Pasca-Kebakaran Bandara Ngurah Rai Beroperasi 24 Jam

Jakarta – Hingga malam ini, Terminal Domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali belum bisa beroperasi normal. Pihak Bandara Ngurah Rai pun memberlakukan operasional selama 24 jam.

“Untuk malam ini terminal domestik belum bisa digunakan. Namun kami akan berusaha bahwa besok pagi terminal domestik dapat dioperasikan kembali dengan melakukan langkah-langkah teknis maupun operasional malam ini. Jadi malam ini persiapannya harus selesai,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono di Bali, Jumat (19/4/2019).

Pasca-Kebakaran Bandara Ngurah Rai Beroperasi 24 JamFoto: Konferensi pers PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai (Dita-detikcom).

Akibat kebakaran di area ATM Center Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai sore tadi ada 19 penerbangan domestik yang terdampak. Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan AirNav dan Kantor Otoritas Bandara IV Bali Nusra terkait operasional bandara selama 24 jam.
“Kemudian malam ini kami mendeclare menotamkan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi 24 jam, untuk memberikan kesempatan bagi penerbangan-penerbangan yang mengalami penundaan untuk bisa beroperasi di I Gusti Ngurah Rai,” ucap Haruman.
Dari 19 penerbangan yang terdampak itu, hingga malam ini masih ada 9 penerbangan yang masih tertunda. Haruman memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini.

“Yang lebih penting bahwa alhamdulilah tidak ada korban cidera apalagi yang meninggal. Alhamdulilah semua bisa beroperasi dengan baik yang ada hanya penundaan-penundaan,” terang Haruman.

Kebakaran di area Terminal Domestik itu terjadi pukul 16.50 Wita dan berhasil dipadamkan pukul 17.20 Wita. Hingga saat ini petugas masih menginvestigasi penyebab kebakaran tersebut dan untuk sementara keberangkatan penerbangan domestik melalui terminal internasional.
(ams/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

24 WNI di Korea Utara Gunakan Suaranya pada Pemilu 2019

Sebelumnya secara terpisah, Duta Besar RI untuk Korea Utara Berlian Napitupulu telah mengimbau dan mengingatkan agar seluruh warga Indonesia di Pyongyang, Korea Utara untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu serentak tahun ini dengan sebaik-baiknya.

“Proses demokrasi Indonesia saat ini memasuki tahap yang sangat penting yaitu consolidated democracy. Ibaratnya sebuah pesawat, maka pesawat Republik Indonesia saat ini sedang lepas landas,” kata Dubes Berlian Napitupulu.

Untuk itu, dia mendorong semua WNI untuk berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 dan menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab.

“Jangan sampai golput. Jangan sampai no vote. Jangan sampai tidak casting ballot,” tutur Dubes Berlian.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa pemilu adalah kesempatan sangat penting untuk menentukan pemimpin bangsa dan negara di masa depan, setidak-tidaknya lima tahun ke depan.

“Makanya jangan sampai tidak menggunakan haknya alias golput. Dan tolong agar semua pihak melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik dan secara bertanggungjawab,” ujarnya.

Diikuti 24 WNI, Begini Suasana Pencoblosan Pemilu 2019 di Korut

Pyongyang – WNI yang berada di Korea Utara juga menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 hari ini. Ada 24 WNI yang berpartisipasi.

Berdasarkan keputusan KPU, jadwal pencoblosan Pemilu 2019 di Korut dilaksanakan hari Minggu (14/4/2019). Lokasi TPS dipusatkan di Pyongyang.

Duta Besar RI untuk Korut Berlian Napitupulu ikut serta menggunakan hak pilihnya bersama WNI di Korut. Disediakan 2 jenis surat suara dan 2 kotak suara untuk dicoblos, yaitu untuk Presiden-Wakil Presiden dan DPR RI Dapil DKI Jakarta II.
“Sebanyak 24 WNI di Pyongyang menggunakan hak pilihnya hari ini lho,” tulis akun Twitter @kbripyongyang.

Setelah mencoblos, WNI di Korut berfoto bersama sambil menunjukkan jari masing-masing tercelup tinta. Ini menandakan mereka sudah menggunakan hak pilihnya.

Dubes RI untuk Korut Berlian Napitupulu dan WNI lainnya berfoto bersama usai mencoblos di Pyongyang.Dubes RI untuk Korut Berlian Napitupulu dan WNI lainnya berfoto bersama usai mencoblos di Pyongyang. (Foto: dok. KBRI Pyongyang)

Pencoblosan juga dilaksanakan di negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan. Diketahui, ada 26.695 WNI di Korea Selatan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), yang sebagian besar dari mereka merupakan pekerja migran.

Untuk di luar negeri, jadwal pencoblosan dilaksanakan di 130 kota di luar negeri sejak tanggal 8 April sampai 14 April 2019. Sedangkan waktu penghitungan suara digelar serentak pada 17 April 2019.
(dkp/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pencatatan Perdana, Saham Capri Nusa Properti Naik 24 Persen

Sebelumnya, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan 75 perusahaan baru akan melantai perdana di pasar modal tahun ini. Rencana tersebut masuk ke dalam program IDX Iniatives Go Public 2019.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Nyoman Gede Yetna mengaku optimistis dengan target tersebut. Itu karena BEI sudah siapkan 5 langkah khusus dalam meraih tujuan itu.

“Strategi kita ada 5 yakni Go Public Branding, Institutional Relation, High Level Approach, Stakeholder Engagement, dan Issuer Incentive,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Dia menambahkan, 75 perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) itu terdiri dari perusahaan menerbitkan obligasi, melepaskan saham, dan menerbitkan kontrak investasi kolektik (KIK).

Dari 75 perusahaan yang akan IPO itu, lanjutnya, 57 di antaranya merupakan perusahaan yang akan mencatatkan saham (IPO melalui saham). Adapun saat ini didalam pipeline BEI terdapat 14 perusahaan yang akan menjadi perusahaan tercatat.

5 diantaranya bergerak disektor properti, real estate, consumer goods, infrastruktur, keuangan dan perdagangan. Sementara itu, untuk periode Januari 2019-20 Maret 2019 sudah ada 7 perusahaan tercatat yang melantai di bei.

Itu dengan total dana masyarakat yang berhasil dihimpun dari ketujuh perusahaan mencapai Rp 1.148 triliun.

“Dari bulan Januari sampai 20 Maret sudah ada 7 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI. Terbaru pagi tadi, Wahana Interfood Nusantara (COCO) IPO,” pungkasnya.

Tak Takut Rugi, Toyota Gratiskan 24 Ribu Paten Teknologi Hybrid

Liputan6.com, Jakarta – Toyota tengah sibuk mempromosikan kendaraan hybridnya. Bahkan, jenama asal Negeri Matahari Terbit ini menawarkan akses bebas royalti untuk paten teknologi ramah lingkungannya tersebut, dan berlangsung hingga 2030.

Dilansir Paultan, Kamis (4/4/2019), dalam sebuah pernyataannya, Toyota juga memberikan lisensi untuk hampir 24 ribu teknologi hybrid  yang dipatenkan, termasuk beberapa aplikasi yang tertunda. paten ini sendiri, meliputi motor listrik, konverter, dan baterai.

Selain itu, paten ini termasuk teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kendaraan listrik, yang juga digunakan mobil hybrid, plug-in hybrid, dan bahan bakar hidrogen yang telah membantu Toyota mencapai peningkatan kinerja, dan pengurangan biaya.

Sementara itu, Toyota juga memberikan dukungan teknis berbasis biaya, dan kerja sama antara produsen lain yang juga mengembangkan dan menjual kendaraan listrik.

Hal tersebut, juga sebagai bagian dari membantu pembuat mobil lain, mencapai kinerja produk tingkat tinggi, dalam hal efisiensi bahan bakar, output, dan peredaman suara.

Gempar 24 Jam Pengakuan AKP Sulman

Jakarta – Pernyataan eks Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz soal diperintah memenangkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin bikin gempar. Setelah sekitar 24 jam pernyataan itu dibuat, Sulman akhirnya menarik ucapannya.

“Saya sudah melakukan suatu kesalahan saya, saya menyatakan bahwa Polri itu tidak netral di dalam Pilpres 2019 ini,” kata Sulman kepada wartawan di Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (1/4/2019).

Sulman sebelumnya sempat melakukan konferensi pers dan mengaku dirinya diminta Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. menuturkan saat itu tersulut emosi lantaran dimutasi menjadi Kanit Seksi Pelanggaran Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat. Dia menduga mutasi itu karena fotonya dengan seorang tokoh agama yang kebetulan panitia deklarasi paslon 02 Prabowo-Sandi.
“Sebetulnya itu saya sampaikan karena saya waktu itu emosi, saya telah dipindahtugaskan dari jabatan saya yang lama sebagai kapolsek,” tutur Sulman.

Dia menyatakan pernyataan yang dibuat pada Minggu (31/3) itu merupakan sebuah kesalahan. Sulman menegaskan institusi tempatnya bekerja netral.

“Saya yakin kepolisian lembaga yang netral apalagi di dalam Pilpres ini. Apalagi dikuatkan lagi 2 TR (telegram) yang dikeluarkan bahwa Polri harus netral di Pilpres maupun Pilkada,”

Sulman menjelaskan selama ini memang seluruh kapolsek di Garut mendapat instruksi untuk pemetaan kerawanan di Garut bertepatan Pemilu 2019. Bukan diarahkan untuk memenangkan salah satu paslon.

“Pendataan tersebut digunakan untuk mengantisipasi keamanan di wilayah agar bisa diantisipasi, apa yang kemungkinan akan terjadi dan memperkirakan kekuatan yang harus disiapkan,” ujar Sulman.

[Gambas:Video 20detik]

Meski sudah mencabut pernyataan, Polda Jawa Barat akan tetap melanjutkan proses pendalaman soal ada-tidaknya pelanggaran kode etik yang dilakukan Sulman. Namun, Polda Jabar menyatakan tudingan Sulman kepada Budi yang merupakan Kapolres Garut merupakan persoalan pribadi, bukan kepada institusi Polri secara keseluruhan.

“Tindak lanjut kita akan melakukan pendalaman (kode etik) lebih lanjut kepada bersangkutan,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, di lokasi yang sama.

“Artinya yang bersangkutan ada masalah secara pribadi kepada AKBP Budi selaku kapolres, artinya person to person,” ungkap dia.

Selain Polda Jabar, Bawaslu juga akan tetap menindaklanjuti pernyataan Sulman. Sulman nantinya akan dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

“Nanti kami koordinasi dengan Bawaslu sana. Masih ditindaklanjuti kan,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan, di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2019).

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/mae)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

HP Lionel Messi Berlapis Emas 24 Karat

Liputan6.com, Barcelona – Reputasi sebagai salah satu pemain terbaik dunia membuat Lionel Messi punya harta berlimpah. Bintang Barcelona ini diketahui mengantongi 111 juta dollar AS atau Rp1,5 triliun tahun lalu dan berstatus sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Dengan harta sebanyak itu, Lionel Messi leluasa membeli barang yang dia inginkan. Seperti dilansir Marca, Lionel Messi baru-baru ini membuat heboh dunia maya usai melapisi ponselnya dengan emas 24 karat.

Di atas lapisan emas tersebut tertera nama dan nomor punggung 10 yang dikenakannya. Tak lupa, pemain berjuluk La Pulga itu menyematkan logo timnas Argentina, dan Barcelona, serta nama istri dan anak-anaknya.

Ponsel yang dilapisi emas itu diketahui berjenis iPhone XS Max. Di Indonesia, ponsel keluaran Apple tersebut memiliki harga di atas Rp 20 juta.

Berita Video Tahun 2019 Messi Masih Diharapkan Bermain Untuk Timnas Argentina

Mau Direbut Sandi, Indosat Masih Rugi Rp 2,4 T

Jakarta – Sebanyak 65% atau setara 3.532.056.600 lembar saham PT Indosat Tbk dikuasai oleh Ooredoo Asia Pte. Ltd yang sekaligus menjadikan perusahaan asal Qatar itu pengendali Indosat.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan mengambil alih kendali tersebut bila ia terpilih dengan cara pembelian saham kembali atau buyback.

Bagaimana sih kinerja Indosat yang mau dibeli kembali sahamnya oleh Sandiaga?

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, perusahaan telekomunikasi yang sahamnya diperdagangkan dengan kode ISAT itu masih mencatatkan rugi bersih Rp 2,4 triliun sepanjang 2018. Perseroan juga mencatatkan rugi per saham Rp 442,38.
Kondisi tersebut terpantau lebih buruk ketimbang kinerja tahun sebelumnya. Tahun 2017, ISAT masih mencatatkan laba Rp 1,13 triliun.

Memburuknya kinerja ISAT disebabkan oleh anjloknya pendapatan sebesar Rp 6,6 triliun (22,68%). Di mana, ISAT hanya mampu mengantongi pendapatan Rp 23,14 triliun pada tahun 2018. Padahal, di 2017 perusahaan masih bisa menggalang pendapatan Rp 29,93 triliun.

Dari komposisinya, penurunan pendapatan terbesar terjadi pada lini bisnis seluler dari Rp 24,49 triliun di 2017 menjadi Rp 18,03 triliun di 2018. Lini bisnis multimedia, komunikasi data dan internet juga terpantau turun menjadi Rp 4,38 triliun.

Sebenarnya, perusahaan sudah melakukan sejumlah upaya efisiensi yang tercermin dari penurunan beban pada penyelenggaraan jasa, penyusutan & amortisasi, pemasaran serta umum & administrasi.

Namun, efisiensi yang dilakukan tampaknya belum mampu mengimbangi penurunan pendapatan yang terjadi.

Wacana pembelian kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk lagi-lagi mencuat setelah Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengumumkan rencana merealisasikan janji yang belum ditunaikan Jokowi itu.

Hal tersebut disampaikan sebagai salah satu janji kampanye. Jika terpilih, Sandiaga akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian strateginya yang diberi nama Big Push. (dna/fdl)

Anytime Fitness Buka Tempat Latihan 24 Jam Nonstop di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Pola hidup sehat kian penting di tengah gaya hidup serba instan. Alasan itulah yang membuat Anytime Fitness hadir di Indonesia untuk pertama kali tepatnya di Jakarta.

“Kami mulai mengetahui berharganya kesehatan dan lebih banyak masyarakat Indonesia berinvestasi untuk kesehatan mereka,” ujar Darwin Sariaatmadja selaku Presiden Komisioner Anytime Fitness Indonesia, Jumat (22/3/2019).

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk mengubah gaya hidup dan kami berharap bisa menjadi bagian dari perjalanan masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat,” kata Darwin menambahkan.

Anytime Fitness menyodorkan hal berbeda dari tempat fitness kebanyakan. Dengan konsep 24 jam 7 hari, para pengunjung bisa berlatih di pagi bahkan dinihari.

Mereka juga tak perlu khawatir dengan faktor keamanan jika berlatih di malam atau dinihari. Pasalnya, Anytime Fitness dilengkapi dengan fasilitas keselamatan di atas standar.

Anytime Fitness sejatinya telah memiliki 4.300 cabang dan melayani lebih dari tiga juta orang di tujuh benua. Di Indonesia, Anytime Fitness menargetkan membuka paling tidak 10 cabang dalam 18 bulan ke depan.