Fakta-Fakta Terbaru Kasus Prostitusi Online Artis dan Model

Liputan6.com, Jakarta – Polda Jawa Timur (Jatim) terus mengusut kasus prostitusi online. Hingga saat ini, aparat kepolisian telah menetapkan lima orang tersangka. Mereka adalah empat muncikari ES, T, F, dan W, serta satu artis FTV VA.

Polisi pun terus bergerak karena masih ada dua orang muncikari lagi yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron kasus prostitusi online puluhan artis dan ratusan model tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menegaskan, dua muncikari mempunyai peran penting. Masing-masing punya data artis dan model yang diduga terlibat prostitusi online.

“Dua muncikari ini mempunyai peran yang sangat penting untuk mendistribusikan oknum artis dan model,” ujar Luki.

Berikut fakta-fakta terkini kasus prostitusi online artis dan model yang dihimpun Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. Kejar Muncikari yang Buron

Polda Jatim akan mengejar dua muncikari yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus prostitusi online artis dan model. Tindakan ini sebagai kelanjutan dari ditangkapnya empat muncikari.

“Muncikari W sudah tertangkap kemarin. Dari empat muncikari, semua sudah ditetapkan tersangka. Saat ini, penyidik tengah fokus mencari keberadaan dua DPO mucikari lagi,” tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Selain memburu dua muncikari DPO, Kapolda menegaskan akan memeriksa semua artis maupun model yang diduga terlibat dalam jaringan muncikari prostitusi online artis dan model.

“Saya langsung instruksikan kepada penyidik kalau bisa lima artis maupun model tiap minggu diperiksa, supaya kasus ini cepat selesai,” ujar Luki.

3 dari 6 halaman

2. Satu Muncikari Tak Ditahan

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menuturkan, salah satu muncikari prostitusi online artis dan model, berinisial F. Menurutnya, muncikari F masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim sejak dua hari setelah ditangkap karena sedang hamil.

“Saat ini dirawat di RS Bhayangkara karena hamil besar dan punya anak satu setengah tahun,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Senin 21 Januari 2019.

Menurut dia, pengacara F juga telah mengajukan ke penyidik agar pemeriksaan terhadap kliennya terkait prostitusi online artis dan model ditunda sementara waktu.

“Pengacaranya sudah mengajukan itu, tapi tetap kami akan proses sesuai aturan penyidikan masih berjalan dan akan kami tangguhkan,” kata Luki.

Diduga, F mengalami syok usai ditangkap Senin 14 Januari 2019 malam di Jakarta oleh Tim Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Dari pemeriksaan sementara, F merupakan jaringan muncikari prostitusi online artis dan model yang berkaitan dengan dua tersangka muncikari sebelumnya yaitu ES dan TN.

4 dari 6 halaman

3. Panggil Artis dan Model

Selain itu, Luki juga mengatakan, dari hasil penyidikan data digital forensik Berita Acara Pemeriksaan (BAP), sejumlah nama artis dan model yang diduga kuat terlibat kasus prostitusi online sudah mulai mengerucut.

“Kami akan memanggil oknum artis dan model dan akan diperiksa untuk membantu penyidikan terhadap tersangka empat mucikari prostitusi artis,” tutur Luki.

Menurut Luki, setiap satu pekan akan memeriksa artis dan model secara bergantian sebagai saksi kasus prostitusi online.

“Kemarin sudah enam yang panggil,” kata Luki.

Luki menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengantongi nama sederet selebritas yang akan diperiksa mengenai kasus prostitusi online ini.

“Oknum artis dan model yang diduga terlibat kasus prostitusi online yaitu artis inisial BJ, M, AM, UY, PP, TA, SN, WA, RP, N, EFD, AF, G, N, O, V, NZ, T, AKS, B dan seterusnya banyak sekali,” ucap Luki.

Luki menegaskan, pihaknya juga sudah menangkap empat muncikari artis sekaligus menetapkannya sebagai tersangka. “Empat muncikari itu kini sudah ditahan,” ujar dia.

5 dari 6 halaman

4. Panggil Selebgram

Selebgram berinisial AC alias SI memenuhi panggilan Polda Jatim untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus prostitusi online kemarin. 

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan mengatakan, pemeriksaan AC diperlukan untuk membantu penyidikan peran muncikari di jaringan prostitusi online.

“Pemeriksaan saksi ini untuk memperkuat kontruksi hukum yang digunakan guna kepentingan mengungkap jaringan prostitusi online yang melibatkan publik figur,” tutur Yusep di Mapolda Jatim, Senin 21 Januari 2019.

Yusep memastikan akan ada lagi sederet artis yang diperiksa sabagai saksi kasus prostitusi online yang melibatkan VA sebagai tersangka. “Nanti perkembangan update prostitusi artis pasti kami sampaikan lebih lanjut,” ujar Yusep.

Selebgram AC datang sendiri tanpa ditemani kerabat maupu kuasa hukumnya ke Mapolda Jatim, sekitar pukul 14.00 WIB. Dia enggan menjelaskan terkait pemeriksaan sebagai saksi mengenai kasus prostitusi online yang melibatkan artis. “Terima kasih ya permisi saya mau lewat,” ucap AC.

Saat disinggung mengenai perkenalannya dengan 4 mucikari yang sudah ditahan Polda Jatim, AC membantahnya. “Saya tidak kenal kok,” ujar AC.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cerianya Dinda, Bocah Magetan yang 7 Tahun ‘Ngesot’ Akhirnya Sekolah

Magetan – Dinda Aprilia Putri (7), bocah asal warga Desa Bogorejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan yang lumpuh sejak usia 8 bulan akhirnya bisa sekolah.

Bocah malang ini sempat harus mengubur mimpinya untuk mengenyam pendidikan karena kondisi fisik dan perekonomian keluarganya. Namun nasib baik menghampiri Dinda.

Menurut cerita sang ibu, Minah, sejak kisah tentang putri bungsunya itu viral, perangkat desa kemudian membantu mendaftarkan Dinda ke sekolah terdekat. SDN Bogorejo 2 pun menjadi pilihan, meski jaraknya 2 km dari rumah mereka.

“Kemarin dibantu perangkat desa untuk mendaftar sekolah. Alhamdulillah sangat semangat Dinda bersekolah. Meski saya dorong dengan kursi roda tidak malu,” ungkap Minah kepada detikcom, Selasa (22/1/2019).
Dengan kursi roda baru yang diberikan Dinas Sosial setempat, Minah mengantar Dinda ke sekolah. Dinda didaftarkan untuk menjadi murid kelas 1.

“Saya dorong dari rumah jaraknya sekitar 2 Km, demi anak saya ikhlas mengantar setiap hari. Masuk sekolah pukul 06.45 WIB sehingga saya berangkat pukul 06.30 WIB,” kata Minah (44) ibu kandung Dinda saat menunggu putri nya bersekolah.

Cerianya Dinda, Bocah Magetan yang 7 Tahun 'Ngesot' Akhirnya Bisa SekolahFoto: Sugeng Harianto

Namun di hari keduanya bersekolah ini, pelajaran pertama di kelasnya adalah olahraga, sedangkan Dinda hanya bisa duduk di atas kursi roda.

“Kita perlakukan khusus berhubung olahraga untuk misal yang berat tidak mengikuti. Tapi gerakan kecil, tangan bisa mengikuti dari kursi roda,” tutur Kepala Sekolah SDN Bogorejo 2 Titik Sulastri saat mendampingi Dinda.

Titik mengaku meski baru dua hari bersekolah, Dinda sudah bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Teman-teman Dinda di kelas juga terlihat menyayangi bocah ini.

“Jumlah murid kelas satu yang sebelumnya hanya 9, kini menjadi 10 setelah Dinda masuk. Dia juga sangat bisa mengikuti pelajaran yang disampaikan gurunya,” paparnya.

Cerianya Dinda, Bocah Magetan yang 7 Tahun 'Ngesot' Akhirnya Bisa SekolahFoto: Sugeng Harianto

Bahkan untuk memudahkan mobilitas Dinda, pihak sekolah merenovasi jalan menuju ruang kelasnya, dari yang semula berbentuk tangga kini dibuat rata agar dapat dilewati oleh kursi roda Dinda.

Lantas bagaimana tanggapan Dinda setelah akhirnya bisa sekolah seperti teman-temannya?

“Senang sudah bisa sekolah Dinda. Biar jadi dokter. Senang banyak temannya juga,” ujar Dinda.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Italia: Juventus Gilas Chievo

JakartaJuventus tanpa kesulitan berarti meraup poin penuh saat menjamu Chievo. Douglas Costa, Emre Can, dan Daniele Rugani membawa Bianconeri menang telak 3-0.

Menjamu Chievo di Allianz Stadium, Selasa (22/1/2019) dinihari WIB, Juventus lebih dulu terancam. Sepakan Riccardo Meggiorini dari sudut sempit mengarah ke gawang Juventus, tapi mampu diantisipasi oleh Mattia Perin.

Juventus membuka keunggulan di menit ke-13, kala tembakan Costa dari luar kotak penalti meluncur ke pojok kanan bawah tanpa bisa dihalau kiper.

Juventus dengan nyaman menguasai pertandingan. Sebuah sundulan dari Daniele Rugani menyambut umpan tendangan bebas Paulo Dybala masih melambung pada menit ke-30.

Empat menit kemudian, Cristiano Ronaldo mendapatkan ruang tembak dan melepaskan tendangan keras ke arah gawang Chievo. Stefano Sorrentino masih sigap menahan laju bola.

Giliran Federico Bernardeschi menguji Sorrentino di menit ke-36. Tembakannya dihalau dengan kaki.

Juventus menggandakan keunggulan tepat sebelum babak pertama berakhir, tepatnya di menit ke-45. Dybala menusuk dan sukses mengolongi Ivan Radovanovic untuk mengoper ke Emre Can.

Can dengan tenang mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Juventus.

Juventus langsung menekan di awal babak kedua dan mendapatkan peluang. Umpan silang Costa dari kanan disambar sundulan Alex Sandro di depan gawang di tiang jauh. Sorrentino tampil gemilang menepis bola.

Juventus mendapatkan penalti di menit ke-51, setelah tendangan Costa mengenai tangan Mattia Bani. Ronaldo maju sebagai eksekutor dan mengarahkan bola ke pojok kanan, yang terbaca dan ditepis Sorrentino. Skor tak berubah.

Meggiorini membuang kesempatan kala tak terkawal menyambut umpan Emmanuele Giaccherini di menit ke-68. Tandukannya tepat mengarah ke Perin.

Dua menit kemudian, sepakan jarak jauh Luca Rossettini ditepis Perin.

Juventus merespons dengan percobaan dari Bernardeschi pada menit ke-80. Sorrentino menggagalkannya masuk ke gawang. Tapi empat menit kemudian, gol tercipta.

Bernardeschi mengangkat bola dari situasi tendangan bebas di sisi kiri. Rugani yang tak terkawal dengan baik oleh Chievo dengan mudah menyundulnya ke dalam gawang.

Sampai pertandingan berakhir, tak ada gol lain tercipta. Juventus memetik tiga poin dengan kemenangan 3-0.

Hasil ini menjaga keunggulan Juventus di puncak klasemen Serie A. Mengoleksi 56 poin dari 20 pekan, tim besutan Massimiliano Allegri ini unggul sembilan poin dari Napoli di posisi dua.

Sementara Chievo belum beranjak dari dasar klasemen. Mereka baru mengumpulkan delapan poin sejauh ini.

Susunan pemain:

Juventus: Perin; De Sciglio, Rugani, Chiellini, Alex Sandro (Kean 89); Bernardeschi (Spinazzola 86), Emre Can, Matuidi, Douglas Costa (Bentancur 75); Dybala, Cristiano Ronaldo

Chievo: Sorrentino; Tomovic, Bani, Rossettini, Depaoli (Jaroszynski 66); Kiyine, Radovanovic, Hetemaj (Vignato 61), Kiyine; Giaccherini; Meggiorini, Pellissier (Stepinski 64)
(raw/cas)


Lumat Tim Papan Bawah, Juventus Kian Kukuh di Puncak Klasemen

Turin – Juventus menang 3-0 atas Chievo pada pada laga pekan ke-20 Serie A, di Allianz Stadium, Selasa (22/1/2019) dini hari WIB. Hasil ini membuat Juve kian kukuh berada di puncak klasemen sementara Serie A. 

Juventus berhasil mendulang 56 poin, unggul sembilan angka atas Napoli di peringkat kedua. Sementara itu, Chievo masih berada di dasar klasemen dengan nilai delapan. 

Melakoni laga di kandang sendiri, I Bianconeri sempat mendapat perlawanan sengit dari Chievo. Meski begitu, Juventus unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 13 menit.

Menggiring bola hampir dari tengah lapangan, Douglas Costa melepaskan tembakan keras kaki kiri tepat sebelum memasuki kotak penalti Chievo. Bola hasil sepakan Costa tak mampu dihalau kiper dan meluncur deras masuk ke dalam gawang.

Pada menit ke-45, Emre Can menggandakan keunggulan Juventus. Menerima umpan terobosan dari Paulo Dybala, Can dengan tenang membobol gawang I Gialloblu dengan sepakan kaki kanan.

Memimpin dua gol pada paruh pertama, Juve tak menurunkan intensitas serangan pada interval kedua. La Vecchia Signora mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-51, setelah Mattia Bani menyentuh bola di kotak terlarang.

Akan tetapi, Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan 12 pas CR7 ke sisi kanan dapat dihalau penjaga gawang.

Masuk menit ke-84, Daniele Rugani mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus memperbesar keunggulan Juventus. Eksekusi tendangan bebas Federico Bernardeschi dapat dikonversikan Rugani menjadi gol dengan sundulan.

Sampai pertandingan berakhir, skor 3-0 untuk kemenangan Juventus atas Chievo tetap tidak berubah.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

2 dari 2 halaman

Susunan pemain:

Juventus (4-4-2): 22-Mattia Perin; 2-Mattia De Sciglio, 3-Giorgio Chiellini, 24-Daniele Rugani, 12-Alex Sandro (18-Moise Kean 89′); 11-Douglas Costa (30-Rodrigo Bentancur 76′), 14-Blaise Matuidi, 23-Emre Can, 33-Federico Bernardeschi (37-Leonardo Spinazzola 86′); 10-Paulo Dybala, 7-Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Chievo (3-4-1-2): 70-Stefano Sorrentino; 14-Mattia Bani, 15-Luca Rossettini, 40-Nenad Tomovic; 27-Fabio Depaoli (44-Pawel Jaroszynski 66′), 56-Perparim Hetemaj (55-Emanuel Vignato 61′), 8-Ivan Radovanovic, 13-Sofian Kiyine; 17-Emanuele Giaccherini; 69-Riccardo Meggiorini, 31-Sergio Pellissier (9-Mariusz Stepinski 65′).

Pelatih: Domenico Di Carlo (Italia)

Wasit: Marco Piccinini

Awas Musim Hujan, Kuda Kerap Kembung dan Unta Rawan Diare

Liputan6.com, Solo – Petugas medis Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta mewaspadai penyakit akibat musim hujan yang diderita oleh sejumlah hewan koleksi kebun binatang tersebut. Salah satunya unta, paling sering kena diare karena makan daun asem yang jatuh dari pohon dan masuk ke kandang mereka.

Dokter hewan TSTJ, Siti Nuraini, mengatakan untuk penyakit tersebut, pawang biasanya sudah langsung tahu dengan melihat kotoran yang dikeluarkan oleh unta.

“Mereka tahu itu diare karena makanan atau bakteri. Untuk pengobatannya seperti manusia, kami berikan obat diare namun takarannya berbeda dengan manusia,” katanya, diansir Antara, Senin (21/1/2019).

Penyakit lain yang juga sering terjadi, katanya, penyakit kembung pada kuda. Menurut dia, kuda salah satu jenis hewan yang tidak tahan dengan rasa sakit sehingga ketika terkena kembung, akan kolik atau berguling-guling.

“Kalau sudah begitu akan kami berikan suntikan antikembung dan minyak kayu putih, perawatan juga seperti manusia,” katanya.

Untuk menghindari penyakit parah, pihaknya juga memastikan kebersihan kandang dengan memberikan disinfektan dan antibiotik secara terjadwal, yaitu dua kali per minggu.

“Antibiotik ini untuk membunuh telur-telur cacing. Selain itu, setiap hari kami membersihkan dengan obat antibau,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya tidak memberikan suplemen kepada hewan. Menurut dia, cukup dengan memberikan makanan sesuai dengan kebutuhan hewan maka kesehatan akan terjaga.

“Misalnya kalau macan, takaran makanan untuk usia pertumbuhan dan dewasa berbeda. Kalau di sini rata-rata dewasa, konsumsi makanan 10 persen dari berat badan mereka. Rata-rata usia mereka 60 kg namun kami berikan daging sekitar 4,5 kg per hari,” katanya.

Mengenai kebutuhan makanan untuk seluruh hewan yang ada di TSTJ, dalam satu hari ada sekitar 45-50 jenis, di antaranya daging ayam, daging sapi, ikan, rumput, bekatul, kacang, sayur, buah, dan pelet.

“Seperti daging ayam bisa sampai 20 kg per hari dan rumput kolonjono sampai 1.200 kg per hari. Kalau setiap bulannya biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan makanan hewan di TSTJ bisa mencapai Rp120 juta,” katanya.


Simak video pilihan berikut ini:

Isi Rumah Mewah Harry Styles yang Dibanting Harga, Ada 5 Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta – Bintang One Direction, Harry Styles, kembali mendaftarkan ulang rumahnya di Hollywood Hills, Los Angeles. Ia menurunkan harga rumahnya senilai setengah juta dolar AS dari harga aslinya.

Rumah mewah ini dilengkapi dengan kolam renang, bioskop, gym pribadi, dan lima kamar mandi. Harry pertama kali mendaftarkan rumahnya di Los Angeles untuk dijual pada 2017 sebesar 8,45 juta dolar tetapi sejak itu memangkas harganya.

Dilansi dari bigtop40.com, Senin, 21 Januari 2019, pada awal 2018, ia membuat daftar itu turun menjadi 7,995 juta dolar dan sekarang dia menurunkannya lebih jauh menjadi 7,495 juta dolar atau sekitar Rp 109,5 miliar.

Tempat tinggal itu ditemukan di bawah jalan buntu yang sempit di atas Sunset Strip yang terkenal, tersembunyi di balik pagar bambu. Rumah besar Harry Styles di Amerika berlantai dua ini memiliki empat kamar tidur, lima kamar mandi dan kolam renang luar ruangan serta spa yang mewah.

Rumah yang sepertinya sempurna untuk reuni One Direction, memiliki ruang makan besar, ruang tamu, dan dapur.

Tampaknya Harry membuat beberapa perubahan selama kepemilikannya, termasuk menambahkan jendela dari lantai ke langit-langit yang dramatis. Angka sebesar Rp 109,5 miliar dinilai sepadan untuk hunian mewah ini, mengingat lokasi rumahnya yang terletak di kawasan elite di Los Angeles.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Heboh Bayi Menangis di Kebun Salak

Liputan6.com, Jember – Sejumlah warga Desa Kamal Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur digemparkan dengan penemuan bayi laki-laki di kebun salak. Bayi itu masih hidup lengkap dengan ari-arinya. Kejadiannya sekitar pukul 20.45 WIB, Minggu, 20 Januari 2019.

Bayi itu ditemukan di pinggir jalan Dusun Krajan, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, di atas saluran drainase kebun salak. Arinya tersangkut di antara duri pohon salak. Bayi yang diperkirakan masih berumur dua jam setelah lahir ini pertama kali ditemukan Budi Jumantoro (40), warga setempat. Saat itu, bayi masih terbungkus dalam kantong plastik.

“Saat itu saya mengantarkan anak mengaji melewati sungai, kurang lebih 25 meter dari rumah mendengar ada suara bayi. Sebelum membawa bayi saya terlebih dahulu menghubungi tetangganya dan kepala dusun setempat,” ujar Budi, Senin (21/1/2019).

Karena khawatir terjadi sesuatu terhadap bayi, apalagi meninggal dunia karena terlambat menolong, maka bayi tersebut langsung diamankan dan dibawa ke Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember. Berita penemuan bayi tersebut menggemparkan daerah sekitarnya, sehingga banyak orang berdatangan ingin melihat dari dekat bayi tersebut.

Hal senada disampaikan warga Desa Kamal lainnya, Gus Birril Akmal, seorang tokoh agama setempat. Dia menjelaskan bayi itu ditemukan saat hujan gerimis mengguyur Desa Kamal.

“Awalnya Budi tidak curiga ada pembuangan bayi, karena memang salah seorang tetangganya, punya bayi yang baru lahir. Karena tak kunjung diam, Budi menanyakan kepada ibu bayi tetangganya itu, mengapa anaknya nangis terus. Namun, tetangganya menjawab, bayi saya sedang tidur, dan tidak menangis,” tutur pria yang biasa dipanggil Gus Birril ini.

Mendengar jawaban itu, Budi dan tetangga lainnya mengira adalah bayi kuntilanak. Mereka kemudian mencari sumber suara yang terus menangis menyayat hati. Apalagi di sekitar tempat tersebut cukup gelap.

“Setelah dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan bayi laki-laki, masih lengkap dengan ari-arinya, terbungkus tas kresek. Ini bayi anak manusia, bukan anak kuntilanak,” jelasnya.

Dengan bantuan penerangan lampu senter, warga akhirnya mengevakuasi bayi ini. Bahkan, warga sempat kesulitan mengambil ari-arinya yang dibungkus tas kresek berbeda, karena tersangkut di antara duri pohon salak. Penemuan bayi tersebut selanjutnya dilaporkan ke perangkat desa setempat, yang kemudian dilanjutkan ke Polsek Arjasa.

Kapolsek Arjasa, AKP Eko Basuki, membenarkan adanya penemuan bayi laki-laki itu. Ia sudah mendapat laporan masyarakat.

“Kami sudah memeriksa kondisi bayi ke Puskesmas Arjasa. Alhamdulillah kondisi bayinya sehat, masih dirawat di Puskesmas,” kata Eko.

Dia mengatakan bayi tersebut diduga baru dilahirkan satu atau dua jam sebelum ditemukan. Saat ini, polisi tengah menyelidiki kasus tersebut serta berkoordinasi dengan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak, PPA Polres Jember. Pihaknya sudah melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) penemuan bayi.

Selain itu, polisi mencari petunjuk permulaan, di sekitar lokasi untuk mengungkap siapa pelaku yang tega membuang bayinya. “Kami sudah meminta keterangan saksi-saksi, yang mengetahui peristiwa penemuan bayi tersebut,” ujar mantan anggota Brimob Polda Jatim ini.


Simak video pilihan berikut ini:

Benda Merayap Bergerak Terekam X-ray, Ternyata Anak Buaya

Liputan6.com, Jambi – BKIPM dan Avsec cargo Bandara Sultan Thaha Jambi menggagalkan pengiriman empat ekor anak buaya (Crocodylus porosus) dan satu ekor anak biawak (Varanus salvator) yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi menggunakan paket tujuan Makassar Sulsel dan Malang Jawa Timur.

Kepala Humas BKIPM Jambi Sukarni di Jambi, mengatakan dua jenis reptilia yang dilindungi tersebut berhasil digagalkan pengirimannya pada waktu yang berbeda. Satu ekor anak biawak akan dikirim ke Malang, Jawa Timur dan berhasil digagalkan pada 10 Januari lalu. Sedangkan, empat ekor anak buaya muara digagalkan pengirimannya pada Rabu 16 Januari lalu dengan tujuan ke Makassar.

Seperti dilansir Antara, Senin (21/1/2019), kedua jenis anak reptilia yang dilindungi tersebut saat ini diamankan BKIPM Jambi. Dalam waktu dekat akan diserahkan kepada BKSDA Jambi untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Pengungkapan kedua jenis anak reptilia tersebut berkat kerjasama antara petugas BKIPM Jambi dengan pihak Avsec cargo Bandara Sultan Thaha Jambi dan untuk empat ekor buaya yang tidak dilengkapi dokumen kesehatan ikan.

Sukarni mengatakan, upaya pengiriman anak buaya ini dikemas dalam sebuah kotak kardus dan dikirimkan menggunakan jasa pengriman ekspedisi, dengan keterangan pada resi kemasan tersebut adalah kain batik untuk identitas pengirim nama, alamat, dan nomor kontak tidak jelas. Paket kemasan tersebut akan dikirimkan dengan tujuan Sulawesi Selatan (Makassar) melalui kargo Bandara Sultan Thaha Jambi.

Terhadap barang kemasan tersebut saat ini telah dilakukan penahanan dengan dilengkapi Berita Acara Penahanan di BKIPM Jambi. Rencananya anakan buaya tersebut akan dikirim melalui cargo sekitar pukul 16.30 WIB dengan menggunakan pesawat, barang-barang kiriman tersebut terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan melalui X-ray oleh petugas Aviation Security (Avsec) cargo Bandara Sultan Thaha Jambi.

2 dari 2 halaman

Nasib Reptilia Selundupan

Pada saat pemeriksaan seluruh barang kiriman ekpedisi tersebut, ada satu buah kemasan yang isi barangnya terlihat menyerupai reptil dan bergerak yang tertera pada layar monitor X-ray, kemudian atas dasar kecurigaan tersebut petugas Avsec dan petugas karantina ikan yang sedang melaksanakan piket di kargo Bandara Sultan Thaha Jambi bersama-sama melihat isi barang kemasan tersebut melalui layar monitor X-ray.

Setelah dibuka isinya adalah empat ekor anak buaya muara (Crocodylus porosus) dengan berat rata-rata 146 gram, dan panjang 45 cm.

Sementara itu, untuk anak buaya yang akan dikirim ke Malang juga modusnya sama dan alamat yang dituju tidak jelas dan perbuatan itu telah melanggar UU Nomor 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan pasal 31 ayat (1) jo Pasal 6 huruf (a) dan (c) jo Pasal (1) angka (10).

Sebagai tindakan lebih lanjut pihak BKIPM Jambi, saat ini proses penangan kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan yang dilaksanakan oleh PPNS Stasiun BKIPM Jambi. Sementara, kata Sukarni, terhadap barang bukti tersebut nantinya akan diserahterimakan kepada pihak BKSDA Jambi yang selanjutnya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Panglima Laot: Nelayan Aceh Belum Tahu Jenis Hiu yang Dilindungi

Liputan6.com, Banda Aceh – Panglima Laot atau Lembaga Adat Laut Aceh meminta pemerintah setempat menyosialisasikan Undang-Undang Larangan Penangkapan Hiu (Superordo selachimorpha) bagi masyarakat nelayan di provinsi paling barat Sumatera ini.

“Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan harus menyosialisasikan kepada masyarakat nelayan terkait jenis hiu yang dilarang ditangkap atau dilindungi undang-undang,” kata Sekretaris Panglima Laot Aceh Miftachhuddin Cut Adek, di Banda Aceh, dilansir Antara, Senin (21/1/2019).

Saat dimintai tanggapan terkait marak penangkapan ikan hiu yang dilindungi undang-undang dan saban hari didaratkan oleh nelayan Aceh di Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Lampulo, Banda Aceh.

“Saya pastikan tidak ada nelayan Aceh yang memburu hiu secara khusus. Hiu tangkapan nelayan itu kena mata pancing tradisional,” kata dia.

Menurutnya, kebanyakan masyarakat nelayan di Aceh belum mengetahui jenis-jenis ikan hiu yang dilindungi undang-undang di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pihaknya berharap Pemerintah Aceh maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyosialisasikan semua undang-undang jenis hiu yang dilarang ditangkap.

Pemerintan Republik Indonesia melalui Menteri Kelautan dan Perikanan melarang keras perburuan ikan hiu dan ragam jenis mamalia lainnya yang dilindungi undang-undang.

Ketentuan mengenai larangan penangkapan ikan hiu, antara lain tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 59/PERMEN-KP/2014, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 18/KEPMEN-KP/2013.

Selanjutnya, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/2012, serta Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, dan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan Undang Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Sebagaimana disebutkan pada pasal 85, setiap orang yang dengan sengaja memiliki, menguasai, membawa, dan atau menggunakan alat penangkap ikan dan atau alat bantu penangkapan ikan yang mengganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan di wilayah perikanan NKRI sebagaimana dimaksud pasal 9, dipidana penjara paling lama 5 tahun dan didenda paling banyak Rp 2 miliar.

Ikan hiu yang dilindungi undang-undang tersebut, meliputi hiu martil (Sphyrna leweni), hiu koboi (Carcharhinus longimanus), hiu gergaji (Pristis microdon), hiu paus (Rhyncodon typus), dan hiu monyet/cucut pedang (Alopias pelagicus).


Simak video pilihan berikut ini: