5 Rahasia Mengapa Kopi di Coffe Shop Lebih Nikmat

Liputan6.com, Jakarta – Bagi para pencinta kopi, tentu ada kepuasan tersendiri ketika mengunjungi kafe atau kedai dan menikmati secangkir kopi favorit. Namun, jika harga kopi yang ada di kedai tersebut terlampau mahal, tentu kita akan mencoba mencari cara lain untuk menikmati kopi tersebut.

Cara yang sering dilakukan yakni membuat sendiri kopi tersebut di rumah, karena dirasa dapat menghemat pengeluaran dan memberikan kemudahan saat ingin meminum kopi.

Namun, ketika cara itu dieksekusi, hasil yang didapat sering kali tidak berujung manis. Kopi yang dibuat sendiri biasanya rasanya tidak bisa sama persis bahkan bisa dibilang tidak enak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Dilansir dari HuffPost, Rabu (3/4/2019), terdapat alasan universal kenapa rasa kopi rumahan dengan rasa kopi di kafe atau kedai tidak bisa sama persis. Alasannya adalah, membuat kopi sendiri di rumah merupakan tugas yang kurang penting dan kurang menantang pada saat dilakukan.

Alasan tersebut akhirnya berpengaruh pada bahan baku serta proses yang digunakan pada saat membuat kopi. Ternyata ada bahan serta proses pembuatan yang sering kali kurang diperhatikan. Nah, penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kadar Air

Kadar air sering kali dianggap sepele pada saat membuat kopi. Padahal bahan ini merupakan bahan yang cukup vital, apalagi jika takarannya tidak sesuai.

Kualitas air yang baik biasanya tergantung pada daerah tempat tinggal. Jika airnya sedikit berbau atau meninggalkan rasa yang aneh di dalam mulut, kemungkinan besar air tersebut tidak akan terasa enak pada saat digunakan untuk menyeduh kopi.

Faktor lain yang membedakan rasa kopi rumahan dengan kopi yang ada di kafe atau kedai adalah suhu air.

Idealnya, kopi harus diseduh pada suhu antara 195°F hingga 200°F. Kebanyakan mesin pembuat kopi tidak bisa mencapai angka tersebut, itu berarti cita rasa kopi yang dihasilkan sudah pasti akan berbeda.

2. Perbandingan Kopi dan Air yang Sesuai

Perbandingan kopi dan air bagi setiap orang berbeda-beda. Itulah sebabnya menemukan perbandingan yang tepat antara kopi dan air sangat dibutuhkan untuk menciptakan cita rasa yang khas.

Hal ini merupakan gagasan yang menarik ketika kita harus mengukur perbandingan antara kopi dan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *