IHSG Diprediksi Bakal Tertekan

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi terkoreksi pada perdagangan saham Jumat (1/3/2019). IHSG kemungkinan tertekan dengan diperdagangkan pada level 6.418-6.585.

Dari sisi global, pasar akan menantikan data harga konsumen Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis pada pekan ini. Sedangkan dari domestik, pemerintah mencatat isu-isu geopolitik seperti pembicaraan dagang AS-China masih berlanjut.

Tak hanya itu, Pertemuan Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menandakan bahwa risiko geopolitik berpeluang melandai.

“Melihat hal ini, IHSG kemungkinan masih akan tertekan pada kisaran support dan resistance di level 6382-6494,” ungkap Head of Research PT Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi Taulat.

Adapun menurut Analis PT Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan, IHSG secara teknikal menunjukan potensi pelemahan di rentang 6.374-6.561.

Saham-saham rekomendasi hari ini ialah sebagai berikut:

Saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT JAPFA Tbk (JPFA), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Kemudian saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), serta PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

2 dari 2 halaman

Penutupan Kemarin

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) betah di zona merah pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Aksi jual investor asing menekan laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis (28/2/2019), IHSG merosot 82,33 poin atau 1,26 persen ke posisi 6.443,34. Indeks saham LQ45 tergelincir 1,53 persen ke posisi 1.006,09. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan.

Sebanyak 282 saham melemah sehingga menekan laju IHSG. 124 saham menguat belum mampu menahan pelemahan IHSG. 126 saham diam di tempat. Pada Kamis pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.526,93 dan terendah 6.433,34.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 473.327 kali dengan volume perdagangan saham 14,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 10,7 triliun.

Investor asing jual saham Rp 1,25 triliun di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) di kisaran Rp 14.065. 10 sektor saham kompak tertekan. Sektor saham aneka industri turun 4,81 persen, dan bukukan penurunan terbesar. Disusul sektor saham manufaktur tergelincir 1,7 persen dan sektor saham tambang merosot 1,69 persen.

Di tengah tekanan IHSG, ada sejumlah saham yang mampu menguat. Saham-saham itu antara lain saham OCAP naik 24,58 persen ke posisi 294 per saham, saham HDFA melonjak 21,62 persen ke posisi 180 per saham, dan saham TOBA menanjak 7,84 persen ke posisi 1.720 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham TINS merosot 13,29 persen ke posisi 1.370 per saham, saham CINT tergelincir 12,41 persen ke posisi 254 per saham, dan saham ARII terpangkas 6,59 persen ke posisi 850 per saham.

Bursa saham Asia kompak tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng merosot 0,43 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi turun 1,76 persen, dan bukukan penurunan terbesar di Asia.

Selain itu, indeks saham Jepang Nikkei susut 0,79 persen, indeks saham Thailand melemah 0,56 persen, indeks saham Shanghai merosot 0,44 persen dan indeks saham Singapura tergelincir 1,15 persen.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menuturkan, ada sejumlah faktor pengaruhi IHSG. Pertama, minimnya sentimen positif dari dalam negeri. Kedua, lesunya aktivitas manufaktur dan non-manufaktur di China yang ditandai dengan turunnya data indeks.

Ketiga, meredanya optimisme terhadap hubungan perdagangan AS dengan China akibat pernyataan dari ketua perwakilan dagang AS Robert Lighthizer.

Keempat, Belum tercapainya kesepakatan denuklirisasi di kawasan Semenanjung Korea pada perundingan tingkat tinggi antara AS dan Korea Utara di Vietnam. “Kelima krisis Kashmir menyebabkan para pelaku pasar memindahkan asetnya kepada instrumen yang bersifat safe haven seperti emas, yen, dan swiss franc,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Memaknai Pusaka-Pusaka Keramat Peninggalan Padjajaran

Liputan6.com, Garut – Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat, peninggalan benda pusaka, ajimat atau apapun jenisnya, peninggalan Kerajaan Padjajaran yang dipimpin Prabu Siliwangi dan Prabu Kiang Santang, kerap dianggap sakral dan bertuah.

Benda tersebut tersebar luas di beberapa tempat, salah satunya di situs Kabuyutan, Bayongbong dan Makam Syeh Rohmat Suci, Godog, Karangpawitan. Di kedua lokasi itu, puluhan hingga ratusan benda pusaka peninggalan kedua raja Padjajaran itu selalu mendapat tempat istimewa.

Salah satunya di Situs Kabuyutan, Bayongbong, di area seluas hampir satu hektare itu, masyarakat sekitar selalu menggelar acara ‘Seba Muharam’ setiap tahunnya.

Kegiatan tersebut merupakan ritual memandikan benda pusaka peninggalan Kerajaan Pajajaran, sekaligus membuka naskah kuno peninggalan raja. Di sana masyarakat minta keberkahan mulai urusan jodoh hingga rezeki lancar usaha.

Juru pelihara situs Kabuyutan atau pemangku adat Situs Ciburuy, Nana Suryana (35) mengatakan ritual itu merupakan bentuk penghormatan masyarakat atas jasa leluhur mereka dari Pajajaran, terutama Prabu Kiang Santang yang telah menyebarkan agama Islam di wilayah itu.

“Istilahnya ulang tahun,” ujar dia, dalam beberapa kesempatan.

Dalam ritual sehari semalam itu, rangkaian kegiatan dilakukan seluruh masyarakat sekitar, mulai memandikan benda pusaka, membukan naskah kuno dalam daun lontar yang masih tersusun rapih, hingga mereka yang meyakini ‘ngalap berkah’ dari benda peninggalan tersebut.

“Intinya bukan minta ke benda itu, tetapi kepada Alloh SWT,” ujar Nana menegaskan pentingnya tauhid.

Benda-benda pusaka seperti keris, kujang, trisula, termasuk alat-alat kesenian seperti Gong Renteng yang ditempatkan di Bumi Padaleman itu, sengaja dikeluarkan sesepuh masyarakat setempat, untuk mendapatkan perawatan dan perlakuan istimewa, meskipun hanya setahun sekali.

Tak jarang dalam acara yang dipusatkan di situs yang konon bekas arena pertarungan para jawara (jagoan) di Pulau Jawa itu, masyarakat berduyun duyun meminta berkah mulai urusan jodoh, rezeki lancar usaha hingga urusan jabatan, dari air atau makanan yang telah ‘disuguhkan’ sebelumnya di dalam bumi Padaleman itu.

2 dari 2 halaman

Ngalungsur Pusaka Godog

Tak hanya di Situs Ciburuy, puluhan benda pusaka peninggalan Kerjaan Padjajaran pun terkumpul di makam kramat Syeh Sunan Rohmat Suci Godog, Karangpawitan. Di sana, setiap tanggal 14 mulud (Maulid) setiap tahun, masyarakat sekitar selalu menggelar ritual ‘Ngalungsur Pusaka’.

Kegiatan itu sengaja untuk memamerkan sekaligus memandikan seluruh barang pusaka peninggalan Prabu Kiansantang yang diyakini hingga kini sebagai penyebar pertama agama islam di wilayah Garut dan sekitarnya.

“Ada tumbak, keris, golok, dan benda sejarah lainnya, ” kata dia.

Setiap tahunnya ribuan orang dari berbagai daerah selalu datang dengan harapan untuk mendapatkan keberkahan dari makam waliyulloh tersebut.

“Ada nilai sejarah Islam yang tersimpan di dalamnya,” ujar Yaya Mansyur (62), juru kunci makam Godog.

Namun dibanding dengan Situs Ciburuy, ritual Ngalungsur Pusaka yang berada di makam Godog, mesti diawali dengan bakti soslal terutama sunatan massal. Kegiatan itu merupakan amanat sang sunan, saat menyebarkan syiar islam di sana.

“Tidak bisa digantikan kegiatan lain,” kata dia.

Yaya menyatakan, meskipun ada pemandian dan penyucian benda pusaka, namun hal itu hanya budaya semata. Hal tersebut, justru dibutuhkan untuk lebih mendekatkan diri kepada sang maha pencipta Allah SWT.

“Tidak usah menjadi perdebatan, sebab di dalamnya terkandung makna ibadah kepada Allah,” ujarnya.

MMA Prediksi Tren Iklan Mobile di Indonesia Semakin Meningkat

Liputan6.com, Jakarta – Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia memaparkan tren pemasaran di perangkat mobile pada tahun 2019 ini. Hal ini tidak lepas dari jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang terus meningkat.

Dalam paparan data tersebut, terungkap orang Indonesia paling banyak mengakses internet melalui perangkat seluler. Sisanya, mengakses menggunakan PC.

Dipaparkan oleh Program Director MMA APAC, Azalea Aina, 97 persen orang Indonesia mengakses internet dari smartphone, di mana 89 persennya mengakses dari perangkat Android, padahal di global yang mengakses internet dari Android hanya 72 persen.

Selain itu, waktu akses atau time spent orang Indonesia di perangkat mobile bisa mencapai 4 jam per harinya, lebih dari rata-rata pengguna global yang hanya mengakses smartphone 3 jam per hari.

“Dengan penggunaan smartphone per hari yang melebihi rata-rata pengguna global ini, konsumsi digital pengguna di Indonesia sangat besar dari tahun ke tahun. Akses konten digital melalui tablet dan PC turun sejak 2016 hingga saat ini,” kata Azalea di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Selain itu, maraknya penggunaan layar kedua (dalam hal ini smartphone) saat pengguna sedang menonton televisi juga mempengaruhi naiknya konsumsi digital. Maka tak heran jika potensi marketing melalui iklan di perangkat mobile ikut meningkat.

2 dari 2 halaman

Tren Pemasaran Melalui Perangkat Seluler di 2019?

Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Lantas, apa saja tren pemasaran melalui perangkat seluler di 2019? Kata Azalea, pembayaran seluler di Tanah Air bakal menjadi era baru.

Dia menyebut, maraknya pembayaran melalui aplikasi di perangkat mobile bisa dijadikan peluang bagi advertiser untuk mengiklankan produknya.

Saat ini, menurut Azalea, metode pembayaran dengan Gopay, OVO, DANA, hingga TCash yang kini berubah nama jadi LinkAja bisa ikut dimanfaatkan.

Tren selanjutnya adalah konsumsi terhadap video vertikal. Azalea menyebut, konsumsi video tumbuh signifikan pada 2018. Menurut data Telkomsel, ada peningkatan 59 persen dalam penggunaan data di jaringan mereka untuk menonton video dengan jumlah penonton video di jaringannya sebanyak 62 juta user.

“Karena banyaknya pengguna yang akan menikmati konsumsi video dalam beberapa tahun ke depan, Telkomsel menyiapkan kapasitas data 120 Petabyte di tahun 2020 untuk melayani 80 juta penonton video,” tutur Azalea.

Namun demikian, format video yang dinikmati pengguna pun makin beragam, salah satunya adalah format vertikal.

“Sekarang video viewing berubah dari horizontal ke vertikal, dan ini didrive oleh Instagam dan TikTok. Implikasinya, advertiser pun harus menyesuaikan konten-konten iklannya agar selaras dengan tren konsumsi video,” kata Azalea.

Di MMA, kata Azalea, mereka mengingatkan agar brand membuat iklan video yang formatnya vertikal.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Toyota Avanza Transmisi Manual Lebih Banyak Dicari Konsumen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta – Model terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza dan Veloz cukup mendapatkan respons positif dari konsumen. Hal tersebut, terlihat dari jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) terhitung sejak kemunculannya, pertengahan Januari 2019 yang sudah mencapai sekitar 15 ribuan unit.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, dari jumlah SPK tersebut, paling banyak masih didominasi varian Toyota Avanza tipe G 1,3 liter manual dan matik. Komposisinya, 50 persen varian tersebut, Veloz sekitar 30 sampai 35 persen, dan sisanya tipe E.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen (model lama) naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan,” jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari tipe transmisi, antara manual dan matik, kira-kira masih didominasi manual dengan 62 persen. Jadi, komposisi tersebut rata-rata sama, kecuali di wilayah tertentu di Jakarta yang varian matik masih cukup tinggi, hampir 50 persen.

“Terus terang masih manual yang mayoritas, karena Toyota Avanza dipakai sampai di pelosok itu ada, Kalau di kota kecil, matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, banyak juga digunakan untuk perusahaan rental, yang masih memilih manual,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Toyota Avanza tersedia dalam tujuh varian, mulai 1,3 STD dengan banderol Rp 188,6 juta sampai 1,5 G M/T yang dilepas Rp 221,25 juta. Sedangkan Veloz, tersedia empat tipe, mulai dari 1,3 M/T berbanderol Rp 215,65 juta sampai 1,5 A/T dengan harga Rp 239,45 juta.

2 dari 3 halaman

Fitur Toyota Avanza 2019 Bertambah tapi Harga Tetap, Ini Alasannya

Meskipun mendapatkan sedikit penyegaran, namun Toyota tidak menaikan harga jualnya. Toyota Avanza dan Veloz baru ini tetap dibanderol mulai Rp 188,6 juta untuk varian terendah Avanza sampai Rp 239,45 juta untuk varian tertinggi Veloz.

Dijelaskan Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, dengan berbagai tambahan fitur, harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru tidak mengalami peningkatan.

“Tetapi model ini sangat diterima di masyarakat, dan dengan model baru ini kita targetkan penjualan sebesar 30 persen,” jelas Minamide di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Marketing Director TAM Anton Jimmi menyampaikan, ada banyak pertimbangan yang dilakukan pihaknya sebelum memutuskan untuk menahan harga jual.

Bahkan, sejak melakukan pengembangan Avanza dan Veloz baru ini, Toyota sudah melakukan survei terkait pasar yang bakal disasar oleh pesaing berat Mitsubishi Xpander tersebut.

“Untuk target konsumen di MPV low ini value for money menjadi kunci yang paling penting. Jadi, kita rasa dengan melihat pasar dan kompetisi kita putuskan untuk mempertahankan harga,” tambah Anton di tempat yang sama.

Dengan melihat target pasarnya sendiri, Toyota sudah melihat berapa harga dan cicilan yang tepat untuk model ini.

Jadi, dengan tidak menaikan harga, kemungkinan untuk merebut pasar dan menjadi leader di LMPV lebih mungkin tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Hasil Liga Inggris: Liverpool Habisi Watford 5-0 di Anfield

JakartaLiverpool berpesta gol saat menjamu Watford di lanjutan Premier League tengah pekan ini. ‘Si Merah’ menang telak 5-0 dan bertahan di puncak klasemen.

Menjamu Watford di Anfield, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB, Liverpool tampil mendominasi. Menguasai bola hingga 62%, tuan rumah mencatatkan 19 tembakan di mana 10 mengarah ke gawang.

Sementara tim tamu cuma punya lima upaya, dengan hanya tiga yang on target. Liverpool sudah unggul 2-0 di babak pertama, berkat dua gol Sadio Mane memanfaatkan umpan-umpan Trent Alexander-Arnold.

Tiga gol ditambahkan di paruh kedua, dari Divock Origi dan dua kali dari sundulan Virgil van Dijk.

Kemenangan ini menjaga Liverpool di puncak klasemen, dengan kini mengoleksi nilai 69 dari 28 laga. Mereka memimpin satu poin atas Manchester City di posisi dua, yang di laga lain menang 1-0 atas West Ham United.

Sementara Watford tertahan di posisi delapan dengan 40 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool sudah mendapatkan momen bagus di menit ketiga. Ben Foster menahan bola terlalu lama sebelum akhirnya menendang dan mengenai James Milner. Tapi dia bisa mengamankan situasi dengan menangkap si kulit bundar.

Tuan rumah memetik keunggulan di menit ke-9, Trent Alexander-Arnold melepaskan umpan silang terukur dari kanan dan disambar sundulan Sadio Mane yang lolos dari pengawalan.

Mane! Gol kedua dari Liverpool di menit ke-20. Mulanya serangan balik dari Mohamed Salah dihentikan pertahanan Watford, namun bola bergulir ke kaki Alexander-Arnold yang melanjutkannya dengan umpan silang.

Bola diterima Mane di depan gawang. Meski kontrolnya tak terlalu baik, dia dengan cerdik menyonteknya dengan tumit untuk menaklukkan Foster.

Peluang lain untuk Liverpool di menit ke-37. Sepakan Salah menghantam tiang gawang, sementara tembakan James Milner digagalkan Foster.

Watford mendapatkan peluang di menit ke-42. Gerard Deulofeu mengirim umpan silang dari kanan, tapi gagal dicocor dengan sempurna oleh Troy Deeney. Sepakannya melebar saja.

Andrew Robertson terbebas di sisi kiri semenit berselang dan mengirimkan bola ke Mane di tengah. Umpannya terlalu deras untuk disambar Mane. Babak pertama berakhir 2-0 untuk keunggulan Liverpool.

Sebuah tusukan dari Salah di menit ke-50 mengancam gawang Watford. Usai mengecoh satu pemain Watford, Salah mendekati gawang dan coba mengirim umpan tarik yang masih bisa dipotong Foster.

Liverpool melanjutkan ancaman ke gawang Watford pada menit ke-63. Divock Origi memberikan umpan silang mendatar dari kiri, lalu dikontrol Mane dan diakhiri dengan tembakan memutar. Tendangannya diblok dan cuma berbuah korner.

Tiga menit berselang, Liverpool benar-benar menambah keunggulan. Origi merangsek ke tengah dari sisi kiri dan mengakhiri tusukan dengan tembakan mendatar ke tiang dekat.

Watford balas mengancam di menit ke-74 lewat Andre Gray, yang dihentikan Alisson.

Lima menit kemudian, Liverpool mencetak gol keempat. Umpan Alexander-Arnold dari tendangan bebas di kanan ditanduk Virgil van Dijk di tengah kotak penalti.

Van Dijk kembali mencetak gol di menit ke-82. Kali ini dari umpan silang Robertson, Van Dijk memenangi duel udara di tengah kotak penalti untuk membawa Liverpool memimpin 5-0.

Skor 5-0 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain:

Liverpool: Alisson; Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Joel Matip, Trent Alexander-Arnold; James Milner (Jordan Henderson 70′), Fabinho, Georginio Wijnaldum (Naby Keita 84′); Sadio Mane (Adam Lallana 78′), Divock Origi, Mohamed Salah

Watford: Ben Foster; Adam Masina, Craig Cathcart, Adrian Mariappa, Daryl Janmaat; Roberto Pereyra (Sema 84′), Etienne Capoue, Abdoulaye Doucoure, Will Hughes; Troy Deeney (Andre Gray 73′), Gerard Deulofeu (Tom Cleverley 73′)
(raw/din)

AFC Cup: PSM Makassar Redam Home United

Liputan6.com, Singapura – PSM Makassar mencuri angka pada lawatan ke markas Home United di AFC Cup 2019. Mereka bermain 1-1 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Rabu (27/2/2019).

Eero Markkanen membawa PSM Makassar memimpin pada menit ke-26. Namun, tim tamu gagal mempertahankan keunggulan dengan Hami Syanin (’62) menyamakan skor di babak kedua.

Pada waktu bersamaan, duel yang mempertemukan Lao Toyota (Laos) dan Kaya–Iloilo (Filipina) juga berakhir 1-1. Dengan hasil ini, empat tim yang bernaung di Grup H memiliki produktivitas dan poin serupa.

PSM Makassar selanjutnya menjamu Lao Toyota di Stadion Pakansari, 13 Maret mendatang.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Berstatus tim tamu, PSM mengambil inisiatif serangan sejak awal babak pertama. Namun, justru Home United yang mendapat peluang karena kesalahan umpan. Beruntung usaha Adam Swandi masih bisa dimentahkan kiper PSM Rivky Mokodompit.

PSM lalu mengancam lewat kerja sama Wiljan Pluim dan Rahmat. Sayang usaha Pluim masih melebar.

Tidak lama kemudian, giliran Rahmat yang meneror Home United. Kali ini usahanya berhasil karena Markkanen memanfaatkan umpannya menjadi gol.

Di sisi lain, Home United hanya mengandalkan tembakan jarak jauh. Setelah upaya Hafiz Noor masih melenceng, tuan rumah akhirnya menyamakan kedudukan lewat Hami Syanin.

PSM sebenarnya memiliki kesempatan meraih kemenangan. Namun kombinasi Marc Klok, Pluim, dan Markkanen tidak membuahkan hasil. Sementara peluang Bayu Gatra digagalkan penjaga gawang Home United Rudy Khairullah.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Home United: Rudy Khairullah; Faritz Abdul Hamid, Abdil Qaiyyim, Faizal Roslan; Aqhari Abdullah, Fazli, Izzdin Shafiq, Hami Syahin, Adam Swandi;Hafiz Noor, Shahril

PSM Makassar: Rivky Mokodompit ; Beny Wahyudi), Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Marc Klok; Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M. Rahmat

Waskita Karya Garap Proyek Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Liputan6.com, Jakarta PT Waskita Karya (Persero) Tbk menandatangani kontrak Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Paket III, dengan ruas Taman Mekar- Sadang sepanjang 28 kilometer (STA 34+ 150 – STA 62+000).

“Pelaksanaan konstruksi Paket III Taman Mekar – Sadang dimulai bulan Februari 2019 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2020,” kata SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk Shastia Hadiarti di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Sebagai informasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) membagi Jalan Tol Japek II Selatan ke dalam tiga paket yang menghubungkan Jati Asih, Bekasi dan Sadang sepanjang 62 km.

Ketiga paket tersebut masing masing: Paket 1 (00+00 Sta 9+300) sepanjang 9,3 km; Paket 2 (Sta 9+300 Sta 34+150) sepanjang 24,85 km; Paket 3 (Sta 34+150 Sta 62+00) sepanjang 27,85 km.

Tol Japek II Selatan dibangun oleh PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS) dan tol ini akan terintegrasi dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) serta Tol Purbaleunyi.

“Kelak, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting,” tambah Shastia.

Waskita Karya adalah BUMN yang senantiasa bersinergi dengan pemerintah dalam perannya sebagai agen pembangunan guna mendukung penyediaan infrastruktur strategis yang merata di Indonesia.

Beberapa proyek infrastruktur yang di antaranya masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) telah berhasil diselesaikan dengan baik oleh Waskita Karya, di antaranya adalah proyek jalan tol Trans Jawa maupun tol Trans Sumatera.

Saat ini Waskita Karya memiliki konsesi atas 18 ruas tol di Jawa dan Sumatera dan 9 ruas di antaranya sudah beroperasi, yaitu Ruas Kanci – Pejagan, Ruas Pejagan – Pemalang, Ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi seksi 2 – 6, Ruas Bekasi – Cawang – Kampung Melayu seksi 1BC, Ruas Ngawi – Kertosono seksi 1 – 3, Ruas Solo – Ngawi, segmen Kartasura – Sragen, Ruas Depok – Antasari seksi 1, Ruas Pemalang – Batang, Ruas Ciawi – Sukabumi seksi 1, dan Ruas Batang Semarang Seksi 1 sampai 5.

2 dari 2 halaman

Jasa Marga Siapkan 4 Proyek Tol Baru pada 2019

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) kini tengah menyiapkan pengerjaan empat proyek tol baru pada 2019.

Keempat jalan tol tersebut berlokasi di Pulau Jawa, yakni Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 184,05 km, Akses Patimban 37,7 km, Ciranjang-Padalarang 27,8 km, dan Semarang-Demak 37,7 km.

Direktur Pengembangan PT Jasa Marga Tbk, Adrian Priohutomo menuturkan, prakarsa proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan tindak lanjut dari Engineering and Planning Group (EPG).

“Untuk Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Saat ini sedang dapat proses tujuan prakarsa dari Menteri PUPR. Kita mulai masuk ke selatan, karena di utara sudah tersambung (oleh Tol Trans Jawa),” ungkap dia di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Secara status, ia menyebutkan, proyek ruas tol ini telah mendapatkan persetujuan prakrasa dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Adapun ruas tol lainnya yang secara program masih dalam bentuk prakarsa yakni Akses Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sama seperti Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Akses Patimban juga sudah memperoleh persetujuan prakarsa dari Menteri PUPR.

Sementara itu, pada Tol Ciranjang-Padalarang yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung merupakan terusan dari ruas lanjutan dari Tol Cikampek-Padalarang.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam bentuk penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“Kami dapat penugasan dari pemerintah untuk proyek Tol Ciranjang-Padalarang,” sebut Adrian.

Sedangkan untuk proyek Jalan Tol Semarang-Demak, Adrian menyatakan, ini merupakan program tender investasi pemerintah. “Statusnya telah lulus prakualifikasi. Saat ini sedang tahap penyusunan dokumen penawaran,” ujar dia.

3 Wanita Anggota Kongres, Termasuk 2 Muslimah Ini Ubah Wajah Politik AS

Washington – Trio perempuan yang baru terpilih menjadi anggota Kongres telah mengguncang politik Amerika Serikat.

Ketiga perempuan kulit berwarna ini memenangkan kursi sebagai wakil Partai Demokrat lewat pemilihan umum sela AS bulan November lalu.

Meskipun pendatang baru, mereka secara terbuka mempertanyakan konvensi lama kelompok mapan Amerika, baik dalam hal domestik maupun luar negeri, sehingga mendapatkan pendukung antusias, di samping pengecam keras, termasuk dari dalam partainya sendiri.

Jadi apakah perempuan ini wakil banyak suara yang radikal atau revolusioner yang sudah lama dinantikan politik AS?

Bersejarah Alexandria Ocasio-Cortez Alexandria Ocasio-Cortez memasuki Kongres sebagai bagian dari jumlah terbanyak wakil perempuan di DPR dalam sejarah AS. (iStock)

Di usia 29 tahun, Alexandria Ocasio-Cortez, mantan bartender dan pelayan dari New York menjadi perempuan termuda yang masuk ke Kongres. Keluarganya berasal dari Puerto Rico.

Ihan Omar dari Minnesota adalah warga Amerika keturunan Somalia berumur 38 tahun yang memakai hijab. Dia tiba di AS pada tahun 1995 sebagai pengungsi.

Pada pemilu sela November, dia dan rekannya Rashida Tlaib menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres.

Rashida Tlaib, 42 tahun, wakil dari Michigan, adalah seorang pengacara dari generasi pertama Amerika-Palestina. Nenek dan kerabatnya masih tinggal di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Bisa dikatakan bahwa ketiganya mewakili politik progresif Demokrat AS.

Mereka mendukung hak LGBT, aborsi sebagai hak perempuan dan membela hak imigran.

Rashida Tlaib dan Ilhan Omar. Rashida Tlaib dan Ilhan Omar mencatat sejarah sebagai perempuan Muslim pertama di Kongres. (Getty Images)

Bintang media sosial

Dalam kaitannya dengan masalah luar negeri, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib sangat berbeda dengan warga AS pada umumnya terkait dengan Israel, sekutu Amerika sejak lama dan penerima bantuan.

Sementara dalam hal politik dalam negeri, Alexandria Ocasio-Cortez atau AOC nama yang dipakai penggemarnya di Twitter, telah mengguncang dan mendapatkan banyak perhatian karena pandangannya yang sangat kiri, suatu hal yang langka di politik AS.

Tidak diragukan lagi bahwa perempuan-perempuan Demokrat ini sangat menentang Presiden Donald Trump.

Tetapi kadang-kadang pesaing serius pun memiliki kesamaan.

Misalnya dalam hal penggunaan 280 karakter sebuah Tweet.

Jika Donald Trump telah membuat terobosan dengan membuat Twitter sebagai saluran utama untuk berbicara langsung dengan masyarakat Amerika, politikus perempuan ini mengikuti jejaknya dengan mengedepankan pesan politik lewat kehadiran kuat di media sosial.

Akun Twitter Alexandria Ocasio-Cortez Twitter telah menjadi ‘medan pertempuran’ para politikus Amerika. (Twitter)

Perlombaan interaksi

Ini adalah strategi yang terutama berhasil bagi Alexandria Ocasio-Cortez.

Menurut sebuah kajian yang dilakukan situs internet berita Axios, selama sebulan anggota Kongres ini menciptakan lebih banyak interaksi di Twitter (retweets dan likes) dibandingkan enam situs berita paling berhasil AS di Twitter, termasuk organisasi besar seperti CNN dan New York Times.

Saat penelitian dilakukan, Donald Trump masih di atasnya dengan jumlah sekitar tiga kalinya, tetapi data ini – mengalahkan anggota Demokrat lainnya – tetap saja mewakili keberhasilan besar bagi Alexandria Ocasio-Cortez mengingat dirinya baru saja menjadi anggota DPR.

Melakukan streaming video-nya di Instagram saat membuat sup di dapur sambil membicarakan usulan peningkatan pajak bagi orang kaya kemungkinan tidak sukai semua orang, tetapi bagi generasi baru yang tumbuh dengan media sosial, dia sangatlah menarik.

Alexandria Ocasio-Cortez di Instagram.
AOC juga aktif di Instagram dan video memasaknya terbukti sangat populer. (Instagram)

Di samping peningkatan pajak sampai 70% bagi orang berpemasukan tinggi, dia juga mempromosikan rencana Green New Deal untuk menjadikan Amerika sama sekali bebas dari bahan bakar fosil dengan berinvestasi pada energi bersih, asuransi kesehatan bagi semua warga dan universitas gratis.

Masalah Amazon

Dia juga menentang bisnis besar pada sejumlah masalah, termasuk tentang pendanaan kampanye politik, keuntungan perusahaan obat besar yang dituduh “menggunakan penelitian yang dibiayai masyarakat untuk mendapatkan obat swasta yang mahal” dan perdebatan terbuka dengan pengecer terbesar dunia, Amazon, terkait rencana mendirikan markas di New York City.

Donald Trump mengatakan dia seorang sosialis, menekankan bahwa ‘Amerika tidak akan pernah menjadi negara sosialis’.

Jadi apakah itu memang benar? Ocasio-Cortez menjawab dengan mengatakan dirinya adalah Sosialis-Demokrat, dengan penekanan pada kata Demokrat.

Dia tentu saja memiliki sejumlah pengecam, salah satunya adalah mantan Senator Joe Lieberman dari partainya sendiri, yang mengatakan Alexandria Cortez-Ocasio tidak boleh menjadi masa depan Demokrat.

Kantor Ocasio-Cortez Pengunjung Kongres mulai meninggalkan pesan cinta dan dukungan di pintu kantor Alexandria Ocasio-Cortez. (Reuters)

Dalam beberapa bulan ke depan, memang meloloskan rancangan undang-undang kemungkinan akan lebih sulit bagi Alexandria Ocasio-Cortez dibandingkan mendapatkan 3,2 juta pengikut di Twitter, tetapi hampir semua orang sepakat dia adalah kekuatan besar yang mendominasi wacana politik.

Lain dari biasa

Jika kemenangan Trump pada pemilu sebagai petunjuk, usahanya yang sering terdengar mengingatkan bahwa Amerika bosan dengan politik pada umumnya, sepertinya juga terjadi di sebagian besar masyarakat AS.

Anggota Kongres perempuan yang baru terpilih menyerang Trump dengan semangat yang sama: dia tidak bisa mengharapkan dirinya dapat bekerja seperti biasa.

Ketika Ilhan Omar, wakil masa jabatan pertama kelahiran Somalia mempertanyakan utusan yang baru ditunjuk Trump untuk Venezuela, diplomat veteran Elliott Abrams pada sebuah sidang Kongres, videonya langsung menjadi viral.

Ilhan Omar Ilhan Omar terpilih menjadi bagian dari Foreign Affairs Committee DPR. (Getty Images)

“Apakah Anda akan mendukung kelompok bersenjata di dalam Venezuela yang terlibat kejahatan perang, kemanusiaan atau genosida jika Anda percaya mereka melakukannya untuk kepentingan AS, seperti yang Anda lakukan di Guatemala, El Salvador, dan Nikaragua?” Ilhan Omar menanyakannya, sehingga memicu perdebatan menegangkan di antara keduanya.

Dia mengacu kepada peran Elliott Abrams dalam skandal yang dikenal sebagai Iran-Contra.

Ketika diketahui bahwa Amerika secara diam-diam menjual senjata ke Iran pada tahun 1980-an dan menyalurkan dananya untuk kelompok anti-komunis Nikaragua.

“Sepertinya adil”

Selama masa jabatannya, milisi yang dilatih AS melakukan pembantaian di El Salvador, membunuh lebih dari 800 warga sipil.

Elliott Abrams mengatakan interogasinya ‘konyol’ dan ‘sebuah serangan pribadi’.

Tetapi Alexandria Ocasio-Cortez yang bereaksi lewat Twitter, mendapatkan 62.000 likes. “Menyaksikannya menanyai utusan Trump … sepertinya keadilan ditegakkan,” tulisnya.

Ilhan Omar Ilhan Omar adalah pengungsi Somalia yang tiba di AS saat berumur 12 tahun. (Getty Images)

Pihak-pihak yang membela Ilhan Omar mengatakan dia mengangkat masalah kelompok elite Washington yang sejak lama tidak diperhatikan.

Meskipun demikian, perbedaan pandangan terkait posisi Ilhan Omar terhadap Israel memicu kontroversi yang lebih tajam.

Kontroversi Israel

Wakil Minnesota ini mendukung gerakan BDS, kampanye pimpinan Palestina yang terinspirasi gerakan anti-apartheid Afrika Selatan, untuk menerapkan boikot, divestasi dan sanksi terhadap Israel terkait dengan kebijakan Palestinanya.

Israel menuduh gerakan tersebut mengancam keberadaan mereka, sebuah pandangan yang juga didukung sebagian besar politikus kedua partai di Kongres.

Ilhan Omar Wakil Minnesota terlibat dalam sengketa anti-Yahudi. (Getty Images)

Ketika diketahui bahwa anggota paling senior Republik di House of Representatives, Kevin McCarthy, menegaskan akan menindak Ilhan Omar terkait dugaan anti-Yahudi, dia mengirim tweet, mengisyaratkan bahwa kelompok lobi pro-Israel, Aipac (The American Israel Public Affairs Committee) menggunakan insentif keuangan untuk mendukung agenda pro-Israel.

Komentarnya membuka berbagai masalah dengan pendukung dan pengecamnya, memulai perang Twitter terkait peran Aipac dalam politik AS dan mempertanyakan apakah Ilham rasis terhadap Yahudi.

Permintaan maaf Aipac

Jumlah orang yang tersinggung cukup berarti, mereka menekankan bahwa dia mendukung stereotip bahwa “Yahudi kaya mengendalikan dunia”.

Presiden Trump menuntutnya mundur, Chelsea Clinton menyerangnya karena menggunakan masalah anti-Yahudi dan senator senior Demokrat Chuck Schumer menuduhnya tidak toleran dan menggunakan kiasan anti-Yahudi.

Sebagai jawabannya, pembela Ilhan di Tiwtter menyebarkan video pidato Schumer di konferensi Aipac hampir setahun lalu.

Mereka memintanya untuk meminta maaf terkait dengan apa yang mereka pandang sebagai kefanatikan keagamaan dan anti-Palestina.

Senator Chuck Schumer Salah satu Demokrat senior di Kongres, Senator Chuck Schumer, berbicara di Aipac Policy Conference bulan Maret 2018. (Getty Images)

Pada di video tersebut, Senator Schumer, seorang Yahudi, mengatakan kepada anggota Aipac, “Tentu saja, kita mengatakannya tanah kita, Taurat mengatakan itu, tetapi mereka (Palestina) tidak mempercayai Taurat. Jadi itulah alasannya mengapa tidak tercipta perdamaian.”

Tweets masa lalu

Ini bukanlah untuk pertama kalinya pengaruh lobby Aipac pada politik Amerika diperhatikan.

Pada tahun 2005, Steven Rosen, saat itu pejabat senior Aipac, mengatakan kepada seorang wartawan New Yorker lewat sebuah wawancara makan malam bahwa “Dalam 24 jam, Aipac kemungkinan mendapatkan tanda tangan 70 senator di serbet ini.”

Ketika Twitter membicarakan apakah Ilhan khusus dijadikan sasaran karena dirinya adalah Muslim perempuan pendukung BDS, dia mengirim tweet tentang ‘permintaan maaf tegas’, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan yang “mendidiknya terkait dengan sejarah menyakitkan kiasan anti-Yahudi.’

Ini adalah untuk kedua kalinya politikus Amerika Somalia ini menyampaikan permintaan maaf setelah dikecam karena tweet anti-Yahudi.

Palestina. Dua Muslim perempuan di Kongres AS juga menjadi yang pertama sebagai pendukung gerakan BDS. (Getty Images)

Setelah memasuki Kongres, posting tahun 2012-nya muncul kembali, di mana dia menulis “Israel telah menghipnotis dunia, semoga Allah membangunkan orang dan membantu mereka melihat kejahatan yang dilakukan Israel”.

Tweet dipasang bersamaan dengan Operation Pillar of Defense melawan Gaza yang dilakukan Israel, menewaskan enam warganya dan 158 orang Palestina termasuk paling tidak 30 anak-anak dan 13 perempuan, menurut data PBB.

Menyumpah

Rashida Tlaib, anak perempuan pengungsi Palestina, adalah anggota perempuan Kongres lainnya yang secara terbuka mendukung gerakan BDS melawan Israel.

Tetapi setelah kemenangannya di pemilu, dia memicu kemarahan karena alasan yang sangat berbeda.

Beberapa jam setelah diambil sumpahnya, wakil Michigan mengundang kontroversi karena menyumpahi Trump, mendesak pemakzulannya di depan kerumunan pendukungnya.

“Kita akan memakzulkan the mother****r”(si keparat)”, kata-kata Tlaib yang segera membuat viral videonya.

Rashida Tlaib Sebagai perempuan anggota Kongres pertama dari keturunan Palestina, Rashida Tlaib mengenakan thobe. (Getty Images)

#UnapologeticallyMe

Presiden membalas dengan mengatakan komentarnya memalukan dan dia telah mencemari dirinya dan keluarganya.

Demokrat Michigan yang diambil sumpahnya dengan mengenakan pakaian tradisional Palestina, thobe dan menggunakan Quran keluarga tersebut tidak merasa perlu meminta maaf, lewat tweet-nya dia mengatakan dirinya akan selalu menyuarakan kebenaran bukannya kekuasaan, lewat hashtag #UnapologeticallyMe.

Dia menerima banyak kecaman, termasuk dari sejumlah Demokrat, tetapi pengadilan terbukanya di Twitter menunjukkan Tlaib memiliki banyak pendukung, sebagian bahkan memujinya sebagai ikon feminis karena menjawab presiden dengan menggunakan ‘bahasanya (yang dipakai Trump) sendiri’.

Kolumnis New York Times. Michelle Goldberg, membela Rashida Tlaib dengan mengingatkan pembacanya bahwa bahasa Trump sampai sejauh ini termasuk – yang sama sekai tidak sopan – meremas alat kelamin perempuan dan mengatakan negara Afrika penuh kotoran manusia.

Foto Rashida Tlaib Paman Rashida Tlaib yang tinggal di desa Beit Ur al Foqa, Tepi Barat. (Getty Images)

“Wajah baru kekuasaan politik Amerika ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman,” tulisnya.

Alternatif Tepi Barat

Rashida Tlaib, yang kemudian membicarakan kejadian tersebut dengan situs internet berita Politico mengatakan,”Saya tidak menginginkan apa pun yang saya lakukan atau katakan membuat kita terkecoh. Dan hanya karena itulah saya akan meminta maaf, bahwa ini mengalihkan perhatian.”

Warga Amerika keturunan Palestina ini kemungkinan akan menjadi perhatian kembali jika rencananya untuk melakukan kunjungan ke Tepi Barat sebagai anggota Kongres, bukannya lawatan ke Israel yang biasa dilakukan, akan terjadi.

Anggota baru Kongres AS yang baru terpilih setiap tahun diundang ke Israel secara gratis, disponsori bagian pendidikan Aipac.

Kebanyakan dari mereka menerima undangan tersebut, tetapi tahun ini mereka kemudian akan mendapatkan pilihan lain.

Rashida Tlaib Warga Amerika keturunan Palestina yang dibesarkan di Detroit ini adalah anak tertua dari 14 saudara. (Getty Images)

Rashida Tlaib berencana mengundang anggota baru untuk bergabung dengan dirinya, mengunjungi Tepi Barat, memusatkan perhatian kepada segregasi dan pengaruh pendudukan militer Israel selama 52 tahun.

“Saya pikir Aipac tidak memberikan lensa yang nyata dan adil terkait masalah ini,” katanya dalam wawancara dengan situs Intercept.

“Mereka tidak memperlihatkan sisi yang saya ketahui nyata, yaitu apa yang dialami nenek saya dan apa yang terjadi kepada keluarga saya disana.”

Dia dituduh sejumlah pengecamnya bersimpati kepada teroris.

“Saya Muslim dan Palestina,” tulisnya pada sebuah posting Twitter, “Hadapilah itu.”

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Berharap Diperhatikan, Janda-janda Cianjur Dukung Jokowi-Ma’ruf

JakartaRelawan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) menggelar deklarasi bersama warga Cianjur, Jawa Barat. GNR membagikan rencana program ‘Janda di Nafkahi Negara’, puluhan janda lansia yang hadir sepakat untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres mendatang.

Salah satu warga kampung Lembur Sawah, Kecamatan Cugenang, Cianjur Siti Hafsari (62) mengatakan, dirinya berharap program tersebut bisa memberikan harapan baru buat janda-janda lansia yang sudah tidak mampu lagi bekerja. Ia mengaku merasa malu menjadi beban anak-anaknya selama ini.

“Anak saya hanya buruh tani, dia juga harus menghidupi keluarganya. Kalau saya mau jajan, malu kalau minta terus ke anak. Saya berharap betul program ini ada,” ucap Siti, dalam keterangan yang diterima detikcom dari GNR, Minggu (24/2/2019).

Hal serupa dinyatakan Siti Habsoh (58). Menurutnya program itu dapat menunjukan kepedulian Jokowi pada rakyat.
“Jika ini dijalankan, pak Jokowi memberikan bukti bisa memanusiakan kami yang sudah hidup sendiri. Kami berharap janji ini bisa ditepati jika pak Jokowi menang,” Ujarnya.

Deklarasi GNR bersama warga Cianjur di fasilitasi oleh Kopi Politik Syndicate (KPS), yang sejauh ini terus merangkul beberapa elemen masyarakat untuk mendukung Jokowi-KH Maruf Amin. Direktur KPS, Indra Budiman mengatakan pihaknya terus menggalang element masyarakat untuk memenangkan Jokowi.

“Kita rangkul semua dalam satu wadah KPS dan usulan program Janda Dinafkahi Negara semoga membawa kesejahteraan bagi para janda-janda yang ada di Indonesia,” Kata Indra.
(yld/yld)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Barcelona Bangkit untuk Kalahkan Sevilla Berkat Hattrick Messi

Jakarta Barcelona meraih kemenangan 4-2 atas Sevilla pada laga La Liga di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Sabtu (23/2/2019). Lionel Messi tampil sebagai bintang dengan mencetak tiga gol.

Pada laga tersebut, Barcelona sebenarnya sempat dua kali dalam posisi tertinggal. Jesus Navas membuka keunggulan tuan rumah melalui golnya pada menit ke-22.

Tidak lama berselang, Messi menyamakan skor pada menit ke-26. Gol penyeimbang ini terbilang indah karena dicetak dengan teknik tendangan voli.

Akan tetapi, Sevilla kembali unggul saat tiga menit sebelum babak pertama berakhir. Sepakan keras Gabriel Mercado gagal diamankan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Tertinggal 1-2 membuat Barcelona lebih gencar melakukan serangan pada babak kedua. Hasilnya baru diperoleh pada menit ke-67, saat tembakan kaki kanan Messi mengoyak jala Sevilla.

Messi akhirnya melengkapi hattrick pada menit ke-85. Barcelona pun berbalik unggul atas Sevilla untuk kali pertama pada laga tersebut.

Jelang laga berakhir, Barcelona menambah pundi-pundi gol. Kali ini, Luis Suarez mencatatkan nama di papan skor setelah memaksimalkan umpan Messi. Laga berakhir 4-2 untuk kemenangan Barcelona.

Susunan pemain

Sevilla: 1-Tomas Vaclik; 25-Gabriel Mercado (22-Franco Vazquez 51), 4-Simon Kjaer, 3-Sergi Gomez, 14-Maximilian Wober (5-Ibrahim Amadou 58); 16-Jesus Navas, 10-Ever Banega, 20-Marko Rog (7-Roque Mesa 62), 21-Quincy Promes; 17-Pablo Sarabia; 9-Wissam Ben Yedder

Pelatih: Pablo Machin

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 2-Nelson Semedo (20-Serg Roberto 46), 3-Gerard Pique, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 22-Arturo Vidal (11-Ousmane Dembele 46), 5-Sergio Busquets, 4-Ivan Rakitic; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 7-Philippe Coutinho (21-Carles Alena 79)

Pelatih: Ernesto Valverde

Wasit: Antonio Mateu

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini: