5 Trik Nyaman di Kamar Tidur yang Menyatu dengan Si Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Momen kelahiran sang buah hati di tengah keluarga biasanya membuat Anda gugup sekaligu ssenang. Sebelum lahir, Anda perlu memastikan kamar tidur si kecil sudah tersedia.

Ada beberapa pasangan yang lebih memilih menggabungkan kamar tidur mereka dengan si kecil untuk memudahkan saat merawatnya, apalagi kalau si kecil rewel di jam tidur malam. Tentunya luas kamar tiap orang berbeda.

Ada yang cukup luas tapi ada juga yang tak terlalu besar. Agar kamar tidur Anda dan si kecil tetap nyaman, berikut limat trik penataan kamar tidur yang dirangkum Dekoruma yang bisa Anda coba di rumah.

Letakkan Kasur Dekat Jendela

Meletakkan kasur dekat jendela punya banyak manfaat. Tak hanya bisa menghemat listrik saat pagi sampai sore hari, cahaya matahari yang masuk bisa membunuh bakteri hingga jamur yang bersarang di kasur.

Tak hanya menguntungkan untuk kasur, cahaya matahari juga bisa mengusir nyamuk di kamar sehingga Anda dan si kecil bebas gatal.

Area Bermain Dekat Kasur

Saat sedang bersantai atau beristirahat di kasur setelah lelah bekerja, biarkan si kecil bermain di dekat Anda. Cukup sediakan karpet atau playmat agar si kecil tidak kedinginan bermain di lantai.

Anda juga bisa meletakkan dekorasi tambahan di kamar tidur seperti tenda kecil dan boneka hewan untuk menumbuhkan imajinasinya saat bermain bersama Anda.

2 dari 4 halaman

Rak Kecil untuk Menyimpan Buku dan Barang Lain

Selain bersantai di kasur, Anda bisa bergabung dengan si kecil di lantai sembari membaca novel atau buku favorit Anda. Karena iitu, Anda perlu untuk menempatkan rak buku kecil di dekat area bermain. Kalau ada area di rak yang masih tersisa bisa digunakan untuk menaruh barang lainnya.

Tempat Ganti Popok

Furnitur yang satu ini termasuk barang yang penting bagi Anda yang mempunyai bayi. Meletakkan tempat ganti popok di dekat kasur membuat Anda bisa lebih gesit mengganti popok yang kotor.

Pilihlah tempat ganti popok yang punya beberapa laci dan tempat penyimpanan untuk menyimpan popok, cotton bud, kapas, bedak, dan beberapa alat lain yang diperlukan.

3 dari 4 halaman

Area Tempat Tidur Si Kecil

Anda bisa membuat si kecil tetap dalam dunia imajinasinya meski berada dalam kamar yang sama. Ciptakan area untuk tempat si kecil tidur dengan mengganti cat dinding dengan warna yang lebih playful dan penggunaan tempat tidur serta lemari yang berwarna senada.

Sebaiknya piliah tempat tidur yang tidak terlalu tinggi, berpagar, dan kokoh. Celah antar pagar tidak boleh lebih dari 6 cm untuk mengurangi risikoterjepit. Jangan lupa, gunakan sprei yang lembut serta boneka yang tidak terlalu berbulu.

Dengan melakukan lima cara tadi di atas, kamar tidur yang digabung dengan kamar si kecil tetap nyaman ditempati. Tali kasih sayang antara Anda, pasangan Anda, dan anak Anda jadi lebih erat satu sama lain. Tanpa sadar, hal inilah yang membuat Anda selalu punya alasan untuk pulang ke rumah. Selamat mencoba!

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *