130 Rumah di Paser Kaltim Terendam Banjir Setinggi 2 Meter

Paser – Sekitar 130 rumah di Kelurahan Long Ikis Kabupaten Paser, Kalimantan Timur tergenang banjir setinggi 2 meter. Banjir yang mulai menyusut itu, diduga akibat luapan Sungai Sekurau dan curah hujan yang tinggi.

“Air sudah mulai surut setengah meter. Kita sudah upayakan evakuasi warga dengan menggunakan dua perahu karet,” ujar anggota BPBD Paser Hendrik Tham, sebagaimana dilansir dari Antara, Senin (11/2/2019).

BPBD telah melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Setidaknya 16 orang penyelamat dan dua perahu karet dikerahkan.
Selain BPBD terdapat sejumlah pihak yang berpartisipasi dalam penanganan banjir. Mereka dari kepolisian, Brimob Kompi 2 Yon C Paser, Puskesmas Long Ikis, Kelurahan Long Ikis, Tagana Long Ikis & Longkali, Relawan Siaga Bencana Long Ikis, dan masyarakat lokal.

“Kami bersama beberapa pihak turut membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Selain itu, dapur umum juga telah dibangun di tempat pengungsian. Saat ini, BPBD dan aparat pihak yang terkait masih berjaga di lokasi untuk mengantisipasi hujan susulan yang mengakibatkan ketinggian air naik.

“Saat ini sudah dibangun dapur umum yang didirikan di RT 002. Warga sebagian mengungsi ke rumah keluarga terdekat dan pokoknya yang sudah kami dirikan,” kata Hendrik.
(mae/abw)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *