KPK: Kakanwil Kemenag Jatim Pernah Setor Rp 250 Juta ke Romahurmuziy

JakartaKPK menetapkan Ketum PPP Romahurmuziy (RMY), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ), dan Kepala Kantor Wilayah Kemenang Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS) sebagai tersangka dalam kasus seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag). Haris disebutkan pernah menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy.

“Pada 6 Februari 2019, HRS diduga mendatangi rumah RMY untuk menyerahkan uang Rp 250 juta terkait seleksi jabatan untuk HRS sesuai komitmen sebelumnya. Pada saat inilah diduga pemberian pertama terjadi,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Laode mengatakan kasus ini bermula ketika Kementerian Agama Jatim membuka lelang pada jabatan pada tahun 2018. MFQ disebutkan mendaftar posisi untuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik dan HRS mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Wilayah Agama provinsi Jawa Timur.

Dalam kasus tersebut, MFQ dan HRS diduga menemui Rommy dan pihak lain untuk mengurus proses lulus seleksi jabatan. Namun pada Februari 2019, HRS justru tak tercantum untuk diusulkan ke Menag.

“Pada sekitar pertengahan Februari 2019 pihak Kemenag menerima informasi bahwa nama HRS tidak termasuk 3 nama yang akan diusulkan ke Menteri Agama RI. Diduga terjadi kerjasama pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan HRS dalam proses seleksi jabatan tinggi Kementerian Agama RI tersebut,” tutur Laode.

Maret 2019, Haris kemudian dilantik oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Setelah itu, Laode juga menyebut ada transaksi Rp 50 juta ke Rommy.

“Selanjutnya, pada 12 maret 2019, MFQ berkomunikasi HRS untuk dipertemukan dengan RMY. Tanggal 15 Maret 2019, MFQ, HRS, dan AHB bertemu dengan RMY untuk penyerahan uang Rp50 juta terkait kepentingan seleksi jabatan MFQ,” katanya.
(idn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Eks Sniper Inggris: Saya Bunuh 250 Militan ISIS, tapi…

Liputan6.com, London – Azad Cudi yang berdarah Kurdi mengaku masih berusia 19 tahun ketika meninggalkan tanah kelahirannya di Iran beberapa dekade lalu. Ia bermigrasi ke Inggris, menjadi warga negara Britania, dan kemudian pergi lagi. Saat pergi untuk kedua kalinya, kala itu tujuan Azad ke Suriah; misinya: melawan ISIS.

Kini, ia telah pensiun dari dunia ke-‘paramiliteran’, untuk kemudian menceritakan pengalamannya, menuangkannya ke dalam sebuah buku yang terbit tahun ini.

Pengalaman Azad, Klaim Telah Membunuh 250 Militan ISIS

Saat itu sekitar tahun 2013, ketika Azad Cudi bergabung bersama paramiliter Kurdi untuk melawan ISIS di sebuah kota di Suriah. Ia Membidik melalui teropong senapan snipernya, Azad Cudi melihat seorang militan ISIS yang bersiap menembakkan granat berpeluncur roket langsung ke arahnya.

Militan ISIS itu merunduk di balik dinding, tetapi ujung roket yang dia bawa menonjol, memberi Azad kesempatan menembaknya untuk membuatnya meledak.

Kemudian, dalam suatu tindakan gila bunuh diri, seorang militan ISIS lain muncul dari balik tembok dan mulai berjalan menuju Azad dengan roket di bahunya.

“Terkejut dengan keberaniannya, saya berjuang untuk mengikutinya dalam pandangan saya,” kenang Azad, kini 35 tahun, pria berdarah Kurdi dan warga negara Inggris yang kini tinggal di utara Britania Raya, demikian seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Rabu (6/3/2019).

“Aku bisa melihat dia menatap lurus ke arahku. Saya melepas tembakan. Bahunya jatuh. Saya yakin saya mendapatkannya. Aku lantas menyiapkan sasaran untuk tembakan kedua.

“Tapi ketika aku melihat melalui teropong, aku melihat kilatan roket yang terbang ke arahku.”

Azad terperangkap dalam gelombang ledakan, dan kemudian terlempar.

Ketika dia tiba di dalam pusaran debu dan puing-puing, salah satu rekannya tidak bergerak dan yang lain kehilangan dua jari.

Kemudian dia memperhatikan darah mengalir dari pahanya.

Khawatir roket lain, Azad menyeret dirinya melintasi ruangan ke jendela, meraih senapannya dan memindai cakrawala. Tiba-tiba, sebuah bom mobil yang dipasang ISIS meledak, melemparkannya ke seberang ruangan lagi.

Untungnya ada bantuan untuk membawanya ke rumah sakit darurat, di mana seorang ahli bedah membuka lukanya untuk mencari pecahan peluru. Namun Azad tidak menyadari, pecahan peluru itu telah melewati kakinya.

Menuang Pengalaman Menjadi Buku

Buku Azad, Long Shot, yang diterbitkan pekan depan, memberi gambaran tentang bagaimana rasanya berperang melawan pejuang ISIS dalam pertempuran jarak dekat.

Azad mengklaim dia membunuh 250 militan ISIS semasa sepak terjangnya sebagai penembak jitu paramiliter Kurdi, tetapi mengatakan beberapa kawannya membunuh dua kali lebih banyak, menunjukkan seberapa efektif mereka dalam membunuh ISIS satu per satu.

Ironisnya, dia datang ke Inggris pada usia 19 tahun, melarikan diri dari wajib militer tentara Iran yang para pemimpinnya menginginkan dia untuk memerangi Kurdi-Iran –saudara sebangsanya sendiri. Ia kemudian menetap dan menjadi warga negara Inggris.

Ketika perang saudara pecah di Suriah pada 2011, dan ISIS menguasai sejumlah kota di negara itu, Azad terdorong untuk ‘ambil andil’ melakukan perlawanan.

Azad bergabung dengan pasukan paramiliter Kurdi YPG (People’s Protection Units), menjadi salah satu dari 17 penembak jitu yang berusaha mengusir ISIS dari Kobani, sebuah kota kecil di Suriah utara dekat Aleppo yang dilanda perang.

Para militan ISIS yang keji membantai ratusan orang di dalam kota dan memaksa ribuan orang melarikan diri.

Hanya dalam beberapa bulan, daerah itu menjadi tanah kosong dengan banyak liang bekas bom. Ke dalam lingkungan yang mengerikan inilah Azad tiba pada 2013, mengikuti beberapa pelatihan penembak jitu yang singkat menggunakan senapan berteropong tua.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 3 halaman

Situasi yang Berat

Mengingat hari-hari mengerikan di Kobani, Suriah saat menjadi paramiliter Kurdi untuk melawan ISIS, Azad Cudi mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The Express Inggris: “Kobani adalah tempat yang brutal, tidak ada yang normal.”

“Pasar hancur, jalan-jalan hancur, tidak ada tanda-tanda peradaban. Melihat rumah-rumah yang hancur rasanya seperti kamu sedang dihantam di wajah.”

Meskipun YPG dapat menyerukan pasukan sekutu yang dipimpin Amerika Serikat untuk serangan udara, namun di tanah, sebagian besar pertempuran adalah terjadi di jalan-ke-jalan, dari rumah-ke-rumah.

Salah satu tugas Azad adalah mengidentifikasi di mana basis pejuang ISIS dan membawanya keluar satu per satu saat yang lain bersiap-siap menyerbu rumah-rumah yang hancur.

“Banyak kawan kami harus menghadapi serbuan di rumah yang sama,” kata Azad dengan jujur, seolah-olah membahas sepakbola.

“Dahulu ISIS meletakkan papan kayu di seberang jalan untuk masuk ke lantai empat salah satu gedung kami.

“Kami memiliki orang-orang di lantai dua dan tiga sehingga dalam kasus itu pertempuran itu berlangsung intens, secara langsung.

“Meskipun kematian sudah sangat dekat, kamu harus memikirkan bagaimana untuk bertahan hidup, jadi kamu harus melawan balik.

“Kamu juga harus menghadapi situasi sulit yang rumit, dengan potensi kehilangan kawanmu atau menembak kawan secara tidak sengaja.

“Semua orang mengatakan karakter hebat seseorang justru muncul di bawah tekanan dan saya pikir ada beberapa kebenaran di dalamnya.

“Anda mengembangkan mekanisme bertahan hidup untuk mengatasinya. Anda mencoba untuk tidak panik, sehingga Anda tetap tenang.

“Ketika pada suatu saat saya terkena tembakan, saya melihat warna kematian. Saya mengalami emosi yang liar. Ini luar biasa untuk dialami dan Anda menghargai hidup dan memandang hidup dengan tujuan dan makna baru.

“ISIS sempat bertekad ke titik untuk melawan balik, di mana mereka bahkan hanya membawa sendok ke pertempuran. Di pikiran mereka, mereka bisa meraih mati syahid.”

“Beberapa juga membawa kunci, kunci besar, sehingga jika mereka mati mereka bisa berjalan melewati gerbang surga, sesungguhnya mereka semua hanya termakan ilusi.”

3 dari 3 halaman

Dihantui Bayang-Bayang Masa Lalu

Azad Cudi tidak memiliki ilusi romantis tentang pengalamannya bertempur untuk YPG, mengatakan tidak ada kemewahan atau bahkan heroik di balik semua pertumpahan darah itu.

Dia menjelaskan: “Alasan saya melakukan apa yang saya lakukan, adalah demi membela tanah saya, rakyat saya, warga sipil.

“Ada seorang anak laki-laki yang saya tembak. Saya tidak punya pilihan. Saya punya masalah setelah itu. Ada pula ketika aku menembak satu militan saat mata kami saling bertautan.”

“Ketika saya sedang menulis buku itu saya menghidupkan kembali peristiwa-peristiwa itu dan kadang-kadang saya tidak bisa tidur selama tiga atau empat malam.”

“Saya sangat berat untuk mengingat itu lagi, karena merasakan semacam penyesalan. Tetapi saya kini tidak dihantui lagi.”

“Saya sudah siap untuk mati saat itu dan saya siap untuk mati lagi untuk memperjuangkan rakyat saya, ide-ide kami dan komunitas kami. Saya memiliki kedamaian di hati dan pikiran saya.”

Mengatakan tentang alasannya untuk menulis buku, Azad mengatakan, “Menulis buku telah membantu saya mencerna apa yang terjadi, tetapi itu melelahkan.”

Hidup di Inggris telah membantu Azad melepaskan diri dari tekanan perang, tetapi dia menghadapi pertempuran sehari-hari dengan kehidupan normal, bertemu teman-teman untuk membicarakan apa yang terjadi.

“Ini bisa jadi sulit, tetapi periode yang paling sulit telah berlalu,” katanya. “Saya suka memiliki waktu untuk diri saya sendiri, santai saja, tenang dan melanjutkan hidup saya.”

Namun, Azad tahu ada pendukung ISIS yang tinggal di Inggris dan Eropa yang akan menempatkannya di urutan teratas dalam daftar serangan balas dendam mereka.

“Ada sel tidur yang bisa hadir di mana saja tetapi saya terus berhati-hati,” katanya.

“Saya beruntung hidup di masyarakat yang terbuka dan demokratis, dan saya menghargai kehidupan saya di Inggris.”

Sekarang Azad berharap untuk kembali ke Kobani untuk membantu komunitas Kurdi di sana membangun kembali setelah bertahun-tahun kehancuran.

Jurus Pertamina Mudahkan Pelanggan Dapat Bahan Bakar Minyak

Liputan6.com, Jakarta – Kabar gembira datang untuk pelanggan Pertamina di  Jakarta. Setiap pemesanan bahan bakar Pertamax Racing, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex lewat fitur Go-Pertamina, dalam aplikasi Go-Life Indonesia, pelanggan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan akan mendapatkan voucher bensin Rp 25.000 dan gratis ongkos kirim. 

Hal itu berlaku selama periode promo 26 Februari hingga 21 Maret 2019. Sejak 2018, Pertamina telah menghadirkan jasa pengantaran bahan bakar melalui aplikasi di perangkat selular (smartphone) di beberapa lokasi.

Go-Pertamina menjadi pioneer jasa pemesanan online dan pengantaran bahan bakar resmi di Indonesia. 

Unit Manager Comm & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami mengatakan, kolaborasi Pertamina dengan Go-Life merupakan cara Pertamina mengakomodir tren gaya hidup pelanggan masa kini yang on demand.

“Fitur Go-Pertamina memberikan kemudahan akses bagi pelanggan. Proses transaksinya juga aman dan transparan,” ujar Dewi.


2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dewi juga menuturkan, cara mengikuti promo cukup mudah. Pelanggan yang sudah memesan dapat langsung mem-posting satu instagram story yang menceritakan pengalaman pribadi menggunakan fitur Go-Pertamina.

Posting turut menyertakan tag akun Instagram @golifeindonesia dan @pertamaxid.  Saat Pengantar BBM (Runner) Go-Pertamina tiba, pelanggan dapat langsung menunjukan hasil posting Instagram Story miliknya untuk mendapatkan voucher bensin Pertamina senilai Rp 25.000 secara gratis.

Jam pemesanan program ini dapat dilakukan mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. “Runner Go-Pertamina yang professional dan terpercaya siap mengantarkan bahan bakar Pertamina langsung ke tempat pelanggan. Para Runner juga sudah terlatih sesuai standar kualitas HSSE (kesehatan, keselamatan, dan keamanan lingkungan) ala Pertamina,” ujar Dewi.  


Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Motor Bergaya Scrambler di Indonesia, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta Motor bergaya klasik dan kustom semakin digemari oleh para bikers. Pabrikan roda dua pun berlomba-lomba untuk menawarkan motor klasik, dan salah satu aliran yang diminati saat ini adalah gaya scrambler.

Aliran motor klasik yang memadukan konsep offroad dan onroad. Konon, penamaan motor ini berasal dari ucapan komentator di Inggris pada 1920-an. Saat itu, balapan liar dengan format baru muncul. Para pembalap diminta melaju ke garis akhir tanpa jalur yang tetap dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tak jarang mereka harus berebut melewati jalur offroad. Saking rusuhnya berebut posisi, saat lomba sang komentator kerap berujar “quite a scramble” yang artinya “sangat rusuh”. Seiring waktu, kata-kata itu melekat dan motor-motor dengan aliran desain seperti itu dikenal sebagai scrambler.

Adapun pabrikan yang menawarkan kendaraan roda dua berkonsep scrambler adalah Triumph, Ducati, BMW Motorrad dan Benelli. Beberapa bahkan sudah memasarkan produknya di Indonesia. Berikut ragam pilihannya.

1. Triumph Scrambler 1200

Pabrikan asal Inggris ini memiliki lini yang disebut Scrambler 1200 yang punya dua pilihan, XC dan XE. Namun, di Indonesia baru ditawarkan XE yang merupakan varian tertinggi. Motor seharga Rp 545 juta (off the road) itu mengusung jantung mekanis berkubikasi 1.200cc, satu silinder. Konfigurasi itu menghasilkan tenaga sebesar 88 Tk di putaran 7.400 rpm dan torsi 110 Nm pada 3.950 rpm.

2 dari 5 halaman

2. Ducati Scrambler

Ducati mempunyai lini Scrambler yang terdiri dari beberapa model: New Model, Classic, Sixty2, dan Desert Sled. Seluruhnya menggunakan mesin dua silinder yang sama dengan volume ruang pembakaran unik, yaitu 803cc. Berdasarkan data, daya dorong maksimumnya 73 Tk di putaran 8.250 rpm. Sementara momen puntirnya sebesar 67 Nm di 5.750 rpm. Untuk harganya berkisar mulai Rp 240 jutaan sampai Rp 438 jutaan.

3 dari 5 halaman

3. BMW R nine T Scrambler

R nineT Scrambler, motor besutan BMW Motorrad ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2016. Informasi terbaru, harga jualnya terbilang tinggi mencapai Rp 620 jutaan. Dengan banderol segitu, konsumen disuguhi performa dari mesin 1.170cc dua silinder dengan konfigurasi boxer (silinder bergerak horizontal). Tenaga puncaknya 109 Tk yang dihasilkan pada 7.550 rpm dan torsi sebesar 116 Nm.

4 dari 5 halaman

4. Benelli Leoncino 500

Untuk motor bergaya scrambler, Benelli memiliki produk yang dinamakan Leoncino 500. Bila dibandingkan dengan ketiga merek di atas, tunggangan ini punya mesin paling kecil, hanya 500cc. Meski begitu, outputnya cukup mumpuni, 46 Tk di 8.500 rpm dan momen puntir 45 Nm pada 5.000 rpm. Tertarik untuk membelinya? Sayangnya Benelli belum juga nampak memasarkannya, padahal harganya sangat menarik, bisa di bawah Rp 100 juta. Kabar terakhir bahkan menyebutkan bahwa versi 250 cc-nya siap dirilis juga.

Sumber: Oto.com

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Stasiun Kereta di Jabodetabek Kini Ada Fasilitas Wifi Gratis

Liputan6.com, Jakarta – Sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada pengguna setia kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas WiFi gratis di peron stasiun-stasiun kereta api. Untuk penyediaan WiFi gratis tersebut, KAI bekerja sama dengan PT Pulau Pulau Media (MacroAd).

Direktur Komersial KAI Dody Budiawan bersama Direktur Operasional PT Pulau Pulau Media yang kerap dikenal sebagai MacroAd Rudi Chandra meresmikan peluncuran fasilitas WiFi gratis untuk pengguna KA yang dinamakan WiFi MacroAd di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, pada Rabu, (27/2/2019).

“Dengan adanya WiFi gratis di stasiun dan di kereta api ke depannya, penumpang akan lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan. KAI dan MacroAd berharap kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta api sampai masa mendatang,” jelas Direktur Komersial KAI Dody Budiawan di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dijelaskannya, pengguna KA akan dimanjakan dengan WiFi gratis dengan kecepatan up to 250 mbps saat menunggu kedatangan kereta. Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta dan sekitarnya telah terpasang WiFi MacroAd.

Sedangkan 37 stasiun lainnya di Jabodetabek akan terpasang sekitar akhir Maret 2019. Penggunaan WiFi MacroAd dilakukan dengan proses registrasi terlebih dahulu.

Penggunanya cukup memasukan nomor telepon dan tanggal lahir. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan WiFi secara gratis selama 30 menit pertama. Apabila pengguna ingin menggunakan WiFi gratis lagi, pengguna cukup melakukan login kembali.

2 dari 2 halaman

Kereta Jarak Jauh

Pengembangan berikutnya adalah pemasangan WiFi gratis di KA Jarak Jauh, KRL, dan stasiun di kota-kota lainnya. Fase pertama pemasangan WiFi gratis untuk KA Jarak Jauh dimulai dari 100 kereta KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP). Selanjutnya, KAI dan MacroAd akan memasang WiFi gratis di sepanjang stasiun yang dilewati KA Argo Parahyangan.

Kemudian proyek pemasangan WiFi gratis akan dilanjutkan pada 40 rangkaian dalam waktu dekat di KRL Commuterline, dan stasiun-stasiun KA jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.

“Kerjasama antara KAI dan MacroAd dalam hal pemasangan WiFi MacroAd tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dalam mengembangkan digital ekosistem yang mencerdaskan publik pengguna transportasi massal. Dengan demikian, KAI turut menciptakan smart transportation yang menghibur dan informatif,” tambah Direktur Operasional MacroAd Rudi Chandra.

Berikut 46 stasiun yang telah tersedia Wifi gratis MacroAd: Angke, Cilebut, Jayakarta, Pasar Senen, Tangerang, Batu Ceper, Citayam, Juanda, Pesing, Tanjung Barat, Bogor, Citeras 23. Jurangmangu, Pondok Cina, Tebet, Bojong Gede, Depok baru, Kalideres, Pondok Jati, Tenjo, Bojong Indah dan Duren Kalibata.

Kemudian Kampung Bandan, Pondok Ranji, Universitas Indonesia, Cawang, Gambir, Karet, Poris, Kemayoran, Cibinong, Gang Sentiong, Kramat, Rawabuaya, Cicayur, Gondangdia, Mangga Besar, Taman Kota, Cikini, Grogol, Pasar Minggu, Tanah Abang, Cikoya, Jakarta Kota, Pasar Minggu Baru, Tanah Tinggi.

Antam Targetkan Jual 32 Ribu Kg Emas di 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menargetkan pertumbuhan produksi dan penjualan komoditas utama yakni feronikel, emas, bijih nikel dan bijih bauksit yang signifikan di 2019.

Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo menjelaskan, untuk feronikel, Antam menargetkan volume produksi di 2019 sebesar 30.280 ton nikel dalam feronikel (TNi), meningkat 21 persen dibandingkan dengan realisasi produksi unaudited tahun 2018 sebesar 24.868 TNi.

Peningkatan target ini sejalan dengan strategi Antam untuk meningkatkan utilisasi operasi pabrik Feronikel Pomalaa, serta akan mulai beroperasinya pabrik Feronikel di Halmahera Timur pada semester kedua tahun 2019.

Antam juga menargetkan penjualan feronikel sebesar 30.280 TNi atau meningkat 25 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited 2018 sebesar 24.135 TNi.

Untuk komoditas emas, Antammenargetkan produksi di 2019 sebesar 2.036 kg dari tambang emas Pongkor dan Cibaliung dengan tingkat penjualan emas mencapai 32.036 kg, tumbuh sebesar 14 persen dibandingkan realisasi penjualan emas unaudited tahun 2018 sebesar 27.894 kg.

Peningkatan penjualan ini seiring dengan ekspektasi peningkatan jangkauan pemasaran produk Logam Mulia Antam baik di pasar domestik maupun ekspor.

Arie menjelaskan, pada 2019, Antam menargetkan pertumbuhan kinerja operasional melalui peningkatan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama Antam yang berbasis pada nikel, emas dan bauksit.

“Selain itu, kami berfokus untuk menjaga level biaya tunai produksi tetap rendah, sejalan dengan komitmen Antam untuk memberikan nilai yang positif bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan. Kami optimis kinerja Perusahaan akan terus tumbuh di masa yang akan datang,” kata Arie, Rabu (27/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Capai Target

Untuk mendukung peningkatan target produksi feronikel, pada tahun 2019 Antam menargetkan total produksi bijih nikel sebesar 10,50 juta wet metric ton (wmt), meningkat 12 persen dibandingkan capaian produksi bijih nikel unaudited tahun 2018 sebesar 9,32 juta wmt.

Peningkatan produksi bijih nikel tersebut akan digunakan sebagai bahan baku produksi feronikel Antam serta untuk mendukung penjualan bijih nikel.

Sedangkan total penjualan bijih nikel Antam tahun 2019 ditargetkan sebesar 8 juta wmt yang ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor, tumbuh 26 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited tahun 2018 sebesar 6,33 juta wmt.

Untuk bijih bauksit, Antam menargetkan produksi di tahun 2019 sebesar 3,17 juta wmt, tumbuh 188 persen dibandingkan realisasi produksi unaudited tahun 2018 sebesar 1,10 juta wmt.

Sedangkan untuk penjualan bijih bauksit tahun 2019 ditargetkan sebesar 3,22 juta wmt, naik sebesar 250 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited tahun 2018 sebesar 920 ribu wmt. Peningkatan produksi dan penjualan bijih bauksit seiring untuk pemenuhan permintaan pasar domestik maupun ekspor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

100 Persen Desa di Wilayah Terluar Sumbar Menikmati Listrik

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) Sumatera Barat (Sumbar) telah menikmati listrik.

Hal ini ditandai dengan elektrifikasi desa 100 persen untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, dengan ada  program Ekspedisi Mentawai Terang, yang dicanangkan PLN UIW Sumbar pada 2018, PLN dapat memenuhi seluruh kebutuhan listrik masyarakat di daerah 3T.

Untuk Kepulauan Mentawai saat ini dipasok dari sembilan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar di beberapa kecamatan dengan total 43 unit mesin pembangkit yang beroperasi dengan kapasitas 5.345 Klio Watt (kW) dan  beban puncak saat ini sebesar 3.364 kW.

“Khusus untuk PLTD Tua Pejat yang memiliki 8 unit mesin pembangkit dengan daya terpasang 4.120 kW. Saat ini melayani beban puncak sebesar 1.688 kW sehingga surplus 1.187 kW,” kata Wiluyo, di Jakarta Rabu (27/2/2019).

Saat ini Sumbar, memiliki pasokan listrik dengan kapasitas Pembangkit 703 Mega Watt (MW) dengan  beban puncak sebesar 593 MW. Selain dipasok dari pembangkit sendiri, Sumatera Barat juga dipasok dari Sistem interkoneksi 150 kV.

2 dari 2 halaman

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata

PLN tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Sumatera Barat melainkan juga siap mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Barat. Khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui ketersediaan pasokan listrik.

“Meski banyak halangan dalam proses melistriki seluruh negeri, tentu sudah menjadi kewajiban dan harapan kami agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan listrik mengingat listrik adalah kebutuhan vital dan sudah menjadi kewajiban bagi PLN untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat,” papar Wiluyo.

Program Listrik Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini merupakan bagian dari Program Listrik Desa di seluruh Regional Sumatera, pada  2018 telah membangun sebanyak 1.954 kms Jaringan Tegangan Menengah, 1.710 kms Jaringan Tegangan Rendah  dan 647 gardu dengan kapasitas 50.000 kVA. 

Infrastruktur tersebut dapat melayani kebutuhan listrik 378 desa di Regional Sumatera. Jaringan baru sepanjang 19,2 KMs (JTM) dan 7,7 KMs (JTR) dengan memiliki lima unit gardu dengan kapasitas 250 KVA.

Adapun tiga gardu di Desa Bosua sebesar 150 KVA dan dua gardu di Desa Beriulou sebesar 100 KVA yang diharap harapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kedua desa.

Dengan ada program ini rasio elektrifikasi di Sumatera Barat meningkat 4,43 persen dari 88,53 persen menjadi 92,96 persen terhitung dari Desember 2017 hingga Desember 2018. Khusus di Kabupaten Kepulauan Mentawai Rasio Elektrifikasi meningkat 13,43 persen  dari 43,07 persen menjadi 56,50 persen. 

Rasio Desa Berlistrik Sumatera Barat pada 2018 telah mencapai 100 persen, dengan rincian 1.141 desa atau 98,5 persen berlistrik dari PLN dan 17 desa 1,4 persen berlistrik non PLN dengan total 1.158 desa.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen para insan PLN untuk mewujudkan mimpi masyarakat Desa Bosua dan Desa Beriulou untuk menikmati listrik selama 24 jam,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:




Harga Mobil Ford Tua Ini Setara Tiga Supercar Baru

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah mobil Ford yang tidak banyak diketahui publik muncul untuk dijual di situs jual beli Jerman, Mobile.de. Meski tak banyak dikenal, harga yang diberikan pemilik untuk mobil tua tersebut sangat fantastis.

Bagaimana tidak, Ford LTD Station Wagon tahun 1983 tersebut memiliki banderol mencapai $ 2.250.192 atau setara dengan Rp 31,5 miliar.

Seperti dilansir Carcoops, Senin (25/2/2019) beberapa dekade yang lalu, mobil asal Amerika Serikat tersebut diubah seniman Afrika Timur paling berpengaruh, George Lilanga.

Memiliki seni abstrak, mobil tersebut diklaim memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sehingga harga yang disematkan dinilai wajar.

Tidak jelas bagaimana atau kapan kendaraan itu sampai di tangan dealer mobil Jerman. Namun, sebelumnya mobil seni itu terdaftar untuk dijual dengan harga $ 4,9 juta atau setara Rp 65 miliar menjelang akhir 2017.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk dapur pacunya, Ford LTD Station Wagon dilengkapi dengan mesin 3,8 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 120 Tk dan dikawinkan dengan transmisi otomatis.

Meski tidak pernah terlibat dalam kecelakaan, mobil tersebut nyatanya tidak layak jalan. Sehingga pembeli hanya bisa memajang mobil tersebut sebagai kendaraan bersejarah.

Sebagai informasi, George Lilanga lahir di Tanzania pada tahun 1934. Ia merupakan salah satu seniman paling terkenal saat itu.

Sepanjang tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an, Ia berkeliling dunia, memamerkan karya seninya di seluruh Amerika Serikat, Afrika, Eropa, India, dan Jepang dan meninggal pada 2005 silam.

Harga Mobil Agya 2019, Mobil Murah Ramah Lingkungan Bergaya Sporty

Liputan6.com, Jakarta Pasar mobil Indonesia yang selama ini dikuasai oleh Toyota dengan Toyota Avanza, kembali dimantapkan dengan hadirnya mobil LCGC (Low Cost Green Car) mereka, Toyota Agya pada 2013. Untuk segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC), PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki dua produk andalan, yaitu Toyota Agya dan Calya.

Namun, Toyota kembali meluncurkan Facelift Toyota Agya 2019 di pasaran Indonesia dengan membawa beberapa peningkatan dibanding dengan keluaran sebelumnya. Dengan tampilan yang lebih menampilkan banyak lekuk-lekuk tajam, Agya ini tampil lebih sporty.

Perubahan juga dilakukan di bagian interior dengan meningkatkan sisi entertainment di dalam kabin mobil untuk kenyamanan lebih para pemakainya. Agya juga kembali hadir dengan varian G, TRD, dan tidak lupa harga mobil Agya juga masih dipertahankan untuk kompetitif di kelas LCGC seperti sebelumnya.

Tampilan baru Agya membuat konsumen memiliki daya tarik untuk memiliki salah satu produk besutan Toyota ini. Maka tidak heran hingga saat ini harga mobil Agya masih sering dicari oleh beberapa orang. Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang juga tertarik dengan produk keluaran Toyota ini?

Jika iya, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan membahas harga mobil Agya dan juga mengulas spesifikasinya. Sehingga kamu tidak perlu melihat harga mobil Agya pada majalah atau brosur. Tentunya setelah membaca artikel ini akan menambah referensimu.

Berikut Liputan6.com rangkum harga mobil Agya dan sepesifikasinya dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Agya

Eksterior

Tampilan sporty tampak jelas pada eksterior Toyota Agya. Yang menonjol pada sisi belakang soal bumper, karena desainnya terlihat sporty dan stylish.

Selain itu, penggunaan gril lebar membuat tampilan Toyota Agya makin gagah. Terlebih lagi tampilan headlamp yang menyipit dengan teknologi LED, sehingga menambah kesan sporty dan gagah.

Pada sisi samping Toyota Agya untuk generasi terbaru tidak ada perubahan dibandingkan generasi sebelumnya, perubahan hanya ada pada velg mobil Toyota Agya. Velg baru tersebut menggunakan ukuran 14 inci.

Toyota Agya juga dibekali dengan warna kekinian seperti kuning, hitam, gray metallic, silver, merah dan putih. Tidak ada yang berubah pada bagian belakang, kecuali spoiler yang dilengkapi dengan lampu rem.

Dilihat dari eksteriornya, mobil Toyota Agya ini memang mempunyai desain yang modern. Hal ini dirasa perlu, karena soal desain saat ini memang yang sporty dan stylish yang laris di pasaran.

Interior

Soal interior Toyota Agya sudah dilengkapi denan teknologi terkini. Untuk urusan pengaturan audio pengemudi bisa menemukannya di stir, karena sudah dilengkapi dengan audio steering switch.

Tidak hanya itu, pada entertainment-nya sendiri Toyota Agya sudah dilengkapi dengan bluetooth. Sehingga dapat mendengarkan lagu favorit melalui gawai pengendara. Menarik bukan?

Toyota Agya pada semua serinya juga dilengkapi dengan semi bucket seat. Jika melihat fitur interior Toyota Agya tentu sebanding dengan harga mobil Agya, mengingat Toyota Agya adalah mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Agya

Mesin

Menyandang status mobil murah dan ramah lingkungan tentu dibenak konsumen adalah mobil yang tidak memiliki mesin tangguh. Untuk kelas mobil murah, sebenarnya Toyota Agya sudah dibekali dengan mesin yang cukup besar.

Ada dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk 1.0 liter menggunakan mesin 3-silinder, sedangkan 1.2 liter menggunakan mesin 4-silinder. Tenaga yang bisa dihasilkan mesin Toyota Agya tersebut sebesar 88 Ps pada putaran 6.000 rpm. Untuk pilihan mesin terkecil bisa menyemburkan tenaga sebesar 67 Ps.

Memiliki mesin yang cukup besar mobil Toyota Agya terbilang cukup irit untuk konsumsi bahan bakarnya.

Keselamatan

Toyota tetap menyematkan fitur keselamatan yang cukup banyak pada Toyota Agya. Hal ini tentu menjadi nilai plus sendiri untuk mobil Toyota Agya ini.

Paling tidak, fitur keselamatan yang ada pada mobil Toyota Agya sudah mumpuni. Ditopang dengan side impact beam yang berguna untuk meredam benturan dari sisi samping. Jika terjadi benturan di bagian depan, Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS.

Jika pun punya anak kecil atau masih bayi, di Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Toyota Isofix Base sebagai pengaman ganda untuk anak kecil.

Selain itu ada fitur pengingat penggunaan sabuk pengaman. Sehingga memastikan pengendara untuk selalu menggunakan sabuk pengaman.

Dengan fitur keselamatan yang cukup banyak ini, tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi Toyota Agya.

4 dari 4 halaman

Harga Mobil Agya

Toyota Agya memiliki 5 seri yang berbeda, tentu dengan spesifikasi dan harga yang berbeda pula. Dari berbagai sumber, berikut harga mobil Agya dari berbagai seri.

Toyota Agya 1.0 G M/T

Rp 136.150.000

Toyota Agya 1.2 G M/T

Rp 139.250.000

Toyota Agya 1.2 M/T TRD

Rp 143.450.000

Toyota Agya 1.2 G A/T

Rp 152.250.000

Toyota Agya 1.2 A/T TRD

Rp 156.550.000

Nah, di atas adalah harga mobil Agya dan sedikit ulasan tentang Toyota Agya. Semoga bisa menjadi sumber referensimu.

Lautan Sampah di Anak Sungai Musi, Wako Palembang: Bukan Sampah Warga Kami

Liputan6.com, Palembang – Lautan sampah menjadi pemandangan biasa di Sungai Tawar, di Jalan Sungai Tawar 1 RT 11 Kelurahan 29 Ilir Palembang Sumatera Selatan (Sumsel). Aroma menyengat pun menjadi teman hari-hari warga sekitar.

Sampah yang menggenang dan menutupi aliran anak Sungai Musi ini terbawa dari aliran sungai yang bermuara ke Sungai Tawar. Ada juga warga sekitar yang sengaja membuang sampah ke anak Sungai Musi ini.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo membantah jika lautan sampah tersebut berasal dari kebiasaan warga Palembang membuang sampah sembarangan.

Menurut orang nomor satu di Palembang ini, bentangan Sungai Musi bisa sepanjang 750 kilometer. Di Palembang, anak Sungai Musi hanya sepersekiannya dari luasan Sungai Musi tersebut.

“Itu bukan warga kami, bukan sampah masyarakat Palembang, karena kawasan Sungai Musi di Palembang hanya sepanjang sekitar 20 kilometer. Sampah itu terbawa dari arus kawasan lain dan masuk ke Palembang,” ujarnya kepada Liputan6.com, usai meresmikan Millenial Road Safety Festival, di Kambang Iwak Palembang, Minggu (24/2/2019).

Namun untuk terus mengantisipasi tumpukan sampah, terutama di aliran Sungai Musi, Wako Palembang terus menggalakkan program gotong royong rutin setiap hari Minggu.

Kota Palembang menjadi satu dari 11 kota dan 1 Provinsi di Indonesia yang masuk dalam program Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018, daerah yang terpilih akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 April 2018.

Salah satu alat yang akan menyukseskan program ini adalah insenarator, teknologi pembakaran sampah yang menggunakan pembakaran bahan organik.

“Palembang sudah ditetapkan sebagai salah satu kota di Perpres terkait penanganan sampah. Kita sedang tender pembangunan insinarator, tinggal ada beberapa administasi yang harus diselesaikan,” katanya.

2 dari 3 halaman

Air Sungai Menghitam

Beberapa waktu lalu, Wako Palembang mengikuti pertemuan tentang rencana kerjasama Indonesia – Jepang dalam pembangunan fasilitas sampah menjadi energi di Jakarta. Serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta.

“Intinya kebersihan bagi Kota Palembang tidak hanya jadi tugas pemerintah saja, tapi tanggung jawab dan kesadaran masyarakat yang perlu, itu solusinya,” ujarnya.

Kondisi anak Sungai Musi yang dipenuhi sampah juga terjadi di Sungai Rengas, Sungai Tali Gawe dan Kampung Lorong Batu Ampar di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, Sumsel.

Saat aksi gotong royong pembersihan sungai, banyak sampah yang mengendap di dasar sungai, mulai dari sampah rumah tangga, plastik, kain dan selimut, botol kaca dan lainnya.

Aroma sungai yang tercemar itu juga juga berbau tidak sedap. Padahal anak Sungai Musi tersebut hanya sedalam 50 sentimeter dengan panjang 250 meter.

Upik (40), warga Jalan Sultan Agung RT 3, Kelurahan 1 Ilir Palembang mengatakan, kondisi anak Sungai Musi di kawasannya memang sudah lama menjadi tempat pembuangan sampah warga.

3 dari 3 halaman

Mobil Sampah Terbatas

“Kita sudah sering mengingatkan agar tidak buang di sungai ini, tapi masih saja dilakukan. Jika ada gotong royong seperti ini, baru bisa bersih. Kalau tidak, baunya menyengat terlebih saat surut,” ungkapnya.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Palembang, Faizal AR, pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih terkendala kendaraan operasional.

Saat ini Pemkot Palembang hanya mempunyai 107 unit mobil sampah, namun yang bisa dioperasikan sekitar 70 unit.

“Idealnya kita butuh 300 unit mobil sampah, tapi yang ada dulu kita maksimalkan,” katanya.

Minimnya kendaraan operasional membuat tampungan TPA Karya Jaya Palembang belum dapat digunakan secara maksimal. Luasan lahan TPA Karya Jaya Palembang bisa mencapai 40 Hektar, sedangkan saat ini baru terpakai 10 Hektar.


Simak juga video pilihan berikut ini: