2 Bintang Voli Absen di SEA Games, Timnas Indonesia Antisipasi Kemungkinan Terburuk

Liputan6.com, Bogor – Timnas voli Indonesia mengantisipasi skenario terburuk menyambut SEA Games 2019 di Filipina. Tim pelatih sudah menyiapkan pemain pengganti.

Indonesia kemungkinan tidak diperkuat pemain andalan di masing-masing nomor, Rivan Nurmulki (putra) dan Aprilia S Manganang (putri). Keduanya mengalami cedera dan absen dari pelatnas di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Kami sudah mempersiapkan berbagai kemungkinan jika Rivan tidak bisa bergabung,” kata Ketua Umum Badan Tim Nasional PP PBVSI Loudry Maspaitella.

Apabila Rivan tidak bergabung, lanjut Laudry, masih ada pemain yang diandalkan, salah satunya Dimas Saputra. “Dia (Dimas) bukan pengganti, tapi Dimas punya keunikan sendiri,” ujar Loudry.

Tak hanya itu, PBVSI juga telah menyiapkan pemain pelapis sehingga ketika Rendy Tamamilang dan atlet senior lainnya keletihan, atlet yang sudah siap menggantikannya. “Mereka tinggal membutuhkan jam terbang,” ujar Loudry.

Meski demikian, PBVSI tetap menaruh harapan tinggi kepada Rivan Nurmulki. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat kaki bisa pulih. Akhir November kan berangkat, jadi masih ada waktu tiga bulan. Kita tetap monitor terus kondisinya,” kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo.

2 dari 3 halaman

Uji Coba ke Luar Negeri

Tim voli putra putri Indonesia bakal menjajal kekuatan sebelum menghadapi SEA Games 2019 di Filipina. Tim putri akan bertolak ke Seoul, Korea Selatan, pada 15 Agustus dan menghadapi Tiongkok empat hari kemudian. Setelahnya timnas mengikuti turnamen bersama Vietnam, Thailand, dan Filipina pada Oktober mendatang.

Sementara tim putra menggelar persahabatan di Iran pada September. “Kita ingin memperkuat tim putri. Mudah-mudahan dengan persiapan matang, prestasi dapat kami raih. Mereka sudah siap dari segi fisik dan mental untuk SEA Games 2019,” terang Imam Sudjarwo.

3 dari 3 halaman

Target Emas

Imam menargetkan medali emas untuk timnas voli indoor dan voli pantai pada SEA Games 2019. Target itu diberikan bagi voli pantai putra dan putri dan voli indoor putra. Sementar voli indoor putri ditargetkan merebut perak.

“Voli pantai putra meraih emas pada turnamen Asia Pacific Campionship Beach Voley di Chinese Taipei pada 11 Agustus kemarin dengan putri mendapat perak. Ini luar biasa di tingkat Asia Pasifik kita dapatkan emas dan perak. Insyaallah di SEA Games dua tim itu bisa menyumbang emas,” pungkas Imam Sudjarwo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *