8 Cara Memotong dan Merawat Rambut Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

1. Sebelum memotong rambut bayi, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan telah tersedia di dekatmu. Hal ini supaya kamu bisa sigap dan cepat bereaksi dalam memotong rambut si bayi nantinya. Alat-alatnya yaitu gunting rambut, pisau cukur, 2 handuk kecil yang lembut, dan air hangat secukupnya

2. Selanjutnya, jangan lupa membasahi atau mencuci rambut si bayi terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan menyemprot bagian-bagian yang akan dipotong saja. Hal ini berguna untuk membantu memudahkanmu saat memotong rambut nantinya.

3. Cari posisi yang aman dalam mencukur rambut si bayi. Pastikan bayi tertidur dengan lelap supaya tidak ada gerakan-gerakan yang nantinya dapat menyusahkan. Selain itu kamu bisa memegang kepala si bayi dengan menggunakan alas handuk yang lembut sambil mencukur rambutnya.

4. Gunting rambut bayi yang panjang terlebih dahulu. Lakukan dengan hati-hati tanpa membangunkan si bayi.

5. Setelah rambut yang panjang digunting, basahilah dengan air hangat.

6. Selanjutnya, cukur dengan pisau cukur. Kegiatan mencukur ini terhitung sebagai kegiatan yang paling membutuhkan konsentrasi dan harus penuh hati-hati. Usahakan arah gerak posisi pisau cukur vertikal ke bawah dan lakukan dengan perlahan.

7. Jika terjadi luka goresan pada kulit kepala bayi, jangan panik. Segera obati dengan cotton buds yang telah diberikan antiseptic secara perlahan.

8. Yang terakhir, bersihkan rambut yang tersisa di leher si bayi dengan sisir bulu atau bedak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *