Hasil Liga Italia: Inter Taklukkan Frosinone 3-1

FrosinoneInter Milan memetik hasil positif dalam lawatan ke markas Frosinone di lanjutan Liga Italia. Nerazzurri menang dengan skor telak 3-1.

Dalam pertandingan di Stadio Benito Stirpe, Senin (15/4/2019) dinihari WIB, Inter menang dengan nyaman. La Beneamata melakukam penguasaan bola sebesar 29 persen dalam data yang dilansir ESPN FC.

Tak cuma itu, ada 19 percobaan yang dilepaskan oleh Inter. Berbanding 14 tembakan dari tim tuan rumah.

Frosinone mengancam pada menit ketiga. Tembakan Daniel Ciofani sudah tepat sasaran, tapi bisa diantisipasi oleh Samir Handanovic.

Inter membalas via Ivan Perisic pada menit ke-12. Tembakan jarak jauh kaki kirinya belum juga berbuah hasil.

Radja Nainggolan menjadi pemecah kebuntuan Inter. Pada menit ke-19, Danilo D’Ambrosio mengirim umpan silang terarah dari sisi sayap kanan. Dengan jitu, Nainggolan lepas dari penjagaan lalu menyundul bola masu ke gawang.

Sundulan pemain Chievo, Luca Paganini, belum membuahkan hasil hingga 23 menit. Bola heading pemain nomor punggung 7 itu mengirim bola melesat.

Paganini melepaskan ancaman lagi pada menit ke-30. Tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih meleset.

Inter menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Perisic yang mencatatkan namanya di papan skor via tendangan penalti.

Pemain Frosinone, Raman Chibsah, melakukan pelanggaran pada Milan Skriniar. Wasit menunjuk titik putih. Perisic menyelesaikan tugasnya dengan dingin, Inter unggul 2-0.

Inter terus mengancam. Pada menit ke-41, tembakan dari Matteo Politano yang bisa diantisipasi oleh kiper Frosinone, Marco Sportiello.

Keunggulan dua gol untuk Inter Ini bertahan sampai menit kee 61. Francesco Cassata yang mampu mencetak gol balasan untuk Frosinone.

Inter membalas serangan pada menit ke-65. Tembakan Perisic meneruskan umpan Nainggolan sudah tepat sasaran, tapi bisa diselamatkan.

Inter menyerang lagi pada menit ke-76. Tembakan Lorenzo Ariaudo belum merubah kedudukan 2-1. Percobaan Inter lewat Radja Nainggolan masih belum berbuah gol.

Inter mengunci kemenangan pada masa injury time. Matias Vecino pencetak assist dalam serangan cepat itu, meneruskan umpan Mauro Icardi. Di sisa pertandingan tak ada gol lagi, Inter menang 3-1.

Dengan kemenangan ini, Inter tetap duduk di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 60 poin. Sementara itu, Frosinone ada di peringkat ke-19 dengan raihan 23 poin.

Susunan Pemain

Frosinone: Sportiello; Goldaniga, Ariaudo, Capuano; Paganini, Chibsah, Cassata (Ciano 63), Valzania (Maiello 82), Beghetto; Pinamonti (Dionisi 88), Ciofani

Inter: Handanovic; D’Ambrosio, De Vrij, Skriniar, Asamoah; Vecino, Borja Valero (Gagliardini 74); Politano (Joao Mario 89), Nainggolan, Perisic (Keita 70); Icardi

(cas/din)


Liverpool Hajar Southampton 3-1, Klopp: Kami Cetak Gol Kelas Dunia!

Liputan6.com, Southampton – Liverpool mencatatkan kemenangan 3-1 atas Southampton di St. Mary’s Stadium, Jumat (5/4/2019) atau Sabtu dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Kegembiraan pun dirasakan manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Dalam laga tersebut, Southampton mampu unggul terlebih dahulu melalui Shane Long pada menit kesembilan. Namun, The Reds, sebutan Liverpool, mampu mencetak tiga gol balasan melalui Naby Keita, Mohamed Salah, dan Jordan Henderson.

Usai pertandingan, Klopp mengungkapkan kegembiraannya karena memiliki Henderson dan James Milner. Terlebih, Liverpool mampu mencetak gol kelas dunia melalui aksi Mohamed Salah yang menggiring bola dari tengah lapangan.

“Kita bisa menang karena punya dua pemain yang sangat termotivasi dan bersemangat, Henderson dan James Milner. Mereka membantu kami mencetak gol kelas dunia,” kata Klopp, dikutip dari situs resmi Liverpool.

“Mereka membantu kami memenangkan bola, melakukan serangan balik. Itu sebuah gol super dari Salah, lari yang super dan hasilnya fantastis,” ujar manajer Liverpool berkebangsaan Jerman itu menambahkan.

Hasil Liga Inggris: Liverpool Kalahkan Southampton 3-1

SouthamptonLiverpool membawa pulang tiga poin dari lawatan ke markas Southampton. sempat tertinggal, The Reds memetik kemenangan 3-1.

Saat bertanding pada lanjutan Liga Inggris di St Mary Stadium, Sabtu (6/4/2019) dinihari WIB, Soton dan Liverpool bermain sama kuat 1-1 di babak pertama.

Shane Long yang membawa Soton unggul pada menit kesembilan. Tendangannya dari jarak dekat gagal dibendung Alisson.

Liverpool baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-36. Sundulan Naby Keita meneruskan crossing Trent Alexander-Arnold masuk ke gawang yang dikawal oleh Angus Gunn.

Liverpool berbalik unggul pada menit ke-80. Mohamed Salah yang membuat tim asuhan Juergen Klopp itu memimpin satu gol.

Jordan Henderson membawa Liverpool mengunci kemenangan Liverpool pada menit ke-86. Umpan tarik Roberto Firmino diselesaikan Henderson dengan tendangan dari jarak dekat.

Dengan kemenangan ini, Liverpool menggeser Manchester City dari posisi pertama klasemen Liga Inggris. Si Merah mengumpulkan 82 poin, hasil dari 33 kali bertanding.

Sementara itu, City ada di posisi kedua dengan raihan 80 angka hasil dari 32 kali bermain. Soton menempati posisi ke-16 dengan raihan 33 angka.

Susunan Pemain

Southampton: Gunn, Yoshida, Vestergaard (Austin 83), Bednarek, Valery, Romeu (Armstrong 83), Hojbjerg, Ward-Prowse, Bertrand, Redmond, Long (Sims 62)

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold (Henderson 59), Matip, van Dijk, Robertson, Wijnaldum (Milner 59), Fabinho, Keita (Lovren 88), Salah, Firmino, Mane (cas/cas)


Ini Penyebab Jasad Kiai di Blitar Utuh Meski 31 Tahun Dikubur

Blitar – Jasad Kiai Anwar Sudibyo tampak masih utuh walaupun telah terkubur 31 tahun lamanya. Menurut kesaksian sang putra, Moch Munib, keseharian kiai semasa hidup tidak pernah lepas dari zikir.

“Ya mungkin karena abah itu tak pernah lepas zikir ya jadi jasadnya masih utuh seperti itu,” ujar Munib saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).

Kiai Anwar merupakan Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar periode 1982-1987. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan sesepuh Tarekat Kodiriyah wa Nasyabandiah.


Yang mana, kedua tarekat tersebut rutin menggelar zikir bersama. Yakni usai salat subuh dan magrib.

Tentang ibadah lain yang dilakukan sang ayah, Munib mengaku tidak memperhatikan secara khusus. Termasuk ibadah puasa yang setahu Munib hanya dilakukan saat Ramadan saja.

“Abah itu setahu saya gak pernah ibadah yang khusus begitu ya. Beliau hanya sering memimpin zikir di jemaah tarekatnya. Beliau dalam setiap aktivitas juga selalu berzikir. Itu juga yang diajarkan pada kami anak-anaknya,” imbuhnya.

Jasad Kyai Anwar Sudibyo dipindahkan ke makam keluarga pada Kamis (14/3). Pemindahan makam itu atas inisiatif Banser yang ingin makam ulamanya tidak berhimpitan dengan makam warga sekitar di TPU desa itu.

Atas izin keluarga almarhum, pemindahan makam dilakukan dengan menggali kubur dan mengangkat jasad sang kiai yang telah terkubur selama 31 tahun. Saat diangkat, banyak warga yang menyaksikan jasad tersebut dalam kondisi utuh. Tidak lama kemudian, kejadian tersebut viral di media sosial.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Sosok Kiai di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski Terkubur 31 Tahun

Ini Sosok Kiai di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski Terkubur 31 Tahun Almarhum Kiai Anwar Sudibyo/Foto: Erliana Riady

Blitar – Jasad Kiai Anwar Sudibyo yang masih utuh meski telah terkubur selama 31 tahun viral di media sosial. Seperti apa sosok Kiai Anwar Sudibyo?

Seperti data yang dihimpun detikcom, Kiai Anwar bernama lengkap Mochd. Anwar Sudibyo. Ia menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar pada 1982-1987. Sang ulama juga dikenal sebagai pendiri pondok pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

“Selain pernah sebagai Rais Syuriah PCNU, abah juga Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan tokoh Tarekat Kodiriah wa Nasyabandiyah Blitar,” kata putra Kiai Anwar, Moch Munib saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (19/3/2019).


Kiai Anwar meninggal pada 1988, saat menjadi imam jemaah salat subuh di Masjid Baitul Rauf. Masjid itu merupakan bagian ponpes Tambakan yang didirikannya.

Terlepas dari itu, Kiai Anwar tercatat sebagai santri pertama di Ponpes Asrama Perguruan Islam Salawiyah (APIS) Gondang, Gandusari. Ponpes Apis Sanan Gondang didirikan KH Shodiq Damanhuri yang masa kecilnya bernama Muhammad Jamhuri.

“Abah itu termasuk salah satu pendiri ponpes Apis Sanan Gondang bersama Kyai Jamhuri. Menurut cerita tahun 1923,” imbuhnya.

Cerita tersebut diakui pengasuh Ponpes Apis Sanan Gondang, Moch Subhan Anshori. Tak hanya sebagai santri pertama di Pondok Salawiyah itu, Kiai Anwar juga mengembangkan ajaran tarekat dengan mendirikan Ponpes Tambakan.

Bagi Subhan, cerita keistimewaan jasad santri sudah sering dia dengar selama ini. “Menyaksikan langsung belum pernah. Tapi saya sudah sering mendengar cerita jenazah atau santri di sini yang khusnul khotimah. Ada yang jasadnya utuh, ada yang menyebarkan aroma wangi. Semoga saja kita nantinya akan seperti itu juga. Aamiin,” pungkasnya.

Sebelumnya, tentang jasad Kiai Anwar yang masih utuh viral di media sosial. Banyak netizen yang merasa heran karena jasad tersebut sudah terkubur puluhan tahun. Jari kaki hingga kepala masih menyambung. Kemudian kain kafan pun tidak ada yang robek.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kemendagri Jawab BPN soal Banyak Warga Lahir di 1 Juli dan 31 Desember

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menganggap tak wajar terkait banyaknya warga yang lahir pada tanggal 1 Juli dan 31 Desember. Kemendagri memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

“Kebijakan tentang tanggal lahir 31 Desember dan 1 Juli sudah berlangsung lama sejak kemendagri menggunakan simduk (sistem informasi manajemen kependudukan),” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif, kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

Zudan mengatakan kebijakan tentang tanggal lahir 1 Juli dan 31 Desember merupakan kebijakan lama. Dalam kebijakan simduk sebelumnya, semua penduduk yang lupa tanggal kelahirannya akan ditulis lahir pada 31 Desember.

“Saat menggunakan simduk sebelum tahun 2004, semua penduduk yang lupa atau tidak tahu tanggal lahirnya di tulis 31 Desember,” ujarnya.

Kebijakan pun berubah ketika berlaku sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). Warga yang tidak ingat tanggal lahir akan dicatat lahir pada 1 Juli.

“Sejak berlaku SIAK tahun 2004, penduduk yang lupa atau tidak ingat tanggal lahirnya ditulis 1 Juli. Bila tidak ingat tanggal tapi ingat bulannya maka ditulis tanggal 15,” imbuh Zudan.

“Kebijakan di atas kemudian diperkuat dengan Permendagri 19 tahun 2010,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo, menyambangi kantor KPU. Hashim menyebut ada 17,5 juta nama di daftar pemilih tetap (DPT) yang mereka anggap tidak wajar.

“Kami BPN tim IT kami masih ada masalah sejumlah nama kurang lebih 17,5 juta nama ya, itu minimal. Itu namanya dianggap ganda, bisa juga dinilai invalid dll,” kata Hashim di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

Hashim mengatakan tim IT BPN melakukan verifikasi dan investigasi terhadap data Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap II (DPTHP) tanggal 15 Desember 2018. Hashim mengatakan data yang dianggap tak wajar, misalnya orang yang lahir pada tanggal 1 Juli secara akumulasi mencapai 9,8 juta, tetapi pada hari lainnya seperti 2 Juli datanya hanya 520 ribu sehingga itu dianggap tak wajar.

“Pada hari-hari lain rata-rata yang lahir 520 ribu orang ya, terus tiba-tiba tanggal 1 Juli 9,8 juta, tanggal 2 Juli 520 ribu dan ini kan kita anggap nggak wajar,” ujar Hashim.

Ada tiga tanggal kelahiran yang dianggap tak wajar oleh Hashim, pertama 1 Juli sebanyak 9,8 juta, tanggal 31 Desember sebanyak 5,3 juta, dan 1 Januari 2,3 juta. Dia menambahkan, BPN dan KPU akan melakukan pengecekan DPT bersamaan ke daerah terkait temuan DPT janggal tersebut.

(knv/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Inggris: Sterling Hat-trick, City Kalahkan Watford 3-1

ManchesterManchester City memetik kemenangan saat menjamu Watford di lanjutan Liga Inggris. Raheem Sterling bikin hat-trick, City menang 3-1.

Dalam pertandingan di Etihad Stadium, Minggu (10/3/2019) dinihari WIB, City tampil dominan. Situs resmi Liga Inggris mencatat penguasaan bolanya lebih dari 70 persen.

Total ada 16 percobaan yang dilakukan City, berbanding cuma satu tembakan yang dilakukan oleh The Hornets.

Sterling menjadi penentu kemenangan City dengan hat-trick yang dibuat. Watford sekali membalas via tendangan Gerard Deulofeu.

Dengan kemenangan ini, City untuk sementara memperlebar jarak dengan Liverpool dari klasemen. Tim asuhan Josep Guardiola itu mengumpulkan 74 poin, berselisih empat angka dari The Reds yang baru akan bermain Minggu malam.

Sementara itu, Watford ada di posisi kedelapan klasemen dengan koleksi 43 poin.

Jalannya Pertandingan

City tertahan di babak pertama. Sedikitnya ada tujuh percobaan yang dilepaskan. Sterling dua kali melepaskan tembakan, Sergio Aguero juga sama.

Sementara itu, Watford minim ancaman. Mereka belum pernah menembakkan bola ke gawang The Citizens.

Setelah restart, City bisa langsung unggul cepat. Gol yang dibukukan oleh Sterling pada menit ke-46 itu berbau offside.

Aguero ada dalam posisi offside saat memberi umpan. Tapi, bola yang disapu Daryl Janmaat malah mengenai Sterling hingga masuk ke gawang.

Hakim garis sempat mengangkat bendera offside, tapi wasit mengesahkan gol pertama City itu.

Empat menit berselang, Sterling menggandakan keunggulan City. Kali ini, dia menyelesaikan bola sodoran Riyad Mahrez.

Sterling membukukan hat-trick dalam kurun waktu 13 menit! Mendapatkan umpan terobosan Bernardo Silva, Sterling melewati beberapa pemain belakang Watford untuk menyarangkan bola ketiga kalinya.

Watford mencetak gol balasan pada menit ke-66. Pemain pengganti, Gerard Deulofeu, pencetaknya. Troy Deeney memberi umpan sundulan, yang diselesaikan dengan satu kali sentuhan oleh eks pemain Barca itu.

Aguero menyia-nyiakan peluang pada menit ke-78. Tendangannya dari sisi kanan kotak penalti Watford tepat ke arah pelukan Ben Foster.

Foster melakukan penyelamatan lagi pada menit ke-79. Dia mengantisipasi bola chip dari Bernardo Silva.

Di sisa pertandingan tak ada gol tercipta meski City beberapa kali mengancam. Mereka pun menang dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Man City: Ederson, Walker, Kompany, Otamendi, Zinchenko, Gundogan, Silva, Mahrez (Foden 90), Sterling (Sane 65), Bernardo, Aguero (Jesus 80)

Watford: Foster, Janmaat, Britos (Cathcart 82), Kabasele, Masina, Kiko Femenia(Deulofeu 66), Cleverley, Capoue, Doucoure, Success (Deeney 66), Gray

(cas/nds)

Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Baru Terjual 31 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Tiket Kereta Api (KA) untuk periode mudik Lebaran masih tersisa cukup banyak. Saat ini setidaknya masih ada 69 persen kursi yang belum dipesan.

VP Public Relations PT KAI, Agus Komarudin menyebutkan, data tersebut diperoleh sejak dibukanya penjualan tiket lebaran H-10 pada 25 Februari lalu hingga penjualan H+2 pada 8 Maret 2019.

“Penjualan tiket Lebaran baru mencapai 31 persen dari total ketersediaan seat,” kata Agus kepada Merdeka.com, Jumat (8/3/2019).

Agus mengungkapkan, penjualan tiket baru mencapai 31 persen sebab penumpang masih menunggu dibukanya penjualan tiket KA tambahan.

“Hal itu terjadi karena penumpang masih menunggu KA. tambahan lebaran dibuka penjualannya pada H-60 awal April mendatang untuk perjalanan Lebaran pada tangal tanggal favorit,” ujar dia.

Sementara itu, 31 persen tiket kereta api yang sudah habis terjual hingga saat ini sebagian besar untuk tujuan kota favorit.

“31 persen tiket yang sudah terjual itu untuk KA reguler tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat untuk perjalanan pada tanggal tanggal favorit,” kata dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Anggota DPRD yang Kena OTT Pungli Gempa NTB Divonis 2 Tahun Bui

Mataram – H Muhir yang kena OTT pungli dana rehabilitasi sekolah pasca gempa NTB, divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Muhir yang ditangkap saat menjabat anggota DPRD Mataram fraksi Golkar itu terbukti menerima suap atau pungli Rp 31 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata ketua majelis hakim, Isnurul Syamsul Arif, saat sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram, yang dilansir Antara, Jumat (1/3/2019).

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir terbukti bersalah melanggar Pasal 11 UU No 20/2001 tentang Tipikor. Hakim menjelaskan, uang yang diterima terdakwa Muhir dari Sudenom sebesar Rp 31 juta. Rinciannya, uang tersebut diterima terdakwa Muhir ketika bertemu dengan Sudenom di rumah makan sebesar Rp 1 juta dan di Rumah Makan di daerah Cakranegara Rp 30 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata Isnurul Syamsul Arif.

Terkait dengan perbuatan yang memberatkan, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir melakukan tindak pidana pada saat masyarakat NTB sedang berduka akibat bencana gempa bumi. Kemudian, yang meringankannya, karena terdakwa Muhir selama ini diketahui belum pernah tersangkut masalah hukum serta menjalani hukuman pidana.

Sebelumnya, tim JPU dari Kejari Mataram menuntut terdakwa Muhir dijatuhi pidana penjara selama delapan tahun dengan denda Rp250 juta subsidair enam bulan kurungan.

Muhir terjaring OTT saat melakukan transaksi pemerasan uang sebesar Rp 30 juta terhadap H Sudenom selaku Kadis dan Catur Totok, staf PNS di Disdik Kota Mataram, yang waktu itu diposisikan sebagai calon kontraktor proyek.

OTT yang dilakukan tim dari Kejari Mataram itu dilakukan pada Jumat (14/9) siang di sebuah warung makan di Jalan Rajawali I Cakranegara, Kota Mataram.
(rvk/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi vs Prabowo di 5 Survei Terakhir

Jakarta – Hari pencoblosan pemilu presiden 2019 tinggal menghitung hari, alias kurang dari 50 hari lagi. Mengacu pada survei, diketahui sejumlah orang telah menentukan pilihannya, sedangkan sejumlah orang lain masih berstatus ‘swing voters’.

Dalam lima survei terakhir, calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, unggul dari rivalnya yakni capres Prabowo Subianto. Survei-survei tersebut digelar pada periode Januari-Februari 2019.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, Kamis (28/2/2019), lima survei terakhir yang mengukur elektabilitas Jokowi dan Prabowo antara lain Survei Cyrus Network, Indomatrik, Celebes Research Center (CRC), Median, dan Charta Politika.
Di hasil survei Cyrus Network, CRC, dan Charta Politika, Jokowi meraih elektabilitas di atas 50 persen. Sedangkan di survei Indomatrik dan Median, elektabilitas Prabowo dan Jokowi terpaut lebih tipis dibanding tiga survei lain.
Berikut hasil lima survei tersebut selengkapnya:

1. Survei Cyrus Network

Waktu: 18-23 Januari 2019
Jumlah responden: 1.230
Hasil:
– Joko Widodo-Maruf Amin: 57,5 persen.
– Prabowo Subianto-Sandiaga: 37,2 persen
– Belum memutuskan dan tidak menjawab: 5,3 persen.

2. Survei Indomatrik

Waktu: 21-26 Januari 2019
Jumlah responden: 1.800
Hasil:
– Joko Widodo-Ma’ruf Amin 47,97%
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 44,04%
– Swing voters 7,99%

3. Survei Celebes Research Center (CRC)

Waktu: 23-31 Januari 2019
Jumlah responden: 1.200
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin 56,1%
– Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 31,7%
– Tidak tahu atau tidak menjawab 12,2%

4. Lembaga Survei Median

Waktu: 6-15 Januari 2019
Jumlah responden: 1.500
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin: 47,9%
– Prabowo-Sandiaga: 38,7%
– Undecided voters: 13,4%

5. Survei Charta Politika

Waktu: 22 Desember 2018-8 Januari 2019
Jumlah responden: 2.000
Hasil:
– Jokowi-Ma’ruf Amin: 53,2%
– Prabowo-Sandiaga: 34,1%
– Belum memutuskan/tidak menjawab: 12,7%
(rna/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>