6 Menu Ayam Goreng Terpopuler Khas Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta – Baik orang dewasa maupun anak kecil kebanyakan tak menolak jika disodori ayam goreng. Terbukti, banyak penjual yang menawarkan menu ini sebagai menu utama. Termasuk, franchise internasional yang membuka cabang di Indonesia.

Namun, Indonesia juga memiliki menu ayam goreng dengan cita rasa khas yang tak kalah nikmat. Liputan6.com merangkum enam menu ayam goreng khas Indonesia yang bisa jadi menu pilihan Anda bersama keluarga di rumah lho.

1. Ayam Goreng Kalasan

Ayam kalasan merupakan ayam goreng tradisional pertama yang sering dijual dan disantap masyarakat Indonesia. Terbuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, kemiri, kunyit, ketumbar, gula merah, sereh, salam, dan juga bawang putih. Satu hal yang perlu diingat, ciri khas ayam goreng kalasan asal Sleman, Yogyakarta ini menggunakan air kelapa yang dapat menambah rasa daging ayamnya semakin terasa. 

2. Ayam Goreng Lengkuas

Namanya saja sudah ayam goreng lengkuas, artinya ada penambahan parutan lengkuas sebagai pelengkap, sehingga aroma khasnya menjadi sangat kuat dan harum. Untuk membuat ayam goreng lengkuas ini, pertama-tama ayam harus diungkep atau didiamkan bersamaan dengan bumbu rempah-rempah yang sudah diracik. Setelah itu, ayam baru siap digoreng bersamaan dengan parutan lengkuas yang akan mengering sehingga serat-serat lengkuas serupa seperti kremesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *