Laga Unik 60 Anak SSB Lawan 4 Pemain Senior Warnai Pembukaan Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Bandung – Pembukaan Piala Presiden 2019 berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3/2019). Sebelum ajang ini dibuka, empat bintang Piala Presiden 2019 melakukan pertandingan uji coba melawan 60 anak SSB dari akademi Persib Bandung.

Empat pemain itu merupakan pemain yang berlaga di Grup A, Piala Presiden 2019, yakni Syafril Lestaluhu (Persib Bandung), Imam Fadillah (Persebaya Surabaya), Wildan (Perseru), dan Febi Eka (Tira Persikabo).

Menghadapi 60 anak yang mengenakan seragam berwarna biru itu membuat empat pemain yang bakal tampil di Piala Presiden 2019 itu kesulitan.

Mereka malah kebobolan tiga gol dengan mudah oleh para bocah. Tentunya, pertandingan itu mengundang gelak tawa para penonton yang hadir di Stadion Si Jalak Harupat.

Pada laga pembuka Piala Presiden 2019, tuan rumah Grup A, Persib akan menghadapi Tira Persikabo. Duel ini akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB. Laga ini disiarkan langsung oleh Indosiar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

India Bangun 14 Ribu Bunker Untuk Warga di Perbatasan Pakistan

New DelhiKetegangan India dan Pakistan kian meningkat. India tengah membangun lebih dari 14 ribu bunker untuk keluarga-keluarga yang tinggal di sepanjang perbatasannya dengan Pakistan di wilayah negara bagian Jammu dan Kashmir. Tujuannya, agar mereka tetap aman di rumah mereka dan tak harus dievakuasi jika terjadi serangan artileri.

Para insinyur pemerintah mengatakan, pengerjaan pembangunan baja bawah tanah dan struktur beton, yang dapat menelan biaya total US$ 60 juta, telah dimulai sejak Juni 2018 lalu, ketika hubungan antara kedua rival bersenjata nuklir itu memburuk.

Menurut pejabat pemerintah negara bagian dan para kontraktor ratusan bunker bawah tanah, dengan dinding dan atap yang tiga kali lebih tebal dari rumah biasa dan mengonsumsi baja 10 kali lebih banyak, telah selesai dibangun.
“Ini bisa menahan penembakan ringan,” kata seorang insinyur di departemen pekerjaan umum Jammu dan Kashmir yang ditugasi membangun bunker tersebut, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (1/3/2019).

Selama ini, baku tembak memang sudah kerap terjadi di sepanjang perbatasan Kashmir. Namun baku tembak yang terjadi pada Selasa (26/2) dianggap sebagai penanda peningkatan ketegangan antara India dan Pakistan.

Ketegangan meningkat setelah aksi bom bunuh diri mengenai konvoi militer India di wilayah Kashmir pada 14 Februari lalu. Setidaknya 40 personel militer India tewas dalam serangan bom itu.

Pemerintah India menuding pemerintah Pakistan terlibat dalam bom bunuh diri itu. Namun Pakistan membantahnya. Sejak itu, bentrokan militer antara kedua negara terus terjadi. India dan Pakistan saling menembak jatuh pesawat militer kedua negara, hingga sejumlah bandara di sekitar Kashmir terpaksa ditutup sementara.

Pakistan juga menutup akses penerbangan sipil untuk sementara waktu akibat bentrokan di wilayah Kashmir.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Safari Nonstop di Jabar, Ma’ruf Amin Optimistis Raih Suara 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengakhiri safari politik 5 hari nonstop, Jumat (1/3/2019). Safari sang kiai lebih banyak mendatangi kota dan kabupaten di Jawa Barat, diawali di Cirebon, menyusuri Kuningan, Banjar, Pangandaran, sampai Ciamis.

Dengan adanya safari politik ini, Ma’ruf optimistis target 60 persen yang telah ditetapkan tim kampanye Jawa Barat.

“Saya kok optimis ya melihat trennya itu terus naik. Tren di Jabar terus naik,” kata Ma’ruf di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Ma’ruf Amin menuturkan kekalahan petahana Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014 lalu karena banyak masyarakat Jawa Barat termakan hoaks. Karenanya, Mustasyar PBNU itu menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas fitnah dan kabar bohong kepada masyarakat. Adapun hoaks yang kerap menyerang Jokowi adalah isu-isu agama.

“Sebab bagaimanapun masyarakat itu kalau diberi pencerahan dia bisa dapat memahami gitu. Karena itu sangat optimis,” katanya.

2 dari 3 halaman

Rebut Swing Voters

Selain itu, safari politik ini untuk menjaga suara yang sudah dipegang. Ketum MUI itu menyebut menjaga masyarakat agar tidak terprovokasi.

Kedua, untuk merebut suara yang masih mengambang atau belum tentukan pilihan. Caranya dengan kampanye keberhasilan Jokowi dan kembali menepis isu-isu hoaks.

“Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah kita ada di tangan kemudian diambil orang apalagi caranya dengan cara hoaks, nah ini yang kita hilangkan,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menaker Yakin Program Desmigratif Bisa Tekan Pengiriman TKI Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan, Program Desa Migrasi Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bisa menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap dilakukan calo.

Lewat program ini, calon TKI bisa mendapat informasi lengkap seputar pasar kerja dan tata cara bekerja di luar negeri.

“Bahkan kalau mau misalnya berangkatnya lewat PT, mau nanya PT yang sudah dicabut mana saja, kadangkala orang enggak tahu kan. Itu kalau di layanan migrasi bisa diakses informasi itu,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Namun dia mengakui jika upaya tersebut masih butuh usaha yang lebih keras. “Karena ini memang lebih jangka panjang dalam rangka membantu pengelolaan remitansi para TKI,” jelas dia.

Kendati demikian, Hanif menilai, pelaksanaan Program Desmigratif sejauh ini telah berjalan dengan baik, sehingga bisa menangani oknum calo di lapangan.

Alhamdulillah selama ini sudah ada relatif berjalan baik. Dalam program desmigratif itu kan warga desa jadi punya tempat untuk crosscheck Informasi. Karena di situ disiapkan ada informasi pasar kerja, juga kalau mekanisme bekerja ke luar negeri itu seperti apa, syarat-syaratnya bagaimana, dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, ia melanjutkan, program ini juga mampu menopangi keberlanjutan hidup keluarga TKI yang ditinggal di kampung halamannya.

“Misal yang tinggal pasangannya. Kalau istrinya pergi berarti yang lakinya di rumah, itu kita kasih pelatihan kewirausahaan, kita kasih bantuan sarana dan prasarana usaha sampai mereka menciptakan usaha produktif,” paparnya.

“Kemudian untuk community parenting, anak-anaknya kita urus, kita ada rumah edukatif. Sejumlah BUMN men-support kita, dan anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk kepentingan yang positif,” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Kemnaker Ingin Pemda Ikut Danai Program Desa Migran Kreatif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengoptimalkan program Desa Migran Produktif alias Desmigratif agar lebih maksimal. Program ini dinilai dapat membangkitkan pembangunan ekonomi di desa.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, Kemnakar menargetkan 150 desa masuk program desmigratif pada 2019 ini.

“Masih jalan, Desmigratif untuk tahun ini sekitar 150 desa yang kita jalankan dengan program desmigratif itu di 10 provinsi, sekitar 60 kabupaten,” kata dia di Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Hanif mengakui bahwa meskipun terjadi kenaikan jumlah desa sasaran program dibandingkan tahun sebelumnya, namun itu tidak tinggi. Pada 2018, program ini menyasar 130 desa.

“Naik. Cuma kenaikannya tidak melonjak begitu, karena anggaran kita untuk itu relatif terbatas,” ungkap Hanif.

Karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk turut ambil bagian dalam pendanaan program ini.

“Kita bikin role model-nya, jadi ada modeling dari Kementerian untuk pelayanan dan perlindungan TKI dari desa. Kemudian nanti kita berharap pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota juga bisa mereplikasi itu di desa-desa yang kebetulan belum,” jelas dia.

“Karena kalau kami kan desanya tiap tahun paling satu kabupaten atau satu provinsi kita kasih dua desa sebagai model. Kalau provinsinya bisa lebih kenceng, kabupatennya lebih kencang, saya kira akan makin banyak desa-desa yang terjangkau oleh program desa desmigratif,” Dia menandaskan.


Reporter: Wifridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Mulai Musim Panen, Harga Beras Turun

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perkembangan harga gabah dan beras. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun 4,46 persen sedangkan harga beras medium di penggilingan turun 1,04 persen.

Selama Februari 2019, rata-rata harga GKP di tingkat petani Rp 5.114 per kg sedangkan untuk beras, harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp 10.008 per kg, semua turun dibanding bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti berkata, penurunan ini terjadi karena biasanya petani mengalami puncak panen pada bulan Maret.

“Biasanya Januari itu belum panen. Februari sudah mulai, puncaknya di Maret dan April. Itu transisinya begitu. Makanya nanti bulan depan mungkin naik lagi,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2019).

Penurunan harga gabah dan beras menjadi andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

2 dari 3 halaman

Indonesia Kembali Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bulog kembali jajaki peluang ekspor beras ke Malaysia. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP),Kementan, Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro, Direktur Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur saat melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat tinggi BERNAS.


BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia. Ismail Mohamed Yusoff menyatakan market share beras di Malaysia sebesar 60% dipenuhi dari produksi domestik dan 40% dari impor.

Melalui pertemuan ini, BERNAS menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan Perum BULOG untuk impor beras dari Indonesia. Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat BERNAS akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan identifikasi, observasi dan pembahasan lebih lanjut dengan BULOG terkait rencana eksport ke Malaysia. Mendengar respon dari BERNAS, Agung dan rombongan merasa senang dan optimis ekspor beras dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan.

“Sehubungan adanya peluang kerjasama ekspor beras ke Malaysia, Perum Bulog diharapkan perlu lebih proaktif dalam melakukan round table meeting antara distributor ke dua belah pihak, sehingga ekspor bisa segera direalisasikan,” ujar Agung.

Sebelumnya dalam rapat kerja jajaran Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI (21/1/2019) dan BULOG, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa Bulog menargetkan ekspor beras ke sejumlah negara tetangga pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Target ini diprediksi akan berlangsung seusai panen raya pada pertengahan bulan April hingga akhir Mei 2019.

“Makanya kita targetkan bulan januari sampai april itu kita akan menyerap 1,8 juta ton beras dari petani. Kalau ditambah dengan sisa beras kita hasilnya bisa lebih dari 4 juta ton, kan kita masih punya sisa 2,1 juta,” kata Buwas saat menghadiri Rapat Kerja Menteri Pertanian Dengan Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, beberapa waktu lalu (21/1).

Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga telah berhasil meyakinkan negara Malaysia dan Brunai untuk memasok padi adan sebagai bahan kebutuhan mereka. Ekspor ke dua negara ini jumlahnya bahkan mencapai puluhan ton. Setiap kali panen, tak kurang dari 10 ton beras adan secara periodik selalu di expor ke Negara Malaysia dan Brunei.

Padi Adan merupakan salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasan Krayan Kalimantan Utara dan merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat yang bermukim di daratan tinggi Borneo, khususnya di Krayan yang masuk Kabupaten Nunukan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Dedi Mulyadi Yakin Angka Golput di Jabar Turun di Hari Pencoblosan

Liputan6.com, Pangandaran – Analisis Departemen Politik dan dan Pemerintahan UGM menunjukkan percakapan mengenai sikap golongan putih (golput) di media sosial terpusat di Pulau Jawa. Berdasarkan Analisis Big Data di Twitter menunjukkan, potensi golput paling tinggi ada Jawa Barat dengan prosentase 21,60 persen.

Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat Jokowi-Ma’ruf Amin, Dedi Mulyadi menilai, golput menjadi hal biasa yang selalu muncul jelang pemilihan umum. Namun, politikus Golkar itu beranggapan, jumlahnya bakal berkurang pada hari pemilihan.

“Biasanya isu itu hanya sampai sebelum pemilihan,” kata Dedi, di Lapangan Boulevard Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019).

Dia meyakini, angka golput di Jawa Barat lebih kecil dibanding saat pemilihan kepala daerah.

“Misalnya pemilihan gubernur, pemilihan kepala daerah kabupaten kota itu relatif rata-rata di atas 55 persen (partisipasi politik) hingga 70 persen,” jelas Dedi.

Sebagai catatan, pilkada serentak di Jawa Barat angka partisipasi masyarakat cukup tinggi. Mencapai angka 73 persen.

“Saya pikir angka demokrasi di Indonesia angka demokrasi yang terbaik di dunia,” tambah Dedi.


Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Longsor Tambang Emas, Proses Evakuasi Terkendala Medan yang Berat

Liputan6.com, Bolaang Mongondow – Proses evakuasi korban penambang emas di areal penambangan rakyat di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, masih terus dilakukan hingga pagi ini.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, proses evakuasi sedikit mengalami kendala, karena kondisi tanah yang labil dan juga tingkat kemiringan tanah yang mencapai 90 persen.

“Kami berharap semoga proses evakuasi lancar dan penambang yang masih terjebak di lokasi bisa dikeluarkan dengan keadaan selamat,” ujar Yasti. 

Hingga pagi ini, sebanyak 25 orang korban berhasil dievakuasi, 6 orang diantaranya meninggal dunia, dan 19 orang selamat dalam kondisi luka ringan dan luka berat. Diperkirakan sekitar 34 orang masih tertimbun longsor.

Kasi Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, Abdul Muin mengatakan, evakuasi dilakukan tim SAR gabungan dari BPBD Bolaang Mongondow, TNI, Polri, Basarnas, SKPD terkait, relawan dan masyarakat.

“Pencarian dilakukan secara manual karena kondisi medan berada pada lereng dengan kemiringan cukup curam,” ujar Muin.

Untuk personel Tim SAR gabungan hari yang sebelumnya berjumlah 20 orang. Kemudian mendapat tenaga tambahan dari Polres Kotamobagu dan Kompi Brimob Inuai Bolaang Mongondow sebanyak 60 personel.

“Petugas SAR masih akan berdatangan untuk membantu evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban,” ujar Muin.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Apa yang Terjadi Jika Anda Meminum Air Lemon Selama 7 Hari ?

Liputan6.com, Jakarta – Air lemon cukup populer di kalangan wanita. Beberapa orang meminumnya hanya karena mereka lebih suka rasanya, tetapi beberapa orang menganggap air lemon dapat menyebabkan manfaat kesehatan. Dilansir dari foodprevent.com, Selasa, 26 Februari 2019, sebenarnya tidak banyak penelitian yang dilakukan pada air lemon secara khusus, tetapi Anda cukup memahami sedikit tentang lemon dan air secara terpisah. Keduanya sangat baik untuk Anda.

Ada beberapa bukti orang-orang yang sudah mencoba meminum air lemon untuk berbagai peningkatan kesehatan, dengan cara diminum setiap hari. Inilah yang mungkin terjadi jika Anda mengambil kebiasaan meminum air lemon. Berikut enam hal yang terjadi jika anda minum air lemon dalam waktu tujuh hari:

1. Menurunkan Berat Badan Lebih Mudah

Orang yang minum air lemon secara teratur akan merasakan penurunan berat badan yang lebih mudah, meskipun tidak jelas apakah kombinasi lemon dan air adalah pendorong utama. Bisa jadi minum lebih banyak air membantu pelaku diet merasa kenyang dan menghindari makan berlebihan.

2. Meningkatkan Hidrasi yang Lebih Baik

Hidrasi yang tepat adalah kunci kesehatan yang baik. Secara umum, Anda harus mengonsumsi antara 91 dan 125 ons air per hari. Beberapa di antaranya dapat berasal dari makanan, tetapi sisanya harus diminum dengan sengaja. Air tidak terlalu menarik untuk diminum sendiri, dan beberapa orang secara aktif tidak menyukai rasa air biasa.

Menambahkan lemon ke dalam air dianggap meningkatkan rasa yang cukup untuk mendorong orang untuk minum lebih banyak, dan akibatnya terhidrasi lebih baik.

3. Dapatkan vitamin C yang cukup

Vitamin C adalah antioksidan penting yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Itu hanya dapat diperoleh dari makanan karena tubuh kita tidak mensintesiskannya sendirian. Mendapatkan RDA vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan tekanan darah tinggi. Vitamin C baik untuk kulit dan ikatan dengan radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Vitamin C bahkan dapat mempersingkat durasi flu biasa, tetapi penelitian tentang hal ini bertentangan. Lemon bukan yang tertinggi dalam vitamin C, tetapi adalah sumber yang bagus. Menambahkannya lemon ke air Anda secara teratur dapat membantu Anda mencapai jumlah harian yang disarankan 60 mg per hari.Bisa jadi minum lebih banyak dari yang dibutuhkan.

4. Melancarkan metabolisme

Dengan minum air lemon hangat di pagi hari dapat memperlancar sistem pencernaan. Faktanya, tidak ada bukti nyata bahwa menambahkan lemon ke dalam air membuat perbedaan besar, tetapi air secara umum pada perut kosong dapat membantu metabolisme Anda berjalan setelah periode istirahat.

Dapat dipastikan bahwa setelah pergi delapan jam tanpa minum, penting untuk mendapatkan rehidrasi segera. Mendapatkan cukup air juga penting untuk mencegah sembelit. Jadi, menambahkan lemon membuat Anda lebih mungkin untuk minum air segera setelah anda bangun.

5. Membuat nafas segar

Ada alasan mengapa lemon adalah aroma umum dalam segala macam produk pembersih. Ini membantu menetralkan bau. Prinsip yang sama berlaku ketika Anda harus menghilangkan bau mulut dari makanan yang tersisa seperti bawang, bawang putih, keju biru, atau ikan.

Lemon juga merangsang produksi air liur. Itu penting karena mulut kering baunya lebih buruk karena pertumbuhan bakteri berlebihan.

6. Tidak ada batu ginjal

Batu ginjal pada dasarnya adalah endapan kalsium, dan para ahli merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak asam sitrat untuk mengurangi risiko pengembangannya. Sebagai buah jeruk, lemon adalah sumber asam sitrat. Lebih banyak air juga penting untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Chelsea vs Tottenham: Menang 2-0 The Blues Bangkit

Liputan6.com, London – Chelsea tampil gemilang saat duel lawan Tottenham Hotspur di lanjutan Liga Inggris, Rabu (26/2) atau Kamis dini hari WIB. The Blues sukses mengalahkan tetangga mereka asal London itu 2-0 di Stamford.

Usai bermain imbang tanpa gol di babak pertama, memecah kebuntuan berkat gol Pedro Rodriguez sebelum menggenapkan kemenangan lewat gol bunuh diri Kieran Trippier.

Hasil ini membuat Chelsea masih menempati posisi keenam di klasemen dengan poin 53. Sementara bagi Tottenham, kekalahan ini tetap menempatkan mereka di peringkar tiga dengan poin 60.

Chelsea berupaya langsung tampil menggebrak sejak menit pertama. Sayang peluang Gonzalo Higuain ketika laga baru berjalan enam menit masih digagalkan tiang gawang.

Higuain kembali mendapat peluang untuk membawa Chelsea. unggul. Sayang kali ini tembakannya masih melebar dari sasaran.

Peluang terbaik bagi Tottenham datang di menit ke-42. Harry Winks melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang masih menerpa mistar gawang. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Chelsea tak mau mengendurkan tekanan mereka. Hasilnya Pedro sukses memecah kebuntuan di menit ke-57. Menerima bola dari Cesar Azpilicueta, pemain asal Spanyol itu melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepas tembakan yang gagal dihalau Hugo Lloris.

Spurs berusaha membalas. Sayang peluang yang didapat Harry Kane dan Toby Alderweireld masih belum mampu membobol gawang Willy Caballero yang dipercaya tampil sejak menit pertama.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Spurs justru makin jauh tertinggal setelah Trippier melakukan gol bunuh diri di menit ke-84. Bermaksud melakukan backpass ke Lloris, Trippier justru membuat bola masuk ke gawang timnya sendiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Chelsea pun menjadi hasil akhir laga ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Chelsea: Caballero; Azpilicueta, Rudiger, Luiz, Alonso; Kante, Jorginho, Kovacic (Loftus-Cheek 77′); Pedro, Higuain (Giroud 84′), Hazard (Wllian 60′).

Tottenham: Lloris; Trippier, Sanchez, Alderweireld, Davies; Sissoko (Rose 86′), Winks; Son (Lucas Moura 80′), Eriksen, Lamela (Llorente 70′); Kane