5 Tahun Gerakan NUSANTARA, 2 Juta Murid SD di Indonesia Paham Pedoman Gizi

Namun, semenjak 2016, pola yang diberikan berubah. Gerakan NUSANTARA membentuk sebuah kegiatan Training of Trainers (ToT) yang diberikan kepada guru, untuk kemudian guru-guru itu berikan pengetahuan kepada para murid.

Berkaca pada kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2018 ToT dilanjutkan sebagai salah satu metode yang terbukti efektif untuk memberikan ilmu kepada guru terkait pedoman gizi seimbang, yang harapannya dapat diteruskan kepada rekan guru lain dan murid.

Refa, menjelaskan, program tahun ini telah menjangkau 756,405 murid di 1,291 sekolah dasar yang tersebar di 11 Kota, 9 Kabupaten, dan 5 Provinsi.

Dan pada akhirnya, Gerakan NUSANTARA berhasil menjangkau Indonesia Timur. Tercatat, program ini telah melakukan kegiatan ToT kepada 434 guru dari 182 sekolah dasar di Kabupaten Timur Tengah Selatan, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, dan yang terakhir Kota Sorong dan Kabupaten Sorong dan menjangkau 65.039 murid.

“Namanya juga Nusantara, makanya menjangkau sampai ke sini,” kata Refa.

“Alhamdulillah, ‘Nusantara’ nya benar-benar nusantara. 2013 dari bagian Indonesia Barat, Tengah, dan sekarang Timur,” ujarnya.

Pada pelaksanannya di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, lanjut Refa, kegiatan ToT telah dilakukan kepada 178 guru dari 53 sekolah. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong. Pelatihan ini kemudian menjangkau 17,324 murid sekolah dasar di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, dan diharapkan menambah pengetahuan murid terkait kebiasaan gizi baik.

Ke depan FFI akan terus berkomitmen mempertahankan Gerakan NUSANTARA ini, dengan menjangkau daerah-daerah yang lainnya. “Kita akan lakukan bertahap,” katanya.

Sejak awal penyelenggaraannya, Program Gerakan NUSANTARA telah menjakau 3,798 sekolah dan 2,132,740 siswa yang tersebar dari Indonesia bagian Barat hingga Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *