Pemerintah-DPR Segera Tindak Lanjuti Penambahan 10.000 Kuota Haji

Jakarta – Kerajaan Arab Saudi memberikan penambahan kuota untuk jemaah haji di Indonesia sebesar 10.000 jemaah setelah pertemuan Raja Salman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Riyadh. Pemerintah Indonesia segera menindaklanjuti keputusan ini dengan DPR.

“Info tentang penambahan kuota benar adanya. Saat ini, tambahan kuota tersebut juga sudah masuk dalam sistem e-Hajj Saudi,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

“Sebagai tindak lanjut, kami akan segera melakukan pembahasan dengan DPR,” kata Lukman.


Menurut Lukman, pembahasan ini diperlukan karena penambahan kuota jemaah haji berdampak pada sejumlah hal. Pertama, terkait biaya penyelenggaraan. Kemenag bersama DPR telah menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1440H/2019M dengan skema kuota 221 ribu, terdiri dari 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus. Rata-rata BPIH untuk jemaah haji reguler tahun ini, Rp 35.235.602,- atau setara US$ 2,481.

Dampak kedua, terkait pengadaan layanan haji, baik di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, penambahan kuota akan mempengaruhi proses penyiapan dokumen dan manasik jemaah haji. Apalagi, proses penerbitan visa saat ini mempersyaratkan rekam biometrik yang saat sedang berjalan dan di sejumlah daerah sudah hampir selesai.

“Kami harus mendistribusikan kembali tambahan kuota ini ke tingkat provinsi. Kami juga harus menambah petugas kloter. Jumlah 10ribu setidaknya akan terdistribusi dalam kurang lebih 25 penerbangan. Setiap penerbangan harus ada lima petugas kloter,” kata Lukman.

Di luar negeri, hampir seluruh pengadaan layanan akan terdampak. Proses pengadaan yang semestinya sudah hampir final, berarti harus ditambah, dan itu bukan hal mudah. Terkait akomodasi di Madinah misalnya, saat ini hampir seluruh hotel di kawasan Markaziah (jarak terdekat Masjid Nabawi), sudah penuh.

Untuk akomodasi di Makkah, penambahan kuota akan berdampak pada sistem zonasi. Sistem ini baru diterapkan tahun ini. Jemaah haji Indonesia akan ditempatkan pada tujuh wilayah, berdasarkan kelompok embarkasi sebagai berikut:

1. Syisyah: Embarkasi Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), dan Makassar (UPG)
2. Raudhah: Embarkasi Palembang (PLM) dan Jakarta – Pondok Gede (JKG)
3. Misfalah: Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS)
4. Jarwal: Embarkasi Solo (SOC)
5. Mahbas Jin: Embarkasi Surabaya (SUB)
6. Rei Bakhsy: Embarkasi Banjarmasin dan Balikpapan
7. Aziziah: Embarkasi Lombok (LOP)

Untuk diketahui, penambahan kuota haji disampaikan setelah pertemuan Raja Salman dengan Jokowi di stana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) pada Minggu (14/4) sore. Dalam pertemuan bilateral itu, Jokowi dan Raja Salman juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, lewat keterangan yang diterima.
(dkp/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Usai Jokowi Bertemu Raja Salman, Kuota Haji RI Tambah 10.000 Jemaah

Jakarta – Istana menyatakan kuota haji untuk Indonesia ditambah 10.000 jemaah. Hal ini diketahui setelah Presiden Joko Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, lewat keterangan yang diterima, Senin (15/4/2019).

Diketahui, Jokowi bertemu dengan Raja Salman di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) pada Minggu (14/4) sore. Dalam pertemuan bilateral itu, Jokowi dan Raja Salman juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.
“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan, terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.
Retno, yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral itu, menyampaikan Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia Islam.

“Dari pembicaraan tadi, tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ujar Retno.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.

Tonton video Momen Keakraban Presiden Jokowi dan Raja Salman:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tarif Ojol 5 Km Pertama Rp 10.000, Terowongan Dibangun Pakai Utang

Jakarta – Pemerintah sedang mengkaji tarif ojek online. Rencananya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengenakan tarif jarak maksimal 5 kilometer (km) sebesar Rp 10.000.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan aplikator maupun driver telah menerima rencana ini.

“Jadi jauh dekat di bawah 5 km Rp 10.000,” ujar Budi

Selain soal tarif ojol, berita terpopuler lainnya adalah terowongan kereta api Notog di Jawa Tengah yang dibangun pakai utang. Berikut 5 berita terpopuler detikFinance sepanjang Jumat (22/3).

Tarif Ojol Terbit Senin, Jarak 5 Km Pertama Kena Tarif Rp 10.000

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya akan memberikan tarif sampai jarak tertentu atau disebut flag fall. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, tarifnya sekitar Rp 10.000 untuk 5 km. Artinya, konsumen membayar Rp 10.000 untuk jarak yang ditempuh maksimal 5 kilometer (km).

“Jadi jauh dekat di bawah 5 km Rp 10.000,” ujarnya.

Dia mengatakan, baik aplikator maupun driver telah menerima rencana ini. Jika jaraknya lebih dari 5 km, maka konsumen akan membayar tarif per km yang saat ini sedang dibahas.

Terowongan Tembus Gunung yang Dibangun Pakai Utang ke Rakyat

Pemerintah memanfaatkan sejumlah instrumen keuangan untuk membangun infrastruktur. Salah satunya ialah menggunakan surat berharga syariah negara atau sukuk ritel.

Mengutip Instagram Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di @kemenkeuri, Jumat (22/3/2019), salah satu infrastruktur yang dibangun dengan sukuk ritel ialah Terowongan Notog Baru.

“Terowongan Notog baru adalah salah satu infrastruktur yang dibangun dari investasi temankeu (teman Kemenkeu) melalui Sukuk Ritel,” tulis Instagram Kemenkeu.

Fakta di Balik Rencana Sandiaga Beli Saham Indosat

Membeli kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk merupakan salah satu janji dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum terlaksana. Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan menuntaskan janji yang masih menggantung itu.

Jika terpilih jadi Wapres, Sandiaga mengaku akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian strateginya yang diberi nama Big Push.

“Sebetulnya ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi, akan kita usahakan,” kata Sandiaga di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Jika benar Sandi mau merealisasikan janji itu, muncul beberapa pertanyaan berapakah dana yang dibutuhkan untuk mengambil kembali Indosat dari tangan investor Qatar, layakkah Indosat dibeli kembali saat ini dan bersediakah Ooredoo menjualnya kembali?

Demi Penumpang, Garuda Batalkan Pesanan Boeing 737 Max 8

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk membatalkan pesanan 49 Boeing 737 Max 8. Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan Garuda sudah berkirim surat ke Boeing untuk menyatakan pembatalan tersebut.

Pria yang disapa Ari Ashkara ini menilai salah satu alasan Garuda membatalkan pemesannya karena hilangnya kepercayaan penumpang untuk menggunakan Boeing 737 Max 8.

Pesanan Pesawatnya Dibatalkan Garuda, Bos Boeing Mau ke Indonesia

Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Boeing akan datang ke Indonesia untuk bertemu manajemen Garuda Indonesia. Boeing akan membahas soal keputusan Garuda membatalkan 49 pesanan Boeing 737 Max 8 (hns/fdl)

Tarif Ojol Terbit Senin, Jarak 5 Km Pertama Kena Tarif Rp 10.000

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal tarif ojek online (ojol). Keputusan soal tarif bakal dikeluarkan pada Senin pekan depan.

Tarif ini mulanya bakal dirilis minggu ini menyusul terbitnya aturan ojol yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019. Dengan demikian, keputusan soal tarif sedikit mundur.

Meski mundur, Kemenhub menyampaikan sejumlah informasi terkait tarif tersebut. Salah satunya soal tarif yang dibayarkan untuk jarak tempuh maksimal 5 kilometer (km).

Simak berita selengkapnya seperti dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

10.000 Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-Amin

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 10.000 pengusaha yang tergabung dalam kelompok relawan Pengusaha Pekerja Pro Jokowi (KerJo) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Deklarasi tersebut digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Capres sekaligus petahana Joko Widodo (Jokowi) tiba di tempat acara sekitar pukul 19.17 WIB, setelah sebelumnya berangkat dari Istana Negara dengan menggunakan MRT dan Trans Jakarta.

Berbalut jaket biru tua dan kemeja putih, kedatangannya disambut riuh tepuk tangan sambil diiringi lagu-lagu seperti Maju Tak Gentar dan Garuda Pancasila.

Setibanya di tempat, beberapa pengusaha besar nasional tampak duduk berdampingan dengannya. Seperti Erick Thohir, Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perindustrian, Hariyadi Sukamdani, Sofyan Wanandi, hingga Rosan P Roeslani.

Mereka adalah perwakilan dari 10.000 pengusaha yang menyuarakan dukungannya terhadap Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam sambutannya, Hariyadi Sukamdani selaku Koordinator KerJo mengatakan, pengusaha yang menyatakan dukungan kepadanya merupakan pengusaha dari skala kecil hingga besar.

“Cukup sulit pengusaha menyampaikan dukungan politik secara terbuka, karena dikhawatirkan berisiko. Namun mereka berani hadir dan tegas memilih bapak,” seru dia.

Beberapa indikator disebutkannya menjadi alasan banyak pengusaha memilih Jokowi kembali. Selerti bersih dari perkara hukum dan korupsi, serta memiliki komitmen akan penegakan hukum.

Sementara Rosan P Roeslani menyuarakan, dirinya seolah hendak mewakili pengusaha bukan hanya yang berada pada acara tersebut, melainkan yang berada di seluruh Indonesia.

“Saya tidak akan menyampaikan apa yang Jokowi (sebagai presiden) kerjakan, karena saya bisa berdiri di sini dua hari dua malam,” ucapnya.

“Kita harus pastikan, karyawan kita akan pergi ke TPS dan mencoblos nomor 01. Waktu di TPS tidak sampai 5 menit, tapi 5 menit itulah yang akan menentukan masa depan anak cucu kita,” dia menambahkan.

10.000 Orang Banjiri Haul Mochamad Thohir di Tabalong

Liputan6.com, Tabalong Haul ke-3 almarhum H Mochamad Thohir yang digelar di Masjid At-Thohir, Tanjung, Kalimantan Selatan dibanjiri jemaah. Setidaknya ada 10.000 orang datang dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari ulama, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Di antara ulama kharismatik Kalimantan Selatan KH Asmuni (Abah Guru Danau) dan KH Abdul Hamid, hadir pula Erick Thohir dan Boy Thohir.

“Selain wujud bakti kami kepada ayahanda, haul ini juga bentuk terima kasih kepada masyarakat Tabalong dan Balangan yang telah memberikan dukungan atas hadirnya Adaro hingga saat ini,” ungkap Boy Thohir, sesaat sebelum peringatan haul dimulai, Rabu (13/3/2019).

Dirinya juga berharap peringatan haul ini bisa menjadi semangat untuk tetap meneruskan amanah dalam berkontribusi bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Sementara itu adiknya, Erick Thohir, mengenang sang ayah sebagai orang yang teguh menjaga nama baik. “Uang bukan ssgalanya, itu yang selalu diajarkan ke kita,” kata Erick.

Erick menceritakan, Mochamad Thohir lahir sebagai anak desa di Gunung Sugi, Lampung. Di usianya yang baru 10 tahun, dirinya terpaksa merantau dan berusaha survive untuk tetap mengenyam pendidikan SMA dan kuliah. Lalu sempat bergabung ke grup Eveready dan Astra.

“Kita selalu diajarkan, kalau diberi kesempatan manfaatkan sebaik-baiknya, berbuat yang terbaik, itu yang selalu saya pakai sampai hari ini,” kata Erick.

Di antara rentetan pelajaran hidup yang bermakna, Erick juga mengenang sang ayah yang selalu memperhatikan hal-hal kecil.

“Tiap pulang kantor ayah saya selalu teriak-teriak panggil anak-anaknya. Hal kecil, tapi itu yang membuat kami jadi bermakna,” kata Erick menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Tarif MRT Diusulkan Rp 10.000, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Liputan6.com, Jakarta – Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Namun, hingga kini pemerintah masih juga belum menetapkan besaran tarif tersebut. PT MRT rencananya mematok kisaran tarif MRT sekitar Rp 8.500 atau Rp 10.000.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, dalam menentukan besaran tarif MRT tentu melihat dari berbagai aspek. Mulai dari waktu tempuh, kenyamanan, hingga daya beli masyarakat. Jadi bukan tidak mungkin, tarif tersebut akan berada di kisaran yang telah diusulkan oleh MRT.

“Harga tiket dibuat pada level yang masyarakat mampu membayarnya,” kata Sri Mulyani usai menjajal MRT di Stasiun Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Sri Mulyani menuturkan, untuk jarak tempuh sepanjang 16 kilometer dengan dipatok sebesar Rp 10.000 pun masih terjangkau bagi masyarakat.

Apalagi, masyarakat dapat menempuh waktu perjalanan hanya dalam 30 menit saja dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju ke Stasiun Lebak Bulus.

“Masih comparable (sebanding) dari pengeluaran penumpang untuk menggunakan fasilitas tersebut. Jadi untuk Jakarta dan sekitarnya masih affordable (terjangkau),” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Respons Masyarakat

Sebelumnya, Merdeka.com menemui beberapa orang warga Jakarta untuk merespons harga tiket yang pas MRT. Adi (29) mengatakan, tarif MRT sebaiknya dipatok Rp 10.000 untuk sekali perjalanan.

“Untuk tarifnya kalau bisa jangan terlalu mahal ya, Rp 10 ribu cukup terjangkaulah,” kata dia saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis 21 Februari 2019.

Adi mengatakan, dengan tarif yang terjangkau semua masyarakat dapat menikmati layanan MRT. “Supaya semua orang bisa menggunakan jadi ambil tarif di titik tengah aja,” imbuhnya.

Saat ini, Adi lebih senang beraktivitas menggunakan Transjakarta. Jika MRT sudah jadi, dia berminat beralih Transjakarta mengingat jarak tempuh akan lebih singkat. “Iya pasti (pakai MRT) untuk kerja sih sangat dibutuhkan kecepatannya itu,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Emas Antam Melonjak Rp 10.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas PT Aneka Tambang Tbk Antam) atau harga emas Antam melonjak Rp 10.000 menjadi Rp 668 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (26/1/2019). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam dibanderol Rp 658 ribu per gram.

Harga untuk pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam juga melonjak menjadi Rp 590 ribu per gram atau naik Rp 10.000. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 590 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 07.14 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.920.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.290.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

2 dari 2 halaman

Daftar Harga Emas Antam

* Pecahan 1 gram Rp 668.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.285.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.906.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.160.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.255.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.530.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.985.000

* Pecahan 100 gram Rp 61.900.000

* Pecahan 250 gram Rp 154.500.000

* Pecahan 500 gram Rp 308.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 617.600.000.


Saksikan video pilihan di bawah ini: