10 Alasan Sebuah Mobil Dianggap Modern

Navigasi GPS pada mobil pertama kali diperkenalkan tahun 1990. Kini teknologi tersebut menjadi standar fitur pada smartphone. Beberapa pabrikan mobil kini menawarkan sistem infotainment yang dapat terhubung dengan smartphone dan menampilkan sistem navigasi.

8. Adaptive Cruise Control

Sistem pendukung berkendara berbasis radar pertama kali diperkenalkan tahun 1992. Sejak itu, sistem serupa semakin berkembang dan mudah digunakan. 

Kini teknologi adaptive cruise control secara otomatis akan mengurangi kecepatan saat kendaraan di depan menurunkan kecepatan. Sebaliknya, jika kecepatan di depan meningkatkan kecepatan, maka mobil kita akan semakin cepat juga. Tentu dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan. Beberapa sistem bahkan bisa melewati kondisi lalu lintas stop and go.

9. Transmisi Otomatis Semakin Membaik

Transmisi matik awalnya dikenal sebagai transmisi yang menyebalkan. Boros, lambat, tidak responsif, menjadi masalah pada transmisi matik pertama kali diperkenalkan. 

Kini hal tersebut tak lagi berlaku. Misalkan transmisi dual-clutch yang diadopsi dari mobil balap era 90-an membuat transmisi otomatis lebih cepat dan menyenangkan. Transmisi otomatis lainnya yang menyenangkan adalah continuously variable transmissions yang memberikan rasio gear melimpah dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

10. Active Aerodynamics

Pada masa keemasan motorsport di tahun 60-an, tim balap mobil mengenal dunia aerodinamis. Jim Hall dari Chaparral Racing menjadi yang pertama menggunakan sayap yang bisa diatur, downforce-generating bodywork, dan kipas yang meningkatkan downforce. Kini, banyak mobil yang mengadopsi active aerodynamic untuk meningkatkan downforce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *