Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di Mojokerto

Mojokerto – Tim Densus 88 Antiteror menangkap terduga teroris di Kabupaten Mojokerto. Terduga teroris disergap bersama istrinya saat melintas dari arah Kota Batu.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, terduga teroris tersebut berinisial RH. Ia diketahui berasal dari Kota Surabaya. RH dibuntuti tim Densus 88 sejak bergerak dari Kota Batu.

Terduga teroris disergap tim Densus 88 di Jalan Raya Mojosari-Pacet, masuk wilayah Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Rabu (3/4) sekitar pukul 14.30 WIB. Saat ditangkap, RH mengendarai sepeda motor bersama istrinya.

Penyergapan terduga teroris dibenarkan Kasat Intelkam Polres Mojokerto AKP Bambang. Menurutnya RH ditangkap saat berboncengan dengan istrinya mengendarai sepeda motor.

Terduga teroris melaju dari arah Kota Batu melalui jalur alternatif Cangar-Pacet. Dari wilayah Pacet, mereka lantas melaju ke arah Mojosari, Kabupaten Mojokerto melalui Jalan Raya Mojosari-Pacet. Bambang mengaku belum mendapatkan informasi tempat yang akan dituju pasutri tersebut.

Densus hanya memberi tahu telah melakukan penangkapan dua orang di Kutorejo. Kalau informasinya dengan istrinya. Tepatnya (lokasi penangkapan) aku tidak tahu, yang saya dengar di Wilayah Kutorejo,” kata Bambang saat dihubungi detikcom, Jumat (5/4/2019).

Menurut Bambang, saat menyergap terduga teroris tim Densus 88 tidak meminta back up dari Polres Mojokerto. Menurutnya, proses penangkapan berlangsung cepat.

“Proses penangkapan cepat banget. Tidak minta back up kami. Jangankan polisi, masyarakat sekitar situ tidak ada yang tahu,” ujarnya.

Dalam penangkapan tersebut tim Densus 88 tidak menemukan bahan peledak maupun senjata. “Kalau masalah itu (jaringan terduga teroris yang ditangkap) saya belum dapat informasi. Sampai dengan detik ini masih kewenangannya Densus,” pungkasnya.
(sun/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Densus 88 Tembak Mati Teroris Penikam 4 Polisi di Bandung

Liputan6.com, Jakarta – Densus 88 Antiteror menembak mati seorang terduga teroris berinisial SHS di Kampung Cibungur, Batujajar, Bandung Barat dalam penangkapan yang berlangsung hari ini, Kamis (4/4/2019). Saat operasi berlangsung, dia berupaya melawan dan menikam empat petugas.

“Terluka akibat sajam yang sengaja sudah dipersiapkan pelaku terorisme pada saat dilakukan upaya paksa penangkapan. Para pelaku tersebut karena sudah terpapar paham radikal, maka melakukan tindakan perlawanan terhadap aparat keamanan,” tutur Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, saat dikonfirmasi, Kamis (4/4/2019).

Keempat anggota Densus 88 itu masing-masing menderita luka tusuk di perut kanan, perut kiri, paha kanan, dan paha kiri. Mereka telah dilarikan ke rumah sakit yang ada di Bandung.

SHS sendiri merupakan anggota dari terduga teroris jaringan JAD berinisial A yang diamankan di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu 3 April 2019 malam. Dia pura-pura menyerah saat penangkapan dan melakukan penyerangan saat petugas lengah.

“Jadi kita mengedepankan langkah-langkah persuasif terlebih dahulu, tanpa istilahnya mengedepankan langkah represif. Kita persuasif, para tersangka ini baik, tau-tau melihat kesempatan melawan, dia melakukan perlawanan,” jelas dia.

Anggota Densus 88 kemudian melepas tembakan ke pelaku. Meski begitu, Dedi enggan merinci detail operasi penangkapan tersebut termasuk jumlah terduga teroris yang telah diamankan.

“Kepada pelaku dilakukan dengan terpaksa ya melumpuhkan,” Dedi menandaskan.

88 Kepala Daerah Hadiri Rakernas ASPEKSINDO di Balikpapan

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 88 Kepala Daerah teritorial kepulauan dan pesisir yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I ASPEKINDO. Rapat akan berlangsung selama 3 hari di Balikpapan, Kalimatan Tengah.

Ketua Umum ASPEKINDO, Abdul Gafur Mas’ud mengatakan, para Kepala Daerah tersebut akan terlibat langsung dalam penyusunan mapping dan strategi pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir di Indonesia sesuai dengan teritorial masing-masing demi kepentingan pembangunan nasional ke depan.

“Kita ingin daerah kami dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan pembangunan nasional ke depan, dalam Rakernas ini nanti kami akan menginventarisir potensi-potensi dari daerah masing-masing yang bisa digali dan dikembangkan,” kata Gafur, saat Balikpapan, Kamis (21/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Gafur menjelaskan, wilayah kepulauan dan pesisir sangat potensial untuk dikembangkan, terutama dari sektor bahari dan maritim.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan, agar wilayah kami juga terangkat dari sisi pembangunan potensi daerah yang tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

ASPEKSINDO sendiri merupakan organisasi kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir. Melalui organisasi tersebut diharapkan terbangun kerja sama dan harmonisasi antarpemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir yang saling menguntungkan.

“Organisasi ini terbentuk dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang kuat, ini akan menjadi pilar terwujudnya visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam konteks ini, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” tutup Gafur.

Densus 88 Ringkus Penjual Makaroni Diduga Teroris di Riau

Liputan6.com, Jakarta – Densus 88 Antiteror Polri meringkus terduga teroris di Kelurahan Bagan Kota, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pagi tadi. Pria berinisial RG alias Riky alias Abu Riky itu sehari-harinya berprofesi sebagai penjual makaroni.

“Telah ditangkap satu terduga teroris di Rokan Hilir, Riau pada sekitar pukul 08.25 WIB tadi oleh tim Densus 88 AT Polri di-back up Brimob Polda Riau dan Polres Rohil. Pekerjaan yang bersangkutan wiraswasta atau penjual makaroni,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Penangkapan dilakukan saat terduga teroris berusia 25 tahun itu hendak membeli sarapan di Jalan Utama Kelurahan Bagan Kota. Selanjutnya, aparat menggeledah rumah Riky di Jalan Pratomo, Kelurahan Bagan Kota untuk mencari barang bukti.

Dalam operasi itu, kepolisian menyita barang bukti berupa 8 anak panah, busur panah, face target, 2 ponsel, stunt gun, jaket dan topi tactical, buku rekening, charger ponsel dan laptop, serta tas warna hitam.

Selanjutnya, terduga pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolda Riau untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Situasi selama kegiatan (penangkapan dan penggeledahan) berlangsung aman,” ucap Dedi soal penangkapan terduga teroris di Riau.

Potret Robot Densus 88 di Rumah Lokasi Ledakan di Sibolga

Rabu 13 Maret 2019, 11:07 WIB

Foto News

Abdi Somat Hutabarat – detikNews

Sibolga detikNews – Penanganan terduga teroris di Sibolga masih terus dilakukan. Kali ini polisi menyisir lokasi kedua dan juga digunakan robot. Seperti apa?

Tim Densus 88 mulai bergerak ke lokasi kedua yang berada di sebuah rumah yang ada di di Jl Kutilang, Kelurahan Aek Habil, Sibolga Selatan sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (13/3) Tampak Densus 88 juga menggunakan robot untuk mengidentifikasi benda berbahaya. (Foto: Abdi Somat Hutabarat/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris yang Rencanakan Bom di Lampung dan Jakarta

Jakarta – Seorang pria berinisial RIN alias Putra Syuhada ditangkap Densus 88 Antiteror. Dia diduga hendak melakukan aksi amaliyah dengan menggunakan bom di markas kepolisian, di Lampung dan Jakarta.

Dari informasi yang didapat detikcom, RIN alias Putra Syuhada terlibat kelompok teroris Abu Hamzah. Dia ditangkap di Panengahan, Kedaton, Bandar Lampung.

“Benar (informasi) penangkapan tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo ketika dikonfirmasi detikcom, Minggu (10/3/2019) dini hari.

Penangkapan tersangka RIN terjadi Sabtu (9/3) kemarin pukul 17.00 WIB. Dari informasi yang telah terkonfirmasi, penangkapan ini bermula dari laporan orang tua RIN yang mengetahui anaknya telah terpengaruh paham radikal.

Orang tua RIN tak ingin anaknya melakukan hal yang merugikan diri sendiri dan banyak orang di waktu yang akan datang. Dalam pemeriksaan oleh kepolisian, RIN alis Putra Syuhada mengaku telah merakit benda yang diduga bom dengan campuran potasium klorat, switching on-off dan menyimpan barang tersebut di loteng rumah tetangganya yang berinisial L.

“(Keterlibatan L) Masih pendalaman oleh Tim Densus,” ucap Dedi.
(aud/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Menguat di 6.470

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pagi ini. IHSG dibuka di level 6.470.

Sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 14.100. Posisi dolar AS lebih perkasa dibanding posisi kemarin yang Rp 14.030.

Pada perdagangan pre opening, IHSG naik 25,272 poin (0,39%) ke 6.468,620. Indeks LQ45 juga menguat tipis 6,151 poin (0,61%) ke 1.022,027.

Membuka perdagangan, Jumat (1/3/2019), IHSG naik tipis 27,090 poin (0,42%) ke 6.470,438. Indeks LQ45 naik 6,173 poin (0,04%) ke 1.012,272.

Pada pukul 09.05 waktu JATS, IHSG melanjutkan pelemahan dengan penurunan 36,895 poin (0,57%) ke 6.480. Indeks LQ45 juga naik 8,874 poin (0,88%) ke 1.006,087.

Sementara itu, indeks utama bursa saham AS ditutup dalam teritori negatif pada perdagangan hari Kamis. Indeks Dow Jones turun 0.27%, S&P melemah 0.28% dan Nasdaq tertekan 0.29%.

Penurunan indeks terjadi pasca rilisnya data pertumbuhan ekonomi AS kuartal IV 2018 yang tercatat melambat menjadi 2.6% qoq lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 3.4%.

Adapun data indeks manufaktur dari Fed Kansas menunjukkan terjadi kontraksi yang cukup berisiko dimana indeks manufaktur negatif 4 dari sebelumnya positif 2.

Sementara itu, dari Bursa saham China yakni indeks Shanghai mengalami penurunan 0.44% seiring rilisnya data NBS manufacturing PMI bulan Februari yang di level 49.2 turun dari sebelumnya di level 49.5, serta data Non Manufacturing PMI bulan Februari di level 54.3 juga menurun dari sebelumnya di level 54.7.

Perdagangan bursa saham Asia mayoritas bergerak merah pagi ini. Berikut pergerakannya:

  • Indeks Nikkei 225 naik 178,801 poin ke 21.563
  • Indeks Hang Seng bertambah 58,01 poin ke 28.691
  • Indeks Komposit Shanghai turun 3,320 poin ke 2.937
  • Indeks Strait Times naik 4,370 poin ke 3.217

(fdl/fdl)

4 Motor Bergaya Scrambler di Indonesia, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta Motor bergaya klasik dan kustom semakin digemari oleh para bikers. Pabrikan roda dua pun berlomba-lomba untuk menawarkan motor klasik, dan salah satu aliran yang diminati saat ini adalah gaya scrambler.

Aliran motor klasik yang memadukan konsep offroad dan onroad. Konon, penamaan motor ini berasal dari ucapan komentator di Inggris pada 1920-an. Saat itu, balapan liar dengan format baru muncul. Para pembalap diminta melaju ke garis akhir tanpa jalur yang tetap dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tak jarang mereka harus berebut melewati jalur offroad. Saking rusuhnya berebut posisi, saat lomba sang komentator kerap berujar “quite a scramble” yang artinya “sangat rusuh”. Seiring waktu, kata-kata itu melekat dan motor-motor dengan aliran desain seperti itu dikenal sebagai scrambler.

Adapun pabrikan yang menawarkan kendaraan roda dua berkonsep scrambler adalah Triumph, Ducati, BMW Motorrad dan Benelli. Beberapa bahkan sudah memasarkan produknya di Indonesia. Berikut ragam pilihannya.

1. Triumph Scrambler 1200

Pabrikan asal Inggris ini memiliki lini yang disebut Scrambler 1200 yang punya dua pilihan, XC dan XE. Namun, di Indonesia baru ditawarkan XE yang merupakan varian tertinggi. Motor seharga Rp 545 juta (off the road) itu mengusung jantung mekanis berkubikasi 1.200cc, satu silinder. Konfigurasi itu menghasilkan tenaga sebesar 88 Tk di putaran 7.400 rpm dan torsi 110 Nm pada 3.950 rpm.

2 dari 5 halaman

2. Ducati Scrambler

Ducati mempunyai lini Scrambler yang terdiri dari beberapa model: New Model, Classic, Sixty2, dan Desert Sled. Seluruhnya menggunakan mesin dua silinder yang sama dengan volume ruang pembakaran unik, yaitu 803cc. Berdasarkan data, daya dorong maksimumnya 73 Tk di putaran 8.250 rpm. Sementara momen puntirnya sebesar 67 Nm di 5.750 rpm. Untuk harganya berkisar mulai Rp 240 jutaan sampai Rp 438 jutaan.

3 dari 5 halaman

3. BMW R nine T Scrambler

R nineT Scrambler, motor besutan BMW Motorrad ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2016. Informasi terbaru, harga jualnya terbilang tinggi mencapai Rp 620 jutaan. Dengan banderol segitu, konsumen disuguhi performa dari mesin 1.170cc dua silinder dengan konfigurasi boxer (silinder bergerak horizontal). Tenaga puncaknya 109 Tk yang dihasilkan pada 7.550 rpm dan torsi sebesar 116 Nm.

4 dari 5 halaman

4. Benelli Leoncino 500

Untuk motor bergaya scrambler, Benelli memiliki produk yang dinamakan Leoncino 500. Bila dibandingkan dengan ketiga merek di atas, tunggangan ini punya mesin paling kecil, hanya 500cc. Meski begitu, outputnya cukup mumpuni, 46 Tk di 8.500 rpm dan momen puntir 45 Nm pada 5.000 rpm. Tertarik untuk membelinya? Sayangnya Benelli belum juga nampak memasarkannya, padahal harganya sangat menarik, bisa di bawah Rp 100 juta. Kabar terakhir bahkan menyebutkan bahwa versi 250 cc-nya siap dirilis juga.

Sumber: Oto.com

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

100 Persen Desa di Wilayah Terluar Sumbar Menikmati Listrik

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) Sumatera Barat (Sumbar) telah menikmati listrik.

Hal ini ditandai dengan elektrifikasi desa 100 persen untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, dengan ada  program Ekspedisi Mentawai Terang, yang dicanangkan PLN UIW Sumbar pada 2018, PLN dapat memenuhi seluruh kebutuhan listrik masyarakat di daerah 3T.

Untuk Kepulauan Mentawai saat ini dipasok dari sembilan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar di beberapa kecamatan dengan total 43 unit mesin pembangkit yang beroperasi dengan kapasitas 5.345 Klio Watt (kW) dan  beban puncak saat ini sebesar 3.364 kW.

“Khusus untuk PLTD Tua Pejat yang memiliki 8 unit mesin pembangkit dengan daya terpasang 4.120 kW. Saat ini melayani beban puncak sebesar 1.688 kW sehingga surplus 1.187 kW,” kata Wiluyo, di Jakarta Rabu (27/2/2019).

Saat ini Sumbar, memiliki pasokan listrik dengan kapasitas Pembangkit 703 Mega Watt (MW) dengan  beban puncak sebesar 593 MW. Selain dipasok dari pembangkit sendiri, Sumatera Barat juga dipasok dari Sistem interkoneksi 150 kV.

2 dari 2 halaman

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata

PLN tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Sumatera Barat melainkan juga siap mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Barat. Khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui ketersediaan pasokan listrik.

“Meski banyak halangan dalam proses melistriki seluruh negeri, tentu sudah menjadi kewajiban dan harapan kami agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan listrik mengingat listrik adalah kebutuhan vital dan sudah menjadi kewajiban bagi PLN untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat,” papar Wiluyo.

Program Listrik Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini merupakan bagian dari Program Listrik Desa di seluruh Regional Sumatera, pada  2018 telah membangun sebanyak 1.954 kms Jaringan Tegangan Menengah, 1.710 kms Jaringan Tegangan Rendah  dan 647 gardu dengan kapasitas 50.000 kVA. 

Infrastruktur tersebut dapat melayani kebutuhan listrik 378 desa di Regional Sumatera. Jaringan baru sepanjang 19,2 KMs (JTM) dan 7,7 KMs (JTR) dengan memiliki lima unit gardu dengan kapasitas 250 KVA.

Adapun tiga gardu di Desa Bosua sebesar 150 KVA dan dua gardu di Desa Beriulou sebesar 100 KVA yang diharap harapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kedua desa.

Dengan ada program ini rasio elektrifikasi di Sumatera Barat meningkat 4,43 persen dari 88,53 persen menjadi 92,96 persen terhitung dari Desember 2017 hingga Desember 2018. Khusus di Kabupaten Kepulauan Mentawai Rasio Elektrifikasi meningkat 13,43 persen  dari 43,07 persen menjadi 56,50 persen. 

Rasio Desa Berlistrik Sumatera Barat pada 2018 telah mencapai 100 persen, dengan rincian 1.141 desa atau 98,5 persen berlistrik dari PLN dan 17 desa 1,4 persen berlistrik non PLN dengan total 1.158 desa.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen para insan PLN untuk mewujudkan mimpi masyarakat Desa Bosua dan Desa Beriulou untuk menikmati listrik selama 24 jam,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:




Sengaja Dapatkan Kartu Kuning, Sergio Ramos Didakwa UEFA

Madrid – UEFA resmi menjatuhkan dakwaan kepada bek sekaligus kapten Real Madrid Sergio Ramos. Menyusul tudingan bahwa Ramos sengaja mendapatkan kartu kuning.

Pesepakbola Spanyol itu dikartu kuning wasit karena melanggar Kasper Dolberg saat Madrid mengalahkan Ajax 2-1 di laga babak 16 besar leg I Liga Champions. Namun, insiden itu terlihat janggal karena bola sedang tidak berada dekat Dolberg.

Dugaan Ramos sengaja mendapatkan kartu kuning kemudian muncul. Dengan situasi ini, Ramos memang akan absen di leg kedua, tapi dia akan bersih dari akumulasi kartu di babak berikutnya seandainya El Real lolos.


“Bukan karena memandang remeh lawan, tapi kadang Anda harus mengambil keputusan seperti ini dan itulah yang yang saya lakukan,” kata Ramos usai pertandingan.
Ramos kemudian meluruskan pernyataanya itu usai pertandingan. Sekalipun hal tersebut tidak bisa mencegah UEFA melakukan penyelidikan.

“Maksud saya memaksakan pelanggaran, sebuah pelanggaran yang tidak bisa dihindarkan. Bukan sengaja mendapatkan kartu kuning. Saat itu dalam situasi serangan balik yang berbahaya di menit ke-88, dengan pertandingan yang terbuka dan duel yang terbuka juga,” ucap dia.

Dilaporkan ESPN, Komisi Disiplin UEFA akan memutuskan kasus ini pada Kamis (28/1/2019).

(rin/raw)