Hasil Liga Champions: Kalah 2-3 dari City, Tottenham Tetap ke Semifinal

Manchester – Tottenham Hotspur ke semifinal Liga Champions! Meski kalah 3-4 dari Manchester City di leg II perempatfinal, The Lilywhites unggul gol tandang dalam agregat 4-4

Di Etihad Stadium, Manchester, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, lima gol tercipta di babak pertama. City unggul 3-2 atas Tottenham. Gol The Citizen dicetak Raheem Sterling di menit ke-4 dan 21, serta Bernardo Silva. Adapun Tottenham mendapat dua gol dari aksi Son Heung-min di menit ke-7 dan 10.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama menambah satu gol. Sergio Aguero sempat membawa City unggul 4-2, sebelum Fernando Llorente memperkecil skor menjadi 4-3. Skor bertahan hingga jeda.

Di menit akhir, Sterling sempat membobol gawang Tottenham. Tapi VAR menganulirnya karena sebelumnya Aguero, yang memberi umpan, sudah dalam berada dalam posisi offside. Skor 3-4 tetap bertahan saat peluit tanda akhir laga berbunyi.

Hasil itu sudah cukup mengantarkan Tottenham lolos ke semifinal dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 4-4, setelah menang 1-0 di kandang pada leg pertama. Selanjutnya, Tottenham akan menghadapi Ajax Amsterdam di semifinal.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Benjamin Mendy (Leroy Sane 84′), Aymeric Laporte, Vincent Kompany, Kyle Walker, Ilkay Guendogan, David Silva (Fernandinho 63′), Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Bernardo Silva, Sergio Aguero

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris, Danny Rose, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Kieran Trippier, Victor Wanyama, Dele Alli, Moussa Sissoko (Fernando Llorente 41′), Christian Eriksen, Lucas Moura (Ben Davies 82′), Son Heung-min (yna/nds)


Alasan MA Sunat Vonis Eks Manajer PLN di Kasus Korupsi Rp 2,3 T

Jakarta – Hukuman mantan Manajer Produksi PLN Kitsbu, Sumatera Utara, Muhammad Ali disunat Mahkamah Agung (MA). Ali terseret kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Kasus bermula saat PLN akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PTLGU) Blok 2 Belawan, Sumatera Utara, pada 2010. Belakangan terungkap proyek ini mengungkap skandal megakorupsi mencapai ratusan miliar rupiah. Jaksa Agung membidik kasus ini dan menyelidik banyak pihak. Salah satunya Ali dan ia didudukkan di kursi pesakitan.

Dalam persidangan, jaksa membeberkan kerugian negara mencapai Rp 2,3 triliun. Sebab, seharusnya pekerjaan LTE itu menghasilkan output listrik 132 MW sejak 2012, namun kenyataannya yang diproduksi hanya 123 MW.

Pada 1 Oktober 2014, Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada Ali. Hukuman itu diperberat menjadi 8 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi (PT) Medan pada 13 Februari 2015.

Di tingkat kasasi, hukuman kembali diperberat menjadi 10 tahun penjara. Atas hukuman itu, Ali lewat kuasa hukumnya mengajukan PK dan dikabulkan.

“MA pada tingkat PK mengadili kembali dengan menyatakan Pemohon PK terbukti melakukan tindak pidana Korupsi sebagaimana didakwakan dalam Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999, menjatuhkan pidana penjara kepada Pemohon PK selama 7 tahun denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan,” kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Senin (15/4/2019).

Duduk sebagai ketua majelis Prof Dr Surya Jaya dengan anggota Suhadi dan Leopold Luhut Hutagalung.

“Adapun pertimbangan majelis hakim PK antara lain, Pemohon PK/Terpidana selaku Direksi PLN yang bertugas melakukan pengawasan, pemeriksaan hasil pekerjaan pihak kedua, namun Terpidana tidak melakukan teguran dan tidak mengenakan sanksi atau denda atas keterlambatan barang dan barang belum lengkap tetapi pihak kedua dinyatakan telah selesai melaksanakan pekerjaan seluruhnya sehingga pihak kedua telah dibayar 100 persen,” papar Andi Samsan Nganro.

Dalam putusan itu, Prof Dr Surya Jaya memilih mengajukan dissenting opinion dan menyatakan permohonan PK itu harusnya ditolak.

Di kasus ini, pelaksana proyek Direktur PT Mapna Indonesia, M Bahalwan dihukum selama 11 tahun dan harus mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 337 miliar.

(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Ratna Sarumpaet, Ruben dan ‘Tipu-tipu Duit Raja 23 T’

JakartaRatna Sarumpaet protes dengan kesaksian Ruben dalam sidang lanjutan. Ruben mengaku menerima kiriman foto wajah dengan kondisi mirip lebam, tapi Ratna membantahnya.

“Saya nggak pernah kirim foto itu,” kata Ratna Sarumpaet menyanggah kesaksian Ruben di dalam ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Selasa (9/4/2019).

Siapa Ruben? Ruben dihadirkan jaksa penuntut umum ke persidangan karena pernah datang ke rumah Ratna Sarumpaet saat isu penganiayaan mengemuka.

Tapi Ruben–dalam persidangan–datang ke rumah Ratna Sarumpaet untuk membicarakan dana raja-raja Rp 23 triliun.

Soal kedatangan Ruben ini pernah diterangkan Saharudin, staf Ratna Sarumpet. Dalam persidangan, Saharudin menceritakan adanya perbincangan soal duit raja-raja Indonesia Rp 23 triliun yang belakangan ternyata penipuan.

Saharudin menyebut perbincangan soal duit raja-raja Rp 23 triliun ini terjadi pada 29 September 2018. Saat itu, datang tamu bernama Deden dan Ruben ke rumah Ratna.

Sore harinya, datang juga Fadli Zon dan rombongan menjenguk Ratna Sarumpaet yang kala itu mengaku dianiaya.

“Saya lihat rombongan Pak Fadli datang ke rumah kakak. Di sana mereka bicara di ruang belakang, bicara dengan Pak Ruben dan Pak Deden. Kami dilarang mendekat atau nimbrung, tapi sepengetahuan saya, juga cerita tentang uang yang Rp 23 triliun itu,” ujar Saharudin dalam sidang Ratna Sarumpaet di PN Jaksel, Selasa (2/4).

Sepengetahuan Saharudin, perbincangan dengan Deden dan Ruben membahas penelusuran duit raja-raja. Saharudin sendiri mengaku tak percaya soal urusan duit triliunan itu.

“Waktu itu tidak percaya dengan Deden dan Ruben, termasuk dana ini,” kata Saharudin.

Sementara itu, Ratna Sarumpaet mengatakan dirinya memang tertipu Rp 50 juta untuk mencairkan dana-dana raja Rp 23 triliun yang disebut-sebut tersimpan di World Bank.

“Itu penipuan, orangnya sekarang sudah di Cipinang. Jadi itu modus dia mengatakan ada dana raja-raja. Saya kena Rp 50 juta tapi banyak orang melaporkan dan setelah kasus itu mencuat sekarang dia sudah di Cipinang mereka bertiga. Penipu biasa,” ujar Ratna kepada wartawan di sela persidangan.

Boyong Paul Pogba, Real Madrid Siapkan Dana Rp 2,3 Triliun?

Manchester United, oleh media di Inggris, disebut enggan melepas Paul Pogba ke klub mana pun. Mantan pemain Juventus tersebut menjadi pilar utama United di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjaer. Pogba pun bermain gemilang di United.

Namun, pekan lalu Pogba memicu sebuah spekulasi dengan mengatakan bahwa Real Madrid adalah klub impiannya. Rumor bahwa Pogba, yang punya dua tahun kontrak tersisa dengan United, akan pindah ke Madrid beredar begitu kencang.

Agen Pogba, Mino Raiola, juga disebut siap melalukan berbagai negosiasi untuk merealisasikan transfer Pogba ke Madrid. Raiola sendiri punya reputasi yang cukup lihai dalam melakukan negosiasi sulit.

Sumber: Bola.net

Jokowi Bubarkan 23 Lembaga agar Layanan Tak Berbelit

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden urut nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ingin mendorong pemerintahan yang digital melayani. Hal ini sebagai langkah untuk menciptakan sistem pemerintah yang tidak berbelit-belit.

Oleh karena itu, hingga kini sudah ada 23 lembaga yang dibubarkan. Hal itu agar pelayanan pemerintahan agar mudah memutuskan dan tidak berbelit-belit.

“Penyederhanaan dan penajaman ke lembaga. Tidak perlu banyak lembaga, lembaga pemerintah bubarkan 23 lembaga agar lebih ramping, lincah, gampang memutuskan dan tidak berbelit-belit,”  kata Jokowi, dalam debat capres ke-4, Sabtu (30/3/2019).

Jokowi juga ingin meningkatkan kualitas aparatur sipil negara (ASN). Hal ini agar pegawai pemerintahan dapat melayani cepat dengan pelayanan berbasis elektronik.

“Kita juga melakukan reformasi tata kelola, manajemen harus disimpelkan, dan tidak bertele-tele. Lembaga-lembaga yang tak perlu, dibubarkan. 23 kalau perlu ditambah. Kalau lembaga-lembaga yang hambat dan sebabkan pelayanan bertele-tele,” ujar dia.

Jokowi menegaskan, menyiapkan era digital sangat diperlukan ke depan. Oleh karena itu, pelayanan berbasis elektronik disiapkan dan diperlukan.

“Karena yang namanya pelayanan bukan melayani tapi kecepatan, pertama yang namanya di bidang pelayanan. Pelayanan berbasis elektronik e-government, procurement,e-budgeting sangat- sangat diperlukan dalam menyiapkan era digital ke depan,” tutur dia.

Harga Telur Ayam Stabil Rp 23 Ribu per Kg di Pasar Tradisional

Pada awal Minggu ini, harga daging ayam di Pasar Kelapa Gading stabil di angka Rp 35 ribu per kilogram. Beberapa pedagang menuturkan harga daging ayam tidak berubah sepekan ini.

Ang (50), salah seorang pedagang daging ayam mengatakan, daging ayam sampai saat ini masih diminati pembeli di daerah Kelapa Gading. Namun dia juga mengaku, beberapa hari ke belakang dirinya sempat sepi pembeli.

“Daging ayam banyak yang beli, tapi kemarin sedang sepi. Tapi kalau untuk penjualan keseluruhan tidak berpengaruh,” ujarnya pada Liputan6.com, Senin, 18 Maret 2019.

Ang juga menuturkan, selain harga daging ayam, bagian ayam yang lain juga masih di angka yang stabil. Untuk kepala ayam dia menjual seharga Rp 15 ribu per kilogram, sedangkan ceker Rp 25 ribu per kilogram. Untuk ati ampela, dijual seharga Rp 3 ribu.

Sementara untuk telur, harga cenderung stabil di angka Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram. Rini (55) menuturkan telur yang dia jual tidak mengalami perubahan harga.

“Untuk telur stabil. Sudah lama sih sempat naik sampai Rp 28 ribu, terus turun jadi Rp 25 ribu dan sekarang stabil di Rp 25 ribu,” ungkapnya.

Ledakan di Afghanistan: 6 Orang Tewas, 23 Luka-luka

Kabul – Terjadi ledakan di Kabul, Afghanistan. Ledakan ini mengakibatkan 6 orang tewas dan 23 orang mengalami luka-luka.

Dilansir AFP, ledakan di Kabul terjadi pada Kamis (21/3) saat perayaan Tahun Baru Persia di daerah Syiah, di ibukota Afghanistan.

“Dua puluh tiga orang terluka dan enam orang mati syahid dalam ledakan hari ini di Kabul,” kata juru bicara kementerian kesehatan Wahidullah Mayar kepada AFP, dengan kementerian dalam negeri mengkonfirmasikan jumlah korban, Jumat (22/3/2019).

Ledakan itu terjadi di dekat Universitas Kabul dan kuil Karte Sakhi, tempat banyak warga Afghanistan berkumpul setiap tahun untuk perayaan Nowruz,

“Ketika kita merayakan hari baik ini untuk mengikat kita bersama sesama warga kita menyaksikan hari yang menghancurkan dalam #Kabul,” tulis Presiden Ashraf Ghani dalam akun Twitter.

“Kami kehilangan warga yang damai karena musuh pengecut yang tidak mengenal batas,” sambungnya.

Kepolisian setempat mengatakan ada 3 ledakan terjadi yang dikendalikan dari jarak jauh. Ledakan terjadi di ruang wudhu, di belakang rumah sakit, dan di tempat pengukuran listrik.

Juru bicara kepolisian Kabul Basir Mujahid mengatakan, berhasil menjinakkan perangkat ledak di dekat Kabul University. Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Nasrat Rahimi mengatakan, polisi telah menemukan dan menjinakkan 20 perangkat peledak lainnya di Herat, Balkh dan Kabul pada hari Kamis (21/3).
(idn/dwia)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ternyata Yogurt Prancis Dibuat di Tasikmalaya Sejak 23 Tahun Lalu

Tasikmalaya – Seorang warga keturunan Prancis membuat France Yoghurt yang telah dibuat sejak 23 tahun lalu. Berbekal pengetahuan makanan Prancis, Yodi Tresna memulai produksi penjualan pertamanya pada tahun 2000 di Tasikmalaya.

Yodi mengklaim bahwa France Yoghurt buatannya merupakan satu-satunya di Indonesia. Apalagi orang pertama yang membuat whey protein untuk minuman adalah ia sendiri. Rata-rata yogurt di negeri ini memiliki khas masing-masing atau paling tidak memproduksi Greek Yoghurt.

Setelah mendapatkan lisensi dari Departemen Kesehatan, yogurt ala Prancis ini diberi nama Yaourt. Penganan yang dibuat homemade tetap berjaya sampai saat ini di Kota Bandung.

“Kita buat homemade industri. Produksi diatur masih pakai alat tradisional,” katanya, Senin (18/3/2019).

Yoghurt ala Prancis ini sangat berbeda dari yogurt biasa yang warga Indonesia santap. Ia menilai yogurt Indonesia cenderung cair, tidak mengandung bakteri hidup, dan menggunakan gula.

Sedangkan yogurt ala Prancis cenderung seperti puding, memakai bakteri hidup, rendah gula, dibuat dari bahan organik, dan lebih baik untuk kesehatan.

“Saya enggak tahu teknik mereka (pembuat yogurt Indonesia), bakteri yang dipakai, gula juga berpengaruh terhadap rasa,” paparnya.

Yogurt ala Prancis ini memiliki tekstur kental di tempat. Seperti puding tetapi tidak ada jeli di dalamnya, sedangkan Greek Yoghurt cenderung lebih creamy.

Selain membuat French Yoghurt, Yaourt juga memproduksi Greek Yoghurt, Curd Cheese, Drink Yoghurt, Lassi, dan Lacto Natural Whey Protein. Berbagai yogurtnya juga mempunyai aneka rasa seperti mangga, blue berry, dan strawberry.

Untuk ketahanan, yogurt ala Prancis bisa tahan 3 minggu, sedangkan Greek yoghurt hanya 12 hari.

“Sudah 23 tahun kami produksi, sampai sekarang enggak pernah berhenti. Dari dulu orang suka,” ujarnya.

Buktinya, Yourt bisa menjual 20 ribu buah yogurt setiap bulannya. Produknya pun telah dijual di beberapa supermarket dan destinasi wisata di Bandung.

“Kami produksi di Ciumbuleuit,” kata Yodi.

Yaourt dapat dibeli di beberapa gerai dan secara daring. Ia membanderol satu cup french yogurt 150 ml dengan harga Rp 8.000,- sedangkan Greek Yoghurt Rp 12.000,-.

Simak video pilihan berikut:

Simak video menarik di bawah:

Mulai 23 Maret, Garuda Indonesia Buka Rute Jakarta-Nagoya

Liputan6.com, Jakarta – Maskapai Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Jakarta – Nagoya (pp) mulai 23 Maret 2019.

Garuda Indonesia menggunakan armada Airbus A330 berkapasitas 36 kursi untuk kelas bisnis  dan 186 kursi untuk kelas ekonomi.

Pembukaan rute penerbangan tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam meningkatkan hubungan bisnis antara Jepang dengan Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan, pembukaan penerbangan Jakarta-Nagoya tersebut merupakan komitmen perusahaan sebagai maskapai nasional dalam mendukung program percepatan pertumbuhan ekonomi nasional – khususnya dalam mendorong peningkatan investasi di industri manufaktur.

“Sebagai kota terbesar keempat di Jepang dan dikenal sebagai salah satu kota industri dan manufactural tersibuk di Jepang, menjadikan Nagoya yang berada di Prefektur Aichi tersebut pangsa pasar yang potensial bagi Garuda Indonesia,” ujar Ari, Kamis (7/3/2019).

Ari menambahkan, pembukaan penerbangan ini diharapkan tidak hanya akan memperkuat jaringan penerbangan internasional Garuda Indonesia, tapi juga dapat mendukung pemerintah untuk mendukung percepatan investasi – khususnya program Kementerian Perindustrian untuk genjot investasi.

“Layanan penerbangan pada rute ini juga menjadi langkah positif perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar sektor penerbangan Jepang – Indonesia yang terus tumbuh dan semakin menjanjikan, di mana angka kunjungan para pebisnis dan wisatawan mancanegara asal Jepang ke Indonesia menunjukan peningkatan signifikan khususnya ke sejumlah destinasi wisata utama di Indonesia salah satunya Jakarta sebagai pusat perekonomian terbesar di Indonesia,” ujar Ari.

Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk optimistis, pembukaan layanan langsung Jakarta – Nagoya dapat mendukung upaya percepatan laju iklim bisnis dan potensi ekonomi antara kedua negara.

2 dari 2 halaman

Jepang Jadi Pangsa Pasar Penting

Jepang adalah salah satu pangsa pasar paling penting untuk Garuda Indonesia. Selama lebih dari 50 tahun, Garuda Indonesia telah menunjukkan dukungannya terhadap hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan Jepang.

Dengan dibukanya layanan ini, penumpang diharapkan dapat menikmati lebih banyak pilihan penerbangan dan tujuan ke Jepang dan Indonesia maupun sebaliknya.

Garuda Indonesia  rencananya akan melayani penerbangan Jakarta-Nagoya pp sebanyak 4 kali per minggu (Selasa, Jumat, Sabtu, dan Minggu).

Penerbangan dari Jakarta menuju Chubu Centrair International Airport dengan GA 884 pukul 23.35 WIB dan akan tiba di Chubu Centraair International Airport pada keesokan harinya pukul 07.25 LT dan akan terbang kembali dari Chubu Centraair International Airport dengan GA 885 pada pukul 10.00 LT dan akan tiba bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.00 WIB.(Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kapal Terbakar di Muara Baru, Kerugian Ditaksir Rp 23 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 34 kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 23 Februari 2019 lalu. Polisi memperkirakan kerugian atas peristiwa itu sebesar Rp 23,4 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan angka Rp 23,4 miliar itu didapat dari hasil pemeriksaan 20 pemilik kapal yang hangus saat insiden terjadi.

“Nilainya segitu dari 20 kapal yang pemiliknya kita lakukan pemeriksaan. Masih ada 14 kapal yang belum diperiksa,” ucap dia di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (2/3/2019).

Argo menjelaskan, kebakaran bersumber dari Kapal Motor Arta Mina Jaya. Penyebabnya karena percikan api dari mesin las. Ia melanjutkan, api percikan las kemudian mengenai fiber glass dan barang-barang yang mudah terbakar.

“Saat ngelas ada percikan kemana-mana hingga terkena fiber glass dan bekas bahan bakar solar,” kata dia.

Argo melanjutkan Kapal Motor Arta Mina Jaya yang sudah terbakar bergerak mengikuti gelombang air, karena tali pengikat kapal putus. Api pun merembet hingga menghanguskan 33 kapal lainnya.

“Saling bersinggungan dan ikut kebakar, ditambah dengan hembusan angin, sehingga memudahkan dia ikut kebakar di situ,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Tiga Tersangka

Sebelumnya, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, menetapkan tiga orang tersangka terkait kebakaran yang menghanguskan 34 kapal di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019) kemarin.

“Kami telah tetapkan tiga orang sebagai tersangka terkait kebakaran kapal ikan di Muara Baru,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priuk, Ajun Komisari Besar Polisi Reynold Elisa Hutagalung kepada Liputan6.com, Jumat malam 1 Maret 2019 (1/3/2019).

Ketiga tersangka antara lain Tino (34) sebagai nahkoda kapal, Wilis Susanto (35) sebagai mandor las, lalu Sugiah Ardiansyah alias Egi (27).


Saksikan video pilihan berikut ini: