Polisi Sri Lanka Tangkap 3 Orang di Kolombo, 21 Granat Disita

Kolombo – Polisi Sri Lanka menangkap tiga orang dan menyita 21 granat buatan sendiri serta enam pedang dalam razia di Kolombo. Namun, belum jelas apakah razia tersebut terkait dengan rentetan teror bom Paskah yang menewaskan ratusan orang.

Sebelumnya, dari perkembangan terbaru, memperlihatkan sekelompok pelaku bom bunuh diri berasal dari keluarga kaya. Seorang di antaranya adalah perempuan.

Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan terkoordinasi terhadap tiga gereja dan empat hotel itu. Jika konfirmasi tersebut benar, maka serangan ini adalah yang paling mematikan yang dikaitkan dengan keterlibatan kelompok teroris itu.

Pemerintah Sri Lanka dan AS menyatakan skala dan kecanggihan serangan terkoordinasi ini memperlihatkan adanya keterlibatan kelompok eksternal seperti ISIS. ISIS sendiri telah merilis video, Selasa malam, melalui Kantor Berita AMAQ, yang memperlihatkan delapan orang, hanya satu yang tidak mengenakan penutup wajah, berdiri di bawah bendera hitam dan menyatakan sumpah setia kepada Abu Bakar Al-Baghdadi.

(mae/zap)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Motif Terduga Pelaku Pembobolan 21 Kotak Suara Pilpres di Banyumas

Liputan6.com, Banyumas – Warga Banyumas, Jawa Tengah khususnya di Kecamatan Patikraja dibikin heboh peristiwa pembobolan atau perusakan kotak suara Pilpres 2019 di kecamatan ini, Jumat malam lalu, 19 April 2019.

Dua orang yang belakangan diketahui sebagai EL dan TS kedapatan membuka 21 kotak suara yang berisi logistik Pilpres 2019 yang tersimpan di sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patikraja, sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat itu, seorang saksi melihat gelagat mencurigakan di gudang penyimpanan logistik pemilu yang telah dilaksanakan dua hari sebelumnya. Saat itu, petugas PPK, Panwas dan para petugas partai tengah melaksanakan rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu 2019.

Sadar aksinya ketahuan, kedua terduga pelaku pembobolan kotak suara Pilpres 2019 lantas melarikan diri. Namun, tak berapa lama kemudian, keduanya kembali ke sekretariat PPK usai dihubungi oleh Ketua PPK Patikraja.

Situasi sempat memanas ketika keduanya kembali ke sekretariat. Tetapi, kekisruhan itu cepat diredam.

Belakangan diketahui, kedua terduga pelaku pembobolan kotak suara pilpres ini membawa kabur formulir C1, C, dan C5 dari puluhan kotak suara Pilpres 2019 ini.

“Yang dibawa itu form C1, C2, dan C5. Tapi sudah ada yang dibuka belum dibawa, kotak dari TPS 13,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Miftahudin, Minggu (21/4/2019).

Mendapati laporan pembobolan kotak suara Pilpres 2019 ini, Bawaslu dan Sentra Gakumdu langsung menuju ke lokasi kejadian. Malam itu juga, Bawaslu dan Sentra Gakumdu Banyumas mengklarifikasi dugaan pelanggaran pemilu ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Viral Video Polisi Tolong Nenek yang Kesasar saat Berangkat ke TPS

Hasil Liga Spanyol: Barcelona Atasi Perlawanan Sociedad 2-1

BarcelonaBarcelona sukses mengatasi perlawanan Real Sociedad di pekan ke-33 Liga Spanyol. Blaugrana menang tipis 2-1.

Barcelona sempat kesulitan menghadapi Sociedad di Camp Nou, Minggu (21/4/2019) dini hari WIB. Tim tamu tampil cukup disiplin mengawal wilayahnya.

Peluang pertama Barcelona baru datang di menit ke-27. Lionel Messi melepaskan tendangan bebas, namun bolanya masih mengarah ke atas gawang Sociedad.

Sociedad justru bisa sesekali mengancam. Di menit ke-36, Juanmi melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti, namun bolanya bisa digagalkan Marc-Andre Ter Stegen. Bola muntahnya pun gagal dimaksimalkan Willian Jose, dengan sepakannya melambung ke atas.

Jelang turun minum, Barcelona akhirnya memecah kebuntuan. Di menit ke-45, Clement Lenglet menyundul bola kiriman Ousmane Dembele dari sisi kiri, dan mengarahkannya ke tiang jauh gawang Sociedad. Tuan rumah unggul 1-0 saat jeda.

Di babak kedua, Sociedad berusaha menekan Barcelona. Di menit-menit awal selepas istirahat, Willian Jose dan Mikel Oyarzabal sempat menebar ancaman ke lini pertahanan Gerard Pique dkk.

Sociedad bahkan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-62. Juanmi yang merobek gawang tuan rumah, usai meneruskan umpan terobosan Mikel Merino. Ia bisa mengarahkan bola ke gawang Barcelona, tanpa bisa diantisipasi Ter Stegen. Skor menjadi 1-1.

Barcelona merespons cepat gol itu. Baru dua menit selepas kedudukan kembali imbang, Barcelona berbalik unggul lagi lewat aksi Jordi Alba. Sepakan kaki kanannya dari sisi kiri kotak penalti meluncur mulus ke pojok kanan gawang lawan yang dijaga

Sociedad sempat kembali mengancam di menit ke-76. Luca Sangali melepaskan percobaan dari luar kotak penalti, namun bolanya masih mengarah tinggi. Tiga menit berselang, gantian Barcelona mencoba peruntungannya lewat Ivan Rakitic, namun sepakan sang gelandang masih melenceng ke sisi kiri dari gawang lawan.

Hingga laga tuntas, tidak ada gol tambahan tercipta sehingga Barcelona menang 2-1 atas Sociedad. Hasil ini membuat Barcelona kini mengoleksi 77 poin dari 33 laga, kembali unggul sembilan poin dari Atletico Madrid, yang sebelumnya mengalahkan Eibar 1-0.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Lenglet, Alba, Vidal (Roberto 90′), Rakitic, Arthur (Busquets 56′), Messi, Dembele (Coutinho 72′), Suarez

Real Sociedad: Rulli, Munoz, Llorente (Barrenetxea 87′), Elustrondo, Zaldua, Oyarzabal, Pardo, Elorza (Fuentes 54′), Merino, Jose, Juanmi (Sandro 87′) (yna/ran)


21 Ribu TPS Sudah Masuk, Ini Data Real Count KPU

Jakarta – Penghitungan suara terus dilakukan KPU. Pada sore hari ini, sudah ada data dari 21 ribu TPS yang masuk.

Diihat detikcom, Jumat (19/4/2019), pada pukul 17.45 WIB, sudah masuk data dari 21.153 TPS (2,60073%). Diketahui total ada 813.350 TPS pada Pemilu 2019.

Berikut ini real count sementara seperti dilihat dari situs KPU:
Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapatkan 2.206.564 (54,9%)
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 1.812.407 (45,10%).
Tonton Video:Blak blakan Jokowi: Misi Setelah Menang Lagi

[Gambas:Video 20detik]

Sebagaimana diketahui, rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar pada Rabu (22/5) nanti.
Terkait situng di situs KPU ini, sebelumnya Ketua KPU Arief Budiman menuturkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan dimasukkan ke formulir C1. Kemudian, formulir itu akan dimasukkan ke situng oleh KPU kabupaten/kota untuk dipublikasikan.

“KPPS-KPPS sudah selesai menghitung, lalu memasukkan formulir C1, kemudian formulir C1 yang dikirim ke KPU kabupaten/kota, lalu di-scan masuk ke dalam server kita dan dipublikasikan, itu situng,” ujar Arief di Rutan Cipinang, Jaktim.

KPU meminta para capres-cawapres tak lagi mengklaim kemenangan Pilpres 2019. KPU meminta semua pihak menunggu penghitungan resmi.

“Saya kira klaim dari pihak masing-masing kan tentu ditolak oleh pihak yang lain, gitu ya. Karena ini wajar, ini adalah kontestasi politik, KPU sangat menyadari itu, karena itu KPU menyediakan publikasi mengenai hasil penghitungan suara agar sudahlah klaim-klaim dari masing-masing pihak itu disudahi, silakan menunggu proses penghitungan yang dilakukan oleh KPU,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada wartawan, Jumat (19/4/2019).

Simak Juga ‘Hasil Penghitungan Suara di TPS Capres-Cawapres’:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pantauan Iklan di TV: Tim Jokowi Rogoh Kocek Rp 2,1 M, Tim Prabowo Rp 2 M

Jakarta – Yayasan SatuDunia Indonesia merilis laporan pemantauan konten kampanye iklan capres di televisi nasional. Hasilnya Tim Jokowi-Ma’ruf Amin lebih banyak beriklan dan menghabiskan dana iklan lebih banyak di televisi dibandingkan Tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Yayasan SatuDunia Firdaus Cahyadi mengatakan data tersebut diperoleh dari pemantauan iklan kampanye sepanjang waktu 24 Maret 2019-7 April 2019 pukul 13.00 s/d 23.00 (10 jam). Adapun data yang dianalisis 69 iklan spot berdasarkan iklan yang tayang di 4 televisi dari 10 televisi yang dipantau, yaitu MetroTV, Tvone, SCTV, dan Global TV.

“SatuDunia sekarang sedang melakukan pemantauan terhadap 10 televisi nasional dan itu kita hitung frekuensi kemunculannya dan isu terkait iklan,” kata Firdaus, di Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2019).

Sementara itu kalau dilihat dari frekuensi penayanannya, paslon Jokowi-Ma’ruf Amin lebih banyak beriklan di TV sebanyak 41. Sementara paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebanyak 21 iklan sepanjang periode tersebut.

Selain itu Firdaus juga mengomentari tentang materi kampanye yang disampaikan paslon di televisi. Menurutnya tiap paslon masih jualan iklan terkait ekonomi, tetapi belum menyinggung soal korupsi, perempuan, hingga persoalan buruh seperti yang selama ini dipersoalkan beberapa LSM.

“Kedua capres masih menganaktirikan sejumlah isu yang bagi masyarakat sipil krusial. Kami beberapa kali mengikuti teman-teman diskusi di bidang buruh kalau perlu golput kalau kedua capres nggak ngomong tentang buruh. Apakah kedua capres ngomong juga banyaknya buruh bangunan tewas dalam bekerja. Misal ngomongin infrastrutur tapi mereka nggak bicara berapa banyak korban yang meninggal akibat infrastruktur yang menurut buruh belum di bicarakan,” imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan proporsi jumlah biaya kampanye di televisi kedua paslon, Jokowi-Ma’ruf merogoh kocek Rp 2.139.000.000. Sedangkan Prabowo-Sandi merogoh kocek Rp 2.003.000.000.

“Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk kampanye di media televisi Metro TV dan TV One lebih besar daripada pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Sedangkan jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pasangan Prabowo – Sandiaga Uno untuk kampanye di media televisi SCTV dan Global TV lebih besar daripada pasangan Jokowi-Sandiaga Uno,” imbuh Firdaus.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Abhan mengapresiasi adanya laporan itu. Bawaslu menyebutkan pengawasan iklan kampanye dilakukan dengan berkoordinasi dengan KPI.

“Kami apresiasi apa yang tadi disampaikan terkait pemantauan ini. Tentu ini akan banyak memberikan informasi kepada Bawaslu terkait dengan pengawasan kampanye di media massa cetak dan elektronik,” ujar Abhan.

Bawaslu menyoroti KPU terkait fasilitas kampanye iklan peserta pemilu. Dalam PKPU seharusnya KPU menyediakan 10 spot iklan untuk peserta pemilu, namun KPU hanya mampu menyanggupi 3 spot iklan. Namun menurutnya dari hasil pemantauan Bawaslu belum ada pelanggaran iklan kampanye.
(yld/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Petisi Justice For Audrey di Change.org Tembus 2,1 Juta Tanda Tangan

Ilustrasi/copyright shutterstock

Sebelumnya, tagar Justice For Audrey (#JusticeForAudrey) menjadi trending topic di lini masa Twitter Indonesia. Tagar ini viral dikicaukan oleh warganet di lini masa Twitter, Selasa (9/4/2019).

Ada apa dengan tagar Justice For Audrey dan siapakah Audrey yang dibela keadilannya oleh warganet?

Rupanya, kasus ini merupakan bentuk perisakan atau bullying terhadap seorang siswi SMP bernama Audrey yang bersekolah di sebuah SMP negeri di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kasus ini pertama kali diungkap oleh pengguna medsos Twitter dengan akun @syarifahmelinda.

Ia menceritakan dalam serial tweet Audrey (Justice For Audrey) pelajar 14 tahun itu dikeroyok dan dianiaya oleh 12 orang pelajar SMA di Pontianak pada 29 Maret 2019.

Rupanya, masalah dipicu dari saling sindir di WhatsApp terkait dengan hubungan asmara salah satu pelaku berinisial Da. Da diketahui merupakan pacar dari mantan kekasih kakak perempuan korban.

“Semua pelaku merupakan teman-teman kakaknya. Mereka menggunakan korban untuk memancing kakaknya ke luar dari rumah,” cerita @syarifahmelinda.

Konflik di Libya Meningkat, 21 Orang Tewas

Jakarta – Konflik yang terjadi di Libya meningkat ketika pasukan kuat Khalifa Haftar melancarkan serangan udara di pinggiran Tripoli. Pemerintahan yang didukung PBB berjanji melakukan serangan balasan besar-besaran.

Dilansir dari AFP, Minggu (7/4/2019), Pertempuran sengit kembali terjadi pada Minggu pagi di selatan ibu kota antara Tentara Nasional Libya (LNA) di bawah komando Haftar dan pasukan yang mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional.

Bentrok itu terjadi di wilayah pertanian Wadi Raba dan bandara internasional di selatan ibukota hancur. Juru bicara pasukan pro-GNA mengumumkan serangan balasan terhadap pasukan Haftar.

Kolonel Mohamed Gnounou mengatakan kepada wartawan bahwa operasi “Kemarahan Gunung Berapi” ditujukan untuk “membersihkan semua kota-kota agresi dan pasukan tidak sah Libya” ini merujuk pada para pejuang Haftar.

LNA mengatakan pihaknya telah melakukan serangan udara pertama di pinggiran Tripoli. Serangan menentang seruan dari komunitas internasional untuk menghentikan permusuhan.

PBB menyerukan gencatan senjata dua jam yang mendesak untuk memungkinkan evakuasi warga sipil dan yang terluka. Sementara pemerintah persatuan mengatakan pertempuran sejauh ini telah menewaskan 21 orang.

Persaingan antara kedua kubu ini mengancam untuk menjerumuskan negara ke dalam perang saudara. Libya yang kaya minyak terbelah oleh kekacauan sejak pemberontakan yang didukung NATO pada 2011 menewaskan Muammar Gaddafi.

Pemerintah saingan dan kelompok-kelompok bersenjata berjuang untuk mendapatkan kekuasaan. Upaya berulang untuk menemukan solusi damai gagal.
(ibh/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketatnya FP2 MotoGP Argentina: 21 Pebalap Berjarak Tak Sampai 1 Detik

Rio Hondo – Sesi latihan bebas kedua MotoGP Argentina berlangsung ketat. Selisih waktu di antara 21 pebalap teratas tidak sampai satu detik.

Pada sesi FP2 MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (29/3/2019) waktu setempat, persaingan ketat terjadi pada 10 menit terakhir. Para pebalap berlomba-lomba membukukan catatan waktu terbaik demi mengamankan posisi di 10 besar dan langsung ke Q2.

Andrea Dovizioso tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 39,181 detik. Rider Ducati itu cuma unggul 0,009 detik atas Jack Miller yang ada di posisi kedua.

Ketatnya sesi latihan bebas kedua terlihat dari selisih waktu di antara pebalap. Perbedaan catatan waktu dari 21 pebalap teratas tidak sampai satu detik.
Jorge Lorenzo, yang menempati posisi ke-21 pada sesi FP2, mencatatkan waktu 1 menit 40,159 detik. Itu berarti selisih waktunya dengan Dovizioso tak sampai satu detik, tepatnya 0,978 detik.

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco, menilai ada beberapa alasan mengapa catatan waktu para pebalap tidak berbeda jauh.

“Ini adalah trek cepat, catatan waktu kami di bawah satu menit 40 detik, jadi itulah kenapa saya kira gapnya tidak begitu besar,” kata Zarco kepada situs resmi MotoGP.

“Dan level cengkeramannya tidak terlalu bagus, jadi saya pikir pebalap terbaik saat ini tidak benar-benar bisa memaksimalkan potensi motornya, jadi itu memberi kami peluang untuk lebih bisa bersaing.”

Sudah sengit sejak latihan bebas, sesi kualifikasi pun diprediksi juga bakal berjalan ketat. Sesi kualifikasi MotoGP Argentina akan digelar pada Minggu (31/3/2019) dini hari WIB.

“0,1 detik bisa mengeser kami dari posisi kelima atau keenam, jadi tentu kualifikasi akan berat. Kami harus membalap sampai pada batasnya, tidak membuat kesalahan agar dapat posisi sebaik mungkin,” ujar pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

(nds/fem)