Polisi Periksa 7 Orang Terkait Kebakaran Kapal di Muara Baru

Jakarta – Kebakaran sejumlah kapal di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, belum padam. Polisi sudah memeriksa 7 orang terkait kebakaran kapal tersebut.

“Lebih kurang 7 orang kita periksa,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, di Lokasi kebakaran, Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jaktim, Sabtu (23/2/2019)

Dia menambahkan, saat ini pihaknya masih fokus pada pemadaman api. Mengenai potensi adanya kelalaian Eddy menambahkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Kita bisa menentukan dari hasil pemeriksaan laboratorium,” tuturnya.

Dia menduga kebakaran tersebut akibat adanya percikan api dari kapal yang sedang dilas. Percikan api itu, lanjut Eddy, menyambar ke mesin dan menimbulkan kebakaran.

“Dugaan sementara ini kan ada alat penyedot air di sebuah kapal itu yang patah. Kemudian dilas, ada percikan api yang menuju ke mesin. Ini dugaan sementara, nanti akan kita pastikan dari pemeriksaan laboratorium forensik,” pungkasnya.

Petugas Damkar awalnya menerima informasi kebakaran pukul 15.19 WIB. Hingga pukul 23.01 WIB, api masih berkobar.
(rvk/yld)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Baru Bebas, Adik Abu Bakar Ba’asyir Meninggal Dunia

Jakarta – Adik terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir, Noeim Ba’asyir, yang baru saja bebas dari penjara, meninggal dunia. Diduga Noeim meninggal karena mengalami sakit jantung.

“Saya telah mengecek ke Polres Surakarta, menginfokan bahwa Noeim Ba’asyir benar, baru saja meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Agus Tri Atmaja ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/2/2019).

Noeim Ba’asyir dikabarkan mengalami sakit jantung dan sempat diberi pertolongan pertama ke RS Kustati, Solo. Saat ini jenazahnya dikabarkan masih berada di rumah sakit.

“Kabarnya (meninggal) barusan,” imbuh Agus.

Noeim baru saja menghirup udara bebas setelah menjalani proses pemidanaan selama 6 tahun. Dia bebas murni pada 19 Februari kemarin.

Dua tahun terakhir masa penahanannya, dia menghuni Lapas Tulungagung. Noeim kerap berpindah lapas selama menjalani masa tahanan.

Pada 19 Februari 2019 lalu, Noeim baru saja bebas dari LP Tulungagung. Selama hampir 2 tahun terakhir Noeim menjalani pemidanaan di Lapas Klas IIB Tulungagung.
(aud/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketum PBVSI Kagum dengan Persaingan di Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Proliga 2019 telah memasuki babak akhir. Di bagian putri, Jakarta PGN Popsivo Polwan tampil sebagai juara usai mengalahkan Jakarta Pertamina Energi pada laga final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019).

Popsivo mengalahkan sang juara bertahan Proliga lewat pertandingan ketat dan menegangkan dengan skor 3-2 (15-25, 25-22, 21-25, 25-23,15-21). Sementara posisi ketiga ditempati Jakarta BNI 46 usai mengalahkan Bandung Bank BJB Pakuan dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19).

Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo mengungkapkan kekagumannya atas laga grand final. “Grand final dan perebutan tempat ketiga serta sangat luar biasa,” ucapnya usai pertandingan.

Menurut Imam, sengitnya laga grand final Proliga 2019 menunjukkan kekuatan pemain di semua klub telah merata. “Ini artinya upaya pembinaan ke depan semakin bagus. Yang dilakukan klub-klub dan PB PBVSI ada sebuah kemajuan,” kata Imam.

2 dari 3 halaman

Ajang Selanjutnya

Imam menyebut Proliga 2019 sebagai persiapan untuk timnas bola voli Indonesia guna menghadapi ajang berikutnya. Pada Agustus mendatang, timnas voli putri akan ambil bagian dalam Asian Senior Women’s Volley Ball Championship di Seoul, Korea.

Begitu juga dengan timnas putra yang akan tampil pada ajang serupa yang akan berlangsung di Teheran, Iran, pada September mendatang.

3 dari 3 halaman

Enam Klub

Kembali Proliga, Imam mengatakan pihaknya akan berupaya untuk jumlah peserta baik di putra dan putri berjumlah enam tim. “Ke depan kita akan berupaya menambah jumlah peserta, minimal ada enam tim putra dan putri.

Pada Proliga 2019, di bagian putra ada enam tim. Sedangkan di putri hanya diikuti lima tim setelah Petrokimia Gresik mundur pada musim ini.

Sandiaga Nyanyi ‘Hadapi dengan Senyuman’ untuk Ahmad Dhani

DenpasarCawapres Sandiaga Uno menyanyi lagu ‘Hadapi dengan Senyum’ di hadapan relawan di Bali. Lagu itu Sandiaga nyanyikan untuk Ahmad Dhani dan para relawan untuk menghadapi Pilpres 2019.

“Buat para relawan yang masih berjuang selama 53 hari lagi. Hadapi dengan senyum,” kata Sandiaga di hadapan relawan di Jl Tukad Musi, Renon, Bali, Sabtu (23/2/2019).

Sandiaga bersama MC dan para relawannya lalu kompak menyanyikan lagu Dewa 19 itu. Ditemui usai acara, Sandiaga mengaku lagu itu khusus dinyanyikan untuk para relawan yang menghadapi dinamika jelang Pilpres 2019 ini.

“Tadi kita kan banyak pertanyaan teman-teman bagaimana menghadapi dinamika 53 hari ke depan kalau ada aksi penyambutan ya hadapi dengan senyuman. Ya itu tribute buat semua, mainnya dari kawan-kawan kita semua ini ada band dadakan, tapi lumayan kan suaranya,” cetusnya.

Sandiaga juga tak menampik lagu itu juga dia nyanyikan untuk Ahmad Dhani yang tengah dibui. Sambil mengutip setiap lirik yang dia rasa cocok menggambarkan suasana relawan hari ini.

“Lagunya untuk Bang Ahmad Dhani untuk kita semua. Kan hadapi dengan senyuman biar semua yang terjadi terjadi semua hadapi dengan tenang jiwa semua akan baik-baik saja. Ya ini kan ketetapan Tuhan tidak akan ada yang berubah,” terangnya.

Sandiaga pun berpesan agar para relawannya tetap semangat meski banyak aksi penolakan di beberapa tempat. Dia juga mengingatkan relawannya agar tak menggelar aksi serupa ketika capres-cawapres lawan datang berkunjung.

“Untuk menghadapi baliho-baliho dengan senyuman jangan kita lawan dengan spanduk karena kita cetak spanduk saja kekurangan biaya. Kami kekurangan biaya untuk kampanye kami sendiri. Jadi dana yang terkumpul betul-betul sangat minim untuk para caleg mensosialisasikan diri sendiri,” ujarnya.

“Nanti kalau Pak Ma’ruf ke sini, Pak Jokowi ke sini nggak perlu aksi tandingan serupa karena menurut kami energi yang kami miliki digunakan sebaik-baiknya untuk masing,” pesan Sandiaga.
(ams/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Upi Avianto Siapkan Petualangan Beda di ‘My Stupid Boss 2’

Jakarta – ‘My Stupid Boss’ berhasil menarik 3 juta penonton di tahun 2016. Kesuksesan itu pun membawa kembalinya Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari.

Hari ini, Falcon Pictures merilis trailer perdana ‘My Stupid Boss 2’. Dari sana sudah terlihat sebuah kisah yang berbeda disiapkan.

“Pengen banget tahu reaksi orang setelah melihat trailernya. Karena My Stupid Boss 2 ini kita kasih petualangan yang berbeda,” kata sutradara Upi Avianto.

Menurutnya, bakal ada kejutan lain juga yang sudah dipersiapkan. Terlebih film kedua ini juga punya kisah yang benar-benar baru.

“Ada kejutan dan petualangan berbeda, lebih chaotic,” tukasnya.
Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari kembali duet dalam film ‘My Stupid Boss 2’. Falcon Pictures kini merilis poster dan trailer resmi film yang diangkat dari novel karya chaos@work.

‘My Stupid Boss 2’ kembali menceritakan kisah konyol tentang sosok Bossman (Reza Rahadian), Kerani (Bunga Citra Lestari), dan kehidupan karyawan di kantor tersebut. Dalam trailer berdurasi 2 menit 19 detik, menampilkan karyawan di pabrik Bossman yang mengundurkan diri.
(nu2/tia)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Cegah Api Meluas, Damkar Lokalisir Kapal-Kapal Nelayan di Muara Baru

Jakarta – Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang melalap kapal-kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Petugas melokalisir area kebakaran dan menggeser kapal yang belum terbakar.

“Hambatan karena memang kanan kirinya potensi perambatan kebakarannya lebih memungkinkan. Kita lokalisir dulu,” kata Kasudin Damkar Jakut, Satriadi Gunawan di lokasi, Sabtu (23/2/2019).

Informasi terakhir, kata Satriadi, 18 kapal sudah terbakar baik kapal besar maupun kecil. Seluruh kapal-kapal itu terbuat dari kayu.
Satriadi belum memastikan muatan kapal-kapal itu. “Ya kalau muatan sih kita belum cek bener, tapi yang pasti ini kan kapal untuk nelayan kemungkinan ada yang persiapan untuk berangkat atau yang memang sedang bersandar” ucapnya.

Sebanyak 98 personel damkar dan 20 unit damkar telah dikerahkan ke lokasi. Petugas masih berjibaku memadamkan api.

“Kita masih belum bisa prediksikan (kapan pemadaman selesai). Pokoknya prinsipnya secepatnya atasi semuanya. Pantang pulang sebelum padam,” ujarnya.

Petugas damkar awalnya menerima informasi kebakaran pukul 15.19 WIB. Hingga pukul 19.49 WIB, api masih berkobar.
(idh/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anjing Gila Serang 22 Orang di Kolaka Utara

Liputan6.com, Kendari – Serangan anjing gila menakutkan warga Kolaka Utara dan sekitarnya. Sejak merebak pada pertengahan Januari, korban gigitan hewan liar ini sudah mencapai 22 orang hingga Sabtu (23/2/2019).

Karena peristiwa yang dianggap luar biasa ini, Pemkab Kolaka Utara menetapkannya sebagai daerah siaga I Rabies. Penetapan status ini dilakukan sejak Kamis (22/2/2018).

“Beberapa korban sudah dirawat intensif. Kami naikkan daerah ini sebagai lokasi siaga I rabies,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadis) Kolaka Utara, Irham.

Pantauan di lokasi, korban terdiri dari orang dewasa, remaja, dan balita. Data terbaru dari Dinas Kesehatan, ada 3 orang korban usia balita dan anak-anak, 2 remaja, dan 18 orang dewasa.

Korban gigitan menyebar pada 6 kecamatan di Kolaka Utara. Ketiganya yakni, Poreghu, Lapai, Ngapa, Tiwu, Lasusua, dan Katoi. Korban terbanyak berada di Kecamatan Lasusua dengan 7 korban, sisanya tersebar di 5 kecamatan lainnya.

Anjing dengan virus rabies sudah menjadi endemik di Kolaka Utara. Setiap tahun, hampir selalu ada gigitan dengan jumlah signifikan. Namun, awal tahun 2019 jumlahnya sangat mencolok.

“Dari tahun ke tahun selalu muncul. Jumlahnya naik turun,” kata Irham.

Pihaknya sudah berkeliling pada sejumlah kecamatan melakukan Vaksin Anti Rabies (VAR) kepada hewan ternak. Hal ini untuk mempersempit pola persebaran virus rabies.

“Kita menemui pemilik ternak dan memberi VAR. Vaksin hingga saat ini masih cukup, apalagi dibantu Kementerian Kesehatan dan Pertanian,” katanya.

Munculnya virus rabies di Kolaka Utara diawali dengan gigitan yang terjadi di wilayah Kecamatan Ngapa. Sampai Sabtu (23/2/2019), ada lima korban gigitan anjing di wilayah ini.

2 dari 2 halaman

Asal Mula Anjing Gila

Kepala Desa Tadaumera Kecamatan Ngapa Kabupaten Kolaka Utara, Ahmad Yani bercerita, gigitan pertama kali, berasal dari salah seekor induk anjing milik warganya.

“Induk anjing itu melahirkan 2 ekor anak, nah oleh pemiliknya, dua ekor anaknya diberi sama tetangga rumah,” ujar Ahmad Yani memulai ceritanya.

Dia melanjutkan, mengetahui anaknya diberikan kepada orang lain, induk anjing menyerang orang yang membawa anak anjing itu. Berhasil menghindar, orang yang membawa anak anjing itu tetap memaksa membawa pulang kedua ekor anak anjing ke rumahnya.

“Mulai saat itu, induknya mulai bertingkah aneh. Dia menyerang dan menggigit warga atau pejalan kaki yang melintas di sekitar lokasi,” ujarnya.

Karena beberapa kali mengancam nyawa, induk anjing berhasil diburu dan dibunuh warga. Polisi dari Polsek Ngapa Kecamatan Kolaka Utara bahkan ikut serta dalam perburuan anjing.

Maride (49) warga Desa Tadaumera mengatakan was-was hendak keluar rumah. Petani yang sehari-hari bekerja di sawah ini bahkan membawa senjata tajam untuk menjaga diri.

Sejumlah warga di Kolaka Utara sempat mengalami perawatan di Puskesmas. Tercatat, ada 19 orang yang sempat masuk puskesmas dan mendapatkan perawatan intensif.

“Hanya ada beberapa yang sempat rawat inap. Sisanya, diobati lukanya lalu diberikan vaksin anti rabies, kemudian dibolehkan pulang ke rumah,” ujar Kadis Kesehatan Kolut, Irham.

Puluhan warga Kolaka Utara yang bermukim di sekitar wilayah Kecamatan Lasusua, Ngapa dan Lapai yang khawatir langsung menuju puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin.

“Pengunjung bervariasi, mulai dari orang besar sampai anak kecil. Sampai hari ini, Insya Allah stok VAR untuk masyarakat bisa mencukupi,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berburu Penawaran Menarik dengan Jaminan Perjalanan Lebih Nyaman di Astindo Travel Fair 2019

Liputan6.com, Jakarta – Pameran wisata terbesar di Indonesia, Astindo Travel Fair (ATF) 2019, kembali berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) sampai Minggu, 24 Februari 2019. Tak semata menawarkan berbagai paket wisata menarik, Anda juga bisa memperoleh jaminan perjalanan lebih nyaman, lantaran partisipasi Sompo Insurance Indonesia (SII).

Memasuki tahun ke-2 dalam partisipasi ATF, Sompo membawa produk andalan, Sompo TravelFirst, yang penjualnnya sudah meningkat lebih dari 200 persen sejak kali pertama dirilis pada 2017 lalu.

“Sompo hadir sebagai teman setia para traveler di situasi darurat. Tak seperti asuransi perjalanan pada umumya, namun juga sebagai solution provider ketika bepergian ke luar negeri,” tutur Maria Susana selaku Head of Travel and Affinity Sompo Insurance di konferensi pers di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Februari 2019.

Kepedulian ini tercermin dari sederet manfaat Sompo TravelFirst, yakni perlindungan medis berupa kecelakaan diri, evakuasi medis darurat, hingga santuan rawat inap. Lalu, ketidaknyamanan perjalanan atau tanggung jawab hukum, mulai dari kehilangan atau kerusakan bagasi, sampai kehilangan dokumen perjalanan dan uang.

Selanjutnya, manfaat tunai berupa pemberian uang penggantian untuk keterlambatan bagasi, hingga penundaan perjalanan. Terakhir, jaminan tambahan, yakni melindungi dari terorisme, kecelakaan di bawah air, kehilangan atau kerusakan peralatan golf, dan perlindungan isi rumah saat bepergian.

Berbagai penawaran menarik pun dihadirkan Sompo di ATF 2019, di mana Anda mendapat asuransi perjalanan secara gratis di setiap pembelian tiket selama event berlangsung, baik rute domestik maupun internasional.

Anda juga bersempatan mendapat diskon 30 persen untuk seluruh paket Sompo TravelFirst. Bisa pula membawa pulang hadiah menarik seperti sepeda gunung dan TV di pembelian produk-produk tertentu. Dapatkan juga merchandise gratis saat foto di Sompo TravelFirst booth dan mengunggahnya ke media sosial.

Sementara lewat 150 booth, AFT 2019 siap memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Harga paket promo tur mancanegara dan domestik jadi tawaran spesial tahun ini. Anda bisa memilih paket wisata ke Yogyakarta selama tiga hari mulai Rp. 1,4 juta dan Belitung Rp. 1,6 juta.

Ada pula tur ke Bangkok selama tiga hari hanya dengan membayar Rp. 4,4 juta, pilihan lain ada Manila selama tiga hari seharga mulai dari Rp. 3,9 juta, dan pelesiran ke Seoul selama empat hari hanya tinggal merogoh kocek Rp. 6,8 juta.

Tiket penerbangan dengan destinasi popular juga ditawarkan dengan harga terbaik sepanjang tahun, mulai dari Rp. 1,4 juta untuk ke Singapura, Rp. 2,6 Juta untuk Bangkok, ke Hong Kong seharga Rp. 2,9 Juta, ke Tokyo Rp. 4,9 juta, Paris seharga Rp. 8,6 juta dan Los Angeles/San Francisco seharga Rp. 9,7 Juta.

Astindo Travel Fair 2019 didukung  19 maskapai penerbangan, yaitu All Nippon Airlines (ANA), Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, Ethiopian Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Korean Air, Malaysian Airlines, Oman Air, Philippines Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Sriwijaya Air – NAM Air, Thai Airways, dan Vietnam Airlines.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sempat Terjadi Ledakan Saat Kebakaran Kapal di Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta Kasudin Damkar Jakarta Utara Satriadi menyebut sempat terjadi ledakan saat kapal nelayan di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara terbakar.

“Pukul 15.44 WIB terjadi ledakan dari objek,” ujar Satriadi saat dikonfirmasi, sabtu (23/2/2019).

Menurut dia, ada sekitar tiga kapal yang terbakar. Hingga kini pemadaman masih berlangsung.

Sebelumnya, sebuah kapal nelayan dikabarkan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara di depan Kantor Syahbandar.

Dikutip dari akun Twitter DPKP DKI Jakarta, Sabtu (23/2/2019) kebakaran terjadi sekitar pukul 15.19 WIB.

Kebakaran kapal sudah mendapat penanganan dari damkar dengan mengerahkan 15 mobil pemadam. 

Belum diketahui apa penyebab kebakaran dan kemungkinan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Saat ini petugas masih melakukan upaya pemadaman.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

JK Tepis Isu TNI akan Kembali Dwifungsi

Jakarta – Isu TNI masuk lembaga sipil dan menjadi dwifungsi kembali merebak setelah Presiden Jokowi mengumumkan akan menambah 60 pos jabatan baru untuk perwira tinggi (pati) TNI. Wapres Jusuf Kalla menampik isu itu.

“Saya kira ndak ada, dwifungsi itu ndak ada,” tegas JK saat menghadiri Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (23/2/2019).

“Itu di undang-undang tidak diperkenankan tentu memberikan fasilitasi perwira-perwira untuk jabatan tertentu sangat terpilih sesuai aturan saja,” lanjutnya.


JK menambahkan pelibatan TNI itu akan dilihat dulu untuk apa. Jika difungsikan untuk penanganan bencana atau hal-hal yang genting, memang diperbolehkan sesuai dengan undang-undang.

“Tergantung pelibatan apa. Kemarin pelibatan untuk bencana penting tapi tergantung apa. Ya nantilah, itu sesuai UU,” tuturnya.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Meoldoko sebelumnya juga menepis isu itu. Moeldoko mengaku menangkap adanya ketakutan bahwa TNI akan menjadi dwifungsi lagi. Namun dia sendiri mengatakan tidak yakin akan hal itu.

“Ada ketakutan jangan-jangan TNI nanti masuk ke dwifungsi lagi, ini saya jawab dulu, nih. Menurut saya tidak,” kata Moeldoko saat ditemui di kantor KSP, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2).

Sementara itu, anggota Ombudsman Ninik Rahayu menilai isu itu berpotensi maladministrasi. Jika dilihat dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 (UU ASN) dan PP Nomor 11 Tahun 2017, pintu masuk prajurit ke wilayah sipil sudah ditutup rapat-rapat.

Nanik menyebut prajurit TNI harus mengundurkan diri bila hendak menduduki jabatan sipil. Prosedur itu, disebut Ninik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Kalau dilihat di Pasal 39 (UU TNI), prajurit dilarang masuk ke ruang politik, bisnis yang berkaitan legislasi dan politis. Di UU yang sama Pasal 47 mengatakan prajurit, kalau mau masuk sipil, harus berhenti, mundur. Ikuti proses rekrutmen ASN. Kalau dia ikut, ada fit and proper test. Kalau fit-nya dia nggak berhasil, dia nggak bisa kembali ke TNI,” ujar Ninik di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (21/2).
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>