9 Manfaat Menangis yang Perlu Kamu Tahu (2)

Liputan6.com, Jakarta Menangis sering dikaitkan dengan sifat cengeng. Pada kenyataannya, semua orang dapat menangis sebagai respons fisik dari emosi yang dirasakan.

Menangis tak pernah mengenal gender, baik pria dan wanita berhak untuk meneteskan air mata. Sering juga perilaku ini diasosiasikan dengan hal negatif karena berhubungan dengan kesedihan.

Sebenarnya, menangis tak selalu terikat oleh perasaan sedih dan tertekan. Menangis dapat berasal dari emosi positif maupun negatif. 

Manusia dapat menangis karena terharu bahagia ataupun karena tersakiti dan terabaikan. Bahkan, manusia tidak hanya menangis ketika tersakiti melainkan bisa menangis ketika menyakiti orang lain.

Menangis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan psikis maupun fisik. Simak beberapa manfaat baik di balik tangis dan air mata (bagian dua).

4. Memperbaiki penglihatan

Air mata terbuat dari kelenjar lakrimal yang bisa membersihkan penglihatan kita dengan melumasi bola mata dan kelopak mata. Bila selaput mata mengalami dehidrasi, penglihatan kita bisa menjadi sedikit buram. Air mata memandikan permukaan mata, menjaga agar tetap lembab, dan membersihkan debu serta kotoran. Menangis juga mencegah dehidrasi berbagai selaput lendir.

5. Memperbaiki mood (suasana hati)

Menangis memiliki efek fisiologis pada tubuh, seperti menurunkan ketegangan saraf dan memproduksi zat neurokimia yang bisa memperbaiki mood. Sebuah studi menemukan bahwa tangisan bisa menenangkan diri dan meningkatkan mood lebih baik daripada antidepresan apapun.

Tetesan air mata meningkatkan mood hampir 90 persen dibandingkan dengan delapan persen yang melaporkan bahwa menangis membuat mereka merasa lebih buruk. Individu dengan gangguan kecemasan atau mood cenderung kurang mengalami efek positif dari menangis.

Saksikan juga video menarik berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *