Cek Harga BBM Pertamina, Shell dan Total di Awal Maret 2019

Liputan6.com, Jakarta Tiga badan usaha penjual Bahan Bakar Minyak (BBM) kompak tidak mengubah harga BBM non subsidi pada awal Maret 2019. Penurunan harga terakhir kali dilakukan pada Februari 2019.

Ini berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (1/3/2019), pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 3‎4.127.01, kawasan Warung Buncit Jakarta.

Perusahaan energi plat merat tersebut menjual BBM jenis ‎Pertamax Turbo sebesar Rp 11.200 per liter, Pertamax Rp 9.850 per liter dan‎Pertamina Dex Rp 11.700 per liter.

Harga tersebut tidak berubah pada awal Maret 2019. Sebelumnya Pertamina menurunkan harga tiga jenis BBM tersebut pada 10 Februari 2019.

Untuk harga BBM Shell, berdasarkan Pantauan pada SPBU Shell di kawasan Pejaten, Jakarta, BBM jenis Super dijual Rp 9.900 per liter, V Power RON 95 Rp 10.950 per liter, dan ‎Diesel Rp 11.900 per liter.

Perusahaan minyak ‎minyak asal Belanda tersebut mengikuti keputusan Pertamina, tidak mengubah harga BBM pada awal Maret.

Sama seperti Pertamina dan Shell, Total pun tidak mengubah harga B‎BM yang dijualnya. Pantauan pada SPBU Total di kawasan Warung Buncit Jakarta, perusahaan minyak asal Prancis tersebut membandrol BBM jenis Performance 92 Rp 9.900 per liter, Performance 95 Rp 10.950 per liter danPerformance Diesel Rp 11.900 per liter‎.

Berikut daftar harga BBM Pertamina, Total dan Shell per 1 Maret 2019.

Pertamina

‎Pertamax Turbo Rp 11.200 per liter

Pertamax Rp 9.850 per liter

‎Pertamina Dex Rp 11.700 per liter

Shell

Super dijual Rp 9.900 per liter

V Power RON 95 Rp 10.950 per liter

‎Diesel Rp 11.900 per liter

Total

Performance 92 Rp 9.900 per liter

Performance 95 Rp 10.950 per liter

Performance Diesel Rp 11.900 per liter

2 dari 2 halaman

Menko Luhut: Penurunan Harga BBM Bukan Keputusan Politis

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memberikan penjelasan terkait penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Luhut menegaskan, penurunan harga BBM sama sekali tidak memiliki tujuan politis atau pencitraan.

“Itu (penurunan harga BBM) bukan politis,” ujar Luhut di acara Afternoon Tea  di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Luhut menjelaskan, keputusan pemerintah untuk menurunkan harga BBM disebabkan oleh menurunnya harga minyak mentah dunia (crude oil). “Itu karena harga crude oil menurun jadi kenapa kita tidak turunkan,” katanya.

Dengan demikian, menurut dia, tidak ada salahnya jika pemerintah juga ikut menurunkan harga BBM seperti Pertalite hingga Premium.

“Kenapa tidak kalau kita turunkan,” tutup dia.

Sebelumnya, pada 10 Februari lalu harga BBM jenis Premium mengalami penurunan sebesar Rp 100 per liter. Penurunan juga terjadi pada jenis non subsidi yang turun hingga Rp 800 per liter.

Berikut ini harga BBM yang dijual Pertamina saat ini:

1. Pertamax Turbo disesuaikan dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.200 per liter

2. Pertamax disesuaikan dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter

3. Dexlite disesuaikan dari Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter

4. Dex disesuaikan dari Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter

5. Premium (subsidi) disesuaikan dari Rp 6.550 menjadi Rp 6.450

6. Pertalite tetap Rp 7.650 per liter

Reporter: Kamilah

Sumber: Merdeka.com

Bendungan Leuwikeris akan Pasok Air 3 Kabupaten di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mendukung Jawa Barat untuk terus menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Langkahnya antara lain dengan membangun bendungan untuk menjamin suplai air irigasi yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan meningkatkan kapasitas tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga.

“Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya 11 persen yang mendapatkan jaminan air dari bendungan. Melalui program pembangunan 65 bendungan maka akan bertambah menjadi 19-20 persen,” ujar dia, Rabu (27/2/2019).

Salah satu bendungan yang tengah dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Ditjen Sumber Daya Air yakni Bendungan Leuwikeris yang terletak di dua kabupaten yakni Ciamis dan Tasikmalaya. Bendungan multifungsi ini memiliki kapasitas tampung 81,44 juta m3.

Bertindak sebagai kontraktor pelaksana yakni untuk Paket I PT PP dan PT Bahagia Bangun Nusa lewat Kerjasama Operasi (KSO), Paket II PT Waskita Karya–PT Adhi Karya (KSO) dan Paket III dikerjakan oleh PT Hutama Karya.

Manfaat keberadaan bendungan tersebut yakni mengairi jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara Seluas 6.600 hektare (ha) dan DI Manganti seluas 4.616 ha. Air yang ditampung juga menjadi sumber air baku Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis sebesar 845 liter per detik.

Keberadaan Bendungan Leuwikeris juga akan mereduksi banjir periode 25 tahunan sebesar 11 persen, dari semula 509 m3 per detik menjadi 450 m3 per detik. Selain itu memiliki potensi pembangkit listrik tenaga air sebesar 20 MW, konservasi air tanah dan pariwisata.

2 dari 2 halaman

Anggaran

Dibangunnya Bendungan Leuwikeris membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,94 triliun yang pekerjaannya telah dimulai 2016 dan ditargetkan selesai 2021. Progres konstruksinya hingga Februari 2019 sudah mencapai 36,7 persen.

Disamping itu, Kementerian PUPR juga memulai Program Padat Karya Tunai P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) di Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya.

Melalui program ini, masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) diberdayakan untuk melakukan pembangunan jaringan irigasi tersier sepanjang 402 meter yang dikerjakan oleh 20 orang per hari. Saat ini sudah selesai dikerjakan 139,5 meter atau sekitar 30 persen.

Ngaku Bisa Hidupkan Orang Mati, Pendeta Ini Salah Satu Terkaya di Dunia

Johannesburg – Pendeta Alph Lukau di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel) yang menjadi bahan olok-olok karena aksinya ‘menghidupkan kembali’ orang mati, diketahui memiliki gaya hidup mewah. Lukau disebut punya pesawat pribadi, mobil-mobil super mewah dan selalu dikawal saat bepergian ke gerejanya.

Seperti dilaporkan media lokal Afsel, The Sowetan dan media lokal sde.co.ke, Rabu (27/2/2019), sosok pendeta Lukau banyak dibahas dan menjadi pemberitaan utama media-media Afrika setelah dia mengklaim bisa menghidupkan orang mati.

Video yang menunjukkan aksi pendeta Lukau saat ‘menghidupkan kembali’ orang mati menjadi viral dan menuai olok-olokan di media sosial. Komisi Kemajuan dan Perlindungan Komunitas Budaya, Keagamaan dan Linguistik setempat menyatakan ‘aksi itu direkayasa untuk mendapatkan uang dari orang-orang tak berdaya’.

Laporan media lokal menyebut pendeta Lukau yang oleh para pengikutnya disebut ‘Wakil Tuhan’ ini merupakan salah satu pendeta terkaya di dunia. Pendeta yang merupakan pendiri gereja bernama Alleluia Ministries International ini diperkirakan memiliki kekayaan hingga 13,8 miliar Rand Afsel atau setara Rp 13,9 triliun.
Gaya hidupnya yang mewah bisa terlihat dari foto-fotonya di media sosial. Dia disebut memiliki jet pribadi dan sederet mobil mewah seperti Rolls Royce, Ferrari, Range Rover, Bentley hingga Lamborghini. Tak hanya itu, pendeta Lukau juga memiliki sejumlah motor gede dengan modifikasi super mewah.

Gereja yang dipimpin pendeta Lukau dilaporkan memiliki sekitar 95 ribu jemaat dan memiliki cabang di banyak negara, seperti Zambia, Namibia, Republik Demokratik Kongo, Angola, hingga ke Eropa dan Amerika Selatan. Gereja yang didirikan 24 Februari 2002 itu baru merayakan ulang tahun ke-17 pada Minggu (24/2) lalu. Di media sosial, pendeta Lukau memiliki 89 ribu follower Instagram dan lebih dari 21 ribu follower Twitter.

Tahun 2014, pemerintah kota Johannesburg harus melakukan intervensi dan menghentikan pembangunan gedung gereja miliki gereja pendeta Lukau di area Lyndhurst, karena alasan keamanan. Gereja itu beroperasi di sebuah properti dan gedung tambahan tetap dibangun meski faktanya area itu tidak diperuntukkan bagi tempat ibadah.

Gereja yang dipimpin pendeta Lukau kini beroperasi di Kramerville, Sandton, yang menjadi lokasi aksi viral ‘menghidupkan’ orang mati yang jadi ejekan publik. Selain aksinya ‘menghidupkan’ orang mati, pendeta Lukau juga diklaim memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Dilaporkan The Sowetan, pendeta Lukau juga memiliki sebuah perusahaan investasi dan ini membuatnya tahu betul soal cara mengeruk uang.

Tahun 2017, menurut The Sowetan, pendeta Lukau mematok harga tiket 5 ribu Rand Afsel (Rp 4,9 juta) untuk tempat duduk VVIP dalam salah satu ibadahnya. Saat itu, tiket untuk VIP dipatok seharga 1.500 Rand Afsel (Rp 1,4 juta) dan tiket paling murah ditetapkan seharga 450 Rand Afsel (Rp 448 ribu).

Tahun 2016, Lukau menuai kontroversi karena menggelar konferensi pernikahan dengan mematok biaya 5 ribu Rand Afsel untuk wanita-wanita yang ingin mencari suami. Seorang wartawan lokal mempertanyakan acara itu dengan menyatakan: “Haruskah umat Kristen memberi kepada pendeta-pendeta kaya?”

Selama ini, pendeta Lukau menikmati status VIP, bahkan dia harus dikawal secara khusus saat berangkat ke gereja untuk berkhotbah. Pendeta Lukau juga pernah memimpin pernikahan Duduzile Zuma, putri Presiden Afsel Jacob Zuma, tahun 2011 lalu.

Pendeta Afsel Alph LukauPendeta Afsel Alph Lukau Foto: Instagram/@alphlukau

(nvc/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga HP Android Murah Berkualitas di 2019, Dilengkapi Fitur Premium

Liputan6.com, Jakarta Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Android saat ini adalah sistem operasi paling banyak digunakan di smartphone. Kurang lebih, ponsel Android sudah berkembang selama 10 tahun lamanya sejak pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008 lalu.

Saat ini, banyak sekali pilihan smartphone yang menggunakan sistem Android dengan harga murah, namun memilki kualitas yang mumpuni. Bagi kamu sedang mencari HP Android murah dan berkualitas, yuk baca dahulu artikel ini. Berikut Liputan6.com rangkum harga HP Android murah berkualitas dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Nokia 3.2

Nokia 3.2 merupakan penerus dari Nokia 3.1 dan Nokia 3.1 Plus. Bedanya, Nokia 3.2 memiliki layar dan kapasitas baterai besar, serta chipset terbaru. Nokia 3.2 memiliki layar TFT 6,26 inci dengan resolusi 720×1.520 piksel dan sebuah notch kecil untuk kamera selfie.

Nokia 3.2 dibekali prosesor Snapdragon 429 dan opsi RAM 2 GB atau 3 GB, serta memori internal 16 GB dan 32 GB yang bisa diperluas. Khusus varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, memiliki fingerprint scanner di belakang.

Kamera utama Nokia 3.2 memiliki resolusi 13 MP dengan autofokus dan LED flash. Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP, bukan hanya untuk selfie tetapi juga untuk Face Unlock. Perangkat ini memiliki baterai 4.000 mAh. Nokia 3.2 menjalankan OS Android Pie dengan Android One.

Perangkat ini dijual dalam balutan warna black dan steel. Harga HP Android murah berkualitas varian RAM 2 GB dibanderol Rp 1,9 jutaan dan model RAM 3 GB dibanderol Rp 2,3 jutaan.

3 dari 6 halaman

2. Xiaomi Redmi 5A

Smartphone Xiaomi Redmi 5A bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mendapatkan handphone dengan kualitas dan murah. Xiaomi Redmi 5A memiliki kapasitas baterai 3000 mAh dan layar 5 inchi.

Dengan dukungan layar 5 inchi, kamu sudah cukup puas untuk menonton video di YouTube kesukaanmu. Dan tidak perlu khawatir dengan baterai, karena kapasitas baterai yang cukup mumpuni.

Tidak hanya itu, Xiaomi Redmi 5A sudah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan memiliki prosesor Quad Core. Kapasitas penyimpanan dari handphone ini juga tidak kalah menariknya, kamu bisa memilih 32 GB atau 16 GB dengan RAM 2 GB. Harga HP Android murah berkualitas dibanderol di antara Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta.

4 dari 6 halaman

3. Vivo Y81

Vivo Y81 mengusung layar Super FullView dengan menghadirkan layar 15,5% lebih luas. Layar yang disuguhkan Vivo Y81 seluas 6,22 inci beresolusi 1520×720 (HD+) dengan bezel yang tipis. Smartphone ini dibuat dengan material polikarbonat yang memiliki berat 146,5 gram.

Vivo Y81 dibekali 13 MP kamera utama dan 5 MP kamera depan. Kedua kameranya sama-sama memiliki bukaan F/2.2. Vivo Y81 dibekali dengan CPU Octa-Core dari Mediatek MT6762 Helio P22 speed clock 2Ghz. Selain itu juga RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Smartphone ini mengadopsi Funtouch OS 4.0 besutan perusahaan berbasis Android 8.1 Oreo. Harga HP Android murah berkualitas ini berkisar di antara Rp 1,8 juta.

5 dari 6 halaman

4. Nokia 1 Plus

Nokia 1 Plus merupakan smartphone pembaruan dari Nokia 1 yang dirilis tahun lalu. Perangkat ini menjalankan Android Go, di mana Nokia 1 Plus punya layar 5,45 inci dan baterai 2.500 mAh yang bisa dilepas dari bodi smartphone. Nokia 1 Plus dibekali prosesor MT6739. Perangkat ini memiliki RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Sementara untuk kategori kamera, smartphone ini mengusung sensor berkemampuan 8 MP dengan kamera selfie 5 MP dengan modus Beauty. Nokia 1 Plus hadir dalam balutan warna black, red, dan blue.

Harga HP Android murah berkualitas ini berkisar Rp 1,2 jutaan. Terdapat pula Nokia 1 Plus edisi memori internal 16 GB yang dijual seharga Rp 1,3 jutaan, khusus untuk wilayah Amerika Latin.

6 dari 6 halaman

5. Oppo A71

Oppo A71 hadir dengan RAM 3 GB dan membawa prosesor Snapdragon 450 delapan inti dengan kecepatan 1.8Ghz. Dengan dapur pacu seperti itu, tentu mampu menyajikan kecepatan pengoperasian aplikasi dan multitasking yang lebih ciamik.

Perangkat A71 kini hadir dilengkapi dengan teknologi yang sama yang terdapat pada perangkat OPPO F5, yakni A.I Beauty Recognition Technology. Selain itu, OPPO memberikan peningkatan pada versi terbaru A71 (3GB) dengan hadirnya prosesor baru dan juga penambahan kapasitas RAM.

Prosesor dengan fabrikasi 14 nm ini akan memberikan daya tahan baterai yang lebih baik. Dilengkapi baterai 3000 mAh dapat membuat perangkat A71 (3GB) memiliki daya tahan seharian jika digunakan dalam keadaan normal. Harga HP Android murah berkualitas Oppo A71 berkisar di antara Rp 1,6 juta hingga Rp 2 juta.

Menteri ESDM Targetkan 3.000 MW Pembangkit Listrik Rampung 2019

Liputan6.com, Cilacap – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menargetkan, sekitar 3.000 Mega Watt (MW) proyek pembangkit listrik baru yang akan selesai dan beroperasi (commercial operation date/COD) pada 2019.

Dia mengatakan, target itu sejalan dengan program proyek 35 ribu Mega Watt (MW) penyediaan listrik di seluruh Indonesia yang rencana rampung 2026.

“Program 35 ribu MW itu adalah program peningkatan kapasitas pembangkit yang akan kita selesaikan kira-kira sampai 2026. Tergantung dari prediksi pertumbuhan ekonomi yang dikonversikan menjadi prediksi permintaan tambahan tenaga listrik,” urai dia di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Pada 2019, dia menambahkan, bakal ada tambahan antara 2.500 sampai 3 ribu MW pembangkit baru yang mau dioperasikan. Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini baru saja meresmikan PLTU Cilacap Ekspansi Tahap I yang memiliki kapasitas 1×660 MW.

Sedangkan dalam waktu dekat, akan ada satu pembangkit listrik lain di wilayah sama yang bakal segera dioperasikan, yakni PLTU Cilacap Ekspansi Tahap II dengan kapasitas 1×1.000 MW.

“Tahun ini kira-kira ada sekitar 2.500-3 ribu MW (pembangkit baru). Salah satunya PLTU yang 1.000 MW ini,” tutur dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Amir Rosidin meneruskan, akan ada dua PLTU lainnya di Banten yang direncanakan beroperasi 2019, yaitu PLTU Jawa 7 dan PLTU Lontar.

“Selain yang akan operasi di Cilacap, kemudian di Jawa 7 (2.000 MW) di Banten dan yang di Lontar (450 MW) juga akan operasi di tahun ini,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Pasokan Listrik RI Bertambah 4.000 MW pada 2019

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mencatat pasokan listrik Indonesia akan bertambah sebesar 4.000 Mega Watt (MW) pada 2019. Dengan beroperasinya pembangkit bagian dari program 35 ribu Mega Watt (MW).

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman mengatakan, tambahan pasokan listrik sebesar 4 ribu MW, berasal dari pembangkit yang beroperasi pada 2019, di antaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar dengan kapasitas 315 Mega Watt (MW).

Kemudian Jawa 7 Unit 1 dan Cilacap Unit 1 dengan total kepasitas ‎2300 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Priok, Grati dan Muara Karang. 

Selain itu, juga ada pembangkit yang menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 780 MW. Terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Air‎ (PLTA) Jatiede dan Raja Mandala.

“Kurang lebih 4 ribu. Bagian dari 35 ribu MW, yang besar batu bara,” kata Syofvi, di Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Syofvi menuturkan, jumlah tambahan pasokan listrik dari pembangkit program 35 ribu MW lebih besar pada 2019, dibanding tahun lalu sebesar 2 ribuan MW. Sedangkan total kapasitas pembangkit 35 ribu MW yang telah beroperasi sampai 2018 sekitar 10 ribu MW.

“2000-an lebih. Total empat tahun 2015-2018 sekitar 10 ribu MW tapi size-nya kecil-kecil,” tutur dia.

Syofvi menilai, pembangkit listrik tersebut dipercepat pengoperasianya beberapa bulan. Mayoritas pembangkit yang beroperasi terletak di Pulau Jawa. Hal ini untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik di wilayah tersebut .

‎”Jawa pertumbuhan 2018 jauh lebih dari 2016 bagus sekitar 4 persen lebih, nasional 5,15 itu konsumsi listrik, tahun ini lebih dari 6 persen,”‎ kata dia.


 Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Mobil Agya 2019, Mobil Murah Ramah Lingkungan Bergaya Sporty

Liputan6.com, Jakarta Pasar mobil Indonesia yang selama ini dikuasai oleh Toyota dengan Toyota Avanza, kembali dimantapkan dengan hadirnya mobil LCGC (Low Cost Green Car) mereka, Toyota Agya pada 2013. Untuk segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC), PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki dua produk andalan, yaitu Toyota Agya dan Calya.

Namun, Toyota kembali meluncurkan Facelift Toyota Agya 2019 di pasaran Indonesia dengan membawa beberapa peningkatan dibanding dengan keluaran sebelumnya. Dengan tampilan yang lebih menampilkan banyak lekuk-lekuk tajam, Agya ini tampil lebih sporty.

Perubahan juga dilakukan di bagian interior dengan meningkatkan sisi entertainment di dalam kabin mobil untuk kenyamanan lebih para pemakainya. Agya juga kembali hadir dengan varian G, TRD, dan tidak lupa harga mobil Agya juga masih dipertahankan untuk kompetitif di kelas LCGC seperti sebelumnya.

Tampilan baru Agya membuat konsumen memiliki daya tarik untuk memiliki salah satu produk besutan Toyota ini. Maka tidak heran hingga saat ini harga mobil Agya masih sering dicari oleh beberapa orang. Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang juga tertarik dengan produk keluaran Toyota ini?

Jika iya, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan membahas harga mobil Agya dan juga mengulas spesifikasinya. Sehingga kamu tidak perlu melihat harga mobil Agya pada majalah atau brosur. Tentunya setelah membaca artikel ini akan menambah referensimu.

Berikut Liputan6.com rangkum harga mobil Agya dan sepesifikasinya dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Agya

Eksterior

Tampilan sporty tampak jelas pada eksterior Toyota Agya. Yang menonjol pada sisi belakang soal bumper, karena desainnya terlihat sporty dan stylish.

Selain itu, penggunaan gril lebar membuat tampilan Toyota Agya makin gagah. Terlebih lagi tampilan headlamp yang menyipit dengan teknologi LED, sehingga menambah kesan sporty dan gagah.

Pada sisi samping Toyota Agya untuk generasi terbaru tidak ada perubahan dibandingkan generasi sebelumnya, perubahan hanya ada pada velg mobil Toyota Agya. Velg baru tersebut menggunakan ukuran 14 inci.

Toyota Agya juga dibekali dengan warna kekinian seperti kuning, hitam, gray metallic, silver, merah dan putih. Tidak ada yang berubah pada bagian belakang, kecuali spoiler yang dilengkapi dengan lampu rem.

Dilihat dari eksteriornya, mobil Toyota Agya ini memang mempunyai desain yang modern. Hal ini dirasa perlu, karena soal desain saat ini memang yang sporty dan stylish yang laris di pasaran.

Interior

Soal interior Toyota Agya sudah dilengkapi denan teknologi terkini. Untuk urusan pengaturan audio pengemudi bisa menemukannya di stir, karena sudah dilengkapi dengan audio steering switch.

Tidak hanya itu, pada entertainment-nya sendiri Toyota Agya sudah dilengkapi dengan bluetooth. Sehingga dapat mendengarkan lagu favorit melalui gawai pengendara. Menarik bukan?

Toyota Agya pada semua serinya juga dilengkapi dengan semi bucket seat. Jika melihat fitur interior Toyota Agya tentu sebanding dengan harga mobil Agya, mengingat Toyota Agya adalah mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Agya

Mesin

Menyandang status mobil murah dan ramah lingkungan tentu dibenak konsumen adalah mobil yang tidak memiliki mesin tangguh. Untuk kelas mobil murah, sebenarnya Toyota Agya sudah dibekali dengan mesin yang cukup besar.

Ada dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk 1.0 liter menggunakan mesin 3-silinder, sedangkan 1.2 liter menggunakan mesin 4-silinder. Tenaga yang bisa dihasilkan mesin Toyota Agya tersebut sebesar 88 Ps pada putaran 6.000 rpm. Untuk pilihan mesin terkecil bisa menyemburkan tenaga sebesar 67 Ps.

Memiliki mesin yang cukup besar mobil Toyota Agya terbilang cukup irit untuk konsumsi bahan bakarnya.

Keselamatan

Toyota tetap menyematkan fitur keselamatan yang cukup banyak pada Toyota Agya. Hal ini tentu menjadi nilai plus sendiri untuk mobil Toyota Agya ini.

Paling tidak, fitur keselamatan yang ada pada mobil Toyota Agya sudah mumpuni. Ditopang dengan side impact beam yang berguna untuk meredam benturan dari sisi samping. Jika terjadi benturan di bagian depan, Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS.

Jika pun punya anak kecil atau masih bayi, di Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Toyota Isofix Base sebagai pengaman ganda untuk anak kecil.

Selain itu ada fitur pengingat penggunaan sabuk pengaman. Sehingga memastikan pengendara untuk selalu menggunakan sabuk pengaman.

Dengan fitur keselamatan yang cukup banyak ini, tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi Toyota Agya.

4 dari 4 halaman

Harga Mobil Agya

Toyota Agya memiliki 5 seri yang berbeda, tentu dengan spesifikasi dan harga yang berbeda pula. Dari berbagai sumber, berikut harga mobil Agya dari berbagai seri.

Toyota Agya 1.0 G M/T

Rp 136.150.000

Toyota Agya 1.2 G M/T

Rp 139.250.000

Toyota Agya 1.2 M/T TRD

Rp 143.450.000

Toyota Agya 1.2 G A/T

Rp 152.250.000

Toyota Agya 1.2 A/T TRD

Rp 156.550.000

Nah, di atas adalah harga mobil Agya dan sedikit ulasan tentang Toyota Agya. Semoga bisa menjadi sumber referensimu.

Kepincut Moge Triumph, Simak Daftar Harganya di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – PT GAS Triumph Motorcycle selaku authorized dealer Triumph Motorcycles di Tanah Air, membawa angin segar bagi para pencinta motor pabrikan otomotif asal Inggris tersebut.

Sebagai distributor resmi, PT GAS Triumph Motorcycle memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan line up motor yang diinginkan.

Terkait harga saat ini, Triumph dibanderol dengan harga Rp 350 juta sampai dengan Rp 550 juta berstatus off the road. Untuk melakukan pemesanan, konsumen harus membayar booking fee sebesar Rp 20 juta.

R. Hari Triadji, President Director PT GAS Triumph Motorcycle mengatakan Jakarta masih menjadi wilayah paling banyak menyumbang penjualan hingga saat ini.

“Saat ini masih wilayah Jakarta dengan penjualan terbanyak lalu disusul Bandung, daerah Jawa Tengah dan Bali. Untuk Sumatera, Sulawesi masih belum banyak, karena kita masih ekspansi pasar di wilayah pulau Jawa dan sekitarnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Berikut harga yang ditawarkan Triumph di Indonesia, semua dengan status off-the-road :

Street Twin Rp 350 juta

Bonneville T100 Rp 380 juta

Bonneville T100 Black Rp 380 juta

Bonneville T120 Rp 435 juta

Bonneville T120 Black Rp 435 juta

Speed Twin Rp 450 juta

Street Scrambler Rp 403 juta

Scrambler 1200 XE Rp 550 juta

Thruxton 1200 R Rp 535 juta

Bonneville Bobber Rp 465 juta

Bonneville Bobber Black Rp 530 juta

Bonneville Speedmaster Rp 540 juta

Street Triple Rs Rp 425 juta

Tiger 800 XCx Rp 480 juta

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pertamina Tambah Dua Titik BBM Satu Harga di Maluku dan Papua

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian KESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di dua lokasi berbeda yakni masing-masing di Maluku dan Papua, pada Jumat 22 Februari 2019.

Adapun yang titik yang diresmikan adalah SPBU Kompak 86.975.26 Air Buaya, Kabupaten Buru dan SPBU Kompak 86.995.18 Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Kedua titik ini merupakan titik BBM Satu Harga yang telah uji operasi pada 2018.

“Dengan beroperasinya SPBU BBM 1 Harga di Kecamatan Air Buaya – Kab.Buru dan Bolakme – Kab. Jayawijaya maka Pertamina MOR VIII sudah merealisasikan 39 titik lokasi dan direncanakan 12 titik lokasi akan beroperasi di tahun 2019,” kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian, Sabtu (23/2/2019).

Ia pun menambahkan, Pertamina terus menjaga komitmen untuk melayani masyarakat dan mendukung program Pemerintah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Ini adalah wujud upaya Pertamina untuk merajut nusantara,” tambah Iin.

Sementara itu, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menyatakan, BBM Satu Harga adalah wujud kepedulian dari Pemerintah melalui BUMN untuk merealisasikan keadilan sosial dan mewujudkan konsep membangun Indonesia dari pinggiran.

Oleh karena itu, Pemerintah mengapresiasi kepada Pertamina atas upaya penyediaan energi hingga ke wilayah pelosok secara merata dengan harga terjangkau.

“Upaya pemerataan energi melalui BBM Satu Harga merupakan usaha yang luar biasa Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) serta badan usaha pendamping agar mampu menggerakkan sektor-sektor ekonomi, termasuk di Buru yang masuk wilayah 3T,” papar Ego

SPBU 86.975.26 Kecamatan Air Buaya, Kab. Buru yang diresmikan hari ini memasok BBM jenis Premium, Solar, dan Pertalite dengan masing-masing berkapasitas 5KL.

Titik suplai berasal dari TBBM Namlea yang berjarak sekitar 100 km dan ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil tangki selama tiga jam. Adapun kuota per bulan untuk Premium sebesar 60 KL dan Solar 20 KL.

2 dari 2 halaman

Sebelum Ada Titik BBM Satu Harga

Sebelum ada titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat yakni sejauh kurang lebih 60 KM ke APMS Lala.

Kemudian kurang lebih 88 KM ke SPBU Namlea sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 9.000 per liter dan Solar 10.000 per Liter di wilayah ini.

Dengan ada SPBU ini, masyarakat Kecamatan Air Buaya kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.

Sementara itu, BBM di distrik Bolakme dikirim dari supply point Terminal BBM Jayapura yang diangkut menggunakan mobil tangki kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat terbang dan mobil truk.

Jarak yang ditempuh yakni sejauh 145 km dengan waktu tempuh normal hingga 3 jam. Adapun setiap dua kali dalam sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak 50 KL Bio Solar dan 150 KL Premium.

Pertamina berharap agar kehadiran titik BBM Satu Harga ini memberi dampak positif di bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat di wilayah masing-masing. 

Selain itu, Pertamina juga mengharapkan agar seluruh pihak khususnya kepada pemerintah daerah, Kepolisian, dan para stakeholders agar dapat mendukung dan mengawasi pelaksanaan program BBM Satu Harga di wilayah Air Buaya dan juga Bolakme sehingga proses distribusi BBM dapat berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. (Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Daftar Biaya yang Dibayar Warga buat Sertifikasi Tanah

Jakarta – Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang sudah dijalankan pemerintahan kabinet kerja sejak tahun 2017 masih ada praktik pungli yang dilakukan oknum.

Padahal, sudah ada aturan yang mengatur bahwa program PTSL ada biaya yang dibebankan atau harus dibayar oleh masyarakat, biaya itu dalam rangka pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematis.

Adapun, dana tersebut untuk seperti kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa.

“Iya, adminitrasi pra sertifikat, seperti bukti waris, kalau lebih dari itu dan itu tidak ada persetujuan dari masyarakat, tidak ada peraturannya, itu pungli,” kata Menteri ATR Sofyan Djalil di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Keputusan adanya beban biaya yang dibayarkan masyarakat tertuang dalam keputusan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017. Ketiga menteri tersebut adalah Menteri ATR, Menteri Dalam Negerti, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sofyan mengatakan, biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dalam proses pembuatan sertifikat ini pun dilakukan di tingkat desa, dalam hal ini kelurahan.

“Ada ketentuan itu ada peraturan 3 menteri yang boleh diambil oleh desa,” jelas dia.

Lalu berapa biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh masyarakat dalam program sertifikat tanah? Berikut sesuai ketentuan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017:

Kategori I untuk Provinsi Papua, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 450.000.

Ketegori II untuk Provinsi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 350.000.

Kategori III untuk Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur sebesar Rp 250.000.

Kategori IV untuk Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Selatan sebesar Rp 200.000.

Kategori V untuk Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 150.000.

(hek/eds)

Menko Luhut: Penurunan Harga BBM Bukan Keputusan Politis

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memberikan penjelasan terkait penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Luhut menegaskan, penurunan harga BBM sama sekali tidak memiliki tujuan politis atau pencitraan.

“Itu (penurunan harga BBM) bukan politis,” ujar Luhut di acara Afternoon Tea  di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Luhut menjelaskan, keputusan pemerintah untuk menurunkan harga BBM disebabkan oleh menurunnya harga minyak mentah dunia (crude oil). “Itu karena harga crude oil menurun jadi kenapa kita tidak turunkan,” katanya.

Dengan demikian, menurut dia, tidak ada salahnya jika pemerintah juga ikut menurunkan harga BBM seperti Pertalite hingga Premium.

“Kenapa tidak kalau kita turunkan,” tutup dia.

Sebelumnya, pada 10 Februari lalu harga BBM jenis Premium mengalami penurunan sebesar Rp 100 per liter. Penurunan juga terjadi pada jenis non subsidi yang turun hingga Rp 800 per liter.

Berikut ini harga BBM yang dijual Pertamina saat ini:

1. Pertamax Turbo disesuaikan dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.200 per liter

2. Pertamax disesuaikan dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter

3. Dexlite disesuaikan dari Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter

4. Dex disesuaikan dari Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter

5. Premium (subsidi) disesuaikan dari Rp 6.550 menjadi Rp 6.450

6. Pertalite tetap Rp 7.650 per liter

Reporter: Kamilah

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan di bawah ini: