Sandi Nilai Perlu Referendum Sebelum Ibu Kota Dipindah, Istana: Tak Sejauh Itu

Jakarta – Eks cawapres 2019 Sandiaga Uno menyebut perlu ada jajak pendapat kepada masyarakat atau referendum sebelum wacana pemindahan ibu kota direalisasikan. Istana menilai tidak perlu sampai dilakukan referendum.

“Saya pikir kita punya dewan yang mewakili ada anggota dewan. Kemarin Presiden minta izin kepada anggota dewan untuk nantinya bisa merestui karena nanti akan dilarikan ke Undang-undang. Jadi tidak sejauh itulah,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di gedung Krida Bhakti, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Ibu kota akan dipindah ke Pulau Kalimantan. Namun rencana tersebut mendapat kritikan. PKS DKI Jakarta misalnya yang menyebut perekonomian di Indonesia sedang terpuruk.
“Kalau melihatnya sekarang, kan kita melihatnya jauh ke depan. Melihatnya ya kalau hanya sekarang ya kita melihat memikirkan Indonesia yang memikirkan 100 tahun ke depan, bukan memikirkan 5 tahun, 10 tahun ke depan. Kalau tidak dimulai, kapan lagi?” ujar Moeldoko.

“Karena inisiasi mengembangkan ibu kota kan sudah lama. Kalau dipikirkan terus kan tidak terealisasi. Terus kapan mau move on-nya? Ini mau di-move on-kan,” imbuh eks Panglima TNI tersebut.

Sandi sebelumnya mempertanyakan urgensi pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Sandi menegaskan pemindahan ibu kota bukan urusan prioritas.

Kalau saya melihat ini sangat strategis buat referendum, sampaikan seluruh warga Indonesia setuju nggak pindahkan ibu kota? Sehingga masyarakat menjadi bagian dari pengambilan keputusan tersebut,” ujar Sandi dalam diskusi ‘Selamatkan Indonesia dari Kebangkrutan’ di Gedung Joang 45, Jl Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).
(dkp/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Setneg: Mobil Dinas Menteri Tak Layak Pakai

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyampaikan klarifikasi terkait sejumlah pemberitaan mengenai pengadaan mobil dinas menteri anggota Kabinet Kerja, pejabat setingkat menteri, ketua/wakil ketua MPR, DPR, dan DPD.

Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto menyampaikan, bahwa pengadaan kendaraan itu dilakukan karena usia kendaraan telah lebih dari 10 tahun. Sementara, untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada tahun 2005 dan 2009.

“Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidanan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” kata Eddy Cahyono seperti dikutip dari laman Setkab.go,id, Jumat (23/8/2019).

Ditambahkan Eddy, mobil dinas menteri yang sekarang digunakan itu membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis, seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian

Dengan pertimbangan teknis tersebut, lanjut Asdep Humas Kemensetneg, maka pengadaan mobil dinas baru dilakukan.

2 dari 4 halaman

Bakal Melalui Tender

Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada 2019 ini Kemensetneg mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak 2 (dua) unit melalui Sistem Penunjukan Langsug, mengingat diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden.

Sedangkan 101 unit kendaraan bagi para anggota kabinet 2019-2024 dan pejabat setingkat menteri, serta pimpinan lembaga negara, menurut Asdep Humas Kemensetneg itu, dilakukan melalui Sistem Tender Umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online.

“Dalam prosesnya telah dikonsultasikan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan juga merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri,” jelas Eddy.

3 dari 4 halaman

Jenis Kendaraan Baru Menteri

Eddy Cahyono menambahkan sesuai hasil tender umum, dari beberapa penyedia yang memasukan penawaran, PT Astra International Tbk-TSO., dinyatakan sebagai pemenang. Lalu diperoleh Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon

Adapun anggaran untuk pengadaan kendaraan tersebut, menurut Eddy, tercantum dalam DIPA 2019 Kemensetneg yang sudah melalui pembahasan dan persetujuan DPR RI, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Polisi Pastikan Ular yang Tewaskan Satpam Gading Serpong Bukan Peliharaan

Tangerang – Seorang satpam Cluster Michella, Iskandar tewas setelah digigit seekor ular jenis weling. Polisi memastikan, ular itu tidak ada yang memelihara.

“Tidak ada, itu ular liar yang ditangkap dan matok (gigit, red),” kata Kapolsek Kelapa Dua Kompol Effendi saat dihubungi detikcom, Jumat (23/8/2019).

Effendi tidak mengetahui persis dari mana datangnya ular itu. Namun dia menduga, ular itu berasal dari Sungai Cisadane.


“Tempat itu kan dulunya rawa, dekat Sungai Cisadane,” kata Effendi.

Effendi menduga, ular tersebut ke perumahan karena musim kemarau.

“Kalau kemarau panjang ini mungkin pada keluar. Kan ular juga makhluk hidup perlu minum,” katanya.

Sebelumnya, Iskandara diminta warga setempat untuk menangkap ular weling. Iskandar berhasil menangkap ular itu dengan tangan kosong.

Namun tiba-tiba ular itu menggigit Iskandar di bagian jari telunjuk kiri. Dia kemudian mencoba mengeluarkan racun bisa dengan mengisap darah di bagian telunjuknya.

Setelah itu Iskandar sempat memainkan ular tersebut. Selang setengah jam kemudian, dia mengalami lemas hingga pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Iskandar tewas pada Rabu (21/8) pagi. Keluarga telah memakamkan jenazah Iskandar di hari yang sama.

(mei/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Jokes Lawas Ini Benar Adanya, Sukses Bikin Geregetan

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas netizen Tanah Air jangan diragukan lagi. Selalu bisa mengundang gelak tawa dari konten yang mereka bikin. Seperti membuat jokes lawas yang kocak banget.

Selain kocak, jokes yang dibuat netizen ini benar adanya. Mulai dari jokes belum tamat sekolah sudah diangkat PNS hingga gambar cowok enggak jelas. Jokes tersebut sukses buat siapa saja yang membacanya jadi senyum nyengir.

Tak disangka jokes lawas yang benar adanya ini menjadi viral di media sosial. Banyak netizen merasa terhibur dengan adanya jokes lawas yang lucu. Wajar saja jika sekarang banyak sekali jokes serupa bertebaran di media sosial.

Penasaran kan selucu apa jokes lawas yang benar adanya? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @receh.id & @recehtapisayang, Jumat (23/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Gara-gara pingsan, murid ini diangkat PNS. Bener juga kan?

3 dari 6 halaman

2. Perintahnya sih suruh perhatikan tangga, tapi enggak gitu juga kali

4 dari 6 halaman

3. Cowoknya memang enggak jelas banget.

5 dari 6 halaman

4. Tinggal pakai selimut, mimpi indah deh si susu

6 dari 6 halaman

5. Ya enggak di situ juga kali belinya. Bener-bener bikin geregetan.

6 Pesona Yuli Fonataba, Putri Papua 2018 yang Kini Jadi News Anchor

Liputan6.com, Jakarta Yuli Fonataba, jebolan Putri Indonesia 2018 yang mewakili Papua membawa kabar bahagia. Pada Kamis (22/8/2019), gadis berusia 23 tahun itu akhirnya memulai kariernya sebagai seorang news anchor atau pembawa acara berita.

Lewat akun Instagram pribadinya, Yuli Fonataba tampak mengungkapkan rasa bangganya. Yuli Fonataba didapuk untuk menyuguhkan berita terhangat kepada publik Indonesia melalui portal berita Liputan6 di stasiun TV nasional, SCTV.

Meski gagal meraih mahkota Puteri Indonesia 2018, pemilik nama lengkap Yuliana Pitornella Fonataba itu meninggalkan kesan tersendiri di hati publik Tanah Air. Pasalnya, di usianya yang masih muda, optimisme dan semangat besar tertanam di jiwa putri Papua itu.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 6 potret pesona Yuli Fonataba yang baru saja terjun di dunia pertelevisian, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (23/8/2019).

2 dari 7 halaman

1. Sebelum menjadi seorang news anchor, Yuli Fonataba sempat bercita-cita menjadi seorang supermodel.

3 dari 7 halaman

2. Terlahir sebagai putri Papua, Yuli Fonataba memilih untuk melanjutkan studinya di sebuah universitas di Yogyakarta.

4 dari 7 halaman

3. Yuli Fonataba begitu memesona dengan postur tubuh setinggi 170 cm.

5 dari 7 halaman

4. Pada tahun 2017, Yuli pernah menjadi anggota organisasi Duta Muda Asean.

6 dari 7 halaman

5. Selepas Puteri Indonesia 2018, Yuli mulai kebanjiran tawaran untuk jadi model runway di berbagai event fashion show.

7 dari 7 halaman

6. Kini, Yuli Fonataba tengah merintis kariernya di dunia pertelevisian sebagai seorang news anchor.

Jelang Akhir Pekan, Harga Daging Ayam Stabil

Liputan6.com, Jakarta – Harga daging ayam terpantau stabil di pasar tradisional. Menurut pantauan tim Liputan6.com, pilihan harga daging ayam bervariasi mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kgnya.

Harga ini tidak berubah sejak pekan lalu. Salah satu pedagang daging ayam, Erni (30) mengatakan penjualan di lapak miliknya juga tetap laris seperti biasa.

“Harganya nggak naik turun, Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribuan tergantung gede kecilnya. Kalau pelanggan, tetap ya masih beli, nggak ada penurunan,” ujarnya pada Liputan6.com, Jumat (23/08/2019).

Harga daging ayam kecil dipatok Erni sebesar Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg, sedangkan ukuran besar dilabeli seharga Rp 40 ribu per kgnya. Untuk bagian lain seperti kulit dijual Rp 25 ribu per kg, kepala Rp 10 ribu per kg dan ceker Rp 20 ribu per kg.

Sementara, Juju (45) juga menjual dengan harga yang tidak jauh berbeda. Dirinya turut menjual varian fillet dari daging ayam seharga Rp 45 ribu.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Pedagang Lebih Pasti

Juju mengaku kestabilan harga ini membuat pendapatannya semakin pasti.

“Ya berpengaruh (kestabilan harga daging ayam), jadi pendapatan per hari juga lebih pasti, supaya besok bisa dikira-kira beli apa aja,” tuturnya.

Untuk daging sapi, harganya masih di angka Rp 120 ribu per kg, baik untuk daging sapi murni (semur) maupun has (paha belakang).

Daging kambing juga dipatok Rp 110 ribu per kg serta daging babi berlemak Rp 76 ribu per kg.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

80 Imigran Ilegal Termasuk 37 WNI Ditangkap di Hutan Malaysia

Kuala Lumpur – Otoritas imigrasi Malaysia menggerebek sebuah permukiman ilegal yang dibangun di kawasan hutan Segambut Dalam. Sedikitnya 80 imigran ilegal termasuk puluhan warga negara Indonesia (WNI) ditahan dalam operasi penggerebekan itu.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir media lokal Malaysia, Malay Mail, Jumat (23/8/2019), permukiman ilegal itu diketahui ditinggali lebih dari 100 imigran asing saat penggerebekan dilakukan oleh personel Departemen Imigrasi Malaysia dalam operasi bernama ‘Op Sapu’.

Penggerebekan itu berlangsung selama empat jam pada Jumat (23/8) waktu setempat, mulai pukul 01.30 dini hari. Lokasi penggerebekan ada di titik berjarak sekitar 500 meter di bagian dalam hutan belantara.



Kepala Unit Intelijen dan Operasi pada Departemen Imigrasi Kuala Lumpur, Mohd Sharulnizam Ismail, dalam pernyataannya kepada wartawan setempat menyebut sekitar 80 imigran ilegal ditangkap atas berbagai pelanggaran hukum dalam operasi itu.

“Sekitar 117 orang diperiksa dan 80 orang di antaranya ditangkap, termasuk 70 pria dan 10 wanita,” sebut Mohd Sharulnizam dalam pernyataannya.

“Mereka yang ditangkap terdiri dari 42 warga Bangladesh, 37 warga Indonesia dan satu dari Vietnam,” tuturnya lebih lanjut.

Disebutkan lebih lanjut oleh Mohd Sharulnizam, para imigran ilegal berusia 20-45 tahun itu dibawa ke markas Imigrasi Kuala Lumpur untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Mereka yang ditangkap disebut melakukan berbagai pelanggaran aturan imigrasi, seperti overstaying dan tidak memiliki dokumen sah. Kasus-kasus ini tengah diselidiki di bawah pasal 6 ayat 1 Undang-undang Imigrasi tahun 1959/63 dan pasal 15 ayat 1 Undang-undang Imigrasi yang sama.

Permukiman ilegal di dalam hutan itu diyakini dibangun dalam jangka waktu tiga tahun terakhir. Terdapat 50 kamar, yang dilengkapi suplai air dan listrik, di area permukiman ilegal itu. Sebagian besar permukiman itu dibangun dari kayu dan seng.

Terdapat juga para mandor yang mempekerjakan para imigran ilegal ini, yang bertugas membangun rumah-rumah kontainer di lokasi tersebut.

“Semuanya diyakini bekerja di sekitar area tersebut, termasuk di lokasi proyek konstruksi dan ada juga musala dan kantin yang dibangun di sana. Ada beberapa ekor ayam betina dan ayam jantan di bagian belakang, diyakini untuk aktivitas sabung ayam,” tutur Mohd Sharulnizam.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ular yang Menggigit Tewas Satpam Gading Serpong Jenis Weling

Tangerang – Iskandar, seorang satpam di Cluster Michella, Gading Serpong, Serpong, Tangerang, tewas setelah digigit ular berbisa. Ular tersebut merupakan jenis ular weling.

“Itu ular weling atau welang (belang), sepaham saya itu berbisa,” kata Kapolsek Kelapa Dua Kompol Effendi saat dihubungi detikcom, Jumat (23/8/2019).

Ukuran ular itu sendiri tidak terlalu besar. “Nggak terlalu besar, tapi lumayan panjang,” imbuh Effendi.


Effendi menduga, korban tidak mengetahui jika ular yang menggigitnya merupakan salah satu ular berbahaya. Iskandar sendiri tidak langsung mencari pertolongan pertama setelah digigit ular.

“Jadi menurut analisa saya korban ini tidak paham kalau ular itu berbisa,” jelasnya.

Iskandar sempat mencoba mengeluarkan racun bisa dari telunjuknya yang digigit ular. Iskandar juga sempat memainkan ular itu setelah dia digigit ular tersebut.

“Karena kita lihat dari rentang waktu dia kena, itu lukanya juga dikit. Rentang waktu dia digigit itu 10 jam, baru meninggal Rabu (21/8) pagi,” tuturnya.

Iskandar merasakan lemas setelah setengah jam kemudian. Warga sempat membawanya ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Iskandar dinyatakan meninggal pada Rabu (21/8) sekitar pukul 05.30 WIB. Keluarga memakamkan Iskandar pada hari itu juga, sedangkan kasus ini dilaporkan ke polisi pada Kamis (22/8) kemarin.

(mei/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Idap Kanker, Pria Ini Bagikan Foto Haru Saat Pangkas Rambut Istrinya

Liputan6.com, Jakarta Secara umum ada beberapa jenis penyakit kanker yang sering dikenal seperti kanker darah, kanker kulit, kanker serviks, kanker payudara dan lainnya. Dari berbagai jenis kanker tersebut, kanker yang biasa atau sering diidap yaitu kanker payudara.

Mengidap kanker payudara hampir sama dengan kanker lainnya yang mengharuskan dirawat dengan kemoterapi. Istilah kemoterapi merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker.

Dampak dari kemoterapi paling sering ditemui yaitu rontoknya rambut. Hal inilah yang kerap kali membuat para pasien kanker harus merelakan rambutnya habis akibat efek dari obat-obatan.

Kesedihan akibat dari kemoterapi ini juga dirasakan oleh seorang pria bernama Kelsey Johnson. Istrinya bernama Charlie mengidap kanker payudara. Pria ini memutuskan untuk mengabadikan potret ketika dirinya dengan penuh haru mencukur rambut istrinya sendiri.

Mandy Parks, seorang fotografer yang membantu Johnson untuk mengabadikan momen itu pun berhasil menangkap momen haru suami tersebut hingga menangis. Berikut ini 6 hasil jepretan Mandy Parks ketika mengabadikan momen haru Johnson yang mencukur habis rambut istrinya yang mengidap kanker payudara, dilansir dari Facebook Mandy Parks Photography oleh Liputan6.com, Jumat (23/8/2019). 

2 dari 7 halaman

1. Charlie adalah sosok wanita yang divonis mengidap kanker payudara dan harus menjalani serangkaian pengobatan

3 dari 7 halaman

2. Pengobatan yang ia jalani adalah kemotrapi yang membuat rambutnya sering rontok

4 dari 7 halaman

3. Charlie dan suaminya, Kelsey Johnson, memutuskan untuk mengabadikan momen haru mencukur rambut Charlie

5 dari 7 halaman

4. Di tangan Kelsey Johnson, ia mencukur habis rambut istri tercintanya

6 dari 7 halaman

5. Karena melihat rambut istrinya yang perlahan habis, Johnson tak kuasa menahan air matanya

7 dari 7 halaman

6. Meski begitu, pasangan ini membuktikan bahwa penampilan bukan penentu seberapa besar cinta dan kasih satu sama lain

Merayakan Keajaiban Dunia Disney di D23 Expo 2019

Annaheim – Digelar setiap dua tahun sekali, perayaan akbar untuk memasuki lebih dalam tentang segala keajaiban kisah animasi hingga film-film favorit dari Disney digelar dalam D23 Expo. Disney membawa segala keceriaan dari masa lalu, masa kini hingga masa datang dalam D23.

Acara ini digelar mulai 23-25 Agustus 2019 di Annaheim, Convention Center, California, AS. D23 merupakan fan club resmi dari Disney yang pertama kali diperkenalkan oleh CEO The Walt Disney, Bob Iger di 2009.

Nama D23 sendiri diambil dari kata Disney dan 23 merujuk pada tahun 1923 momen di saat Walt Disney mendirikan perusahaan hiburan ini.

detikHOT berkesempatan menjadi bagian dari perayaan tersebut. Akan ada rangkaian pengumuman penting dari proyek-proyek film DIsney ke depan termasuk animasi hingga rencana perusahaan hiburan ini meluncurkan streaming Disney+ hingga rencana pembangunan wahana di Disneyland dan resort.

Tahun ini Disney juga akan memberikan penghormatan kepada 11 tokoh yang mereka sebut Disney Legends. Ini akan menjadi salah satu bagian menarik di ajang D23 Expo 2019.

Selebihnya ada berbagai panel lain yang akan mengisi acara ini. D23 Expo menghadirkan puluhan paviliun yang memperlihatkan beragam keajaiban Disney dari sosok-sosok princess hingga superhero.

Simak Video “Ini yang Ditawarkan Disney+ untuk Saingi Netflix
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)

Photo Gallery