Dea Valencia Hadirkan 30 Koleksi Ready to Wear Batik Kultur

Liputan6.com, Jakarta – Sudah hampir 8 tahun lamanya Dea Valencia berkiprah di dunia Batik. Mengawali perjalanannya dengan berdagang Batik Lawasan, pada November 2018 Dea menandai langkah baru dengan dibukanya gerai kedua Batik Kultur di Jakarta. Dea Valencia menggelar ceremony Grand Opening di Kaca Coffee and Eatery, Jakarta Pusat, Sabtu, 23 Maret 2019.

Grand Opening Batik Kultur menampilkan 30 koleksi ready-to-wear yang terdiri dari 6 mini collection womenswear dan menswear, seperti gaun midi, blazer, long coat dan pairing seat dengan tampil dalam palet plastik sekaligus vibrant.

“Sebuah baju terbuat dari potongan-potongan kain yang disatukan oleh benang, meskipun kita jarang memperhatikannya. Ternyata berkat merekalah sebetulnya potongan-potongan kain menjadi sebuah baju yang indah,” kata Dea Valencia saat Grand Opening Batik Kultur.

“Dea mempersembahkan acara ini sebagai bentuk apresiasi dari untuk orang-orang yang berada dibalik Batik Kultur yang terkadang mereka diremehkan, namun mereka telah menghasilakn karya yang indah,” tambahnya.

Rangkaian busana wanita dan pria dengan mood yang rileks dan luwes, dihadirkan secara apik dalam beragam warna, yaitu sogan, monochromatic, pastel hingga warna hitam kombinasi warna-warna cerah yang dapat memberikan mood modern pada kain batik.

Keseluruhan bahan kain tradisional yang digunakan dalam fashion show ini adalah khusus didesain oleh Dea Valencia dan diproduksi dari kain putih hingga menjadi kain Batik Tulis yang indah. Untuk proses pengerjaan Batik Kultur dibagi jadi beberapa daerah yang sesuai dengan teknik spesialisnya, seperti di Solo untuk warna Sogan, Pekalongan untuk warna cerah dan Jepara untuk motif  Tenun.

“Batik Tulis membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya, untuk koleksi saat ini kita mengerjakan dari bulan November 2018,”ujar Dea Valencia.

Dea menambahkan, Batik Tulis ini merupakan esensi terpenting dalam label Batik Kultur sejak awal berdiri dan berkomitmen untuk hanya menggunakan bahkan Batik Full Tulis dan memperdayakan pengrajin batik.

Dalam pemilihan untuk mendominasikan Batik Tulis dengan kombinasi lainnya, Dea memilih dengan kombinasi yang ringan seperti katun bordir, lurik, dan brokat untuk menyelaraskan tema yang diangkat dalam acara ini. Dengan ini, Batik Kultur membuktikan bahwa keindahan motif Batik dan Tenun Jawa Tengah memiliki pesona tersendiri yang tak terkalahkan. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Vidio Targetkan 30 Juta Pengguna Aktif pada 2019

Ilustrasi Mikrotik (Sumber: Istockphoto)
Logo Go-Jek di Kantor Go-Jek di Kawasan Kemang. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Abdus Somad Arief, Director of Wholesale and International Services Telkom Indonesia. Dok: Telkom
ojek online
Samsung Galaxy Watch Active. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika
Cara Resize Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas. sumber: Pexels
Aktor utama film Her, Joaquin Phoenix berpotensi menjadi tokoh utama Doctor Strange garapan Marvel Studios.
Sejumlah warga mengangkat tangan selama upacara menyambut fenomena equinox di depan Piramida Matahari, Teotihuacan, Meksiko, Senin (20/3). Fenomena equinox merupakan peristiwa ketika matahari tepat berada di atas khatulistiwa. (AP/Rebecca Blackwell)
ilustrasi telur/copyright Pexels/Kaboompics

Ini Daftar 30 Maskapai Terbersih di Dunia, Ada Garuda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menurut sebuah survei baru, All Nippon Airways (ANA) dinobatkan sebagai maskapai terbersih di dunia. Perusahaan penerbangan di Jepang ini berada di posisi teratas di “Skytrax World Airline Awards 2018”, yang didasarkan pada peringkat penumpang.

Wisatawan yang gemar bepergian lintas negara atau menggunakan pesawat diminta untuk menilai maskapai berdasarkan kebersihan area tempat duduk, meja, karpet, panel kabin, dan toilet. Demikian seperti diwartakan oleh The Independent, Rabu (20/3/2019).

Hasil riset yang dilakukan oleh Skytrax, maskapai-maskapai Asia mendominasi lima besar di platform mereka. Setelah ANA, EVA Air dari Taiwan menduduki urutan kedua, lalu Asiana Airlines dari Korea Selatan, Singapore Airlines, dan Japan Airlines.

Sementara itu, survey Skytrax menunjukkan tidak ada satu pun maskapai penerbangan asal Inggris yang masuk dalam daftar 30 besar penghargaan tersebut pada tahun ini. Demikian pula Amerika Serikat.

Swiss Airline adalah maskapai penerbangan Eropa berperingkat tertinggi dari segi kebersihan. Ini berada di posisi kedelapan. Sedangkan Lufthansa dan Austrian Airlines masing-masing menempati posisi 10 dan 13.

Maskapai Tanah Air, Garuda Indonesia, berada di peringkat ke-16.

Penghargaan ini juga membagi maskapai berdasarkan lokasi geografis, dengan mendaftarkan maskapai terbersih di Afrika, Australia/Pasifik, China, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

South African Airways meraih posisi teratas di Afrika, Air New Zealand menjadi nomor satu di Australia/Pasifik, Hainan Airlines dinilai paling bersih di China, Air Canada menang di Amerika Utara, Azul Airlines di Amerika Selatan, dan Qatar Airways di Timur Tengah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Profesi pilot kini tak hanya diduduki oleh kaum pria. Maskapai Cathay Pasific punya salah satu pilot wanita yang bikin gagal fokus.

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri Nursultan Nazarbayev (Kazakh Presidential Press Service/Handout via REUTERS)

Astana – Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, mengundurkan diri setelah berkuasa selama tiga dekade terakhir. Pengunduran diri Nazarbayev ini tidak diharapkan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/3/2019), Nazarbayev yang banyak dipanggil sebagai ‘Papa’ oleh banyak warga Kazakhstan ini memimpin negara kaya minyak dan gas itu sejak tahun 1989 silam, saat Kazakhstan masih menjadi bagian Uni Soviet. Nazarbayev yang kini berusia 78 tahun sebelumnya pernah menjadi buruh pabrik baja.

Oleh parlemen Kazakhstan, Nazarbayev yang telah berkuasa selama 30 tahun itu diberi gelar ‘Pemimpin Bangsa’. Dia menjadi pemimpin era Soviet terakhir yang masih menjabat dan mengawasi reformasi pasar besar-besaran sembari menjaga kepopuleran di negara berpenduduk 18 juta jiwa ini.


Pengunduran diri Nazarbayev ini menjadi langkah pertama dalam transisi politik yang dirancang untuk negara tersebut. Dalam pernyataannya, Nazarbayev menyatakan dirinya ingin memberi kesempatan kepada pemimpin-pemimpin muda di negaranya.

“Saya telah mengambil keputusan, yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden,” ucap Nazarbayev dalam pernyataannya yang disiarkan televisi nasional Kazakhstan pada Selasa (19/3) waktu setempat.

“Sebagai pendiri negara merdeka Kazakhstan, saya melihat tugas saya sekarang dalam memfasilitasi bangkitnya para pemimpin generasi baru yang akan melanjutkan reformasi yang tengah berlangsung di negara ini,” ujar Nazarbayev.

Usai memberikan pernyataan, Nazarbayev lantas menandatangani dekrit yang isinya mengakhiri masa jabatannya terhitung sejak 20 Maret waktu setempat.

Di sisi lain, Nazarbayev yang merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, ini mempertahankan jabatannya sebagai pemimpin Dewan Keamanan yang penting dan berpengaruh serta jabatannya sebagai Ketua Partai Nur Otan yang didirikannya sejak tahun 2006 lalu.

Untuk sisa masa jabatan yang baru berakhir April 2020, Nazarbayev menyerahkannya pada sekutu loyalnya, Kassym-Jomart Tokayev. Ditegaskan Nazarbayev bahwa Tokayev yang kini menjadi Ketua Kamar Atas Parlemen Kazakhstan, akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Presiden Kazakhstan hingga April 2020 sesuai konstitusi.

Nazarbayev sendiri belum menunjuk pengganti jangka panjang. Kazakhstan dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan presiden maupun parlemen, tahun depan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hampir 30 Tahun Berkuasa, Pemimpin Kazakhstan Akhirnya Lengser

Liputan6.com, Astana – Kepala negara era Soviet terakhir yang tersisa telah mundur. Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa 19 Maret 2019, setelah hampir tiga dekade menjabat.

Mantan pejabat Partai Komunis itu adalah yang terakhir dari para pemimpin yang menjalankan 15 republik Soviet ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, seperti dikutip dari CNN, Selasa (19/3/2019), Nazarbayev menyinggung transisi Kazakhstan menuju kemerdekaan setelah pecahnya Uni Soviet, dengan penandatanganan Kesepakatan Belovezh dan kudeta yang gagal terhadap pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

“Saya telah memutuskan untuk mengakhiri kekuasaan sebagai presiden,” kata Nazarbayev, menurut transkrip pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Rusia, TASS.

“Tahun ini menandai tahun ke-30 saya di kantor sebagai pemimpin tertinggi negara. Saya mendapat kehormatan besar dari orang-orang hebat untuk menjadi presiden pertama Kazakhstan yang merdeka.”

Nazarbayev tidak dikenal secara internasional sebagai orang yang menjalankan negara seperti di utara Kazakhstan, Presiden Rusia Vladimir Putin. Tapi dia telah mendominasi kehidupan politik di negaranya dengan cara yang bahkan pemimpin Kremlin tak bisa tandingi.

Di Bawah ‘Bayang-Bayang’ Nazarbayev

Kekuasaan Nazarbayev sebagai presiden kabarnya akan digantikan ke Kassym-Jomart Tokayev, ketua Senat Kazakhstan, sampai berakhirnya masa pemilihan saat ini. Tapi jangan berharap Nazarbayev tidak ikut campur.

Pemerintahan akan masih berada dalam bayang-bayang pria 78 tahun itu, sebab ia akan tetap menjadi ketua Dewan Keamanan negara. Mempertahankan gelar Elbasy (Pemimpin Bangsa).

Cita-cita pemimpin Kazakhstan soal kemegahan sering terdengar seperti parodi. Sebagai contoh, relokasi ibu kotanya ke Astana, sebuah kota futuristik di padang rumput beku di utara Kazakhstan.

Komedian Sacha Baron Cohen bahkan sukses melakoni peran soal ‘impian’ Kazakhstan.

Kendati demikian Kazakhstan juga terletak di wilayah yang berubah dengan cepat, dan secara tak terduga.

Uzbekistan, negara terpadat di bekas Soviet, telah mengalami pencairan politik setelah kematian Islam Karimov. Pembicaraan damai telah meningkatkan harapan untuk mengakhiri konflik di Afghanistan, yang berbatasan dengan beberapa negara di wilayah tersebut.

Dan kemudian ada lokasi strategis Kazakhstan sebagai koridor perdagangan baru yang potensial antara pasar China dan Eropa. Nazarbayev bahkan menyambut investasi Tiongkok dalam infrastruktur baru sebagai bagian dari inisiatif One Belt, One Road Beijing.

Inisiatif itu, yang kadang-kadang digambarkan sebagai penciptaan Jalur Sutra Abad 21, juga berpotensi memacu kompetisi kekuatan besar di kawasan itu.

Saksikan juga video berikut ini:

Sebuah roket Soyuz yang mengangkut astronot Amerika Serikat dan kosmonot Rusia dilaporkan harus mendarat darurat setelah mengalami kegagalan mesin di Kazakhstan.

Duit yang Disita KPK dari Ruang Menag Rp 180 Juta dan USD 30 Ribu

Jakarta – KPK sudah menghitung jumlah duit yang disita dari ruang Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Totalnya Rp 180 juta dan puluhan ribu dolar AS.

“Kemarin sudah dilakukan penyitaan uang yang ditemukan di laci meja ruang kerja menteri agama. Uang tersebut akan diklarifikasi juga tentunya. Jumlahnya Rp 180 juta dan USD 30 ribu,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

KPK akan menelusuri ada-tidaknya kaitan duit ratusan juta di ruang Menag Lukman Hakim dengan perkara dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag. Penggeledahan di ruang kerja Menag dilakukan setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) eks Ketum Romahurmuziy.

“Jadi uang tersebut sudah disita dan dipelajari lebih lanjut,” kata Febri.

Penggeledahan di ruang Menag dan ruang lainnya, dilakukan tim penyidik KPK, Senin (18/3). Duit ratusan juta ditemukan dari ruang Menag termasuk dokumen-dokumen, salah satunya berkaitan dengan salah satu tersangka pemberi suap ke Romahurmuziy.

KPK sebelumnya menyatakan Romahurmuziy diduga mengatur proses pengisian jabatan untuk Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

KPK menyebut Haris Hasanuddin menyetor uang Rp 250 juta ke Romahurmuziy. Sedangkan Muafaq memberikan uang Rp 50 juta pada Jumat (15/3) sebelum akhirnya dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jawab Kritik soal Kartu Sakti Jokowi: Cara Pikir Fadli Tertinggal 30 Tahun

Jakarta – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon, menyebut konsep tiga kartu sakti Jokowi-Ma’ruf Amin kuno dan merupakan cara berpikir zaman kuda. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf balik menyindir cara pikir Fadli tertinggal.

“Terlihat sekali cara berpikir Fadli Zon dan BPN tertinggal 30 tahun dalam menyikapi soal kartu-kartu yang ditawarkan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin,” kata juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (19/3/2019).

“Kalau sekarang di dompet mereka ada kartu ATM, kartu kredit, atau e-money apakah itu kartu-kartu yang mereka gunakan itu adalah produk zaman kuda?” imbuh dia.


Menurut Ace, Fadli tidak menangkap maksud kartu-kartu sakti yang akan dikeluarkan Jokowi-Ma’ruf. Dia mengatakan kartu-kartu tersebut visioner menjawab persoalan masyarakat.

“Gagasan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin lebih visioner. Pertama, mendorong inklusi keuangan dengan model cashless (nontunai), di mana pola penyaluran bantuan baik sembako murah, dana kuliah maupun pra kerja disalurkan dengan cara non tunai,” jelas Ace.

“Dengan penerapan model non tunai, maka penyaluran bantuan menjadi tepat sasaran dan bisa mengurangi kebocoran,” lanjut dia.

Ia pun menyebut Fadli bak kura-kura dalam perahu. Ace menyinggung gagasan Sandiaga Uno yang berencana memaksimalkan fungsi e-KTP. Menurut Ace, e-KTP belum siap untuk difungsikan sekaligus untuk program bantuan pemerintah.

“Fadli Zon dan BPN seperti kura-kura dalam perahu. e-KTP belum siap digunakan sebagai kartu segala hal. Untuk itu dipakai kartu per sektor agar masyarakat lebih mudah mengakses bantuan sosial dari negara. Kalau masyarakat sudah siap, ke depan mungkin tidak perlu lagi pakai kartu, tapi bisa akses bantuan sosial pakai handphone,” ungkap Ace.

Sebelumnya, Fadli Zon, mengkritik tiga kartu sakti Jokowi-Ma’ruf Amin, yaitu Kartu Kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra-Kerja. Fadli menyebut konsep kartu-kartu tersebut kuno.

“Saya kira sudah saatnya kita jangan berpikir pakai kartu-kartu lagi. KIS, KIP… nanti Kartu Indonesia Bodoh, Kartu Indonesia Sabar, saya kira itu cara kuno,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/3).

Fadli mengunggulkan gagasan Sandiaga Uno soal memaksimalkan fungsi e-KTP. Berbeda dengan Sandiaga yang berpikir modern, Fadli menilai cara berpikir timses Jokowi-Ma’ruf yang mengeluarkan banyak kartu tak efisien.

“Menurut saya, ini satu hal yang kontradiktif. Di satu sisi mengajak maju dengan bicara Revolusi 4.0, di sisi lain cara berpikirnya masih di zaman kuda. Orang belum ada mobil gitu,” ucapnya.
(tsa/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Europa: Hantam Rennes 3-0, Arsenal ke Perempatfinal

LondonArsenal melaju ke babak perempatfinal Liga Europa 2018/2019. The Gunners menang 3-0 atas Rennes untuk memastikan tempat di babak delapan besar.

Pierre-Emerick Aubameyang dan Ainsley Maitland-Niles yang menjadi penentu kemenangan Arsenal itu. Nama pertama menyumbangkan sepasang gol dalam kemenangan Arsenal kali ini.

Dengan kemenangan ini, tim asuhan Unai Emery itu melaju di Liga Europa dengan agregrat 4-3.

Jalannya Pertandingan

Dalam pertandingan di Emirates Stadium, Jumat (15/3/2019) dinihari WIB, Arsenal tertingal 1-3 saat dari Rennes. Oleh karena itu, mereka membutukan kemenangan 2-0 untuk bisa melaju ke babak perempatfinal.

Aubameyang langsung menjawab itu. Dia mencetak gol cepat pada menit kelima. Umpan Ramsey di muka gawang, berhasil diselesaikan dengan sempurna.

Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-15. Maitland-Niles yang mencatatkan namanya di papan skor. Umpan silang Aubameyang disundul oleh pemain nomor punggung 15 itu.

Gol kedua Arsenal ini diprotes pemain Rennes, karena bola dinilai sudah keluar lapagangan sebelum dikirim ke tengah kotak penalti.

Arsenal unggul sedikit penguasaan bola dalam saat melawan Rennes. Ada 5 tembakan yang dilepaskan, satu melenceng, satu diblok, dan tiga mampu mencapai sasaran.

Sementara itu, Rennes cuma tiga kali mengancam yang satu di antaranya tepat sasaran. Tembakan mencapai bidang itu dilepaskan oleh Hatem Ben Arfa pada menit ke-42. Cech masih sigap untuk melakukan antisipasi.

Empat menit selepas restart, Arsenal mendapat dua peluang. Tendangan bebas dari Granit Xhaka disundul Shkodran Mustafi, arahnya masih meleset. Sementara itu, usaha Alexandre Lacazette beberapa saat kemudian juga belum membuahkan hasil.

Rennes membalas via Ismaila Sarr. Tapi, usaha meneruskan umpan M’Baye Niang pada menit ke-61 itu masih bisa diblok oleh pemain belakang Arsenal.

Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-72. Aubameyang mencetak gol kedua dari jarak dekat meneruskan umpan silang mendatar yang dikirim oleh Sead Kolasinac.

Aubameyang gagal memanfaatkan dua peluang emas! Dia melewatkan kans mencetak hat-trick pada menit ke-83 dan ke-84.

Hingga pertandingan selesai tak ada gol tambahan, Arsenal menang 3-0 atas wakil Prancis itu.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech, Mustafi, Koscielny, Monreal, Kolasinac, Xhaka, Ramsey (Lucas Torreira 88), Ozil (Mkhitaryan 70), Maitland-Niles, Aubameyang, Lacazette (Iwobi 70)

Rennes: Koubek, Traore, Da Silva, Mexer, Bensebaini, Bourigeaud, Andre (Lea Siliki 78), Grenier (Hunou), Sarr, Ben Arfa, Niang

Tonton juga video Babak 16 Besar Liga Europa, Arsenal Dibekuk Rennes 3-1:

[Gambas:Video 20detik]

(cas/mrp)

City Unggul 3-0 atas Schalke di Babak I

Manchester – Babak I laga leg II 16 besar Liga Champions antara Manchester City dengan Schalke 04 sudah selesai. Untuk sementara, The Citizens unggul 3-0.

Jalannya pertandingan di Etihad Stadium, Rabu (13/3/2019) dinihari WIB, dalam tempo lambat pada 15 menit pertama. Cuma ada satu percobaan yang dilakukan oleh City.

Sergio Aguero yang melepaskan tembakan dari jarak dekat, bolanya mengenai mistar. Raheem Sterling melakukan tusukan dari sayap kanan, lalu mengirim umpan tarik. Usaha Aguero dengan kaki kanan membentur tiang.

Sampai 20 menit berjalan, City mendominasi penguasaan bola. Ball possession tim asuhan mencapai 66 persen.

Sundulan Aguero pada menit ke-30 sudah tepat sasaran. Belum maksimal, arahnya masih lemah ke gawang Schalke.

Bernardo Silva dijatuhkan di dalam kotak penalto pada menit ke-32. Pemain Schalke, Bruma, yang melakukan pelanggaran itu. Aguero menjadi eksekutor, sukses menceploskan bola ke gawang tim tamu.

Aguero gagal memanfaatkan peluang pada menit ke-37. Tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap Ralf Faehrmann.

Aguero menggandakan keunggulan City semenit kemudian. Umpan tumit Raheem Sterling diselesaikan dengan tendangan yang mengarah ke sela kaki Faehrmann.

City kian tak terkejar pada menit ke-43. Umpan terobosan Oleksandr Zinchenko diselesaikan dengan sempurna oleh Leroy Sane. Kali ini, pemain nomor 19 itu melakukan perayaan usai membobol gawang tim mantan klub.

Hingga jeda tak ada gol tambahan, City sepertinya sudah mengunci ke babak perempatfinal dengan agregrat 6-2.

Susunan Pemain:

Man City: Ederson, Walker, Danilo, Laporte, Zinchenko, Gundogan, Silva, Sterling, Sane, Bernardo, Aguero

Schalke: Fahrmann, Stambouli, Sane, Bruma, Serdar, McKennie, Bentaleb, Oczipka, Konoplyanka, Embolo, Burgstalle

(cas/mrp)