4 Trik Jawab Pertanyaan Soal Gaji saat Wawancara Kerja

Menurut business director Hays, Grant Torrens, mengungkapkan riwayat gaji kepada perekrut sebenarnya malah dapat menguntungkan bagi kandidat. Mereka bisa memastikan bahwa gaji yang diharapkan sejalan dengan apa yang ditawarkan perusahaan.

Namun, yang juga penting adalah untuk menceritakan faktor-faktor lain yang memberikan konteks pada gaji tersebut seperti keahlian, pengalaman, dan kepribadian. Ini menjadi semakin esensial jika Anda ingin berpindah industri.

Anda bisa mengungkapkan bahwa Anda tidak bisa membandingkan gaji sebelumnya dengan potensi gaji di tempat Anda melamar karena perbedaan industri. Kemudian, sebutkan gaji dari posisi pada industri tersebut berdasarkan riset yang dilakukan.

4. Percaya diri

Terakhir, respon pertanyaan dengan rasa percaya diri. Baik Anda merasa dibayar di bawah rata-rata pada perusahaan sebelumnya atau sekadar mengincar gaji yang lebih tinggi, pertanyaan terkait riwayat gaji juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda.

“Anda tidak mungkin sampai pada tahap wawancara jika Anda tidak dilihat sebagai kandidat yang berpotensi,” ungkap Oliver. (Felicia Margaretha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *