8 Tahun Lagi, Volkswagen Bermesin Bensin dan Diesel Punah

Ada yang menarik di gelaran Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017. Sebuah motor kustom, dipajang di tengah-tengah acara tahunan penggemar mobil asal Jerman tersebut, dan sangat menarik perhatian pengunjung.

Ternyata, motor yang hadir di pameran mobil ini, merupakan karya dari Retro Classic Cycles yang dimotori oleh Lulut Wahyudi. Ya, Lulut yang dikenal sebagai bike builder, sekaligus penggagas Kustomfest, ternyata salah satu penggemar mobil klasik juga, termasuk Volkswagen.

Nah, dalam gelaran JVWF 2017 ini, Lulut membawa motor kustom dengan dipersenjatai mesin VW 1600 dual port. Selain itu, sang builder juga meracik frame DOM tubing 1,25 dan 1,5 inci, serta sudut rake 30 derajat agar bisa mendudukkan mesin dengan mempertimbangkan akurasi antara dimensi dan bobot mesin untuk menjadi sumber tenaganya.

Selain itu, pekerjaan lainnya tentu merancang ulang sistem transmisi, karena dibuat pengoperasiannya seperti mengendarai motor pada umumnya.

Mekanisme kopling misalnya, dipindahkan ke bagian setang secara hidraulic agar bisa dioperasikan layaknya motor. Tentunya, ini butuh modifikasi khusus yang semuanya dikerjakan maraton di Retro Classic Cycles.

Begitu juga halnya dengan transmisi yang ditempatkan di kaki, dengan mekanis khusus sebanyak 4–speed. Sementara transaxle-nya, dikembangkan juga oleh tim Retro Classic Cycles.

“Motor ini saya persembahkan untuk dunia kustom kulture Indonesia, dengan memanfaatkan kesukaan saya terhadap Volkswagen untuk selanjutnya dibuatkan dalam sosok motor kustom,” jelas Lulut dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, ditulis Rabu (22/11/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *