3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadan Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Peristiwa besar selanjutnya ini terjadi pada 20 Ramadan tahun 8 hijriah, yaitu peristiwa Fathu Makkah atau Penaklukan Kota Mekkah. Nabi Muhammad SAW berhasil menaklukkan Kota Mekkah dalam suatu perang yang dipicu oleh ingkarnya orang Quraisy terhadap satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah.

Orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Nabi Muhammad SAW. Dengan 10.000 pasukan Muslim, rasul menugaskan Khalid bin Walid menjadi panglima perang dan memerintahkan untuk tiak menyerang sebelum diserang. Dalam keadaan berpuasa, nabi dan umat muslim lainnya berperang dan kemudian berbuka di tengah jalan karena keberatan.

Pada akhirnya pasukan muslim berhasil menaklukkan tentara Quraisy hingga mereka menyerah. Semua berhala dihancurkan, dan Nabi Muhammad SAW memaafkan dan membebaskan orang-orang Quraisy yang telah menyerah tersebut.

Begitulah 3 peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan yang perlu umat muslim ketahui. Mengingat peristiwa-peristiwa tersebut adalah peristiwa yang menjadi tonggak kejayaan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *