Pelamar Lowongan Kerja BUMN Bisa Tembus 1 Juta Orang

Menteri BUMN Rini Soemarno membuka perekrutan bersama 11 ribu lowongan kerja yang diadakan 110 perusahaan BUMN. Dia pun mengajak para generasi milenial untuk ikut serta mendaftarkan diri jadi pegawai BUMN.

“Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN,” ungkap dia di Lampung BUMN Festival 2019, Bandar Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.

Kendati demikian, ia mengatakan, belum semua perusahaan BUMN bisa berpartisipasi dalam sesi perekrutan bersama kali ini. “Tadi ada 110 perusahaan. Padahal sebetulnya BUMN ada 143 perusahaan,” jelasnya.

Dia menginformasikan, 110 perusahaan tersebut bakal menyediakan total sekitar 11 ribu lowongan kerja untuk berbagai posisi. Adapun perekrutan kali ini terbuka untuk banyak lulusan, mulai dari SMA/SMK, Vokasi, S1, hingga S2.

Secara posisi, 9 ribu formasi diantaranya dibuka untuk rekrutmen umum. Sementara 1.000 lainnya disediakan khusus untuk disabilitas, dan 1.000 posisi khusus kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Rini pun menyerukan generasi muda dan milenial agar mau bergabung menjadi pegawai BUMN.

“Kehadiran milenial dengan pemikiran barunya itu bagus. Soalnya BUMN ke depan bisa makin maju, direksinya juga makin semangat kerjanya,” pungkas dia.

Perampok Money Changer di Bali Komplotan WNA Rusia, 1 Tewas Didor

Denpasar – Pelaku perampokan money changer di Benoa, Kuta Selatan, Bali merupakan warga negara Rusia. Dua orang ditangkap, satu tewas ditembak dan satu lagi berhasil kabur.

“Satreskrim Polresta Denpasar bersama Polsek Kuta Selatan, Kuta dan Satgas CTOC Polda Bali berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan yang diduga dilakukan warga negara asing berasal dari Rusia,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Ruddi Setiawan saat jumpa pers di kantornya, Jl Gunung Sanghyang, Denpasar, Bali, Rabu (20/3/2019).

Ruddi menyebut para pelaku masuk melalui pintu belakang Money Changer PT BMC dan langsung memukul dan membekap sekuriti.

Pelaku perampokan money changer di Benoa, Kuta Selatan, Bali merupakan warga negara RusiaPelaku perampokan money changer di Benoa, Kuta Selatan, Bali merupakan warga negara Rusia Foto: Aditya Mardiastuti-detikcom

Saat beraksi para pelaku menutupi wajahnya menggunakan jas hujan dan tutup kepala, lalu kabur menggunakan mobil warna putih yang diketahui merupakan mobil rental.

Saat dilakukan pengejaran, dari mobil itu sempat menurunkan dua tersangka. Salah seorang anggota polisi sempat baku hantam dengan tersangka Alexei Korotkikh (43). Menurut Ruddi, tersangka juga membawa senjata tajam.

“Karena situasi sangat membahayakan sekali akhirnya anggota yang bersenjata melakukan tindakan tegas kepada tersangka tersebut,” jelasnya.

Dari situ polisi mengamankan dua tersangka lainnya, Georgii Zhukov (39), dan Robert Haupt (41). Saat menggeledah kamar kos Alexei di kawasan Kedonganan, Badung, polisi menemukan sejumlah mata uang asing yang disembunyikan di atas plafon kamar kos mewah tersebut.

Pelaku perampokan money changer di Benoa, Kuta Selatan, Bali merupakan warga negara RusiaPelaku perampokan money changer di Benoa, Kuta Selatan, Bali merupakan warga negara Rusia Foto: Aditya Mardiastuti-detikcom

“Robert ini kami amankan di kamar kos. Setelah itu kami geledah di atas plafon ditemukan uang sebanyak ini dari berbagai mata uang, ada sekitar 12 mata uang asing yang kita temukan di TKP kos-kosan milik tersangka Alexei yang meninggal dunia tersebut, ada magazen diduga senpi laras panjang jenis SS1 dengan peluru, 16 butir kaliber 5,56mm,” urainya.

Ruddi menduga magazen tersebut milik senpi anggota Brimob yang sempat hilang di Jimbaran 2017 lalu. Namun, senpi tersebut belum ditemukan.

“Kalau kita lihat magazen ini pelurunya menurut keterangan anggota yang hilang senjatanya memang peluru dari organik Brimob yang hilang di Ayana (Jimbaran), dan magazen SS1 ini disket/dipiloks,” jelas Ruddi.

Hingga saat ini polisi masih memburu satu pelaku yang kabur. Komplotan ini diduga memang kelompok yang terlatih.

“Georgii ini sudah enam tahun di Bali, tidak kerja di sini. Dari tersangka yang meninggal dunia ditemukan beberapa alat untuk boxing, jadi diduga pelaku ini terlatih untuk bela diri. Buron masih ada 1 lagi masih dalam penyelidikan,” jelasnya.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan pasal 365 ayat 2 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

(ams/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Baswedan Sebut MRT Beroperasi Penuh Mulai 1 April 2019

Tuhiyat menyebut Presiden Jokowi terlebih dahulu akan mencoba MRT pada program uji coba publil MRT untuk masyarakat.

“Insyaallah bapak Presiden besok beserta kabinet jam 10.00 WIB untuk mencoba kereta MRT,” jelasnya.

Sebelumnya, MRT Jakarta membuka uji coba publik mulai 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun.

Ke-13 stasiun itu terdiri dari tujuh stasiun lang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI.

Menuju Pariwisata Kelas Dunia, ISTA 2019 Menyediakan Total Hadiah Rp 1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019 yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ketiga. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan semua destinasi wisata di Indonesia tersertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat untuk menjadi berkelas dunia.

“Untuk mencapau tujuan itu, Kemenpar menerapkan program sustainable tourism for development (STDev) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan yang mengadopsi standar internasional dari GSTC atau Global Sustainable Tourism Council,” ucap Arief dalam jumpa pers peluncuran dan dimulainya pendaftaran ISTA 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

ISTA bukan hanya memberikan penghargaan kepada masyarakat tapi juga untuk mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan dalam pengelolaan destinasi wisata di Indonesia.

Ajang ISTA 2019 menawarkan total hadiah Rp 1 miliar dan diharapkan menjadi sarana sosialisasi dalam mewujudkan target Kemenpar agar semua destinasi pariwisata di Tanah Air tersertifikasi berkelanjutan.

“Ajang ISTA ini jadi langkah awal menuju sertifikasi destinasi berkelanjutan. Saya sudah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan yang dipimpin oleh Valerina Daniel,” tukas Menpar pada Liputan6.com.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Valerina Daniel menjelaskan, pariwisata berkelanjutan merupakan program Kemenpar yang senada dengan tujuan pembangunan global (sustainable development goals) dan sudah diadopsi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN).

Untuk menjadi sektor andalan, pariwisata harus memberdayakan semua pihak. Kemenpar telah membentuk Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC) yang bertugas melakukan sertifikasi bagi destinasi.

Prosesnya akan dimulai dengan menyertifikasi destinasi pemenang ISTA 2017 dan 2018 yang dinilai sudah mematuhi standar keberlanjutan yang diakui oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Pariwisata berkelanjutan mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi baik untuk saat ini maupun pada masa depan. Singkatnya 3P + 1M, yaitu ‘people, planet, prosperity, dan management’.

Bicara soal KTP, Sandiaga: Zaman Now Cukup 1 Kartu Saja

Malang – Cawapres Sandiaga Uno kembali berbicara mengenai KTP yang menurutnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, ataupun bantuan sosial. Selain itu, menurutnya, pemborosan anggaran untuk mencetak kartu bisa dihindari.

“Zaman now dengan satu kartu saja sudah cukup. Kita pertama melihat bahwa e-KTP memiliki fitur-fitur chip teknologi di dalamnya,” ujar Sandiaga saat kampanye di Muharto, Kedungkandang, Kota Malang, Senin (18/3/2019).

Solusi ini sebelumnya sudah disampaikan Sandiaga saat debat cawapres pada Minggu (17/3). “Kita bisa kelola dengan pendekatan big data. Dari situ bisa tahu program apa yang dibutuhkan masing-masing masyarakat. Sekarang ini sudah zamannya teknologi sangat maju,” ujar Sandiaga.
Menurut Sandiaga, Indonesia membutuhkan solusi yang lebih kekinian untuk menangani kebutuhan masyarakat. Bukan justru menambah program-program baru yang ujungnya membebani anggaran negara.
“Kita perlu solusi yang lebih kekinian. Yakni solusi zaman now cukup satu kartu saja. Dengan single identity number, bisa mendapatkan layanan kesehatan, layanan pendidikan, tenaga kerja dan layanan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sandiaga.

“Itu yang menjadi fokus kita, tidak perlu menambah lagi beban negara menerbitkan kartu, anggarannya. Belum lagi kalau diproyekin atau juga birokrasi yang menyertai setiap ada program dan penerbitan kartu baru. Itu yang menjadi tekad Prabowo-Sandi untuk menyediakan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama juga lapangan pekerjaan,” beber Sandiaga. <!–

–>
(bdh/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sisir Lokasi Banjir Bandang Sentani, Tim TNI Temukan 1 Peti Uang

Jakarta – 3 Anggota Yonif RK 751/VJS menemukan satu peti berisi uang saat melakukan penyisiran di lokasi terdampak banjir bandang Sentani, Papua. 1 Peti berisi uang tersebut diketahui milik Gereja Gidi Sosial Sentani.

Awalnya Kopda Boni, Praka Obeth, dan Pratu Kreku tengah melakukan penyisiran untuk mencari korban bencana banjir bandang di BTN Sosial Sentani, pada Minggu (17/3/2019), sekitar pukul 02.00 WIT dini hari tadi. Di tengah pencarian korban, 3 prajurit Yonif RK 751/VJS itu pun menemukan 1 buah Peti yang tergenang di wilayah BTN Sosial Sentani.

Sisir Lokasi Banjir Bandang Sentani, Tim TNI Temukan 1 Peti UangFoto: 3 Anggota Yonif RK 751/VJS menemukan satu peti berisi uang saat melakukan penyisiran di lokasi terdampak banjir bandang Sentani, Papua (dok. Istimewa).

“Pada peti terdapat tulisan “PERPULUHAN DAN PERSEMBAHAN” setelah diperiksa ternyata peti tersebut berisi sejumlah uang yang sudah bercampur dengan lumpur,” jelas Kapendam XVII Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/3).

Selanjutnya peti berisi uang tersebut diamankan ke barak. Sementara uang bercampur lumpur tersebut dibersihkan dengan air dan dikeringkan.

“Saat ini uang tersebut masih diamankan Kopda Boni anggota Kipan A Yonif RK 751/VJS. Wadanyon kemudian melaksanakan koordinasi dengan pihak gereja GIDI dalam rangka pengembalian uang sesuai dengan jumlah nominal yang telah ditemukan,” kata Aidi.

Diketahui, uang yang ada dalam peti tersebut berjumlah total Rp 4.438.500.
(nvl/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mali Optimistis Persib Lebih Baik di Liga 1 2019

Hal senada juga disampaikan bek Persib lainnya, Indra Mustafa. Meski dalam turnamen pramusim tidak mencapai hasil sesuai harapan, hal tersebut tak membuat pemain bernomor punggung 16 ini patah semangat.

Justru, Indra semakin termotivasi untuk membawa Maung Bandung semakin berprestasi. “Alhamdulilah, sekarang sudah mulai banyak dapat kesempatan dan jam terbang. Tentu yang kemarin-kemarin harus dijadikan pelajaran untuk menatap musim baru. Kita pasti bisa,” ujar bek jebolan Diklat Persib ini.

Tak hanya itu, Indra juga memiliki target khusus untuk dirinya di musim 2019 ini. Pemain yang mulai bergabung musim 2018 tersebut pun siap menjawab kepercayaan pelatih Miljan Radovic.

“Intinya saya harus bisa menampilkan performa yang lebih baik lagi dan bisa memanfaatkan kesempatan. Musim 2019 harus lebih segalanya dari musim kemarin,” paparnya.

Helikopter Jatuh di Tasikmalaya, 3 Luka Berat dan 1 Luka Ringan

Tasikmalaya – Empat penumpang helikopter yang jatuh kawasan Situhiang, Cigalantong, Tasikmalaya, Jawa Barat, mendapat perawatan di RS SCM Singaparna. Tiga penumpang mengalami luka berat.

“Para penumpang mengalami luka-luka dan dievakuasi ke RS SCM Singaparna,” kata Juru Bicara Basarnas Jabar Joshua Banjarnahor, Sabtu (16/3/2019).

Joshua mengatakan tiga korban atas nama Agung Raharja (Co pilot), R Johny Fajar Sofyan (penumpang) dan Tuti Budiawati (penumpang) mengalami luka berat.
“Sementara Fuad Humran (pilot) mengalami luka ringan,” kata Joshua.

Helikopter tipe BO-105M PK-EAH ini terbang dengan rute Kawalu-Wanaraja. Namun, belum diketahui mengenai penyebab jatuhnya helikopter milik PT Air Transport Service itu.

Kantor SAR Bandung mengirimkan satu tim dari Pos Pencarian Tasikmalaya mengevakuasi heli jatuh tersebut. Hingga saat ini belum diketahui penyebab jatuhnya heli itu.
(mud/bbn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kick-off Liga 1 Digelar Awal Mei, PSSI Ingin Selesai Sebelum Pergantian Tahun

Jakarta Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ingin pelaksanaan Liga 1 2019 berakhir sebelum pergantian tahun, meski baru dimulai antara 1 hingga 8 Mei 2019. Pemadatan jadwal akan menjadi satu opsi yang harus dilakukan agar musim ini berakhir sebelum libur Natal 2019.

PSSI dan manajemen interim PT Liga Indonesia Baru, melalui RUPS luar biasa PT LIB, telah menetapkan kick-off Liga 1 2019 berada di rentan waktu 1 hingga 8 Mei 2019. Namun, ada kekhawatiran dengan kick-off yang cukup terlambat itu, membuat kompetisi harus berakhir pada awal 2020.

Berdasarkan perhitungan kalender Liga 1 2018 yang dilakukan Bola.com, pelaksanaan kompetisi kasta tertinggi pada musim lalu itu menghabiskan total 39 pekan kalender, dengan adanya empat pekan istirahat saat Idul Fitri dan empat pekan istirahat lain ketika Asian Games 2018 berlangsung.

Dengan waktu bersih kompetisi berlangsung sekitar 31 pekan untuk menjalani total 34 pekan pertandingan kompetisi, jika dihitung antara 1 hingga 8 Mei kompetisi baru dimulai, akhir musim akan jatuh di pekan kedua Desember 2019. Artinya, jika ditambah dengan libur Idul Fitri yang memang sudah pasti akan diberikan, musim ini bisa tuntas antara akhir Desember 2019 hingga ke Januari 2020.

Namun, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menekankan kompetisi kasta tertinggi itu akan diantisipasi untuk tidak melewati pergantian tahun. Pendaftaran pemain untuk klub yang mengikuti kompetisi AFC 2020 menjadi pertimbangan utama.

“Kalau dipastikan tidak akan melewati pergantian tahun itu harus, karena akan ada pendaftaran untuk kompetisi AFC. Jadi, kompetisi harus selesai sebelum pergantian tahun, mau tidak mau dengan simulasi kompetisi sampai di pekan kedua Desember, ya saya akan mengatakan mungkin bisa sampai pada pekan keempat Desember,” ujar Ratu Tisha dalam kunjungan ke redaksi Bola.com, Jumat (15/3/2019).

“Seperti tahun lalu, Liga 3 baru selesai 30 Desember. Kami berharap Liga 1 bisa selesai sebelum libur Natal. Pengalaman dari TSC 2016, waktu itu kick-off 29 April, bisa selesai pada pekan kedua Desember. Jadi, semoga dengan kick-off Liga 1 2019 itu antara 1 hingga 8 Mei, semua bisa selesai sebelum libur Natal,” lanjut Ratu Tisha.

Naik per 1 Januari 2019, Ini Besaran Gaji Baru PNS

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS), pemerintah memandang perlu menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil.

Dalam PP itu disebutkan, mengubah lampiran II Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015.

“Ketentuan sebagaimana dimaksud mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2019,” bunyi Pasal 1 ayat (2) PP ini seperti dikutip detikFinance, Sabtu (16/3/2019).
Dalam lampiran PP ini disebutkan, gaji terendah PNS (golongan I/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp 1.560.800 (sebelumnya Rp 1.486.500). Sementara gaji tertinggi PNS (golongan IV/2 masa kerja lebih 30 tahun) menjadi Rp 5.901.200 (sebelumnya Rp 5.620.300).

Untuk PNS golongan II (II/a masa kerja 0 tahun), kini gaji terendah menjadi Rp 2.022.200 (sebelumnya Rp 1.926.000), tertinggi (II/d masa kerja 33 tahun) menjadi Rp 3.820.000 (sebelumnya Rp 3.638.200.

Golongan III (III/a masa kerja 0 tahun), kini gaji terendah menjadi Rp 2.579.400 (sebelumnya Rp 2.456.700), tertinggi (III/d masa kerja 32 tahun) menjadi Rp 4.797.000 (sebelumnya Rp 4.568.000).

Sedangkan gaji PNS golongan IV terendah (IV/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp 3.044.300 (sebelumnya Rp 2.899.500), dan tertinggi (IV/e masa kerja 32 tahun) menjadi Rp 5.901.200 (sebelumnya Rp 5.620.300).

“Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal II Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tersebut.

(fdl/ara)