10 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

6. Manfaatkan fitur atau teknologi yang mendukung

beberapa tekologi yang kini banyak diterapkan pada mobil antara lain Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection.

penggunaan fitur ini akan membuat pengemudi akan mendukung rasa di tengah perjalanan. Beberapa kendaraan Chevrolet juga dilengkapi beberapa teknologi mendukung untuk meningkatkan keamanan ketika berada pada kondisi lalulintas tersendat di atas jalan yang menanjak atau menurun seperti Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA).

7. Hindari mengemudi melalui genangan air

Pastikan saat mengemudi hindari genangan air yang lebih tinggi dari roda kendaraan Anda atau trotoar.

SUV tipe besar atau pickup truck, seperti Chevrolet Trailblazer dan Colorado, dapat mempertahankan tenaga sampai dengan ketinggian genangan tertentu. Kenali tipe kendaraan Anda sebelum melalui jalan yang tergenang.

8. Jika harus melalui jalan yang tergenang, matikan pendingin kabin dan turunkan jendela

Mengemudi dalam kondisi jalanan tergenang dengan AC menyala dapat mematikan mesin karena kipas elektronik akan berputar dan mengakibatkan air dapat menyiprat dan masuk ke dalam mesin.

Jika mesin tidak mati, kipas elektronik akan mulai berputar dan menarik puing-puing yang mengambang di air sehingga dapat memecahkan kipas dan membuat mesin terlalu panas.

9. Setelah keluar dari air, injak-lepas rem secara perlahan untuk mengeringkan mesin

Injak “rem” dengan kaki kiri Anda jika Anda terbiasa dengan teknik ini. Berhenti sejenak dan pastikan kendaraan Anda tidak ada kantong plastik atau serpihan-serpihan lainnya yang terjebak dalam grille atau sirip radiator di bagian belakang.

10. Setelah mengemudi melalui jalanan yang tergenang kemudian bersihkan

Bersihkan kendaraan Anda terutama di bagian bawah dan roda kendaraan. Hilangkan rumput, daun, serta noda-noda kotoran yang tersisa dan dapat menimbulkan percikan api jika dibiarkan di dalam mesin.

Lalu, ganti oli transmisi karena air mungkin akan masuk ke dalam sistem. Bersihkan karpet mobil Anda untuk mencegah jamur dan bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *