Donnarumma: AC Milan Ingin Finis di Zona Liga Champions

Genoa – Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, menegaskan timnya bertekad mengamankan posisi empat besar klasemen akhir Serie A, sekaligus satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan.

Performa I Rossoneri masih belum konsisten pada musim ini. Mereka sempat berada di papan tengah, sebelum akhirnya kembali menempati peringkat keempat klasemen Serie A.

AC Milan berhasil menembus posisi empat besar berkat dua kemenangan beruntun. Setelah sukses mengalahkan SPAL dengan skor 2-1, Milan juga mampu mendulang tiga poin ketika bersua Genoa.

Bermain di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019), Il Diavolo Rosso menang 2-0 atas Genoa. Sepasang gol AC Milan disarangkan Fabio Borini pada menit ke-72 dan Suso menit ke-83.

Mendulang enam angka dari dua laga membuat skuat Merah-Hitam telah mengoleksi 34 poin dari 20 laga. Mereka tertinggal enam poin dari Inter Milan yang berada di atasnya, atau peringkat ketiga klasemen Serie A.

“Kekalahan di Supercoppa Italia (dari Juventus) menyakitkan, tetapi tujuan kami adalah posisi keempat dan kami berada di sana. Sekarang mari fokus pada pertandingan berikutnya, yang ini sudah kami amankan,” kata Donnarumma.

“Bukan awal yang baik, tetapi kami menderita bersama-sama dan itu adalah hal yang paling penting. Kami berjuang keras dan kualitas kami akhirnya muncul untuk memenangkan pertandingan yang sangat sulit,” paparnya.

Selanjutnya, AC Milan akan menghadapi Napoli pada pertandingan pekan ke-21 Serie A, di San Siro pada 26 Januari 2019.

Sumber: Football Italia

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Tanpa Gonzalo Higuain, AC Milan Mampu Tampil Impresif

Genoa – AC Milan menang 2-0 atas Genoa pada laga pekan ke-20 Serie A, di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019). Kemenangan itu sekaligus memperpanjang tren apik Il Diavolo Rosso tanpa kehadiran Gonzalo Higuain.

Melawat ke markas Genoa, pelatih Milan, Gennaro Gattuso, memutuskan untuk tak mengikutsertakan Higuain. Gattuso menganggap penyerang timnas Argentina itu tidak dalam kondisi siap untuk bermain.

Pasalnya, Gonzalo Higuain santer disebut bakal angkat kaki dari San Siro dan melanjutkan kariernya ke Chelsea pada Januari 2019. Bahkan, kepindahannya ke skuat London Biru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Meski tak diperkuat pemain pinjaman dari Juventus itu, AC Milan berhasil mengalahkan Genoa dengan skor 2-0. Sepasang gol I Rossoneri disarangkan Fabio Borini pada menit ke-72 dan Suso menit ke-83.

Kemenangan tersebut sekaligus membuktikan jika AC Milan tak masalah jika ditinggalkan Gonzalo Higuain. Sebab, Milan justru mampu memetik tiga kemenangan, tiga hasil imbang, dan belum pernah kalah dari enam laga tanpa Higuain.

AC Milan bermain imbang melawan Empoli (1-1), Lazio (1-1), dan Real Betis (1-1). Sementara itu, kemenangan didapat saat bersua Sassuolo (4-1), Parma (2-1), serta Genoa (2-0).

Andai penyerang 31 tahun benar-benar hengkang, AC Milan bakal mengincar penyerang Genoa, Krzysztof Piątek. Seperti dilansir Milannews.it, pemain timnas Polandia itu telah tiba di Kota Milan pada Senin (21/1/2019), untuk merampungkan transfernya ke skuat Merah-Hitam.

Sumber: Football Italia, Transfermarkt

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Tanpa Higuain, AC Milan Bungkam Genoa

Liputan6.com, Genoa – AC Milan menaklukkan Genoa 2-0 pada lanjutan Serie A di Stadio Luigi Ferarris, Senin (21/1/2019). Tampil tanpa Gonzalo Higuain, yang hendak pindah ke Chelsea, I Rossoneri mencetak gol lewat Fabio Borini dan Suso. 

Borini membuka kemenangan AC Milan pada menit ke-72. Suso lalu menggandakan keungggulan tim tamu sepuluh meniit berselang.

AC Milan tertekan sepanjang babak pertama. Genoa memiliki peluang melalui Christian Kouame, Davide Biraschi, Darko Lazovic, dan Daniel Bessa. Namun, tidak ada yang berbuah gol.

I Rossoneri juga hampir tertinggal karena bunuh diri Tiemoue Bakayoko. Beruntung kiper Gianluigi Donnarumma bisa menghalau bola.

Di sisi lain, Lucas Paqueta hampir membuat gol pertama bagi AC Milan jika tendangan volinya tidak mengenai gawang.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Kedua tim tetap saling jual beli serangan pada babak kedua. AC Milan mendapat kesempatan dua kali lewat Borini.

Sementara tuan rumah hampir unggul kalau sepakan Domenico Criscito tidak melebar. Donnarumma lalu melakukan penyelamatan ganda untuk mementahkan usaha beruntun Veloso dan Bessa.

AC Milan akhirnya unggul setelah Borini meneruskan umpan silang Andrea Conti. Namun, tidak lama berselang, Veloso menyaksikan tendangannya dimentahkan Donnarumma dan mengenai mistar.

Aksi heroik sang kiper akhirnya berbuah manis lewat gol Suso. Dia menjebol gawang Genoa lewat serangan balik memaksimalkan umpan Patrick Cutrone. Skor lalu tidak berubah. 

Kemenangan ini mengangkat I Rossoneri ke posisi empat klasemen sementara. Mereka memiliki 34 poin dari 20 laga, unggul satu nilai atas pesaing terdekat AS Roma. 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Genoa: Radu; Biraschi (Pereira 76), Romero, Zukanovic, Criscito; Lazovic, Rolon, Veloso (Dalmonte 84), Bessa; Kouame, Pandev (Favilli 58)

AC Milan: G Donnarumma; Abate, Musacchio, Zapata (Conti 14), Rodriguez; Paqueta, Bakayoko, Calhanoglu (Mauri 78); Suso (Castillejo 88), Cutrone, Borini

Masyarakat Diminta Cermat Memilih Caleg dalam Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Syafuan Rozi Soebhan mewanti-wanti masyarakat tak mencari kucing dalam karung dalam memilih caleg di Pemilu serentak yang digelar 17 April mendatang.

Ia menyampaikan, untuk mengetahui persoalan dialami masyarakat, para caleg seharusnya menyambangi daerah pemilihannya secara langsung. Bukan mengandalkan serangan fajar atau membagikan uang melalui tim suksesnya.

“Kita tidak mau mencari kucing dalam karung karena dibayar, dia (caleg) hibur kita selama kampanye tapi lalu meninggalkan kita dengan kemacetan, pengangguran, jalan yang gelap, sampah dimana-mana, kejahatan luar biasa, narkoba,” pesan Syafuan, Senin (20/1/2019).

Dia meyakini masyarakat mulai cerdas dalam menyikapi pesta demokrasi. Masyarakat, khususnya generasi milenial tak serta merta akan menerima uang dari para caleg yang akan membiarkan daerah pemilihannya terbengkalai.

“Masyarakat mulai sadar untuk jangan mau terima DP. Terima DP nanti di belakang hari kita tidak diurus. Tapi kalau milih orang yang tepat, yang benar, dia akan urus lima tahun ke depan bagaimana jalan kita itu bagus, dari kualitas jalannya, drainase dan lainnya,” lanjut Syafuan.

Pernyataan ini dilontarkan terkait banyaknya petahana yang kembali maju dalam ajang Pemilu 2019. Salah satu petahana tersebut adalah Ahmad Sahroni.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Wilayah

Ahmad Sahroni selaku caleg petahana dari NasDem, mengingatkan masyarakat untuk arif memilih wakil rakyat yang memperhatikan daerah pemilihannya.

“Uang memang penting, bohong kalau kita tidak butuh uang, apa pun sekarang membutuhkan uang, apalagi di ibu kota. Tapi jangan juga kita diperbudak oleh uang sampai membutakan mata memilih wakil rakyat yang hanya mau dipilih tapi tidak mau memperhatikan dapil setelah terpilih,” kata Sahroni.

Sahroni mencontohkan, sebagai wakil rakyat yang terpilih dari Dapil III dirinya tak pernah melewatkan berbagai kesempatan untuk mengunjungi kembali daerah-daerah yang telah mengantarnya ke DPR. Dengan bertatap muka di daerah pemilihannya, kepentingan masyarakat akan diketahui tanpa ditungangi pihak-pihak yang mencoba mencari keuntungan pribadi.

“Selama hampir lima tahun, saya tidak pernah melewatkan jadwal reses, kunjungan kerja maupun sosialisasi empat pilar. Momentum itu saya manfaatkan untuk mendatangi berbagai wilayah di daerah pemilihan secara bergiliran untuk mengetahui apa persoalan dirasakan masyarakat,” ungkap pria yang lekat dengan sebutan Anak Priok ini.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Hasil Liga Inggris: Harry Kane Absen, Harry Winks Menangkan Tottenham

Jakarta – Tanpa Harry Kane yang cedera, Tottenham Hotspur memang kepayahan. Tapi setidaknya ada Harry yang lain, Harry Winks, yang memenangkan mereka di markas Fulham.

Tottenham bertandang ke Craven Cottage, Minggu (20/1/2019) malam WIB pada laga pekan ke-23 Premier League. Ini jadi ujian pertama untuk Tottenham sejak Kane absen karena cedera pergelangan kaki.

Pertandingan berjalan seru dengan kedua tim banyak saling menciptakan momen berbahaya. Tottenham memang menguasai bola sampai 73%, tapi tembakan mereka lima berbanding empat milik tuan rumah.

Tanda-tanda untuk Tottenham sudah tak positif ketika Fulham mencetak gol di menit ke-17. Fernando Llorente, satu-satunya penyerang tersisa, malah membuat gol ke gawang sendiri ketika gagal mengantisipasi sepak pojok dengan sempurna.

Skor ini bertahan sampai turun minum. Setelah itu Tottenham mencoba meningkatkan intensitas serangan dan berhasil mendapatkan gol penyama di menit ke-51.

Umpan silang Christian Eriksen dari kanan disambut sundulan Dele Alli, yang lolos dari pengawalan. Skor 1-1 bertahan hingga memasuki injury time.

Saat laga terlihat akan berkesudahan 1-1, gol tercipta. Di menit ketiga dari empat menit injury time yang dialokasikan, sebuah umpan lambung dari Georges-Kevin Nkoudou di kiri mengarah ke tiang jauh.

Winks sigap membaca arah bola dan menyambutnya, menanduk dengan kepala dari jarak dekat untuk mencetak gol kedua Tottenham. Itu jadi gol penentu The Lilywhites.

Dengan kemenangan ini, Tottenham membuka jarak lebih lebar dengan Chelsea. Menempati posisi tiga dengan 51 poin dari 23 pekan, mereka empat poin dari Chelsea di tempat keempat.

Sementara Fulham belum beranjak dari posisi 19 alias di zona merah, dengan 14 poin.

Susunan pemain:

Fulham: Sergio Rico; Denis Odoi, Maxime Le Marchand, Tim Ream; Cyrus Christie, Calum Chambers, Jean Michael Seri (Cisse 81′), Joe Bryan; Andre Schurrle (Kebano 72′), Aleksandar Mitrovic, Ryan Babel (Sessegnon 55′)

Tottenham: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Kieran Trippier, Harry Winks, Christian Eriksen, Danny Rose; Erik Lamela (Eric Dier 79′), Dele Alli (N’Koudou 86′), Fernando Llorente
(raw/raw)


Bungkam Huddersfield, Manchester City Terus Tempel Liverpool

Liputan6.com, Huddersfield – Manchester City membawa pulang poin sempurna usai bertandang ke markas Huddersfield Town pada pekan ke-23 Liga Inggris. The Citizens menang tiga gol tanpa balas di The John Smith’s Stadium, Minggu (20/1/2019) malam WIB.

Hasil tersebut membuat Manchester City terus menempel Liverpool di puncak klasemen sementara. Dengan 56 poin, tim racikan terus menjaga selisih empat angka dengan The Reds.

Manchester City tampil dominan sejak awal laga dimulai. Kerjasama Sergio Aguero dan Raheem Sterling kerap merepotkan lini pertahanan Huddersfield.

Sementara itu, Huddersfield mengandalkan kecepatan untuk melancarkan serangan balik. Peluang pertama diperoleh di menit ke-8 melalui Adama Diakhaby. Tapi, sundulannya belum menemui sasaran.

Di menit ke-13, Sterling dijatuhkan Terence Kongolo saat menerima umpan dari Kevin De Bruyne. Tapi, wasit mengisyaratkan tidak ada pelanggaran dan pertandingan terus berlangsung.

Lima menit berselang, Manchester City akhirnya memecah kebuntuan. Tak terkawal, Danilo meneruskan umpan Kyle Walker dengan tendangan keras. Bola yang membentur badan Christopher Schindler membuat kiper Jonas Lossl salah antisipasi.

Unggul 1-0, Manchester City kian gencar melancarkan serangan. Tetapi, Huddersfield tetap memberi perlawanan. Tendangan Kongolo di menit ke-28 mengancam gawang City meski bisa diamankan kiper Ederson.

Secara perlahan, Huddersfield mulai berbalik mendominasi Manchester City. Tetapi hingga turun minum, tidak ada gol yang tercipta.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Huddersfield mencoba memberi tekanan ke pertahanan Manchester City. Tetapi, justru tim tamu yang mencetak gol di menit ke-54 lewat sundulan Sterling usai menyambut umpan Leroy Sane.

Skor 2-0 tidak bertahan lama. Sebab dua menit berselang, giliran Sane yang mencatatkan namanya di papan skor. Sundulan winger asal Jerman itu menyambut umpan Aguero sukses menaklukan kiper Lossl.

Unggul 3-0, Manajer Manchester City Pep Guardiola mengganti pemainnya. Fernandinho digantikan David Silva pada menit 59. Selanjutnya Bernardo Silva masuk menggantikan Sane di menit ke-72.

Huddersfield tidak menyerah untuk mencetak gol. Sejumlah peluang untuk mencetak gol didapat tuan rumah, tetapi tidak ada yang berhasil. Hingga tambahan waktu tiga menit, skor tetap tidak berubah sampai laga usai.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Huddersfield: Jonas Lossl; Tommy Smith, Christopher Schindler, Terence Kongolo, Chris Lowe; Juninho Bacuna, Jonathan Hogg, Jason Puncheon; Elias Kachunga, Adama Diakhaby, Isaac Mbenza.

cadangan: Ben Hamer, Erik Durm, Mathias Jorgensen, Florent Hadergjonaj, Alex Pritchard, Steve Mounie, Laurent Depoitre.

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Danilo; Kevin De Bruyne, Fernandinho, Ilkay Gundogan; Raheem Sterling, Sergio Aguero, Leroy Sane.

cadangan: Arijanet Muric, John Stones, Fabian Delph, Bernardo Silva, David Silva, Phil Foden, Gabriel Jesus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Inka Kirim 15 Kereta ke Bangladesh

Liputan6.com, Jakarta PT Industri Kereta Api (Inka) mengirim kereta tipe ‘Broad Gauge’ (BG) ke Bangladesh melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada hari ini.

“Ini pengiriman ‘Batch-1’ dengan jumlah total 15 kereta,” ujar Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro di sela pengiriman kereta di Surabaya.

Secara keseluruhan, PT Inka memproduksi 250 kereta ke Bangladesh Railway, yang rinciannya sebanyak 50 kereta tipe BG dan 200 kereta tipe ‘Meter Gauge’ (MG).

Perbedaan kereta antara tipe BG dan MG terletak pada lebar track , yaitu tipe BG dengan lebar 1.676 mm, sedangkan tipe MG selebar 1.000 mm.

Masing-masing tipe, kata dia, akan dirangkai beberapa jenis kereta, baik menggunakan AC maupun non-AC, WJC (kereta tidur AC), WJCC (kereta penumpang AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit) dan WECDR (kereta makan).

Kapasitas kereta tipe BG memiliki tempat duduk 90 kursi, baik jenis WJCC (AC) maupun WEC (non-AC), kemudian tipe MG mempunyai 55 kursi untuk jenis WJCC (AC) dan 60 kursi jenis WEC (non AC).

“Nanti sisanya kereta akan dikirim bertahap hingga Juli 2019. Pada pengiriman kali ini jenisnya 10 WEC, dua WECRD, serta masing-masing satu WJC, WJCC dan WPC,” jelas dia.


Reporter: Idris Rusadi Putra

Sumber: Merdeka.com

PT Inka menjadi pemenang tender pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway pada 2017 dengan total nilai kontrak sebesar USD 100,89 juta. Sekadar informasi, pada 2016 PT Inka juga mengekspor 150 kereta senilai USD 72,39 juta ke Bangladesh, serta 50 kereta di negara tujuan sama dengan nilai kontrak USD 13,8 juta 2006.

Sementara itu, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto mengapresiasi PT Inka yang sukses memenangkan tender sehingga mampu ekspor kereta ke Bangladesh.

“Ini adalah bukti bahwa anak bangsa mampu bersaing dan kemampuannya diakui di dunia internasional,” katanya.

Menteri yang juga ketua umum DPP Partai Golkar tersebut berharap PT Inka semakin mampu mengembangkan produksinya, bahkan meningkatkan kemampuan engineering serta teknologi agar semakin berkualitas.

Bawa Manchester United Menang, Rashford dapat Pujian

Jakarta Bomber Manchester United, Marcus Rashford, berhasil mencetak satu gol saat timnya menang 2-1 atas Brighton and Hove Albion pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (19/1/2019) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Rashford bermain sejak menit awal. Dia menempati pos di lini depan bersama Anthony Martial dan Jesse Lingard.

Berdasarkan statistik yang dicatat Whoscored, pemain 21 tahun itu melepaskan enam tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Selain itu, akurasi umpannya juga mencapai 87 persen.

Dia pun berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-42. Berhasil melewati kawalan tiga pemain belakang Brighton, Marcus Rashford sukses menjaringkan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanan.

Manchester United pun menang 2-1 atas Brighton. Satu gol MU lainnya dicetak Paul Pogba pada menit ke-27, sedangkan gol tunggal tim tamu disarangkan Pascal Gross pada menit ke-72.

“Marcus Rashford telah menjadi pemain kelas atas. Anda memulai dengan level kerja. Dia memiliki itu, bekerja seperti tidak ada orang lain, berlari di pertahanan lawan, dan mempertahankan bola,” ujar manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.

“Dia sekarang lebih tenang di depan gawang lawan dan dia yakin, serta berlatih sepanjang waktu. Sekarang dia percaya diri,” papar Solskjaer.

Pada musim ini, Marcus Rashford telah mendulang sembilan gol dan enam assist dari 27 pertandingan yang sudah dijalani bersama Manchester United.

Sumber: BBC

Survei: HAM di Indonesia Tumbuh Tanpa Hak Kebebasan Individu

Liputan6.com, Jakarta – Kultur Hak Asasi Manusia (HAM) di masyarakat Indonesia mendapat perhatian dari peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D). Lewat survei, mereka menemukan adanya timpang pengetahuan dan sikap soal HAM.

Peneliti P2D sekaligus Dosen Sosiologi UNJ, Robertus Robet mengungkap tingkat kognitif atau pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pengertian HAM terbilang tinggi.

“79 persen tahu apa itu HAM. Kalau kita lihat apakah dalam konstitusi kita sudah mengakomodasi HAM? 72 persen mengatakan sudah. Artinya ada pengetahuan minimal. Apakah menjamin HAM warga merupakan tugas negara? 91 persen menjawab iya. Artinya kesadaran individu soal HAM kuat,” tutur Robet di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (20/1/2019).

Dari tiga poin mendasar itu, 46 persen responden pun menyatakan bahwa HAM telah sejalan dengan tradisi kebiasaan di lingkungannya dan 41 persen menjawab agak sesuai.

Masuk ke ranah agama pun dominan. 53 persen responden menyatakan bahwa HAM memiliki kesesuaian dengan agama yang dianut dan 36 persen menyebut agak sesuai.

“Artinya hampir 90 persen cenderung mengatakan sesuai. Apakah HAM sesuai dengan budaya Indonesia, 47 persen menjawab sesuai dan 43 persen agak sesuai,” jelas dia.

Namun, 63 persen responden tidak mengetahui soal mekanisme yang tersedia untuk menjamin HAM mereka. Masyarakat banyak tahu soal keberadaan instansi Komnas HAM, tetapi tidak mengetahui fungsinya.

“62 persen tahu, 38 persen tidak. Apakah tahu tugas Komnas HAM? 85 persen tidak dan hanya 15 persen yang tahu,” kata Robert.

2 dari 4 halaman

Isu LGBT

Lebih lanjut, temuan persepsi HAM itu menjadi tidak simetris dengan sensibilitas masyarakat terhadap isu HAM yang kerap menjadi perdebatan publik. Soal kelompok Lesbian, Gay, Transgender, Biseksual (LGBT) misalnya yang masih mendapat resistensi yang tinggi.

Sebanyak 51 persen responden tidak setuju dan 22 persen kurang setuju dengan keberadaan LGBT di lingkungannya. 77 persen pun menolak HAM mengakomodir kelompok LGBT. Kemudian soal hukuman mati, 31 persen responden setuju dan 31 persen menyatakan agak setuju dengan pemberlakuannya.

Padahal, saat ditanya apa saja yang masuk dalam kategori HAM, 43 persen menjawab hak untuk hidup. 22 persen menjawab kebebasan memilih keyakinan dan agama, kesamaan di hadapan pemerintah dan hukum, mendapatkan pendidikan yang layak.

20 persen responden menjawab kebebasan menyatakan pendapat, mendapat kesehatan yang baik, dan tidak diperlakukan diskriminatif. 15 persen merupakan hak berserikat dan berkumpul.

“Jadi mayoritas kita tahu apa itu HAM, apa itu hak hidup, tapi secara paradoktikal juga setuju hukuman mati,” bebernya.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Agama

Pertanyaan juga menyasar ke isu perbedaan agama. 50 persen setuju dan 36 persen agak setuju di lingkungannya ada beragam pemeluk agama dan keyakinan. Juga 41 persen setuju dan 36 persen agak setuju dengan pendiriam rumah ibadah agama apapun.

“Tapi kalau sudah menyangkut tubuh berbeda. Soal pernikahan beda agama, 70 persen tidak setuju. Kemudian apakah setuju negara memberi konpensasi korban pelanggaran HAM masa orde baru, 24 persen setuju dan 34 persen agak setuju,” terang Robet.

Dari temuan tersebut, masyararakat Indonesia sebenarnya sadar bahwa HAM itu penting, dijamin oleh negara, tahu keberadaan instansi Komnas HAM meski tidak detail paham fungsinya. Namun mereka menolak hal yang dijamin oleh HAM itu sendiri yaitu kebebasan individu.

“Di Indonesia tumbuh situasi unik di mana HAM tumbuh tanpa liberalisme politik, tanpa hak kebebasan individu. Jadi HAM kita itu tumbuh dalam gagasan berkembang, akademik hadir, tapi dia tumbuh tanpa pendasaran normatif, tanpa disertai pengakuan hak individual,” Robet menandaskan.

Survei tersebut melibatkan 2.040 responden dari 34 Provinsi di Indonesia baik desa maupun perkotaan. Metode yang digunakan adalah stratified random sampling dengan margin of error sebesar 2,3 persen di tingkat konfiden 95 persen.

Survei itu dilakukan selama bulan Oktober 2018 dengan tiga indikator dasar yaitu pemahaman atau kognisi, sensibilitas atau kepekaan nurani, dan tindakan atau modus. Wawancara yang digunakan tatap muka dengan mendatangi tiap rumah dan pertanyaan langsung dibacakan.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kisah Rony Gunawan, Bos Taksi yang Mobilnya Beroda Delapan

Liputan6.com, Bandung – Modifikasi mobil kini semakin digemari. Dengan mengubah tampilan dasar mobil, memodifikasi kendaraan roda empat jadi terlihat lebih menarik dan unik.

Modifikasi mobil dapat dilakukan dengan cara yang ringan seperti penambahan aksesori untuk mempercantik tampilan. Ada juga yang ekstrem seperti mengubah warna asli kendaraan atau fungsinya.

Rony Gunawan, pengusaha taksi Gemah Ripah asal Bandung ini kembali meluncurkan modifikasi mobil ekstrem.

Sukses menghadirkan Toyota New Limo bermuka dua pada Januari 2018 lalu, pria berusia 72 tahun ini kembali hadir dengan sedan beroda delapan.

Ditemui di pool taksi miliknya di kawasan Babakan Cibeureum, Kota Bandung, tunggangan Rony memiliki enam roda terletak di bagian belakang dan dua di bagian depan.

Walau sudah dimodifikasi, armada taksi yang diambil dari Toyota All New Limo generasi ketiga produksi 2013 ini, tidak ada perubahan pada bagian mesin.

“Kalau mesin tidak ada yang diubah sama sekali. Hanya bagian eksteriornya dicat, rodanya ditambah, sasisnya ada perubahan dan pada bagian pintu yang berubah,” ujar Rony kepada Liputan6.com, Sabtu (19/1/2019).

Rony mengatakan, modifikasi dilakukan sejak 29 Agustus 2018. Sama seperti pendahulunya ‘si muka dua’, mobil beroda delapan ini ditargetkan rampung akhir Januari ini.

“Tinggal di bagian interiornya saja. Mudah-mudahan selesai seperti yang pertama, waktu itu beresnya juga Januari,” katanya.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Pool Taksi

Pool Taksi Gemah Ripah milik Rony beralamat di Jalan Babakan Cibeureum No. 21. Tepatnya berada di perbatasan kota Bandung dan Cimahi.

Garasi taksi ini cukup besar. Pada bagian tengah terdapat bangunan utama. Di dalamnya terdapat ratusan mobil taksi Gemah Ripah. Pada bagian luarnya juga terdapat beberapa mobil taksi yang tengah diperbaiki. Mobil-mobil itu akan diremajakan untuk dijual kembali.

“Kalau sekarang dijual paling Rp 75 juta,” kata Roni.

Saat Liputan6.com mengunjungi garasi ini, terlihat sebagian taksi sudah berdebu. Beberapa karyawan ada yang sedang mengelas, mengurusi kelistrikan atau sekadar mencuci mobil.

Rony menjelaskan, usaha taksi miliknya dimulai pada 1991. Dari hanya beberapa unit, usaha transportasi miliknya berkembang hingga memiliki 513 unit taksi.

“Dari 513 mobil sudah pada dijual. Sekarang sisa 200 lebih. Yang tidak beroperasi ada seratus lebih,” kata dia.

Padahal, taksi-taksi konvensional miliknya tidak ada satupun yang bermasalah. Mesinnya masih menyala dengan baik. Tidak juga ada tanda-tanda bekas tabrakan.

“Awal mulai kerasa tidak operasi itu sekitar 2017. Taksi online kan mulai banyak, ya taksi-taksi ini kena imbasnya juga. Akhirnya di parkir di sini,” kata Rony menjelaskan.

Rony mengakui pernah ikut menyampaikan kegundahannya ke beberapa pihak termasuk ikut memprotes keberadaan taksi online. Namun seiring waktu, kehadiran taksi daring tak terbendung.

“Mau bagaimana lagi, sudah banyak yang keluar kerja karena kita kalah bersaing. Dari seribu sopir, sekarang cuma 300 orang. Kerjanya shift, 24 jam kerja lalu besoknya libur,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Ide Spontan

Di balik rasa gundah karena sulitnya persaingan di dunia transportasi, tercetus ide spontan memodifikasi mobil taksi yang menganggur di garasi Rony.

“Awalnya saya bikin modif mobil muka dua karena di pool kita banyak taksi yang tidak beroperasional. Iseng saja saya bongkar dua mobil jadi satu,” ujarnya.

Saat membuat mobil bermuka dua, Rony memanggil dua orang tukang las. Mobil buatan tahun 2012 dibelah jadi dua. Bagian ekor dibuang, hanya mempertahankan bagian depan yang berisi mesin dan transmisi saja.

“Setelah selesai dimodif, saya panggil dua tukang catnya. Jadi hanya empat orang saja yang mengerjakan modifikasi,” katanya.

Rony mengaku tak punya kemampuan menggambar. “Saya tidak bisa gambar, desain juga tidak bisa. Semuanya diukur pakai penggaris saja,” ujarnya.

Setelah mobil muka dua rampung, beberapa bagian mobil ada yang masih tersisa. Waktu itu, Rony berencana ingin membuat sofa dari bangkai mobil.

“Kan ada sisanya bagian belakang. Waktu itu rencana mau dibikin sofa. Kalau bikin roda delapan dengan enam di bagian belakang bagaimana, kemudian kita coba dulu akhirnya bisa. Dananya habis Rp80 juta,” kata Rony menjelaskan proses mobil beroda delapan.

Rony berharap bisa mengantongi surat izin jalan agar mobil bisa digunakan layaknya kendaraan konvensional.

“Kalau bisa mobil ini digunakan di jalan raya. Jadi kalau ada pameran tidak perlu lagi sewa towing. Kalau yang muka dua kan harus pakai towing karena enggak boleh di pakai di jalan raya. Harga sewanya kan mahal,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini: