2 Tentara Israel Tewas Ditembak, 40 Warga Palestina Ditangkap

Tepi Barat – Pasukan Israel menangkap 40 warga Palestina di wilayah Tepi Barat dalam operasi perburuan pelaku serangan mematikan terhadap Israel.

Penangkapan itu dilakukan setelah seorang pria Palestina pada Kamis (13/12) waktu setempat menembak mati dua tentara Israel di dekat sebuah permukiman Yahudi, sebelum kemudian kabur dari lokasi.

Militer Israel mengerahkan tambahan personel tentara usai serangan itu dan melakukan penyerbuan ke kota terdekat, Ramallah, tempat Presiden Palestina Mahmud Abbas bermukim, dan juga kota-kota lainnya di Tepi Barat.

“Pasukan menahan 40 tersangka yang diburu atas keterlibatan mereka dalam aktivitas-aktivitas teror, teror populer dan kerusuhan kekerasan yang menargetkan warga sipil dan pasukan keamanan,” demikian pernyataan militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (14/12/2018).

Militer Israel menyebutkan, di antara mereka yang ditangkap itu, 37 orang di antaranya dikenal sebagai anggota kelompok Hamas, yang mengklaim dua serangan penembakan baru-baru ini, meski bukan penembakan pada Kamis (13/12).

Dalam penembakan itu, militer Israel menyatakan, seorang warga Palestina keluar dari mobilnya di tempat pemberhentian bus di dekat permukiman Ofra di Tepi Barat, sebelum tiba-tiba menembaki para tentara dan warga sipil. Dua tentara tewas dan setidaknya dua orang lainnya — termasuk seorang tentara — terluka dalam insiden itu. Pelaku penembakan berhasil melarikan diri dari lokasi kejadian.

Menyusul serangan itu, militer Israel menyerbu kota terdekat, Ramallah. Jalan-jalan masuk dan keluar kota tersebut ditutup selama beberapa jam dan militer Israel memasuki sejumlah kawasan.

Penembakan di tempat pemberhentian bus itu terjadi hanya beberapa jam setelah pasukan Israel menewaskan dua warga Palestina. Keduanya dituduh bertanggung jawab atas serangan-serangan di Tepi Barat yang menewaskan tiga warga Israel, termasuk seorang bayi.

Sayap bersenjata Hamas mengklaim kedua warga Palestina itu sebagai “pejuangnya”. Salah satu dari mereka, Salah Barghouti (29) dituduh menembak tujuh warga Israel pada Minggu (9/120 waktu setempat, juga di sebuah tempat pemberhentian bus di dekat permukiman Ofra.

(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *