Pintu Air Karet dan Manggarai Siaga 3 Minggu Dini Hari

Liputan6.com, Jakarta – Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya Sabtu malam 16 Februari selama beberapa jam membuat ketinggian muka air di Pintu Air Karet dan Manggarai naik sehingga statusnya menjadi Siaga 3.

Seperti dilansir Antara dari akun  Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, pada pukul 00.00 WIB Minggu dini hari ketinggian muka air di Pintu Air Karet 400 centimeter (Siaga 4) dengan cuaca gerimis.

Pada pukul 01.00 WIB, ketinggian muka air meningkat menjadi 480 centimeter (Siaga 3) dengan kondisi cuaca hujan

Sedangkan di Pintu Air Manggarai, pukul 00.00 WIB ketinggian muka air 750 centimeter (Siaga 4) dengan cuaca gerimis dan pada pukul 01.00 WIB meningkat menjadi 800 sentimeter (Siaga 3) dengan kondisi cuaca mendung.

Sedangkan wilayah yang diperkirakan terdampak peningkatan tinggi muka air di Pintu Air Karet dan Manggarai antara lain Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan dan Tomang.

BPBD DKI Jakarta telah melakukan upaya penyebaran informasi kepada camat dan lurah beserta warga yang tinggal di bantaran kali melalui media sosial, seperti Twitter, Facebook, Blackberry Messenger, WhatsApp dan situs web. 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dipijit Menteri Basuki, Susi Pudjiastuti Tertawa Senang

Liputan6.com, Jakarta – Kekompakan menteri Presiden Jokowi kerap kali terjadi dalam pertemuan-pertemuan yang bersifat formal dan non formal. Kali ini, giliran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang mendapat perhatian.

Dalam foto yang diperoleh merdeka.com, nampak Menteri Basuki tengah memijat kaki Menteri Susi saat berada di suatu ruangan. Menteri Susi lantas tertawa lebar mendapat perlakuan Menteri Basuki.

Kepala Biro Kerja Sama dan Humas KKP, Lily Aprilya Pregiwati, mengatakan ruangan tersebut merupakan ruang tunggu Bandara Fatmawati, Bengkulu. “(Foto) Ini Ibu (Menteri Susi) di VIP room Bandara Fatmawati,” ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, pada Jumat 15 Febuari 2019.

Lily mengatakan, hari ini memang Menteri Susi dan menteri lainnya sedang mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bengkulu. “Hari ini presiden kunjungan ke Bengkulu dan didampingi beberapa menteri,” jelasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo tengah membangun dan menata sebuah Kampung Nelayan yang terletak di Sumber Jaya Kota Bengkulu yang diharapkan bisa menjadi ‘prototype’ bagi kampung-kampung nelayan yang lain.

“Paling tidak kita ada ‘prototype’ dari penataan kampung nelayan kalau sudah benar dikoreksi betul baru seluruh kampung nelayan digarap seperti ini,” kata Presiden Jokowi setelah meninjau Kampung Nelayan Sumber Jaya Kota Bengkulu, seperti dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi melihat kampung tersebut belum sepenuhnya rampung dibangun atau baru di bawah 20 persen rampung. Dari mulai sertifikat, fasilitas, hingga bangunan rumah belum terbangun sempurna namun sudah mulai tampak tertata rapi.

“Kurang lebih hasilnya akan seperti ini (lebih tertata rapi),” katanya.

2 dari 3 halaman

Kampung Sumber Jaya

Kampung Sumber Jaya, Bengkulu, dibangun di lahan seluas 12 hektare menampung 800 kepala keluarga (KK). Anggaran digelontorkan melalui Kementerian PUPR senilai Rp50,7 miliar dengan kontraktor PT Tirta Restu Ayunda.

Saat meninjau kampung tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 Jadi Rp 672 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas PT Aneka Tambang Tbk Antam) atau harga emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 672 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (16/2/2019). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam dibanderol Rp 668 ribu per gram.

Harga untuk pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam juga naik menjadi Rp 597 ribu per gram atau naik Rp 6.000. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 597 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 07.12 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.960.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.370.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

2 dari 3 halaman

Rincian Harga

Berikut ini rincian harga Emas Antam untuk berbagai ukuran:

* Pecahan 0,5 gram Rp 360.500

* Pecahan 1 gram Rp 672.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.293.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.918.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.180.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.295.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.630.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.185.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.300.000

* Pecahan 250 gram Rp 155.500.000

* Pecahan 500 gram Rp 310.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 621.600.000.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menjadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak?

Liputan6.com, Jakarta – Di era sekarang, pekerjaan tidak melulu mengharuskan Anda pergi ke kantor dan berseragam. Anda bisa menghasilkan uang lewat internet, seperti blogging.

Jika dulu blogging hanya dilihat sebagai hobi di waktu senggang, sekarang blogging dapat dijadikan profesi jika Anda menekuninya dengan serius. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini, dikutip dari Daily Mail (06/02/2019), jika ingin menjadi blogger sukses.

Tidak semua blogger memiliki pengaruh atau influence di khalayak umum. Tipe blogger ini biasanya hanya ngeblog untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, semakin banyak pengikut aktif seorang blogger, maka semakin besar juga peluang blogger tersebut untuk mendapatkan banyak uang.

Seperti yang dilakukan blogger lifestyle terkenal Huda Kattan yang menghargai satu postingan di blognya senilai 10 ribu euro atau sekitar Rp. 158 juta. Tentu saja ada yang mau menggunakan jasanya karena ia memiliki pengikut yang banyak.

Namun, aktivitas blogging bukan hanya sebatas mencari uang. Lebih luas lagi, aktivitas ini dapat membantu menyebarkan beragam sudut pandang dan opini pada generasi sosial media. Oleh karenanya, Anda harus tetap berhati-hati saat menulis postingan di blog Anda.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Peralatan Tempur Anda

Alat tempur para blogger paling utama adalah komputer atau laptop dengan koneksi internet. Selain itu, para blogger juga harus menyiapkan beberapa akun untuk membuat blog, seperti akun email dan akun blog.

Anda dapat memilih beberapa provider blog yang Anda rasa nyaman sebagai media berbagi. Beberapa diantaranya ialah WordPress, WIXsite, Blogger, Tumbler dan lainnya.

Jika ingin terlihat profesional, Anda dapat menyewa domain yang harganya berkisar tiap tahunnya. Anda juga bisa membenamkan fitur lain di blog Anda dengan biaya tambahan juga tentunya.

Setelah lapangan Anda telah siap, saatnya tentunya apa permainan yang akan Anda isi di lapangan itu. Anda harus menemukan permainan yang menarik yang akan ditonton banyak orang. Sama seperti blog, siapkan topik menarik yang akan dibaca orang.

Kebanyakan, blogger berbayar fokus pada topik kecantikan dan hiburan. Meskipun begitu, Anda tetap bebas menentukan topik yang Anda minati. Seorang blogger bernama James Prestridge, awalnya membuat blog bertema review film yang begitu ia minati. Saat ini, pembacanya telah melewati angka lebih dari 20.000 pembaca.

Ada juga yang setiap harinya menulis review film sepanjang 800 kata dan diposting ke blognya. Jika ditekuni dengan baik, topik apapun akan dibaca oleh orang. Namun, kami sarankan untuk memilih tema yang diminati banyak orang untuk meningkatkan peluang terbacanya artikel.

3 dari 3 halaman

Promosikan Blog Anda dengan Tepat

Mempromosikan blog tidak jauh berbeda dengan mempromosikan produk jualan. Anda harus meyakinkan calon pembaca Anda bahwa isi blog Anda adalah hal yang mereka butuhkan.

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Snapchat, Anda bisa mengenalkan blog Anda kepada orang lain, dimulai dari teman dan kerabat Anda.

Jika sudah memiliki beberapa pembaca, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui iklan atau sponsor. Jasmine Johnson, blogger travel asal Brixton menyewa space untuk mengiklankan blognya di Instagram, yang kemudian terhubung dengan blognya langsung.

Saat ini, Jasmine mendapatkan bayaran 100 euro per artikel yang ia tulis di blog. Dengan strategi periklanan yang ia gunakan, bukan tidak mungkin jumlah bayarannya akan bertambah besar. Anda dapat menggunakan strategi ini.

Setelah mendapatkan pengunjung blog, Anda harus tetap memperhatikan kualitas artikel Anda. Cek akurasi konten sebelum Anda posting, pastikan artikel Anda mengandung informasi dan hiburan yang dibutuhkan para pembaca.

Resep Mudah dan Murah Ramuan Tradisional Pencegah Lemah Syahwat

Liputan6.com, Jember – Kehidupan harmonis, bahagia, dan berkecukupan ekonomi, menjadi dambaan setiap keluarga. Namun, hidup harmonis dalam keluarga tidak datang begitu saja. Faktor kesehatan jasmani dan rohani juga mengambil peran penting.

Pekerjaan yang menyita tenaga tentu menjadi momok yang menggerogoti kesehatan dan stamina. Tentu, dampaknya selain mengganggu aktivitas sehari-hari, juga aktivitas di ranjang.

Di tengah kemajuan ilmu dan teknologi juga diikuti dengan kemajuan medis dan farmasi, tentunya banyak ditemukan obat penambah stamina untuk mengatasi impotensi atau lemah syahwat.

Berbagai produk berbahan kimia sintetis ditawarkan, yang justru membawa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, muncul adanya kesadaran dan kampanye back to nature di kalangan masyarakat.

Apalagi di negeri kita tercinta, banyak warisan resep dari nenek moyang yang sudah teruji khasiatnya. Indonesia terkenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati berupa ratusan jenis obat.

Tanaman jenis obat tersebut telah digunakan dan dimanfaatkan untuk pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit berat di antaranya seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker asam urat, hingga penyakit yang ditakutkan kaum pria yakni impotensi.

“Impotensi atau lemah syahwat adalah ketidakmampuan alat kelamin pria untuk ereksi, sehingga si penderita tidak bisa melakukan hubungan seksual,” ujar Bambang Sudewo, penulis buku Tanaman Obat Populer penggempur aneka penyakit, Kamis, 14 Februari 2019.

Dia menjelaskan banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya disfungsi ereksi antara lain faktor psikologis, kelelahan, gangguan sistem syaraf, dan penyakit diabetes melitus.

“Faktor psikis akibat hubungan suami istri yang kurang harmonis, stres, atau depresi berat. Kondisi kesehatan yang menurun akibat sakit yang berat,” katanya.

Karena itu, supaya impotensi tidak sampai mengganggu keharmonisan dalam berumah tangga, perlu ada pencegahan dan pengobatan bagi yang sudah terjangkit.

2 dari 2 halaman

Resep Mudah Obat Tradisional

Menurut Bambang Sadewo ada delapan langkah pencegahan impotensi. Pertaman, membangun rasa percaya diri bahwa kelemahan sementara pada gangguan psikis bisa segera diatasi.

Kemudian, menghindari minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan menurunnya kemampuan hubungan seksual secara normal. Jika menderu penyakit diabetes melitus, maka segera lah mengatasinya.

Keempat, menghindari stres, cemas yang berlebihan, depresi berat, dan menjalankan pola hidup sehat. Lalu, menjaga keharmonisan hubungan suami istri, sehingga kemesraan dapat dibangkitkan saat berhubungan seks.

Jika terjadi gangguan pada fungsi organ lain seperti ginjal, sumsum tulang belakang, prostat dan pankreas harus diupayakan penyembuhan secara tuntas. Ketujuh, mengonsumsi makanan yang bergizi, sayuran, dan buah untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Terakhir, menjalankan pola hidup yang sehat dengan pola makan yang seimbang serta berolahraga secara teratur merupakan upaya terbaik untuk menghindari keluhan impotensi.

Di samping cara tersebut, ada ramuan sederhana yang mampu mengatasi impotensi dan meningkatkan vitalitas kaum pria.

Ramuan pertama hanya membutuhkan gingseng 30 gram, cabai jawa 20 gram, lada 20 gram, jahe merah 15 gram, dan air 800 mililiter.

Cara membuatnya terbilang mudah, yakni semua bahan tersebut dicuci bersih kemudian direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring.

Ramuan ini diminum 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum satu gelas dan bisa ditambahkan kuning telur, serta dua sendok madu yang diaduk hingga merata.

Sementara ramuan kedua berbahan gingseng jawa 30 gram, cabai jawa 20 gram, pegagan 20 gram, pronojiwo 10 gram, dan air 800 ml. Cara pembuatan dan aturan pemakaiannya sama dengan ramuan pertama.

Selain itu, untuk mengatasi impotensi juga bisa dengan jus buah dan sayuran, dengan bahan yang mudah dan paling gampang dicari, yakni kucai 30 gram, tauge 30 gram, anggur merah 100 buah, kurma 100 buah, dan air setengah gelas.

Cara pembuatan dengan mengejus semua bahan hingga halus. Penggunannya dengan meminum jus ini sehari 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas.


Simak video pilihan berikut ini: 

Potret Masa Lalu Jupiter Fortissimo, Tak Kapok-kapok Pakai Narkoba

Liputan6.com, Jakarta Nama aktor tampan Jupiter Fortissimo memang mulai tenggelam dari ramainya dunia hiburan di Tanah Air. Namun, artis yang biasa dipanggil Jupe ini namanya muncul kembali di permukaan karena kasus narkoba yang menimpanya.

Pasalnya, polisi kembali menangkap Jupiter Fortissimo atas kepemilikan sabu, Senin (11/2/2019). Dari tangan Jupiter Fortissimo, polisi berhasil mengamankan sabu seberat 0,53 gram sisa pakai. Saat menjalani tes urine beberapa saat setelah penangkapan, Jupiter Fortissimo dinyatakan positif mengonsumsi sabu.

“Pemeriksaan urine sudah positif ya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/2/2019).

Saat ini polisi tengah mendalami lebih lanjut kepemilikan narkoba dari tangan Jupiter Fortissimo. Terlebih ini bukanlah kali pertama dirinya berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama.

Tak hanya narkoba, polisi juga mengamankan alat hisap sabu dari tangan Jupiter Fortissimo. Saat penangkapan, Jupiter Fortissimo sedang bersama rekannya yang juga kedapatan memiliki sabu.

2 dari 8 halaman

Tak Kapok Pakai Narkoba

Jupiter Fortissimo sendiri baru saja 5 bulan bebas setelah menjalani hukuman penjara selama 2,5 tahun karena kasus yang sama. Sebelumnya, Jupiter Fortissimo pernah ditangkap terkait kasus yang sama pada 10 Mei 2016. Aktor tersebut ditangkap atas kepemilikan narkoba jenis sabu.

Jupiter ditangkap bersama sang bandar yang memang telah menjadi incaran. Dalam kasus ini, polisi menetapkan Jupiter sebagai tersangka pemakai dan bukan pengedar.

Atas perbuatannya, Jupiter Fortissimo divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, 2 tahun 6 bulan penjara. Vonis ini jauh lebih rendah ketimbang tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yakni 5 tahun penjara dan denda Rp 800 juta. Setelah menjalani hukuman, Jupiter dinyatakan bebas pada 27 Juli 2018 lalu.

Penasaran bagaimana sosok Jupiter Fouttissimo di masa lalu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Instagram, Kamis (14/2/2019).

3 dari 8 halaman

1. Awal perjalanan karir Jupiter Fortissimo menjadi model

4 dari 8 halaman

2. Jupiter Fortissimo Saat Menjadi cover majalah Gaul pada 2003

5 dari 8 halaman

3. Jupiter Fortissimo Jadi Model majalah Aneka Yess pada tahun 1998

6 dari 8 halaman

4. Pemilik nama lengkap Jupiter Fourtissimo Jansen Talloga memiliki senyum yang ramah

7 dari 8 halaman

5. Potret Jupiter Fortissimo saat berusia 14 tahun

8 dari 8 halaman

6. Jupiter Fortissimo Bersama pemain sinetron ‘Pura-pura Buta’

BNI Syariah Cetak Laba Rp 416,08 Miliar Sepanjang 2018

Liputan6.com, Jakarta – PT BNI Syariah membukukan laba sebesar Rp 416,08 miliar. Laba tersebut naik  36,67 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy) dibandingkan 2017 sebesar Rp 307 miliar.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menuturkan, per Desember 2018, aset Perseroan mencapai Rp 41,05 triliun atau tumbuh sebesar 17,88 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

Sedangkan dari sisi bisnis dana pihak ketiga (DPK) BNI Syariah mencapai Rp 35,50 triliun atau tumbuh 20,82 persen dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari Rp 3 juta. 

“Komposisi DPK tersebut didominasi oleh dana murah (Giro dan Tabungan) yang mencapai 55 82 persen. Komposisi dana murah ini juga meningkat jika dibanding tahun sebelumnya 51.60 persen,” ujar dia di Gedung BNI Syariah, Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, dari sisi penyaluran dana, Perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 28,30 triliun atau naik 19,93 persen.

Komposisi pembiayaan pada 2018 disumbang oleh segmen konsumer sebesar Rp 13,92 triliun atau setara 49,17 persen. 

“Itu diikuti segmen komersial sebesar Rp 7 triliun, segmen kecil dan menengah sebesar Rp 5,97 triliun, segmen mikro Rp 1,08 triliun, dan Hasanah Card sekitar Rp 332,69 miliar. Kemudian Non Performing Financing (NPF) 2018 dibawah 3 persen yaitu sebesar 2.93 persen,” ujar dia.

Untuk strategi tahun ini, BNI Syariah akan meningkatkan ekspansi pembiayaan kepada sektor komersial secara selektif kepada nasabah yang memiliki tingkat risiko rendah seperti BUMN. 

“Tapi secara bankwide kami akan meningkatkan porsi pembiayaan pada segmen ritel (small and medium) dan sedikit menurunkan porsi segmen komersial. Kami menargetkan segmen komersial tumbuh di kisaran 20 persen,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Total Aset BNI Tembus Rp 800 Triliun pada Akhir 2018

Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah mengelola aset Rp 808,57 triliun di akhir 2018. Angka tersebut tumbuh 14 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

“Pada akhir 2018, untuk pertama kalinya BNI berhasil mencatatkan total aset melampaui Rp 800 triliun, tepatnya Rp 808,57 triliun atau tumbuh 14 persen yoy dibandingkan akhir 2017 yang tercatat Rp 709,33 triliun,” kata Adi, di Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Pertumbuhan aset BNI ini jauh melampaui pertumbuhan aset di industri perbankan yang mencapai 9,1 persen per November 2018. Kinerja positif ini juga ditopang oleh positifnya pencapaian anak-anak perusahaan.

“Kinerja anak perusahaan BNI sepanjang 2018 menunjukkan tren peningkatan yang positif dan memberikan kontribusi terhadap laba bersih BNI,” ujar dia.

Seperti diketahui, BNI memiliki 5 perusahaan anak yang meliputi BNI Syariah, BNI Life, BNI Multifinance, BNI Sekuritas dan BNI Asset Management. Kelima perusahaan ini mampu memberikan kontribusi 9,24 persen terhadap total laba BNI konsolidasi.

Selain itu, hal itu juga didukung oleh kemampuan dalam mengelola likuditas secara optimal. “Meskipun berada pada kondisi pasar likuiditas yang sangat ketat, BNI mampu menjaga pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 12,1 persen yoy, yaitu dari Rp 516,10 triliun pada Desember 2017 menjadi Rp 578,78 triliun pada Desember 2018,” kata dia.

Penghimpunan DPK BNI tersebut diiringi dengan menurunnya Cost of Fund dari 3,0 persen pada Desember 2017 menjadi 2,8 persen pada Desember 2018.

Hal ini tersebut tercapai karena BNI berhasil menumbuhkan rasio dana murah (CASA) dari level 63,1 persen pada Desember 2017 menjadi 64,8 persen pada Desember 2018.

“Perbaikan rasio dana murah ini tidak terlepas dari pertumbuhan giro sebesar 18,2 persen yoy dan tabungan sebesar 13,0 persen yoy, yang lebih tinggi dibandingkan peningkatan deposito BNI yaitu 6, persen,” tutur dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Arab Saudi Pangkas Produksi, Harga Minyak Melonjak

Liputan6.com, New York – Harga minyak naik dua persen setelah produsen utama Arab Saudi menyatakan akan memangkas ekspor minyak dan memberikan penurunan lebih dalam untuk produksinya.

Akan tetapi, membengkaknya persediaan minyak mentah AS membatasi reli harga minyak. Persediaan minyak AS naik pada pekan lalu ke level tertinggi sejak November 2017.

Ini seiring pemurnian dipangkas ke posisi terendah sejak Oktober 2017. Hal ini berdasarkan pernyataan the Energy Information Administration (EIA).

Kenaikan terjadi meski impor turun ke posisi terendah. Hal ini seiring produksi minyak mentah domestik tetap pada posisi teratas untuk minggu kelima berturut-turut.

Harga minyak Brent naik USD 1,23 ke posisi USD 63,65 pada pukul 11.26 waktu setempat. Harga minyak global acuan tersebut sebelumnya sentuh posisi tertinggi ke posisi USD 63,98, kemudian penguatan terbatas usai rilis data.

Sementara itu, harga minyak AS naik USD 1,07 ke posisi USD 54,17 per barel. “Laporan cenderung tertekan. Pasar bertahan karena harapan kesepakatan perdagangan, dan indeks Dow Jones menguat,” ujar Analis Price Futures Group, Phil Flynn, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (!4/2/2019).

Namun, menurut Wakil Presiden Senior INTL FCStone, Tom Saal, laporan yang agak turun tidak banyak mengguncang sentimen pasar yang sangat positif.

“Ini sedikit turun. Namun, berita tentang Arab Saudi cukup signifikan sehingga pasar bereaksi terhadap hal itu lebih dari pada hal lainnya saat ini,” kata Saal.

2 dari 2 halaman

Pangkas Produksi Minyak

Pada Selasa pekan ini, Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih menuturkan, produksi Arab Saudi akan turun di bawah 10 juta barel per hari pada Maret.

Ini lebih dari setengah juta di bawah target yang disepakati dalam kesepakatan antara OPEC dan sekutunya. Hal ini bertujuan untuk membatasi pasokan global.

The Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) mengatakan telah memangkas produksi hampir 800 ribu barel per hari pada Januari menjadi 30,81 juta barel per hari. Arab Saudi pun bertanggung jawab atas sebagian besar pengurangan itu.

“Ini fakta kalau ekonomi dunia kehilangan momentum di tengah sejumlah besar risiko penurunan termasuk ketegangan perdagangan AS dan China yang masih berlangsung dan ketidakpastian politik,” ujar PVM Oil Associates, Stephen Brennock.

Pembatasan AS di sektor energi Venezuela harus menghapus 300 ribu barel per hari dalam pasokan pada tahun ini. Hal itu berdasarkan Goldmand Sachs.

Harga minyak telah naik 20 persen sepanjang 2019. Akan tetapi, sebagian besar kenaikan itu terjadi pada awal Januari sebelum pengenaan sanksi AS terhadap sektor energi Venezuela.

Pasokan minyak global tetap dipasok dengan baik. Badan Energi Internasional mengatakan, kalau laporan pasar bulanan dan produksi masih harus melebihi permintaan pada 2019.

“Harga minyak tidak meningkat secara mengkhawatirkan karena pasar masih bekerja dari surplus yang dibangun pada paruh kedua 2018,” tulis EIA.

“Dalam hal kuantitas, pada 2019, AS akan meningkatkan produksi minyak mentah lebih dari produksi Venezuela saat ini. Dalam hal kualitas, lebih rumit, masalah kualitas,” ujar dia.

Produksi minyak mentah AS akan tumbuh 1,45 juta barel per hari pada 2019. Kemudian tahun depan sekitar 790 ribu barel sehingga mencapai 13 juta barel per hari pada 2020.

Adapun pertumbuhan yang dipimpin oleh produksi minyak AS telah membangun persediaan global untuk produksi minyak mentah dan olahan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Instagram Tes Fitur DM untuk Versi Web, Bisa Balas Pesan Via PC

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sedang populer di seluruh dunia. Instagram nampaknya telah menjadi salah satu media sosial yang mampu menarik banyak pengguna.

Pada Juni 2018, Instagram hampir memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan. Jumlah ini jelas terbilang sangat besar dengan peningkatan yang signifikan, mengingat pada September 2017 mereka masih memiliki 800 juta pengguna.

Instagram memang menarik sebagi tempat untuk berbagi momen berupa foto dan video. Selain berbagi foto dan video Instagram memiliki salah satu fitur untuk mengirim dan menerima pesan langsung atau Direct Message (DM).

Dikabarkan Instagram sedang mengetes secara internal fitur DM melalui web atau desktop.

2 dari 4 halaman

Instagram versi web

Selain melalui aplikasi Instagram yang diunduh melalui Play Store dan Appstore, Instagram dapat diakses melalui web di browser yang ada di ponsel atau desktop dengan alamat instagram.com.

Para pengguna Instagram dapat mengakses akun Instagramnya melalui web browser. Pada awalnya fitur-fitur yang ditawarkan pada Instagram versi web ini cukup terbatas, hanya dapat melihat postingan dan feed pada timeline dan profil Instagram.

Namun seiring berjalannya waktu, Instagram mulai menambahkan beberapa fitur di Instagram versi web. Pada 2016 silam Instagram meluncurkan fitur Discover People untuk versi website-nya.

Fitur ini berbentuk ikon kompas kecil yang ketika diklik akan mengantarkan pengguna ke halaman baru berisi pengguna-pengguna lain yang mungkin Anda kenal.

Kemudian pada 2017, Instagram mengeluarkan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram melihat Instagram Stories melalui websitenya.

3 dari 4 halaman

Fitur DM di Instagram versi Web

Dilansir dari The Verge oleh Liputan6.com Rabu (13/2/2019) Instagram dilaporkan sedang menguji kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan langsung atau Direct Message (DM) versi web di perangkat seluler dan desktop.

Kabar ini pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli Reverse Engineering, Jane Manchun Wong. Reverse engineering sendiri adalah sebuah proses untuk mencari dan menemukan sebuah sistem teknologi, fungsi dan operasi yang bekerja di balik suatu aplikasi melalui sebuah proses analisa yang mendalam pada setiap komponen struktur dari aplikasi yang diteliti.

Melalui twitternya @wongmjane, Jane mengunggah beberapa screenshoot yang membuktikan bahwa Instagram sedang mengetes fitur DM versi Instagram ini.

4 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Rencana Facebook Menggabungkan Aplikasi Pesan

Jane Manchun Wong pertama kali melihat uji internal terhadap fitur tersebut tak lama setelah muncul kabar bahwa Facebook bermaksud menyatukan beberapa aplikasi perpesanannya seperti Messenger, WhatsApp dan Instagram DM.

Langkah ini dinilai ada hubungannya dengan rencana Facebook untuk menggabungkan DM Messenger, WhatsApp, dan Instagram ke dalam satu platform tunggal. Untuk saat ini, salah seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada The Verge bahwa fitur tersebut tidak sedang diuji publik.

Malaysia Gagalkan Penyelundupan 30 Ton Trenggiling untuk Obat Tradisional

Liputan6.com, Kuala Lumpur – Pihak berwenang Malaysia mencatatkan rekor penyitaan sekitar 30 ton trenggiling, yang diperkirakan bernilai US$ 2 juta, atau setara Rp 28 miliar.

Dikutip dari Channel News Asia pada Selasa (12/2/2019), penyitaan tersebut meliputi sekitar 1.800 kotak penuh trenggiling beku, yang dimasukkan ke dalam tiga unit freezer berukuran besar.

Selain itu, ditemukan pula 572 ekor trenggiling sangat beku pada enam unit freezer berukuran sedang. Sebanyak 61 ekor lainnya disita dalam kondisi hidup di kandang-kandang sempit.

Pihak bea cukai Malaysia juga menemukan sebanyak 361 kilogram pangolin, alias produk obat-obatan khas Tiongkok dari bahan baku trenggiling.

Penyitaan besar-besaran ini bermula dari sebuah petunjuk pada penggrebekan sebuah pabrik dan gudang pengolahan trenggiling di negara bagian Sabah, pada Kamis pekan lalu.

Menurut kepala polisi setempat, Omah Mammah, seorang pria berusia 35 tahun ditangkap, karena diduga bertanggung jawab atas operasional pabrik dan gudang terkait, sekaligus menyimpan kunci terhadap sindikat penjualan hewan ilegal.

Diyakini bahwa praktik penyelundupan trenggiling ini telah berjalan selama hampir satu dekade terakhir, di mana hal itu diduga kuat berasal dari transaksi dengan pemburu liar, untuk kemudian didistribusikan di Malaysia via pasar gelap.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Mamalia Langka yang Banyak Diperdagangkan

Saat ini, sebagian besar negara di Asia Tenggara tengah berjuang bersama memberantas perburuan liar dan penyelundupan trenggiling, mamalia langka yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Makhluk yang sangat terancam punah, juga dikenal sebagai trenggiling bersisik, telah lama menjadi target buruan karena bagian tubuh mereka dianggap berkhasiat dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Di beberapa masyarakat negara Asia Timur lainnya, seperti Vietnam Korea, daging trenggiling juga kerap dianggap sebagai bahan makanan lezat, yang merepresentasikan prestise dan kemakmuran.

Sebelumnya, Malaysia sering menggagalkan upaya penyelundupan trenggiling dari dan ke luar negeri, namun dalam skala yang jauh lebih kecil. Baru sekarang, Negeri Jiran berhasil mengungkapnya secara besar-besaran.

“Temuan ini menyiratkan bahwa populasi trenggiling bisa jadi dalam kondisi mengkhawatirkan, mengingat fakta bahwa permintaan akan satwa dilindungi tersebut tetap tinggi. Saya harap bukan hanya menyita, namun juga memberantas hingga ke akar masalahnya di hulu,” ujar Kanitha Krishnasamy, salah seorang pimpinan Traffic, lembaga sosial yang memantau risiko penyelundupan di Asia Tenggara.