BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Manchester City Juara Piala Liga Inggris

LondonManchester City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris 2018/2019. The Citizens menang atas Chelsea, dalam laga sampai adu penalti yang selesai 4-3.

Pertandingan di Wembley, Minggu (24/2/2019), tak ada gol hingga 120 menit. City melepaskan sebanyak 12 tembakan tiga di antaranya menemui bidang, sementara Chelsea tujuh kali mengancam tak ada yang bisa mencapai sasaran.

Laga lanjut ke babak adu kiper, dua eksekutor Chelsea, Jorginho dan David Luiz gagal. City cuma ada satu penenang gagal, Leroy Sane. City berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris skor akhirnya saat tos-tosan 4-3.

Jalannya Pertandingan

Chelsea vs City dalam 90 menit. Chelsea cuma melepaskan satu percobaan di babak pertama, itu juga tak menemui bidang. Sementara City empat kali menembak, satu tepat sasaran.

Percobaan City yang tepat sasaran dicatatkan oleh Nicolas Otamendi pada menit ke-43. Bolanya merupakan hasil umpan Oleksandr Zinchenko.

Selepas restart, City mendapatkan peluang pada menit ke-48. Tendangan Fernandinho masih jauh di atas mistar.

Sama halnya dengan dengan sundulan Otamendi meneruskan umpan sepak pojok Kevin De Bruyne pada menit ke-56. Bolanya masih menyamping.

N’Golo Kante mengancam City pada menit ke-66. Eden Hazard melakukan penetrasi dari sayap kiri lalu melepaskan umpan tarik, Kante melepaskan tendangan keras yang masi melambung.

Chelsea memanfaatkan lebar lapangan. Willian bisa mengontrol bola daerah, lalu mengumpan ke Ross Barkley. Eksekusi terakhirnya pada menit ke-71 masih melesat.

Antonio Ruediger dikartu kuning pada menit ke-73. Dia melakukan pelanggaran pada David Silva di muka kotak penalti Chelsea. Tendangan bebas di eksekusi Kevin De Bruyne, arahnya masih jauh dari sasaran.

Oleksandr Zinchenko melakukan intersep krusial. Dia menghalau umpan tarik Pedro agar tak ke muka gawang City.

Tendangan keras David Luiz pada menit ke-87 belum membuahkan hasil. Bolanya juga berhasil diblok barisan pemain belakang tim Manchester biru.

Ederson membukukan penyelamatan untuk City pada menit-menit akhir. Tendangan bebas Willian bisa ditip keluar lapangan.

City ditinggal Fernandinho di masa injury time. Dia tampak kesakitan saat meninggalkan lapangan. Tak lama kemudian laga selesai. Dalam 90 menit belum ada gol, babak tambahan pun digelar.

Pada babak tambahan, City mendapat peluang pada menit ke-93. Sepakan Ilkay Guendogan masih melesat.

Percobaan Chelsea pada menit ke-101 belum tepat sasaran, Jorginho yang melakukan percobaan. Dua menit berselang, Hazard yang gagal mengarahkan bola ke gawang.

Aguero melepaskan tembakan pada menit ke-117, juga belum menjadi gol.

Chelsea mengganti pemain pada menit ke-120. Tapi, Kepa Arrizabalaga menolak diganti oleh Maurizio Sarri. Willy Caballero sudah bersiap di sisi lapangan. Manajer asal Italia itu sempat meninggalkan lapangan, lalu kembali ke muka bangku cadangan. Laga akhirnya berlanjut ke babak tambahan.

Chelsea pertama mengambil penalti, tendangan Jorginho ditepis Ederson. City unggul usai Guendogan menjaringkan bola. Cesar Azpilicueta bisa menyamakan kedudukan.

Aguero menjadi eksekutor kedua City, nyaris gagal. Kepa sudah melakukan antisipasi tepat, tapi bola tetap masuk ke gawang. Emerson, penendang ketiga Chelsea, kembali membuat skor menjadi 2-2.

Leroy Sane! Tendangannya ditepis Kepa, skor tetap 2-2. David Luiz menjadi penendang keempat Chelsea, tendangannya membentur tiang.

Bernardo Silva membawa City unggul 3-2. Eden Hazard penendang kelima City, dengan sukses menyamakan kedudukan 3-3. Raheem Sterling Memastikan City menjadi juara. Penaltinya berhasil, City menang 4-3.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, David Luiz, Rüdiger, Emerson; Kanté, Jorginho, Barkley (Loftus-Cheek 89); Willian (Higuain 95), Hazard, Pedro (Hudson Odoi 79)

Man City: Ederson, Zinchenko, Laporte(Kompany 46), Otamendi, Walker, Fernandinho, Silva (Guendogan 79), De Bruyne (Sane 86), Bernardo, Sterling, Aguero

(cas/yna)

Gus Mus: Saya Yakin Gus Dur adalah Wali

Solo – KH Mustofa Bisri alias Gus Mus mengisi tausiyah dalam Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Solo. Gus Mus menyebut sahabatnya itu ialah orang besar setingkat wali.

“Saya yakin Gus Dur wali karena ada tanda-tandanya,” kata Gus Mus saat berbicara di atas panggung di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (24/2/2019) malam.

Bukan sembarang bicara, Gus Mus pun membeberkan syarat seseorang bisa dikatakan sebagai seorang wali. Wali, kata Gus Mus, tidak pernah ditaklukkan oleh rasa takutnya dan tidak pernah merasa bersedih.

“Takut miskin terus korupsi. Karena takut kalah mengancam Gusti Allah. Itu bukan wali. Takut harga BBM akan naik, itu bukan wali,” ujarnya.

“Gus Dur pernah melarat. Dulu pernah jualan es, diwadahi termos. Tidak pernah susah, waktu jadi presiden, diminta lengser ya lengser, gitu aja,” katanya.

Saat lengser dari jabatan presiden, Gus Dur tidak menunjukkan kesedihan. Dia meminta pendukungnya tetap tenang dan tidak bertindak anarkistis. Justru dia keluar dari istana dengan mengenakan celana pendek.

“Wong cuma kekuasaan kok sampai mengorbankan bangsa. Itu bedanya negarawan dengan politisi-politisi biasa,” kata pendiri pondok pesantren di Rembang itu.

Namun ketika disebut sebagai wali, Gus Dur semasa hidupnya selalu menolak. Dengan gaya khasnya, dia malah berceloteh bahwa dia ialah seorang wali murid.

Adapun Haul Gus Dur di Solo diklaim dihadiri 101 ribu peserta dari Gusdurian Solo Raya. Tokoh-tokoh lain yang hadir, di antaranya Mahfud Md, Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo dan Yenny Wahid.

(bai/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ketika Perayaan Imlek dan Haul Gus Dur Berpadu di Solo

Solo – Nilai Pluralisme sudah melekat dengan sosok Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Hal itulah yang juga diangkat dalam peringatan Haul Gus Dur ke-9 di Solo.

Sebelum puncak acara haul, ribuan orang dari lintas agama, etnis dan budaya mengikuti kirab, Sabtu (23/2/2019). Mereka menggaungkan semangat persatuan di dalam kebhinnekaan Indonesia.

Terlihat berbagai atraksi budaya tampil dalam kirab tersebut, antara lain aksi liong dan barongsai, tarian Jawa, wayang orang hingga seni musik hadrah. Beberapa peserta membawa spanduk ajakan bertoleransi.

Adapun kirab dimulai setelah Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan putri Gus Dur, Yenny Wahid mengibarkan bendera start. Peserta kemudian berjalan dari Stadion Manahan menuju Stadion Sriwedari.

Kirab bertajuk Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia ini kemudian akan dilanjutkan acara haul di dalam Stadion Sriwedari. Diperkirakan ada 101 ribu orang yang hadir mengikuti acara tersebut.

“Acara ini juga sekaligus memperingati HUT ke-274 Kota Solo dan perayaan Imlek yang kebetulan jatuh di bulan Februari. Diharapkan acara ini semakin meningkatkan toleransi kita sesama manusia,” kata ketua panitia haul, Husein Syifa usai kirab.

Sementara itu, Ketua Panitia Bersama Imlek Surakarta, Sumartono Hadinoto, mengatakan Imlek tahun ini merupakan satu rangkaian acara haul Gus Dur. Hari ini, haul juga menandai berakhirnya rangkaian acara imlek di Solo.

“Dulu memang saya dan panitia haul sudah berkomunikasi. Acara imlek kali ini sengaja dimundurkan waktunya agar bareng dengan haul Gus Dur,” kata Martono.

Kolaborasi kedua pihak tersebut tidak lain karena sosok Gus Dur juga dirasa penting bagi warga keturunan Tionghoa. Budaya Tionghoa dapat kembali muncul berkat kebijakan Gus Dur.

“Kalau boleh mewakili masyarakat Tionghoa di Indonesia, saya sangat bersyukur punya sosok membanggakan seperti Gus Dur. Berkat beliau, kami bisa merayakan imlek kembali,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Haul Gus Dur ke-9 bakal dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Mahfud Md dan KH Mustofa Bisri (Gus Mus). Selain pembacaan doa, tokoh-tokoh tersebut juga akan memberikan testimoninya selama mengenal Gus Dur.
(bai/skm)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

101 Ribu Orang Akan Hadiri Haul Gus Dur di Kampung Jokowi

Liputan6.com, Solo – Haul ke-9 mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur akan digelar di Solo pada Sabtu malam, 23 Februari 2019. Selain akan dihadiri sekitar 101 ribu orang, haul yang dipusatkan di Stadion Sriwedari itu juga mengundang Presiden Joko Widodo.

Ketua Panitia Haul Gus Dur, Hussein Syifa mengatakan penyelenggaraan haul KH Abdurrahman Wahid di Solo karena mendiang mantan Ketua Umum PBNU itu memiliki kenangan dengan Kota Solo. Bahkan, Gus Dur pernah merupakan orang dari luar keluarga keraton yang pernah memperoleh gelar bangsawan tertinggi dari Keraton Kasunanan Surakarta, yakni Kanjeng Pangeran Aryo (KPA) KH Abdurrahman Wahid.

“Kenapa di Solo, karena kita ingin memperingati Gus Dur. Beliau pernah memiliki kenangan di Solo dengan mendapat gelar Kanjeng Pangeran Aryo dari keraton. Gus Dur juga biasanya makan gudeg di Adem Ayem Solo. Ini tapak tilas kulier,” kata dia, Kamis, 21 Februari 2019.

Selain itu, lanjut Hussein, Gus Dur pun memiliki kenangan dengan Presiden Jokowi tatkala yang bersangkutan masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Gus Dur juga pernah merestui Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

“Beliau pernah ke Solo dan berinteraksi di Solo. Saat ada acara di Solo, Gus Dur juga pernah diajak mampir ke Loji Gandrung oleh Pak Jokowi,” Hussein menambahkan.

2 dari 2 halaman

Haul Dihadiri Umat Lintas Agama

Oleh sebab itu, dalam acara haul di Stadion Sriwedari pada Sabtu malam tersebut, pihak panitia turut mengundang Jokowi untuk hadir dalam acara tersebut. Pasalnya, Presiden Jokowi pernah menjadi Wali Kota Solo dan memiliki kedekatan dengan Gus Dur.

“Makanya kami mengundang beliau. Jangan dikaitkan dengan politik karena Pak Jokowi juga warga Solo,” ucapnya.

Hussein menyebutkan selain mengundang Presiden Jokowi, rencananya rangkaian acara haul tersebut akan dihadiri para peserta dari Gusdurian, Nahdlyin, kalangan umat lintas agama, lintas etnis serta perwakilan dari seluruh kelurahan yang ada di Solo.

Selain menghadiri haul, para peserta akan mengikuti kirab kebangsaan dengan tema ‘Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia’ mulai dari kawasan Stadion Manahan hingga Stadion Sriwedari Solo.

“Acara yang diinisiasi oleh Gusdurian dan warga Solo itu rencananya akan dihadiri sekitar 101 ribu orang. Mereka berasal dari Solo dan sekitar Solo. Kirab kebangsaan digelar pada Sabtu siang hingga sore. Setelah itu peserta kirab yang akan mengikuti haul bisa masuk ke dalam stadion,” ucapnya.

Kegiatan haul ke-9 KH Abdurrahman Wahid itu juga akan dihadiri oleh keluarga Ciganjur. Dalam puncak acara haul di Stadion Sriwedari pada Sabtu malam itu akan diisi mauizah hasasah dari KH Mustofa Bisri atau Gus Mus dan testimoni dari Mahfud Md. “Ibu Sinta Nuriyah dan putri-putrinya juga akan rawuh dalam haul,” Hussein menandaskan.


Simak video pilihan berikut ini:

Skor Kamera Mi 9 Kalahkan Pixel 3 dan Galaxy Note 9

Jakarta – Mi 9 resmi diperkenalkan Xiaomi dalam acara peluncurannya hari ini, Rabu (20/2). Kemampuan kameranya membuat publik penasaran.

Pasalnya, ini adalah smartphone pertama Xiaomi yang punya tiga kamera, yakni lensa 48 megapixel dengan f/1.75, lensa wide angle 16 megapixel dan lensa telephoto 12 megapixel yang menawarkan 2x zoom.

Jika melihat spesifikasi kameranya, wajar jika orang berharap banyak pada kemampuannya. Apalagi Xiaomi dengan pede mengklaim bahwa Mi 9 bisa menjepret lebih baik dibandingkan iPhone XS Max.

Belakangan, klaim ini didukung oleh hasil pengujian DxOMark. Dalam pengujian kamera Mi 9, DxOMark mengambil kesimpulan bahwa ponsel ini menghasilkan gambar kualitas tinggi di hampir semua situasi, dengan skor DxOMark 112.

Secara keseluruhan, skor yang berhasil dijaringnya adalah 107, membuatnya mengalahkannya Google Pixel 3 dan Galaxy Note 9, yang masing-masing punya skor 101 dan 103.

Skor Kamera Mi 9 Kalahkan Pixel 3 dan Galaxy Note 9Foto: DxOMark

“Exposure target konsisten tepat, dan tangkapan kamera menghasilkan warna memuaskan dengan white balance yang akurat, tanpa color shading atau masalah warna lainnya,” tulis DxOMark, seperti dikutip dari Android Central, Kamis (21/2/2019).

“Tingkat noise sangat baik dan terkontrol di bawah paparan sinar dan kondisi indoor. (noise) hanya terlihat sedikit di situasi low light. Dan sistem autofokus bekerja secara akurat dan cepat dalam berbagai keadaan,” sambungnya.

Mi 9 dijadwalkan akan mulai dijual di China dalam beberapa pekan setelah perilisannya, dan akan menyambangi berbagai negara pada kuartal berikutnya. (rns/krs)

7 Zona Sensitif Pria yang Sering Dilewatkan Wanita Saat Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika wanita memiliki beberapa zona sensitif di tubuhnya. Nah, sama dengan wanita, pria juga memiliki titik-titik panas yang bila diberikan stimulus bisa membuat pria makin bergairah saat bercinta.

“Memberikan stimulus di zona-zona sensitif seperti menggigit lembut ditambah memberikan sensasi suhu panas atau dingin akan membuatnya liar,” kata penulis Moregasm: Babeland’s Guide to Mind-Blowing Sex and Sex Toys 101, Claire Cavanah. 

Berikut tujuh zona sensitif tersebut yang kerap dilewatkan istri saat bercinta seperti dilansir laman Health, Rabu (20/2/2019).

1. Titik F

Frenulum, adalah membran elastik yang berada di bawah kepala penis yang menyambungkan kepala dengan batang penis. Menyentuh titik ini akan membuat pria menjadi liar, karena mereka mendapatkan sensasi yang begitu luar biasa.

Memberikan sentuhan dengan tangan atau lidah bisa membuatnya begitu panas. 

2. Telapak kaki

“Ada banyak ujung-ujung saraf di telapak kaki pria dibandingkan wanita,” kata Mark Michaels, salah satu penulis Partners in Passion: A Guide to Great Sex, Emotional Intimacy, and Long-Term Love.os

Memberikan tekanan pada area kaki yang sedikit melengkung dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, membuatnya panas dan bergairah seperti disampaikan Mark. 

Istri bisa memulai foreplay dengan memberi pijatan kaki. Lalu, siapkan handuk hangat lalu letakkan kakinya di atas bantal di pangkuan Anda. Kemudian dengan menggunakan jempol, gosoklah bagian tersebut. 



Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

3. Jempol

Memberikan rangsangan ke pasangan tak selalu di sekitar organ intim. Misalnya jempol. Bagi pria bagian tubuh satu ini sangat seksi. 

“Mengisap jempol pria, membangkitkannya dengan sesuatu yang lain. Jadi, bisa dengan mengawali mengisap jempol agar dia mulai ‘bangun’,” kata Michaels. 

4. Gluteal fold

Ketika paha bertemu dengan pantat, itu dinamakan gluteal fold. Jangan salah, ini adalah titik gairah yang sudah pasti membuat pria menggelinjang.

“Ini adalah area sensitif sehingga tak jarang sering jadi banyak zona sensitif kesukaan pria,” kata Michaels.

3 dari 3 halaman

5. Sakrum

Sakrum adalah tulang segitiga yang terletak di pangkal tulang belakangnya. Ada saraf di sakrum yang terkait dengan alat kelamin, sehingga dengan merangsang bagian ini dapat mengirim sensasi ke bagian vitalnya. 

“Memberikan rangsangan di titik ini tidak hanya merangsang syaraf, tetapi juga memicu sistem saraf parasimpatis yang merupakan kunci untuk bersantai, melepaskan orgasme,” kata Michaels.

6. Puting

Memulai dengan membelai areola lalu memberikan sentuhan di puting bisa membuat suami terbang melayang. 

Dengan memberikan rangsangan di puting, aliran darah di daerah tersebut meningkat yang juga meningkatkan sensitivitasnya terhadap rangsangan seperti disampaikan Michaels.

3 Gempa Hari Ini, Magnitudo Terbesar Ada di Ternate

Liputan6.com, Jakarta – Gempa kembali mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Rabu (20/2/2019). Tercatat ada tiga lindu yang terdeteksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan mulai dirasakan sejak pukul 01.46 WIB hingga pukul 08.52 WIB.

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, kedua di Ternate, Maluku Utara, dan gempa ketiga terjadi di Kabupaten Donggala. Tepatnya di Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dari ketiga wilayah ini dilaporkan salah satunya memiliki kekuatan magnitudo yang cukup besar, yaitu di Ternate, Maluku Utara dengan magnitudo 5,9. Kuatnya getaran bahkan terasa hingga Manado, Bitung, dan Kotamobagu.

Berikut tiga gempa yang menggoyang Tanah Air hari ini yang dihimpun dari BMKG:

2 dari 5 halaman

1. Bengkulu

Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Kabupaten Kaur, Bengkulu, Rabu dini hari tadi, tepatnya pada pukul 01.46 WIB.

Lokasi gempa berada di 292 kilometer Barat Daya Kaur, sedangkan titik gempa terletak di kedalaman 14 kilometer.

Sementara itu, pusat gempa diinfokan BMKG berada di -6,58 Lintang Utara (LU)-101,63 Bujur Timur (BT).

3 dari 5 halaman

2. Ternate

Kurang lebih 5 jam kemudian, gempa magnitudo 5,9 menggoyang wilayah Ternate, Maluku Utara. Gempa terjadi pada pukul 07.10 WIB.

Tercatat lokasi gempa berada di 130 km Barat Daya Ternate, sedangkan titik gempa terletak di kedalaman 30 kilometer.

Ada pun pusat gempa diinfokan berada di laut dengan titik koordinat pada 0,78 LU-126,2 BT.

4 dari 5 halaman

3. Desa Tambu, Donggala

Desa Tambu, Kabupaten Donggala diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,5, pada pukul 08.52 WIB.

BMKG melaporkan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman mencapai 10 km.

Sementara, lokasi gempa berada di 0,03 LS-119,81 BT atau tepatnya terjadi di 8 km bagian barat Desa Tambu.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gempa M 5,5 Terjadi di Bengkulu

JakartaGempa bermagnitudo 5,5 terjadi di Bengkulu. Tak ada peringatan potensi tsunami akibat gempa itu.

Dilihat dari situs BMKG, gempa terjadi pukul 01.46 WIB, Rabu (20/2/2019) pada koordinat 6,58 LS-101,63 BT.

Pusat gempa berada pada kedalaman 14 km. BMKG menyebut pusat gempa itu berada di 292 km barat daya Kaur, Bengkulu.
Belum diketahui ada tidaknya korban atau kerusakan akibat gempa tersebut.
(haf/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>