4 Politikus Dunia Korban Edit Foto Gagal, Hasilnya Bikin Tepok Jidat

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya orang biasa atau selebriti yang kerap melakukan proses edit foto untuk diunggah di dunia maya, sejumlah politikus dunia ternyata juga tak luput dalam aktivitas satu ini. Hasilnya, bikin geleng-geleng kepala dan bahkan ada yang terlihat kocak karena terlihat janggal atau aneh.

Siapa saja politikus dunia yang pernah jadi korban edit foto gagal dan justru di bully warganet? Berikut di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari cracked.com, Minggu (17/2/2019):

4. Foto Pejabat China dan Seorang Wanita Tua

Di tengah banyaknya kasus korupsi dan skandal memalukan yang terkuak ke publik, sejumlah politukus China berupaya membangun citra diri sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Mungkin dengan tujuan itu juga pihak Pemerintah Ningguo di China Timur merilis foto 4 politikus ‘turun ke bawah’, termasuk Wakil Wali kota Wang Jun, menyambangi rumah seorang nenek sepuh berusia 103 tahun, dilengkapi keterangan gambar: “Cinta dan pengertian pada orang tua adalah tradisi China yang dihargai. Mereka juga harus merasakan kehangatan partai dan pemerintah.”

Namun, aksi publisitas media demi mendongkrak cita itu justru jadi bumerang. Gara-gara foto yang ditampilkan. Saking amatirnya hasil editan photoshop, bisa bikin orang tepok jidat. Heran!

Foto empat politikus China yang terlihat diedit, namun hasilnya mengherankan. (Ningguo Civil Affairs Department)

Foto tersebut kemudian dihina ramai-ramai oleh para komentator dunia maya.

Bagaimana tidak, dalam gambar, empat pria menyeringai di atas perempuan 103 tahun, Cheng Yanchun — yang tampil dalam proporsi yang sama sekali tak seimbang. Sang nenek jadi mirip boneka mengerikan. Sementara, badan seorang politikus melayang mirip hantu. Bagian torso ke bawah hilang.

Gambar tersebut sama sekali tak membuat para pengguna situs mikroblog mirip Twitter, Weibo, terkesan.

“Staf propaganda yang tak punya otak itu mungkin dipecat bersama dengan para pejabat dalam foto,” kata salah satu pengguna, seperti dimuat Daily Mail, Kamis 31 Oktober 2013.

“Foto ini nyatanya menunjukkan jarak menganga antara para pemimpin dan rakyatnya di mata rata-rata pegawai pemerintahan. Menyedihkan,” kata pengguna lainnya.

Bahkan kantor berita milik pemerintah ikut memberitakannya. “Pejabat itu terlihat seperti melayang di udara. Ditambah lagi proporsi wanita tidak cocok dengan para pejabat. Bukti bahwa foto itu direkayasa,” demikian diberitakan Xinhua.

Sementara, para pejabat setempat kepada The Hong Kong Standard mengaku, mereka memang mengunjungi orang-orang tua selama festival China. Namun, pegawai mereka secara sembrono menggabungkan 2 foto dalam 1 frame. Dengan alasan, karena tata letak ruangan, fotografer tak bisa mengabadikan semua pejabat dan nenek Cheng dalam 1 jepretan.

“Nenek Cheng duduk di sebuah kursi di balkon, di bawah sinar matahari. Balkon tersebut sangat sempit sehingga lensa kamera tidak bisa mengabadikan semua orang di sana… Saat pegawai pemerintahan setempat menggunggah foto ke situs resmi, itu adalah gabungan 2 foto berbeda,” demikian penjelasan Pemerintah Ningguo.

“Kami menyatakan penyesalan mendalam bagi pengguna internet untuk pengaruh negatif yang diakibatkan foto tersebut… Kami akan belajar dari pengalaman, untuk meningkatkan kualitas kerja,” jelas pihak pemerintah.

Bukan kali pertamanya foto rekayasa bikin geger. Sebelumnya juga pernah dipublikasikan gambar 3 pejabat yang berdiri di atas ruas jalan baru yang mulus. Tapi, mereka tampak melayang, tidak menjejak tanah.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 4 halaman

3. Senator Kenya Bersama Nelson Mandela

Foto buram Nelson Mandela bersama senator dari Kenya, Mike Sonko. (Facebook/Mike Sonko)

Pada 5 Desember 2013 lalu, tokoh anti-apartheid Nelson Mandela meninggal dunia. Seluruh dunia berduka atas kepergiannya. Hampir semua politikus dunia berkabung untuknya dan mengenang jasa-jasanya.

Termasuk salah satunya seorang senator dari Kenya, Mike Sonko. Dalam momen duka tersebut, ia pun mencoba memberitahu khalayak bahwa betapa dekatnya dia dengan Nelson Mandela.

Namun cara yang dipilihnya bikin orang geleng-geleng kepala, dengan merilis foto bersama Mandela yang terlihat sekali hasil editannya.

 “Sungguh tragis, mungkin Anda akan mengatakan hal itu. Mandela menjadi orang yang begitu buram menjelang akhir hayatnya. Untungnya, jejak JPEG (format untuk mengompresi file gambar) bukan gejala penyakit Mandela, begitupun dengan “kepala besar” yang merupakan gejala kegilaan Mike Sonko,” komentar salah satu netizen.

Belakangan diketahui foto Mike Sonko adalah hasil edit dari potret asli Nelson Mandela bersama Muhammad Ali.

Setelah ulahnya diketahui warganet, bagaimana kira-kira langkah selanjutnya Mike Sonko untuk mengesankan para pemilihnya?

3 dari 4 halaman

2. Foto Rival Bersalaman dengan Obama

Foto yang diedit dan menuai hujatan netizen. (The Wire Screngrab)

Foto asli Barack Obama yang jadi korban edit. (Daily Dot).

Foto lain hasil edit yang bikin geleng-geleng kepala mengungkap anggota Kongres Texas Steve Stockman, yang saat ini tengah kampanye politik melawan sesama senator Republik John Cornyn. Ia merilis foto Cornyn dengan gembira berdiri di samping Presiden Barack Obama.

Jika diperhatikan lebih seksama, barulah disadari ada yang aneh dengen bagian kepala. Gambar aslinya bukan Obama dengan Cornyn, tetapi gubernur Florida Charlie Crist.

Gambar itu dengan cepat dihapus setelah Stockman dipanggil (meskipun tidak ada permintaan maaf setelahnya). Padahal banyak bukti yang mengarah pada aksi edit foto tersebut.

4 dari 4 halaman

1. Foto Skandal Seks Pejabat Tiongkok 

 Foto skandal seks pejabat China. (The Shanghaiist)

Tuduhan skandal seks sempat diajukan pejabat China bernama Du Weijun, yang mengklaim bahwa direktur Biro Budaya Kota Zhaoging menggelapkan dana negara untuk membantu membiayai kebiasaan judi dan membiayai sang kekasih.

Tuduhan itu disertai bukti foto yang kemudian bocor ke pers. Mungkin karena pencahayaannya, mungkin memang begitulah penampilan pria itu, tak butuh waktu lama bagi publikasi Tiongkok untuk memperhatikan bahwa kepala pria dalam foto terlihat terpotong. Sementara yang lain terlihat gradasi warna yang berbeda.

Lionel Messi Kembali Cetak Rekor Baru

Liputan6.com, Barcelona – Gol Lionel Messi ke gawang Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol memili arti sangat penting. Tak hanya menjadi penentu kemenangan Barcelona, tapi juga menjadi rekor khusus bagi pemain berjuluk La Pulga.

Barcelona mengalahkan Valladolid pada laga pekan ke-24 Liga Spanyol, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Barca memetik kemenangan dengan skor 1-0.

Gol tunggal Blaugrana dicetak Lionel Messi pada menit ke-42. Pemain berusia 31 tahun mencetak gol dari eksekusi penalti usai Kevin-Prince Boateng dijatuhkan bek lawan.

Ini adalah gol Lionel Messi ke-21 di Liga Spanyol musim ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Baru untuk Messi

Dengan tambahan satu gol ke gawang Real Valladolid, maka Lionel Messi kini telah mencetak 30 gol di semua kompetisi. Dalam catatan Opta, Messi telah mengukir sebuah rekor gol yang prestisius. Rekor yang bakal sulit dipecahkan pemain lain.

Dalam catatan Opta, Messi mampu mencetak 30 gol atau lebih dalam sebelas musim beruntun. Tentu saja itu bukan rekor yang sembarangan.

Messi sudah memulainya pada musim 2008/09 yang lalu. Ketika itu, dia mampu mencetak 30 gol untuk Barca. Sepanjang 11 musim, catatan gol terbaik Messi terjadi pada musim 2011/12. Dalam satu musim kompetisi, Messi mencetak 73 gol.

Nah, mampukah Messi melanjutkan catatan apiknya tersebut pada musim depan?

3 dari 3 halaman

Catatan Buruk

Selain mencatatkan sebuah rekor gol, Lionel Messi juga menyisakan sebuah catatan buruk usai laga melawan Real Valladolid. Sebab, La Pulga kembali gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Barca mendapatkan dua penalti dan semua dieksekusi oleh Messi. Satu penalti jadi gol dan penalti kedua mampu ditepis oleh Jordi Masip.

Sementara, sepanjang 90 menit bermain, Opta mencatat Messi melepaskan 12 kali tendangan. Jumlah ini paling banyak yang pernah dicatatkan oleh seorang pemain dari lima liga top Eropa.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Intip Rincian Utang Luar Negeri RI, Paling Banyak untuk Apa?

Liputan6.com, Jakarta – Jumlah utang sering kali menjadi bahan kritik untuk pemerintah. Hal ini mengingat total utang Indonesia yang terus naik. Meski demikian, apakah utang Indonesia masih aman? Bagaimana rincian utang Indonesia tersebut?

Pemerintah selalu menyatakan kalau pengelolaan utang dilakukan pruden dan akuntabel. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun pernah menegaskan, meski utang pemerintah meningkat tetapi tidak melanggar amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Yaitu defisit APBN masih terjaga kurang dari tiga persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan rasio utang kurang dari 60 persen dari PDB.

Mengutip berita Liputan6.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta masyarakat Indonesia bijak memahami soal utang negara.

“Negara mirip dengan perusahaan. Kalau ingin dikembangkan dengan optimal, butuh dana besar,” ujar JK, pada Selasa 29 Januari 2019.

JK menuturkan, jika ingin pembangunan dilakukan pesat, misalnya dalam hal infrastruktur dibutuhkan dana besar. Di sisi lain, anggaran negara juga diperlukan untuk mebiayai hak-hak dasar warga, seperti pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendanaan lain.

“Utang bukan jumlahnya yang penting, tapi bisa dibayar atau tidak,” tutur JK.

Selama utang negara untuk hal-hal produktif, bukan sekedar untuk menggelar konferensi atau bangun kantor pemerintah, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut berpendapat, itu sah-sah saja.

Misalnya, kata dia, untuk pembangunan MRT, moda angkut massal yang diyakini bisa mengatasi masalah transportasi, terutama di kota-kota besar.

“Kalau yakin dalam 40 tahun bisa dibayar dari hasil MRT, tidak masalah,” tambah JK.

Utang, tambah JK, juga digunakan untuk membangun sarana atau infratruktur yang penting untuk orang banyak. Ia menambahkan, uang pinjaman bisa untuk membangun pengairan. Efeknya, kebun dan sawah makin banyak, penghasilan negara dari pajak pun meningkat. “Kita tidak utang untuk foya-foya,” tambah JK.

JK menegaskan, tak hanya Indonesia yang punya utang. “Negara-negara besar juga tetap meminjam tetapi meminjam ke dalam, misalnya Amerika Serikat dalam bentuk cetak duit,” tutur dia.

Ingin tahu bagaimana perkembangan utang luar negeri Indonesia? Bagimana dengan perkembangan rasio utangnya? Siapa saja pemberi pinjaman?

Berikut rincian utang seperti dikutip dari laman Bank Indonesia (BI):

Bila melihat data BI, utang luar negeri Indonesia cenderung meningkat sejak 2010. Jika dilihat posisi utang luar negeri berdasarkan kelompok peminjam, total utang luar negeri Indonesia mencapai USD 293,32 miliar pada 2014. Jumlah tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral mencapai USD 129,736 miliar dan swasta sebesar USD 163,59 miliar.

Kemudian pada 2015, total utang luar negeri Indonesia naik menjadi USD 310,730 miliar. Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral mencapai USD 142,608 miliar dan swasta sebesar USD 168,123 miliar.

Utang tersebut juga meningkat menjadi USD 320,006 miliar pada 2016. Rincian utangnya terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 158,283 miliar dan swasta sebesar USD 161,722 miliar.

Pada 2017, total utang bertambah menjadi USD 352,469 miliar. Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 180,622 miliar dan swasta sebesar USD 171,847 miliar.

Pada Desember 2018, total utang luar negeri berdasarkan kelompok peminjam naik menjadi USD 376,839 miliar. Rinciannya utang pemerintah bank sentral mencapai USD 186,220 miliar dan swasta sebesar USD 190,619 miliar.

Posisi utang luar negeri berdasarkan jenis mata uang

Adapun posisi utang luar negeri berdasarkan jenis mata uang masih terbesar dalam denominasi dolar AS. Totalnya mencapai USD 212,513 miliar pada 2014. Kemudian menjadi USD 222,771 miliar pada 2015.

Selanjutnya utang dalam denominasi dolar AS itu turun menjadi USD 221,307 miliar pada 2016. Utang meningkat lagi menjadi USD 236,620 miliar pada 2017. Pada Desember 2018, totang utang dalam denominasi dolar AS mencapai USD 258,938 miliar.

Negara kreditor terbesar

Kalau dilihat berdasarkan negara pemberi pinjaman antara lain pada 2014 mencapai USD 176,82 miliar. Negara pemberi pinjaman terbesar dari Singapura mencapai USD 60,45 miliar pada 2014. Lalu turun menjadi USD 58,19 miliar pada 2015.

Hal ini berlanjut pada 2016, kreditor utang dari Singapura turun menjadi USD 51,397 miliar pada 2016. Selanjutnya naik lagi menjadi USD 54,95 miliar pada 2017. Desember 2018, utang dari kreditor asal Singapura naik menjadi USD 60,62 miliar.

Jepang juga menjadi salah satu negara pemberi pinjaman terbesar untuk Indonesia. Total pinjaman dari Jepang mencapai USD30,46 miliar pada 2014.

Lalu naik menjadi USD 31,35 miliar pada 2015. Selanjutnya turun lagi menjadi USD 30,23 miliar pada 2016, dan 2017 mencapai USD 29,154 miliar. Pada Desember 2018, utang tercatat USD 29,56 miliar di Jepang. Negara lainnya yang memberi pinjaman terbesar yaitu China dan Amerika Serikat.

Pembiayaan Utang

Adapun pembiayaan utang pada 2014 hingga 2019 antara lain pada 2014 sebesar Rp 255,7 triliun, 2015 sebesar Rp 380,9 triliun, 2016 sebesar Rp 403 triliun, 2017 sebesar Rp 429,1 triliun. Kemudian realisasi pada 2018 turun menjadi Rp 366,7 triliun.

Pembiayaan utang ini membiayai defisit anggaran, pembiayaan investasi terutama PMN kepada BUMN BLU, dan pemberian pinjaman kepada Pemda.

Kementerian Keuangan menegaskan, kebijakan pembiayaan utang ini menerapkan hal kehati-hatian, efisiensi biaya utang, produktivitas dan keseimbangan.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

 Utang dilihat dari jangka waktunya

Utang pemerintah dan bank sentral bila dilihat dari jangka waktu yang dimiliki sebagian besar utang jangka panjang lebih dari satu tahun.

Tercatat utang luar negeri pemerintah dan bank sentral yang lebih dari satu tahun mencapai USD 126,075 miliar pada 2014. Dibandingkan utang jangka pendek pada 2014 mencapai USD 3,66 miliar.

Pada 2015, utang jangka panjang bank sentral dan pemerintah mencapai USD 139,65 miliar. Sedangkan utang kurang dari satu tahun mencapai USD 2,95 miliar pada 2015.

Lalu pada 2016, tercatat utang jangka panjang lebih dari satu tahun mencapai USD 157,43 miliar pada 2016. Utang jangka pendek pemerintah dan bank sentral mencapai USD 845 juta pada 2016.

Sedangkan 2017, utang jangka pendek pemerintah dan bank sentral mencapai USD 2,4 miliar. Utang jangka panjang, total utangnya mencapai USD 178,20 miliar.

Pada Desember 2018, tercatat total utang jangka pendek berkurang menjadi USD 900 juta pada Desember 2018. Utang jangka panjang melonjak jadi USD 185,23 miliar.


3 dari 4 halaman

Rasio Utang Masih di Batas Aman

Adapun rasio utang terhadap PDB relatif masih aman di bawah 60 persen. Ini sesuai ketentuan, meski rasionya cenderung naik.

Dibandingkan negara lainnya, berdasarkan data tradingeconomics, rasio utang Indonesia terhadap PDB termasuk yang terendah. Dibandingkan AS yang rasio utangnya mencapai 105,40 persen terhadap PDB. Lalu Jepang mencapai 253 persen terhadap PDB, China mencapai 47,60 persen terhadap PDB, dan India sebesar 68,70 persen terhadap PDB.

Selain itu dibandingkan Vietnam, rasio utangnya mencapai 61,50 persen, Malaysia mencapai 50,90 persen, dan Singapura sebesar 110,60 persen terhadap PDB. Lalu Filipina sebesar 41,90 persen terhadap PDB.

Pada 2014, rasio utang terhadap PDB mencapai 32,95 persen. Pada 2015, rasio utang terhadap PDB naik menjadi 36,09 persen pada 2015. Lalu kembali turun menjadi 34,30 persen pada 2016. Selanjutnya rasio utang kembali naik tipis menjadi 34,77 pada 2017. Lalu pada 2018, tercatat rasio utang terhadap PDB menjadi 36,18 persen.

Dilihat dari jenis utang luar negeri, dari sisi pemerintah rinciannya antara lain:

Pinjaman pada 2014 mencapai USD 123,80 miliar yang komposisinya USD 53,923 miliar yang merupakan pinjaman bilateral mencapai USD 26,70 miliar, komersial sebesar USD 23,34 miliar, multilateral sebesar USD 3,72 miliar, dan pemasok 19.

Dari surat utang mencapai USD 69,88 miliar pada 2014. Surat utang itu terdiri dari surat berharga negara (SBN) internasional mencapai USD 32,797 miliar dan SBN domestik mencapai USD 37,08 miliar.

Pada 2015, total utang luar negeri pemerintah capai USD 137,39 miliar. Utang itu terdiri dari pinjaman mencapai USD 54,22 miliar yang terdiri dari pinjaman bilateral sebesar USD 24,48 miliar, komersial sebesar USD 26,09 miliar, multilateral sebesar USD 3,63 miliar. Pemasoknya mencapai 12.

Kemudian surat utang dari SBN internasional mencapai USD 42,68 miliar dan SBN domestik sebesar USD 40,38 miliar.

Pada 2016, total utang luar negeri mencapai USD 154,87 miliar. Utang itu terdiri dari pinjaman sebesar USD 54,188 miliar yang berasal dari pinjaman bilateral sebesar USD 23,32 miliar, komersial sebesar USD 3,35 miliar, pemasok 8. Sedangkan total penerbitan surat utang pada 2016 mencapai USD 100,68 miliar.

Selanjutnya pada 2017, total utang luar negeri pemerintah capai USD 177,318 miliar. Itu dari total pinjaman yang mencapai USD 54,48 miliar yang terdiri pinjaman bilateral sebesar USD 23,15 miliar, komersial sebesar USD 3,14 miliar, multilateral sebesar USD 28,11 miliar dan pemasok 72. Adapun penerbitan surat utang mencapai USD 122,83 miliar pada 2017.

Selanjutnya pada Desember 2018, total utang luar negeri pemerintah mencapai USD 183,19 miliar. Pinjaman itu mencapai USD 56,17 miliar yang rinciannya antara lain pinjaman bilateral sebesar USD 22,85 miliar, pinjaman komersial sebesar USD 2,94 miliar, dan multilateral sebesar USD 29,30 miliar. Pemasok tak ada. Dilihat dari penerbitan SBN capai USD 128,01 miliar.

Posisi utang luar negeri pemerintah berdasarkan lembaga kreditor antara lain dari ADB mencapai USD 8,63 miliar pada 2014. Kemudian naik menjadi USD 9,19 miliar pada 2015 dan berlanjut pada 2016 mencapai USD 9,31 miliar. Pada 2017, tercatat total utang luar negeri dari ADB mencapai USD 9,01 miliar dan 2018 mencapai USD 9,77 miliar.

Kemudian pemberi pinjaman besar lainnya dari lembaga kreditor yaitu IBRD dengan total mencapai USD 8,63 miliar pada 2014. Lalu naik menjadi USD 14,38 miliar pada 2016. Kemudian naik lagi menjadi USD 15,81 miliar pada 2016 dan 2017 tercatat USD 16,56 miliar. Sedangkan utang dari IBRD pada 2018 mencapai USD 9,7 miliar.



4 dari 4 halaman

Rincian Anggaran dan Realisasi Infrastruktur

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan anggaran untuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan setiap tahun. Anggaran tersebut untuk tiga sektor itu bervariasi tapi catatkan kenaikan.

Dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), anggaran infrastruktur mencapai Rp 256,1 triliun pada 2015. Lalu meningkat menjadi Rp 269,1 triliun pada 2016, kemudian naik lagi menjadi Rp 388,3 triliun pada 2017. Selanjutnya naik menjadi Rp 410,7 triliun, dan terus meningkat menjadi Rp 415 triliun pada 2019.

Bagaimana dengan anggaran pendidikan?

Anggaran pendidikan mencapai Rp 409,1 triliun pada 2015. Lalu kembali naik menjadi Rp 419,2 triliun pada 2016.  Namun pada 2017, anggaran pendidikan turun jadi Rp 416,1 triliun. Kemudian meningkat menjadi Rp 444,1 triliun pada 2018. Anggaran pendidikan tercatat menjadi Rp 492,5 triliun pada 2019.

Lalu bagaimana anggaran kesehatan?

Anggaran kesehatan tercatat mencapai Rp 65,9 triliun pada 2015. Lalu kembali naik menjadi Rp 92,3 triliun pada 2016. Anggaran tersebut naik lagi menjadi Rp 104,9 triliun pada 2017 dan mencapai Rp 111 triliun pada 2018. Lalu anggaran kesehatan tercatat menjadi Rp 123,1 triliun pada 2019.

Dalam pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang tahunan MPR pada 16 Agustus 2018, menyebutkan sejumlah pengembangan infrastruktur. Hal itu antara lain dari 2015-2017, pemerintah terus menguat konektivitas tol laut dengan pembangunan dan pengembangan pelabuhan. Dari 2015 hingga 2017 ada 477 lokasi.

Selain itu, mengutip dari laporan 4 tahun Jokowi-JK untuk infrastruktur konektivitas, hingga 2018 telah terbangun jalan sepanjang 3.432 KM, jalan tol sepanjang 947 KM, jembatan sepanjang 39,8 KM, dan jembatan gantung 134 unit.

Lalu kereta api, hingga 2018 telah terbangun jalur KA termasuk jalur ganda dan reaktivitas 754, km, peningkatan dan rehabilitasi jalur KA 413,6 km, light rail transit (LRT) yaitu di Sumatera Seletan, Jakarta, dan Jabodebek, serta mass rapid transit.

Selanjutnya hingga 2018 telah terbangun 10 bandara baru, revitalisasi dan pengembangan 408 bandara di daerah rawan bencana, terisolasi dan wilayah perbatasan. Kemudian, jembatan udara ada penirinan disparitas harga lima bahan kebutuhan pokok sebesar 57,21 persen untuk masyarakat daerah terpencil dan tertinggi atau daerah yang belum terlayani moda transportasi lain.

Untuk pelabuhan, telah terbangun 19 pelabuhan, 8 pelabuhan sedang dibangun dan selesai 2019. Ada tambahan lima unit kapal penyeberangan penumpangan, tambahan tiga unit kapal motor penyeberangan, dan tambahan 10 pelabuhan penyeberangan,

Di infrastruktur energi, pembangunan jaringan gas kota dan pipa transmisi distribusi gas antara lain pada 2014 ada 200.000 sambungan rumah tangga (SR), kemudian naik jadi 220.363 pada 2015, kemudian 319.514 pada 2016. Selanjutnya naik menjadi 373.190 pada 2017, dan 463.619 pada 2018.

Di infrastruktur telekomunikasi, palapa ring paket baret yang mulai berinovasi pada awal April 2018 di 475 kabupaten dan kota. Penguatan BTS mencapai 175 ribu menara, dan mobile coverage ada 75 ribu kelurahan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Hasil Liga Italia: Piatek Dua Gol, Milan Bungkam Atalanta 3-1

BergamoAC Milan mengalahkan Atalanta 3-1 di pekan ke-24 Liga Italia. Krzysztof Piatek menjadi bintang dengan sumbangan dua golnya.

Laga di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB, berjalan ketat. Atalanta sedianya bisa merepotkan Milan. ESPN mencatat, tuan rumah melepaskan 14 shot dan 5 yang on target, sementara tim tamu cuma membuat 7 tembakan dan 3 yang on target dan semuanya berbuah gol.

Atalanta membuka ancaman di menit-menit awal. Duvan Zapatan tercatat dua kali berupaya melepaskan tendangan, namun bolanya masih bisa diblok bek-bek Milan.

Milan merespons di menit ke-13. Franck Kessie melepaskan tandukan, namun arahnya belum tepat sasaran.

Pada menit ke-33, Atalanta berhasil unggul 1-0. Josip Ilicic berhasil membuat umpan datar kepada Remo Fueler, yang bisa diteruskan dengan sepakan keras dan merobek gawang Gianluigi Donnarumma.

Milan akhirnya menutup babak pertama dengan skor imbang 1-1. Umpan silang Ricardo Rodriguez, bisa diteruskan Krzysztof Piatek dengan sepakan voli kaki kiri. Bola mengarah ke sisi kiri gawang Atalanta dan tak terbendung Berisha. Skor imbang bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Rossoneri langsung tancap gas. Baru 10 menit laga berjalan, tim tamu bisa membalikkan keadaan.

Hakan Calhanoglu yang membawa Milan berbalik memimpin 2-1. Ia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan mengirim bola masuk ke gawang Atalanta. Itu menjadi gol pertama Calahanoglu untuk Milan musim ini.

Tak pakai lama, Milan kembali mencetak gol ketiganya. Kali ini Piatek yang kembali mencatatkan namanya di papan skor, usai menyundul bola sepak pojok Calhanoglu dan mengirim bola masuk ke gawang Atalanta.

Di sisa waktu pertandingan, Atalanta tak mampu mengejar ketertinggalannya. Milan menang 3-1 atas Atalanta di pekan ke-24 Liga Italia. Hasil ini membuat Milan bertahan di peringkat keempat dengan 42 poin. Sedangkan Atalanta turun ke peringkat ketujuh dengan 38 poin.

Susunan Pemain

Atalanta: Berisha; Djimsiti, Palomino, Toloi; Castagne, Freuler, De Roon, Hateboer (Gosens 65′); Gomez (Kulusevski 59′); Zapata (Barrow 78′), Ilicic

AC Milan: Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Musacchio, Calabria; Paqueta (Laxalt 87′), Bakayoko, Kessie; Calhanoglu, Piatek, Suso (Castillejo 77′)
(yna/cas)


Singkirkan Newport County, Manchester City Melaju Mulus ke Perempat Final Piala FA

Newport – Manchester City menyingkirkan klub kasta keempat Inggris, Newport County setelah menang 4-1 pada putaran kelima Piala FA di Rodney Parade, Sabtu (16/2/2019) waktu setempat. Kemenangan ini mengantarkan The Citizens ke perempat final.

Manchester City yang lebih baik dari segi materi pemain mendominasi permainan sejak menit pertama. Kondisi itu membuat Newport bermain bertahan agar tidak kebobolan gol cepat.

Taktik itu terbukti ampuh untuk meredam agresivitas anak asuh Pep Guardiola. Terbukti, tidak ada satu pun gol yang tercipta sehingga membuat babak pertama berakhir tanpa gol.

Manchester City yang bermain ofensif baru bisa mencetak gol pada menit ke-51. Tembakan kaki kiri Leroy Sane dari sudut sempit membobol gawang Newport sekaligus membuat skor berubah menjadi 1-0.

Setelah gol itu, Manchester City terus memberikan tekanan. Gol kedua ke gawang Newport akhirnya tercipta berkat sumbangsih Phil Foden pada menit ke-75.

Jelang babak kedua berakhir, Newport berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 melalui gol Padraig Amond. Namun, Manchester City mencetak dua gol tambahan lewat gol kedua Foden (89′) dan pemain pengganti, Riyad Mahrez (90+4′).

Skor 4-1 untuk kemenangan tim tamu bertahan hingga pertandingan usai. Hasil positif ini menggaransi satu tempat buat Manchester City di perempat final Piala FA.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain

Susunan pemain

Newport County (3-5-2): 1-Joe Day, 26-Regan Poole, 25-Mark O’Brien, 28-Mickey Demetriou; 7-Robbie Wilmott, 17-Scott Bennett (5-Fraser Franks 86′), 15-Tyreeq Bakinson (16-Josh Sheehan 61′), 4-Joss Labadie (8-Matthew Dolan 68′), 3-Dan Butler, 9-Padraig Amond, 11-Jamille Matt

Manajer: Michael Flynn

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson; 3-Danilo, 5-John Stones, 30-Nicolás Otamendi, 35-Oleksandr Zinchenko; 47-Phil Foden, 25-Fernandinho (14-Aymeric Laporte 79′), 21-David Silva (8-Ilkay Gundogan 82′); 26-Riyad Mahrez, 33-Gabriel Jesus, 19-Leroy Sané

Manajer: Pep Guardiola

Juventus Bungkam Frosinone, Gol Bonucci untuk Istri dan Anak

Liputan6.com, Turin – Leonardo Bonucci ikut mencetak gol saat Juventus mengalahkan Frosinone. Gol itu ia persembahkan untuk istri serta putrinya.

Juventus masih terus meraih kemenangan dalam ajang Serie A. Kali ini Frosinone dibuat bertekuk lutut dengan skor 3-0 pada Sabtu (16/2) dini hari WIB.

Bonucci mencetak gol kedua Juventus dalam pertandingan tersebut, setelah Paulo Dybala membuka skor terlebih dulu. Cristiano Ronaldo kemudian mempersembahkan gol ketiga untuk membawa Juventus unggul 14 angka di puncak klasemen.

Bonucci yang mencetak gol pada menit ke-17. Ia mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan kemelut di depan gawang Frosinone.

Selepas menjebol gawang lawan, bek berusia 31 tahun itu melakukan selebrasi dengan membentuk inisial “LM” dengan jari-jari tangannya. Selebrasi tersebut ternyata ditujukan untuk istri serta putrinya yang baru lahir sepekan kemarin.

“Beberapa hari terakhir sangatlah indah, Matilda tiba dan memberi sinar cahaya bagi keluarga kami,” kata Bonucci kepada Sky Sport Italia.

“Saya mendedikasikan gol tersebut untuknya, keluarga dan istri, juga kepada semua yang telah dekat dengan saya selama beberapa tahun terakhir yang agak intens.”

2 dari 3 halaman

Momentum Bagus

Kemenangan atas Frosinone akan menjadi momentum yang bagus bagi Juventus menjelang pertandingan Liga Champions. Bianconeri akan menghadapi Atletico Madrid dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar.

“Kami dalam bentuk yang bagus, laga ini membantu kami agar siap untuk hari Rabu esok,” lanjutnya.

“Kami pergi ke Madrid dengan kesadaran penuh menghadapi tim yang akan berjuang maksimal hingga akhir, tapi Atleti juga akan menghadapi tim hebat yang tak akan lengah sedikit pun di atas lapangan.”

3 dari 3 halaman

Kasih Sayang

Bonucci dibenci para pendukung Juventus setelah membelot ke AC Milan pada musim kemarin. Namun, ia mendapat standin ovation dalam pertandingan tersebut.

“Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik. Saya pulang ke rumah, kasih sayang dari mereka penting, tetapi saya juga tahu apa yang bisa saya berikan dan kami semua bekerja keras untuk mencapai tujuan kami,” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Joko Driyono Tersangka, PSSI Gelar Rapat Darurat Senin

Liputan6.com, Jakarta – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal menggelar rapat darurat untuk membicarakan kepemimpinan PSSI setelah pelaksana ketua umum Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami belum tahu apa yang harus dilakukan setelah penetapan Pak Joko sebagai tersangka. Itulah mengapa harus diadakan rapat darurat, kalau bisa Senin (18/2/2019). Minggu besok terlalu cepat, kalau Selasa kelamaan,” ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) Yoyok Sukawi, dilansir Antara.

Menurut Yoyok, berdasarkan pasal 39 dan 40 Statuta PSSI, posisi ketua umum dapat digantikan wakil ketua umum, yang saat ini dijabat Iwan Budianto, jika berhalangan sementara atau permanen.

Akan tetapi, PSSI belum memutuskan apakah situasi Joko Driyono yang masih ditetapkan sebagai tersangka adalah kondisi berhalangan atau tidak.

“Berdasarkan statuta, ketua umum yang berhalangan digantikan oleh wakil ketua umum. Kemarin Pak Edy Rahmayadi berhalangan tetap karena mengundurkan diri, digantikan oleh Pak Joko. Sekarang Pak Joko statusnya tersangka. Nah, sudah berhalangan tetap belum, kan itu pertanyaannya. Kalau misalnya dia ditahan nantinya bagaimana,” tutur Yoyok.

Menurut dia, pertanyaan itu penting dijawab karena PSSI memiliki program-program yang harus berjalan dengan arahan seorang pemimpin.

Selain itu, Yoyok melanjutkan, rapat darurat exco juga akan mendiskusikan mengenai bantuan hukum apa yang akan diberikan PSSI untuk Joko Driyono.

2 dari 3 halaman

Melanggar Police Line

Ketua Tim Media Satgas Anti Mafiabola Kombes Polisi Argo Yuwono membenarkan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka dan dicekal ke luar Indonesia, Jumat (15/2/2019).

Joko tersangka dengan dugaan pengrusakan barang bukti. Dia diduga memasuki suatu tempat yang telah dipasang garis polisi (police line) di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta. Kantor yang dipasang garis polisi di Rasuna Office Park adalah kantor PT Liga Indonesia. Penyegelan dilakukan oleh Satgas Antimafia Bola Polri pada Kamis (31/1/2019).

Status tersangka tersebut ditetapkan setelah tim gabungan dari Satgas Antimafia Bola Polri, penyidik Polda Metro Jaya dan Inafis Polda Metro Jaya menggeledah apartemen milik Joko Driyono di Taman Rasuna, Tower 9, Unit 18C dan gelar perkara pada Kamis (14/2/2019) malam.

3 dari 3 halaman

Penyitaan Barang

Dalam penggeledahan tersebut, tim gabungan menyita sejumlah barang dan dokumen berupa sebuah laptop merek Apple warna silver beserta charger; sebuah iPad merek Apple warna silver beserta charger serta dokumen-dokumen terkait pertandingan.

Kemudian buku tabungan dan kartu kredit, uang tunai (tidak disebutkan nominalnya), empat buah bukti transfer (struk), tiga buah handphone warna hitam, enam buah handphone, satu bandel dokumen PSSI dan satu buku catatan warna hitam.

Selanjutnya satu buku note kecil warna hitam, dua buah flash disk, satu bandel surat, dua lembar cek kuitansi, satu bandel dokumen dan satu buah tablet merek Sony warna hitam.

MotoGP: Gabung Repsol Honda, Lorenzo Berterima Kasih kepada Marquez

Liputan6.com, Cervera – Tiga kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo mengaku sangat berterima kasih kepada tandem barunya, Marc Marquez, yang memutuskan tak memakai hak veto untuk menghalangi Por Fuera datang ke Repsol Honda musim ini. Hal tersebut disampaikan Lorenzo dalam wawancaranya dengan Sky Sport.

Lorenzo yang sempat mengalami 1,5 musim MotoGP tanpa kemenangan bersama Ducati, nyaris tak mendapatkan tim untuk musim ini. Ia bahkan sempat berada di ambang masa pensiun dini. Meski begitu, menyusul keputusan Dani Pedrosa untuk pensiun, Repsol Honda tertarik menggaet Lorenzo, dan Marquez mengaku sama sekali tak keberatan bertandem dengannya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Marc karena ia tak memberlakukan veto pada kedatangan saya di Honda. Ia bisa saja melakukannya, tapi justru memutuskan tak melakukannya. Jika ia melakukannya, saya takkan jadi tim pabrikan Honda seperti sekarang. Jadi saya ucapkan terima kasih banyak padanya,” ujar Lorenzo.

Lorenzo tak memungkiri bahwa rivalitas sengit bisa terjadi antara dirinya dan Marquez, namun yakin hal ini juga takkan melulu menghadirkan hal negatif. Ia pun berharap keduanya tak harus sampai cekcok di lintasan MotoGP dan membuat rival Repsol Honda menang.

“Orang melihat kami dengan cara yang negatif. Mungkin mereka mengira Marc dan saya bakal bikin kacau dalam sebuah balapan, lalu justru ‘membantu’ Dovi atau Vale merebut gelar. Tapi jika kita melihat dengan cara yang berbeda, kisahnya bakal lain,” ungkap rider 31 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Sudut Pandang

Rider Spanyol ini pun mengaku memilih untuk melihat situasi Repsol Honda dengan sudut pandang yang positif. Sebagai eks rider Yamaha dan Ducati, ia yakin bisa berbagi pengalaman kepada Honda, dan ia yakin rivalitas yang terjadi antara ia dan Marquez hanya akan menguntungkan tim mereka.

“Marc melihat seorang juara lain datang, yang punya pengalaman untuk dibagi dengan orang-orang di garasinya. Saya adalah rider yang, berkat kerja keras dan kemauan besar, selalu tampil kompetitif,” kata Lorenzo.

3 dari 3 halaman

Kerja Keras

“Ini justru bakal membuat Marc bekerja keras, tapi saya akan melakukan hal yang sama, karena saya tak mau ia mengalahkan saya. Inilah yang akan membuat tim kami berkembang,” pungkasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 Jadi Rp 672 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas PT Aneka Tambang Tbk Antam) atau harga emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 672 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (16/2/2019). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam dibanderol Rp 668 ribu per gram.

Harga untuk pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam juga naik menjadi Rp 597 ribu per gram atau naik Rp 6.000. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 597 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 07.12 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.960.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.370.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

2 dari 3 halaman

Rincian Harga

Berikut ini rincian harga Emas Antam untuk berbagai ukuran:

* Pecahan 0,5 gram Rp 360.500

* Pecahan 1 gram Rp 672.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.293.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.918.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.180.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.295.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.630.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.185.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.300.000

* Pecahan 250 gram Rp 155.500.000

* Pecahan 500 gram Rp 310.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 621.600.000.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Fabio Capello Larang Juventus Boyong Matthijs De Ligt

Liputan6.com, Turin – Ketertarikan Juventus terhadap bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt sudah menjadi rahasia umum. Namun, Fabio Capello menyarankan mantan klubnya untuk tidak merekrut pemain asal Belanda tersebut.

Sosok yang pernah membela dan melatih Juventus itu punya pertimbangan berdasar pengalaman. Dia mengaku tidak percaya terhadap bek dari Negeri Kincir Angin.

Capello menilai Juventus seharusnya mendahulukan produk Italia untuk mengisi sektor tersebut. “Saya tidak pernah suka bek Belanda. Mereka tidak punya kualitas sama seperti bek Italia,” ungkapnya, dikutip Calciomercato.

La Vecchia Signora siap bersaing dengan Barcelona dan Paris-Saint Germain demi mendatangkan De Ligt. Fabio Paratici bahkan memantaunya langsung saat Ajax menghadapi Real Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/2019).

Direktur Olahraga Juventus itu mencari darah segar untuk menggantikan Daniele Bonera (37 tahun), Giorgio Chiellini (34 tahun), dan Leonardo Bonucci (31 tahun).

2 dari 3 halaman

Alasan Capello

Capello punya dasar berdasar pengalamannya. Menangani Juventus, AC Milan, AS Roma, dan Real Madrid, dia kerap mempercayakan lini belakang ke pemain Italia.

Sosok yang juga pernah melatih Timnas Inggris dan Rusia itu bahkan mendatangkan Fabio Cannavaro Estadio Santiago Bernabeu pada 2006 agar pertahanan Real Madrid tidak mudah ditembus.

3 dari 3 halaman

Talenta Berbakat

Reputasi De Ligt meningkat setelah menembus tim utama Ajax pada musim lalu. Baru berusia 19 tahun, dia kemudian dipercaya menjadi kapten klub dan diandalkan timnas.