Prabowo: 72 Kartel Narkoba Masuk RI, Saya Tidak Ngarang

Bandung – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto berbicara mengenai bahaya narkoba. Prabowo menyebut dari data Badan Narkotika Nasional (BNN) ada 72 kartel narkoba masuk ke Indonesia.

Dalam pidatonya di Kampus Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) pada Jumat (8/3/2019) Prabowo awalnya berbicara soal bahaya narkotika yang menggerogoti generasi muda Indonesia. Prabowo menyampaikan data BNN sampai tahun 2015.

“BNN sendiri mengatakan bahwa sampai 2015, pengguna narkoba itu 5,9 juta. Tapi enggak ada data dari 2016, 2017 dan 2018. Tapi kalau lihat kenaikan data penambahan sama, kemungkinan 8 juta. 8 juta anak-anak kita kena narkoba. Berarti bayangkan lebih besar dari penduduk Singapura. Kalau diteruskan 10 tahun lagi, bagaimana mau? 20 juta anak-anak kita candu narkoba,” kata Prabowo.

Prabowo lantas mengatakan bahwa saat ini ada 72 kartel narkoba masuk ke dalam negeri. Prabowo menegaskan jumlah tersebut berdasarkan data yang dia terima dari BNN.

“Dari BNN sendiri, kepolisian, mengatakan ada 72 kartel internasional masuk Indonesia. Saya pakai semua data resmi, saya tidak ngarang, saya tidak berani bikin hoaks-hoaks,” tandas Prabowo.

(dir/ern)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

MMA Prediksi Tren Iklan Mobile di Indonesia Semakin Meningkat

Liputan6.com, Jakarta – Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia memaparkan tren pemasaran di perangkat mobile pada tahun 2019 ini. Hal ini tidak lepas dari jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang terus meningkat.

Dalam paparan data tersebut, terungkap orang Indonesia paling banyak mengakses internet melalui perangkat seluler. Sisanya, mengakses menggunakan PC.

Dipaparkan oleh Program Director MMA APAC, Azalea Aina, 97 persen orang Indonesia mengakses internet dari smartphone, di mana 89 persennya mengakses dari perangkat Android, padahal di global yang mengakses internet dari Android hanya 72 persen.

Selain itu, waktu akses atau time spent orang Indonesia di perangkat mobile bisa mencapai 4 jam per harinya, lebih dari rata-rata pengguna global yang hanya mengakses smartphone 3 jam per hari.

“Dengan penggunaan smartphone per hari yang melebihi rata-rata pengguna global ini, konsumsi digital pengguna di Indonesia sangat besar dari tahun ke tahun. Akses konten digital melalui tablet dan PC turun sejak 2016 hingga saat ini,” kata Azalea di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Selain itu, maraknya penggunaan layar kedua (dalam hal ini smartphone) saat pengguna sedang menonton televisi juga mempengaruhi naiknya konsumsi digital. Maka tak heran jika potensi marketing melalui iklan di perangkat mobile ikut meningkat.

2 dari 2 halaman

Tren Pemasaran Melalui Perangkat Seluler di 2019?

Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Lantas, apa saja tren pemasaran melalui perangkat seluler di 2019? Kata Azalea, pembayaran seluler di Tanah Air bakal menjadi era baru.

Dia menyebut, maraknya pembayaran melalui aplikasi di perangkat mobile bisa dijadikan peluang bagi advertiser untuk mengiklankan produknya.

Saat ini, menurut Azalea, metode pembayaran dengan Gopay, OVO, DANA, hingga TCash yang kini berubah nama jadi LinkAja bisa ikut dimanfaatkan.

Tren selanjutnya adalah konsumsi terhadap video vertikal. Azalea menyebut, konsumsi video tumbuh signifikan pada 2018. Menurut data Telkomsel, ada peningkatan 59 persen dalam penggunaan data di jaringan mereka untuk menonton video dengan jumlah penonton video di jaringannya sebanyak 62 juta user.

“Karena banyaknya pengguna yang akan menikmati konsumsi video dalam beberapa tahun ke depan, Telkomsel menyiapkan kapasitas data 120 Petabyte di tahun 2020 untuk melayani 80 juta penonton video,” tutur Azalea.

Namun demikian, format video yang dinikmati pengguna pun makin beragam, salah satunya adalah format vertikal.

“Sekarang video viewing berubah dari horizontal ke vertikal, dan ini didrive oleh Instagam dan TikTok. Implikasinya, advertiser pun harus menyesuaikan konten-konten iklannya agar selaras dengan tren konsumsi video,” kata Azalea.

Di MMA, kata Azalea, mereka mengingatkan agar brand membuat iklan video yang formatnya vertikal.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Simpel dan Akurat

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak orang yang mencanangkan pola hidup sehat. Selain agar terhindar dari penyakit, pola hidup sehat juga menjadi alasan sebagian orang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Baik wanita maupun pria.

Untuk memiliki bentuk tubuh yang ramping bagi wanita dan bentuk tubuh yang sehat atletis bagi pria membutuhkan suatu usaha. Bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk akan meningkatkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

Sebenarnya bentuk tubuh yang ideal adalah hal yang subjektif. Anggapan setiap orang akan tubuh ideal bisa berbeda-beda sesuai dengan perspektifnya masing-masing. Bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah hal yang subjektif, maka untuk berat badan sendiri adalah hal yang objektif.

Berat badan ideal dan bentuk tubuh ideal adalah hal yang berbeda. Bisa saja bukan bentuk tubuhmu yang menjadi masalah tetapi dari berat badanmu yang tidak ideal.

Jika bentuk tubuh ideal bisa berbeda dari setiap orang, maka berat badan ideal biasanya dapat dihitung. Berat badan yang ideal dapat dihitung dengan berbagai cara.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) dari berbagai sumber, ada cara menghitung berat badan ideal bagi kamu yang masih bingung untuk mengetahui berat badan ideal yang harus kamu miliki.

2 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

BMI adalah kepanjangan dari Body Mass Index yang merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi badan. Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI ini dimulai pada usia 20 tahunan. Untuk di bawah usia 20 tahun perhitungannya akan berbeda. Cara menghitung berat badan ideal dengan cara ini yaitu:

Berat badan ideal = berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Sebagai contoh:

Berat badan kamu adalah 45 kg dengan tinggi 1.55 m. Kalikan tinggi badan dalam kuadrat terlebih dahulu.

1.55 kuadrat = 2.4

Lalu masukkan dalam rumus, 45 : 2.4 = 18.7, maka nilai BMI kamu adalah 18.7.

Dalam perhitungan BMI terdapat beberapa keterangan seperti berikut:

1. Angka BMI normal adalah antara 18.5 sampai 25

2. Di bawah angka 17, maka kamu masuk kategori kekurangan berat badan

3. Di atas 25 kamu kelebihan berat badan ringan

4. Jika di atas 40, maka kamu termasuk kelebihan berat badan.

Jika dari contoh di atas yang menghasilkan angka 18.7 maka berat badan idealmu termasuk normal.

3 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan ideal selain menggunakan BMI, kamu juga bisa menghitung menggunakan Brosca. Rumus Brosca menggunakan cara menghitung yang berbeda antara wanita dan pria.

Untuk wanita, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus:

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 15%}

Untuk pria, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus;

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 10%}

Sebagai contoh,

1. Seorang wanita memiliki tinggi badan 165, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu dengan cara:

(165-100) – {(165-100) x 15%} = 65 – 9.75 = 55,25

Maka berat badan ideal wanit tersebut adalah 55,25 kg.

2. Seorang pria memiliki tinggi badan 180, maka cara menghitung berat badan ideal pria tersebut yakni:

(180-100) – {(180-100) x 10%} = 80 – 8 = 72

Maka berat badan ideal pria itu adalah 72 kg.

4 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal untuk anak

Cara menghitung berat badan ideal ini diperuntukkan bagi anak yang masih berusia antara 1 sampai 10 tahun. Mengetahui berat badan ideal pada anak juga penting untuk diketahui bagi para orangtua agar asupan makanannya selalu seimbang dan tidak berlebihan.

Cara menghitung berat badan ideal anak menggunakan rumus yang cukup sederhana. Rumusnya yaitu, berat badan ideal = 2.n + 8

n adalah sebagai keterangan untuk umur anak dalam tahun. Jadi angka umur anak dikalikan 2 kemudian ditambah 8.

Sebagai contoh, seorang anak berusia 9 tahun 3 bulan maka cara menghitung berat badan ideal anak tersebut yaitu,

Berat badan ideal = (2 x 9,3) + 8 = 26.6

Maka berat anak yang berusia 9 tahun 3 bulan tersebut adalah 26.6 kg.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dibutuhkan suatu usaha. Namun jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan. Pilihlah cara dengan memulai pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Demikian cara menghitung berat badan ideal untuk wanita, pria dan anak-anak dengan rumus-rumus yang sederhana di atas. Perlu diingat tak semua orang bisa mematok angka berat badan ideal menggunakan cara di atas. Seperti seorang atlet yang mengharuskan memiliki massa otot yang sedikit berlebih bukan berarti tidak memiliki berat badan yang ideal.

Wall Street Bervariasi Usai Ada Pernyataan Perwakilan Dagang AS

Liputan6.com, New York – Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street bervariasi setelah perwakilan dagang AS Robert Lighthizer mengatakan, AS dan China masih kerja keras capai kesepakatan dagang.

Pada penutupan perdagangan saham Rabu (Kamis pagi WIB), indeks saham Dow Jones melemah 72 poin atau 0,27 persen ke posisi 25.985. Indeks saham S&P 500 susut 4 poin atau 0,14 persen ke posisi 2.789,90. Indeks saham Nasdaq menguat lima poin ke posisi 7.554.

Sentimen negosiasi dagang AS-China menjadi sorotan. Kepada kongres, Lighthizer mengatakan, kalau isu AS hadapi China sangat serius untuk diselesaikan dengan komitmen membeli lebih banyak barang AS dan perubahan struktural China.

Ini adalah komentar publik pertama dari pemimpin negosiator AS sejak Presiden AS Donald Trump menuturkan akan menunda penerapan kenaikan tarif impor barang China pada 1 Maret karena ada kemajuan dalam negosiasi.

“Ketika berita keluar dari Gedung Putih, kita seperti masih punya jalan, dan pelaku pasar optimistis. Kemudian tiba-tiba defensif,” ujar Market Strategist Informa Financial Intelligence, Ryan Nauman, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (28/2/2019).

Wall street melemah sejak awal perdagangan setelah pertemuan kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam dan ketegangan antara India dan Pakistan.

Dari 11 sektor saham, enam sektor saham bergerak melemah. Sektor saham teknologi bebani wall street dengan turun 0,24 persen. Saham Microsoft Corp dan Intel Corp alami penurunan terbesar.

Adapun indeks saham S&P 500 alami penurunan terbesar lantaran harga minyak yang naik sehingga angkat sektor saham energi. Sektor saham tersebut naik 0,74 persen. Saham Exxon Mobil Corp dan Chevron Corp naik satu persen.

2 dari 2 halaman

Pimpinan The Fed Berikan Testimoni

Pimpinan the Federal Reserce Jerome Powell pun memberikan testinomi sebelum pertemuan komite the House Financial Service. Ia mengatakan, the federal Reserve akan bersabar untuk penyesuaian suku bunga.

Optimistme negosiasi perang dagang dan sinyal dovish dari the Federal Reserve atau bank sentral AS mendorong saham pada minggu-minggu ini.

Saham Mylan NV melemah 0,38 persen setelah sektor perawatan kesehatan alami kinerja laba kuartalan yang tak sesuai harapan. Selain itu, prediksi kinerja melemah pada 2019.

Sedangkan saham Best Buy Co naik 16,8 persen usai penjualan kuartalan toko atau ritel elektronik mengalahkan harapan analis. Perseroan juga mengumumkan menaikkan dividend an membeli kembali saham.

Investor sedang menunggu pengumuman produk domestik bruto (PDB) pada kuartal IV oleh Departemen Perdagangan. Pengumuman ini akan termasuk data-data perkiraan PDB.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Hasil Liga Inggris: Arsenal Pesta Gol, Hajar Bournemouth 5-1

LondonArsenal meraih kemenangan besar saat menjamu Bournemouth dalam pekan ke-27 Liga Inggris. The Gunners menggilas Bournemout dengan skor 5-1.

Bermain di Emirates Stadium, Arsenal sudah unggul saat laga baru berjalan empat menit melalui Mesut Oezil. Gol Henrikh Mkhitaryan yang kemudian dibalas Lys Mouseset membuat Arsenal unggul 2-1 saat jeda.

Skuat besutan Unai Emery tak terbendung di babak kedua. Tiga gol tambahan berhasil dilesakkan melalui Laurent Koscielny, Pierre Emerick Aubameyang, dan ditutup oleh Alexandre Lacazette. Arsenal menyudahi pertandingan dengan skor 5-1.

Kemenangan besar ini memastikan Gudang Peluru masih bertahan di posisi empat klasemen Liga Inggris. Mereka kini mengumpulkan 56 poin, unggul satu angka dari Manchester United yang pada saat berita ini diturunkan masih unggul 2-1 atas Crystal Palace.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan empat menit saat Arsenal sudah berhasil menjebol gawang Bournemouth melalui Oezil. Menerima bola dari Sead Kolasinac di sisi kiri lapangan, Oezil yang mendapati ruang bebas di depannya langsung menusuk ke kotak penalti.

Tembakan yang dia lepaskan sebenarnya sempat mengenai tangan kiper. Namun itu tak cukup untuk menghindarkan bola dari masuk ke gawang.

Kemenangan atas Bournemouth memastikan Arsenal bertahan di empat besar klasemen Liga InggrisKemenangan atas Bournemouth memastikan Arsenal bertahan di empat besar klasemen Liga Inggris Foto: Reuters/Peter Cziborra

Arsenal mencetak gol keduanya saat pertandingan masuk menit 28. Gol ini bermula dari kesalahan passing pemain Bournemouth di sepertiga pertahananya sendiri.

Henrikh Mkhitaryan yang memotong umpan tersebut langsung mengoper ke Oezil yang berlari masuk ke kotak penalti. Bukan mengeksekusi sendiri peluang yang dipunya, Oezil memilih mengembalikan bola ke Mkhitaryan. Dengan mudah gelandang asal Armenia itu menjebol gawang Bournemouth.

Keunggulan dua gol The Gunners tak bertahan lama. Di menit 30 tim tamu bisa memperkecil ketinggalan melalui Lys Mousset. Gol ini diawali kesalahan Matteo Guendouzi harus dibayar mahal oleh Arsenal. Umpan pendek Leno gagal dikuasaianya dengan baik. Bola kemudian mampu direbut Dan Gosling.

Gosling kemudian segera melepas umpan ke Lys Mousset. Nama terakhir kemudian membobol gawang Arsenal saat Leno dalam posisi tak ideal.

Skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Baru dua menit babak kedua berjalan, The Gunners mampu melebarkan jarak lewat Laurent Koscielny. Ia yang maju membantu serangan mampu menuntaskan tusukan Mkhitaryan di sisi kanan.

Lewat sepakan kaki kanan Koscielny mampu menaklukan Boruc. Sekaligus mengubah papan skor menjadi 3-1.

Tuan rumah makin menjauh di menit ke-59. Pierre-Emerik Aubameyang lolos dari jebakan offside usai menerima umpan terobosan dari Mkhitaryan. Ia kemudian mengecoh Boruc sebelum menceploskan bola ke gawang Bournemouth.

Tak puas dengan skor 4-1, Arsenal kembali menambah golnya dalam laga ini di menit ke-78. Kali ini Alexandre Lacazette yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mengemas gol kelima The Gunners lewat eksekusi sepakan bebas di depan kotak penalti Bournemouth.

Di sisa waktu yang ada tak ada gol tambahan yang tercipta. Sehingga skor 5-1 mengakhiri pesta gol Arsenal di Stadion Emirates.

Susunan pemain.

Arsenal : Leno; Monreal, Koscielny, Papastathopoulos; Kolasinac(Iwobi 58′),Torreira, Guendouzi,Jenkinson; Mkhitaryan (Lacazette 64′), Ozil; Aubameyang (Suarez 72′)

Bournemouth : Boruc; Clyne, Mepham, Nathan Ake, Smith (Rico 70′); Ibe (Daniels 57′), Surman, Gosling, Fraser (Surridge); King; Mousset
(din/raw)

Indonesia Jadi Pemimpin Ekonomi Digital di Asia Tenggara pada 2025

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi negara raksasa pasar digital ekonomi di Asia. Peluang itu bisa dilihat dari sisi jumlah pengguna internet, infrastrukstur telekomunikasi yang mulai merata, serta maraknya kehadiran stratup atau perusahaan rintisan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Rosan P Roeslani, memproyeksikan bahwa pada 2025 Indonesia berpotensi memiliki pasar ekonomi digital hingga mencapai Rp 2.000 triliun. Sementara, untuk pasar Asia pada 2025 mencapai USD 240 miliar atau sekitar Rp 3.480 triliun (kurs Rp 14.500).

“Kalau kita lihat dari angka angka itu Indonesia menjadi leader Asia Tenggara,” kata Rosan dalam acara Kadin Enterpreneurship Forum 2018, di Satoo Garden, Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Rosan mengatakan, untuk mencapai itu, Indonesia perlu memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan dimulai pada 2030 mendatang.

“Tentunya kita harus banyak melakukan banyak hal termasuk bagaimana kita memanfaatakn bonus demografi yang kita sedanag alami sekarang dan akan berakhir pada tahun 2040,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Rosan, para pelaku usaha juga perlu melihat jeli peluang usaha dan konsisten terhadap suatu bisnisnya. Tidak hanya memanfaatkan digital ekonomi, namun juga perlu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendatangkan investasi.

“Dan tentunya yang kita harapkan dan melahirkan digital literasi anak muda pada entepreneurship terutama pada UMKM,” katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Konsumen Paling Banyak Keluhkan Produk Ekonomi Digital, Apa Saja?

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan sebagian besar pengaduan masyarakat yang masuk ke pihaknya terkait kerugian di sektor ekonomi digital.

Berdasarkan data Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, tercatat pengaduan yang terkait ekonomi digital menduduki peringkat pertama selama tiga tahun terakhir. Jumlahnya berkisar 16-20 persen dari total komoditas pengaduan yang diterima YLKI. 

“Pengaduan itu berupa transaksi produk e-commerce, dan atau pinjaman online,” kata dia, di Kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2019). 


Hal ini, kata Tulus, karena pengawasan dan regulasi pemerintah terhadap sektor bisnis daring alias ekonomi digital masih lemah. Dia mengatakan, saat ini pelaku pinjaman online yang terdaftar di OJK hanya 72 saja, tetapi di lapangan yang beroperasi mencapai lebih dari 350 pelaku. 

“Kenapa dibiarkan? Padahal mereka adalah ilegal, OJK bisa langsung bersinergi dengan Satgas Waspada Investasi dan Kementerian Kominfo, untuk langsung memblokir pinjaman online yang ilegal tapi masih bergentayangan. Demikian juga dalam hal belanja online, e-commerse,” ungkapnya.

Dia menuturkan, tentu amat berbahaya bila transaksi antara konsumen dengan pedagang berjalan tanpa pengawasan oleh regulator. Sebab potensi pelanggaran hak konsumen sangat besar.

“Terbukti, menurut data 24 persen uang konsumen hilang dalam transaksi tersebut, alias teljebak aksi transaksi penipuan. Belum lagi pengaduan seperti barang yang diterima konsumen rusak, tidak sesuai, atau terlambat dalam pengiriman,” ujar Tulus.

Dari sisi aturan, lanjut dia, harus diakui jika sampai sekarang belanja online belum ditopang dengan regulasi yang memadai. Mulai belum adanya UU Perlindungan Data Pribadi, sampai Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

“Sampai sekarang masih tersimpan di laci Sekretariat Negara. Alias mangkrak! Padahal transaksi e-commerse saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), angka pertumbuhannya melompat sampai dua digit. Jika Harbolnas 2012 angkanya hanya mencapai Rp 67,5 miliar; maka pada 2017 melambung menjadi Rp 4,7 triliun,” tegasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Begini Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Sering Disepelekan

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini, tidak sedikit orang yang mengabaikan kesehatan tubuh karena berpikir pasti akan ada obatnya. Akibatnya banyak yang meneyepelekan cara menjaga kesehatan.

Terlebih lagi, pantangan yang dilalui pun akan beragam entah itu berupa makanan maupun kegiatan sederhana. Itulah sebabnya semboyan ‘kesehatan mahal harganya’ sering terdengar di telinga Anda. Maka, sebenarnya tidak ada salahnya menjaga kesehatan tubuh sedari dini untuk hidup yang lebih baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan rajin menjaga kebersihan mulut dari kuman penyebab penyakit. Misalnya, membiasakan rajin sikat gigi untuk membasmi kuman yang bersarang di dalam mulut. Sikat gigi adalah cara yang mudah dilakukan untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Namun, meski mudah, banyak orang yang lalai membersihkan gigi dan mulut hanya karena merasa kondisi mulut sudah bersih. Padahal, struktur gigi sangatlah rumit sehingga makanan serta kuman akan dengan mudah bersembunyi.

Terlepas dari fakta bahwa gigi adalah bagian tubuh paling kuat, namun gigi yang rusak akibat kelalaian pemiliknya akan berakibat fatal nantinya. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Oslo Norwegia.

2 dari 6 halaman

Gigi Tidak Bisa Regenerasi

Dilansir Liputan6.com dari seorang professor biomaterials dari Universitas Oslo Norwegia, Selasa (26/2/2019), dibuktikan bahwa gigi adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak bisa regenerasi atau tumbuh kembali. Sel pada gigi yang berperan penting dalam proses penyembuhan rupanya sangatlah sedikit sehingga menjadi penyebab sulitnya gigi untuk beregenerasi.

Untuk itu, sudah sepatutnya setiap orang merawat serta menjaga kesehatan dan kebersihan gigi karena statusnya yang tidak sekuat yang dikira. Merawat gigi dapat dilakukan dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari. Kebiasaan ini harus dimulai sejak usia dini dan berlanjut hingga dewasa.

Maka, setiap orang tua wajib mengajari buah hatinya untuk rajin menyikat gigi. Begitu juga dengan remaja dan dewasa yang tidak boleh melewatkan ritual ini. Pasalnya, mengabaikan kebersihan gigi dapat berdampak buruk pada kesehatan dan juga keadaan dompet.

3 dari 6 halaman

Plak Penyebab Gigi Berlubang

Banyak orang berpikir bahwa poin penting dari menyikat gigi adalah membersihkan sisa makanan dari gigi. Padahal, tujuan utamanya sebenarnya adalah membuang plak. Menurut Profesor David Manton, plak digambarkan sebagai lapisan putih yang Anda sikat.

Inilah yang menjadi penyebab kerusakan gigi. Berbagai kandungan makanan kemudian memberi makan bakteri yang tinggal di plak tersebut. Bakteri yang ada di plak menciptakan kondisi asam yang kemudian menyerang enamel gigi. Pada akhirnya akan membuat enamel gigi rusak dan berakhir dengan gigi berlubang.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar? Berikut Liputan6.com sajikan penjelasan lengkap tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar agar tidak salah kaprah, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

4 dari 6 halaman

Rekomendasi Sikat Gigi dan Pasta Gigi

Sebelum mulai menyikat gigi, Anda harus memperhatikan bentuk sikat gigi yang Anda gunakan. Untuk hasil yang lebih baik saat mempraktikkan cara menyikat gigi yang baik dan benar, usahakan menggunakan sikat gigi dengan pegangan nyaman. Selain itu, kepala sikat gigi juga harus disesuaikan dengan lebar mulut Anda.

Kepala sikat dengan ujung kecil akan mempermudah menjangkau bagian gigi terdalam. Namun, jangan gunakan sikat gigi anak-anak karena tidak dibuat dengan kekuatan serta ketahanan yang sesuai untuk remaja maupun dewasa.

Selain memperhatikan sikat gigi, pilihan pasta gigi juga harus sesuai dengan standar kesehatan. Usahakan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride bekerja dengan cara melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam rongga mulut.

5 dari 6 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019), menyikat gigi sebaiknya dimulai dengan menyikat lidah terlebih dahulu. Kebersihan penting untuk menghindari bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Layaknya menyikat gigi, menyikat lidah juga menggunakan pasta gigi. Sikat lidah secara lembut agar tidak melukai lidah Anda.

Selanjutnya, cara menyikat gigi yang baik dan benar dimulai dengan mengatur posisi sikat gigi. Posisi yang tepat adalah dengan membentuk sudut 45 derajat menghadap bawah gusi. Fungsinya adalah untuk menyapu sisa makanan yang bersarang agar tidak bersembunyi menjadi plak.

Urutan cara menyikat gigi yang baik dan benar sebenarnya tidak terpaku pada peraturan tertentu. Anda bisa memulai menyikat gigi dari depan maupun dari samping berupa gigi seri dan gigi geraham. Namun, pastikan untuk menyikat gigi selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

Khusus untuk permukaan gigi bagian depan, Anda perlu memegang sikat gigi secara vertikal yaitu berupa gerakan ke atas dan ke bawah dengan durasi sekitar 20 detik. Gunakan ujung sikat gigi untuk menjangkau ujung gigi yang sempit.

Pastikan untuk menjangkau seluruh bagian gigi, terutama bagian gigi terdalam karena di situlah tempat bakteri bersarang karena sulit dijangkau. Terakhir, bilas mulut dengan air hingga bersih, tanpa menyisakan pasta gigi ataupun busa di rongga mulut.

6 dari 6 halaman

Ganti Sikat Gigi Tiap 3 Bulan Sekali

Banyak orang sering mengabaikan peraturan mengganti sikat gigi tiap 3 bulan sekali. Padahal, cara menyikat gigi yang baik dan benar tidak akan berhasil karena sikat gigi yang jarang diganti menyebabkan bersarangnya kuman pada sela-sela bulu sikat gigi.

Selain itu, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, Bambang Nursasongko, mengingatkan untuk tidak sering- sering sikat gigi. Menurutnya, sikat gigi cukup dilakukan dua kali yakni setengah jam sesudah sarapan dan sebelum tidur.

Namun, jika mulut tidak dibersihkan setelah makan, kuman akan muncul dalam 72 jam dan akan menempel. Untuk itu, biasakan berkumur untuk mencegah kuman perusak gigi berkembang biak dan menyingkirkan makanan yang lengket di gigi.

Berbekal Bahan yang Dibeli Online, Bocah AS Sukses Bikin Reaktor Nuklir di Kamar

Liputan6.com, Nashville – Tidak sembarang orang memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membangun reaktor nuklir. Baru-baru ini, publik internasional dikejutkan oleh anak laki-laki bernama Jackson Oswalt (12) yang melakukannya di dalam kamar.

Pencapaian besar Oswalt bermula saat ia mengatakan tak ingin membuang waktu luang hanya untuk bermain game. Saat itu ia tertarik dengan nuklir, dan mulai menjelajah artikel di internet yang membahas hal tersebut.

Jadikan Kamar sebagai Laboratorium

Kamar tidur tua di rumahnya yang terletak di Memphis, Tennessee Amerika Serikat (AS), telah diubah menjadi laboraturium nuklir. Di ruangan tersebut terdapat peralatan untuk memanaskan gas deuterium dengan tegangan 50.000 volt listrik, seharga US$ 10.000 (sekira Rp 139.980.000).

Ia memulai proyeknya dengan membangun mesin baja yang terdiri atas vakuum, pompa, dan ruang khusus yang mampu menghancurkan atom bersama-sama, melalui kekuatan di pusat pemanas. Alat tersebut mengeluarkan semburan energi fusi. Proses ini secara ilmiah sebanding dengan cara matahari dan bintang-bintang lainnya membangun tenaga.

Anak laki-laki itu mengaku mendapatkan peralatan dengan membeli melalui situs jual-beli online di internet. Adapun uang didapatkan berkat dukungan finansial orangtuanya.

“Saya mengumpulkan daftar bagian yang saya butuhkan. Saya mendapatkan bahan-bahan itu dari eBay dan sering kali saya mendapatkan tidak persis seperti yang saya butuhkan. Jadi, saya harus memodifikasinya untuk dapat melanjutkan proyek saya,” kata Oswalt,  dikutip dari laman The Times pada Selasa (26/2/2019).

Oswalt mengaku mengandalkan percobaan (trial and error) untuk membangun reaktor nuklir. Hal itu dikarenakan tidak ada buku petunjuk yang secara rinci mengarakhan pembuatan dari step awal hingga akhir. Ia juga bergabung dengan forum daring yang berisi fisikawan amatir.

Oswalt juga sempat bertemu dengan Taylor Wilson, seoyang bergelut di bidang fisika nuklir dan sempat dinobatkan sebagai orang termuda pembuat reaktor nuklir pada usia 14 tahun. Sejak saat itu, Oswalt terinspirasi dan ingin memecahkan rekor baru.

Saat ini, Oswalt telah diakui sebagai bagian dari Open Source Fursor Research Consortium -sebuah kelompok penyuka hobi terkait pembuatan fusi nuklir. Ia juga dinyatakan sebagai pembuat reaktor temuda pada usia ke-12, beberapa hari sebelum ia berulang tahun.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Tanggapan Ayah Jackson Oswalt

Berbeda dari orangtua kebanyakan yang membatasi ketat keinginan anak, ayah Jackson Oswalt, Chris Oswalt mendukung anaknya. Ia memberikan bantuan finansial untuk proyek besar putranya.

Meskipun demikian, Chris mengaku tidak cukup paham dengan apa yang tengah dikerjakan Jackson Oswalt.

Sang ayah bahkan harus berkonsultasi dengan para ahli terkait bahaya yang berpotensi datang dari pembangunan reaktor nuklir. Ia khawatir apabila buah hatinya terkena radiasi tingkat tinggi atau tersengat listrik 50.000 volt yang digunakan untuk memanaskan plasma reaktor fusi.

Meskipun demikian, Chris selalu memantau anaknya, memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik.

Di luar kekhawatiran itu, Chris mengaku sangat kagum dengan apa yang dilakukan putranya.

“Menjadi orangtua dari anak yang tergerak selama 12 bulan (untuk mengerjakan projeknya), benar-benar mengesankan. Maksud saya itu adalah penggilingan sehari-hari, Setiap hari belajar sesuatu yang berbeda, setiap hari gagal; dan (saya) mengawasinya mengerjakan semua itu,” katanya, sebagaimana dikutip dari Fox News pada Selasa (26/2/2019).

Sang ayah lebih bangga ketika mengetahui bahwa reaktor nuklir Jackson Oswalt telah diverifikasi oleh Richard Hull (72) seorang pensiunan insinyur elektronik. Hull mengatakan sang anak benar-benar menjadi orang termuda yang mebangun reaktor dan mencapai fusi.

5 Striker Incaran Barcelona Selain Marcus Rashford

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona saat ini sedang mencari pengganti Luis Suarez yang terus menua. Striker Timnas Uruguay itu sudah berusia 32 tahun.

Performa Suarez sedang menurun. Dari 34 penampilan sepanjang musim ini, mantan striker Liverpool itu hanya mampu mencetak 17 gol untuk Barcelona.

Los Blaugrana dikabarkan tertarik kepada striker muda Manchester United (MU), Marcus Rashford. Menurut Mundo Deportivo, Rashford akan menjadi proyek jangka panjang Los Blaugrana.

Terlebih, striker berusia 21 tahun itu sedang meroket sejak MU dinakhodai Ole Gunnar Solskjaer. Rasford mencetak delapan gol dari 12 pertandingan terakhir.

Bila gagal mendapatkan Rasford, Barcelona masih punya rencana lain. Mereka juga mengincar lima striker top lainnya. Siapa saja? Simak di halaman berikut.

2 dari 6 halaman

Harry Kane

Kane sudah dianggap sebagai salah satu striker terbaik saat ini. Meski gaji dan harganya akan menjadi masalah besar bagi tim Catalan, Kane akan menjadi pemain yang sempurna untuk menggantikan Luis Suarez.

Kane sudah sebagus Luis Suarez jika tidak lebih baik dan akan cocok bermain di Camp Nou. Barcelona pasti bisa mendapatkan banyak gol dengan bantuan striker internasional Inggris tersebut.


3 dari 6 halaman

Mauro Icardi

Dengan 9 gol dari 19 pertandingan di Serie A, Mauro Icardi kembali memulai musim dengan baik. Icardi pernah menimba ilmu di akademi Barcelona dan hal itu membuatnya menjadi kandidat yang sangat bagus untuk lini depan tim Catalan.

Striker asal Argentina itu memiliki klausul pelepasan sebesar 100 juta euro, sehingga dia tidak akan semahal Harry Kane. Namun, Inter pasti tidak akan membiarkan Icardi pergi dengan mudah.


4 dari 6 halaman

Bas Dost

Bas Dost bisa dibilang sebagai striker yang tidak banyak mendapat perhatian di Eropa. Dia mungkin hanya mampu mencetak satu gol untuk timnas Belanda dalam 18 pertandingan tetapi tidak ada yang bisa menyangkal dampak yang dia buat di liga Portugal.

Dost sudah memainkan 74 pertandingan liga untuk Sporting CP sejauh ini dan sudah mencetak 72 gol dalam prosesnya. Selain itu, pemain berusia 29 tahun itu tidak akan membuat Barcelona merogoh kocek mereka dalam-dalam.

5 dari 6 halaman

Gabriel Jesus

Ini adalah opsi yang lebih mahal daripada Bas Dost, tetapi yang akan didapat Barcelona adalah pemain dengan kemampuan yang sangat luar biasa. Gabriel Jesus mungkin baru berusia 21 tahun tetapi dia sudah sangat dewasa – seperti yang bisa dilihat setiap kali dia bermain untuk Manchester City.

Dengan 16 gol dari 32 pertandingan di semua kompetisi musim ini, Gabriel Jesus terus tampil mengesankan untuk tim yang bermarkas di Etihad tersebut. Pemain internasional Brasil itu saat ini masih terikat kontrak dengan City sampai 2023 mendatang.

6 dari 6 halaman

Luka Jovic

Pemain Serbia itu sudah dikaitkan dengan Barcelona dan kenapa tidak? Jovic sekarang lebih tajam dari Robert Lewandowski di Bundesliga setelah mencetak 14 gol dari 20 pertandingan.

Jovic baru berusia 21 tahun dan potensinya sangat besar. Gaya bermainnya akan semakin berkembang bersama Blaugrana dan Luis Suarez akan punya penerus yang sepadan.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hajar Southampton, Arsenal Gusur MU dari 4 Besar

Liputan6.com, London – Arsenal mengamankan tiga poin di pekan ke-27 Liga Inggris. Meriam London, sebutan Arsenal mengalahkan Southampton di Emirates Stadium dengan skor 2-0, Minggu (24/2/2019).

Di laga ini, Arsenal mampu mencetak gol cepat. Laga baru berjalan enam menit, Alexandre Lacazette mencatatkan namanya di papan skor usai berhasil menuntaskan umpan Henrikh Mkhitaryan.

Southampton mencoba melakukan serangan balasan. Pada menit ke-14, Matt Targett melepaskan sepakan kaki kiri. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diamankan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Tiga menit setelahnya, Arsenal menggandakan keunggulan. Sepakan kaki kanan Henrikh Mkhitaryan mengarah ke pojok kanan gawang Southampton tanpa bisa dihentikan Agus Gunn.

Meriam London hampir saja mencetak gol ketiga pada menit ke-38. Sayangnya, tandukan Lacazette usai menerima umpan Granit Xhaka berhasil ditangkap dengan sempurna oleh Agus Gunn.

Hingga babak pertama berakhir, Arsenal unggul dua gol tanpa balas atas Southampton.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tertinggal dua gol, Southampton mencoba mencari gol. Pada menit ke-52, James Ward-Prowse melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh. Namun, akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Hingga menit ke-70, Arsenal dan Southampton silih bergandi melakukan serangan. Namun tak ada yang membuahkan hasil.

Southampton baru memiliki peluang mencetak gol ke gawang Arsenal pada menit ke-72. Nathan Redmond melepaskan umpan lambung yang disambut dengan sundulan oleh Charlie Austin. Namun bola berhasil diamankan Leno.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Arsenal pun berhasil menggusur Manchester United di posisi keempat klasemen Liga Inggris.

Arsenal berada di urutan keempat dengan 53 poin. Mereka unggul satu angka dari MU, yang bermain imbang tanpa gol melawan Liverpool.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): 19-Bernd Leno; 12-Stephan Lichsteiner, 20-Shkodran Mustafi, 5-Sokratis, 31-Sead Kolasinac; 11-Lucas Torreira, 34-Granit Xhaka; 7-Henrikh Mkhitaryan, 8-Aaron Ramsey, 17-Alex Iwobi; 9-Alexandre Lacazette

Pelatih: Unai Emery

Southampton (3-4-3): 28-Angus Gunn; 35-Jan Bednarek, 4-Jannik Vestegard, 5-Jack Stephens; 43-Yan Valery, 23-Hojbjerg, 14-Oriol Romeu, 33-Matt Targett; 16-James Ward-Prowse, 17-Stuart Armstrong, 22-Nathan Redmond

Pelatih: Ralph Hasenhuettl

Saksikan video pilihan berikut ini: