10 Potensi Wisata Garut yang Akan Dikebut

Liputan6.com, Garut – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat serius menggarap sektor wisata dengan optimal. Tahun ini ada sekitar 10 destinasi wisata yang akan dibangun, sehingga mampu menarik minta kunjungan wisatawan. agar lebih nyaman dan aman sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara di Garut.

“Istilahnya program Top Ten yang akan dikembangkan,“ ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan-gan kepada wartawan selepas apel pagi, di halaman Setda Pemda Garut, Senin (21/1/2019).

Ada 10 objek yang akan dikembangkan tahun ini yakni wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk, Pantai Cijeruk, Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, serta Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

Selain wisata pantai, beberapa objek lain yang akan digarap yakni wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, kebun binatang Cikembulan di Kecamatan Kadungora dan pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

“Destinasi wisata itu hasil penilaian tingkat kunjungannya dan potensi wisatanya yang bagus sehingga banyak pengunjung,” papar Budi.

Budi mengakui, kabupaten Garut memiliki segudang potensi alam untuk menjadi tujuan wisata nasional. Bahkan rencana itu ujar Budi, mendapatkan respon positif dari Pemrov Jabar dalam melaksanakan pembangunan destinasi wisata itu. “Makanya di 2019 ini kita lakukan penataan untuk 10 prioritas destinasi wisata itu,” ujarnya.

Selain pengembangan 10 destinasi wisata, lembaganya memiliki program pengembangan pembangunan khusus untuk tiga prioritas yakni kawasan  wisata air hangat Cipanas. Tarogong Garut, Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan serta Pantai Santolo di Pamengpeuk. “Tiga destinasi wisata itu dari sisi jumlah pengunjung paling banyak,” kata dia.

Dengan upaya itu, lembaganya berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan wisata ke Garut, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Minimal kita harapkan ada pergerakan ekonomi yang lebih baik dari kondisi lokasi yang sudah ada,” pinta dia.

Sejak kedatangan Presiden Jokowi Jumat-Sabtu lalu, beberapa potensi wisata di Garut menjadi fokus perhatian pemerintah. Sebut saja area situ Bagendit yang mendapat atensi khusus Presiden untuk segera dilakukan pembenahan, agar mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Bukan hanya itu, dibukanya reaktivasi kereta api jalur Cibatu-Garut Kota yang pernah dilalui pesohor dunia Charlie Chaplin tahun ini, diharapkan mampu memacu sektor pariwisata daerah khususnya di Garut, sehingga berdampak pada peningkatan sektor ekonomi secara nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *