5 Menu Unik ala Pesisir Spanyol yang Menguji Lidah

Liputan6.com, Jakarta – Ada banyak jenis tempat makan lokal maupun mancanegara di Jakarta. Salah satunya adalah Txoko Jakarta, restoran Spanyol yang menyediakan makanan khas Basque, sebuah daerah di Spanyol yang beberapa resep masakannya mulai banyak diminati.

Oskar Urzeli adalah pemilik sekaligus Chef di restoran Txoko Jakarta mengaku senang bereksperimen dengan bahan-bahan makanan di dapurnya. Tak heran bila berbagai makanan unik sering disajikan kepada pelanggan.

Menurut tim Liputan6.com yang mencicipinya pada makan siang di Txoko Jakarta pada Kamis, 10 Oktober 2019, ada beberapa menu makanan yang unik dengan sajian dan rasa yang tidak biasa. Berikut adalah menu-menu makanan unik versi Txoko Jakarta.

1. Vegetarian Red Carpaccio

Arti nama makanan itu adalah sayuran daging merah. Maksudnya adalah penampilan dari sayuran yang dibuat seperti daging merah mentah.

Oskar menggunakan semangka untuk dijadikan bahan utama sayur daging merah. Semangka dimasak hingga terlihat seperti daging merah mentah tapi saat dicicipi rasanya manis dan sangat lembut seperti semangka yang sudah matang.

Penyajiannya juga sangat unik, semangka yang jadi bahan utama diletakan di tengah, kemudian keju asin dipotong segitiga tipis kecil dan diletakkan di atas semangka merah itu. Di sekeliling semangka dilingkari saus alpukat dengan rasa asam getir khas buah alpukat.

2 dari 4 halaman

2. Marinated Salmon with Avocado Foam and Mustard Ice Cream

Potongan salmon mentah dadu ditambah es krim jamur asam manis dan dihias zigzag dengan saus alpukat. Rasa ikan salmon mentahnya sangat segar dan gurih. Kemudian, es krim jamurnya asam manis dengan harum Rosemerry dan sangat lembut.

Campuran salmon mentah dan es krim inilah yang membuat para pelanggan bertanya-tanya. Tapi rupanya, Oskar sengaja memadukannya agar dalam sekali gigit, orang bukan hanya merasa gurih pada ikan salmon, tapi juga rasa manis dan sensasi dingin dari es krim jamur Rosemarry itu.

3. Beef Striploin Salad with Popcorn and Black Sesame Dressing

Dalam porsi yang lumayan besar, sangat terlihat jelas bahwa makanan ini adalah salad sayur. Berisi sayuran seperti bayam, selada, dan sayuran lainnya ditambah daging sapi asap yang sangat lembut dicampur di dalamnya.

Mangkuk salad itu dilumuri saus hitam yang berasal dari tumbukan wijen hitam yang sudah dimasak kemudian dilumuri ke mangkuk sebelum sayur dituang. Biasanya, salad sangat jarang dicampur dengan bahan selain sayuran, tapi Popcorn menarik perhatian dari penampilan salad sayur ini.

Rasanya sangat renyah karena sayur yang disajikan sangat segar dan hijau. Salad semakin nikmat apabila Anda mencampurkan sayuran, daging asap dan popcorn menjadi satu kunyahan. Rasanya segar dan asam manis dari bumbu khas Txoko Jakarta.

3 dari 4 halaman

4. Black Rossejat (Noodles) Seafood with Alioli Sauce

Makanan ini sudah menjadi khas masakan di Spanyol. Disajikan langsung di atas tempat masaknya, dengan tampilan masakan yaitu mie hitam dimasak dengan tinta cumi-cumi dan disiram saur Alioli yang sangat khas.

Rasanya tidak terlalu aneh, cocok di lidah masyarakat lokal karena minya gurih dan nikmat. Bukan hanya mi hitam, tapi juga terdapat makanan laut rebus lainnya, yaitu udang, gurita, dan kerang laut.

Rasanya benar-benar nikmat dan gurih. Satu porsinya bisa dimakan untuk ukuran dua atau tiga orang, sehingga Anda bisa berbagi dengan teman Anda.

5. Garlic Prawns Pret-a-Porter

Penyajian terlihat seperti pizza di atas piring bundar tipis, bahkan kelihatannya seperti ikan kecil-kecil yang disusun rapih di atas piring juga. Tapi semuanya salah, itu adalah udang yang diiris tipis-tipis dan ditata rapih di atas piring.

Terlihat menyatu padahal tidak. Rasanya benar-benar udang asli dan bumbu asin. Aroma bawang putihnya benar-benar kuat, walaupun rasa bawang putihnya benar-benar tersamarkan dengan rasa udang yang asin. (Ossid Duha Jussas Salma)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *