23 Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah, Mudah dan Aman Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang bersih dan segar menjadi dambaan bagi setiap orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Karena kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat performa penampilan menjadi kurang. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu.

Sayangnya tak semua orang lahir dengan memiliki kondisi kulit wajah yang bersih dan merona. Bagi sebagian orang, untuk mendapatkan kulit seperti itu harus dicapai dengan upaya yang ekstra. Berbagai cara pun dilakukan misalnya dengan memakai serangkaian produk kecantikan atau perawatan di salon yang menguras kantong.

Namun apakah kamu benar-benar yakin produk kecantikan tersebut benar-benar aman untuk kulit wajahmu? Selain itu produk kecantikan ini tidak ramah juga bagi dompet. Memang ada yang bisa dijangkau dengan harga yang murah. Namun, harga suatu produk disesuaikan dengan kualitasnya. Kalau saja harga tersebut murah, siapa yang menjamin kualitas produk tersebut aman-aman saja bagi kulit wajah.

Daripada kamu bingung memilih untuk membeli produk kecantikan pencerah wajah yang murah tapi tidak aman atau membeli pencerah wajah berkualitas tapi mahal, kamu bisa coba cara lain. Kamu bisa membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tak perlu khawatir, bahan-bahan alami ini tentunya sangat mudah kamu temukan di sekelilingmu. Tentunya bahan-bahan alami ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Selain mudah dan murah, dengan menggunakan bahan alami, kamu tidak perlu takut akan efek sampingnya.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/2/2019) cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah ini telah dirangkum dari berbagai sumber. Bersiaplah untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Aneka Jeruk

1. Jeruk Nipis

Kaya akan anti-oksidan vitamin C, jeruk nipis akan membantu kamu untuk mendapatkan kulit agar terhindar dari jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membantu untuk mecerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas. Begini cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan jeruk nipis:

– Belah jeruk nipis menjadi dua bagian,

– Oleskan pada wajah secara merata,

– Diamkan selama 30 menit samapi mongering,

– Bilas dengan air bersih,

– Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu.

Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif harap berhati-hati dalam menggunakan bahan alami ini karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

2. Lemon

Sama dengan jeruk nipis, selain memiliki anti-oksidan dan vitamin C, di dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Berikut cara membuatnya:

– Oleskan perasan air lemon ke wajah,

– Diamkan selama 15 menit,

– Bilas dengan air hangat,

– Wajah akan segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

3. Jeruk

Tak hanya dagingnya yang dapat langsung dikonsumsi, jeruk juga bisa dijadikan salah satu alternatif cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah. Begini caranya:

– Peras air jeruk,

– Oleskan pada wajah,

– Lakukan secara rutin setiap hari,

– Wajah kamu akan segera memutih, bersih, dan segar.

4. Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi kamu yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat kamu pakai sebagai masker wajah yang berguna untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda di wajah. Begini cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah:

– Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering,

– Tumbuk kulit jeruk hingga halus,

– Campur dengan air hingga berbentuk pasta,

– Oleskan pada wajah kamu yang sebelumnya telah dibersihkan,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Aneka Umbi-umbian

1. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna. Ini caranya:

– Tumbuk halus kentang yang sudah direbus,

– Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih.

Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin, yaitu pada waktu malam sebelum tidur. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang normal, penggunaan bahan ini cocok buat anda.

2. Lobak Putih

Memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Caranya:

– Haluskan 1 buah lobak putih,

– Campurkan 2 sdm minyak zaitu,

– Gunakan sebagai masker wajah,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas wajah dengan air bersih.

3. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. Cara membuat maskernya:

– Parut bengkoang hingga lembut,

– Peras dengan menggunakan air,

– Gunakan sarinya sebagai masker,

– Diamkan selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih,

– Lakukan secara rutin.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Buah-buahan

1. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah. Cara membuatnya:

– Haluskan papaya,

– Setelah lembut, gunakan sebagai masker,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air hangat.

Melakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah memutih dengan cara yang alami.

2. Alpukat

Mampu melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini, karena alpukat mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Cara membuat maskernya:

– Haluskan daging alpukat sampai lembut,

– Oleskan pada wajah secara merata,

– Diamkan selama 25 menit,

– Bilas dengan air bersih.

3. Strawberry

Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan dapat mencerahkan wajah secara alami. Caranya:

– Haluskan buah strawberry hingga lembut,

– Campur dengan susu hingga mengental,

– Gunakan sebagai masker wajah.

4. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara membuatnya:

– Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih,

– Lakukan ini secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

5. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dengan buah ini, begitu mudah:

– Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut,

– Tambahkan 1 sdm madu,

– Campur hingga rata,

– Oleskan pada wajah,

– Biarkan mongering selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih.

6. Timun

Timun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam. Ini caranya:

– Iris timun tipis-tipis,

– Tempelkan pada seluruh wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Basuh dengan menggunakan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dengan Bahan Lainnya

1. Putih Telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah, serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, kamu bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

2. Susu

Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Karena itulah, cara ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

– Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu,

– Jadikan masker wajah,

– Biarkan selama 30 menit,

– Setelahnya, bilas dengan air bersih.

3. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah kamu dan membuatnya bersinar alami. Cara membuatnya:

– Siapkan yogurt segar tanpa rasa,

– Gunakan sebagai masker wajah,

– Oleskan pada wajah,

– Pijit-pijit dengan lembut,

– Diamkan selama 5 menit,

– Bilas dengan air hangat.

4. Teh Hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat. Selain itu, teh hijau juga dapat mengangkat sel kulit mati. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah adalah dengan memakai daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

Ini caranya kalau kamu menggunakan daun teh hijau:

– Rendam dalam air panas selama 15 menit,

– Tunggu sampai agak dingin,

– Oleskan airnya pada wajah.

Ini caranya kalau kamu menggunakan bubuk teh hijau:

– Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta,

– Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah.

5. Kopi dan Gula

Cara membuat masker untuk memutihkan kulit wajah menggunakan bahan ini, yaitu kopi dan gula digunakan sebagai scrub wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Caranya:

– Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula,

– Beri sedikit air hingga berbentuk pasta,

– Gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

6 dari 6 halaman

Bahan alami untuk mencerahkan wajah

6. Air Rendaman Beras

Jangan membuang air bekas cucian beras. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan memutihkannya. Caranya:

– Biarkan air beras agar mengendap,

– Gunakan endapan air beras sebagai masker wajah,

– Diamkan selama 20 menit,

– Bilas dengan air bersih.

7. Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Cara membuatnya:

– Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu,

– Gunakan sebagai masker,

– Diamkan selama 10 menit,

– Bilas dengan air bersih.

8. Cuka Apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah, selain itu juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan dan mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakannya:

– Campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air,

– Celuokan kapas pada cairan tersebut,

– Oleskan pada wajah.

9. Madu

Pelembab alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Caranya:

– Ambil 1 sdm madu,

– Oleskan pada wajah,

– Diamkan selama 30 menit,

– Bilas dengan air bersih.

10. Lidah Buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya.

Lidah buaya mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah. Cara membuatnya:

– Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah,

– Oleskan secara merata pada kulit wajah,

– Diamkan selama 15 menit,

– Bilas dengan air bersih.

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *