Bawaslu Kampar Belum Putuskan Nasib Pencoblos 20 Suara untuk 02

Kampar – Bawaslu Kampar, Riau belum memutuskan kasus pencoblosan 20 surat suara pilpres untuk 02. Proses pemeriksaan masih berlanjut.

“Kita belum memutuskan apa pelaku dijadikan tersangka atau tidak oleh Sentra Gakkumdu. Ini karena proses pemeriksaan masih terus berlanjut,” kata Ketua Devisi dan Informasi Bawaslu, Kampar, Edwar kepada detikcom, Sabtu (20/4/2019).

Edwar menjelaskan, pihaknya juga memeriksa sejumlah saksi terkait kasus ini. Di antaranya 4 anggora KPPS yang ada di lokasi TPS 02 Desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang, Kampar.
“Kami juga memeriksa sejumlah saksi lainnya dari masyarakat. Saksi masyarakat ini yang melihat langsung adanya warga inisial M yang membawa kertas suara pilpres 20 lembar yang telah dicoblosnya,” kata Edwar.

Dalam kasus ini, kata Edwar, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan. Pihaknya juga masih punya waktu dalam proses penyelidikan bersama tim Sentra Gakkumdu.

“Kita belum bisa sampaikan secara menyeluruh hasil pemeriksaan. Karena masih ada proses lanjutan,” kata Edwar.

Sebagaimana diketahui, warga insial M di bilik suara mencoblos 20 lembar kertas suara pilpres untuk 02. Namun aksinya ini diketahui oleh anggota Panwas Kampar. Pelaku langsung diamankan dan dilaporkan ke Sentra Gakkumdu.
(cha/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Warga Kampar Coblos 20 Surat Suara untuk 02, 4 Anggota KPPS Diperiksa

Kampar – Seorang warga di Kabupaten Kampar, Riau bisa mencoblos 20 surat suara pilpres untuk paslon 02. Kini, 4 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPSS) diperiksa Sentra Gakkumdu.

“Selain pelaku yang mencoblos 20 surat suara pilpres, kita juga memeriksa 4 anggota KPPS,” kata Kepala Divisi Data dan Informasi, Bawaslu Kampar, Edwar kepada detikcom, Kamis (18/4/2019).

Edwar menjelaskan peristiwa pencoblosan 20 surat suara pilpres oleh pelaku inisial M terjadi di TPS 04, Desa Sipungguk Kecamatan, Bangkinang, Kampar, Riau pada Rabu (17/4). Edwar mengatakan aneh jika anggota KPPS tidak mengetahui tentang satu pemilih mencoblos 20 surat suara.
“Tim Gakkumdu tengah memintai keterangan 4 anggota KPPS yang ada di TPS tersebut. Ini jelas aneh jika anggota KPPS tersebut tidak mengetahui hal itu. Makanya kita masih dalami,” kata Edwar.

Pemeriksaan terhadap 4 anggota KPSS ini, kata Edwar, sangat penting. Langkah ini untuk mengungkap bagaimana M bisa mendapatkan surat suara pilpres.

“Jadi memang pencoblosan itu hanya untuk kertas suara pilpres saja. Selebihnya untuk caleg tidak dilakukan,” kata Edwar.

Saat ini, satu pelaku dan 4 anggota KPPS tengah menjalani pemeriksaan. Barang bukti 20 surat suara dicoblos untuk 02 sudah diamankan pihak Sentra Gakkumdu Kampar.

Saksikan juga video ‘BPN Sebut Ada Surat Suara Tercoblos 01 di Sejumlah TPS’:

[Gambas:Video 20detik]

(cha/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketahuan Coblos 20 Surat Suara untuk 02, Warga Kampar Diperiksa Bawaslu

Kampar – Seorang warga Kabupaten Kampar, Riau, ketahuan mencoblos 20 surat suara Pilpres 2019. Tim Gakkumdu masih menyelidiki kasus ini.

“Iya benar ada warga inisial M yang kemarin ketahuan mencoblos 20 kertas suara pilpres,” kata Kepala Devisi Data dan Informasi, Bawaslu Kampar, Edwar kepada detikcom, Kamis (18/4/2019).

Edwar menjelaskan peristiwa tersebut tepatnya terjadi di TPS 04, Desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang, Rabu (17/4). Kini, warga tersebut masih dilakukan pemeriksaan oleh tim Gakkumdu.
“Kita bersama Setra Gakkumdu sejak kemarin sudah memintai keterangan pelaku. Dan hari ini masih dilanjutkan pemeriksaannya,” kata Edwar.

Pelaku inisial M ini, kata Edwar, bisa membawa surat suara Pilpres sebanyak 20 lembar. Surat tersebut dicoblos di bilik suara untuk paslon 02.

“Ini lagi kita proses untuk mengetahui dari mana dia dapatkan surat suara tersebut,” kata Edwar.

Saat ditanya adakah pihak tertentu yang memesan pelaku untuk melakukan hal itu, Edwar menyebut pihaknya belum bisa memastikan.

“Ini lagi kita proses lebih lanjut, untuk mengetahui bagaimana kronologinya dia bisa mendapatkan 20 surat suara itu,” tutur Edwar.
(cha/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Babak I: Messi Dua Gol, Barcelona Ungguli Man United 2-0

BarcelonaBarcelona menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Manchester United. Dua gol Barcelona dibuat oleh Lionel Messi.

Laga Barcelona vs Man United di leg kedua perempatfinal Liga Champions digelar di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Barcelona bermodal kemenangan 1-0 di leg pertama.

Sempat dapat tekanan di menit-menit awal dari MU, Barcelona membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-16 lewat sepakan Messi. Empat menit kemudian, Messi kembali membobol gawang David de Gea untuk menggandakan keunggulan Barcelona.

Jalannya Pertandingan

MU langsung mengambil inisiatif menyerang. Pertandingan berjalan belum ada satu menit, tim tamu sudah mendatangkan ancaman untuk gawang Barcelona.

Paul Pogba melepaskan umpan terobosan kepada Marcus Rashford. Ia kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan, tapi bola hanya membentur mistar gawang.

MU terus memberikan tekanan. Pressing yang dilancarkan MU sempat membuat lini belakang Barcelona panik.

Barcelona perlahan lepas dari tekanan. Pada menit ke-11, serangan Barcelona sempat menghasilkan penalti. Wasit Felix Brych menunjuk titik putih setelah menilai Fred menjatuhkan Ivan Rakitic.

Namun wasit kemudian memutuskan untuk menggunakan Video Assistant Review (VAR). Setelah melihat rekaman video, wasit membatalkan penalti untuk Barcelona.

Barcelona kemudian membuka keunggulan pada menit ke-16. Lionel Messi membawa Barcelona memimpin sekaligus menggandakan keunggulan agregat.

Berawal dari Ashley Young yang kehilangan bola di sisi kiri pertahanan MU, bola kemudian dibawa Messi mendekat ke kotak penalti. Bintang asal Argentina itu kemudian melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti dengan kaki kiri. Bola mengarah ke pojok bawah gawang tanpa bisa dijangkau oleh David De Gea.

Hanya berjarak empat menit, Barcelona menambah golnya. Messi sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini lagi-lagi berawal dari kesalahan pemain MU yang dapat tekanan di area pertahanan sendiri, kali ini giliran Fred. Bola kemudian dikuasai Messi dan ia melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Bola sempat bisa diantisipasi David De Gea, namun tetap bergulir di bawah badan kiper asal Spanyol itu.

Dua gol tersebut membuat Barcelona makin nyaman mengendalikan permainan. Namun beberapa kali upaya Barcelona tidak menemui sasaran.

MU mencoba membangun serangan yang kemudian dituntaskan oleh Pogba. Tendangan pemain Prancis itu masih bisa diamankan oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Barcelona mendapat tendangan bebas di sisi kanan dan Messi mengirimkan bola ke kotak penalti. Rakitic meneruskannya dengan sundulan, tapi De Gea mengantisipasinya dengan baik.

Di injury time, Barcelona nyaris menambah gol. Messi menggiring bola dari tengah hingga mendekati kotak penalti dan kemudian mengoper kepada Jordi Alba yang ada di sisi kiri. Alba melepaskan umpan ke tiang jauh dan bola disambar oleh Sergi Roberto. Namun De Gea bereaksi dengan baik dan memblok bola dengan tubuhnya di depan gawang.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen, Roberto, Pique, Lenglet, Alba, Rakitic, Busquets, Arthur, Messi, Suarez, Coutinho

Man United: De Gea, Jones, Smalling, Lindelof, Young, McTominay, Fred, Pogba, Lingard, Rashford, Martial

(nds/yna)

Inilah 20 Negara Teraman di Dunia

Jakarta – Faktor keamanan jadi alasan utama untuk mengunjungi sebuah negara bagi turis. Dari banyaknya negara di dunia, manakah yang paling aman?

Global Finance, majalah ekonomi mingguan AS merilis daftar negara-negara dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Hasil data ini, berdasarkan beberapa faktor yang menjadi aspek penilaian.

Seperti dilihat detikcom dari situs resmi Global Finance, Senin (15/4/2019) Global Finance menilai 3 aspek utama. Yakni perang & perdamaian, keamanan pertahanan negara dan bencana alam. Ketiga aspek ini digabungkan dan disimpulkan menjadi penilaian.

Selain itu, Global Finance juga menyingkirkan Suriah, Irak dan Afghanistan. Hal ini karena Global Finance mengacu kepada data yang dimiliki dan akses kemudahan data yang diperoleh. Selain itu, mereka juga menyingkirkan negara-negara yang tidak memiliki data lengkap atau memerlukan penelitian ekstra dan bisa menyebabkan kesalahan perhitungan.

BACA JUGA: Negara Terbaik Memerangi Pemanasan Global, Indonesia Nomor Berapa?

Posisi pertama, diduduki oleh Islandia. Negara ini menjadi ‘langganan’ pemenang negara teraman dan damai di dunia. Bukan cuma Global Finance, tetapi juga Global Peace Index dan Safe Around.

Lalu, apa kabar dengan Selandia Baru yang langganan menjadi 10 posisi pertama dan mengalami kejadian terorisme beberapa waktu lalu? Ternyata, negara tersebut mendapatkan posisi 10, yang pada tahun 2017 mendapat posisi 23. Padahal, situs Safe Around memposisikannya di peringkat 3 (2019) dan Global Peace Index di posisi 2 (2018).

Selanjutnya, posisi kedua diduduki oleh Swiss, disusul dengan Finlandia. Negara-negara Eropa menduduki posisi 5 pertama. Disusul dengan Singapura di posisi 8 sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang paling aman dalam hitungan 10 pertama.

Berikut selengkapnya, 20 negara paling aman versi Global Finance:

1. Islandia
2. Swiss
3. Finlandia
4. Portugal
5. Austria
6. Norwegia
7. Qatar
8. Singapura
9. Denmark
10. Selandia Baru
11. Kanada
12. Slovenia
13. Swedia
14. Republik Ceko
15. Spanyol
16. Irlandia
17. Estonia
18. Australia
19. Belgia
20. Jerman (sna/aff)


Liverpool Bungkam Chelsea 2-0, Mohamed Salah Cetak Gol Indah

Liverpool masih memegang kendali permainan di babak kedua. Virgil van Dijk dan kawan-kawan begitu ngotot untuk bisa menundukkan Chelsea di Anfield malam ini.

Gol pertama The Reds pun lahir pada menit ke-51 melalui Sadio Mane. Mane sukses menyambar umpan lambung dari Henderson melalui tandukan kencang di tiang jauh, yang membuat Kepa tidak mampu menjangkau bola.

Keunggulan 1-0 membuat tuan rumah semakin termotivasi melancarkan serangan. Dua menit berselang dari gol pertama, gawang Chelsea malah kembali bergetar.

Tembakan keras Mohamed Salah dari luar kotak penalti menghujam masuk ke pojok kanan atas gawang The Blues. Liverpool memimpin 2-0 atas tim arahan Maurizio Sarri.

Penguasaan bola masih didominasi oleh klub Merseyside ini, sedangkan Chelsea kesulitan mengembangkan permainan. Roberto Firmino mendapatkan peluang, tapi tendangannya pada menit ke-57 masih menyamping di gawang Chelsea.

Eden Hazard mencoba mengajak rekan-rekan setimnya bangkit dari keertinggalan. Tembakannya pada menit ke-59 harus menerpa tiang gawang dan gagal memperkecil ketinggalan Chelsea.

Gawang The Blues masih aman setelah tendangan Mohamed Salah pada menit ke-65 masih bisa ditangkap Kepa. Tim tamu mulai berani keluar menyerang, meski bola masih lebih banyak dikuasai Liverpool.

The Reds punya peluang lagi pada menit ke-79 setelah Firmino menerima umpan Mohamed Salah. Striker asal Brasil itu memutar tubuh dan melepaskan tendangan, namun bola bisa diamankan Kepa.

Para pemain Liverpool mengendurkan permainan dan tidak lagi agresif menekan Chelsea. Sayangnya, situasi ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh The Blues, yang ternyata juga kesulitan dalam membangun serangan.

Malah The Reds yang punya kans menambah gol, beruntung bola sepakan Mane bisa diselamatkan Kepa pada menit ke-89. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Liverpool tetap menang 2-0 atas Chelsea.

Kementerian KKP Tertibkan 20 Rumpon di Laut Perbatasan Indonesia-Filipina

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Kapal Pengawas Perikanan berhasil menertibkan 20 rumpon ilegal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) Laut Sulawesi yang berbatasan langsung dengan perairan Filipina.

Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP, Agus Suherman mengatakan penertiban rumpon-rumpon tersebut dilaksanakan Kapal Pengawas Perikanan (KP) Orca 04 yang dinakhodai Kapten Eko Priyono dan KP Hiu 15 dengan nakhoda Aldi Firmansyah.

“Proses penertiban oleh KP Orca 04 dilaksanakan pada 10 April 2019 atas 4 rumpon dan pada 11 April 2019 atas 12 rumpon. Rumpon-rumpon tersebut ditemukan sekitar 1 mil laut masuk ke wilayah perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) tanpa izin dan diduga kuat dimiliki oleh nelayan Filipina,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4/2019).


“Sementara itu, proses penertiban oleh KP Hiu 15 dilakukan pada 10 April 2019 atas 4 rumpon yang dipasang sekitar 6 mil laut masuk ZEEI tanpa izin dan diduga juga dimiliki oleh nelayan Filipina,” sambung dia.

“Pemasangan rumpon-rumpon tersebut dilakukan tanpa izin dari pemerintah sehingga dikategorikan ilegal dan diduga dimiliki oleh warga negara Filipina,” ungkap Agus.

Sebanyak 20 rumpon tersebut akan dibawa dan diserahkan ke Pangkalan PSDKP Bitung, Sulawesi Utara. Operasi penertiban rumpon tersebut merupakan hasil dari integrasi pengawasan dengan operasi udara (air surveillance), di mana data-data yang dihasilkan oleh operasi udara menjadi sumber informasi bagi KPP untuk melakukan proses penertiban.

Penertiban rumpon-rumpon tersebut menambah jumlah rumpon yang telah ditertibkan di perairan perbatasan Indonesia-Filipina. Tercatat, sebanyak 29 rumpon ilegal yang diduga kuat milik warga Filipina telah ditertibkan sepanjang Januari sampai April 2019.

“Sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 26/Permen-KP/2014 tentang Rumpon, setiap orang yang melakukan pemasangan rumpon di wilayah pengelolaan perikanan (WPP-RI) wajib memiliki surat izin pemasangan rumpon (SIPR),” ujar Agus.

Rumpon merupakan alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut dan berfngsi untuk membuat ikan-ikan berkumpul di sekitar rumpon sehingga mudah ditangkap oleh kapal penangkap ikan. Pemasangan rumpon oleh oknum warga Filipina di perairan Indonesia disinyalir dilakukan untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka. Hal ini tentu akan sangat merugikan nelayan Indonesia karena ikan-ikan akan berkumpul di area rumpon dan tidak masuk ke perairan Indonesia.
(tsa/eva)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BMKG: Gempa Sulteng Magnitudo 6,8 dan Disusul 20 Kali Gempa

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memutakhirkam kekuatan gempa Sulteng menjadi magnitudo 6,8. Selain itu tercatat juga ada 20 kali gempa susulan.

BMKG sebelumnya mencatat gempa tektonik yang terjadi di Wilayah Morowali pada pukul 18.40 WIB berkekuatan magnitudo 6,9. Kemudian hasil itu dilakukan pemutakhiran dengan teknologi komputer.

“Kemudian dilakukan pemutakhiran, kekuatan gempa jadi (magnitudo) 6,8, dengan memperhatikan lokasi epicenter dan hipocenter,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati kepada wartawa di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Gempa bumi yang terjadi ini dikategorikan menjadi gempa dangkal dengan sesar lokal. Kemudian Dwikorita mengatakan mekanisme gempa terjadi dengan strike slip atau pergerakan secara mendatar.

“Hasil analisis mekanisme sumber, gempa ini dibangkitkan dari deformasi bantuan dengan mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip,” ungkapnya.

Dwikorita menjelaskan satu jam pasca-gempa pertama terjadi gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil. BMKG mencatat kekuatan gempa susulan antara M 5,6 dan M 3,4.

“Hingga pukul 21.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktifitas gempa bumi susulan sejumlah 20 kali dengan kekuatan paling besar M 5,6 dan rendah M 3,4,” jelasnya.
(rvk/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bisa Nggak Tarif Listrik Turun 20%? Ini Hitungan Jonan

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan buka suara menanggapi wacana penurunan tarif listrik 20%. Wacana tersebut dilontarkan salah satu calon presiden, di mana tarif akan diturunkan 100 hari kerja jika terpilih.

Jonan menyampaikan, dalam penurunan tarif listrik ada sejumlah hal yang mesti dipertimbangkan. Pertimbangan yang dimaksud seperti subsidi untuk energi.

Seperti apa hitungan Jonan terkait wacana tersebut? Berikut berita selengkapnya dirangkum detikFinance: (ang/ang)

Hasil Liga Europa: Arsenal Gebuk Napoli 2-0

LondonArsenal mengalahkan Napoli 2-0 di leg pertama perempatfinal Liga Europa. Dua gol kemenangan The Gunners dicetak Aaron Ramsey dan bunuh diri Kalidou Koulibaly.

Bermain di Emirates Stadium, London, Jumat (12/4/2019) dini hari WIB, Arsenal membuka keunggulan di menit ke-15. Ramsey yang membawa tuan rumah unggul 1-0.

Koulibaly kemudian menggandakan skor Arsenal, usai membuat gol bunuh diri di menit ke-25. Hingga laga tuntas, keunggulan 2-0 Arsenal tak mampu dikejar Napoli.

Hasil ini menjadi modal berharga tim besutan Unai Emery menuju leg kedua. Selanjutnya Arsenal gantian bertandang ke Naples untuk menghadapi Napoli di San Paolo, Jumat (19/4/2019) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Napoli mampu merepotkan tuan rumah di awal laga. Il Parteinopei membuka peluang terlebih dahulu pada menit ke-11. Kiriman umpan Dries Mertens dari sepak pojok disambut sundulan Kalidou Koulibaly. Upaya bek asal Senegal itu masih belum membuahkan hasil.

Empat menit berselang, Arsenal membalas dengan mencetak gol lewat aksi Ramsey. Gol ini lahir berkat kerja sama apik.

Bermula dari kombinasi Ramsey dan Mesut Oezil di lini tengah, bola dialirkan ke Alexandre Lacazette di sisi kanan. Penyerang asal Prancis itu kemudian melepas umpan terobosan ke Ainsley Maitland-Niles yang menusuk ke kotak penalti.

Dengan sekali kontrol, Maitland-Niles mengembalikan bola ke Ramsey yang sudah berada di kotak penalti. Pemain 28 tahun ini menyelesaikannya dengan sepakan mendatar yang gagal dihalau Alex Meret. Arsenal unggul 1-0.

Skuat Unai Emery mampu menggandakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-25. Lucas Torreira mampu merebut bola dari penguasaan Fabian Ruiz di lini tengah.

Ia menggiring bola hingga depan kotak penalti Arsenal, sebelum melepas sepakan keras yang membentur kaki Koulibaly. Bola jadi berbelok arah dan mengecoh Meret, sehingga masuk ke gawang Napoli. Arsenal memimpin 2-0.

Di menit ke-39, Pierre-Emerick Aubameyang Arsenal hampir saja mengubah skor menjadi 3-0 bagi Arsenal. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti rupanya mampu dibendung Meret. Hal ini membuat skor 2-0 bagi Arsenal bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Napoli sempat menggetarkan jala Arsenal pada menit ke-52. Lorenzo Insigne yang merobek gawang Petr Cech, namun gol ini dianulir wasit karena Insigne sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Tesentak dengan peluang Napoli, Arsenal gantian menekan pada menit ke-59. Ramsey melepas sepakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan dari Sead Kolasinac yang menusuk di sisi kiri, namun upayanya bisa ditepis Meret.

Dua peluang beruntun kemudian diciptakan Arsenal lagi melalui Kolasinac dan Maitland-Niles. Kegemilangan Meret membuat gawang Napoli terhindar dari gol ketiga lawan.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim saling bertukar peluang. Namun tak ada gol yang tercipta, sehingga skor 2-0 untuk kemenangan Arsenal menutup laga.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech; Sokratis , Koscielny, Monreal; Maitland-Niles, Torreira (Elneny 77′), Ramsey, Kolasinac; Oezil (Mkhitaryan 67′); Lacazette (Iwobi 67′), Aubameyang.

Napoli: Meret; Hysaj, Maksimovic, Koulibaly, Rui; Callejon, Allan, Ruiz (Ounas 83′),Zielinski; Mertens (Milik 66′), Insigne (Younes 83′). (yna/raw)