dengan tongkat.

Momen itu melambangkan runtuhnya monarki, sekaligus dimaknai dengan pemenggalan Raja Louis XVI di awal tahun itu. Adapun, 28 kepala dari patung raja-raja tersebut kini dapat ditemukan di Musee de Cluny.

5. Menaranya tidak kembar

Orang awam yang melihat Gereja Katedral Notre Dame dari luar akan melihat menaranya yang tampak seperti kembar. Namun, faktanya tidak demikian. Apabila diperhatikan dengan seksama, menara di bagian utara sedikit lebih besar dari yang di sisi selatan.

6. Loncengnya pernah diubah jadi persenjataan

Zaman Revolusi Prancis, sekitar 20 lonceng yang ada di Gereja Katedral Notre Dame dilelehkan untuk diubah jadi peluru meriam. Hampir semua, kecuali satu lonceng yang memiliki nama Emmanuel.

7. Diselamatkan oleh Napoleon dan Victor Hugo

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Nama-nama besar Prancis seperti Napoleon Bonaparte dan penulis kenamaan Victor Hugo diketahui pernah terlibat langsung untuk menyelamatkan Gereja Katedral Notre Dame di masa kelamnya.

Sejarahnya, Napoleon mengambalikan fungsi gereja ini kembali dan menjadikannya sebagai lokasi pemahkotaan dirinya. Sedangkan Victor Hugo mengangkat nama gereja ini lewat kisah ‘Si Bungkuk dari Notre Dame’ yang termahsyur.

8. Menyimpan organ terbesar di Prancis

Apabila traveler pernah melihat organ yang ada di dalam Gereja Katedral Notre Dame, maka itu adalah yang terbesar di Prancis. Berasal dari abad ke-18, organ itu dimainkan dengan lima keyboard.

9. Dikunjungi 13 juta wisatawan per tahun

Disebut sebagai monumen paling populer di Prancis setelah Eiffel, Gereja Katedral Notre Dame begitu termahsyur di kalangan turis. Diketahui, sekitar 13 juta turis mengunjunginya setiap tahun.

(wsw/fay)

90 Persen Surat Suara Pemilu Terpakai di Tengah Suhu 9 Derajat Kroasia

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 90,24 persen surat suara telah digunakan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), di Kroasia untuk menyuarakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Berdasar siaran tertulis KBRI Zagreb, seperti dilansir Antara, mendung yang menggelayuti Kota Zagreb sejak Sabtu, 13 April 2019 pagi tidak menyurutkan langkah kaki WNI yang berada di Kroasia untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi ini.

Tepat pukul 09.00 pagi (waktu setempat) KPPSLN memulai kegiatan dengan mengucap janji dan menunjukkan berbagai kelengkapan pemilu. Para KPPSLN memakai pakaian tradisional daerah untuk merepresentasikan keanekaragaman Indonesia.

Duta Besar RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP mendapat nomor urut pemilih pertama untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS KBRI Zagreb, dan kemudian diikuti WNI lainnya.

Usai menggunakan hak pilih, seluruh warga Indonesia yang hadir pun menikmati aneka hidangan khas Indonesia, seperti nasi uduk, siomay, pempek, dan bakso untuk menghangatkan badan di tengah suhu sembilan derajat celsius dan angin sepoi-sepoi.

Ayahnya Lupa, Bocah 4 Tahun Tewas Setelah Tertinggal di Mobil 9 Jam

Beijing – Menyedihkan! Seorang bocah perempuan berumur empat tahun di China meninggal dunia setelah ditinggalkan oleh ayahnya di dalam sebuah mobil di tengah cuaca panas selama 9 jam! Ayah korban lupa bahwa putrinya masih berada di dalam mobil yang terkunci.

Surat kabar lokal Changsha Evening News melaporkan seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (12/4/2019), di hari tragis itu, bocah yang diidentifikasi dengan nama panggilan Qiqi tersebut, sedang diantarkan ayahnya menuju sekolahnya di Taman Kanak-kanak (TK) di Yiyang, provinsi Hunan, China tengah pada Senin (8/4) waktu setempat. Namun sang ayah melupakan tujuannya mengantarkan anaknya saat menerima panggilan telepon setibanya di sekolah sang anak.

Setelah menerima panggilan telepon dan membaca pesan di telepon genggamnya, pria yang tak disebutkan namanya itu, mengemudikan mobilnya dengan sang anak masih duduk di kursi belakang. Dia kemudian pergi ke sebuah toko dan memarkir kendaraannya, menguncinya dan pergi meninggalkan putrinya di dalam mobil.
Barulah ketika ibu sang anak pergi ke sekolah untuk menjemput putrinya pada sekitar pukul 17.00 waktu setempat, diketahui bahwa dia tak ada di sekolah.

Dilaporkan Changsha Evening News, ketika akhirnya sang anak ditemukan di dalam mobil, wajahnya sudah membiru. Suhu udara di hari itu mencapai 30 derajat Celsius.

Kepada surat kabar tersebut, sang ayah menyatakan bahwa pihak sekolah ikut bersalah atas tragedi itu, karena tidak menelepon dirinya mengenai ketidakhadiran Qiqi di kelas.

“Tiga guru mengurus kurang dari 20 anak (dalam setiap kelas), dan mereka tidak tahu salah satu anak tidak datang ke sekolah,” cetus pria tersebut. “TK ini relatif mahal di Yiyang, dengan bayaran hampir 10.000 yuan per semester,” imbuhnya.

Dilaporkan bahwa pihak TK setuju untuk membayar 32 ribu yuan kepada keluarga tersebut guna menyelesaikan masalah ini agar tidak dibawa ke jalur hukum.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>