700 Warga Palestina di Gaza Berbuka Bersama KBRI Amman

Secara terpisah, Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sejumlah kalangan di tanah air yang terus memberikan perhatian, dukungan dan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

“Sejak dua tahun terakhir, bantuan kemanusiaan yang telah disalurkan kepada Palestina, termasuk para pengungsi, mencapai 4,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 65 miliar,” ujar Dubes Andy.

Dalam suasana Ramadan yang penuh berkah, warga Gaza yang menghadiri iftar bersama menitipkan ucapan salam dan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia dan lembaga kemanusiaan yang hingga kini terus berkomitmen memberikan dukungan kepada rakyat Palestina, baik dari segi materi maupun moril.

Menurut pejabat Kementerian Kesehatan Gaza, Mukhlis, donasi yang dikumpulkan oleh DWP dan disalurkan oleh KBRI Amman dalam bentuk iftar bersama adalah bentuk kepedulian sosial yang tinggi dari masyarakat Indonesia.

“Bantuan ini sangat tepat waktu dan sangat dibutuhkan bagi warga Gaza ditengah blokade Israel. Untuk itu, sekali lagi terima kasih atas bantuan ini,” ucap Mukhlis.

Blokade Israel di Gaza telah berlangsung lebih dari 10 tahun, termasuk konfik terbuka dengan Israel pada 2008 dan 2014 yang menelan korban ribuan jiwa warga sipil Palestina. Setahun terakhir ini, baik Hamas maupun Israel terlibat beberapa kali saling serang roket dan rudal, yang menambah situasi di Gaza semakin buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *